Panduan Menulis Artikel SEO Friendly

Sebelum kita membahas tentang teknik dan cara menulis artikel SEO Friendly, ada baiknya kita mengetahui apa itu artikel SEO? Istilah SEO sendiri pastinya bukan istilah yang aneh dan baru lagi ditelinga kebanyakan orang.

Hanya saja mungkin tidak semua orang mengetahui dengan baik apa itu artikel SEO. SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization alias teknik untuk meningkat kan peforma sebuah page.

Dimana tingkatan visibilitas sebuah halaman website akan menjadi lebih baik dan meningkat jika menggunakan SEO ini. Bahkan, tidak jarang laman web tersebut bisa bersain dan menjadi laman di urutan pertama di mesin pencarian apapun di internet sekarang ini.

Panduan Menulis Artikel SEO Friendly

Cara Membuat Artikel SEO Friendly dan Human Friendly2

Pastinya anda juga telah sering mendengar tentang jasa penulis artikel SEO online bukan? Nah, ini merupakan jasa yang akan memberikan keunggulan terhadap artikel yang bisa menambah kekuatan visibilitas laman page anda.

Misalnya saja ketika seseorang menggunakan mesin pencarian online seperti google dan menggunakan kata kunci terkait artikel anda, maka laman web anda lebih mudah terlihat di page pertama. Banyaknya persaingan dengan membludaknya situs-situs lain yang menampilkan konten sama membuat kita membutuhkan SEO yang optimal.

Oleh karena itu, artikel yang menggunakan SEO friendly amupun human friendly akan lebih mudah mendapatkan peringkat di urutan 4 page teratas. Pastinya akan mendapatkan lebih banyak pengunjung dan jauh lebih optimal.

Sehingga jenis-jenis artikel SEO dan human friendly ini sangat mudah mendapatkan perhatian lebih. Bahkan dengan menggunakan pengoptimalam keyword yang baik, maka akan meningkatkan brand awareness. Jadi, target akan lebih mengenal produk dan jasa yang ditampilkan di laman web page tersebut dengan lebih mudah.

Kebanyakan penulis atau blogger memang lebih mudah untuk menulis secara lancar dan teratur. Tapi sudahkan memnuhi syarat artikel SEO dan human friendly? Belum tentu bukan? Anda harus menghasilkan kedua nya agar tidak hanya baik untuk pengoptimalan di mesin pencari tapi juga bisa dimengerti dengan baik oleh manusia (human).

Jadi, artikel terbaik sesuai dengan yang dipromosikan oleh setiap penyedia jasa artikel SEO online adalah artikel yang memenuhi syarat-syarat di bawah ini.

Sangat Penting Mengutaman User Experience

Ini merupakan poin penting yang harus dipahami ketika ingin menghasilkan jenis artikel SEO dan human friendly. Kenapa harus menjadi poin utama dalam pembahasan kali ini? Karena ini merupakan poin yang sangat sulit untuk dioatk-atik atau dimanipulasi.

Berbeda dengan konten maupun backlink, ini merupakan poin yang memiliki kontrol diluar jangkauan pemiliki page atau laman web. Jadi, bukan hal yang mengherankan jika misalnya user experience ini sangat penting yang digunakan oleh search engine seperti Google.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Yang Benar

Namun, apa sih yang dimaksud dengan user experience ini? Ini adalah respon yang diterima oleh pemilik blog atau lama web dari pengunjung. Ini termasuk berapa banyak halaman yang dibuka dalam kunjungan, berapa lama waktu yang diperlukan mereka untuk menetap dan membaca.

Bahkan, ini juga termasuk bagaimana respon terhadap beragam konten di dalam web tersebut. Secara sederhana saja, jika seseorang lama dan bertahan untuk membuka sebuah laman web, maka ini pertanda web tersebut bagus dan berkualitas. Konten yang berkualitas juga menjadi salah satu poin inti dalam user experience. Adapun beberapa komponen lain, yakni :

  • Desain dari blog
  • Kemudahan untuk menggunakan tombol navigasi
  • Jenis font, ukuran dan format yang menarik dan mudah untuk dibaca.
  • Mengurangi adanya typo atau kesalahan ejaan
  • Menggunakan interaksi yang baik, komentar, share maupun diskusi.
  • Loading page, dan bagiamana design berespon dengan baik.

Jadi, intinya adalah sediakan sebuah laman page yang berdesain menarik dengan konten berkualitas. Nantinya, poin-poin ini akan memudahkan pengguna untuk betah dan menambah nilai dari user experience.

Judul Artikel Yang Mengandung Keyword

Jika ingin bersaing dengan mudah dengan banyak pesaing lainnya, maka jangan lupa untuk memaksimalkan penggunaan keyword. Salah satu caranya adalah dengan menampilkan penggunaan keyword di bagian judul.

Ini juga salah satu elemen penting yang digunakan oleh para penyedia jasa penulis artikel SEO online berkualitas. Dengan ketidaksertaan keyword pada bagian judul membuat page anda akan lebih sulit ditemukan oleh mesin pencari.

Bahkan, sangat disarankan penggunaan keyword ini di bagian awal judul. Sederhananya, penggunaan keyword di bagian judul makin ke kiri akan semakin optimal. Dan usahakan juga untuk menggunakan judul yang menarik dan mengundang banyak pembaca.

Ini sangat penting untuk poin artikel human friendly. Karena orang-orang akan lebih tertarik jika membaca konten yang menggunakan judul “menjebak” nan unik. Jangan hanya karena ingin mengejar poin untuk SEO friendly maka judul artikel makin hancur dan malah sulit dipahami para pembaca nantinya.

Gunakan Judul yang Menarik

Mungkin, salah satu kesulitan yang dialami untuk mendapatkan artikel SEO dan human friendly adalah mendapatkan judul yang mudah dibaca dan terfokus. Hanya saja, jika sering berlatih maka anda akan lebih terarah untuk mendapatkan judul berkualitas dengan keyword yang terbidik.

Karena, kebanyakan penulis pemula pastinya bisa mendapatkan jenis judul yang mudah mengandung klik, hanya saja keyword tidak terfokus dengan baik. Namun, anda bisa menggunakan jenis plugin All in One SEO pack. Ini merupakan alat untuk rewrite judul artikel tersebut. Jadi, nantinya laman web anda akan memiliki 2 artikel berbeda. 1 artikel SEO dan artikel untuk user atau untuk pembaca.

Tulis Artikel Yang Lebih Berkualitas

Mungkin anda sering mendengar istilah, semakin panjang maka akan semakin baik rating di search engine. Sebenarnya, ungkapan tersebut tidak salah dan tidak sepenuhnya juga benar. Walaupun artikel yang dihasilkan memiliki jumlah kata yang panjang, tapi tidak dalam dan berkualitas sama saja bohong.

Poin pertama yang menjadi pokok bahasan alias user experience tadi menjadi penentu terbaik juga. Karena, sepanjang apapun artikel yang dihasilkan jika tidak berkualitas maka tidak akan baik dan tidak baik. Apalagi jika isinya hanya kata-kata yang tidak bermakna dan bertele-tele. Orang juga tidak ingin membaca konten tersebut bukan?

Jadi, usahakan mendapatkan konten artikel yang baik. Yakni panjang dan dalam. Di mana panjang baik untuk SEO dan dalam atau mengulas secara detail baik untuk user experience. Artikel seperti ini sangat banyak yang suka oleh pencari informasi. Di mana mereka bisa mendapatkan konten berkualitas dan juga bisa termaksimalkan di search engine.

Internal Link

Jika anda sudah pernah membangun artikel sebelumnya, maka bisa menggunakan metode internal link ini. Dimana sebuah konten artikel di laman web anda bisa Anda hubungkan dengan artikel lain berkaitan di dalam web tersebut. Sedangkan untuk ukuran pasti seberapa banyak link yang harus Anda masukkan dalam sebuah artikel tidak Anda batasi.

Namun, aturlah dan buatlah senatural mungkin. Karena, kasus kebanyakan yang terjadi adalah banyaknya internal link yang memaksakan ada dalam sebuah artikel namun menganggu user experience. Banyangkan saja jika kalian sedang membaca sebuah konten yang penuh dengan link yang sama sekali tidak berkaitan.

External Linking

Nah, ini merupakan poin yang banyak sekali berarti dalam ungkapan yang salah. Banyak yang tidak ingin menggunakan poin ini karena takut peringkat dari website nya akan menurun jika menggunakan link nonfollow padahal efek dari dofollow yang terjadi akibat external link tidak akan memberi dampak negatif.

Dengan catatan, external link ini dilakukan pada web-web yang masih relevan dengan konten web anda tersebut.

Terlalu Fokus Pada Keyword Density

Keyword density ini adalah jumlah atau persenan dari seberapa banyak keyword akan tampil di dalam sebuah artikel. Namun, sekarang Google sudah sangat canggih untuk mengenali masalah keyword density ini.

Jadi, jangan terlalu memusingkan dan terlalu fokus pada hal tersebut. karena artikel anda nantinya akan terasa sangat aneh dan terlalu “maksa” jika menambahkan keyword terlalu banyak.

Gunakan Latent Semantic Indexing

LSI ini bisa berarti secara kasar sinonim atau persamaan dari focus keyword yang Anda masukkan dalam konten artikel anda. Jadi, coba gunakan beragam istilah yang pengertiannya masih sama dengan focus keyword.

Kenapa LSI ini perlu? Karena ini akan memudahkan search engine mencari jenis artikel terkait yang harus Anda gunakan untuk pencarian konten. Dan jika anda menggunakan LSI maka konten anda akan tampil walaupun orang sedang tidak mencari menggunakan focus keyword tersebut.

Kurangi Penggunaan Italic, Bold, dan Underline

Ketiga jenis fitur yang kerap Anda gunakan dalam sebuah koten artikel ini memang seringkali menyalahgunakan sekarang ini. Memang, penggunaannya bertujuan untuk memudahkan search negine agar bisa mengenali kata-kata yang ada di dalam artikel tersebut nantinya.

Hanya saja, terkadang banyak yang salah penempatan dan penggunaannya secara berlebihan. Jadi, gunakan hal-hal tersebut di tempatnya dalam jumlah yang wajar.

Gunakan H1, H2 dan H3

Heading atau yang singktnya dengan H ini snagat berguna dalam sebuah platform. Ini akan membedakan beragam jenis lemenen yang ada dalam sebuah page. Jadi, setiap jenis heading memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Gunakan URL

URL yang Anda perpendek dan Anda masukkan sesuai dengan tema atau keyword yang sedang Anda bahas akan sangat bagus untuk SEO. Bahkan, dengan memperpendek URL dan hanya memasukkan Ikeyword dan kata bersangkutan akan memudahkan search engine mengenali konten tersebut.

Kebanyakan penulis masih sangat awam dan lupa untuk mengedit URL ini. Bahkan URL Anda buat sama dan sepanjang judul yang Anda gunakan dalam konten.

Maksimalkan Meta Deskripsi

Walaupun menggunakan keyword di bagian kalimat pertama konten artikel sangat bagus untuk SEO. Namun, kebanyakan akan membuat isi dari artikel menjadi lebih kaku dan terasa sangat membosankan.

Jadi, menggunakan kolom meta deskripsi adalah hal yang bisa membantu mengatasi permasalahan ini. Letakkan keyword pada bagian pertama dan buatlah ringkasan sebagus, padat dan seunik mungkin.

Menggunakan Media

Coba banyangkan jika anda membuak dua jenis website yang menampilkan informasi konten yang sama, namun satunya menggunakan media dan yang satunya tidak. Lebih menarik yang mana? Pastinya yang menggunakan media akan jauh lebih menarik daripada dengan konten yang hanya berisikan kata-kata saja.

