Biaya Tambah Daya Listrik PLN

Biaya Tambah Daya Listrik PLN – Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok yang seakan wajib dipenuhi. Bayangkan saja, bagaimana hidup tanpa adanya listrik, mengingat saat ini sudah begitu banyak barang elektronik yang membutuhkan listrik.

Sebut saja mesin cuci, ricecooker, kulkas, blender dan sebagainya yang semuanya membutuhkan listrik. Bahkan saat ini juga sudah banyak barang rumah tangga yang beralih dari sumber daya lain ke listrik, semisal kompor. Banyak rumah yang sudah beralih dari penggunaan kompor gas ke kompor listrik.

Belum lagi untuk kebutuhan industri produksi. Sebut saja pabrik, industri manufaktur ini membutuhkan daya listrik yang begitu besar. Berbagai aktifitas manusia ini menunjukkan betapa besarnya kebutuhan listrik harian.

Di balik kebutuhan listrik yang semakin tinggi dengan bertambahnya penggunaan barang elektronik tersebut, terkadang daya listrik di rumah tidak mencukupi kebutuhan. Alhasil Anda harus tambah daya listrik untuk bisa memenuhi kebutuhan.

Bagaimana Cara Tambah Daya Listrik PLN?

Bagaimana Cara Tambah Daya Listrik PLN

Nah buat Anda yang memiliki kebutuhan listrik tinggi namun masih menggunakan meteran PLN dengan daya rendah, Anda tak perlu khawati karena cara untuk menambah daya listrik sangat mudah.

Baca Juga: Biaya Pasang Listrik Baru PLN

Disini Anda bisa memilih cara menambah daya listrik secara online maupun offline. Berikut panduan tambah daya PLN secara offline dan online.

Panduan Tambah Daya Listrik PLN Secara Offline

Bagi Anda yang bertempat tinggal dekat dengan kantor PLN, mungkin panduan menambah daya listrik secara offline jauh lebih disarankan. Selain bisa lebih cepat, proses pengurusan juga akan dilakukan oleh petugas PLN. Berikut adalah panduan lengkapnya.

  1. Sebelumnya, hubungi kantor PLN terdekat terlebih dahulu melalui sambungan telepon. Selanjutnya minta masuk ke bagian pelayanan.
  2. Setelah itu datang ke kantor PLN terdekat dengan membawa dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP pemohon dan fotokopi rekening listrik terbaru.
  3. Buat lembar denah lokasi rumah atau bangunan Anda dan bawa ke kantor PLN.
  4. Siapkan biaya tambah daya listrik sesuai dengan Biaya Penyambungan (BP) yang ditetapkan PLN.
  5. Siapkan juga uang jaminan pelanggan atau UJL.
  6. Siapkan materai 6000.

Jika semua dokumen dan persiapan tersebut sudah Anda bawa, selanjutnya masuk ke bagian pelayanan dan informasikan maksud Anda untuk menambah daya listrik. Selanjutnya petugas PLN akan mengurus permintaan Anda untuk penambahan daya listrik.

Panduan Tambah Daya Listrik PLN Secara Online

Sementara buat Anda yang bertempat tinggal di daerah pedesaan atau kawasan yang jauh dengan lokasi kantor PLN, Anda bisa memanfaatkan layanan online. Layanan ini bisa Anda akses kapan saja dan dimana sajaa hanya menggunakan perangkat smartphone/PC dan jaringan intrenet tentunya.

Berikut ini panduan untuk daftar pengajuan penambahan daya listrik PLN secara online:

  1. Masuk ke lama resmi PLN di pln.co.id.
  2. Setelah masuk pada laman utama PLN, selanjutnya pilih menu “Ubah Daya”.
  3. Baca ketentuan terlebih dahulu secara detail dan pahami ketentuan untuk pasang baru maupun perubahan daya listrik. Jika semua syarat dan ketentuan sudah dibaca detail dan Anda menyetujuinya, silahkan klik “setuju” pada bagian bawah laman.
  4. Isi ID pelanggan atau ID meter pada kolom yang tersedia.
  5. Klik “Cari” agar ID pelanggan Anda ditampilkan.
  6. Klik “penambahan daya”.
  7. Isi data yang dibutuhkan sesuai dengan kolom yang tersedia. Agar tidak repot, Anda juga bisa copy data pelanggan jika data yang diminta sama dengan data yang terdapat dan database PLN.
  8. Sementara pada bagian yang membutuhkan perubahan, isi sesuai dengan yang Anda inginkan, seperti penambahan atau pengurangan daya listrik.
  9. Untuk proses penambahan daya ini, pelanggan akan dikenai biaya. Namun untuk proses pengajuan pengurangan daya listrik tak akan dikenai biaya.
  10. Nantinya penggantian daya listrik juga otomatis akan berdampak pada perbedaan jenis meteran. Jika sebelumnya Anda menggunakan listrik pascabayar, selanjutnya pihak PLN akan merubah jenis meteran menjadi listrik prabayar atau token.
  11. Ketika mengisi data perubahan di atas, Anda harus mengisi email. Cek email yang Anda cantumkan tersebut untuk mengkonfirmasi permintaan. Cukup klik link yang dikirim ke email Anda.
  12. Jika sudah masuk pada halaman arahan yang dikirim melalui email, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Proses pembayaran bisa Anda lakukan melalui PPOB ataupun di Kantor Pos dengan menggunakan kode yang didapatkan. Sebutkan kode bayar yang Anda dapatkan dan jangan lupa siapkan tambahan biaya administrasi.
  13. Setelah proses pembayaran berhasil, pihak PLN akan mengurus permohonan Anda.

Apabila permohonan Anda sudah disetujui, maka petugas PLN akan data ke rumah atau bangunan Anda untuk mengurus penambahan daya listrik.

Berapa Lama Proses Pengurusan Tambah Daya Listrik?

Pertanyaan lain yang mungkin masih terbesit dalam benak Anda adalah, berapa lama proses pengurusan tambah daya PLN berlangsung? Untuk pengajuan permohonan sendiri bisa dilakukan hanya dalam hitungan jam.

Namun untuk proses pengurusan penambahan daya akan diproses kurang lebih dalam 7 hari sejak pembayaran terkonfirmasi. Petugas PLN akan datang ke rumah Anda untuk

mengubah meteran dan menambah daya listrik sesuai dengan yang Anda ajukan.

Sementara untuk rumah atau bangunan yang sulit dijangkau, biasanya waktu yang dibutuhkan lebih lama, bisa mencapai 2 minggu. Waktu penambahan ini akan diatur oleh pihak PLN dan sebisa mungkin dilakukan dengan cepat, sesuai jadwal dari PLN.

Proses penambahan daya listrik oleh petugas juga tak berlangsung lama. Dalam waktu 1 hari penambahan listrik sudah berhasil dilakukan dan Anda bisa menikmati daya listrik lebih besar.

Informasi Biaya Penambahan Daya Listrik

Informasi Biaya Penambahan Daya Listrik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika proses penambahan daya listrik membutuhkan biaya. berbanding terbalik dengan pengajuan penurunan atau pengurangan daya listrik yang bisa dilakukan secara gratis.

Biaya penambahan daya listrik pun berbeda-beda, sesuai dengan permohonan penambahan daya listrik yang Anda ajukan. Berikut ini adalah informasi biaya tambah daya PLN.

Daya Lama Biaya ke Daya Baru Biaya Penyambungan Normal
450 VA 900 VA Rp 421.650
1300 VA Rp 796.450
2200 VA Rp 1.639.750
3500 VA Rp 2.955.450
4400 VA Rp 3.827.550
5500 VA Rp 4.893.450
900 VA 2200 VA Rp 1.218.100
3500 VA Rp 2.519.400
4400 VA Rp 3.391.500
5500 VA Rp 4.457.400
1300 VA 3500 VA Rp 2.131.800
4400 VA Rp 3.003.900
5500 VA Rp 4.069.800
2200 VA 3500 VA Rp 1.259.700
4400 VA Rp 2.131.800
5500 VA Rp 3.197.000
3500 VA 4400 VA Rp 872.100
5500 VA Rp 1.938.000
4400 VA 5500 VA Rp 1.065.900

Dari data di atas, Anda bisa membandingkan biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap pengajuan penambahan biaya. Semakin besar pengajuan daya listrik yang Anda ajukan, maka semakin tinggi pula biaya yang harus Anda keluarkan.

Untuk listrik rumahan, daya maksimal yang bisa digunakan adalah 5500 VA. Jadi bagi Anda yang belum mencapai angka tersebut masih bisa mengajukan penambaha daya listrik hingga daya maksimal.

Persyaratan Tambah Daya Listrik PLN 2020

Persyaratan Tambah Daya Listrik PLN 2020

Bukan hanya menyiapkan biaya penambahan daya listrik, namun Anda juga garus mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk menambah daya listrik meteran 2020. Pemenuhan syarat tambah daya listrik tersebut memungkinkan permohonan Anda diproses lebih cepat.

Sebab untuk pelanggan yang tidak memenuhi persyaratan, proses pengajuan akan lebih sulit diproses. Nah berikut adalah beberapa syarat pengajuan tambah daya listrik PLN 2020.

  1. Menyetuji ketentuan penempatan Alat Pembatas dan Pengukur (APP) milik PLN. Penempatan APP tersebut memang akan ditentukan oleh pihak PLN, karena untuk mempermudah pemeriksaan dan menjamin keamanan.
  2. Pelanggan bersedia menjaga dan merawat Alat Pembatas dan Pengukur (APP) serta perlengkapan lain yang diberikan PLN.
  3. Membayar biaya ganti rugi jika ada kehilangan atau kerusakan APP yang disebabkan kelalaian atau kesengajaan oleh pelanggan. Besarnya biaya ganti rugi ditetapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  4. Siap membayar tagihan penggunaan listrik PLN tepat waktu. Kecuali untuk pengguna listrik prabayar yang harus mengisi daya listrik sebelum bisa menggunakannya.
  5. Jika ternyata pelanggan telat melakukan pembayaran listrik, maka harus membayar tagihan susulan. Tagihan ini juga berlaku jika ada penggunaan yang tak terukur secara penuh. Kasus ini biasanya terjadi apabila alat ukur rusak sehingga jumlah pemakaian tercatat secara tidak normal (bukan termasuk kesalahan pelanggan).
  6. Jika pelanggan ingin memindahkan tiang listrik maupun alat pendukung lain, pelanggan harus menyediakan lokasi, ganti rugi KWh yang tak tersalurkan, serta pembayaran biaya pemindahan. Peminahan ini tentunya harus dilakukan sesuai dengan persetujuan pihak PLN.
  7. Jika proses penambahan daya berhasil dilakukan, Anda wajib melapor ke kantor PLN maksimal 7 hari. Proses ini juga sekaligus untuk memastikan prosedur yang dilakukan telah sesuai ketentuan. Apabila setelah 7 hari penambahan listrik dilakukan belum ada laporan masuk, maka hal tersebut dianggap tak sesuai ketentuan yang tercantum pada pasal 8 ayat (1) huruf b.

Jika Anda menyetuji dan mengikuti persyaratan tersebut, maka proses penambahan daya listrik akan dilakukan lebih cepat. Selain itu, Anda juga perlu cek kembali biaya naik daya listrik, apakah sudah sesuai dengan daftar dari PLN atau belum.

Ingat, biaya tambah daya listrik PLN hanya perlu Anda bayarkan pada pihak PLN melalui rekening pln atau petugas di loket. Sementara untuk proses penambahan dan penggantian meteran tak perlu dibayarkan pada petugas PLN yang datang ke rumah.

Jadi, semua proses pembayaran hanya dilakukan sesuai prosedur yang tepat.

Keuntungan  dan Kekurangan Tambah Daya Listrik

Penambahan daya listrik sebaiknya hanya Anda lakukan ketika kebutuhan sangat mendesak. Sebab penambaha daya listrik untuk kebutuhan rumah bukan hanya memberikan keuntungan namun juga beberapa kekurangan. Begitu juga dengan penambahan daya listrik pada area industri dan lain sebagainya.

Keuntungan Tambah Daya Listrik PLN

Berikut ini adalah beberapa keuntungan tambah daya PLN, baik untuk penggunaan rumah, industri dan lainnya.

  1. Memungkinkan Penggunaan Listrik Daya Besar

Ketika kebutuhan rumah tangga Anda terhadap listrik meningkat, maka tak ada masalah jika ingin menambah daya listrik. Semisal ketika Anda menambah penggunaan barang elektronik di rumah, sementara daya listrik awal tidak mendukung. Maka sebaiknya lakukan penambahan daya listrik agar semua barang elektronik yang Anda miliki bisa digunakan secara leluasa.

Begitu juga untuk kebutuhan industri. Ketika kebutuhan sudah semakin meningkat, maka penambahan daya listrik bisa dilakukan. Terlebih lagi untuk kebutuhan industri sangat berhubungan dengan kapasitas produksi. Kemungkinan, semakin besar daya listrik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan mesin produk, akan semakin banyak pula produk yang dihasilkan.

  1. Penggunaan Bisa Lebih Leluasa

Jika kebutuhan listrik tinggi namun daya listrik sangat mepet, biasanya akan sangat menganggu kenyamanan. Contoh simplenya saja, ketika daya listrik rumah kurang dari kebutuhan pokok maka listrik akan sering down dan mati mendadak. Akhirnya Anda harus sering mengecek meteran untuk menyalakan kembali sambungan listrik.

Apabial hal ini terjadi pada bangunan dengan daya listrik cukup besar, maka akan sangat berbahaya. Terlebih lagi hal ini juga akan berpotensi merusak alat APP dan bisa memicu konsleting listrik.

Kekurangan Tambah Daya Listrik

Sebelum memutuskan menambah daya listrik, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan atau risiko berikut.

  1. Budget yang Tak Sedikit

Seperti yang tercantum pada data di atas, jika tarif tambah daya listrik tidaklah murah. Padahal, biaya tersebut wajib Anda keluarkan agar permohonan bisa diproses secepat mungkin.

Biaya tambah daya tersebut di atas juga belum termasuk biaya pemindahan atau biaya ganti rugi KWh jika ternyata didapati KWh yang tak tersalurkan.

  1. Harus Menunggu

Meskipun hampir semua kegiatan saat ini bisa dilakukan secara online, namun tidak untuk penggantian daya listrik. Dimana layanan secara online hanya bisa dimanfaatkan untuk proses pengajuan atau pendaftaran saja.

Selanjutnya, proses perubahan daya listrik pada meteran atau APP harus dilakukan oleh petugas dengan datang langsung ke lokasi. Kedatangan petugas ke rumah atau lokasi Anda pun tidak dilakukan pada hari yang sama dengan ketika Anda melakukan pengajuan.

Setidaknya Anda harus menunggu 7 hingga 14 hari setelah pembayaran biaya naik daya listrik terkonfirmasi.

  1. Tagihan Bertambah

Penggunaan listrik yang semakin banyak tentu akan diimbangi dengan penambahan tagihan. Tak tanggung-tanggung, tambahan tagihan pun bisa berkali-kali lipat.

Terlebih lagi jika Anda baru saja menggunakan listrik 450 VA yang merupakan listrik bersubsidi kemudian tambah daya listrik menjadi 1300 VA atau lebih yang tak lagi masuk dalam program listrik bersubsidi.

Penambahan tagihan listrik ini juga berlaku untuk pengguna listrik prabayar. Tarif listrik per KWh juga akan mengalami peningkatan, sehingga biaya yang dikeluarkan pelanggan listrik pascabayar maupun prabayar tak jauh berbeda.

Itu dia informasi lengkap terkait panduan tambah daya listrik serta rincian biayanya. Tapi kembali lagi ditekankan disini, sebelum memutuskan untuk tambah daya listrik, sebaiknya pertimbangkan kembali.

Jika masih memungkinkan untuk melakukan penghematan daya listrik, mungkin Anda bisa menghindari penambahan daya PLN. Saat ini bahkan Pemerintah Indonesia pun sedang menggencarkan penghematan listrik agar listrik bisa tersalurkan ke seluruh pelosok Indonesia.

Ya, di era modern seperti sekarang ternyata masih ada beberapa daerah yang belum terjamah oleh listrik. Penerangan yang digunakan pun hanya sebatas perapian atau penerangan alami lain.

Baca Juga: Listrik Gratis Dari Pemerintah

Salah satu cara yang sudah dilakukan Pemerintah untuk meminimalisir penggunaan listrik ialah dengan melakukan pemadaman bergilir. Nah sebagai masyarakat, Anda juga bisa ikut berpartisipiasi dengan melakukan penghematan listrik baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri.

Tinggalkan komentar