Antivirus Terbaik Gratis Untuk PC

Virus komputer adalah program perangkat lunak berbahaya yang dimuat ke komputer pengguna tanpa sepengetahuan pengguna dan melakukan berbagai kerusakan dan tindakan jahat lainnya.

Hmm…coba deh Anda bayangkan virus yang masuk ke tubuh kita. Bila tubuh kita terserang virus, pasti kita akan menjadi sakit. Nah, hal yang sama juga terjadi pada komputer saat ada virus yang menyerangnya.

Baca Juga: Apa Itu Malware

Apa Itu Virus Komputer?

Apa Itu Virus Komputer

Virus komputer sangat mirip seperti virus yang menyerang tubuh kita. Computer virus dirancang untuk mereplikasi tanpa henti, menginfeksi program dan file Anda, mengubah cara komputer Anda beroperasi, bahkan sampai menghentikan kerja komputer sama sekali.

Perangkat apa pun yang kita gunakan ketika mengakses Internet, entah itu laptop, PC, atau smartphone, semua itu memiliki risiko yang sama. Ketika mengakses Internet, pernahkah terpikir bahwa informasi pribadi Anda aman dari pencurian? Ketika mengakses Internet, pernahkah Anda terpikir bahwa komputer Anda aman dari berbagai macam program berbahaya?

Ada 2 keamanan yang penting kita perhatikan saat menggunakan komputer dan internet, yaitu:

  • Keamanan komputer, yaitu cara melindungi komputer kita, informasi, dan data di dalamnya.
  • Keamanan Internet, yaitu proses atau cara melindungi dan menangani ancaman keamanan yang berkaitan dengan Internet baik itu jaringan, browser, maupun sistem operasi yang kita gunakan.

Internet adalah pintu gerbang pertukaran data dan informasi tanpa mengenal batas geografi dan teritori. Setiap kali kita terhubung ke Internet, setiap kali itu pula kita berisiko dari berbagai macam kejahatan. Mulai dari serangan virus sampai para hacker.

Bagaimana Caranya Virus Bisa Masuk ke Komputer?

Bagaimana Caranya Virus Bisa Masuk ke Komputer

Sekalipun Anda sangat berhati-hati dan apik dalam menggunakan komputer, biasanya ada saja celah di mana virus dapat masuk ke komputer Anda melalui aktivitas web normal yang biasa Anda lakukan sehari-hari, misalnya saja:

  • Membagi musik, file, atau foto dengan pengguna lain
  • Mengunjungi situs web yang terinfeksi
  • Membuka email spam atau lampiran email
  • Mengunduh game gratis, pemutar media, dan utilitas sistem lainnya
  • Menginstal aplikasi perangkat lunak utama tanpa membaca perjanjian lisensi secara menyeluruh

Efek Virus Terhadap Komputer

Efek Virus Terhadap Komputer

Beberapa virus komputer diprogram untuk merusak komputer Anda dengan merusak program, menghapus file, atau memformat ulang hard drive. Virus lainnya ada juga yang hanya memperbanyak dirinya sendiri dan membanjiri traffic, sehingga Anda tak bisa melakukan aktivitas internet apa pun. Bahkan virus komputer yang kurang berbahaya pun dapat secara signifikan mengganggu kinerja sistem Anda, menguras memori komputer dan menyebabkan komputer sering crash.

Ciri-ciri Komputer Yang Terkena Virus

Ciri-ciri Komputer Yang Terkena Virus

Komputer Anda mungkin terinfeksi jika memberikan beberapa gejala malware berikut ini:

  • Kinerja komputer lambat
  • Perilaku komputer yang tidak menentu
  • Kehilangan data yang tidak dijelaskan
  • Komputer sering macet
  • Memory pada drive anda menyusut secara tiba – tiba
  • File anda banyak mengalami kerusakan/corrupt
  • Harddisk mengalami corrupt
  • Kinerja komputer menjadi melambat
  • Komputer mengalami self restart atau mati secara mendadak
  • Ada program yang mungkin tidak bisa berjalan seperti biasa
  • Antivirus mendadak mati
  • Muncul pesan atau notifikasi aneh
  • Kemunculan file aneh di dalam komputer anda

Nah, bila Anda mendapati komputer Anda mengeluarkan tanda-tanda seperti di atas, maka Anda harus segera mengambil tindakan.

Cara Melindungi Komputer Dari Serangan Virus

Cara Melindungi Komputer Dari Serangan Virus

Ambil langkah-langkah ini untuk melindungi PC Anda dengan perlindungan virus komputer terbaik:

  • Gunakan perlindungan antivirus dan firewall
  • Dapatkan perangkat lunak antispyware
  • Selalu perbarui perlindungan antivirus dan perangkat lunak antispyware Anda
  • Perbarui sistem operasi Anda secara teratur
  • Tingkatkan pengaturan keamanan browser Anda
  • Hindari situs Web yang mencurigakan
  • Hanya unduh perangkat lunak dari situs yang Anda percayai.
  • Hati-hati menjalankan free software
  • Jangan buka pesan dari pengirim yang tidak dikenal
  • Segera hapus pesan yang Anda duga sebagai spam

Pentingnya menggunakan antivirus dan tidak hanya mengandalkan Windows Defender

Windows Defender adalah produk hebat untuk kebutuhan dasar komputer Anda, yang dapat mendeteksi dan melindungi komputer terhadap virus dengan cukup baik, dan Windows Firewall yang disertakan pun cukup bagus. Hanya saja, Windows Defender tidak menawarkan perlindungan terhadap ancaman cyber lainnya seperti penipuan ransomware atau phishing.

Banyak antivirus gratis yang tidak hanya melindungi dari ancaman ini, tetapi mereka juga berada di garis depan keamanan dunia maya dan dapat menjaga komputer Anda lebih baik daripada Windows Defender.

Apa jenis virus yang paling umum yang mempengaruhi komputer Wndows?

Trojan biasanya merupakan virus yang digunakan oleh peretas yang ingin menginfeksi atau mencuri data pribadi Anda. Ini adalah virus yang terlihat seperti file lainnya dengan ekstensi seperti .exe dan .doc.

Tetapi setelah diunduh, jika Anda tidak memiliki aplikasi anti virus yang diinstal pada PC Anda, maka Anda akan menjalankan virus berbahaya yang dapat melemahkan mesin komputer Anda dan berpotensi mengirim semua informasi Anda ke hacker. Antivirus yang baik akan menghentikan Anda dari menjalankan virus itu di PC Anda. Tetapi, antivirus terbaik akan menghentikan Anda dari mengunduh virus itu sejak awal.

Karena ada jutaan ancaman baru dan berbahaya yang berpotensi terjadi pada Windows, penting agar perlindungan virus Anda diperbarui dengan basis data malware terbaru.

Software Antivirus Gratis Terbaik

Software Antivirus Gratis Terbaik

Hanya ada beberapa aplikasi anti virus Windows gratis yang bisa menawarkan perlindungan PC secara maksimal. Anda harus hati-hati saat memilih free antivirus, karena ada beberapa antivirus terbaik gratis untuk pc yang sebenarnya adalah malware yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi Anda.

Baca Juga: Apa Itu Firewall

Ini terutama berlaku untuk Windows karena dengan begitu banyak pengguna di seluruh dunia, pengguna Windows adalah target paling populer untuk virus dan malware berbahaya lainnya. Itulah mengapa penting agar Anda tidak menjadi korban salah satu penipuan umum ini dan hanya mengunduh program yang resmi dengan riwayat kinerja berkualitas tinggi dan terpercaya.

Seperti yang tadi sudah kita bahas, memiliki WIndows Defender di komputer belum cukup untuk melindungi PC/Laptop Anda dari serangan virus, karena Windows Defender tidak cukup untuk menjaga keamanan cyber dan perlindungan online, ditambah lagi Microsoft jarang memperbaruinya. Untuk menjaga PC Anda benar-benar aman, Anda memerlukan jenis perlindungan yang hanya dapat Anda peroleh dari perangkat lunak anti virus terbaik.

Nah, untuk memenuhi kriteria yang terbaik, perangkat lunak anti virus gratis terbaik haruslah yang bisa menawarkan hal-hal berikut:

  • Benar-benar gratis. Ada beberapa merk yang biasanya mencoba menipu Anda agar tetap menggunakan produk mereka dengan menawarkan uji coba gratis, dan kemudian membuat Anda membayar biaya berlangganan agar tetap menggunakan produk.
  • Tidak ada tipuan-tipuan marketing
  • Perlindungan yang kuat.
  • Hasil tes luar biasa.
  • Fitur tambahan.

Panda Free Antivirus — Free Windows Antivirus Terbaik Secara Keseluruhan

Panda Free Antivirus

Panda Free Antivirus ringan, aman, dan mudah digunakan. Semuanya diletakkan di dashboard dengan cara yang menarik dan intuitif. Antivirus ini bagus untuk pemula yang tidak ingin khawatir tentang banyak pengaturan lanjutan – cukup buka dan biarkan berjalan.

Panda mungkin salah satu merek yang kurang dikenal dalam daftar ini, tetapi pemindai antivirusnya mendapat nilai sangat baik, dengan tingkat deteksi virus 100%. Firewall yang disertakan juga cukup kuat, memblokir lebih banyak intrusi daripada antivirus gratis lainnya yang diuji, termasuk firewall Windows.

Panda Free Antivirus hadir dengan jaringan pribadi virtual (VPN). Kami selalu merekomendasikan menggunakan VPN jika Anda berada di jaringan Wi-Fi publik – tidak hanya semua data Anda terpapar ke administrator jaringan, jaringan Wi-Fi tanpa jaminan terkenal mudah diretas. Meskipun VPN Panda gratis, ia memiliki batas data 150 MB per hari – ini bagus untuk menjelajahi web dan mengirim email, tetapi itu tidak cukup untuk data seperti streaming atau berbagi file. Anda hanya bisa mendapatkan data VPN unlimited pada paket Panda Dome Premium.

Secara keseluruhan, dalam hal perlindungan anti-malware, Panda adalah antivirus gratis terbaik.

Dengan kata lain, Panda Free Antivirus adalah antivirus yang kuat dan mudah digunakan, menawarkan perlindungan gratis 100%. Ini adalah salah satu program antivirus paling intuitif di luar sana – tidak diperlukan pengaturan khusus, jadi sangat cocok untuk pemula. VPN-nya kuat, tetapi dibatasi hingga 150 MB per hari. Jika Anda menginginkan akses VPN tanpa batas – dan tambahan lain seperti pengelola kata sandi, kontrol orang tua, dan deteksi malware tingkat lanjut – Anda perlu meng-upgrade ke paket premium. Meskipun begitu, paket gratis yang ditawarkan pun memiliki kualitas yang luar biasa.

Avira Free Antivirus — Antivirus Gratis dengan Internet Security Terbaik

Avira Free Antivirus

Avira Free Antivirus tidak hanya memungkinkan kita merasakan teknologi antivirus legendaris buatan Jerman Avira, tetapi juga mencakup Avira Browser Safety – ekstensi untuk Firefox dan Chrome yang melindungi terhadap situs web berbahaya dan penipuan phishing.

Mesin antivirus Avira beroperasi di cloud, artinya sebagian besar deteksi dan analisis malware tidak benar-benar terjadi di PC Anda. Teknologi berbasis cloud ini memiliki dua keunggulan utama.

Pertama, ini berarti Avira dapat merahasiakan metodenya dengan hanya memerangi malware di servernya sendiri. Ini membuat Avira selangkah lebih maju dari para hacker setiap saat, karena mereka tidak akan tahu informasi apa yang diketahui oleh Avira.

Kedua, ini berarti Avira membutuhkan sumber daya sistem yang sangat sedikit. Faktanya, Avira memiliki salah satu mesin antivirus terkecil dan teringan dari semua merek antivirus utama.

Dan karena Avira berjalan sangat efisien, bahkan banyak PC Windows yang sudah tua pun dapat menjalankan Avira Free Antivirus tanpa banyak berdampak pada kinerja. Jika PC Anda terkadang terasa lambat dan lamban saat Anda menggunakan aplikasi, Avira bisa menjadi solusi antivirus terbaik dan ringan yang tepat.

Dengan kata lain, jika Anda mencari perlindungan yang kuat terhadap malware dan Anda tidak membutuhkan banyak fitur tambahan, Avira Free Antivirus adalah pilihan yang baik. Avira sangat ringan, sehingga kinerja PC Anda tidak akan berkurang.

Sophos Home Free — Antivirus Gratis Terbaik untuk Parental Controls

Sophos Home Free

Ada banyak hal buruk di internet yang tidak dapat dihadang oleh software dasar antivirus. Selain melindungi perangkat dan informasi pribadi Anda dari virus, Sophos Home Free adalah aplikasi anti virus gratis yang bagus yang membantu melindungi anak-anak Anda dari situs-situs yang Anda tak ingin mereka sampai bisa mengaksesnya.

