6 Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rutin Berkicau

Diposting pada

Hewan peliharaan adalah kesenangan bagi setiap orang, apalagi hewan peliharaan tersebut sudah memenangkan festival. Salah satu hewan peliharaan diminati oleh kalangan lelaki remaja hingga orang tua, adalah burung. Ada satu jenis burung yang sangat diminati sampai saat ini, yaitu burung perkutut. Berikut beberapa cara merawat burung perkutut agar rajin berkicau:

1. Rutin Membersihkan Kandang

Hal yang sangat penting dalam merawat burung perkutut dengan rutin membersihkan kandang. Ibarat rumah, tempat ternyaman untuk makhluk hidup. Begitu juga dengan burung perkutut, semakin nyaman berada di kandangnya, semakin rajin berkicau, membersihkan kandang juga tak mudah. Mulai membersihkan kotoran yang menempel di sekitar kandang hingga menjemur kandang sampai kering.

Kandang yang basah dapat mempengaruhi kondisi cuaca yang menyebabkan terganggunya kesehatan burung perkutut dan bukan itu saja, kandang yang kotor juga membuat burung perkutut dihinggapi kuman-kuman yang menempel pada kotoran. Penyakit yang sering disebabkan oleh kandang yang kotor, yaitu. Cacingan, jamur, mabung, mencret, dll.

2. Berikan Pakan yang Terbaik

Proses cara merawat burung perkutut selanjutnya adalah memberikan pakan yang terbaik. Seperti halnya manusia, burung perkutut juga harus memperhatikan gizi dalam makanannya. Kombinasikan biji-bijian seperti jagung, beras dengan jangkrik ataupun ulat hongkong. Agar burung perkutut selalu bugar dan memiliki intensitas yang tinggi.

Pemberian vitamin juga sangat penting bagi burung perkutut, karena vitamin menjadi sumber tambahan zat gizi dalam tubuh burung perkutut. Tidak cukup di situ saja, mempersembahkan multivitamin untuk meningkatkan hormon testosteron. Menurut kabarnya, hormon tersebut pemicu suara merdu bagi burung.

3. Memperhatikan Kesehatan Burung Perkutut

Saat kesehatannya terganggu, burung perkutut enggan berkicau. Begitu juga sebaliknya. Cara merawat burung perkutut selanjutnya, memperhatikan kesehatan burung perkutut dengan cara rajin memberikan vitamin khusus pada burung perkutut atau dengan cara memandikannya menggunakan semprotan yang berisi air agar jamur, kuman dan bakteri tak hinggap di tubuh burung perkutut.

4. Rajin Menjemur Burung Perkutut

Setelah memandikan burung perkutut hal selanjutnya yang harus dilakukan, yaitu menjemur burung perkutut dibawah sinar matahari. Waktu yang sangat direkomendasikan untuk menjemur burung perkutut mulai jam 7.00 sampai 10.00 pagi. Manfaat selain menghangatkan badan burung perkutut, besarnya vitamin dari sinar matahari pagi baik untuk kesehatan dan kesegaran burung perkutut.

5. Latihan Berkicau

Hal yang paling menarik dalam memelihara burung, yaitu suara kicauan yang merdu membuat orang lain terpana adalah semua pemilik burung impian. Sama halnya dengan burung perkutut. Latihan berkicau pada burung perkutut akan membuat kicauannya memiliki intensitas yang tinggi. Sehingga, saat adanya kompetensi burung perkutut sudah tidak diragukan lagi.

6. Meninggalkan Teman Lawan Jenis untuk Burung Perkutut

Cara merawat burung perkutut yang terakhir, yaitu meninggalkan teman lawan jenis bagi burung perkutut. Layaknya manusia, burung perkutut harus memiliki pasangan. Saat, burung perkutut sedang dalam masa kasmaran akan selalu berbunyi. Dengan begitu, amat mudah melatih burung perkutut agar mengeluarkan suara kicauannya yang merdu.

Cara menyatukan dengan teman lawan jenisnya, meletakkan dalam satu lagu, lalu membiarkan satu sama lain saling berinteraksi. Setelah dikeluarkan biasanya, burung perkutut akan terus berbunyi karena merasa dipisahkan dengan pasangannya. Dengan begitu, proses penyatuan burung perkutut dengan teman lawan jenisnya berjalan sempurna.

Itulah langkah-langkah cara merawat burung perkutut agar bisa menghasilkan suara yang bagus. Cara memelihara burung perkutut yang telah dipaparkan amat mudah. Disebabkan, bagi para pemilik burung, kebanggan tersendiri saat hewan peliharaan sehat dan berkembang biak baru jika pernah menang dalam suatu festival.

Tinggalkan Balasan