Jenis, Ukuran, Bentuk Atap Baja Ringan (Kontruksi)

12Apr, 2020

Kontruksi yaitu sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membangun sarana atau prasarana dan istilah populer untuk kontruksi adalah bangunan. Suatu kontruksi pasti di bangun pada sebuah area dan besaran area yang dibutuhkan tergantung kebutuhan bangunan.

Kontruksi juga sering diartikan sebagai keseluruhan bagian yang masuk dalam struktur suatu bangunan dan kontruksi biasanya membutuhkan berbagai komponen pendukung. Ada beberapa kontruksi yang sangat populer seperti kontruksi rumah, kontruksi jalan raya, kontruksi jembatan dan kontruksi kapal.

Untuk membuat suatu kontruksi, tentu harus direncanakan dengan matang dan sebuah kegiatan kontruksi besar, biasanya melibatkan beberapa pihak. Kontruksi besar biasanya melibatkan pihak pembuat desain, arsitek, mandor bahkan manager proyek.

Baca Juga: Harga Baja Ringan

Mandor proyek adalah orang yang langsung mengawasi kegiatan di lapangan dan mandor proyek akan berhubungan langsung dengan pembuat banguan. Dalam suatu proyek, tentu ada beberapa kegiatan yang dilakukan.

Semua orang pasti ingin memiliki rumah impian, tentu dengan desain yang bagus. Jaman dulu kebanyakan rumah menggunakan kayu dengan genteng tanah liat untuk atapnya, namun kini ada terrobosan baru yang modern dengan menggunakan baja ringan.

Desain bangunan dengan baja ringan tentu lebih simpel, karena tidak memerlukan banyak paku. Rumah dengan atap baja ringan, tentu terlihat lebih modern dan proses pengerjaan bisa cepat. Kini pengguna baja ringan tidak hanya di kota-kota besar saja, karena penyebaran baja ringan sudah sangat meluas.

Pengertian Baja Ringan

Baja ringan adalah suatu produk yang terbuat dari bahan dasar baja dan sifat dasar baja ringan sangatlah kaku, jadi sangat kuat untuk menopang beban berat. Dalam suatu kontruksi, peran baja ringan untuk menggantikan kayu dan baja ringan juga memiliki magnet yang sangat menguntungkan.

Dengan hadirnya baja ringan, tentu bisa mengurangi pemakaian kayu dan bisa menekan jumlah penebangan pohon. Rangka atap yang menggunakan baja ringan akan memiliki massa yang ringan dan lebih tipis, namun kuat dalam menopang beban.

Jenis Baja Ringan

Jenis Baja Ringan

Baja Ringan Kaso atau Trus

Kaso atau trus adalah jenis baja ringan yang sangat cocok untuk kaki utama suatu kontruksi sepakai untuk tiang utama. Trus memiliki 2 profil yaitu W dengan C dan pembedanya hanya dari ukuran, karena profil W lebih besar dari C.

Pemakaian kaso bisa disesuaikan dengan kebutuhan, jadi tidak akan terlalu banyak terbuang dan daya tahan trus bisa sampai puluhan tahun. Dengan menggunakan trus tentu lebih simpel, karena tidak perlu proses yang panjang dan proses pengerjaan konstruksi bisa lebih cepat selesai.

Baja Ringan Reng atau Profil B

Reng biasanya dipakai untuk penahan genteng dan reng biasanya menggunakan bahan dasar bambu. Proses pengolahan reng tentu memakan waktu yang lama dan reng yang bagus biasanya direndam terlebih dahulu dalam air, agar reng tahan lama.

Kini dengan adanya profil B, proses pembuatan bangunan menjadi sangat singkat dan meskipun dimensi reng baja ringan lebih tipis dari reng, namun daya tahannya sangatlah kuat. Jenis baja ringan ini memiliki bentuk yang menyerupai trapesium dan bentuknya yang tipis, akan membuat tampilan bangunan menjadi lebih keren.

Baja Ringan Taso

Taso adalah jenis baja ringan yang bentuk bidang menyerupai huruf A dan nampak luarnya menyerupai balok berukuran kecil yang berguna untuk mengikat profil B. Untuk menyusun sebuah rangkaian atap kokoh, tentu membutuhkan taso dan ukuran taso yang tipis, bisa menghasilkan desain bangunan yang modern.

