Belajar SEO

Belajar SEO
28Feb, 2020

Dunia blog dan website semakin hari semakin luas karena meningkatnya jumlah pengguna. Hampir semua sektor telah merambah masuk ke wilayah ini, baik dunia pendidikan, bisnis, perusahaan dan lain-lain. Karena semakin tingginya tingkat persaingan, muncullah sebuah ilmu yang dinamakan SEO.

Ilmu ini muncul seiring dengan meningkatnya orang yang menjadi blogger. Ditambah dengan banyaknya pebisnis yang membuka toko online melalui website. Meski demikian, banyak pemula yang masih belum memahami secara detail tentang SEO. Oleh karenanya, pada kesempatan ini akan dibahas secara lengkap tentang apa itu SEO dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya.

Daftar isi:

Tutorial Belajar Seo Untuk Pemula Dari Dasar Hingga Expert

Pengertian SEO Adalah

Hal utama yang harus dipahami saat mempelajari SEO adalah pengertian dan konsep dasarnya. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan kegiatan optimasi blog atau website dengan tujuan menaikkan peringkat website di halaman utama pencarian.

Metode ini didasari oleh pemahaman bahwa semakin website menduduki rangking tertinggi, maka trafik pengunjung akan mengalami kenaikan secara otomatis. Begitupun sebaliknya, ketika sebuah website berada di halaman-halaman belakang, trafiknya akan cenderung turun.

Secara logika, hal itu dapat dipahami dengan alasan orang akan cenderung malas membuka halaman ketiga dan seterusnya di situs pencarian. Sehingga, kunjungan terbanyak pada sebuah website akan jatuh pada halaman pertama.

Di samping menghasilkan trafik tinggi, teknik SEO juga bisa membantu seseorang memperoleh trafik yang sesuai dengan tujuan website terkait. Bahkan, riset telah membuktikan bahwa hampir 91,5% trafik telah didominasi oleh halaman pertama di situs pencarian Google.

Ilmu SEO ini sebenarnya masih belum benar-benar pasti di dalam mengidentifikasi cara kerja Google dalam meningkatkan trafik sebuah website. Namun, beberapa ahli telah membuat standar dan indikator yang dapat mendorong seorang blogger untuk memenangkan halaman utama tersebut.

Beberapa aturan dasar pun telah ditetapkan untuk memudahkan mereka. Oleh karena itu, untuk menjadi seseorang yang ahli di bidang SEO atau minimal menguasai teknik SEO, Anda perlu mempelajari beberapa hal sepeti algoritma Google, cara kerja dari SEO hingga indikator yang paling penting dalam ilmu SEO.

Definisi SEO Menurut Pandangan Para Ahli

Para ahli memiliki pandangan tersendiri mengenai pengertian SEO. Berikut adalah definisi SEO menurut pendapat beberapa ahli:

1. Pengertian SEO Menurut Danny Sullivan

Seorang tokoh bernama Danny Sullivan berpandangan bahwa SEO adalah seseorang yang benar-benar menguasai tentang bagaimana masyarakat luas mencari informasi. Selain itu, ia juga mampu memastikan bahwa website atau situs klien mereka bisa nampak di situs pencarian gratis yang telah tersedia.

2. Pengertian SEO Menurut Neil Patel

Neil Patel ternyata juga memiliki pendapat tersendiri terkait pengertian SEO. Menurutnya, SEO adalah sebuah seni khusus dalam memahami Search Engine. Juga memanfaatkan ilmu tersebut untuk menjadikan website menempati peringkat tertinggi.

3. Pengertian SEO Menurut Dax Herrera

Dax Herrera berpandangan bahwa Google memiliki misi menghandle semua informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia. Kemudian mengorganisirnya sehingga dapat sampai kepada khalayak serta mudah dipahami oleh mereka.

Ia juga perpandangan bahwa SEO memiliki misi untuk melakukan organisir sesuatu agar dapat diakses secara lebih maksimal serta menghasilkan uang tersendiri.

4. Pengertian SEO Menurut Rand Fishkin

Selain beberapa pendapat ahli di atas, Rand Fishkin juga memiliki pandangan tersendiri terkait SEO. Menurutnya, SEO adalah suatu pencampuran antara strategi dan teknik yang tidak terbatas pada hal itu-itu saja. Sehingga, cakupannya sangat luas.

5. Pengertian SEO Menurut QuadsZilla

QuadsZilla yang merupakan seorang aktifis SEO Black Hat dunia berpandangan bahwa SEO dapat diartikan sebagai suatu kegiatan melakukan upaya jalan pintas untuk menjadikan situs atau website tampil di rangking tertinggi.

Dari beberapa pandangan para ahli mengenai definisi SEO di atas, dapat diambil pemahaman bahwa sebenarnya pengertian SEO itu tidak tunggal. Sehingga, seseorang yang belajar tentang ilmu ini perlu memahami secara menyeluruh agar menjadi seseorang yang pakar di bidang tersebut.

Istilah-Istilah dalam Dunia SEO

Sebelum belajar secara mendalam tentang dunia SEO, perlu dipahami bahwa SEO cenderung menggunakan istilah-istilah baru yang rumit. Sehingga, alangkah baiknya jika Anda mengenal istilah-istilah tersebut terlebih dahulu. Berikut beberapa istilah-istilah yang penting dalam ilmu SEO:

1. PageRank

Istilah yang pertama adalah PageRank, merupakan suatu indikator yang berfungsi menentukan tingkat popularitas blog. PageRank juga menjadi salah satu algoritma yang ditetapkan oleh Google dalam menilai sebuah website. Penilaian popularitas sebuah blog tersebut ditentukan oleh seberapa banyak website yang mencantumkan link konten Anda.

2. Backlink

Dalam dunia SEO juga sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Backlink. Ini adalah sebuah link khusus yang dicantumkan dalam sebuah website. Link tersebut mengarah kepada website yang lain. Tujuan dari backlink adalah untuk meningkatkan kualitas website pada search engine. Sehingga, semakin banyak backlink berkualitas, maka akan semakin baik.

3. Anchor Text

Istilah dalam SEO lainnya adalah anchor text. Ini merupakan teks yang dimasukkan di dalam konten website dan bisa diklik. Saat anchor text terkait diklik, maka akan nantinya akan langsung mengarah kepada website tertentu. Dengan anchor text, mesin pencari akan lebih mudah mengenal konten Anda.

4. Title Tag

Nama lain dari title tag adalah judul sebuah konten. Biasanya, blogger akan meletakkan kata kunci di dalam konten. Tujuannya agar mesin pencari Google bisa melacak isi konten Anda dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, title tag yang mengandung keyword tersebut juga bisa meningkatkan rangking suatu website.

5. Meta Description

Meta description adalah penjelasan singkat yang muncul di bawah nama website saat masuk ke situs pencarian. Meta description yang berkualitas akan memudahkan Google melacak konten Anda. Sehingga, penulisannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Meta description juga memberikan suatu gambaran sendiri tentang isi website secara keseluruhan. Jumlah kata yang diperlukan untuk bagian ini tidak begitu banyak, maksimal 160 an karakter. Jika Anda mampu membuat meta description yang menarik, maka akan semakin banyak pengguna yang mengklik website Anda.

6. Organic Search

Organic search merupakan pencarian yang dilakukan oleh pengguna tanpa melalui iklan dan sebagainya. Mereka benar-benar menemukan kata kunci yang relevan sesuai yang Anda cantumkan di dalam konten. Inilah yang diimpikan oleh para blogger.

Cara kerja dari proses organic search adalah dengan bantuan mesin pencari Google. Dimana pengunjung akan disarankan kepada website yang bersangkutan dan sesuai dengan kata kunci yang dibutuhkan. Hal ini menunjukkan bahwa pemilihan kata kunci yang relevan sangat berpengaruh kepada trafik.

7. Google Analytics

Google Analytics merupakan suatu software yang berfungsi memberikan nilai atau statistik terkait pemakaian situs blog atau website. Perangkat lunak ini memiliki kemampuan di dalam merangkum berapa banyak trafik yang didapatkan pada sebuah website.

Tidak hanya itu, Google Analytics juga mampu mendata dari mana trafik-trafik tersebut. Termasuk keyword yang digunakan oleh pengunjung untuk menjangkau website Anda. Perangkat atau tools ini sangat penting untuk dianalisa agar teknik SEO semakin baik dan sempurna.

8. Konversi

Istilah dalam dunia SEO berikutnya adalah konversi. Konversi dapat diartikan sebagai usaha untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan yang berlangganan di sebuah website. Hal ini sejalan dengan tujuan SEO yang bertujuan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

Konversi bukan berarti pengunjung yang telah membeli produk atau jasa Anda. Bisa saja masih mengisi data atau permintaan terhadap website terkait. Namun, dengan adanya konversi Anda akan bisa meraup keuntungan lebih besar. Karena setidaknya ada beberapa persen dari ribuan pelanggan yang menggunakan produk tersebut dan berlangganan.

9. Keyword

Dalam dunia SEO, keyword juga dikenal dengan kata kunci. Merupalan sebuah frasa atau kata tertentu yang digunakan blogger dalam mesin pencari. Pemilihan kata kunci ini tentu tidak bisa sembarangan agar konten atau website berhasil masuk halaman utama Google.

Ada banyak tools yang recommended dipilih untuk menemukan kata kunci terbaik dengan volume pencarian tertinggi. Agar optimasi SEO berjalan lebih maksimal, pemilihan keyword perlu dilakukan dengan lebih serius.

Selain beberapa istilah dalam dunia SEO di atas, masih banyak lagi istilah lain yang perlu diketahui. Kesemuanya perlu dipelajari secara bertahap agar Anda benar-benar menjadi ahli dalam ilmu tersebut.

Hal Mendasar Terkait Cara Kerja SEO

SEO memiliki standar dan algoritma tersendiri di dalam memastikan konten atau situs mana yang recommended untuk masuk di peringkat teratas. Namun, pembahasan tentang bagaimana cara kerja SEO menggunakan algoritma dari Google sebagai patokan.

Hal itu bukanlah tanpa alasan, melainkan didasari oleh keyakinan bahwa pangsa pasar yang ada di hampir seluruh dunia 90% nya dikuasai oleh Google. Adapun algoritma Google sendiri selalu diperbaiki dari tahun ke tahun alias tidak tetap.

Dengan fakta tersebut, Anda yang mendalami dunia SEO harus selalu membaca dan mengikuti update dari algoritma Google. Jika tidak, teknik SEO yang Anda terapkan bisa saja tidak memiliki fungsi apapun karena algoritmanya telah berubah.

Salah satu teknik SEO lama yang saat ini sudah tidak efektif untuk diterapkan adalah Keyword Stuffing. Ini adalah upaya untuk meletakkan keyword sebanyak-banyaknya meskipun konten yang diangkat tidak relevan.

Akan tetapi, jika dipraktikkan saat ini Anda bisa saja dianggap mengunggah konten spam oleh Google. Sehingga, mustahil bisa menempati rangking pertama. Oleh karena itu, untuk memahami cara kerja SEO secara mendasar, Anda harus belajar algoritma Google yang paling baru.

Pentingnya Belajar SEO untuk Pemilik Website

Meskipun bukan termasuk ilmu pasti seperti Matematika, Fisika dan sebagainya, belajar SEO tidak akan pernah sia-sia. Ada berbagai keuntungan yang kelebihan yang akan Anda peroleh. Berikut adalah beberapa keuntungan tersebut:

1. Mayoritas Masyarakat Menjadikan Mesin Pencari sebagai Sumber Informasi

Kecenderungan masyarakat modern di seluruh dunia adalah mencari informasi dengan memanfaatkan mesin pencari, seperti Google. Hal itu karena teknik ini lebih mudah untuk dilakukan hanya dengan satu klik. Hampir semua informasi meliputi berita, tips, harga dan lain-lain dicari menggunakan mesin pencari.

Dengan menguasai teknik SEO yang tepat, konten Anda yang relevan dengan pencarian masyarakat akan menduduki posisi atas dan memperoleh banyak pengunjung. Bahkan, pengunjungnya bisa berasal dari berbagai negara. Inilah keuntungan yang telah banyak didapatkan oleh website-website besar.

2. Konten Bisa Menduduki Halaman Pertama dan Mendominasi Trafik

Untuk mendapatkan banyak pengunjung, konten Anda tidak hanya harus masuk di hasil pencarian, namun juga perlu menduduki halaman pertama. Halaman kedua dan seterusnya akan menghalangi sebuah konten untuk mendapatkan trafik tinggi.

Oleh karena itu, agar konten website Anda dapat mendominasi trafik dibutuhkan teknik SEO yang lebih. Bahkan, website halaman pertama mampu mendominasi trafik sebesar 95%. Sedangkan halaman kedua hanya sekitar 29.6% saja. Pastinya untuk halaman selanjutnya lebih kecil lagi presentasenya.

3. Kata Kunci Akan Membantu Menemukan Website Anda

Berbagai kata kunci yang dihasilkan oleh teknik atau ilmu SEO akan memudahkan pengunjung menemukan website Anda. Dengan topik yang sesuai kata kunci, akan semakin tinggi pengunjung yang mengklik konten tersebut.

Sebagai contoh, Anda memiliki niche blog bertema kesehatan. Ada berbagai kata kunci berhubungan dengan kesehatan yang banyak dicari pengunjung. Misalnya tentang tips kesehatan, riview produk kesehatan, cara mengobati penyakit dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan Kredibilitas Sebuah Brand

Jika website Anda kebetulan berbentuk toko online, maka optimasi SEO sangatlah penting. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kredibilitas brand toko tersebut. Apalagi masyarakat saat ini umumnya akan melakukan searching secara online saat akan membeli produk.

Dengan SEO yang terbaik dan berkualitas, website toko online Anda akan menduduki peringkat utama. Dengan begitu, pengunjung akan menjadi familiar dengan brand tersebut. Sehingga, kredibilitas dan kepercayaan publik semakin baik kepada produk yang ditawarkan.

5. Sebagai Ajang Promosi Produk

Tidak hanya meningkatkan kredibilitas brand, pentingnya SEO berikutnya adalah lebih memudahkan seseorang dalam mempromosikan produk. Sebuah konten berkualitas berdasarkan riset memiliki peluang lebih mendapatkan pelanggan, bahkan mencapai 120%.

Selain itu, Anda tidak perlu meminta orang lain untuk mempromosikan produk namun bisnis tetap berkembang sesuai harapan. Bahkan, teknik SEO bisa menghadirkan pengunjung potensial pada website Anda.

6. Lebih Menghemat Biaya Iklan

Jika sudah menerapkan ilmu SEO, Anda tidak perlu memasang iklan di media-media online. Cukup memasangnya di website Anda sendiri. Dengan catatan, website tersebut harus menduduki halaman utama di pencarian Google. Hal ini akan lebih menghemat biaya pengeluaran untuk iklan.

Menariknya lagi, pengunjung yang akan datang ke toko Anda adalah pengunjung potensial yang mencari dan membutuhkan produk tersebut. Hal ini berbeda dengan jasa penayang iklan yang cenderung lebih umum sehingga target pasar yang dicapai belum tentu tepat sasaran dalam waktu 24 jam non stop.

7. Memungkinkan Anda Mendapatkan Data Konsumen

Data konsumen sangatlah penting untuk sebuah bisnis. Dengan memaksimalkan teknik SEO, data konsumen tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah tanpa harus pasang iklan dimana-mana yang tentunya menghabiskan sejumlah uang.

Dengan data konsumen yang valid, maka Anda pun bisa melihat karakteristik audien atau pelanggan. Sehingga, lebih bisa mendekati secara personal ataupun memperbaiki produk bisnis sesuai keinginan customer.

Keuntungan Menguasai SEO untuk Personal

SEO tidak hanya bermanfaat untuk sebuah website atau bisnis, namun juga membawa keuntungan tersendiri bagi orang yang ahli di bidang ini. Berikut beberapa keuntungan menguasai SEO untuk individu secara personal:

Banyak Perusahaan yang Membutuhkan Tenaga SEO

Di era yang serba digital ini, tidak sedikit perusahaan yang memerlukan tenaga ahli di bidang SEO. Terlebih untuk perusahaan skala besar. Sehingga, bisa menjadi peluang besar untuk Anda yang menguasai ilmu ini dengan baik.

Beberapa perusahaan menawarkan gaji yang cukup tinggi untuk ahli SEOnya. Gaji tersebut bisa mancapai 5 sampai dengan 7 juta rupiah. Bahkan, untuk yang sudah senior bisa mendapatkan gaji sampai 10 juta rupiah.

Sebagai Penghasilan Tambahan

Ilmu SEO juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Caranya dengan mengerjakan proyek ini secara paruh waktu atau part time. Meskipun terlihat sederhana, namun hal ini bisa menghasilkan keuntungan yang banyak.

Sebagai ajang promosi, Anda bisa menawarkan jasa SEO di internet, media sosial dan sebagainya. Semakin sering melakukan promosi, kemungkinan memperoleh pelanggan juga akan semakin tinggi.

Meningkatkan Popularitas

Dengan menekuni ilmu SEO, popularitas Anda juga bisa naik. Terlebih jika telah berpengalaman selama bertahun-tahun. Tidak menutup kemungkinan seseorang diundang sebagai ahli SEO di era digital seperti sekarang ini.

Selain beberapa keuntungan di atas, masih banyak lagi keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh seorang ahli SEO.

Kekurangan SEO yang Harus Dipahami dan Diantisipasi

Meskipun memiliki banyak kelebihan, di dalam SEO juga terdapat kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan pada SEO yang perlu dipahami, khususnya bagi seorang pemula.

SEO Membutuhkan Proses Lama

Sebagian orang malas untuk belajar SEO karena ilmu ini membutuhkan proses penerapan yang lama. Sedangkan dalam dunia bisnis, seseorang membutuhkan upaya dan hasil yang tepat sehingga perusahaan bisa semakin mendapatkan hasilnya.

Sedangkan untuk SEO, dibutuhkan proses cukup panjang agar benar-benar mampu menduduki posisi paling atas di situs pencarian. Oleh karena itu, penerapan SEO kurang cocok untuk Anda yang terburu-buru dan ingin hasil yang instan.

Prosesnya Tidak Mudah

Cara dan trik SEO tidaklah mudah. Prosesnya cukup rumit sehingga tidak semua orang menguasainya. Kemampuan dan pengetahuan Anda tentang ilmu ini akan sangat berpengaruh kepada kecepatan serta ketepatan SEO.

Hal itulah yang membuat banyak orang enggan mencoba teknik tersebut. Bahkan, tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk menggunakan jasa SEO atau bahkan memanfaatkan jasa iklan untuk mempromosikan brand produk mereka.

Untuk Menjadi Pakar Harus Belajar Banyak

Dunia SEO itu terbilang sangat luas, sehingga ada banyak cakupan yang perlu dipahami agar menjadi pakar di bidang ini. Antara satu cakupan dengan cakupan yang lain memiliki hubungan yang erat. Sehingga, ada satu saja komponen yang kurang Anda tidak akan berhasil.

Karena komponennya banyak, maka proses belajarnya membutuhkan waktu lama. Selain itu, menemukan guru yang tepat untuk mengajar SEO juga tidak mudah.

Ilmu SEO Terus Berkembang

Ilmu SEO bukanlah ilmu yang stagnan, ia akan berubah dan berjalan dinamis sesuai perkembangan jaman. Ilmu ini juga mengikuti algoritma Google, sehingga indikatornya akan berubah sewaktu-waktu. Hal itulah yang mempengaruhi penerapan SEO dalam dunia website atau blog.

Dampak dari berkembangnya ilmu tersebut adalah sangat memungkinkan ilmu yang dulu tidak lagi dipakai. Memunculkan ilmu-ilmu baru yang bisa jadi lebih sulit dibandingkan dengan sebelumnya. Dengan demikian, pembelajaran SEO tidak akan pernah selesai.

Menghadapi Banyak Saingan

Dengan semakin banyaknya orang yang membuat konten blog atau website, hal itu menyebabkan tingkat persaingan yang lebih tinggi. Belum lagi sekarang sedang trend pebisnis yang memanfaatkan optimasi SEO untuk mendapatkan pelanggan.

Tidak sedikit pula orang yang memulai lebih dulu dan telah unggul di bidang ini. Pastinya mereka adalah pesaing yang berat untuk para pemula. Sehingga, dibutuhkan kerja yang lebih ekstra agar bisa memenangkan kompetisi SEO yang ketat ini.

Beberapa Indikator Utama SEO yang Penting Dipelajari

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, SEO memiliki indikator-indikator yang akan terus berubah dari waktu ke waktu. Sehingga, ketika Google mengupdate algoritmanya, SEO akan berubah mengikuti. Berikut beberapa indikator penting di dalam dunia SEO:

URL yang Simple

Indikator SEO yang pertama adalah URL yang sangat berpengaruh kepada kemudahan website Anda untuk ditemukan. Semakin simple URL yang dibuat, maka Search Engine akan semakin cepat dan mudah mengenali konten website.

Oleh karena itu, usahakan membuat URL sesederhana mungkin. Jangan lupa untuk mencantumkan nama domain serta judul dari artikel yang dibuat pada URL tersebut. Hal ini akan semakin mempermudah peningkatan trafik Anda.

Gunakan TLS atau SSL secara Optimal

Indikator SEO berikutnya adalah menggunakan TLS atau SSL pada sebuah website. Hal ini didasari oleh algoritma Google yang sejak tahun 2014 lebih mengutamakan konten atau website dengan TLS atau SSL. Dengan metode ini, keamanan pengguna relatif lebih aman karena ada upaya enkripsi transfer data pada website.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan TLS atau SSL sejak sekarang. Karena dari alamat website sudah bisa diidentifikasi apakah sudah menggunakan SSL atau TLS atau belum. Karakter bagi yang sudah menggunalan TLS atau SSL adalah diawali dengan “Https”.

Pertimbangkan Topik pada Konten Website

Agar optimasi SEO berjalan lebih maksimal, topik konten pada website Anda harus terstruktur dengan baik. Caranya adalah dengan membuat topik utama terlebih dahulu. Setelah itu, baru menetapkan konten apa saja yang relevan dengan topik utama.

Usahakan antara satu topik dengan topik lainnya berkaitan. Semakin berhubungan, maka akan semakin mudah sebuah website muncul di halaman utama Google. Hal itu disebabkan karena mesin pencari lebih mudah menemukan website yang di dalamnya terdapat konten saling berhubungan.

Sebagai contoh, seseorang memiliki blog tentang wisata atau traveling. Maka topik-topik yang cocok untuk dipilih pada konten adalah kuliner-kuliner di suatu daerah, nama-nama tempat wisata, daftar penginapan dan masih banyak lagi yang lainnya tetapi masih berhubungan dengan wisata.

Pastikan Menggunakan Search Intent yang Banyak Dicari

Pemilihan kata kunci untuk sebuah blog atau website sebaiknya tidak sembarangan. Meskipun dalam satu kata kunci bisa mencakup banyak hal, Anda harus pintar-pintar dalam menentukan kata kunci mana yang paling dicari pengunjung.

Penting untuk dipahami bahwa Google akan mengutamakan sebuah konten yang memiliki search intent sesuai dengan pencarian pengguna. Sehingga, jika blogger salah dalam memilih kata kunci tersebut, sebuah website akan sulit berada di posisi utama halaman pencarian.

Indikator dari Segi Struktur Konten

Struktur konten juga tidak kalah penting sebagai indikator keberhasilan SEO. Oleh karena itu, pastikan membuat konten yang terstruktur dengan baik serta mudah dipahami. Pastikan pembaca mendapatkan informasi yang detail dan jelas agar mereka betah berada di website tersebut.

Cara membuat konten yang baik adalah dengan menambahkan gambar, grafik atau penunjang lain agar pembaca semakin mudah mencerna informasi di dalamnya. Jangan lupa untuk memakai heading serta subheading untuk menekankan poin penting pada konten terkait.

Buat Meta Tags yang Ideal

Indikator selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam menerapkan ilmu SEO adalah Meta Tags. Indikator satu ini terdiri dari tittle dan juga meta description. Dengan menyertakan Meta Tags, Google akan semakin mudah menangkan isi konten Anda secara utuh.

Adapun yang dimaksud dengan tittle tag adalah judul yang ada pada hasil pencarian. Hanya saja, jika Anda membuat judul yang terlalu panjang, Google akan secara otomatis memotongnya. Sehingga, buat yang ideal saja.

Sedangkan Meta Description merupakan jenis teks yang isinya adalah rangkuman konten di menu pencarian. Letak teks berjumlah antara 120 sampai dengan 130 karakter ini ada di bagian bawah URL dan judul dari artikel.

Gunakan Backlink

Faktor utama SEO yang saat ini sedang trend adalah Backlink. Adanya Backlink ini menunjukkan bahwa website Anda memiliki kredibilitas yang tinggi. Sehingga, semakin banyak akan semakin baik. Ketika akan membuat Backlink, pastikan Anda memilih dari website berkualitas. Website yang tidak berkualitas akan kurang kredibel untuk dijadikan suatu Backlink.

Perhatikan Kecepatan Website

Kecepatan website adalah komponen penting berikutnya yang harus diperhatikan saat melakukan optimasi SEO. Hal ini sejalan dengan kebijakan algoritma Google yang pada 2018 lalu menetapkan loading website sebagai indikator SEO, baik pada mobile ataupun PC.

Jika loading website Anda cepat, maka peluang untuk mendapatkan rangking tertinggi pada Google juga semakin besar. Begitupun sebaliknya.

Pihak-Pihak yang Wajib Belajar SEO

Belajar SEO bukanlah hal wajib untuk semua orang. Namun, ada beberapa kalangan yang perlu belajar ilmu ini. Beberapa orang beranggapan bahwa yang wajib mempelajarinya hanyalah seorang blogger, padahal anggapan itu kurang tepat. Berikut adalah pihak-pihak yang wajib mempelajari SEO:

1. Seorang Blogger Profesional

Untuk menjadi seorang blogger profesional, Anda wajib mempelajari SEO. Terlebih saat ini menjadi blogger tidak hanya sekedar hobi, namun sudah beralih menjadi profesi yang menghasilkan uang. Sehingga, tanpa mempelajari SEO secara mendalam, Anda tidak akan bisa menjadi profesional blogger.

2. Penjual Jasa Melalui Internet

Saat ini, berbagai jasa sudah ditawarkan melalui internet. Selain jangkauannya lebih luas, proses iklan juga lebih mudah dan murah. Oleh karena itu, Anda yang menjual jasa melalui media internet wajib belajar SEO agar bisa bersaing dengan penjual jasa lain yang sejenis.

3. Owner Online Shop

Toko online untuk berbagai produk saat ini sedang trend. Karena itu, jika Anda adalah salah satu ownernya, maka belajar SEO adalah hal yang wajib. Tujuan utamanya adalah menempatkan website toko online di posisi paling atas. Sehingga, peluang untuk mendapat pelanggan akan semakin besar.

4. Seorang Software Developer

Tidak hanya itu, ilmu SEO juga harus dikuasai oleh seorang software developer. Sehingga, produk-produk software besutannya bisa disarankan oleh Google di halaman utama. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang membuka jasa pembuatan website dan lain sebagainya.

5. Seorang Profesional

Bagi seorang profesional yang berkeinginan membangun reputasi publik, menguasai SEO juga hal yang wajib. Karena ia akan dikenal sebagai pakar di bidang tersebut. Bahkan, tidak menutup kemungkinan profesional tersebut diundang di berbagai seminar dan sebagainya untuk menjadi pembicara.

Jenis-Jenis SEO

Secara umum, SEO dibagi menjadi dua jenis yang meliputi SEO Off Page dan SEO On Page. Antara satu jenis dengan jenis lainnya memiliki keterkaitan tersendiri. Sehingga, keduanya perlu diterapkan secara maksimal pada website Anda. Berikut penjelasan masing-masing jenisnya:

SEO On Page

SEO On Page merupakan teknik optimasi SEO yang dilakukan langsung di website terkait. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk optimasi SEO ini. Di antaranya adalah membuat permalink, menetapkan judul dan struktur konten, menerapkan heading, meningkatkan kecepatan website, membuat tema yang lebih responsif sampai pada tahapan menerapkan internal link pada website tersebut.

SEO Off Page

SEO Off Page berbeda dengan sebelumnya yang dilakukan langsung di dalam website. Jenis SEO satu ini lebih dilakukan di luar website terkait. Hal ini menunjukkan bahwa optimasi SEO tidak hanya perlu mengolah sebuah website sesuai indikator Google, namun juga melakukan hal di luar website itu sendiri.

Adapun contoh dari SEO Off Page ini adalah menggunakan backlink ataupun inbound link. Dengan adanya backlink, pengunjung akan tahu bahwa website Anda dirujuk oleh website yang lain. Kualitas dan reputasi sebuah website juga akan naik dengan sendiri. Semakin banyak website yang merujuk, maka rangkingnya di Google akan semakin tinggi.

Cara-Cara Belajar SEO untuk Pemula

Seorang pemula kebanyakan mengalami kebingungan ketika akan belajar SEO. Hal itu disebabkan karena ini termasuk ilmu baru yang memiliki cakupan luas serta dinamis. Berikut adalah beberapa hal mendasar yang perlu dipelajari oleh SEO pemula:

Pelajari Bahasa Pemrograman dengan Baik

Untuk bisa menjadi bloger yang ahli, hal pertama dan utama yang harus dipelajari adalah bahasa pemrograman. Meskipun orang yang kuliah di jurusan IT memiliki peluang yang tinggi untuk ini, tidak menutup kemungkinan bisa menguasai dengan belajar secara maksimal.

Anda bisa belajar kepada senior atau melalui kursus bidang bahasa pemrograman yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga. Selain itu, juga bisa belajar melalui internet seperti Youtube dan sebagainya.

Pahami Apa Saja Istilah yang Ada di Dunia SEO

Di dalam SEO, terdapat berbagai istilah rumit yang tidak familiar bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, sebelum terjun ke bidang ini Anda harus memahami apa saja istilah yang ada di dalamnya. Hal itu akan memudahkan Anda dalam menerapkan teknik optimasi ini.

Pelajari Hal Dasar dalam Membuat Blog atau Website

Membuat blog atau website bukanlah hal sulit untuk seseorang yang sudah terbiasa melakukannya. Namun, untuk pemula bukanlah hal mudah. Oleh karena itu, pelajari mulai hal paling dasar dalam pembuatan website. Semakin sering praktik, Anda akan semakin menguasainya.

Pahami Cara Menemukan Keyword yang Tepat

Untuk mendapatkan rangking tertinggi di Google, blogger harus menemukan keyword yang tepat. Hal ini bukanlah hal sederhana. Karena keyword yang tepat tidak hanya berkaitan dengan kata kunci yang relevan dan banyak dicari pengguna, namun juga mencakup hal-hal lain seperti PA/DA dan sebagainya.

Dalami SEO On Page dan SEO Off Page

Hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan saat belajar SEO adalah mendalami SEO On Page maupun SEO Off page. Kedua komponen ini akan membantu meningkatkan penilaian Google atas konten website Anda. Namun, dibutuhkan kesabaran dan kejelian dalam memahami dua hal ini karena cukup banyak yang perlu dikuasai.

Pahami Pelanggaran dalam Dunia SEO

Selain beberapa hal di atas, seorang pemula yang belajar SEO juga perlu memahami apa saja pelanggaran dalam dunia SEO yang tidak boleh dilakukan. Hal itu dikarenakan melakukan pelanggaran terkait SEO bisa berakibat fatal terhadap website Anda.

Teknik SEO Lengkap Sesuai Algoritma Google

Setelah memahami berbagai hal mendasar terkait dunia SEO, kini saatnya mempelajari tentang teknik SEO yang lengkap. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, belajar SEO tidak bisa setengah-setengah. Anda harus menguasai semua komponennya agar benar-benar berhasil melakukan optimasi website di halaman utama pencarian.

Berikut adalah teknik SEO tarbaru yang sesuai dengan algoritma Google:

1. Menentukan Niche Blog

Teknik SEO pertama adalah menentukan niche blog. Pemilihan niche blog bisa dilakukan dengan riset terlebih dahulu atau sesuai dengan minat dan hobi masing-masing. Dengan riset, Anda bisa tahu niche apa yang potensial dan banyak diminati pengguna.

Sedangkan dengan memilih niche berdasarkan hobi atau kesukaan, Anda bisa menguasai topik-topik yang akan ditulis di dalam konten website. Sehingga, pembaca benar-benar mendapatkan informasi detail dan tepat. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus berbagi pengetahuan yang dimiliki kepada orang lain.

Meskipun demikian, bukan berarti hasil artikel rewrite tidak berkualitas. Anda tetap bisa mengandalkan artikel jenis ini namun pastikan kontennya benar-benar sesuai. Apapun nichenya, pastikan berkualitas dan memberikan informasi yang layak kepada publik.

2. Melakukan Riset Keyword

Teknik SEO yang kedua adalah memilih kata kunci (keyword). Keyword yang tepat akan membawa konten website Anda ke rangking tertinggi. Rumusnya adalah harus menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi. Dalam artian banyak orang yang mencari informasi tersebut.

Logikanya, semakin banyak orang yang mencari informasi tentang keyword terkait, maka akan semakin tinggi peluang blog atau website Anda masuk ke halaman utama pencarian Google.

Namun, perlu dipahami bahwa semakin tinggi volume pencarian, maka akan semakin tinggi tingkat persaingan Anda dengan blogger yang lain.

Kata kunci bisa disesuaikan dengan niche yang Anda pilih sebelumnya, misalnya niche kesehatan. Maka Anda harus mencari kata kunci dengan volume pencarian tinggi mengenai kesehatan. Untuk mendapatkan informasi tentang kata kunci relevan, Anda bisa menggunakan beberapa tools pencari kata kunci.

Di antara tools tersebut adalah Google Trends, Keyword Planner, Ahrefs, Ubersuggest dan lain sebagainya.

3. Lakukan Pemetaan Kata Kunci

Setelah berhasil menemukan keyword dengan volume pencarian tinggi, teknik SEO berikutnya adalah pemetaan kata kunci. Beberapa hal harus dilakukan dalam tahapan ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pertama adalah penggunaan kata kunci. Tidak semua kata kunci harus digunakan dalam sebuah artikel. Beberapa di antaranya bisa digunakan untuk tag atau kategori. Misalnya untuk jenis kata kunci yang umum. Sedangkan kata kunci yang khusus bisa dimasukkan dalam artikel.

Kedua adalah menggabungkan kata kunci. Dalam hal ini, hindari menggabungkan semua kata kunci di dalam satu artikel yang membuat kata kunci tersebut sulit dimengerti. Misalnya, “Jual Manfaat Obat Sakit Gigi”. Kata kunci semacam ini sangat tidak direkomendasikan oleh Google.

Ketiga adalah mengurutkan kata kunci. Sebelum mulai membuat konten, teknik ini wajib dilakukan. Selain bertujuan untuk mengurutkan konten agar terstruktur dan tidak lompat-lompat, juga bertujuan agar memudahkan Anda dalam membuat konten.

Cara mengurutkan kata kunci tersebut adalah dengan menemukan topik umum, kemudian menuju ke sub topik pembahasan sesuai urutan kata kunci. Dengan begitu, proses publikasi artikel bisa dilakukan dengan mudah dan tentunya tidak lompat-lompat. Tujuan lainnya adalah memudahkan dalam mengelola internal link nantinya.

4. Produksi Artikel

Setelah menyelesaikan beberapa tahapan di atas, Anda harus memproduksi artikel sebagai teknik SEO selanjutnya. Namun, proses ini akan berjalan mudah jika keyword artikel sudah ditentukan. Sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam penulisan artikel:

a. Analisa Artikel Kompetitor

Sebelum mulai menulis artikel, lakukan analisa terhadap artikel kompetitor terlebih dahulu. Lihat kekurangan yang ada di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan artikel yang lebih sempurna dibandingkan milik kompetitor.

Pastikan Anda menguasai topik blog yang akan ditulis. Hal ini akan memudahkan dalam menganalisis kekurangan tulisan dari kompetitor.

b. Pahami Kebutuhan Pembaca

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menulis artikel website adalah memahami kebutuhan pembaca atau search intent. Hal ini akan semakin memudahkan konten tersebut untuk masuk ke rangking utama Google.

c. Produksi Artikel yang Natural

Setelah itu buat artikel yang natural atau human friendly. Hal penting yang harus dipahami adalah beberapa artikel SEO friendly ternyata kurang enek dibaca karena terlalu memaksa untuk jadi 100% SEO.

Dengan mengutamakan artikel yang enak dibaca terlebih dahulu, lambat laun Anda akan mampu memproduksi artikel yang 100% SEO. Sehingga, tidak menutup kemungkinan akan masuk ke halaman pertama Google.

Dalam memproduksi artikel, buat outline atau rincian terlebih dahulu mengenai konten yang akan ditulis. Pastikan memiliki interaksi yang baik kepada pembaca dengan sapaan tertentu, misalnya Anda, Kamu, Sobat dan lain sebagainya.

5. Menerapkan Internal Link

Teknik SEO selanjutnya setelah memproduksi artikel adalah menerapkan internal link. Untuk memudahkan Anda dalam menerapkannya, lakukan pengurutan kata kunci secara tepat. Misalnya dari keyword penyebab sakit gigi ke cara mengobati sakit gigi. Contohnya, “Untuk mengobati sakit gigi, silahkan klik di sini!”

Dalam membuat internal link, ada beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa di antaranya:

a. Sisipkan Call to Action

Call to action merupakan cara paling efektif untuk mengajak pembaca melanjutkan bacaan lain yang relevan di website atau blog Anda. Dengan catatan, blogger harus mengurutkan artikel sesuai dengan arahan sebelumnya.

b. Sesuaikan Antara Satu dengan yang Lain

Semakin relevan kata kunci atau tema dalam artikel, maka akan semakin memudahkan Anda dalam membuat internal link. Hal ini juga mempengaruhi kualitas sebuah blog. Internal link yang relevan juga menunjukkan interaksi yang baik dengan pembaca.

c. Hindari Menyisipkan Internal Link di Awal

Komponen lain yang perlu diperhatikan saat membuat internal link adalah penempatannya. Hindari menempatkan internal link di awal paragraf. Hal itu akan mengalihkan perhatian pembaca, sementara artikel yang telah dibuka tersebut belum dibaca.

6. Melakukan Optimasi SEO On Page

Teknik SEO selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah optimasi SEO on page. Langkah ini dilakukan di dalam konten website. Tujuan utamanya adalah agar lebih mudah dipahami pengunjung dan memudahkannya menduduki halaman pertama mesin pencari.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk optimasi SEO on page. Berikut beberapa di antaranya:

a. Pemilihan Permalink

Di tahun 2019 ini, pemilihan permalink yang tepat sangat mempengaruhi trafik sebuah blog. Permalink yang ideal adalah permalink sederhana. Hal itu disebabkan karena lebih mudah dikenali oleh mesin pencari Google. Permalink tersebut cukup mengandung fokus keyword yang diutamakan.

Sebagai contoh, untuk kata kunci “Jasa Seo”. Maka, sebaiknya menggunakan permalink https://republikseo.net/jasa-seo/. Adapun untuk WordPress, karena sudah ditentukan olehnya soal permalink, Anda perlu mengubahkan sendiri secara manual.

b. Menentukan Judul Konten Semenarik Mungkin

Teknik SEO on page berikutnya adalah membuat judul menarik. Judul adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung ketika mereka mencari keyword. Selain judul, mereka juga hanya bisa melihat deskripsi dari konten tersebut. Semakin menarik judul yang dibuat, maka pengunjung akan terdorong untuk membaca konten tersebut.

Salah satu trik menentukan judul konten adalah dengan menyertakan angka. Tingkat keberhasilan trik ini bahkan mencapai 45%. Contohnya, 20 Wisata Hits di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi. Akan tetapi, angka untuk judul konten ini tidak bisa diterapkan pada semua jenis artikel. Sehingga, Anda harus lebih kreatif dalam menentukan judul yang dapat menarik minat pembaca.

c. Menambahkan Video atau Gambar

Penambahan video atau gambar pada konten website sangatlah penting sebagai salah satu strategi SEO on page. Hal ini bertujuan agar pembaca atau pengunjung website tidak merasa bosan.

Namun, penambahkan video atau gambar tersebut tidak perlu banyak-banyak, cukup satu atau dua saja.

Dibandingkan gambar, saat ini video dianggap sebagai konten yang lebih efektif. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa artikel yang berisi konten video memiliki peluang muncul di halaman pertama sebanyak 53 kali lebih besar.

d. Lakukan Optimasi Terhadap Gambar

Menambah gambar saja tidaklah cukup untuk optimasi SEO on page. Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar gambar tersebut benar-benar meningkatkan rangking website. Misalnya dengan mengecek ukuran gambar terlebih dahulu.

Ukuran gambar yang terlalu besar membuat performa website Anda tidak efektif. Bahkan, loadingnya akan semakin lambat. Idealnya gunakan gambar berukuran kurang dari 100kb. Untuk mengecilkan gambar, ada beberapa tools yang bisa dipilih tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut.

Jangan lupa untuk memberi nama pada file sesuai dengan keyword konten. Hal ini bertujuan agar gambar Anda bisa muncul di pencarian Google Image. Kemudian, ubah alt text pada gambar sesuai dengan keyword.

e. Gunakan Heading

Strategi SEO on page selanjutnya adalah menggunakan heading dan subheading. Penggunaan heading yang tepat pada artikel menjadikan struktur konten lebih tertata. Tujuannya adalah agar pembaca lebih mudah memahami konten yang dibuat.

Adapun fungsi dari heading dan subheading itu adalah untuk memetakan serta membagi artikel sesuai dengan babnya. Selain memudahkan pembaca dalam menangkap informasi artikel, heading juga akan memudahkan mesin pencari dalam memahami isi website terkait.

Anda bisa memanfaatkan beberapa heading yang telah disediakan oleh WordPress. Untuk hasil yang lebih optimal, usahakan untuk memasukkan keyword turunan di masing-masing subheadingnya.

f. Terapkan Keyword Utama pada Paragraf 1

Kesan pembaca biasanya didapatkan dari paragraf pertama. Oleh karena itu, buat ulasan yang menarik khususnya di 100 kata pertama. Hindari mencantumkan pernyataan berbelit-belit. Dan jangan lupa untuk mencantumkan keyword utama di awal paragraf.

Akan tetapi, penting untuk dipahami bahwa tidak semua keyword utama pas untuk diletakkan di paragraf satu. Sehingga, hindari memaksakan keyword yang tidak cocok karena itu akan membuat konten Anda kurang enak dibaca. Pastikan ulasannya jelas dan menarik agar pengunjung lebih mudah memahaminya.

g. Utamakan Tema yang Cocok untuk Semua Perangkat

Teknik SEO on page selanjutnya yang tidak kalah penting untuk digarisbawahi adalah pemilihan tema. Mengingat ada banyak sekali tema yang bisa diterapkan di website. Namun, tidak semua tema cocok untuk semua perangkat. Sementara, orang membuka website Anda bisa dengan perangkat-perangkat lain.

Oleh karena itu, alangkah baiknya memilih tema yang responsif, baik untuk PC, tablet, mobile dan sebagainya. Utamakan juga tema yang match dengan perangkat mobile karena saat ini umumnya pengunjung menggunakan perangkat tersebut untuk mencari informasi di website.

Selain itu, Google pun memberikan nilai atas performa website Anda dengan standar mobile. Sehingga, pastikan benar-benar mobile friendly agar website Anda semakin berpotensi untuk menduduki rangking pertama situs pencarian.

h. Gunakan Outbound Link

Menyisipkan outbound link sangat penting dalam teknik SEO on page. Outbound link sendiri merupakan upaya mencantumkan link website lain di website atau konten Anda. Tujuannya agar pembaca menjadi tahu bahwa sumber artikel yang digunakan sangat kredibel dan bukan abal-abal.

Meski demikian, pastikan link website yang dipilih tidak asal-asalan. Utamakan yang memiliki kualitas terbaik. Hal ini nantinya akan menaikkan reputasi konten Anda. Pengunjung pun akan mengira bahwa topik yang diangkat tidak begitu jauh dari website yang telah dicantumkan tersebut.

i. Terapkan Internal Link secara Maksimal

Seperti yang telah diulas sebelumnya, internal link menjadi salah satu indikator utama dalam dunia SEO. Sehingga, sangat penting untuk diterapkan di dalamnya. Inti dari teknik SEO on page kaitannya dengan internal link ini adalah bagaimana pengunjung mau membaca konten website Anda yang lain.

Oleh karena itu, usahakan untuk mencantumkan internal link secara maksimal dengan tema yang masih relevan. Google akan dengan mudah menemukan korelasi atau hubungan antar tulisan di website Anda. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan muncul di halaman pertama search engine.

j. Perhatikan Kecepatan Website

Tidak hanya para pengguna atau pembaca, kecepatan website juga sangat dipertimbangkan oleh Google. Semakin cepat website Anda, maka akan semakin banyak pengunjung yang betah di dalamnya. Sehingga, Anda perlu meningkatkan kecepatan dari blog atau website.

Cek terlebih dahulu apakah website terkait telah memiliki kecepatan standar atau belum. Kini, ada beberapa tools yang bisa dijadikan pilihan untuk melihat seberapa cepat sebuah website. Pastikan loading website tidak lebih dari lima detik. Karena kebanyakan pengguna akan meninggalkan website jika loadingnya terlalu lama.
Alangkah baiknya sejak sekarang belajar tentang cara-cara meningkatkan kecepatan website agar konten tersebut dapat bersaing dengan yang lain.

k. Manfaatkan LSI Keyword

Teknik SEO on page selanjutnya adalah menggunakan LSI keyword. Penting untuk dipahami bahwa LSI keyword di sini berbeda dengan keyword utama atau fokus keyword. LSI keyword penting dicantumkan agar keyword utama tidak diulang secara berlebihan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Google akan menganggap itu sebagai spam.

LSI keyword memiliki arti atau makna yang masih berkaitan dengan fokus keyword, bahkan bisa dibilang mirip namun dengan kata yang berbeda. Untuk menemukan LSI keyword tersebut, Anda bisa memakai tools seperti LSIKeywords dan LSIGraph.

l. Share di Media Sosial

Alangkah baiknya jika Anda memberikan tombol share di media sosial. Hal ini sangat penting untuk menarik pengunjung atau pembaca baru. Tentunya dari berbagai jenis platform agar trafiknya semakin meningkat. Teknik ini memang tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas SEO. Namun, penting untuk memunculkan brand website Anda.

Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengakses media sosial bisa menjadi peluang Anda untuk mendapatkan pengunjung dalam jumlah besar. Bahkan, tidak menutup kemungkinan pengunjung membagikan link website Anda ke teman-temannya di medsos.

Tombol share di media sosial akan membuat pengguna semakin mudah dalam membagikan konten terkait. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan plugin. Ada berbagai opsi plugin media sosial yang dapat dijadikan pilihan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

m. Pastikan Panjang Konten Ideal

Selain beberapa teknik SEO on page di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan panjang konten yang dibuat. Google tidak memiliki standar tersendiri mengenai berapa jumlah kata paling ideal untuk sebuah konten. Namun, blogger harus cerdas di dalam menentukan jumlah kata sesuai jenis konten yang dibuat.

Terlebih jika tulisan atau keyword tersebut dimaksudkan untuk menyaingi kompetitor. Pahami bahwa setiap keyword memerlukan jumlah kata yang berbeda. Mulai dari 500 kata, 1000 kata bahkan 2000 kata atau lebih.

Cara menentukan jumlah kata yang ideal ini sebenarnya mudah. Cukup dengan menoleh pada website kompetitor yang paling atas di Google. Kemudian, buatlah konten dengan jumlah sama dengannya atau setidaknya melebihi. Pastikan juga kualitas konten lebih baik dibandingkan kompetitor untuk mengejar rangking teratas.

n. Konten Harus Solutif

Disamping memperhatikan jumlah kata pada konten website, pastikan konten tersebut solutif. Kualitas unggul harus menjadi prioritas utama karena hal ini sangat diperhatikan oleh Google. Percuma jumlah kata banyak jika kontennya tidak berkualitas.

Karakteristik utama dari konten yang berkualitas adalah dapat menjawab berbagai persoalan dari pengunjung, apapun temanya. Karena pengunjung memerlukan informasi yang valid, detail dan pastinya berkualitas saat mengetik kata kunci di situs pencarian.

Semakin lengkap dan informatif bahasan Anda, maka pengunjung akan semakin betah berlama-lama di dalamnya.

o. Buat Link Bisa Dibuka di Tab Baru

Tips optimasi SEO on page selanjutnya adalah mengatur link agar bisa open in new tab. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pembaca. Terlebih jika konten yang Anda hadirkan lebih dari satu halaman. Pastinya pembaca akan kesulitan dan merasa bosan jika harus kembali-kembali ke konten sebelumnya.

Dengan memanfaatkan teknik ini, Google pun akan memberi penilaian yang baik kepada website Anda. Di WordPress Anda harus mengatur secara manual agar konten dalam dibuka di new tab. Caranya pun sangat sederhana.

7. Melakukan Optimasi SEO Off Page

Selain SEO on page, Anda juga harus menjalankan teknik SEO yang disebut SEO off page ini. Bedanya dengan SEO on page adalah teknik ini dilakukan di luar konten website. Sehingga, fokusnya lebih kepada hal-hal eksternal. Misalnya saja backlink hingga share link ke media sosial.

Optimasi SEO off page juga mencakup beberapa komponen yang tidak tunggal. Berikut beberapa langkah optimasinya:

a. Optimalkan Link Buiding

Hal utama yang perlu diperhatikan sebagai teknik optimasi SEO off page adalah link buiding. Link building ini menjadi salah satu indikator atau algoritma Google di dalam menentukan kualitas sebuah website. Meski beberapa pakar berpendapat bahwa page rank yang menilai link building telah kadaluarsa, namun faktanya Google masih menjadikannya sebagai indikator.

Dengan mengoptimalkan link building yang diaplikasikan dengan memberikan backlink, maka trafik website Anda akan semakin tinggi dan. Namun, inbound link atau backlink yang digunakan harus berkualitas agar Google semakin memberi penilaian tinggi terhadapnya. Berikut adalah hal penting yang mempengaruhi keberhasilan link building:

  • Domain Authority / Page Authority

Domain Authority dan Page Authority merupakan skala khusus yang memberi penilaian atas kualitas link. Sehingga, antara satu link dengan link yang lain, baik dalam satu website atau berbeda website memiliki kualitas tidak sama. Page Authority sendiri adalah kualitas link website di suatu halaman. Sedangkan Domain Authority merupakan profil backlink untuk domain.

Rumusnya adalah semakin tinggi angka atau nilainya, maka kualitas dari domain dan link juga lebih bagus. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui PA/ DA sebuah website atau link. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi populer seperti Moz. Ini merupakan aplikasi berbayar yang bisa memberikan penilaian PA/DA.

Pastikan memilih website dengan kualitas yang baik saat akan melakukan guest post. Hal inilah yang akan menjadikan website Anda semakin berkualitas.

  • Terapkan Dofollow dan Nofollow

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan saat mengoptimasi link building adalah menerapkan dofollow dan nofollow. Teknik ini didasari oleh kenyataan bahwa Google tidak mendeteksi semua link yang ada, melainkan link yang telah bersifat dofollow.

Seorang pemula biasanya kebingungan apa itu seo dofollow. Dofollow merupakan sebuah link yang telah berhasil dideteksi oleh Google. Sehingga, website yang telah didofollow memiliki kualitas yang lebih tinggi. Hal itu disebabkan karena linknya sudah diatur secara otomatis olehnya.

Sementara nofollow adalah suatu link yang memberikan isyarat kepada Google. Sehingga, Google pun tidak mendeteksi link tersebut. Link ini harus disertai dengan nofollow tag khusus. Akan tetapi, nofollow ini tidak memiliki pengaruh tersendiri terhadap otoritas sebuah website.

Dengan memanfaatkan ekstensi Chrome Nofollow, Anda bisa mendeteksi mana link yang tergolong dofollow dan mana yang tergolong nofollow. Antara keduanya tentu memiliki keunggulan masing-masing. Tergantung Anda memerlukan yang mana. Jika ingin kualitas website naik, maka dofollow lebih disarankan. Namun, jika ingin berfokus kepada naiknya trafik, bisa memilih nofollow.

  • Maksimalkan Anchor Text

Cara lain yang bisa diupayakan untuk membangun link building berkualitas adalah anchor text. Ini merupakan link khusus yang bisa dengan mudah diklik pengguna. Dengan adanya anchor text ini, kualitas pencarian dari pengunjung akan semakin maksimal.

Untuk lebih memudahkan, Anda bisa membuat anchor text yang mirip atau bahkan persis dengan kata kunci. Namun, pastikan jangan terlalu banyak anchor text yang muncul karena Google akan menganggapnya sebagai spam. Agar link di website lain tetap terkontrol, usahakan untuk meminta langsung kepada pengelola website.

  • Perhatikan Relevansi

Niche yang Anda pilih dari website lain harus benar-benar relevan dan memiliki tema yang sama dengan konten Anda. Hal ini sangat penting dan perlu diutamakan dalam membangun backlink. Misalnya saja, Anda membahas tentang niche teknologi, maka cara website yang masih berhubungan dengan tema tersebut. Ini akan memberikan nilai lebih kepada website Anda.

  • Tingkatkan Trafik

Saat membangun sebuah backlink, trafik adalah hal yang sangat penting. Pilihlah sumber website backlink yang memiliki trafik tinggi. Karena hal itu akan semakin memudahkan website Anda mendapatkan klik pengunjung lebih besar.

Adapun untuk memastikan trafik sebuah website, Anda bisa menggunakan beberapa tools. Salah satunya adalah Ahrefs.

b. Masukkan Website di Listing Bisnis

Teknik SEO off page yang kedua adalah memasukkan website di listing bisnis online. Hal ini banyak dilakukan oleh para blogger untuk meningkatkan kualitas SEO mereka. Terdapat beberapa pilihan listing bisnis yang patut untuk dicoba. Misalnya, Zomato, Trip Advisor dan GrabFood.

Zomato dan juga GrabFood adalah situs yang khusus menerima listing bisnis untuk restoran. Sementara Trip Advisor lebih kepada listing bisnis di bidang tempat rekreasi atau wisata, penginapan hingga restoran. Meski demikian, antara Zomato dan GrabFood memiliki perbedaan tersendiri.

c. Lakukan Brand Mention

Brand mention di media online dan sebagainya juga sangat penting sebagai strategi SEO off page. Umumnya, website atau brand akan disebut setelah melakukan kegiatan tertentu. Adapun pihak yang menyebutkan brand tersebut adalah pemilik konten lain.

Meskipun pemilik website atau konten tersebut tidak memunculkan link untuk masuk ke situs Anda, namun tetap ada keuntungan tersendiri yang didapatkan. Brand atau bisnis Anda akan lebih familiar di kalangan pembaca. Meskipun itu tidak akan memberikan kontribusi dalam peningkatan trafik atau kualitas website.

Cara lain yang bisa Anda tempuh agar bisa mendapatkan link dari website terkait adalah dengan menghubungi pengelola konten agar mau memasukkan link artikel Anda ke website mereka.

d. Manfaatkan Layanan Google Bisnisku

Teknik SEO off page lain yang sangat efektif untuk meningkatkan kualitas website Anda adalah memaksimalkan penggunaan Google Bisnisku. Ini merupakan sebuah layanan khusus dalam bidang listing bisnis langsung dari Google. Menariknya, layanan ini bisa didapatkan secara gratis. Sehingga, semua yang memiliki bisnis bisa dengan mudah mendaftar di dalamnya.

Layanan Google Bisnisku telah terbukti mampu membantu tingkatkan kualitas SEO off page. Khususnya untuk jenis SEO lokal Anda. Salah satu manfaat utamanya adalah memudahkan bisnis Anda ditemukan di situs pencarian lokal. Tidak hanya itu, Google Maps juga bisa mendeteksi bisnis Anda dengan mudah jika sudah terdaftar di Google Bisnisku.

Namun, ada beberapa tahapan mendaftar yang harus dilakukan. Tapi jangan khawatir karena caranya sangat mudah dan sederhana. Cukup ikuti semua panduan yang ada.

e. Optimalkan Review

Hal lain yang mempengaruhi kualitas SEO off page adalah review, baik itu untuk sebuah jasa atau produk tertentu. Hal ini sudah dibuktikan secara riset. Sehingga, pastikan website Anda memiliki review yang baik. Tidak hanya dari Google Bisnisku, namun upayakan juga ada dari situs-situs yang lain.

Jika review tentang website atau bisnis Anda semakin positif, maka kualitas SEOnya juga akan semakin meningkat. Sehingga, tidak menutup kemungkinan muncul di halaman utama pencarian Google. Namun, beberapa pelanggan malas untuk menuliskan review. Sehingga, Anda harus berusaha lebih agar bisa mendapatkan banyak review.

f. Jangan Lupa Share di Medsos

Langkah SEO off page ke enam yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah share ke berbagai media sosial. Hal ini tidak begitu berpengaruh terhadap rangking website Anda di SEO. Namun, memiliki dampak yang positif untuk pengembangan sebuah website.

Google pun juga tidak memasukkan share sebagai indikator utama SEO. Sebabnya adalah adanya kekhawatiran manipulasi share. Namun, jangan khawatir karena share tersebut akan secara alami membantu situs Anda dalam menjangkau pembaca.

Dengan semakin banyaknya pembaca dari berbagai platform, konten Anda akan semakin besar memiliki peluang untuk dibagikan bahkan dirujuk. Karena itu, share tetap memberikan keuntungan tersendiri meskipun tidak langsung pada SEO.

Beberapa Kesalahan dalam Dunia SEO yang Perlu Dihindari

Meskipun sudah berusaha menerapkan teknik SEO, beberapa orang mengeluh blog atau websitenya sepi pengunjung. Bisa jadi hal itu disebabkan karena adanya kesalahan dalam penerapannya, sehingga blog terkait tidak bisa bersaing dengan yang lain.

Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan seorang blogger dalam penerapan SEO. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Tidak Mempelajari SEO dari Nol

Meskipun ilmu SEO selalu mengalami perubahan atau dinamis, namun bukan berarti Anda bisa belajar secara parsial. Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh seorang blogger adalah tidak mempelajari ilmu tersebut dari dasar.

Oleh karena itu, pastikan Anda belajar mulai dari apa definisi SEO, backlink, cara kerja algoritma Google dan hal-hal dasar yang lainnya. Jika semua hal dasar tentang ilmu ini berhasil dikuasai, selanjutnya bisa melanjutkan pembelajaran ke tingkatan yang lebih tinggi seperti link wheels, link galau dan sebagainya.

Mengabaikan Riset Keyword

Kesalahan terbesar lainnya dalam dunia SEO yang harus dihindari adalah mengabaikan riset keyword. Hal ini kerap dilakukan terlebih bagi para pemula. Tidak melakukan riset keyword dapat menyebabkan blog kurang dikunjungi meskipun ada di posisi atas.

Hal itu disebabkan karena keyword atau kata kunci yang digunakan tidak tepat. Sehingga, Google tidak merekomendasikan konten atau blog Anda. Dengan riset keyword secara optimal, Anda akan tahu mana yang paling dicari oleh pengunjung.

Konten Tidak Berkualitas

Konten yang tidak berkualitas bisa menyebabkan kegagalan SEO. Biasanya, konten tersebut dibuat dengan asal-asalan tanpa konsep dan rancangan yang jelas. Artikel yang demikian sangat tidak disukai Google sehingga konten Anda tidak akan direkomendasikan.

Oleh karena itu, usahakan membuat konten berkualitas agar tidak hanya disarankan Google, namun juga untuk memudahkan pembaca dalam memahami informasi yang disajikan. Hal ini sangat penting karena tujuan utama dari sebuah blog atau website adalah berbagi informasi kepada pengguna.

Tidak Memanfaatkan Tools Google Webmaster

Beberapa blogger pemula sering mengabaikan penggunaan Google Webmaster Tools. Padahal, ini sangat penting untuk meningkatkan optimasi SEO. Fungsi dari tools gratis ini adalah untuk melihat bagaimana kualitas blog Anda di search engine.

Selain itu, blogger juga bisa menemukan kata kunci terpopuler di dalamnya, juga jumlah indeks halaman hingga adanya masalah atau error pada blog tersebut. Karena itu, gunakan tools ini agar blog Anda semakin berkualitas.

Mengabaikan Optimasi Judul

Optimasi judul dan deskripsi juga sering diabaikan dalam teknik SEO. Padahal, ini sangat mempengaruhi minat pengguna untuk membuka konten Anda. Sehingga, meskipun posisinya berada di halaman atas situs pencarian, tetap saja bisa sepi pengunjung karena judul dan meta deskripsi yang diabaikan.

Oleh karena itu, optimalkan judul dan meta deskripsi Anda agar bisa menarik perhatian pengguna.

Tidak Memakai Anchor Text yang Beragam

Penggunaan anchor text dari sebuah keyword secara berlebihan dapat berdampak kurang baik pada blog Anda. Bahkan, jika terlalu sering mempraktikkan hal ini, bisa jadi blog tersebut dianggap sebagai spam oleh Google.

Oleh karena itu, gunakan variasi keyword yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Ini akan lebih disarankan oleh algoritma Google.

Mengabaikan Internal Link

Kesalahan berikutnya dalam dunia SEO yang banyak dilakukan adalah mengabaikan internal link. Padahal, komponen ini sangat penting. Selain agar pengunjung bisa membaca konten blog lain yang relevan, hal itu juga memudahkan Google dalam menemukan postingan blog tersebut.

Dengan menerapkan internal link secara maksimal dan terstruktur, maka blog Anda akan semakin naik di peringkat teratas dan mendapatkan banyak pageview.

Terlalu Fokus pada Keyword Density

Seorang blogger pemula biasanya bertanya-tanya mengenai berapa persen sebaiknya keyword density diterapkan. Padahal itu tidak terlalu penting untuk teknik SEO. Justru yang paling baik adalah memikirkan bagaimana konten yang dibuat bisa senatural mungkin.

Karena biasanya, semakin memikirkan keyword density maka konten menjadi acak-acakan dan kurang human friendly. Yang penting adalah Anda memunculkan keyword terkait di dalam artikel. Idealnya, keyword dicantumkan di awal, tengah dan akhir.

Berlebihan dalam Menggunakan Underline, Italic dan Bold

Hal lain yang bisa menyebabkan kegagalan SEO adalah penggunaan underline, blog dan italic secara berlebihan. Tidak sedikit pemula yang menerapkan hal ini. Mereka tidak menyadari bahwa hal itu tidak efektif dilakukan.

Bahkan, tidak mempengaruhi rangking blog atau konten terkait di mesin pencari. Selain itu, pembaca juga akan cenderung merasa kurang nyaman karenanya. Oleh karena itu, gunakan underline dan sebagainya saat butuh saja.

Mengabaikan Loading Blog

Kecepatan loading blog juga sangat berpengaruh kepada keberhasilan SEO. Namun, hal ini kerap diabaikan oleh para blogger. Google sangat mengutamakan website atau blog dengan kecepatan loading yang tinggi. Sehingga, akan lebih mudah bagi situs tersebut untuk menempati posisi paling atas.

Cara mempercepat loading blog adalah dengan menghindari penggunaan aneka widget secara berlebih. Karena itu sebenarnya tidak begitu penting dalam sebuah blog. Bahkan menyebabkan blog terasa berat saat dibuka atau diakses.

Tidak Mengutamakan Mobile Friendly

Algoritma Google baru-baru ini lebih mengutamakan desain blog atau website yang mobile friendly. Sehingga, blog dengan tipe demikian akan lebih mudah menempati rangking atas di search engine. Hal itu disebabkan karena saat ini pengakses website atau blog dengan mobile lebih banyak.

Bahkan, dibandingkan dengan pengguna dari PC yang terbilang lebih rendah. Sehingga, usahakan desain website mudah dibuka di perangkat mobile.

Hanya Berfokus pada Backlink

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu hal terpenting dalam dunia SEO adalah backlink. Namun, beberapa orang terlalu fokus kepada faktor ini sehingga melupakan yang lain. Padahal, komponen lain juga tidak kalah penting.

Oleh karena itu, pastikan memikirkan semua komponen SEO secara seimbang. Mulai dari kualitas konten, sosial media, popularitas blog dan banyak lagi yang lainnya.

Hanya Mengutamakan Kuantitas Backlink

Beberapa orang terlalu terobsesi untuk mendapatkan backlink sebanyak mungkin, namun cenderung melupakan kualitasnya. Padahal hal ini justru bisa berdampak buruk pada SEO. Oleh karena itu, mulailah memikirkan untuk mengutamakan backlink berkualitas saja.

Caranya dengan mencari dari berbagai blog atau website yang relevan. Selain itu, utamakan situs yang sudah populer dan mempunyai otoritas di dunia SEO.

Sering Tukar Link

Selain berbagai kesalahan dalam dunia SEO yang kerap dilakukan di atas, kebiasaan tukar link juga termasuk kesalahan besar dalam teknik tersebut. Hal itu dikarenakan tukar link tidak akan menghasilkan backlink berkualitas. Sehingga, sangat tidak efektif untuk diterapkan.

Selain tidak efektif, kebiasaan tukar menukar backlink juga membahayakan blog atau website Anda. Google pun sangat membenci hal ini sehingga bisa menghalangi blog tersebut menduduki rangking pertama pada situs pencarian. Dampak buruknya, sebuah blog bisa terkena penalty Google.

Melakukan Pengecekan Skor SEO

Sebagian orang melakukan pengecekan skor SEO di tools tertentu, misalnya chkme.com. Namun, sebagian mengaku konten mereka tidak muncul di Google, padahal ketika dicek skornya telah 100%. Hal ini biasanya disebabkan karena yang bersangkutan tidak belajar SEO dari dasar.

Chkme.com hanya menggunakan beberapa indikator saja di dalam penilaian SEO. Sedangkan, di Google memiliki 200an lebih indikator untuk menentukan konten yang layak di halaman pertama dan teratas. Oleh karena itu, tools tersebut kurang efektif jika digunakan untuk penilaian skot SEO.

Terlalu Memikirkan Page Authority, Domain Authority, Alexa Rank dan Sebagainya

Kesalahan lain yang sering dilakukan dalam teknik SEO adalah terlalu percaya kepada Page Authority dan sebagainya dalam hal skor. Terlebih untuk Pagerank sebenarnya Google sudah tidak mengupdate lagi untuk saat ini. Sehingga, sama sekali tidak penting untuk dijadikan pertimbangan.

Dan sebenarnya, untuk melacak keberhasilan sebuah SEO, Anda hanya perlu melihat berapa jumlah pengunjungnya. Bukan melihat PA, DA dan sebagainya. Lihat pula berapa penghasilan adsense yang diperoleh atau jika itu adalah website produk, lihat berapa produk yang berhasil terjual.

Bergantung Pada SEO Saja

Untuk mencari pengunjung di website atau blog, sebaiknya jangan hanya bergantung kepada SEO saja. Karena itu akan kurang optimal. Ada beberapa cara lain yang perlu dilakukan agar hasilnya semakin sesuai harapan.

Di antaranya adalah dengan metode promosi yang dilakukan via media sosial, social bookmarking atau blogwalking. Ini tidak kalah penting untuk dilakukan setidaknya selama satu tahun pertama. Dengan strategi promosi, maka website akan semakin naik rangkingnya.

Ingin Hasil Instan dari SEO

Kesalahan terbesar bagi seseorang kaitannya dengan dunia SEO adalah menginginkan hasil instan. Padahal, SEO membutuhkan proses dan tahapan yang tidak sebentar. Tidak masalah meskipun dalam beberapa bulan website Anda belum bersaing di search engine.

Meski demikian, blogger harus tetap konsisten dalam menerapkan teknik SEO. Khususnya dalam hal update konten secara rutin.

Tidak Belajar kepada Ahlinya

Belajar SEO secara otodidak boleh-boleh saja. Namun, itu bisa membuat Anda kurang maksimal dalam menerapkan ilmu ini. Bahkan, itu bisa menimbulkan kesalahan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika belajar langsung kepada orang yang sudah ahli dan berpengalaman.

Cara Menentukan Niche Blog / Website Sesuai Standar SEO

Setiap orang memiliki maksud dan tujuan tersendiri saat membuat website. Ada yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu. Ada pula yang hanya ingin menjadi blogger namun belum tahu akan mengangkat tema apa. Tema atau topik yang diangkat di dalam blog itulah yang dinamakan niche.

Sebagai contoh, Anda adalah orang yang bergerak di bidang bisnis mainan anak. Maka, niche blog atau website yang akan dibuat tentu saja berhubungan dengan mainan anak. Penentuan niche tersebut sangat penting karena berpengaruh terhadap SEO dan optimasi website nantinya. Oleh karena itu, usahakan memilih niche yang tepat agar proses ke depannya semakin mudah.

Berikut adalah beberapa tips atau cara mudah menentukan niche blog sesuai dengan standar SEO umum:

Pilih Niche yang Anda Sukai

Sebenarnya tidak perlu bingung-bingung menentukan niche blog atau website. Cukup pilih topik yang paling Anda suka. Ini akan lebih mudah dan sederhana. Misalnya, Anda adalah penyuka berbagai jenis olah raga, seperti sepak bola, voly dan sebagainya. Maka, niche yang tepat adalah tentang olahraga.

Perlu dipahami bahwa niche website yang sesuai dengan kesukaan akan lebih memudahkan Anda dalam membuat konten. Selain itu, ini juga efektif untuk menghindari konten yang abal-abal dan kurang berkualitas. Bahkan, jika dijalani dengan penuh suka cita, Anda bisa menghasilkan website berkualitas seperti menjalankan hobi alias tidak merasa ada beban.

Pilih Topik yang Anda Kuasai

Masih berkaitan dengan yang sebelumnya. Selain memilih niche yang disukai, Anda juga bisa memilih topik yang paling dikuasai. Akan lebih baik lagi jika terdapat dua-duanya. Hal itu akan menjamin konten yang dihasilkan lebih maksimal dan berkualitas.

Anda pun bisa bersaing dengan website-website lain dengan niche yang serupa. Jika Anda kebetulan menguasai bidang penulisan, maka niche tentang dunia menulis dan hal-hal yang berkaitan dengannya adalah pilihan tepat.

Pilih Tema yang Saat Ini sedang Trend

Salah satu trik memilih niche agar website Anda cepat laku dan banyak visitor adalah pastikan topik yang diangkat sedang trend. Biasanya, topik yang banyak dibicarakan banyak dicari-cari pengunjung. Tidak hanya itu, topik yang sedang trend tersebut juga akan menjadi dorongan tersendiri agar lebih semangat membuat konten menarik.

Meski demikian, jangan sampai terlalu berambisi memilih topik yang sedang trend, namun ternyata itu hanya trend sesaat. Topik yang hanya trend sesaat akan membuat website Anda tidak laku di kemudian hari. Adapun contoh topik yang sedang trend dan akan selalu trend adalah desain. Misalnya desain rumah minimalis, desain hotel dan lain sebagainya yang banyak dicari pengunjung.

Ketika sudah menemukan topik yang saat ini trend, pastikan membuat riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Apakah topik itu kemungkinan trend dalam waktu yang lama atau hanya sebentar saja. Dan jangan khawatir karena kini sudah ada tools khusus yang bisa menilai grafik sebuah topik, yaitu Google Trends.

Dengan tools tersebut, akan dapat diprediksi apakah sebuah topik akan trend dalam jangka waktu singkat atau lama. Namun, jika kebetulan Anda tidak minat dengan trend yang ada sebaiknya tetap memilih niche yang sesuai minat dan keahlian.

Pahami Potensi Niche Tersebut dalam Dunia Bisnis

Kebanyakan orang sengaja membangun website untuk mendapatkan keuntungan. Namun, tidak semua topik bisa meraup keuntungan tersebut. Oleh karena itu, pertimbangkan terlebih dahulu niche yang Anda pilih dan usahakan bisa prospek dalam hal bisnis.

Di antara indikator yang bisa dijadikan acuan adalah topik yang bisa bermanfaat untuk banyak orang. Dengan kata lain, topik tersebut membantu banyak orang dalam menyelesaikan masalahnya. Selanjutnya, akan lebih baik lagi jika ada jasa, kegiatan atau produk yang bisa dihubungkan dengan topik tersebut.

Pastikan Nichenya Relevan dengan Bisnis

Tips ini ditujukan untuk Anda yang sudah memiliki bisnis tertentu. Jika ingin membuat website, pastikan website tersebut memiliki niche sejalan dengan bisnis yang ada. Misalnya Anda memiliki bisnis wedding organizer. Maka, niche yang paling tepat untuk diletakkan di website adalah seputar pernikahan.

Membuat wesbsite sesuai dengan bisnis yang dimiliki akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis tersebut. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan reputasi dan kesan profesional terhadap bisnis yang Anda jalani. Dan jika kebetulan banyak pengunjung yang tertarik, tidak menutup kemungkinan website tersebut menduduki posisi utama di pencarian sehingga menghasilkan banyak uang.

Tips Mudah Memilih Jasa SEO Profesional dan Terpercaya

Tidak semua orang memiliki waktu luang untuk mempelajari ilmu SEO yang sangat rumit dan luas itu. Namun, mereka tetap ingin memiliki blog atau website, baik untuk bisnis atau sekedar nge-blog. Karena alasan tersebut, saat ini sudah banyak bermunculan jasa SEO yang siap melayani Anda.

Karena prosesnya yang cukup panjang, memilih jasa SEO tidak bisa sembarangan. Terlebih, tidak semua jasa menawarkan kualitas terbaiknya. Oleh karena itu, pertimbangkan beberapa hal sebelum memilih jasa. Berikut beberapa tips mudahnya:

Pastikan Reputasinya Baik

Hal utama yang harus dipertimbangkan adalah reputasi pemilik jasa SEO. Sebelum menggunakan jasanya, pastikan terlebih dahulu bahwa reputasinya baik. Akan lebih baik lagi jika jasa tersebut telah memiliki pestasi yang gemilang. Karena dengan demikian, ia akan mampu membawa website Anda berstandar SEO.

Selain itu, dengan reputasi yang baik Anda akan dapat terhindar dari penipuan yang saat ini sedang marak dilakukan. Adapun untuk melihat reputasi sebuah jasa, Anda bisa mencarinya di ulasan-ulasan atau penilaian pengguna sebelumnya.

Lihat Performa Website Penyedia Jasa SEO Terkait

Setelah mengetahui reputasi sebuah jasa SEO, jangan lupa untuk mengecek kualitas websitenya. Utamakan jasa SEO yang websitenya benar-benar kredibel dan berkualitas. Hindari jasa yang masih terlalu baru dengan website yang masih berat digunakan.

Penyedia jasa SEO yang memiliki website premium akan melayani pesanan Anda dengan sangat baik. Bahkan, membawa konten Anda kepada rangking teratas di situs pencarian Google.

Profil Serta Kontak Jasa Harus Terpercaya

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa, pastikan terlebih dahulu jasa tersebut menyertakan profil dan kontak terpercaya. Dengan data yang valid, Anda tidak akan ragu dengan pelayanan dan kualitasnya. Juga tidak akan takut menjadi korban penipuan dan sebagainya.

Kontak dan data yang valid menjadi petunjuk bahwa jasa yang bergerak di bidang SEO tersebut benar-benar serius menjalankan bisnisnya.

Pertimbangkan Harga

Harga akan menjadi pertimbangan utama bagi setiap pengguna jasa, termasuk jasa SEO. Setiap jasa menawarkan harga yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Sehingga, Anda sebagai pengguna jasa harus benar-benar selektif menentukan harga. Apalagi jika statusnya masih pemula dalam membangun website.

Pastikan memilih harga yang standar, tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Harga yang terlalu tinggi bisa jadi akan menyulitkan Anda. Sementara yang terlalu rendah mungkin saja kualitasnya tidak seperti yang dibayangkan. Terlepas dari itu, akan lebih baik jika memilih harga yang sesuai dengan kemampuan serta isi kantong.

Lihat Testimoni Pelanggan Sebelumnya

Dengan melihat testimoni dari pelanggan sebelumnya, Anda akan bisa mendapatkan jasa SEO terbaik. Pelanggan tentu akan memberikan penilaian valid atas sebuah jasa. Jika jasa tersebut baik, maka akan dinilai baik, begitupun sebaliknya.

Namun, beberapa jasa yang kurang terpercaya terkadang menggunakan testimoni palsu untuk jasa SEO tersebut. Karena itu, Anda tidak boleh percaya begitu saja. Untuk lebih meyakinkan, bertanyalah secara langsung kepada orang yang bersangkutan. Biasanya, mereka akan menjawab secara jujur.

Semua ulasan tentang SEO di atas adalah hal-hal mendasar dan umum hingga khusus yang penting untuk dipahami, khususnya bagi seorang pemula. Namun, alangkah lebih baiknya jika ilmu SEO tidak hanya sebatas dipelajari teorinya, tapi juga dipraktikkan agar benar-benar bermanfaat dan memberikan keuntungan bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *