Biaya Pasang Listrik Baru PLN

Secara umum, listrik diartikan sebagai suatu daya yang muncul karena adanya suatu gesekan atau dikarenakan sebab lain dari suatu proses kimia. Listrik adalah salah satu hal terpenting yang dihasilkan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia dan telah menjadi bagian dari kehidupan modern. Hampir semua aspek kehidupan kita membutuhkan bantuan listrik untuk bisa bekerja dengan baik.

Manfaat Listrik

Manfaat Listrik

Listrik memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari kebutuhan rumah tangga seperti kipas angin, AC, mesin cuci, lampu, microwave, sampai untuk kebutuhan perkantoran dan juga industri besar seperti mesin di pabrik.

Baca Juga: Cara Dapat Listrik Gratis Dari Pemerintah

Apakah Anda pernah membayangkan apa jadinya bila tidak ada listrik di muka bumi ini? Kehidupan pastilah akan kacau balau. Terbayang bukan betapa gelapnya jalanan di malam hari jika tak ada penerangan? Belum lagi rumah sakit akan sulit beroperasi jika tak dibantu oleh tenaga listrik.

Hal-hal tadi hanyalah sedikit gambaran pentingnya listrik bagi kehidupan kita, terutama bila kita tinggal di kota besar. Oleh sebab itu, jika Anda baru memiliki rumah, sebaiknya hal pertama yang Anda urus adalah pemasangan listrik agar kehidupan di rumah bisa berjalan dengan baik.

Cara Pasang Listrik Baru PLN

Biaya Pasang Listrik Baru PLN

Di Indonesia, listrik diatur dan dikelola oleh PLN. Bila Anda ingin memasang listrik baru untuk kebutuhan rumah tangga, Anda tinggal mengajukan permohonannya ke pasang baru PLN.

Ada 2 jenis listrik yang ditawarkan oleh PLN, yaitu :

  1. Listrik Prabayar
  2. Listrik Pascabayar

Dengan sistem prabayar, pemilik rumah membeli kuota energi listrik dalam satuan kWh dalam bentuk voucher. Caranya seperti membeli voucher pulsa ponsel prabayar, di mana pada voucher tersebut terdapat nomor kode.

Nomor kode ini kemudian di-input melalui bargainser yang menempel pada meteran listrik di rumah. Setelah kode dimasukkan, listrik akan mengalir hingga kuota energi tercapai.

Sebelum habis, meteran listrik akan mengeluarkan bunyi peringatan sehingga pemilik rumah harus membeli kembali energi listrik. Jika pemilik rumah tidak segera mengisi, maka aliran listrik akan terputus.

Sebelum menggunakan sistem prabayar, perumahan di Indonesia menerapkan sistem pascabayar, di mana penghuni akan menerima tagihan listrik pada akhir bulan, sesuai energi yang dipakai.

Dengan sistem prabayar, penghuni rumah bisa mengetahui besarnya pemakaian dan mengatur sendiri kebutuhannya.

Kelebihan yang dimiliki listrik pascabayar ini adalah ketersediaan listrik yang tidak terbatas setiap bulan.

Namun kelemahannya, Anda bisa terlena dalam menggunakan listrik sehingga tagihan pada akhir bulan membengkak.

Listrik prabayar memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan pascabayar. Pengguna tak perlu lagi antre panjang untuk membayar tagihan listrik perbulan. Cukup beli token listrik di minimarket atau agen terdekat, Anda sudah bisa menggunakan listrik prabayar.

Selain itu, listrik prabayar juga lebih ramah di kantung karena Anda bisa menyesuaikan pemakaian listrik. Listrik prabayar juga biasa disebut dengan listrik pintar. Dimana penghuni dapat mengendalikan pemakaian listrik sendiri. Alat bergainser pun tidak lagi berbentuk analog, melainkan digital yang dapat Anda gunakan untuk memasukan kode pengisian listrik.

Sistemnya dibuat seperti membeli pulsa prabayar telepon genggam agar dapat memudahkan Anda. Kelebihan lain dari listrik prabayar ini, Anda tidak perlu khawatir akan biaya keterlambatan yang menghantui.

Kemudian, Anda tidak perlu cemas terkait harga voucher stroom (listrik pintar). Sebab harga bervariasi sesuai dengan kamampuan dan kebutuhan Anda (daya listrik Anda). Mulai dari Rp20.000 – Rp2 juta.

Lalu, apabila ada kenaikan Tarif Daya Listrik (TDL), pada listrik prabayar tidak akan berpengaruh. Maksudnya, kWh yang telah masuk ke meter prabayar tidak ikut naik.

Meskipun begitu, listrik prabayar juga memiliki kelemahan. Misalnya saja bila Anda tak memantau penggunaan listriknya, Anda tak ada sadar bila listrik sudah mau habis. Akibatnya, saat tengah malam listrik tiba-tiba bisa mati dan Anda akan mengalami kesulitan untuk melakukan isi ulang dan harus menunggu sampai pagi.

Di rumah-rumah baru umumnya telah terpasang sambungan listrik prabayar dari PLN. Sedangkan untuk rumah lama yang ingin beralih menggunakan listrik prabayar bisa memasang sambungan listrik baru yang sudah disediakan oleh PLN. Ada tiga cara untuk mengajukan pemasangan sambungan listrik baru yakni dengan datang langsung ke kantor PLN pasang baru, via telepon, atau via online.

Cara Pasang Listrik Baru Datang Langsung

Berikut cara pasang sambungan listrik baru dengan datang langsung:

  • Datang ke kantor PLN terdekat. Bawa dokumen persyaratan berupa fotokopi kartu identitas seperti KTP atau SIM, membawa denah atau peta lokasi rumah untuk memudahkan tim survei lapangan, dan surat kuasa apabila pengurusan diwakilkan orang lain.
  • Langkah selanjutnya adalah menunggu tim PLN datang ke rumah untuk melakukan survei. Tim dari PLN akan mengukur jarak tiang listrik dan pemeriksaan teknis lainnya.
  • Setelah survei lapangan selsesai, Anda harus membayar proses administrasi dengan datang langsung ke kantor PLN. Siapkan uang lebih untuk membeli token agar listrik Anda segera bisa dinyalakan. Biaya token listrik minimal Rp5.000.
  • Tahapan terakhir adalah menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) yang disediakan oleh pihak PLN.
  • PLN akan memasang sambungan listrik baru di rumah Anda setelah surat perjanjian ditandatangani.

Cara Pasang Listrik Baru Via Telfon

Berikut cara pasang sambungan listrik baru via telepon:

  • Hubungi Call Center PLN di nomor 123. Sampaikan permintaan memasang sambungan baru di rumah Anda.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi berkas-berkas administrasi seperti kartu identitas dan peta rumah Anda.
  • Tim dari PLN akan melakukan survei untuk mengukur jarak tiang listrik, jarak trafo, dan hal teknis lainnya.
  • Anda akan diminta untuk membayar sambungan listrik baru di kantor PLN atau melalui bank yang telah ditentukan.
  • Setelah membayar, Anda juga diharuskan menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).
  • PLN akan memasang sambungan listrik baru yang terhubung ke rumah Anda.

Cara Pasang Listrik Baru Via Online

Berikut cara pasang listrik baru via online:

  • Kunjungi laman pln.co.id lewat browser di ponsel atau komputer.
  • Setelah masuk ke situs PLN, klik pada menu Pasang Sambungan.
  • Selanjutnya akan muncul halaman Syarat dan Ketentuan Pasang Baru. Gulirkan hingga ke bawah, klik Setuju setelah membaca semua tulisan.
  • Anda akan diminta mengisi formulir dengan data yang benar dan sesuai dengan kartu identitas Anda.
  • Bagian selanjutnya adalah mengisi Data Pemohon, klik pada kolom Copy Data Pelanggan agar data bisa terisi otomatis.
  • Langkah berikutnya setelah mengisi data adalah menekan menu Hitung Biaya. Di situ akan tertera berapa nominal yang harus Anda bayar untuk membuat sambungan baru.
  • Anda bisa membayar tagihan tersebut langsung di kantor PLN atau melalui ATM.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat bagan pendaftaran PLN online di bawah ini:

Alur Pasang Listrik Baru PLN

  1. Calon pelanggan mengajukan permohonan pemasangan baru dengan mengakses web PB/PD online
  2. Calon pelanggan menerima email konfirmasi yang berisi kode konfirmasi
  3. Calon pelanggan menginputkan kode konfirmasi pada web PB/PD online
  4. Penginputan kode konfirmasi. Apabila valid, maka permohonan diterima dan bisa berlanjut ke proses selanjutnya. Apabila ditolak, maka kembali ke proses nomor 3.
  5. Calon pelanggan akan menerima email berupa Surat Izin Penyambungan (SIP) yang berisi No. Agenda dan No. Registrasi (untuk pembayaran)
  6. Calon pelanggan melakukan pembayaran di Bank/ATM/Loket dengan menggunakan No. Registrasi
  7. Apabila pelunasan belum masuk, maka pelanggan dapat menghubungi unit setempat/call center 123. Sedangkan apabia pelunasan sudah masuk, maka pelanggan dapat melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL)
  8. Pemasangan meteran oleh petugas setelah menerima PK dan BA

Pengolahan data langganan oleh petugas bahwa pemasangan telah selesai dilakukan.

Biaya Pasang Sambungan Baru PLN

Biaya pasang sambungan baru PLN

Menurut peraturan yang berlaku, ada beberapa jenis biaya yang harus dibayarkan untuk memasang sambungan baru PLN yakni Biaya Guna Penyambungan (BP), Uang Jaminan Langganan (UJL), Biaya Materai, dan token listrik perdana minimal Rp5.000.

Ilustrasi Simulasi Biaya Pasang Listrik Baru PLN

Untuk mempermudah penghitungan biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat saat ingin memasang listrik di rumah, PLN menghadirkan simulasi perhitungan biaya pasang listrik baru yang dapat diakses di website PLN, dengan link berikut ini : https://web.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/simulasi-pasang-baru

Sebagai contoh, bila Anda bermaksud untuk memasang listrik prabayar di rumah Anda dengan daya sebesar 900 watt, maka perhitungan biaya pasang listrik adalah sebagai berikut:

SIMULASI PASANG BARU

Peruntukan : RUMAH TANGGA
Daya : 900
Detil Biaya :
a. Rupiah Biaya Penyambungan : Rp 843.000
b. Rupiah Beli Token Perdana : Rp 20.000
b1. Pajak Penerangan Jalan (3 % x b3) : Rp 583
b2. PPn (0 % x b3) : Rp 0
b3. Rupiah Token Dikonversi ke kWh (Token Perdana/(1+ %ppj + %ppn)) : Rp 19.417
c. Materai : Rp 3.000
Estimasi total biaya yang harus dibayar : Rp 866.000

Estimasi total biaya yang harus dibayar berikut dengan pajak dan materai serta pembelian token perdana adalah Rp 866.000. Tentu jumlah ini bisa berubah, tergantung besarnya token perdana yang akan Anda beli. Semakin besar jumlahnya berarti estimasi total biaya pemasangan pun akan semakin bertambah.

Sedangkan untuk biaya pasang listrik Pascabayar, perhitungannya adalah sebagai berikut:

SIMULASI PASANG BARU

Peruntukan : RUMAH TANGGA
Daya : 900
Detil Biaya :
a. Rupiah Biaya Penyambungan (Setelah Diskon 50%) : Rp 421.500
b. Rupiah Jaminan Langganan (900 x 72) : Rp 64.800
c. Materai : Rp 3.000
Estimasi total biaya yang harus dibayar : Rp 489.300

Dengan simulasi perhitungan estimasi total biaya yang harus dibayar seperti ini pastinya akan sangat memudahkan Anda untuk mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan saat akan memasang listrik baru.

Cara Penggunaan Listrik Agar Tidak Boros

Apapun jenis listrik yang nantinya akan Anda gunakan, sebaiknya tetap Anda pikirkan juga bagaimana cara agar penggunaan listrik di rumah Anda tidak boros. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Mencabut Kabel Saat Tidak Digunakan

Apabila Anda memiliki kebiasaan untuk meninggalkan kabel terpasang di terminal listrik padahal tak sedang digunakan, sebaiknya mulaai sekarang hentikan kebiasaan itu. Sebab, hal tersebut bisa membuat listrik cepat habis.

Walaupun tidak sedang digunakan, arus listrik masih tetap mengalir pada kabel-kabel yang masih terhubung dengan stop kontak listrik, sehingga otomatis listrik yang mengalir itu akan terbuang sia-sia.

Hemat Penggunaan Lampu

Banyak orang sering menyalakan lampu pada siang hari atau maam hari ketika sedang tidur. Kebiasaan-kebiasaan seperti itu, waalaupun terlihat sederhana tapi bisa sangat membuat penggunaan listrik menjadi boros.

Biasakan untuk menggunakan pencahayaan tambahan hanya saat dibutuhkan saja. Kalaupun Anda tidak ingin bergelap-gelap saat tidur, Anda bisa menggunakan lampu tidur yang memiliki watt rendah agar tidak boros listrik.

Selain itu, pada siang hari Anda bisa memanfaatkan cahaya alami sinar matahari untuk penerangan di rumah. Selain lebih hemat, hal ini juga lebih menyehatkan.

Menggunakan AC Dengan Hemat

Bila di rumah Anda menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan, maka hal ini bisa menjadi salah satu sumber keborosan listrik, karena AC membutuhkan konsumsi listrik yang lebih besar dibandingkan dengan alat elektronik lainnya.

Kalau selama ini Anda terbiasa menyalakan AC selama 24 jam karena merasa rumah terasa panas tanpa AC, maka Anda bisa mengatur untuk mematikannya di saat suhu sedangan mencapai titik terendah, yaitu pada dini hari sampi pagi hari. Dengan begitu, setidaknya dalam sehari Anda bisa menghemat penggunaan AC selama beberapa jam.

Selain itu, Anda juga dapat mengurangi hawa panas di dalam ruangan rumah dengan memaksimalkan penggunaan ventilasi udara, agar Anda tak harus terus-menerus menyalakan AC. Jangan lupa juga untuk memilih AC yang memiliki teknologi hemat energi serta dilengkapi pengaturan suhu otomatis.

Penggunaan ventilasi udara yang baik di dalam rumah akan sangat membantu mengalirkan udara segar sehingga kamu tak perlu lagi AC, kipas angin, dan lampu. Dengan begitu, ventilasi udara dapat mengalirkan cahaya dan udara segar alami yang pengaruhnya dapat membuat pemakaian listrik lebih hemat.

Pilih Alat elektronik Sesuai Kapasitas Daya Listrik di Rumah

Bila di rumah Anda menggunakan daya listrik 900 watt, misalnya, maka pastikan Anda tak membeli peralatan elektronik yang membutuhkan daya terlalu besar, seperti microwave atau mesin yang berdaya besar. Selalu sesuaikan perabotan elektronik yang Anda beli agar dayanya di bawah kapasitas daya yang Anda miliki di rumah.

Minimalisir Penggunaan Dispenser

Apakah Anda terbiasa menyalakan dispenser terus-menerus karena ingin mendapatkan akses air minum panas dan dingin secara instan? Hal itu memang memudahkan saat kita ingin membuat kopi atau sirup yang dingin, tetapi sayangnya ini juga bisa berakibat penggunaan listrik yang terlalu boros.

Anda bisa mengatur menyalakan dispenser saat seluruh anggota keluarga sedang berada di rumah, agar penggunaannya bisa maksimal. Atau, Anda juga bisa memasak air di kompor dan mendinginkan air di kulkas agar bisa menghemat penggunaan listrik.

Jangan Tinggalkan Alat Elektronik Menyala Ketika Tidur

Seiring dengan kebutuhan perangkat teknologi yang semakin besar, banyak orang juga membutuhkan akses informasi terus-menerus sepanjang waktu. Itulah sebabnya, tidak heran sekarang banyak orang mengisi ulang perangkat smartphone-nya bahkan pada saat tidur agar alur informasi tidak terputus, dan mereka bisa menerima informasi via email atau pesan singkat kapanpun.

Akibatnya, kebiasaan ini membuat penggunaan listrik menjadi amat boros. Coba saja Anda bayangkan apabila setiap malam seluruh anggota keluarga di rumah mengisi baterai handphone semalaman. Atau membiarkan TV menyala saat tidak ada yang menonton, dan menyalakan lampu kamar saat tidur. Hal-hal sederhana seperti itu bisa membuat penggunaan listrik Anda menjadi sangat boros.

Nah, semoga informasi tentang biaya pasang listrik baru PLN dan penggunaannya tadi bisa membantu Anda ya.

Tinggalkan komentar