Taso juga biasanya dipakai untuk memperkuat atau mengikat kuda-kuda dan taso juga bisa memperkuat kondisi gording, agar bisa meletakan permukaan atap dengan baik.

Ukuran Baja Ringan

 

Secara umum ukuran baja ringan memang bervariasi, tergantung dari jenis dan tingkat ketebalannya. Baja ringan memang tidaklah berat, namun daya tahannya bisa bertahun-tahun. Trus atau kaso biasanya memiliki dimensi ketebalan sekitar 0,75 sampai 1,00 mm.

Reng atau profil B biasanya memiliki ketebalan sekitar 0,40 sampai 0,60 mm dan dimensi taso sekitar 31 sampai 100 mm. Pada dasarnya bentuk & ukuran baja ringan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, jadi penggunaan baja ringan sangatlah efektif.

Baja Ringan C / Canal

Ukuran Baja Ringan C Canal

Baja Ringan Reng

Ukuran Baja Ringan Reng

Baja Ringan Taso

Ukuran Baja Ringan Taso

 

Kelebihan Atap Baja Ringan

Kelebihan Atap Baja Ringan

Tegangan Tarik Tinggi

Baja ringan memiliki kekuatan tegangan tarik yang sangat tinggi yaitu sekitar 550 Mpa dan tegangan baja ringan lebih kuat dibanding baja konvensional. Atap baja ringan bersifat sangat lentur, hal ini membuat baja ringan bisa menyerap energi matahari dalam jumlah yang besar.

Baja ringan tidak akan hancur, apabila terkena cahaya matahari yang berlebihan. Berbeda dengan kayu yang akan hancur, saat terkena sinar matahari dan ukuran atap baja ringan sangatlah minimalis, jadi sangat terlihat kekinian.

Cara Pasang Mudah

Pemakaian baja ringan bisa membuat proses pembangunan menjadi lebih cepat dan biaya pengerjaan bisa sangat singkat. Atap baja ringan memiliki sifat material yang ringan dan sistem penyambungan atap baja ringan terbilang simpel.

Untuk melakukan proses penyambungan atap baja ringan membutuhkan baut, skrup, keling dan mesin las. Sistem sambungan baja ringan akan mudah untuk dirangkai dengan komponen lain seperti kayu ataupun beton dan atap baja ringan juga bisa dibentuk menjadi beberapa model atap.

Bentuk Rangka Atap Bervariasi

Secara umum rangka atap baja ringan bisa disesuaikan dengan model atap yang diinginkan, namun pembentukannya harus disesuaikan dengan berat beban yang ditumpu dan semakin rapat rangka atap baja ringan, maka akan semakin kuat.

Jarak maskimal pemasangan rangka atap baja ringan yaitu 150 cm dan atap baja ringan tidak akan mudah dimakan rayap, jadi bisa bertahan dalam waktu lama. Untuk melakukan proses pemasangan, tentu harus menggunakan tenaga profesional dan terlatih, agar pemasangan bisa dilakukan dengan tepat.

Anti Karat

Rayap adalah hewan kecil yang sangat merusak bangunan dan kayu menjadi sasaran untuk dihabiskan serangan rayap. Dengan menggunakan atap baja ringan, maka atap akan terbebas dari serangan rayap dan atap baja ringan juga memiliki sifat anti karat, karena kualitas material logamnya berkualitas.

Dengan atap baja ringan, maka proses finishing tidak perlu dilakukan berkala dan atap baja ringan juga tahan terhadap hujan yang deras. Air hujan akan dialirkan dengan baik, jadi tidak akan membuat struktur atap baja ringan keropos.

Tahan Jangka Panjang

Baja ringan yang terbuat dari logam berkualitas, akan berdampak terhadap ketahanan dan atap baja ringan tidak akan mudah lapuk atau rusak. Perubahan cuaca yang ekstrim tidak akan membuat baja ringan rusak dan baja ringan juga memiliki desain yang keren, jadi terlihat sangat modern.

Untuk bisa menggunakan baja ringan dalam waktu yang lama, sebaiknya pilihlah baja ringan yang tidak terlalu ringan. Kini penjual baja ringan sudah tersebar diseluruh Indonesia, jadi sudah sangat mudah mendapatkannya dan harga baja ringan terbilang sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Material Bisa di Olah Kembali

Ketika selesai menggunakan atap baja ringan, tentu rangka akan dibongkar dan material bajanya masih bisa diolah kembali. Proses daur ulang baja ringan tentu sangat menguntungkan, karena tidak akan berdampak bagi kerusakan lingkungan dan baja ringan diolah tidak akan menimbulkan sampah yang berlimpah.

Pemakaian baja ringan juga memperkecil rasio kegundulan hutan, karena pengguna kayu menyusut. Material baja yang bisa diolah menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki baja ringan, jika dibandingkan dengan kayu.

Rangka Atap Fleksibel

Jaman dulu untuk menutup bagian atap bangunan, pasti memakai genteng dan jaman sekarang bisa memakai baja ringan. Atap baja ringan memiliki sifat yang fleksibel, karena bisa dipasang dengan berbagai jenis penutup dan sifatnya sangat bertolak belakang dengan genteng yang sangat kaku.

Dulunya baja ringan banyak dipakai untuk bangunan pabrik, namun kini banyak juga dipakai untuk membuat rumah pribadi dan jumlah penyuka atap baja ringan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Tips Untuk Memilih Baja Ringan

Tips Memilih Baja Ringan

Sesuai Model Atap

Atap menjadi elemen yang sangat vital untuk melindungi sebuah bangunan dari teriknya panas matahari dan derasnya hujan. Untuk pemasangan atap, tentu akan dipadukan dengan kontruksi rangka penopang. Sebelum menentukan baja ringan sebagai rangka, sebaiknya sesuaikan dulu dengan variasi model yang dibutuhkan dan pembentukan rangka atap harus disesuaikan dengan beban.

Apabila rangka kontruksi bangunan menggunakan baja ringan, sebaiknya gunakan pula atap baja ringan supaya beratnya ideal dan tidak akan membahayakan keselamatan.

Cek Kualitas

Untuk menentukan kualitas baja ringan yang paling sederhana adalah melihat tegangan tarikannya dan dengan minimal tegangan tarikan 550 Mpa, maka kondisi bangunan akan kokoh untuk menopang beban atap.

Dalam bidang baja ringan dikenal dengan istilah SAE grade yang dipakai untuk patokan kualitas dan baja ringan yang kualitasnya paling bagus memiliki SAE grade 980. Nilai SAE grade dilihat dari kecil sampai besar, semakin besar nilainya maka semakin bagus kualitas baja ringannya dalam menahan tegangan tarikan.

Tips untuk menentukan baja ringan juga bisa dilakukan dengan melihat lapisan anti korosi yang dipakai dan ada 2 lapisan anti korosi yang populer yaitu lapisan galvanis dengan lapisan galvalum. Baja ringan dengan lapisan galvalis biasanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Kelebihan baja ringan galvalis adalah bisa tahan dengan berbagai campuran semen, namun tidak tahan lama terhadap air garam. Sedangkan baja ringan dengan lapisan galvalum memiliki kekuatan dalam menahan zat korosif, namun tidak kuat terhadap campuran semen dan penggunaannya kebanyakan di daerah pesisir pantai.

Lihat Sistem Penguat

Secara umum baja ringan memang memiliki bentuk yang tipis, jika dibandingkan dengan baja konvensional dan baja ringan sangatlah ringan untuk diangkat, hal ini membuat baja ringan lebih fleksibel untuk pembentukan rangka atap suatu bangunan.

Proses pemasangan harus dilakukan dengan tepat, agar terhindar dari resiko melengkung dan baja ringan yang salah dipasang juga bisa berakibat atap roboh. Jumlah penyangga atau bracing harus disesuaikan dengan kebutuhan bangunan, agar kondisi bangunan bisa berdiri kokoh dalam waktu yang lama.

Pilih Baja Ringan Hasil Potong Pihak Pabrik

Baja ringan pre-fabrikasi adalah baja ringan yang sudah di potong langsung oleh pihak pabrik pembuat dan pemotongan dilakukan dengan peralatan memadai. Penggunaan baja ringan hasil pemotongan pabrik, tentu sangat menguntungkan untuk para tukang.

Waktu pengerjaan bangunan akan lebih efisien, karena pengukuran bisa dilakukan dengan tepat. Baja ringan hasil pemotongan pihak pabrik dijamin rapi, karena pengukuran dan alat potongnya cangih, tak akan menimbulkan gerigidi bagian ujung pemotongan.

Garansi

Untuk menentukan baja ringan juga bisa dilihat dari garansi dan baja juga bisa dilihat dari keterangan mengenai pengujian kualitas dalam uji coba. Garansi memang penting, karena garansi tidak hanya diperlukan dalam proses pemakaian dan instalasi, namun diperlukan sebagai penanda profesionalitas suatu pabrik dalam menciptakan baja ringan.

Rumah dengan kontruksi baja ringan memang terlihat sangat mewah, apabila dipadukan dengan desain rumah yang keren.

Keuntungan Memakai Baja Ringan Galvalum

Baja Ringan Galvalum

Hemat Biaya

Atap galvalum adalah jenis material baja ringan yang sedang populer di kalangan masyarakat, karena memiliki kualitas yang baik dan harganya sangat terjangkau. Dengan memakai atap dengan lapisan galvalum, maka atap bisa bertahan dalam waktu yang lama dan tidak mengharuskan penggantian rangka atap secara berkala.

Atap galvalum memang tidak akan terserang oleh kawanan rayap, jadi sangat rekomended untuk dipakai dan atap galvalum bisa dipakai untuk berbagai kawasan, kecuali di pinggiran pantai.

Kuat

Untuk membuat bangunan dengan rangka kayu, tentu harus memilih jenis kayu yang berkualitas dan kayu jati menjadi jenis yang paling bagus, namun harganya sangatlah tinggi.

Dengan memakain baja ringan, maka rangka atap akan terbebas dari serangan rayap dan berbagai hewan kecil akan merasa tidak nyaman dalam rangka baja ringan, karena tidak mudah lembap seperti kayu. Atap galvalum yang tahan rayap, menjadi salah satu keunggulan yang sangat menguntungkan penggunanya.

Pemasangan Cepat

Rangka bangunan kayu, tentu membutuhkan berbagai proses sampai pemasangan dan waktu pengerjaan menjadi lebih lama. Dengan atap galvalum, pembangunan rumah bisa berjalan dalam waktu singkat dan biaya pengeluaran menjadi lebih hewat, karena pembayaran pekerja lebih efisien.

Untuk membuat rumah minimalis bisa dikerjakan dengan waktu 1 minggu, asalkan semua komponennya menggunakan baja ringan.

Atap Ringan

Pemakaian genteng memang sudah berlangsung sejak dulu, namun penggunaan genteng memiliki resiko yang lumayan besar dan berat beban rangka lumayan besar.

Atap baja ringan dengan lapisan galvalum memiliki bobot yang sangat ringan, jadi sangat aman dipakai dan atap baja ringan juga mudah untuk dipindah-pindah, jadi cara pengerjaan menjadi lebih menguntungkan.

Pemasangan Harus Dengan Ahlinya

Sumber daya manusia yang bisa memasang atap baja ringan galvalum di Indonesia sangatlah terbatas, karena detail pengerjaan terbilang lumayan rumit dan perlu ketelitian yang sangat tinggi. Dengan menggunakan tenaga ahli, maka waktu pengerjaan lebih cepat dan pengerjaan lebih rapih.

Cepat Panas

Untuk kawasan yang bersuhu dingin, tentu sangat menguntungkan memakai atap baja ringan galvalum. Cahaya matahari yang mudah masuk, akan membuat kondisi rumah menjadi hangat dan penyerapan panas dilakukan dengan waktu singkat, sangat berbeda jauh dengan kayu yang memerlukan waktu penyerapan lama.

Baca Juga: Kontraktor Bangunan

Bahkan kayu yang terlalu sering terkena hujan, akan mudah sekali lembap dan atap baja ringan galvalum yang sering terkena hujan, akan mudah mengering dengan sendirinya.

Demikian ulasan lengkap mengenai baja ringan dan semoga semua pembahasan yang diberikan menghasilkan manfaat untuk para pembacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *