aplikasi edit video untuk Youtuber

Aplikasi Edit Video YouTuber PC

Diposting pada

Canggihnya perkembangan teknologi, kini membuat siapa saja bisa menjadi konten kreator di YouTube. Saat ini juga sudah banyak tersedia aplikasi edit video untuk YouTubers pemula yang mudah dan dapat digunakan di PC ataupun smartphone Android pribadi Anda.

13 Aplikasi Edit Video YouTuber PC Gratis Terbaik

13 Aplikasi Edit Video YouTuber PC Gratis Terbaik

Pada dasarnya terdapat 2 pilihan gadget yang dapat digunakan seorang pemula untuk mengedit video, yakni melalui PC atau Android.

Baca Juga: Aplikasi Recovery Data Android

Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi edit video yang dapat digunakan oleh para YouTubers pemula:

Windows Movie Maker

Aplikasi PC Windows Movie Maker

Software editing video satu ini hanya bisa digunakan atau dimanfaatkan oleh para pengguna PC berbasis Microsoft Windows. Moviemaker termasuk ke dalam salah satu aplikasi bawaan komputer, sehingga Anda dapat leluasa menggunakannya secara gratis.

Aplikasi tersebut sangatlah cocok bagi YouTubers pemula, karena mudah dipakai dan interfacenya cukup sederhana. Terdapat pula berbagai macam fitur simpel yang dapat Anda gunakan. Mulai dari cutting video, menambahkan teks, hingga memberikan efek transisi atau animasi.

Avidemux Video Editor

Aplikasi PC Avidemux Video Editor

Aplikasi edit video YouTuber berikut merupakan salah satu software gratis yang dapat Anda coba. Penggunaannya cukup mudah dan mendukung banyak codec format rekaman dan audio seperti, MPEG, FLV, AVI, MP3, WAV, dan OGG.

Selain itu, Avidemux juga memiliki interface sederhana dan cukup mirip dengan Movie Maker. Hal tersebut dikarenakan software satu ini juga berasal dari Windows. Beberapa contoh fitur-fitur yang ada di dalamnya seperti encoding, filtering dan juga trimming video.

Pinnacle Studio

Aplikasi PC Pinnacle Studio

Pinacle studio merupakan salah satu editor di PC bagi pemula. Ia sangat cocok bagi Anda yang ingin bekreasi membuat video dengan metode masking. Melalui aplikasi tersebut, berbagai clip bisa langsung ditempel dan diberi efek preset.

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah preset yang disediakannya cukup banyak dan menarik. Anda dapat mengkombinasikannya sesuai dengan selera serta kreativitas masing-masing.

Camtasia Studio

Aplikasi PC Camtasia Studio

Aplikasi edit video untuk YouTubers pemula ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat konten tutorial. Ia dilengkapi dengan perekam layar, dimana fitur tersebut dapat dimanfaatkan ketika ingin menyisipkan voice over.

Selain untuk merekam konten tutorial, Camstasia juga bisa digunakan untuk merecord video game yang sedang dimainkan di PC. Jadi, aplikasi satu ini juga cocok bagi Anda para YouTuber gamers pemula.

Wordershare Filmora

Aplikasi PC Wordershare Filmora

Wordshare Filmora ini memiliki 2 tipe, yakni untuk professional dan beginer. Oleh karena itu, untuk mempermudah pemula dalam mengedit maka aktifikanlah fitur easy mode saja. Salah satu fitur yang menjadi favorit di aplikasi tersebut adalah, tools integrasi ke beberapa platform sekaligus.

Jadi, setelah selesai mengedit, video tersebut bisa secara langsung diupload ke YouTube atau sosial media lain. Sayangnya salah satu kelemahan dari aplikasi ini yakni, berbayar ketika Anda ingin menyimpan filenya di PC.

Cyberlink Power Director

Aplikasi PC Cyberlink Power Director

Aplikasi editor Cyberlink Power Director memiliki tampilan yang ringan, simpel, serta hasilnya cukup professional. Ia mampu mengedit dengan format 360 derajat dan ultra HD 4K. Salah satu fitur unggulannya yakni express projects, dimana pengguna dapat membuat video memalui template.

Walaupun demikian, aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan. Efek videonya dianggap kurang menarik, karena pilihan presetnya sedikit. Selain itu, tools tingkat lanjutnya juga dinilai kurang fleksibel dibandingkan software lain.

Movavi Video Editor

Aplikasi PC Movavi Video Editor

Sofatware editor satu ini cukup cocok digunakan untuk YouTubers pemula. Ia juga mendukung proses pembuatan video secara mudah dan cepat melalui salah satu fitur yang dapat mengintegrasikannya langsung ke YouTube.

Selanjutnya, aplikasi ini juga menyediakan fitur seperti green screen, sticker, efek audio dan teks, serta animasi. Apabila pengguna mengupgrade MVE ke versi Suite, maka Anda dapat menggunakan tools lainnya seperti edit foto, screen recorder, atau convert video.

HitFilm Express

Aplikasi PC HitFilm Express

Aplikasi selanjutnya yang dapat dicoba oleh YouTubers pemulai ialah HitFilm Express. Software editing satu ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat video dengan aksen-aksen keren . Tersedia beberapa tools untuk menambahkan fitur 2D dan 3D.

Walaupun fitur yang desediakan aplikasi ini cukup lengkap, tetapi tidak semuanya gratis. Anda harus membayar untuk dapat menikmati fasilitas tertentu. Kelemahan lain dari aplikasi ini yakni jika terlalu banyak efek, akan membuat proses rendering menjadi lambat.

VideoPad

Aplikasi PC VideoPad

VideoPad merupakan salah satu pilihan software editing yang cukup mudah digunakan para pemula dan ukurannya ringan, yakni kurang dari 10 MB. Ia juga memiliki interface simpel, sehingga lebih gampang untuk dipahami.

Kelemahan dari software ini adalah tidak memiliki fitur lengkap yang canggih, seperti transisi menarik, teks animasi, ataupun pengeditan multicam. Anda harus membeli add-on terlebih dahulu untuk menambah tools pada VideoPad.

Adobe Premiere Pro

Aplikasi PC Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan aplikasi editor bagi pemula cukup populer. Ia memiliki beberapa fitur unggulan, salah satunya seperti explorer built in yang berguna untuk memudahkan Anda dalam mengelola file ketika melakukan editing.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur menarik dan lengkap lain. Sayangnya salah satu kelemahan dari software editor tersebut adalah memiliki ukuran instalasi yang besar, sehingga akan memakai banyak ruang hard disk di PC.

Sony Vegas Pro

Aplikasi PC Sony Vegas Pro

Aplikasi satu ini merupakan software khusus untuk audio dan video editing yang cocok bagi pemula. Ia menawarkan berbagai fitur berkualitas, seperti rotation, zoom, serta memungkinan terciptanya format film dalam kecepatan tinggi.

Software tersebut bahkan juga mampu membuat sebuah soundtrack sendiri untuk sebuah video. Selain itu, template menu yang disediakan pun cukup banyak, yakni lebih dari 40.

Ulead Video Studio

Aplikasi Edit Vidio PC Ulead Video Studio

Ulead Video Studio adalah salah satu software editing yang dikembangkan di Microsoft. Salah satu fitur unggulannya yakni, motion tracking dapat melakukan penandaan pada suatu area dalam video. Jadi, saat bagian tersebut bergerak akan terdapat path atau petunjuk.

Namun walaupun tergolong canggih, motion track ini masih memiliki kelemahan. Salah satu diantaranya yakni, terkadang fitur tersebut sering mengalami kendala dan tidak dapat menjalankan video lebih dari 21 clip secara bersamaan .

iMovie

Aplikasi Edit Vidio PC iMovie

Aplikasi berikut ini merupakan software bawaan dari MacOS untuk laptop keluaran dari Apple. Jadi apabila Anda sudah memiliki PC tersebut, tidak perlu menginstall atau mendownloadnya lagi. Software ini pun cukup mudah untuk digunakan dan memiliki user interface sederhana.

Jadi bagi Anda para YouTuber pemula yang sudah terbiasa menggunakan Apple, tidak akan bingung ketika memakai imovie. Salah satu kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dapat menghasilkan kualitas video dengan resolusi hingga 4K.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video bagi Pemula di Android

Aplikasi Edit Video bagi Pemula di Android

Apabila Anda menginginkan cara edit video YouTube yang mudah, praktis, dan fleksibel, menyuntinglah menggunakan smartphone. Berikut ini merupakan beberapa pilihan aplikasi editing di Android terbaik.

