Aplikasi Recovery Data dan File Terbaik untuk Android

Aplikasi Recovery Data dan File Terbaik untuk Android

Diposting pada

Sekarang ini banyak orang menyimpan foto, video atau dokumen penting lainnya di perangkat smartphone. Tentunya kehilangan berkas-berkas tersebut bisa menjadi bencana besar, tapi tidak perlu khawatir kini para developer banyak menciptakan aplikasi recovery data dan file terbaik untuk Android.

Aplikasi Recovery Data Terbaik Android

Aplikasi File Recovery Data Android

Tahukah Anda menyimpan data penting di smartphone Android tanpa melakukan back up, bukan tindakan aman. Sebab file tersebut bisa saja hilang karena tidak sengaja terhapus atau terkena virus.

Baca Juga: Situs Download Buku Gratis

Mengatasi hal itu, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi untuk memulihkan file Anda:

Undeleter Recover Files dan Data

Undeleter Recover Files dan Data

Jika Anda ingin mengembalikan berbagai jenis file yang hilang di ponsel Android, bisa menggunakan undeleter recover file. Aplikasi ini cukup favorit selain ukurannya ringan hanya 14 MB saja, juga terbukti telah diunduh lebih dari sepuluh juta kali.

Aplikasi ini memiliki dua versi yakni berbayar dan gratis. Namun sayangnya, untuk menggunakan undeleter recover file tersebut Anda harus melakukan rooting pada perangkat, sama seperti jika memakai DiskDIgger apk.

App Backup Restore dan Transfer

App Backup Restore dan Transfer

Rekomendasi aplikasi recovery Android lainnya yakni App Backup Restore dan Transfer, besutan dari developer Trustlook Security Lab. Ini dirancang untuk mengembalikan data berupa berbagai jenis file, log telepon, SMS maupun kontak hp.

App backup restore dan transfer ini dapat Anda download melalui Google PlayStore, ukurannya juga terbilang ringan hanya 7,4 MB. Aplikasi tersebut layak untuk dicoba, karena terbukti memperoleh ulasan 4,2 serta telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Dumpster – Recycle Bin

Aplikasi Recovery Data Terbaik Dumpster – Recycle Bin

Dumpster merupakan aplikasi recovery data Android pertama yang mirip seperti recycle bin di perangkat komputer. Software tersebut bisa digunakan dengan mudah, tanpa perlu melakukan root maupun back up dan bisa di download secara gratis.

Dumpster digadang-gadang menjadi salah satu alat terbaik, di mana bisa mengembalikan berbagai jenis file yang telah hilang. Hal ini terbukti dari aplikasi tersebut telah di unduh lebih dari 5 juta kali, meskipun ukurannya terbilang cukup besar yakni 8,2 MB.

4EXT Recovery Control

Aplikasi Recovery Data Terbaik 4EXT Recovery Control

4EXT Recovery control adalah salah satu aplikasi rekomendasi untuk mengembalikan file yang hilang secara utuh, entah itu karena terhapus maupun tidak sengaja terformat. Namun sayang, agar bisa menikmati berbagai fitur-fitur canggihnya Anda harus membayar sejumlah uang.

Salah satu kelebihan aplikasi ini yakni dapat digunakan untuk memasang file flashable zip maupun log. Jika Anda tertarik mencoba fitur-fitur menarik 4EXT dapat didownload melalui Google PlayStore maupun website resminya di xda developer.

Recover Deleted Photos

Jika Anda bingung mencari cara untuk mengembalikan file berupa foto yang terhapus atau tersembunyi keberadaannya, Recover Deleted Photos bisa jadi solusi tepat. Aplikasi ini bisa didownload dengan mudah dan digunakan secara gratis.

Recover Deleted Photos memang memiliki ukuran cukup besar dibanding lainnya yakni 5,5 MB. Meskipun begitu, aplikasi ini cukup favorit dan banyak digunakan terbukti telah mendapat rating 4,1 serta diunduh lebih dari satu juta kali.

DigDeep Image Recovery

Aplikasi Recovery Data Terbaik Recover Deleted Photos

DigDeep Image Recovery merupakan salah satu aplikasi recovery data terbaik untuk Android, di mana terbukti memperoleh rating 4,4 serta telah diunduh lebih dari sepuluh juta kali. Tidak heran jika pasti tampil di atas pencarian.

Aplikasi ini cukup banyak digunakan karena ukurannya tidak terlalu besar yakni 2,7 MB serta desain tools nya sederhana sehingga mudah dipahami. Namun seperti namanya, DigDeep Image Recovery hanya bisa mengembalikan file berupa gambar berformat seperti jpg, jpeg dan png.

Foto Recovery

Foto recovery berfungsi untuk mengembalikan file hilang khusus berupa gambar, karena terhapus di ponsel Android. Meskipun aplikasi ini terbilang kurang populer, tapi patut dicoba karena ukurannya ringan hanya 1,3 MB saja dan dapat dengan mudah di download melalui berbagai macam platform.

Jika Anda ingin mengembalikan file dengan aplikasi ini caranya cukup 2 kali klik saja, pertama pilih gambar kemudian tekan ikon kembalikan, sederhana bukan? Namun sayangnya, untuk menggunakan foto recovery tersebut harus melalui proses rooting perangkat.

Restore Image (Super Easy)

Restore image sama seperti foto recory yang berfungsi untuk mengembalikan file berupa foto atau gambar saja. Selain prosesnya mudah dan cepat, menggunakan aplikasi ini Anda tidak perlu repot melakukan rooting perangkat.

Aplikasi ini sangat favorit dan recomended untuk dicoba, di mana terbukti telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan memperoleh rating 4,0 di Google Play Store. Selain itu, ukurannya juga cukup ringan, hanya 2,6 MB saja.

Disk Digger Photo Recovery

DiskDigger ini dapat Anda gunakan untuk mengembalikan data tidak hanya berupa foto, tapi juga video maupun musik dan bisa langsung di upload melalui Google Drive, Dropbox serta email. Namun sayangnya, biasanya file yang dikembalikan kualitasnya kurang.

DiskDigger ini mirip seperti Recuva, cuma bedanya jika menggunakan aplikasi tersebut tidak membutuhkan bantuan perangkat lain seperti laptop atau PC. Namun syaratnya, Anda harus melakukan proses rooting perangkat terlebih dahulu.

Deleted Photo Recovery Workshop

Deleted Photo Recovery Workshop bisa digunakan untuk membantu mengembalikan file terhapus berupa foto atau video dengan format jpeg, png, tiff, gif, bmp, jpg, tif, 3gp dan mp4. Menariknya lagi, jika ingin memakai fitur dari aplikasi ini Anda tidak perlu ribet melakukan rooting perangkat.

Deleted Photo Recovery Workshop telah memperoleh rating 4,0 dan diunduh lebih dari 10 juta kali melalui Google PlayStore. Aplikasi ini sangat rekomendasi untuk dicoba, karena prosesnya mudah, di mana Anda bisa langsung memilih file dan klik tombol kembalikan untuk memulihkan data.

Undelete For Root Users

Layaknya aplikasi recovery data dan file terbaik untuk Android lainnya, undelete for root users ini bisa didownload melalui beberapa platform penyedia dan bisa Anda nikmati fitur-fitur menariknya secara gratis. Namun sebelum itu, perangkat yang digunakan harus melalui proses rooting terlebih dahulu.

Cara menggunakan aplikasi ini juga mudah, setelah undelete for root users sudah terinstall di perangkat Android, maka langkah selanjutnya Anda tinggal menjalankan pemindaian data yang hendak dicari kemudian pilih dan klik ikon restore.

Aplikasi File Recovery Data Android

Aplikasi Recovery Data Terbaik

Selain beberapa aplikasi di atas, berikut ini juga terdapat rekomendasi alat yang bisa membantu Anda untuk memulihkan berbagai jenis file hilang dengan menggunakan bantuan perangkat lain, di antaranya yakni:

Dr. Fone

Aplikasi File Recovery Data Android Dr. Fone

Dr. Fone merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur menarik dan memiliki berbagai fungsi, selain dapat mengembalikan berbagai jenis file hilang namun bisa juga digunakan untuk rooting, menghapus sandi perangkat, menghapus data serta masih banyak lainnya.

Jika ingin mengembalikan file di Android menggunakan Dr. Fone, Anda membutuhkan bantuan perangkat lain seperti Laptop atau PC. Namun sayangnya, untuk menikmati aplikasi tersebut harus melakukan pembayaran serta proses rooting.

MobiKin Doctor

Aplikasi File Recovery Data Android MobiKin Doctor

Mobikin Doctor merupakan aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk mengembalikan berbagai jenis file seperti email, text ataupun audio, karena prosesnya mudah dan cepat. Namun, jika menggunakan software tersebut, Anda memerlukan adanya bantuan perangkat lain.

Cara mengembalikan data yang terformat di Android menggunakan MobiKin Doctor ini cukup mudah. Namun terlebih dulu, install aplikasi di laptop atau PC, kemudian hubungan kedua perangkat tersebut. Lalu jalankan dan pilih file, proses pengembalian akan berjalan sekitar 10 detik.

Recuva

Aplikasi File Recovery Data Android Recuva

Recuva adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memulihkan file hilang serta terjamin memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Software ini memiliki dua jenis yakni gratis dan berbayar, jika Anda ingin menikmati fitur lengkapnya sebaiknya menggunakan versi Pro.

Jika ingin menggunakan aplikasi ini Anda perlu menghubungkan perangkat Android menggunakan kabel USB dengan PC atau Laptop yang sudah terinstall di dalam Recuva. Cara pemulihannya mudah, tinggal pilih file tentukan lokasi penyimpanan, lalu klik kanan pilih recover checked dan ok.

Ease US Mobisaver For Android

Aplikasi File Recovery Data Android Ease US Mobisaver For Android

Developer EaseUs juga mengembangkan software ini yang didesain khusus untuk membantu Anda mengembalikan berbagai jenis file hilang berupa foto, video, pesan, kontak dan musik di perangkat Android. Anda juga bisa mendapatkan versi gratis ataupun berbayar melalui website resminya.

Sama seperti platform lainnya, jika ingin mengembalikan file menggunakan aplikasi ini cukup dengan tiga langkah saja. Namun sebelum itu, Anda harus menyambungkan ponsel Android dengan perangkat PC atau laptop yang telah terinstall Ease dan melakukan proses rooting.

Remo Recover For Android

Aplikasi File Recovery Data Android Remo Recover For Android

Remo recover merupakan aplikasi yang didesain secara khusus untuk file recovery Android, baik dari memori internal ataupun eksternal. Menariknya lagi, semua fitur bisa Anda akses secara cuma-cuma alias gratis.

Jika ingin menggunakan aplikasi tersebut Anda bisa mengunduhnya dari website resmi. Remo Recover ini banyak direkomendasikan, karena bisa memulihkan berbagai jenis data yang terhapus baik berupa musik, gambar video juga file apk dengan cepat.

FonePaw

Aplikasi File Recovery Data Android FonePaw

Aplikasi lain yang bisa Anda coba gunakan untuk mengembalikan data yang hilang karena virus atau hilang sebab terhapus di ponsel Android, baik berupa foto, musik, video, riwayat chatting, dokumen, kontak, sms dan masih banyak lainnya yakni FonePaw.

FonePaw ini patut Anda coba karena menawarkan berbagai kelebihan di antaranya seperti, tampilannya sederhana serta lugas, sehingga memudahkan orang untuk menggunakannya, langkah memulihkan file hilang cepat hanya membutuhkan tiga langkah saja.

TenorShare

Aplikasi File Recovery Data Android TenorShare

TenorShare ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari aplikasi untuk mengembalikan berbagai jenis file hilang ataupun rusak di ponsel Android, dengan mudah dan cepat hanya dalam hitungan menit.

Jika ingin mengunduh aplikasi tersebut, Anda bisa mendapatkannya dari situs resminya. TenorShare sampai sejauh ini cukup menjadi favorit. Bagaimana tidak, selain tampilannya mudah dipahami, cara kerjanya juga kuat di mana memiliki 4 metode untuk memulihkan data di ponsel Android.

Mobiledic Android Data Recovery

Aplikasi File Recovery Data Android Mobiledic Android Data Recovery

Mobiledic Android Data Recovery ini merupakan alat ideal dan banyak digunakan untuk memulihkan berbagai jenis file hilang yang pernah tersimpan di ponsel Android, baik karena terhapus, flashing ROM, rooting, kena virus ataupun reset pabrik.

Mobiledic Android Data Recovery menawarkan dua metoda pemulihan yakni pertama standar, teknik ini hanya mengembalikan beberapa file pilihan saja tentunya membutuhkan waktu lebih singkat. Kedua tipe dalam, di mana mampu memulihkan semua yang ada di perangkat Android.

Stellar Android Recovery Data

Aplikasi File Recovery Data Android Stellar Android Recovery Data

Aplikasi ini merupakan pilihan tepat yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan berbagai file hilang disebabkan karena virus, masalah OS, rooting dan lainnya dengan cepat. Stellar Android Recovery Data tersebut bisa diunduh melalui website resminya.

Menariknya aplikasi ini bisa menfasilitasi pemulihan file dalam bentuk gambar secara langsung yang bersumber dari berbagai media seperti, Facebook, Google Drive,Yahoo Mail, Gmail serta masih banyak lainnya.

Tipard

Aplikasi File Recovery Data Android Tipard

Data penting Anda yang tersimpan di smartphone hilang karena kerusakan sistem operasi, flashing ROM atau lainnya. Tenang saja, Tipard ini bisa membantu untuk memulihkan berbagai jenis file baik berupa kontak, pesan, foto, video, dokumen dan log panggilan hanya dengan beberapa kali klik.

Namun, untuk menggunakan aplikasi ini Anda membutuhkan bantuan perangkat PC atau laptop yang sudah terinstall Tipard. Banyak orang menggunakan aplikasi tersebut sebab tampilan antarmukanya sangat intuitif sehingga mudah dipahami dan digunakan.

Lionsea

Aplikasi File Recovery Data Android Lionsea

Rekomendasi aplikasi recovery data dan file terbaik untuk Android lainnya yakni Lionsea, Meskipun berbayar, namun alat ini memiliki kinerja dan fitur-fitur terbaik agar berkas-berkas penting yang hilang karena ponsel terformat bisa kembali pulih.

Lionsea ini memiliki banyak fitur-fitur unggulan yang membuat aplikasi tersebut mampu memberikan tampilan gambar kecil dari file pulihan, selain itu proses pemulihannya cukup aman dan juga powerfull.

AnyMP4

Aplikasi File Recovery Data Android Stellar Android Recovery Data AnyMP4

Banyak aplikasi recovery data untuk Android, namun khusus AnyMP4 ini dirancang mampu memulihkan file berupa konten teks yang terhapus seperti riwayat pesan sms, kontak, catatan panggilan, obrolan WhatsApp dan masih banyak lainnya.

Meskipun untuk memulihkan data penting yang tersimpan di Android dan hilang membutuhkan bantuan perangkat lain, aplikasi tersebut dapat mengklasifikasikan file ke dalam kategori berbeda. Tentunya hal ini mempermudah penggunanya dalam mencari berkas sesuai keinginan.

Aiseesoft (Free Android Data Recovery)

Aplikasi File Recovery Data Android Aiseesoft (Free Android Data Recovery)

Aiseesoft merupakan aplikasi yang bisa membantu Anda untuk menyelamatkan data penting, di mana tidak sengaja terhapus. Alat ini sangat cocok digunakan lebih 100 jenis dan tipe smartphone Android dari berbagai penjuru dunia.

Jika membutuhkan aplikasi tersebut, Anda dapat mengunduhnya melalui website resminya. Aiseesoft ini layak dicoba karena banyak menawarkan fitur canggih yang mampu mengembalikan data hilang, karena berbagai faktor dengan hasil 100 persen aman dan tampilannya pun cukup sederhana.

Myjad

Aplikasi File Recovery Data Android Myjad

Ingin mengembalikan data dan berbagai file penting seperti video, foto, kontak telepon, rekaman audio dari Android yang hilang karena smartphone dicuri, rusak, terformat dan lainnya tanpa ada kerusakan, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Myjad.

Myjad ini sendiri bisa Anda unduh melalui website reminya dengan dua versi pilihan yakni gratis dan berbayar. Aplikasi ini terbukti sebagai alat yang ampuh untuk file recovery Android dan cocok digunakan di banyak merk smartphone Android.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Malware

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi recovery data dan file terbaik untuk Android yang bisa digunakan secara langsung maupun membutuhkan perangkat bantuan. Di mana masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, jadi Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan