Apa Itu Firewall

Apa Itu Firewall

Diposting pada

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tidak menutup kemungkinan adanya perilaku kejahatan digital. Biasanya para pelaku berusaha untuk memasang malware ke dalam sistem operasi komputer Kita guna memperoleh data-data khusus maupun data yang bersifat pribadi.

Karena itu hampir di sebagian besar perangkat digital yang Kita miliki telah memiliki sistem keamanan untuk dapat menangkal hal tersebut. Salah satu sistem keamanan untuk mengkal ancaman malware tersebut ialah sistem firewall.

Dalam artikel ini, Kita akan membahas mengenai pengertian firewall, fungsi, dan mekanisme kerjanya.

Pengertian Firewall

Pengertian Firewall

Apa itu firewall? Sistem firewall dapat dimengerti sebagai sebuah sistem keamanan yang terdapat di jaringan komputer guna mengatur data, informasi, dan aktivitas apa saja yang dibolehkan atau tidak dibolehkan melakukan lalulintas dari internet ke komputer maupun sebaliknya.

Secara sederhana sitem firewall ini diumpamakan sebagai sebuah tembok yang membendung ancaman bahaya untuk dapat masuk ke dalam perangkat komputer Kita. Inilah mengapa sistem firewall umumnya dikenal sebagai tembok api untuk menghalau transmisi bahaya yang timbul dari data negatif ataupun virus yang masuk melalui jaringan internet.

Baca juga : Hosting Aman dan Murah

Lalulintas padat yang terjadi di dalam internet sangat memungkinkan mengandung beragam data yang dapat menciptakan kerusakan pada sistem komputer. Melalui sistem firewall ini data yang bersifat negatif tersebut akan teridentifikasi sebelum merusak sistem komputer Kita.

Sistem firewall ini memiliki dua jenis, yakni sistem yang berbasis hardware dan software. Kedunya memiliki perbedaan dalam cara kerjanya. Meskipun demikian, kedunya sama-sama berfungsi untuk melindungi jaringan komputer.

  1. Sistem firewall jenis hardware merupakan peranti keras yang terdapat dalam sistem jaringan yang beroperasi dengan cara mengidentifikasi pachet utama, sumber, dan tujuannya melalui sistem filter. Sistem ini akan menentukan data mana yang akan dibuang dan diperolehkan untuk berlalu lalang ke dalam jaringan komputer.
  2. Sistem firewall jenis software ini beroperasi untuk melindungi lalu lintas masuk atau keluar dari jaringan internet ke komputer atau sebaliknya. Selain itu, jenis ini juga dapat melindungi komputer dari virus Trojan atau Worm. Yang membedakannya dengan jenis hardware ialah jenis ini umumnya berbentuk aplikasi yang terpisah atau bagian dari fitur tambahan dari perangkat anti-virus.

Sampai di sini, mungkin Kita telah mendapatkan gambaran apa itu firewall dan sistem keamanan ini. Selanjutnya Kita akan masuk ke pembahasan lebih dalam mengenai fungsi yang terkandung di dalam sistem keamanan ini.

Fungsi Sistem Firewall

Fungsi Sistem Firewall

Secara garis besar, Kita dapat memahami bahwa firewall merupakan sebuah sistem yang menghalau ancaman malware atau data negatif untuk dapat masuk ke dalam jaringan komputer. Sedangkan secara lebih rinci, fungsi sistem firewall antara lain:

Menghalau Ancaman Hacher

Ancaman hacher menjadi salah satu hal yang dikhatirkan oleh para pengguna sistem komputer. Bila hacher berhasil menerobos masuk ke dalam jaringan komputer, maka sangat memungkinkan data pribadi atau data penting Kita dapat hilang maupun dicuri.

Selain itu, hacher juga sangat mungkin untuk mengacaukan sistem komputer Kita. Salah satu fungsi yang dimiliki oleh sistem firewall ialah membentengi komputer Kita agar tidak dapat dibobol oleh hacher.

Melakukan Filter Pesan dan Konten Spam

Sistem firewall dapat mengidentifikasi dan melakukan blockade terhadap lalu lintas pesan dan konten spam ke dalam komputer.

Sistem ini juga dapat mengelola pesan atau konten seperti apa yang boleh atau tidak boleh melakukan lalu lintas di jaringan kompeter.

Menyaring Lalu Lintas Data di Game Online

Lalu lintas data yang terdapat di dalam Game online terbilang sangatlah cepat. Pertukaran data yang begitu cepat ini mengandung beragam ancaman terhadap sistem komputer. Ancaman tersebut ditimbulkan karena tidak teridentifikasinya data negatif yang berhasil menerobos masuk.

Data negatif ini akan menyasar beberapa sistem kompeter yang memiliki perangkat keamanan yang lemah. Karena itulah, sistem firewall merupakan salah satu perangkat kemanan yang mampu mengidentifikasi kecepatan arus lalu lintas data dalam game online.

Monitoring Bandwith

Fungsi berikut yang dimiliki oleh sistem firewall ialah melakukan monitoring dan pembatasan terhadap bandwith yang Kita gunakan.

Hal tersebut dapat Kita lakukan ke beberapa platform atau konten yang antara lain ialah dalam bentuk gambar, video, musik, maupun tulisan. Kita juga dapat mengatur bandwith berdasarkan pada prioritas yang Kita kehendaki.

Dari pembahasan mengenai manfaat yang dapat diperoleh dari sistem firewall ini ada baiknya Kita juga perlu mengetahui bagaimana mekanisme kerja dari sistem ini.

Mekanisme Kerja Sistem Firewall

cara kerja sistem firewall

Mekanisme atau cara kerja sistem firewall ini utamanya ialah:

Melakukan Monitoring

Melakukan monitoring terhadap arus lalu lintas data atau informasi guna mengetahui mana saja yang mengandung kategori bagus dan mana yang buruk bagi sistem komputer.

Melakukan penyaringan potongan kecil data

Melakukan penyaringan potongan kecil data guna menentukan mana yang lolos untuk dimasukan ke dalam sistem yang diminta dan mana potongan data yang pantas untuk dibuang.

Infeksi Stateful

Yaitu sebuah metode yang dilakukan untuk mengidentifikasi konten yang terdapat di dalam setiap potongan data kecil guna melakukan perbandingan terhadap bagian-bagian utama dari data itu dengan database dari informasi yang dapat dipercaya.

Baca Juga: VPS Gratis

Kemudian memonitor informasi yang berasal dari dalam firewall keluar guna mengukur karakter spesifiknya. Selanjutnya, hasil tersebut dibandingkan dengan informasi yang masuk ke dalam sistem firewall. Pada tahap ini ada seleksi mana yang diizinkan masuk dan mana yang dibuatng.

Mengidentifikasi layanan proxy

Mengidentifikasi layanan proxy yang dilakukan dengan cara, firewall mengambil informasi dari internet kemudian ditransfer ke dalam sistem yang diminta maupun sebaliknya.

Kesimpulan

Kita telah membahas apa itu firewall. Sebuah sistem yang sangat berguna bagi pengguna digital. Sistem keamanan menjadi hal yang mendasar bagi komputer kita. Dengan memahami lebih dalam mengenai sistem kemanan dapat menambah pengetahuan dan kewaspadaan dari berbagai bentuk ancaman yang dapat merusak, mencuri, serta menganggu jalannya sistem komputer yang Kita miliki.

Tinggalkan Balasan