VivaVideo

Aplikasi edit vidio Android viva vidio

Aplikasi satu ini dapat menggabungkan video kamera dan editing secara sekaligus. Jadi, pengguna dapat mengedit clip yang sudah ada atau mengolahnya menjadi lebih baik. Selain itu, software Android tersebut juga dilengkapi dengan fitur capture modes, photo slideshow, hingga collage maker.

Keunggulan lain dari software Android ini adalah memiliki kurang lebih 200 efek. Kemudian, terdapat pula berbagai macam filter, efek, dan transisi menarik. Sayangnya, salah satu kelemahan dari VivaVideo yakni, terdapat watermark pada hasil filenya.

Adobe Premier Clip

Adobe Premier Clip

Meskipun tidak sekompleks dan selengkap versi PCnya, tetapi Adobe Premiere Clip ini cukup menarik untuk digunakan oleh para YouTuber pemula. Ia menyediakan berbagai fitur, mulai dari menggabungkan beberapa foto menjadi video hingga menambah efek atau musik.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar terdaftar di Adobe ID. Setelah itu, pengguna dapat menikmati berbagai fiturnya bahkan mensinkornisasikan akun dengan Premiere Pro.

FilmoraGo

Android FilmoraGo

Aplikasi editing Android berikut penggunaannya sangat mudah. YouTuber pemula cukup memilih video dari galeri smartphone, kemudian dipindahkan ke layar dan langsung dapat ditambahkan berbagai macam efek, transisi, atau fitur menarik lainnya.

Salah satu contoh kelebihan lain dari aplikasi ini adalah fiturnya yang bernama pic in picture. Ia memungkinkan pengguna untuk dapat menambah foto atau clip dalam video utama.

KineMaster

Android KineMaster

KineMaster adalah salah satu software lengkap dengan storyboard canggih nan simpel. Sehingga sangat cocok bagi para pemula seperti YouTubers baru. Aplikasi tersebut juga menyediakan banyak tema, music, hingga efek menarik untuk konten YouTube.

Aplikasi yang dibuat oleh Nexstreaming Corp ini juga telah menggunakan sistem drop and drag, dimana dapat memudahkan Anda untuk mengimpor file. Agar dapat memanfaatkan secara maksimal fitur dalam software ini, pengguna harus menggunakan Android minimal versi Jellybean.

Videoshop

Aplikasi Edit Vidio Android Videoshop

Aplikasi Videoshop banyak digemari oleh para YouTubers pemula, dengan alasan bahwa ia dapat menciptakan video dengan kesan personal. Anda dapat menambahkan berbagai fitur efek suara unik serta menambahkan lagu dari memory card di dalam smartphone.

Selain itu, software editing Android ini juga memiliki fitur menarik yakni fast dan slow motion. Dengan efek tersebut, Anda dapat membuat video kreatif nan unik dimana bisa menambah jumlah subscriber di YouTube.

VidTrim

Aplikasi Edit Vidio Android VidTrim

VidTrim juga termasuk kedalam salah satu rekomendasi aplikasi editing video terbaik di Andorid. Software satu ini memiliki beberapa fitu lengkap, diantaranya conversion, trimming, frame grabbing dan lain sebagainya.

Untuk memenuhi kebutuhan konten berkualitas tinggi, Anda dapat pula memanfaatkan fitur transcoder. Dengan tools tersebut, pengguna bisa mengubah resolusi video sesuai dengan yang diperlukan.

Androvid

Aplikasi Edit Vidio Android Androvid

Aplikasi edit video untuk YouTube selanjutnya adalah, Androvid. Software editing berbasis Android ini juga tak kalah lengkap dan canggih daripada yang lain. Ia pun memiliki beberapa fitur juara, seperti merging, trimming, transcoding, serta splitting.

Semua fitur tersebut dapat membatu para YouTuber pemula menghasilkan konten keren di YouTube. Selain itu, untuk menambah video menjadi lebih menarik Anda juga bisa memanfaatkan beberapa fitur seperti efek ataupun teks lagu.

Magisto

Aplikasi Edit Vidio Android Magisto

Aplikasi lain yang sangat direkomendasikan bagi para YouTuber pemula adalah Magisto. Software satu ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan video dalam waktu singkat. Pengguna hanya perlu memilih foto atau video, kemudian langsung memasukkannya ke dalam layer editing.

Berbagai fitur menarik dapat Anda tambahkan pada video, seperti transisi, stabilisasi video, dan face recognition. Setelah konten berhasil dibuat, pengguna juga dapat langsung membagikannya melalyi tool integrasi langsung ke YouTube serta sosial media.

Glitch

Aplikasi Edit Vidio Android Glitch

Software editing di Android selanjutnya adalah, Glitch. Aplikasi berikut dapat Anda gunakan di smartphone dengan mudah dan cepat. Keunikan yang dimilikinya yaitu, memiliki berbagai macam efek populer serta banyak digemari saat ini.

Kemudian salah satu keunggulan dari Glicth lainnya adalah tidak adanya watermark pada hasil video. Jadi pengguna akan lebih nyaman dan leluasa ketika akan menguploadnya ke YouTube ataupun berbagai macam sosial media.

Quick

Aplikasi Edit Vidio Android Quick

Aplikasi ini dapat membantu para YouTuber pemula guna menghasilkan video dengan cara yang mudah dan cepat. Anda hanya perlu memilih clip pada ponsel lalu meletakkannya ke dalam software untuk di edit. Bahkan hanya dibutuhkan waktu beberapa detik menyisipkan sebuah efek atau transisi.

Pengguna dapat menambahkan hingga 50 video atau foto sekaligus untuk membuat sebuah clip. Terdapat kurang lebih 20 filter yang dapat Anda gunakan untuk mempermanisnya. Selain itu, bisa ditambahkan juga fitur-fitur lain seperti teks, musik, ataupun animasi.

Inshot

Aplikasi Edit Vidio Android Inshot

Aplikasi Android berikut cukup menarik dan sifatnya gratis, sehingga sangat cocok bagi para pemua. Terdapat beberapa fitur lengkap seperti trimming, input teks, emoji, bahkan berbagai macam preset efek. Bahkan pengguna juga bisa membuat video dengan latar belakang blur (bokeh).

Software satu ini dapat diterapkan pada OS Android minimal 4.3 keatas. Ukurannya juga tidak terlalu besar ketika dipasang di smartphone, yakni hanya sekitar 30 MB. Namun sayangnya, salah satu kelemahan dari Inshot adalah, pengaturannya yang dinilai sulit untuk beberapa keadaan.

VideoShow

Aplikasi Edit Vidio Android VideoShow

Walaupun belum populer seperti aplikasi lain, namun videoshow patut dipertimbangkan sebagai alternatif pilihan para YouTuber pemula. Ia memiliki beberapa keunggulan seperti, tidak memiliki watermark, desain interface menarik, hingga pilihan sticker dan filter yang menarik.

Aplikasi tersebut juga memiliki ukuran file yang tidak cukup besar, yakni sekitar 24 MB. Sayangnyanya, jika Anda ingin menggunakan VideoShow maka harus melakukan pembayaran bulanan agar bisa membuka seluruh fitur premium.

Funimate

Aplikasi Edit Vidio Android Funimate

Software editing berikut merupakan aplikasi editor video yang dapat memberikan efek lucu dan menarik. Aplikasi tersebut sangat cocok digunakan bagi para YouTuber pemula dengan konten beauty vlogger atau anak-anak. Melalui Funimate, pengguna dapat langsung mengunggah hasil ke YouTube.

Beberapa keunggulan Funimate yakni, data dilakukan untuk mengedit video dalam format vertikal. Selain itu ia juga memiliki 15 filter dan sticker menarik. Untuk kekurangannya, aplikasi tersebut mempunyai ukuran cukup besar dan kurang cocok hika digunakan kalangan semi profesional.

Baca Juga: Cara Daftar Google Adsense YouTube

Banyak pilihan aplikasi edit video untuk YouTubers pemula, baik untuk PC ataupun Android. Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera dan kebutuhan konten masing-masing. Namun, juga diperlukan kreatifitas agar lebih cantik visualnya.

Tinggalkan Balasan