Ide Bisnis Digital yang Kreatif

Bisnis Digital
14Mei, 2020

Dengan semakin berkembangnya zaman, maka manusia pun harus lebih inofatif dalam mengembangkan usaha untuk mempertahankan hidup mereka. Dewasa ini, banyak contoh bisnis digital yang kreatif dan mungkin saja bisa menjadi referensi bagi Anda.

Macam-macam Ide Bisnis Digital yang Kreatif

Jika ingin berkembang dan mendulang kesuksesan, maka Anda pun harus bersedia untuk mengikuti perkembangan zaman khususnya pada era digital seperti saat ini. Melakukan berbagai macam usaha harus dipenuhi inovasi serta mengadung kreativitas tanpa batas. Untuk ide bisnis digital kreatifnya, simak ulasan berikut:

Menjadi Youtuber

Youtuber

Youtuber merupakan bisnis digital menjanjikan pertama yang bisa Anda coba di era serba digital ini. Pendapatannya lumayan banyak jika akunnya memiliki ribuan subscriber serta penonton rutin. Jadi, bisa dibilang bahwasannya hal ini akan mendatangkan keuntungan berlipat daripada kerja kantoran.

Nah, untuk memulai ide bisnis online menjadi Youtuber, maka Anda harus mengawalinya dengan membuat konten video sekreatif mungkin. Lalu, promosikanlah hal tersebut ke teman dan saudara Anda serta khalayak ramai dan minta mereka untuk subscribe serta like.

Baca Juga: Cara Menambah Subscribers Youtube

Dengan langkah awal tersebut, maka lama-kelamaan akun YouTube Anda akan semakin terkenal. Jangan lelah-lelah untuk membuat konten secara rutin karena hal itu bisnis pendapatan dari menjadi Youtuber bisa berlipat ganda bahkan mencapai puluhan juta per bulannya.

Menjadi Blogger

Menjadi Blogger

Di zaman digital yang sedang gencar mengkampanyekan program literasi ini, juga meningkatkan kebutuhan akan informasi-informasi penting dalam berbagai bidang. Terlebih melalui tulisan-tulisan di internet atau melalui media blog.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Terkenal

Menjadi seorang blogger yang rutin dalam mengupload tulisan juga akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi Anda. Apalagi jika konten di dalamnya memang benar-benar menarik serta membahas isu-isu terhangat saat ini. Dijamin kedepannya follower blog tersebut akan meningkat.

Jika follower blog Anda telah berjumlah banyak, maka pendapatan dari menulis itu pun juga semakin besar pula. Hal ini sungguh merupakan bisnis digital yang menarik karena pelakunya tidak perlu susah-susah pergi ke luar rumah, tetapi hanya fokus mencari ide dan menulis saja.

Menjadi Content Writer

Menjadi Content Writer

Walaupun sering dianggap remeh, namun profesi sebagai content writer ternyata sangat menjanjikan saat ini. Pekerjaannya pun mudah dan tidak terikat dengan waktu tertentu sehingga Anda masih bisa bersantai dan mengerjakan hal-hal lainnya di rumah.

Content writer akan mendatangkan banyak pundi-pundi rupiah bagi Anda, karena kebutuhan akan konten tulisan bagi website besar yang harus mengupload berita dan artikel setiap hari kini juga semakin banyak. Dengan begitu, mereka akan membeli tulisan dari para penyedia jasa.

Agar ide bisnis online content writer milik Anda tetap eksis, maka yang perlu diperhatikan di sini adalah menjaga kualitas dari setiap artike-artikel yang dijual. Jangan sampai ada unsur plagiat di sana, karena hal itu merupakan sebuah kejahatan publik dan bisa dikenai hukuman.

Bisnis Perpustakaan Online

Bisnis Perpustakaan Online

Dewasa ini banyak orang yang sedang mencari referensi buku, tetapi malas untuk datang langsung ke perpustakaan. Mereka lebih suka untuk berdiam diri di rumah menghadap laptop dan mengakses layanan e-library atau pustaka online, karena dinilai lebih efektif diakses serta hemat waktu.

Rasanya fenomena tersebut bisa untuk Anda jadikan sebagai peluang bisnis dengan membentuk website perpustakaan online yang dapat diakses secara gratis oleh para pengunjungnya. Caranya mudah asalkan mau mempelajari.

Walaupun perpustakaan ebook gratis online yang akan Anda ciptakan nantinya gratis, namun pendapatan akan tetap mengalir deras, jika memang website tersebut memiliki banyak pengunjung serta berada pada deretan rating tinggi di search engine Google.

Web Developer

Web Developer

Tidak bisa dipungkiri bahwasannya kebutuhan akan laman website semakin banyak sekarang ini. Semua bisnis digital dan juga layanan baik bersifat formal maupun non-formal akan menggunakan media tersebut untuk interaksi dengan masyarakat luas.

Membuat website tentunya lumayan sulit dan tidak bisa dilakukan oleh setiap orang, padahal banyak dari mereka membutuhkan hal ini. Lalu untuk mengatasi masalah tersebut, maka masyarakat berbondong-bondong untuk menggunakan jasa para webs developer.

Baca Juga: Pengertian Website

Pada moment itulah, web developer bisa berubah menjadi profesi yang menjanjikan asalkan Anda mempunyai kemampuan khusus dalam bidang teknologi serta jaringan lunak. Manfaatkanlah hal ini sebagai ladang bisnis dengan tetap menjaga kualitas supaya customer puas dan usaha pun eksis.

Bisnis Desain Grafis

Bisnis Desain Grafis

Semakin banyaknya website yang dikelola, maka otomatis kebutuhan akan desain grafis pun juga meningkat juga. Hal ini sudah menjadi hukum mutlak yang biasanya digunakan oleh para pebisnis online shop dan juga berbagai macam layanan jasa lainnya.

Jika Anda mempunyai kemampuan dalam bidang pembuatan desain grafis, maka manfaatkanlah betul-betul kesempatan di era digital ini, karena hal tersebut dapat mendatangkan pundi-pundi uang. Awali dengan membuka jasa pada orang-orang terdekat saja dan selanjutnya lakukan marketing lebih luas.

Pemasukan yang didapatkan dari bisnis digital ini juga lumayan banyak, karena harga dari sebuah jasa desain grafis sendiri masih tergolong mahal di Indonesia. Hal tersebut benar-benar akan membuat Anda sukses jika dikelola dengan baik dan bisa menjaga kualitas pelayanan.

Menjadi Dropshipper

Menjadi Dropshipper

Jika Anda tidak mempunyai modal sama sekali dan tetap ingin menjalankan bisnis digital, maka mulailah jadi seorang dropshipper dari sekarang. Bisnis ini lumayan menjanjikan dan menjamin pelakunya tidak akan mengalami kerugian karena tidak adanya stock barang ready.

Baca Juga: Cara Mencari Supplier

Walaupun Anda tidak mempunyai barang ready di rumah, namun bisnis masih bisa tetap berjalan dengan menggunakan brand pribadi dan bukan dari supplier. Jadi, seolah-olah Anda telah mempunyai pabrik sendiri dimata customer sehingga mereka akan lebih mudah percaya.

Ketika menjadi dropshipper, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk mengemas barang dan mengirimnya ke sana-sini, karena semua hal tersebut telah dilakukan tuntas olah supplier. Tugas dari pebisnis digital ini hanyalah marketing saja dengan cara posting di berbagai media sosial.

Bisnis Android Developer

Bisnis Android Developer

Contoh bisnis di era digital yang kreatif selanjutnya yakni Android developer. Hal ini menjadi ladang menjanjikan mengingat penggunaan smartphone di dunia khususnya Indonesia, kian hari semakin bertambah banyak saja dengan frekuensi bahkan hingga jutaan.

Bisnis digital ini memang tergolong tidak mudah, tetapi Anda bisa menguasainya jika mau untuk terus belajar dan mencari informasi sebanyak-banyaknya dari para ahli Android developer. Terus tingkatkan kemampuan agar secepatnya bisa membuka jasa tersebut.

Jika Anda telah berhasil menguasai seluruh seluk-beluk dari Android, maka bukan tidak mungkin bahwa satu per satu customer akan terus berdatangan untuk menggunakan jasa tersebut. Jadi, jangan menyerah dan lakukan marketing secara gencar.

Bisnis Endorser

Bisnis Endorser

Bila Anda mempunyai kemampuan yang baik dalam foto model serta memiliki follower Instagram berjumlah banyak hingga puluhan ribu, maka gunakanlah kesempatan tersebut untuk membuka layanan jasa endorse atau promosi produk dari berbagai online shop dan lain-lain semacamnya.

Baca Juga: Aplikasi Jualan Online di Instagram

Menjadi endorser merupakan bisnis yang lumayan menjanjikan di era digital ini. Anda tidak perlu mempunyai modal, tetapi hanya mempromosikan produk secara menarik agar orang lain juga tertarik untuk membeli atau menggunakan hal itu. Sungguh mudah dan hanya perlu kata-kata persuasif saja.

Nah, keuntungan dari menjadi endorser ini ada dua. Pertama, Anda akan mendapatkan produk gratis dari customer. Kedua, bayaran atau fee dari jasa ini juga akan diberikan menurut tarif nominal yang telah ditetapkan oleh sang pengendorse.

Bisnis Pengelolaan Akun Media Sosial

Bisnis Pengelolaan Akun Media Sosial

Karena banyaknya bisnis online shop yang menjual produk mereka melalui media sosial, maka mereka juga akan membutuhkan admin untuk mengelola akun tersebut. Fungsi darinya adalah menjawab berbagai pertanyaan serta komentar dari para netizen atau calon customer secara cepat tanggap.

Menjadi admin tidak membutuhkan kemampuan atau skill khusus. Anda hanya perlu mahir untuk mengoperasikan smartphone saja. Selain itu bayarannya pun juga cukup banyak jika memang online shop tersebut laris dan mendapatkan ratusan pesanan melalui chat atau media sosial setiap hari.

Di samping itu, pekerjaan dari admin media sosial ini juga hanya dilakukan setengah hari saja atau dengan sistem part time. Dengan begitu, maka selain mendapatkan pemasukan, Anda pun juga masih bisa istirahat serta mengerjakan aktivitas lainnya di rumah.

Bisnis Jual Snack Anti Mainstream

Bisnis Jual Snack Anti Mainstream

Zaman yang semakin modern ini juga menuntut Anda untuk lebih kreatif dalam memproduksi makanan-makanan ringan yang bisa diperjualbelikan sebagai bisnis. Harusnya, diperlukan adanya ide nyentrik dan berbeda dari lainnya supaya customer akan tertarik dan mencoba membeli produk.

Baca Juga: Cara Pemasaran Produk

Saat ini, para generani Z dan juga millenial sedang gemar untuk membeli snack unik dan anti-mainstream. Fenomena tersebut harus Anda manfaatkan sebaik mungkin dalam menciptakan makanan dengan rasa lezat serta mempunyai packaging kekinian kegemaran anak muda.

Promosikanlah snack unik yang Anda jual melalui media sosial. Berikan nama-nama lucu pada hal itu agar customer semakin penasaran dan cepat-cepat ingin membelinya. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan desain pada tempat penjualan serta bungkusnya.

Bisnis Undangan Digital

Undangan Digital

Undangan menjadi hal yang masih dibutuhkan dalam jumlah banyak hingga saat ini, karena keberadaan hajatan seperti halnya pernikahan, pesta ulang tahun, pertunangan, kelahiran bayi, pisah kenang dan lain-lain masih juga eksis di kalangan masyarakat.

Jika hal tersebut dikaitkan dengan era digital saat ini, maka akan lebih efektif jika undangan kertas diganti dengan bentuk multimedia digital menggunakan video berdurasi pendek. Ini tentunya mengurangi produksi kertas dalam rangka melestarikan lingkungan juga.

Gunakanlah kemampuan editing video dan desain grafis Anda untuk membuka bisnis jasa pembuatan undangan digital itu. Omsetnya lumayan menjanjikan apalagi di musim-musim pernikahan. Pekerajaanya pun juga mudah dan tidak mengharuskan pergi kerja ke luar rumah.

Bisnis Jasa Travel Planner

Bisnis Jasa Travel Planner

Jika Anda mempunyai background pendidikan dalam bidang management atau berpengalaman dalam mengurus tour agency, maka di era digital ini profesi yang berkaitan dengan hal tersebut sangat dibutuhkan. Manfaatkan sebaik mungkin dan jadikan sebagai ladang bisnis.

Di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang touring dan travelling membutuhkan banyak orang travel planner untuk setiap tujuan keberangkatan. Nah, dalam hal ini tidak semua orang menguasainya dan hanya orang dengan kemampuan management baik saja yang mampu menjalankannya.

Jika Anda tidak mau bekerja menjadi travel planner di perusahaan orang lain, maka mulai membuka jasa pribadi juga sangat direkomendasikan. Pekerjaan ini malah akan menambah pengalaman menjadi wirausaha serta tanggungjawab dalam mengelola keuangan dengan lingkup besar.

Jasa Konsultan Teknologi

Jasa Konsultan Teknologi

Percaya atau tidak, keberadaan seorang konsultan teknologi sedang banyak dicari di era modern ini. Walaupun kelihatannya pekerjaan itu sepele dan main-main saja karena tidak terlalu memperlihatkan aktivitas nyata, tetapi percayalah bahwa gajinya sangat besar bahkan hingga puluhan juta per bulan.

Para perusahaan besar yang memasarkan produk dan jasa seo mereka menggunakan kecanggihan teknologi pasti akan datang kepada Anda. Jangan sia-siakan kesempatan tersebut dan pastikan jika pelayanannya tetap memuaskan serta memberi wadah konsultasi secara luas pada customer.

Satu lagi, jika Anda masih merupakan konsultan teknologi yang fresh graduate, maka silakan mencari pengalaman dan pengetahuan sebanyak-banyaknya kepada sejawat yang sudah lebih dulu terjun dalam bidang tersebut. Jangan lelah untuk belajar supaya customer Anda puas.

Bisnis Penjualan Pulsa dan Paket Data

Bisnis Penjualan Pulsa dan Paket Data

Tidak ada yang mengelak jika kebutuhan akan pulsa dan paket data hampir menjadi prioritas utama saat ini. Lima puluh persen lebih orang di seluruh dunia menggunakan jaringan internet dan pastinya membutuhkan hal tersebut untuk keperluan komunikasi, browsing serta akses media sosial.

Anda jangan gagap untuk memanfaatkan fenomena itu menjadi sebuah ladang bisnis. Peluangnya besar dan tentunya keuntungannya berlipat jika memang dijalankan secara profesional dan penuh kesabaran. Tidak perlu bingung dengan keberadaan modal besar, tetapi mulailah dari hal kecil dulu.

Dalam berjualan pulsa Anda tidak perlu untuk membuka counter terlebih dahulu. Cukup jajakan jualan tersebut pada teman terdekat dan keluarga. Kemudian, jika bisnis digital sudah semakin berkembang, maka silakan untuk membuat toko sendiri guna pelebaran usaha agar lebih terpercaya.

Bisnis Pembangunan Start-up

Bisnis Pembangunan Start-up

Anak muda millenial masa kini harus benar-benar kreatif dalam membangun usaha dengan memanfaatkan pengetahuan digital serta kekreatifan pikiran mereka. Salah satu perwujudan dari hal tersebut yakni merintis perusahaan-perusahaan aplikasi start up yang kiranya menjanjikan saat ini.

Perusahaan start up memang akan banyak menguntungkan jika dikelola dengan benar. Contoh saja aplikasi Go-Jek besutan Nadiem Makariem. Saat ini menjadi pelopor penting di Indonesia dan telah menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah.

Anda bisa brpikir kreatif dari fenomena yang ada di lingkungan sekitar sebelum menciptakan start-up. Buatlah aplikasi dan perusahaan dengan manfaat nyata bagi orang banyak supaya selain menguntungkan, hal itu juga akan membawa kemaslahatan umat.

Bisnis Service Gadget

Bisnis Service Gadget

Jika Anda mempunyai skill dalam mengotak-atik barang-barang elektronik, maka jangan biarkan potensi itu mubadzir begitu saja. Jika mau memanfaatkannya, kemampuan ini bisa berubah menjadi ladang bisnis menguntungkan di era serba digital ini.

Anda bisa membuka usaha perbaikan gadget seperti halnya smartphone, tablet dan masih banyak lagi. Hal itu dijamin akan laris manis jika pelayanan ramah dan hasil service memuaskan customer karena setiap hari pasti selalu ada perangkat-perangkat rusak di masyarakat.

Jangan terlalu mahal dalam menetapkan tarif pada jasa ini. Ambil keuntungan sedikit demi sedikit saja agar banyak yang melirik kemampuan Anda. Walaupun kecil, tetapi jika customernya banyak setiap hari, maka bukan tidak mungkin bahwa keuntungan besar akan didapatkan.

Baca Juga: Cara Berjualan di Tokopedia

Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan dalam ulasan ini tentang berbagai contoh ide bisnis online di era digital yang kreatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *