5 Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing Paling Mudah

Diposting pada

Kucing yang mengalami sakit pada mata tentu menjadi masalah bagi para pecinta hewan ini. Sering kali, banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana mengobati sakit mata pada kucing dengan baik. Masalah pada mata kucing tentunya memiliki cara perawatan dan penanganan yang berbeda dengan manusia. Oleh karena itu, jangan sekali kali memberi obat tetes manusia pada kucing yang justru memperparah kondisinya.

Sebelum mengobatinya lebih lanjut, perhatikan penyebab sakit mata pada kucing. Hal ini perlu dilakukan agar penanganannya tepat. Cara mengobati sakit mata pada kucing tentu memiliki cara penanganan yang berbeda dilihat dari penyebabnya. Oleh karena itu, mari ketahui penyebabnya:

Ciri-Ciri Kucing Sakit Mata

Berbagai faktor dapat menyebabkan sakit mata pada kucing, mulai dari lingkungan maupun faktor dari tubuh kucing itu sendiri. Sakit mata pada kucing biasanya ditandai dengan keluarnya kotoran mata yang lengket terlihat seperti nanah serta sering mengedipkan matanya dan menggosoknya terus menerus.

Selain itu, kucing juga dapat mengalami iritasi mata dengan gejala, mata kucing terlihat keruh, sensitif terhadap cahaya, mata tampak kemerahan, dan produksi air mata meningkat. Jika sakit mata pada kucing tidak ditangani lebih lanjut maka akan berakhir mengalami kebutaan.

5 Cara Mengobati Sakit Mata pada Kucing

Diperlukan kesabaran dan ketelatenan yang cukup untuk mengobati sakit mata pada kucing agar sembuh benar. Lakukan 5 hal dibawah ini jika kucing memiliki permasalahan pada mata:

1. Bersihkan Mata Kucing dari Kotoran

Bersihkan mata kucing dari kotorannya. Celupkan kapas ke dalam air yang hangat. Bilas mata kucing dengan lembut untuk membersihkan kotorannya dari sudut mata ke arah luar. Lakukan secara perlahan agar kucing tetap tenang dan nyaman. Bersihkan kotoran mata pada kucing secara rutin serta jangan terlalu sering dan berlebihan ketika membersihkannya karena dapat memperparah sakit mata pada kucing.

2. Masukkan Kucing ke Kandang

Jika memiliki kucing lebih dari satu, pisahkan kucing yang sakit dari kucing lainnya. Jika tidak dipisahkan kucing yang lain akan tertular karena berinteraksi di kandang yang sama. Pastikan selalu menjaga kebersihan kandang agar sakit mata pada kucing cepat membaik. Bersihkan kandang kucing secara rutin sehingga kucing merasa nyaman. Berikan waktu istirahat yang cukup bagi kucing untuk memulihkan tubuhnya kembali.

 

3. Jangan Berikan Obat Sembarangan

Dalam memberikan obat pada kucing, pastikan obat sudah sesuai resep dokter dan memiliki izin edar. Jika kucing hanya mengalami sakit mata dengan gejala ringan, bersihkan mata secara rutin dan berikan makanan serta istirahat cukup. Untuk kucing yang mengalami gejala cukup serius berikan obat tetes mata atau salep dan berikan suplemen sehat seperti L-Lysine.

4. Cek Mata dengan Rutin

Pengecekan pada mata kucing bisa dilakukan beberapa saat setelah mengobatinya. Lihat perbedaan kondisi mata sebelum dan sesudah pemberian obat. Jika mata kucing terlihat sedikit membaik teruslah mengobatinya secara rutin. Selain itu, tetap jaga kebersihan kucing dan jangan biarkan kucing berkeliaran. Apabila mata kucing terlihat tidak ada perubahan dan terlihat semakin parah segera periksakan ke dokter.

5. Periksakan ke Dokter

Cara ini bisa dilakukan jika mata kucing mengalami permasalahan yang serius. Apabila mata kucing terdapat kemerahan yang parah dan terlihat semakin bengkak secara terus menerus, segerakan periksa ke dokter. Hal ini dilakukan untuk menghindari akibat serius yang tentu tidak diinginkan oleh pemilik kucing. Kucing yang mengalami infeksi mata parah dapat menyebabkan tukak mata sehingga perlu diambil tindakan operasi.

Untuk menghindari masalah mata pada kucing, lakukan juga vaksinasi dan periksakan kucing secara rutin ke dokter. Jangan menunggu kucing sakit dan menganggapnya akan pulih sendiri, tetap lakukan pemeriksaan dan pastikan kucing mendapatkan perhatian lebih dari pemiliknya.

Tinggalkan Balasan