Ada banyak jenis media yang bisa Anda gunakan dalam sebuah konten artikel seperti gambar, tabel, video, audio, chart dan maps. Bahkan, penelitian menyatakan konten artikel yang menggunakan gambar yang relevan lebih sering membacanya.

Baca Juga : Jasa Penulis Artikel Seo Terbaik

Jadi, gunakanlah media yang bijak dalam sebuah konten artikel. Tapi, perlu Anda ingat bahwasanya penggunaan terlalu banyak media akan membuat loading page menjadi lebih lamban. Jadi, gunakalah seperlunya dan tata dengan cara yang baik.

Jadi, cobalah untuk menggunakan video, gambar dan jenis media lain yang tidak berlabel “free” dengan bijak. Jika perlu edit terlebih dahulu atau cantumkan sumber tempat anda mengambil media tersebut. karena jika tidak dan menggunakannya secara sembarangan, maka konten ada malah akan terdeteksi sebagai plagiat.

Gunakan Keyword Yang Bervariasi Keywords

Walaupun di poin sebelumnya kita sudah membahas masalah keyword density dan LSI, variasi keyword ini juga sangat penting dan poin yang berbeda. Maksud dari variasi keyword ini adalah menggunakan keyword secara terpisah seolah-olah terbagi menajdi beberapa bagian.

Ini akan lebih mudah jika keyword utama terdiri dari 2 atau lebih banyak kata. Ini nantinya juga akan memudahkan mesin pencari untuk memaksimalkan rank page anda tersebut.

Melakukan Banyak Riset

Hal terakhir yang harus Anda lakukan agar mendapatkan konten artikel berkualitas adalah dengan melakukan beragam riset. Di mana nantinya riset ini Anda perlukan untuk mendapatkanm informasi penting dan membuat konten yang Anda tulis menjadi lebih dalam dan berkualitas.

Walaupun munkin anda akan memiliki banyak pesaing, tapi jika konten di dalam page anda lebih informatif maka anda akan unggul. Jadi, jangan lupa untuk mendalami tema yang sedang Anda angkat dalam konten tersebut. carilah beragam sumber terpercaya dan tulis ulang dengan bahasa dan cara anda sendiri. Sangat terlarang untuk copy paste ya!

Jadi, untuk mendapatkan hasil artikel berkualitas seperti layanan jasa penulis artikel SEO online kenamaan, anda harus berusaha lebih giat. Usahakan menggunakan judul terbaik yang mengandung keyword serta bisa menarik agar pengguna ingin mengunjungi konten tersebut.

Jangan hanya terpaku pada tata cara dan teknisk SEO on Page saja. Pertahankan bagaimana cara menggabungkan user experience dan SEO. Karena kombinasi 2 poin ini akan membuat laman web anda menjadi salah satu unggulan di search engine seperti Google.

Artikel Yang Bermanfaat

Dan ingat juga untuk menghindari beragam kesalahan yang telah kita bahas di atas. Cobalah untuk menghasilkan artikel yang tidak hanya bagus untuk SEO tapi juga bermanfaat. Tidak sulit sebenarnya jika kita ingin mendapatkan artikel berkualitas ini.

Hanya memerlukan informasi, kemampuan mengolah kata dan mencampurkan tata letak keyword. Namun, ingat untuk tidak memaksakan penataan letak tersebut. karena tidak hanya search engine yang menggunakan artikel anda, tetap pengguna atau pembacalah yang penting.

Karena, teknik dan cara menulis artikel SEO Friendly yang menarik, informatif dan disertai dengan design web yang eye catching akan lebih banyak dikunjungi. Dan tentu saja hal terpenting adalah untuk selalu mengangkat beragam tema atau topik yang populer.

Atau anda bisa mencapurkannya dengan topik yang selalu mengandung keyword abadi. Dan juga, jangan lupa untuk selalu melakukan riset keyword. Ini sangat penting untuk menentukan tema dan juga mendapatkan judul terbaik. Jika anda bisa memaksimalkannya, maka konten anda akan selalu bersaing dengan baik.