Apa Itu ISP (Internet Service Provider)

Hmm, siapa sih yang tidak kenal dengan teknologi informasi internet? Sebuah teknologi masa kini yang perkembangannya tidak pernah berhenti! Tidak heran kalau ada saja perusahaan yang menjadi penyedia internet terus mengembangkan teknologi ini, salah satunya Internet Service Provider (ISP). Apa itu ISP Internet?

Sebuah perusahaan yang menawarkan layanan akses internet dengan kecepatan yang cukup tinggi, ada juga internet transit, registrasi pembuatan domain, dan banyak lagi. Bagi kamu yang belum mengetahui pengertian apa itu ISP, yuk simak di mari.

Apa Itu ISP Adalah

ISP adalah

ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider yang mempunyai arti perusahaan yang mempunyai jaringan luas. Nah, biasanya perusahaan ini bisa bekerja secara domestic atau internernasional. Dengan penggunaan ISP, kita bisa tersambung dengan jaringan internet secara global atau di seluruh penjuru dunia yang memiliki akses internet.

Bahkan jaringan yang tersedia pun cukup beragam. Dari mulai data yang berbentuk kabel modern, ada juga persewaan kabel sampai jalur lebar atau disebut juga brodband, ada juga radio sama VSAT. Selain itu juga beberapa pelayanan lainnya seperti server dan router bisa disedikana oleh ISP.

Bagaimana dengan biayanya? Untuk biaya tentu akan dibebankan pada para pelanggan ISP dan akan dibayarkan sesuai dengan kebutuhan selama kurun waktu tertentu. Biasanya sih satu bulan sekali. Kalau kamu menggunakan ISP tentu kamu sudah tahu prosedur penagihannya ini.

Perkembangan Internet dan ISP

Internet mulai masuk dan berkembang di Indonesia ini pada era 90-an, khususnya di tahun 1995. Perkembangannya ditandai dengan kemunculan ISP alias Internet Service Provider pertama. ISP hadir untuk untuk menjawab kebutuhan masyarakat, kecepatan saat itu atau bisa dibilang bandwidth nya mencapai 14.4 kbps sampai 28.8 kbps.

Baca Juga: Pengertian Internet

Seiring berjalannya waktu, hadirnya ISP pun semakin banyak dan berkembang di Indonesia. Bahkan sekarnag ini jumlahnya bisa lebih dari 5 dengan cara dan pelayanan sesuai dengan prosedur perusahaan, khususnya yang bisa menarik konsumen dan market.

Bagaimana, sejauh ini kamu sudah memahami kan apa itu ISP? lantas apa sih fungsi dan apa saja jenis ISP itu?

Mengenal Fungsi dan Jenis Internet Service Provider

Mengenal Fungsi dan Jenis Internet Service Provider

Sebelumnya sudah kita jelaskan bahwa ISP adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa internet dan mempunya klasifikasinya sendiri. Hal ini tentu berdasar atas fungsi serta jenis ISP dan kebutuhan para konsumen. Berikut ini adalah penjelasan lebih luas mengenai apa-apa yang berkaitan dengan ISP.

Hosting ISP

Untuk klasifikasi ISP yang pertama ini berfokus pada pelayanan sebuah hosting internet. Dimana nantinya perusahaan akan menyediakan berbagai keperluan yang kamu butuhkan untuk membuat sebuah website atau untuk mengakses internet. Salah satu pelayanannya seperti web histing, email, sampai dengan layanan penyimpanan data online (backup storage). Di samping itu juga ada layanan lain seperti virtual server, layanan berbasih cloud sampai dengan operasi server secara fisik.

Mendapatkan Akses ISP

Selanjutnya perusahaan ISP juga tidak hanya memberikan pelayanan hosting saja namun juga mencakup penyedia peranti internet untuk perusahaan yang memerlukan akses internet cukup cepat. Oleh sebab itulah perusahaan ini juga menyediakan perangkat kerasa seperti ISDN dan ADSL, serat optic sampai dengan ethernet metropolitan atau yang kita kenal juga dengan sebutan metro-e. Beberapa perusahaan besar yang memakai ISP untuk aktivitasnya biasanya begerak dalam bidang media.

Cara Kerja ISP

Kalau hanya sekedar pengertian ISP yang dipaparkan mungkin kamu belum mendapatkan gamabaran yang lebih luas mengenai cara kerjanya. Lantas sebenarnya bagaimana sih cara kerja ISP ini? Cara kerja ISP bisa dengn menghubungan jaringan satu dengan lainnya.

Misal, dengan menghubungkan perangkat computer pada jaringan yang menggunakan router atau modem. Modem tersebut nantinya akan memberikan permintaah pada ISP untuk diperiksa oleh ISP terkait dengan alamat statis IP pengguna. Setelah diproses maka ISP akan mengarah pada halaman cache yang sudah tersedia.

Biasanya juga ISP mempunya cache yang lebih besar sehingga dapat mentransfer data dari computer satu ke computer lain dengan kecepatan yang cukup tinggi. Sementara itu bila terdapat jeda dalam layanan ISP ini malah akan membawa kerugian yang cukup besar. Misal tidak nyaman pada para konsumen dan jika system tidak segera ditangani tentu akan membuat jaringan maka semakin macet bahkan down. Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh penyedia jasa internet.

Menggunakan Layanan ISP

Layanan ISP merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh perusahaan penyedia internet pada para konsumen berdasarkan apa yang dibutuhkan. Baik itu untuk industry atau pun perorangan. Setidaknya di Indonesia ini layanan ISP dapat dibedakan jadi 5 jenis. Berikut penjelasannya.

Jenis Layanan ISP

Dial Up Connection

Dial up connection merupakan sebuah layanan yang cukup banyak dan sering dipakai oleh masyarakat Indonesia. Khususnya yang memiliki skala bisnis menengah. Misal, pengusaha warnet alias warung internet.

Di sini si konsumen atau pengguna tak hanya dibebani secara biaya saja namun juga merka akan terhubung di jaringan internet. Dial up connection memakai modem atau kabel telepon untuk bisa terhubung langsung ke internet.

Dedicated Connection

Dedicated Connection merupakan salah satu layanan ISP yang kerap dipilih oleh masyarakat pada umumnya. Jenis layanan ISP ini mempunyai sifat menetap pada pengguna alias bisa terhubung pada internet selama 24 jam setiap harinya. Biasanya juga digunakan oleh perusahaan besar yang mempunyai karyawan dengan tugas computer dalam jumlah banyak.

Misal, kantor pelayanan public, rumah sakit.

Internet Hotspot

Beda dengan dial up, jenis layanan ISP ini tidak memakai kabel bila ingin terhubung dengan internet.

Jenis ini cukup banyak pada tempat umum serta masyarakat yang membutuhkan akses internet kapan pun dan dimana pun. Misal sebuah kafe, taman kota, coworking space, bandara, dan tempat lainnya.

Internet Wireless

Internet wireless merupakan layanan internet lain yang berasal dari ISP dan tanpa menggunakan kabel. Bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya telepon.

Sebab biasanya biaya malah akan terkena pada pemakai internet saja. Sehingga bisa kita bilang lebih murah bahkan lebih ekonomis.

Internet Mobile Acces

Jenis layanan ISP yang terakhir yaitu layanan internet mobile acces. Sama seperti namanya dimana layanan ISP ini penggunanya banyak para pengguna mobile atau smartphone. Secara umum, akses internet ini akan mereka pakai pada smartphone dengan layanan internet. Mula dari yang menggunakan GSM, CDMA, 3G hingga 4G.

Beberapa Permasalahan Layanan ISP

Biarpun sebagai pengguna kita hanya tinggal menggunakan layanan ISP saja. Namun ternyata ada saja masalah yang datang dari ISP, dan dampaknya bisa saja terasa oleh para pengguna.

Memakai ISP untuk kebutuhan akses internet yang kita gunakan tentunya bisa jadi lebih baik untuk perorangan atau pun perusahan. Hanya saja dalam perjalanannya, perusahaan ISP pasti mengalami beberapa problem. Secara umum sih berkaitan dengan soal teknis.

Berikut ini adalah beberapa persamalahanya:

  1. Sulit ketika hendak mengakses internet biarpun sudah memiliki status internet connected tapi tetap saja tidak bisa mengakses. Akibatnya pengguna akan merasakan lamban pada koneksi internet. Pernah mengalami nya juga?
  2. Masalah selanjutnya bisa karena server provider dari ISP mengalamai down hingga mati total. Hal ini biasanya lebih karena arus listrik yang kurang stabil sehingga akan mempengaruhi pada pelayanan ISP itu sendiri.
  3. Gangguan kabel jaringan merupakan hal teknis selanjutnya yang bisa mengganggu kinerja ISP. Misal kabel jaringan yang terputus hingga lepas sehingga jaringan pun terpengaruh. Selain itu bisa juga karena adapter yang tidak terhubung pada wireless network karena ada proses maintenance.

Tentunya kalau terjadi gangguan pada layana ISP yang kamu gunakan, kita sebagai pengguna akan merasa sebal bukan? Apalagi bila ternyata internet sedang sangat kamu butuhkan. Lantas harus bagaimana sih dan harus seperti ap acara memilih ISP yang terpercaya?

Tips Memilih Layanan Internet Service Provider

Tips Memilih Layanan Internet Service Provider

Pada dasarnya masalah berkenaan dengan ISP adalah di atas kadang tidak bisa kita hindari. Namun, kita bisa saja meminimalisirnya dengan memakai layanan ISP terpercaya untuk menentukan apakah ISP tersebut benar-benar terpercaya atau tidak sama sekali. Berikut adalah beberapa tips yang bisa coba kamu terapkan saat hendak memilih layanan ISP untuk digunakan akses internet:

  • Cobalah untuk memilih layanan ISP yang mempunya kecepatan tinggi apalagi dalam hal transfer data. Sebab bila aktivitas mu menggunakan akses internet, kamu benar-benar harus memilih yang terbaik bukan?
  • Cobalah untuk memilih ISP yang memang dekat dengan lokasi kamu berada. Ini karena bila semakin jauh lokasi kamu dengan layanan ISP nya maka bisa saja mempengaruhi pada koneksi. Termasuk juga pada pelayanan saat terjadi gangguan.
  • Pastikan juga kalau ISP tersebut sudah mempunya izin untuk beroperasi secara resmi dari Lembaga yang berkaitan dan banyak perusahaan besar memakainya.

Beberapa tips di atas bisa membantu kamu untuk meminimalisir masalah-masalah yang bisa saja hadir saat menggunakan layanan ISP tertentu. Cobalah untuk mencari informasi lebih lanjut di internet ISP mana yang lokasinya memang berdekatan alias tidak berjauhan dengan lokasi tempat kamu tinggal.

Namun bila memungkinkan sih cobalah untuk menggunakan ISP yang bisa konek hanya menggunakan perangkat smartphone karena itu bisa sangat membantu sekali apalagi bila kamu hendak bepergian ke luar kota.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya harus kamu ketahui mengenai layanan ISP. Memang sih ada beberapa yang masih sulit kamu pahami, tapi setidaknya kamu sudah mendapatkan wawasan lebih kan? Khususnya dalam dunia teknologi internet yang ada di Indonesia. Kalau kamu masih sangat membutuhkan informasi mengenai ISP cobalah untuk memanfaatkan internet dan mencari informasi langsung melalui smartphone kamu. Bila tidak punya smartphone cobalah meminjam teman.

Baca Juga: Dampak Positif Dan Negatif Internet

Kesimpulan

Bila kamu juga sudah menggunakan layanan ISP tertentu namun kamu masih saja mengalami gangguan cobalah untuk mencari jalan keluarnya melalui internet. Biasanya hanya dengan mengetik kata kunci tertentu pada mesin pencarian, kamu akan bisa mendapatkan banyak informasi, termasuk salah satunya yang sedang ingin kamu ketahui dan hal lain yang relevan dengan informasi mu.

Jadi bagaimana, setidaknya sudah sedikit paham kan mengenai pengertian apa itu ISP? Kalau masih belum paham yuk coba banyak Kembali dari atas untuk mengulang dan mengasah pemahaman kamu dari pengertian internet service provider sampai dengan memilih layanan ISP.

Tinggalkan komentar