Sophos Home Free mencakup Parental Control yang hebat – suatu hal yang biasanya hanya terdapat dalam paket keamanan internet premium, seperti Norton 360 Deluxe.

Parental control memungkinkan Anda memantau bagaimana anak-anak Anda menggunakan perangkat mereka dan membatasi situs web mana saja yang dapat mereka akses.

Sophos Home Free juga mencakup perlindungan waktu-nyata terhadap malware dan ekstensi browser yang membuat Anda tak akan mengunjungi situs web berbahaya.

Anda dapat menginstal versi Sophos gratis di hingga pada 3 device. Ini tentu sangat luar biasa untuk ukuran produk gratis. Tetapi kalau Anda memiliki lebih banyak device, Anda harus meng-upgrade-nya ke paket premium. Dengan kata lain, Sophos Home Free adalah aplikasi antivirus yang ramah pengguna dan efektif – dan antivirus gratis terbaik dengan Parental Control.

Kaspersky Security Cloud (Free) — Antivirus Gratis Teraik untuk Fitur Tambahan

Kaspersky Security Cloud (Free)

Kaspersky Security Cloud – Free adalah paket antivirus gratis yang mengesankan. Antivirus gratis ini termasuk mesin pemindai malware berbasis cloud Kaspersky, yang menangkap 100% ancaman yang diberikan pada selama pengujian antivirus berlangsung.

Security Cloud tidak hanya memindai malware, melakukan pembersihan sistem dan menggunakan pemindaian aktif untuk mencegah ancaman baru, tetapi juga memberikan perlindungan privasi lengkap dengan VPN, pengelola kata sandi, dan pemindaian web yang mencurigakan.

VPN-nya cukup bagus dan tidak terlalu memperlambat komputer, serta dapat memungkinkan Anda untuk membuka blokir konten streaming yang dibatasi geoblocking dengan server di seluruh dunia. Sayangnya, ada batas harian 200 MB. Tetapi itu tentu lebih baik daripada 150 MB data harian VPN gratis yang diberikan oleh Antivirus Panda.

Kaspersky Security Cloud – Free adalah rangkaian antivirus gratis yang kuat dengan beberapa fitur tambahan yang keren.

Bitdefender Antivirus Free Antivirus Gratis Terbaik untuk Perlindungan Sederhana Windows

Bitdefender Antivirus Free

Bitdefender’s Antivirus Free adalah pilihan tepat bagi pengguna yang mencari pemindai antivirus yang tidak perlu “diotak-atik” setelah instalasi.

Bitdefender dirancang untuk berjalan di background, dengan hanya pemberitahuan penting jika ada aktivitas program yang mencurigakan. Pemindaian malware, deteksi, dan penghapusan semua terjadi secara otomatis, kecuali jika Anda memutuskan untuk menyesuaikan pengaturannya.

Jika Anda mencari fitur tambahan seperti pengelola kata sandi, parental control, pemantauan web mencurigakan, atau VPN, ini bukan produk yang tepat untuk Anda (Anda mungkin akan lebih membutuhkan antivirus  seperti Norton 360).

Namun, Bitdefender masih merupakan perangkat lunak antivirus yang sangat bagus, dan desain minimalnya berarti tidak akan memperlambat PC Anda sama sekali.

Seperti yang kita lihat dalam ulasan lengkap kami, pemindai malware Bitdefender adalah salah satu yang terkuat di pasaran, dan fitur Advanced Protection-nya sekarang meluas hingga ke deteksi ransomware.

Bitdefender Antivirus Free tidak memasukkan banyak fitur tambahan seperti perangkat lunak antivirus gratis lainnya dalam daftar ini, tetapi BitDefender Antivirus Free adalah salah satu yang paling mudah digunakan. Jika Anda mencari deteksi malware 100% yang mampu menjaga keamanan komputer Anda, dan memantau penjelajahan, Bitdefender adalah pilihan yang baik.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Malware

Nah, itu tadi beberapa pilihan antivirus terbaik gratis untuk pc yang dapat Anda gunakan untuk melindungi komputer Anda. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menentukan pilihan, ya!

Tinggalkan komentar