Aplikasi Jualan Online di Instagram

Aplikasi Jualan Online di Instagram

Diposting pada

Sosial media memang memberikan banyak sekali kemudahan bagi manusia, salah satunya dalam hal perekonomian. Misalkan saja, kini dapat dengan gampang ditemukan aplikasi untuk jualan di Instagram sehingga para penjual bisa semakin gencar berkreasi memasarkan dagangan mereka.

Instagram sebagai Pasar Dagang Potensial

Instagram sebagai Pasar Dagang Potensial

Sebelum memasuki pembahasan terkait aplikasi apa saja yang dapat memudahkan urusan penjualan di instagram, perlu diketahui lebih dahulu mengapa ruang media sosial tersebut cocok dipakai sebagai media penjualan produk? Apa kelebihannya dibandingkan halaman akun sosial lain? Jawabannya akan diulas secara detail dalam poin-poin di bawah ini:

Memiliki 500 Juta Pengguna

Hingga hari ini, Instagram berhasil meraih 500 juta pengguna di seluruh dunia. Mereka yang tergabung di dalamnya tentu saja memiliki tujuan berbeda, ada yang menjadikannya ladang penghasilan, menunjukkan kemewahan diri, mengikuti kegiatan sang idola atau mencari hiburan.

Baca Juga: Toko Online Terbaik

Terlepas dari berbagai tujuan tersebut, dengan masa sebesar itu potensi menawarkan sebuah produk yang dibutuhkan oleh orang banyak sangat memungkinkan berhasil. Terutama apabila dilengkapi sistem marketing berkualitas serta menyasar para konsumen dengan latar belakang sesuai.

Memungkinkan Berbagai Kreasi Konten Marketing

Halaman instagram memiliki banyak fitur. Di antaranya yaitu upload foto dan video, prosesi edit konten sebelum diunggah, caption atau komentar, fasilitas like, unlike, berkomentar, membagikan, program tayangan langsung / live, instastory yang otomatis hilang dalam jangka waktu 24 jam dan lain-lain.

Dengan berbagai fitur yang tersedia tersebut, penjual bebas melakukan kreasi seunik mungkin pada barang dagangannya. Sebab sistem penjualan via online sangat mengandalkan kualitas konten (karena tidak bisa melihat langsung), maka melakukan tindakan ini sangat disarankan bagi pemula.

Tersedia Banyak Aplikasi Marketing Pendukung

Apabila sebagai pemula merasa belum mampu memasarkan produk dengan cara yang menarik, maka banyak aplikasi pendukung marketing bisnis online instagram yang siap sedia untuk membantu menawarkan barang. Tentunya dengan banyak pilihan tampilan sekaligus merambah pasar dengan followers.

Misalkan saja aplikasi edit foto atau video menjadi lebih bagus dengan penambahan warna, cahaya, konfigurasi, menambah followers dengan cepat dalam hitungan minggu, memilihkan jaringan konsumen yang potensial dengan komoditas produk, melakukan postingan otomatis secara rutin dan sebagainya.

Tipe Pengguna Beraneka Ragam

Mungkin sudah banyak orang menyadari bahwa setiap akun media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dan Line memiliki karakteristik penggunanya masing-masing. Dengan begitu, memetakan pasar menjadi lebih mudah dan akurat, omset pun menjadi makin lancar dan terus naik.

Di aplikasi Instagram sendiri, penggunanya terdiri dari banyak kalangan mulai dari orang tua hingga anak-anak, menengah ke atas maupun kebawah, laki –laki dan perempuan serta masih banyak lagi jenis latar belakang lainnya. Dengan demikian, produk yang dapat dipasarkan di sana lebih beragam.

Sukses Berniaga dengan Aplikasi Jualan Online di Instagram

Sebelum memulai bisnis penjualan, seseorang harus lebih dahulu mempunyai konsep pemasaran atau biasa disebut dengan strategi marketing. Tujuannya supaya terdapat daya tarik bagi calon pembeli kepada produk itu dan melakukan pemesanan sekalipun akun lain juga menyediakannya.

Jika tertarik, jangan lewatkan ulasan mengenai beberapa aplikasi jualan di instagram berikut ini:

Aplikasi Jualan Online Iconosquare

Aplikasi Jualan Online Iconosquare

Aplikasi pertama yang bisa digunakan sebagai media penjualan di instagram yaitu Iconosquare. Di dalamnya terdapat fitur analisa penjualan serta dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja marketing selama jangka waktu tertentu. Dengan begitu, penjual bisa membuat perbandingan

Aplikasi ini juga memungkinkan seorang penjual mengetahui akun para pelanggan yang paling aktif melakukan transaksi maupun memberikan respon pada setiap postingan produk. Kini, Iqonosquare sudah digunakan oleh lebih dari satu juta orang di dunia dan dianggap efektif sebagai bahan pendukung.

Aplikasi Jualan Online Instaplus

Aplikasi Jualan Online Instaplus

Instaplus merupakan aplikasi untuk jualan di Instagram yang kini mulai banyak digunakan karena efektifitasnya dalam mendapatkan followers potensial. Secara teknis, sistem di dalamnya dapat melakukan pemilahan cermat untuk melakukan respon terhadap para calon pelanggan.

Bagi seorang penjual produk di Instagram, aktif melakukan pendekatan merupakan perkara yang penting. Mereka perlu mendekatkan diri dengan para pelanggan lebih dahulu dengan memakai teknik pemasaran nan meyakinkan. Bagi sebuah bisnis online, kepercayaan konsumen adalah hal utama.

Aplikasi Jualan Online Gramcaster

Aplikasi Jualan Online Gramcaster

Bagi para calon pebisnis produk di Instagram yang ingin mendapatkan ratusan followers dalam hitungan minggu, aplikasi satu ini sangat dianjurkan untuk dimiliki. Pasalnya, Gramscaster memiliki arah gerak optimalisasi penjualan melalui website sehingga secara otomatis menjangkau pasar luas.

Gramcaster sendiri merupakan aplikasi buatan anak-anak Indonesia. Ia bekerja cukup baik dalam melakukan promosi rutin berkala pada waktu yang sudah tersistem. Adapun terkait penambahan follower secara cepat, keuntungan ini dijamin aman karena tidak menggunakan unsur fuck akun.

Aplikasi Jualan Online Shop Social

Seperti namanya, shop social merupakan sebuah aplikasi untuk berjualan di instagram atau lainnya dengan menggunakan teknik penggabungan semua media sosial yang dimiliki si penjual. Misalnya langsung mencakupkan nama Facebook, Line, alamat di marketplace dan tombol beli.

Aplikasi Shop Social sangat memudahkan penjual maupun pembeli dalam melakukan transaksi. Produsen tidak perlu terlalu ribet membalas pesan satu persatu terkait stok, harga atau yang lainnya. Sedangkan konsumen juga makin praktis ketika melakukan pemesanan karena tinggal klik pada link.

Aplikasi Jualan Online Latergram

Aplikasi Jualan Online Latergram

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi lainnya, Latergram tidak menyediakan fitur posting foto. Namun, terkait dengan managemen penjualan yang rutin, ia termasuk juara. Dengan publikasi rutin pada waktu efektif, maka produk akan dikenal lebih luas dan optimal menjangkau para konsumen.

Latergram akan memberikan notifikasi kepada penjual ketika tiba pada jam publikasi. Selain itu, ia juga menyediakan layanan pengiriman secara otomatis. Aplikasi ini sudah diunduh oleh jutaan pengusaha online di dunia karena dianggap sangat membantu mereka dalam hal pemasaran optimal.

Aplikasi Jualan Online Websta

Aplikasi Jualan Online Websta

Dibandingkan dengan yang lain, aplikasi Websta menang dalam hal kesederhanaan tampilan sehingga sangat simpel digunakan dan mudah dimengerti. Adapun fitur nya berupa analisa kunjungan akun, tawaran saran seputar waktu pemostingan, rekomendasi hashtag dan engagement

Selain itu, Websta dapat membaca jaringan pengguna mana yang tepat sebagai target utama pemasaran. Setiap data akan ditampilkan dalam bentuk grafik. Penjual bisa dengan mudah mengukur kenaikan dan penurunan respon maupun permintaan pemesanan melalui analisa saran aplikasi.

Aplikasi Jualan Online Instagram Ads

Aplikasi Jualan Online Instagram Ads

Aplikasi instagram sendiri sebetulnya memiliki fitur iklan yang akan ditayangkan secara sistematis kepada calon pelanggan potensial. Cara kerjanya yakni dengan melakukan penelusuran terhadap 500 juta orang meliputi negara, usia, jenis kelamin dan beberapa aspek lain.

Dengan memanfaatkan fitur ini, produk tersebut akan ditampilkan sebagai iklan yang tepat pada sasaran. Dengan begitu, daya efektif dalam meningkatkan pasar sangat besar. Namun, untuk dapat memperoleh layanan dari Instagram Ads, penjual dikenakan biaya tambahan dalam jangka rutin.

Beberapa Aplikasi pendukung Konten Marketing di Instagram

Jika seorang penjual ingin sukses dalam berniaga dalam ranah media sosial, maka ia dituntut untuk bisa menghadirkan produknya dalam bentuk sebaik mungkin, kreatif dan berbeda dari para pesaing. Beberapa aplikasi jualan online telah banyak tersedia, kini penting pula membahas kualitas sajiannya.

Sebelum semakin penasaran, mari mengintip beberapa aplikasi pendukung konten terbaik untuk meningkatkan marketing berikut ini:

Snapsheet

Snapsheet merupakan aplikasi foto di Instagram yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Baik untuk kepentingan pribadi maupun pemasaran produk tertentu. Fitur di dalamnya menyediakan pengeditan saturasi, HDR scape, pencahayaan, kuas hingga healing jika ingin menghapus sebagian objek.

Jika tampilan konten atau feed dalam halaman Instagram bagus, kemungkinan besar calon konsumen akan mantap menekan tanda follow. Percaya atau tidak, kebanyakan orang mempercayai bahwa sebuah produk yang ditampilkan dengan bagus, maka barang aslinya pasti berkualitas sama.

Canva

Aplikasi pendukung marketing selanjutnya yaitu Canva. Fiturnya lebih dari sekedar melakukan pengeditan kualitas foto, melainkan juga menambahkan teks maupun keterangan lainnya. Di dalamnya sudah terdapat deretam template yang bisa langsung diaplikasikan dengan mudah.

Canva memang sangat cocok bagi para perintis bisnis usaha penjualan online dan belum sepenuhnya memahami tentang desain. Tentu keterbatasan tersebut tidak boleh dijadikan penghalang bagi siapapun untuk bisa sukses. Nyatanya aplikasi ini selalu siap untuk membantu.

VSCO

Mungkin beberapa pengguna yang sudah cukup mahir melakukan marketing di Instagram mengenal aplikasi satu ini. VSCO sudah lama dikenal sebagai fitur foto paling bagus untuk diupload di media sosial. Di dalamnya tersedia layanan skintone correction, sharpen, sturation, brightness dan lainnya.

Selain itu, keistimewaannya dibandingkan dengan aplikasi edit foto lainnya yaitu terdapat ruang interaksi antar pengguna VSCO atau biasa dikenal dengan fitur following users. Hasil editan juga bisa langsung dipost ke halaman media sosial tanpa harus menutupnya dan mengakses galeri dahulu.

Picflow

Aplikasi Picflow sangat tepat digunakan jika seorang penjual ingin membuat strategi pemasaran lebih kreatif. Dijamin konten akan menjadi luar biasa dibandingkan hanya menggunakan foto dengan caption. Fiturnya memungkinkan penjual untuk mengaplikasikannya menjadi bentuk video pendek.

Video tersebut bisa diisi dengan review produk dari segala sudut, promosi dengan menggunakan model tertentu, testimoni konsumen atau ide kreatif lainnya. Pengguna juga dapat menambahkan musik sebagai pengisi latar suara. Sangat cocok bagi komoditas fashion, kosmetik, tutorial hijab dan sebagainya.

Tagboard

Sebagaimana namanya, Tagboard bekerja dalam ranah penelusuran hashtag. Cara kerjanya yakni melakukan analisa mengenai topik-topik yang berada di sekitar komoditas penjualan. Ia juga memiliki fitur menampilkan kata kunci yang paling banyak diakses oleh para pengguna aplikasi Instagram.

Aplikasi Tagboard sudah digunakan oleh ribuan pengguna di seluruh dunia. Bahkan bukan hanya berbagai akun online shop saja, melainkan juga para pembuat info grafis atau perusahaan media. Terlepas dari kelebihan ini, Tagboard memiliki akses sangat mudah untuk membagi ke akun lain.

Followers for Instagram

Aplikasi jualan di instagram yang sangat diperlukan untuk mendukung bisnis online selanjutnya ialah Followers for Instagram. Di sini, penjual dapat mengetahui dengan mudah para followers baru, akun unfollow serta alamat mana saja yang memiliki satu topik produk dengan komoditas barang dagangan.

Survey sederhana seperti melakukan analisa kepuasan followers atau mengetahui strategi marketing mana yang paling efektif dijalankan. Jika sudah sampai di titik ini, hubungan kedua belah pihak antara penjual dengan konsumen akan berjalan dengan harmonis.

6 Tantangan dalam Melakukan Penjualan di Instagram

Jika sudah benar-benar mantap untuk memasuki dunia baru berupa bisnis berjualan online di instagram, tak ada salahnya apabila seorang penjual mempelajari pula apa saja tantangan yang akan didapatkan ketika merintis karir dari pekerjaan tersebut. Berikut 4 poin terbesarnya:

Kompetitor Tidak Sedikit

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa menjalankan bisnis online itu mudah. Apalagi jika dicermati, dalam aplikasi Instagram saja mungkin didominasi oleh 30 % para pencari keuntungan entah menjual barang, konten, iklan atau lainnya. Oleh karenanya, kompetitor dimana mana.

Aplikasi jualan online berfungsi sebagai pendukung supaya upaya tersebut menjadi lebih mudah. Kompetisi antar produsen ataupun distributor dipenuhi dengan berbagai bentuk cara pemasaran sehingga lebih menarik. Sampai disini, kreativitas merupan kunci utama untuk menjadi pemenang.

Konsumen Ribet

Selain menghitung laba serta memposting produk, kegiatan yang mungkin akan cukup sering dihadapi oleh seorang penjual online ialah menghadapi konsumen yang ribet. Bentuknya bermacam-macam mulai dari meminta potongan harga, minta dikirim segera padahal belum melakukan transfer dan sebagainya.

Namun di lain sisi, seorang penjual pantang melukai hati pembeli. Ia diharuskan tetap dalam posisi ramah serta melayani hingga tuntas. Cara lain yang lebih mudah adalah memberikan tindakan tegas namun tidak sampai menyinggung perasaan.

Inovasi Tampilan Produk

Seorang penjual dengan basis online dituntut selalu melakukan inovasi, baik itu dalam hal kualitas, bentuk komoditas barang dagangan maupun dari gaya baru segi marketingnya. Seiring teknologi yang terlalu cepat berkembang, sebuah usaha tidak boleh stagnan dan berada pada zona nyaman.

Dengan selalu menyajikan sesuatu yang fresh, para pelanggan serta followers memiliki alasan untuk tetap mengikuti update konten. Bahkan akhirnya respon interaksi terus meningkat. Penjualan terus naik dan penghasilan pun merangkak naik. Jika sudah begini, percayalah kesuksesan akan menunggu.

Mengatur Keuangan

Sebenarnya, kesulitan dalam mengatur keuangan bisa menjadi problem siapa saja. Namun, paling berpotensi merasakannya ialah para distributor online atau biasa juga disebut reseller. Bagian inilah yang paling banyak menarik minat para pemula dalam memulai usaha. Mudahnya, tak perlu modal.

Namun, harus tetap hati-hati dengan isi saldo dalam rekening karena ia rawan digunakan tidak semestinya. Bisa saja uang modal salah digunakan untuk berbelanja dagangan terlalu banyak, giliran penjualan merasa kerepotan. Barang belum terjual semua, namun sudah kehabisan modal.

Penipuan

Sejak mulai munculnya bisnis online, penipuan sudah mulai marak terjadi baik menimpa pembeli maupun penjual. Inilah pentingnya marketing yang meyakinkan dari seorang seller. Nyatanya kasus semacam ini banyak luput dari hukum kriminal sebab jejak digital menjadi kesulitan tersendiri.

Bagi seorang penjual, penipuan bisa berkedok apa saja. Misalnya ajakan melakukan kerja sama mempromosikan barang dagangan, konsumen yang sengaja mengaku pesanannya rusak, jasa pengiriman bodong, mengelabuhi slip transaksi pembayaran dari bank tertentu dan kecurangan lainnya.

Kejenuhan

Sudah tahukan Anda bahwa menjalankan bisnis online dari Instagram sangat berpotensi terjadi kejenuhan? Alasannya karena interaksi kedua belah pihak sangat terbatas bahkan terkadang oleh dua orang yang saling tidak mengenal. Hal ini membuat percakapan membosankan setiap hari.

Belum lagi dinamika penjualan yang tidak tertentu. Pemesanan menjadi tidak pasti karena lingkaran konsumen kadang tidak bisa diprediksi. Jika sudah pada tahap ini, jangan sampai menyerah. Terus lanjutkan dengan sepenuh rasa syukur.

Baca Juga: Situs Jual Beli Rumah

Demikian penjelasan mengenai aplikasi untuk jualan di instagram secara lengkap. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan penjualan via medis tersebut dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan