Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi Perekam Layar PC

Diposting pada

Menghabiskan hari-hari di depan layar PC memang sudah menjadi hal biasa. Apalagi dengan banyaknya pekerjaan membutuhkan PC agar bisa mendukung hasil yang maksimal. Khususnya di zaman serba canggih seperti ini, pekerjaan-pekerjaan baru pun mulai bermunculan dan menuntut adanya PC.

Di samping itu, aplikasi atau tools yang ada di dalam PC juga harus mendukung guna memaksimalkan pekerjaan. Seperti aplikasi screen recorder pc, banyak yang membutuhkan aplikasi ini untuk merekam aktivitas yang sedang dikerjakan, atau untuk membuat video tutorial suatu pekerjaan seperti desain, dan lain-lain.

Aplikasi Perekam Layar (Screen Recorder) PC

Namun sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana sih sebenarnya merekam layar pc? Apa aplikasi perekam layar pc yang bisa digunakan secara gratis? Kalau kamu juga belum tahu, berikut ini adalah beberapa aplikasi screen recorder yang bisa kamu gunakan.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Aplikasi screen recorder untuk pc yang pertama adalah open broadcaster software atau biasa disebut OBS Strudio, merupakan aplikasi yang memudahkanmu merekam pc bahkan tanpa adanya watermark. Aplikasi ini bersifat multiplatform dan open source jadi dengan mudah kamu bisa memasangnya di windows, osx atau pun Linux.

Baca Juga: Aplikasi Edit Video YouTuber Pemula

Menggunakan obs studio kamu bisa merekam video hingga melakukan broadcast video pada berbagai situs online, bahkan melakukan antar muka menggunakan obs pun cukup mudah, beberapa fitur yang ada pun sangat mendukung. Seperti merekam layar desktop, merekam suara hingga merekam lewat webcam.

Nah, kalau kamu ingin sekali memodifikasi secara langsung, misal mengatur bagian area seleksi rekamannya atau ingin menambahkan teks hingga gambar pada live streamingnya, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan dukungan fitur yang ada. Sementara itu, bila ingin save data rekaman, kamu bisa menyimpan dalam format mp4 atau pun flv.

Sebelum memutuskan akan mendowload aplikasi ini atau tidak, kamu juga harus tahu apa saja sih kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan Obs Studio

  • Kualitas perekaman videonya sangat mendukung dan bisa dalam bentuk format mp4 atau flv.
  • Sangat mendukung untuk melakukan live streaming pada beberapa platform seperti salah satunya youtube

Kekurangan Obs Studio

  • Bila kamu seorang pemula mungkin akan sedikit kesulitan menggunakan obs studio

Agar semakin memantapkan kamu apakah mau menggunakan obs atau tidak, sebaiknya kamu mencari review orang lain lewat google ya.

Tiny Take

Tiny Take

Tiny Take merupakan aplikasi perekam layar yang dikembangkan oleh developer MangoApss. Aplikasi ini bisa menjadi salah satu alternative untuk kamu yang ingin merekam latar pc secara gratis. Tapi, tenang saja ya biarpun gratis, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan banyak fitur menarik dan bisa memudahkanmu dalam aktivitas perekaman latar. Kamu bisa merekam seluruh layar atau hanya ingin area tertentu saja, atau ingin melakukan zoom in dan zoom out, mengatur fitur anotasi, bisa dilakukan di tiny take.

Hanya saja untuk versi gratis dari aplikasi tiny take ada Batasan waktu tertentu saat akan merekam layar, yaitu hanya 5 menit saja. Nah, kalau ingin lebih dari batas waktu tersebut, kamu bisa menggunakan versi berbayar.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan tiny take agar bisa menjadi pertimbangan kamu, apakah mau mendownload screen recorder ini atau tidak.

Kelebihan Tiny Take

  • Tampilannya sangat user friendly, sehingga mudah digunakan
  • Pengaturan untuk merekam layar juga mudah digunakan dan cepat dipahami oleh para pemula

Kekurangan Tiny Take

  • Untuk versi gratis fiturnya akan sangat terbatas
  • Pada fitur pengaturan audio masih kurang advance bila dibandingkan dengan software perekam latar pc lainnya.

Sebelum menggunakan versi premium, coba saja dulu menggunakan versi gratis ya J

WM Capture

WM Capture

Sotware perekam layar wm capture merupakan software yang bisa memudahkanmu merekam layar hingga membuat schedule recording. Sehingga bagi kamu yang ingin melakukan penjadwalan kapan akan merekam layar pc, atau kapan akan merekam layar laptop kamu bisa men-setting nya terlebih dahulu.

Sementara itu untuk hasil file dari wm capture kamu bisa menyimpannya dalam berbagai macam format; WMV, AVI, DVD, dan format video lainnya. Oiya, untuk wm capture sendiri sama dengan sotware screen recorder lain yang memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan WM Capture:

  • Mempunya fitur khusus untuk membuat schedule recording agar bisa membuat rekaman layar yang terjadwal
  • Mempunya fitur khusu yang bisa merekam layar hanya Sebagian saja
  • Memiliki format out yang beragam

Kekurangan WM Capture:

  • Software ini belum mendukung untuk aktivitas live streaming

Karena kekurangannya tersebutlah wm capture biasanya tidak digunakan oleh mereka yang memang membutuhkan perekaman layar untuk live streaming.

Action!

Software Action

Selanjutnya adalah sotware action! Software yang bisa membantu kamu untuk merekam layar pc. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa melakukan sreaming secara real time loh, untuk hasil perekaman layarnya pun sudah sangat baik dan mempunya resolusi HD.

Kamu tak perlu khawatir soal firtur recording audio dan video, karena keduanya sudah bisa dilakukan dengan sangat baik menggunakan screen rercorder ini. Bahkan untuk pengambilan gambar cepat atau screenshoot juga bisa kamu lakukan hanya dengan action!

Sebelum kamu hendak merekam layar pc, kamu harus men-setting terlebih dahulu resolusi video yang kamu inginkan. Kamu bisa setting hingga 1080p. Sementara untuk format yang dihasilkan dari softaware screen recorder action! Yaitu mp4 dan juga avi. Sangat cocok sekali untuk kamu yang akan melakukan penyuntingan ulang video menggunakan software editing lain seperti adobe premier.

Kalau kamu masih ragu mau mendownload action! Atau tidak, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja kekurangan dan kelebihannya.

Kelebihan Software Action!

  • Software bisa kamu gunakan untuk merekam layar dengan hasil perekaman yang berkualitas
  • Memiliki fitur live streaming yang bisa sangat membantu kamu untuk siaran langsung melalui facebook dan youtube
  • Memiliki fitur screenshot layar pc

Kekurangan Software Action!

  • Software ini belum tersedia untuk para pengguna pc atau laptop yang menggunakan linux dan macOS

Tapi bagi kamu pengguna windows tenang saja, kamu bisa menggunakan action! Untuk mendukung screen recorder pc kamu.

Xsplit Gamecaster

Xsplit Gamecaster

Nah, bila kamu seorang gamers dan ingin merekam layar pc ketika kamu sedang bermain game, kamu bisa menggunakan xsplit gamecaster. Ini merupakan software screen recorder yang terbilang cukup mudah digunakan, bahkan popular digunakan oleh kalangan gamers.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh xsplit juga bisa sangat mendukung para gamers untuk merekam layar. Kalau ingin melakukan live streaming pun, sudah tidak usah mengganti software lain karena xsplit memiliki fitur tersebut. Perekaman juga bisa langsung dimulai hanya dengan menekan 1 tombol saja, mudah sekali kan?

Beberapa fitur editing juga disediakan oleh software, sehingga kalau kamu ingin merekam sekaligus menyunting dalam satu waktu, kamu bisa menggunakan xsplit. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan xsplit gamecaster.

Kelebihan Software Screen Recorder Xsplit Gamecaster:

  • Sangat mudah dan juga praktis untuk digunakan oleh para pemula, apalagi adanya berbagai pilihan mode.
  • Adanya fitur editing video, sehingga memudahkan para mengguna melakukan penyuntingan setelah proses perekaman.
  • Fitur live streaming ini bisa digunakan pada berbagai macam platform online

Kekurangan Software Screen Recorder Xsplit Gamecaster:

  • Fitur ini hany tersedia pada platform windows, sehingga untuk menggunakn macOS dan linux tidak menggunakannya.

ShareX

ShareX

Ingin merekam layar tanpa harus ada logo atau watermark pada hasil videonya? Kamu bisa coba menggunakan software shareX. Aplikasi perekam layar ini juga memberikan banyak fitur yang mendukung. Dari mulai fitur anotasi sampai dengan fitur yang memudahkan kamu untuk merekam video dengan berbagai macam metode.

Bahkan kamu pun bisa saja merekam layar tanpa adanya Batasan waktu serta bisa menyimpan file dalam bentuk format GIF. Namun tentunya shareX juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apa saja sih?

Kelebihan Aplikasi Perekam Layar ShareX:

  • Memberikan penawaran fitur yang cukup lengkap
  • Hasil video tanpa iklan dan juga watermark
  • Aplikasi bisa digunakan dengan gratis

Kekurangan Aplikasi Perekam Layar ShareX:

  • Sangat kurang cocok untuk merekam game
  • Tampilan interface terasa kaku dan kurang modern

Bila kamu seorang gamers sebaiknya gunakan perekam layar yang memang khusus untuk para gamers.

Bandicam

Bandicam

Mau coba download perekam layar pc gratis? Kamu bisa coba mendowload bandicamp. Salah satu aplikasi screen recorder yang bisa merekam dengan framerate dan juga birate yang tinggi. Bandicamp juga bisa kamu gunakan untuk merekam layar dengan kualitas hingga ultraHD. Wow, keren banget kan?

Selain itu, meskipun kualitasnya cukup tinggi namun tidak akan membuat hasil rekaman pada software ini menjadi besar kok. Bahkan bisa lebih kecil bila dibandingkan dengan aplikasi screen recorder pada umumnya. Namun sayangnya bila ingin menggunakan bandicamp yang versi gratis maka nantinya akan ada watermark yang menempel pada hasil rekamannya.

Masih ragu apakah mau menggunakan bandicamp atau tidak? Ketahui kelebihan dan kekurangannya agar tidak merasa ragu.

Kelebihan Aplikasi Perekam Layar Bandicamp:

  • Bandicamp memberikan kualitas perekaman hingga 4k ultraHD
  • Menawarkan berbagai macam fitur compression agar hasil dari rekaman video bisa diubah menjadi size yang lebih kecil

Kekurangan Aplikasi Perekam Layar Bandicamp:

  • Bila kamu menggunakan bandicamp secara gratis maka aka nada fitur watermark, namun bisa dihilangkan bila kamu mulai menggunakan bandicamp premium
  • Belum ada fitur yang mendukung kamu untuk melakukan live streaming

Aplikasi screen recorder untuk pc ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang akan melakukan proses perekaman layar dengan sederhana. Sementara untuk para gamers sebaiknya menggunakan gamacaster yang memang bisa sangat mendukung kebutuhan perekaman layar dan juga live streaming.

Debut Video Capture

Debut Video Capture

Debut Video Capture merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar pc selanjutnya. Aplikasi ini dikembangkan oleh NCH Software. Biarpun tampilannya bisa dibilang terlihat cukup jadul bahkan kurang meyakinkan, namun pada prakteknya ternyata aplikasi ini bisa menawarkan banyak fitur berlimpah dengan kemampuan yang baik.

Kamu juga bisa memilih mau melakukan perekaman layar full screen atau hanya ingin merekam pada area tertentu saja. Ada juga beberapa fitur mendukung lain seperti settimg resolusi video sampai dengan frame rate nya, fitur untuk mengatur video overlay saat merekam layar dan juga webcamp secara bersamaan, fitur-fitur time laps dan masih banyak fitur yang bisa mendukung kamu merekam layar pc dengan mudah.

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu bisa tahu kan apa saja sih kelebihan dan kekurangan aplikasi ini?

Kelebihan Debut Video Capture:

  • Mempunya cukup banyak fitur yang bisa mendukung para pengguna
  • Hasil dari rekaman layar tersedia dalam berbagai macam format
  • Pengguna bisa mengatur berapa resolusi video yang diinginkan hingga frame ratenya

Kekurangan Debut Video Capture:

  • Pengguna tidak bisa melakukan live streaming karena tidak ada fitur yang mendukung aktifitas tersebut
  • User Interface nya terksan masih jadul dan juga kurang menarik
  • Masih belum dilengkapi dengan fitur editing

Biarpun belum ada fitur editing, software ini masih sangat direkomendasikan untuk kamu yang sekedar ingin merekam layar dengan sederhana.

Shadow Play

merekam layar pc Shadowplay

Cara merekam layar pc selanjutnya bisa menggunakan aplikasi perekam layar shadow play. Ini merupakan hardware accelerated screen recording khusus untuk pc yang berbasis windows dan memakai GPU Geforce buat Nvidia. Dalam pembuatannya pun sudah dikhusukan sehingga tidak semua orang bisa menggunakannya.

Aplikasi Shadow Play ini dapat kamu temukan dalam Nvidia Geforce Experience, mempunya kemampuan agar bisa merekam mundur bahkan sampai 20 menit ke belakang. Keren kan? Hanya dengan menekan shortcut tertentu, kamu dengan mudah bisa menandakan akhir video sementara itu nantinya graphics card akan langsung merekam mundur kebelakang selama 20 menit. Sehingga bila ada waktu yang terlewat namun kamu sangat membutuhkan layar tersebut, kamu bisa mereviewnya kembali. Untuk format penyimpanannya bisa menggunakan format mp4.

Kelebihan Aplikasi Perekam Layar Shadow Play:

  • Kualitas perekamana layar sangay bisa disesuaikan oleh para penggunanya.
  • Menggunakan GPU sehingga tidak akan membebani kinerja CPU nantinya.

Kekurangan Aplikasi Shadow Play:

  • Aplikasi ini hanya tersedia untuk mereka yanggunakan kartus grafis nvidia saja

Bagi pengguna nvidia tentu bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah, namun kalau kamu bukan pengguna nvida sebaiknya pilihlah apikasi lain yang memang mendukung Os pc kamu.

Sebaiknya juga jangan hanya sekedar ikut-ikutan karena direkomendasikan ya, cobalah untuk melihat review software perekam layar yang akan kamu gunakan apakah review yang ada cocok dengan kebutuhan kamu kedepannya atau tidak.

Baca Juga: Aplikasi Recovery Data File Android

Tips Memilih Software Perekaman Layar PC

Nah, sebelum memilih software perekaman layar kamu juga sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini:

Lihat Review

Lihat review sudah disampaikan sebelumnya. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa memastikan seberapa bermanfaatnya sih aplikasi tersebut untuk kamu. Apakah memenuhi kebutuhan atau tidak? Kalau tidak, sebaiknya carilah aplikasi lain yang memang bisa mendukung aktivitas perekaman layar kamu.

Apakah Mendukung dengan Pc Kamu?

Kamu juga harus mencari aplikasi yang mendukung dengan pc kamu. Misal untuk windows atau linux. Karena beberapa aplikasi ada yang dikhususkan untuk pengguna tertentu saja.

Nah, itulah aplikasi perekam layar pc gratis terbaik yang bisa kamu gunakan. Bila kamu menemukan aplikasi lain selain yang disebutkan di atas dan kamu ingin menggunakannya, jangan lupa untuk melihat reviewnya dulu ya

Tinggalkan Balasan