Cara Berjualan di Tokopedia

Cara Berjualan di Tokopedia

Diposting pada

Jaman sekarang, banyak orang mulai memperluas bisnis mereka menggunakan beragam platform jual beli di Internet, seperti Tokopedia. Kemudahan yang dihadirkan pasar online tersebut nyatanya mampu menarik minat pembeli. Tidak heran jika banyak orang mencari cara berjualan di Tokopedia mudah dan praktis di “Search Google”.

Keuntungan Berjualan di Tokopedia

Keuntungan Berjualan di Tokopedia

Sebagai platform e-commerce besar, kemunculan Tokopedia di ranah publik disambut dengan baik oleh masyarakat, utamanya para pebisnis. Mereka dengan sigap melebarkan sayap untuk berjualan di sana. Tidak disangka pula, respon pembeli juga turut bagus akan gerakan ini.

Baca Juga: Situs Toko Online Terbaik di Indonesia

Tokopedia sendiri menyajikan beragam kemudahan jual beli yang bisa dirasakan tidak hanya oleh penjual, namun juga para pembeli. Mulai dari berjualan hingga pembayaran. Lalu, apa saja keuntungan ketika mulai berbisnis di sini? Berikut ulasannya.

Ketersediaan Produk Lebih Lengkap

Ada kalanya pembeli memilih untuk mengunjungi situs jual beli online karena barang yang mereka cari tidak bisa ditermukan di toko sekitar rumah. Kesulitan seperti ini rasanya ditanggapi baik oleh pemasok karena proses penjualannya lebih tepat sasaran.

Seringkali, produk yang dijual di Tokopedia dirasa lebih lengkap kalau dibandingkan dengan barang serupa di supermarket. Itulah mengapa banyak pembeli beralih ke pasar online seperti ini hanya untuk berbelanja. Sekarang, saatnya Anda memenuhi itu semua bagi pencari yang lain.

Pemasaran Produk Lebih Luas

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Sementara itu, distribusi logistik maupun produk lainnya belum bisa menjangkau seluruh bagian di sini. Oleh karenanya, banyak orang memilih berbelanja secara online daripada barang incarannya tidak dapat dibeli.

Tokopedia menyediakan platform tersebut untuk Anda pakai. Semua penjual bisa merasakan peluang ini bila barangnya sampai ke pelosok negeri. Bahkan, pengirimannya sendiri juga dapat dipilih dan disesuaikan dengan keadaan pembeli di sana. Mudah sekali, bukan?

Barang Mudah Dicari dalam Etalase Tokopedia

Anda pasti sudah pernah melihat bagaimana barang di supermarket ditata berdasarkan jenisnya maupun merknya. Tujuan dari semua itu tentu saja untuk memudahkan pembeli memilih saat ingin membelinya. Tahukah kalau Tokopedia juga menerapkan cara yang sama?

Di Tokopedia Anda bisa menata produk berdasarkan kategorinya masing-masing. Mulai dari terpopuler, rating tertinggi, termurah bahkan termahal. Dengan mengetikkan merk pada kolom pencarian, pembeli pun juga lebih mudah menemukan barang yang mereka inginkan.

Banyak Fitur yang Bisa Dioptimalkan Penjual

Lain halnya dengan penjualan di toko ritel biasa maupun supermarket, Tokopedia memiliki langkahnya sendiri untuk menaungi para penjual dalam menjalankan kios online mereka. Berbagai fitur sudah disediakan di sana dan dapat Anda pakai untuk mengoptimalkan bisnis.

Beberapa fitur yang seringnya dipakai para penjual seperti pilihan pembayaran, berbagai armada pengiriman disediakan, melihat statistik toko, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa Anda optimalkan sendiri sesuai kebeutuhan sehingga kegiatan jual beli selalu lancar.

Pembayaran dan Pengiriman Lebih Mudah

Masih banyak orang bingung kalau membeli lewat toko online itu harus bagaimana? Pergi ke bank dan mentransfer sejumlah uang lalu kembali ke rumah? Bagaimana pula dengan pengirimannya? Bisakah cepat sampai? Apakah trusted? Semua bisa dimudahkan di Tokopedia.

Penjual bisa memilih layanan pembayaran yang akan Ia terapkan pada pembeli. Bahkan mereka tidak harus keluar rumah karena semua bisa dilakukan melalui ponsel saja. Begitu pula dengan pengiriman barang. Tokopedia telah menyediakan beragam ekspedisi untuk mengirim produk.

Bagaimana Cara Menjual Barang di Tokopedia?

Dengan beragam kemudahan yang dihadirkan dari jualan di Tokopedia, menjadi alasan sendiri kenapa banyak pebisnis menyukai sistem e-commerce seperti ini. Selain dengan membentuk website sendiri pastinya. Lalu, bagaimana cara memulai penjualan barang? Berikut langkah-langkahnya.

Instal Aplikasi

Cara buka toko di Tokopedia untuk memulai bisnis di sini tentunya mulai download aplikasi tersebut di Playstore maupun Appstore. Setelah terinstal pada ponsel, buat akun dulu di platformnya. Pilihan Login pun ada banyak, boleh dengan Facebook atau e-mail.

Namun sebelumnya, pastikan kalau data yang akan Anda buat masuk pada “Akun Toko” sesuai dengan tujuan awal tadi. Bila dibuat seperti Login biasa, masih dihitung menjadi pembeli. Maka dari itu, pastikan selalu sebelum membuat akunnya.

Buka Toko

Setelah akun tersebut terbentuk, Klik “Buka Toko Gratis” pada tombol yang telah tersedia di sana. Siapkan segala data yang diperlukan sebelum mendaftarkan diri kesana. Misalnya seperti nama, identitas diri, nomor telefon, jenis toko, barang yang akan dijual, dan lain sebagainya.

Perlu diingat, selalu masukkan data yang valid dan terdata dengan benar di KTP atau kartu identitas lainnya. Jangan sampai ada kebohongan karena hal tersebut demi toko Anda sendiri. Utamanya soal pembayaran dan pengiriman barang nantinya.

Tentukan Domain untuk Toko

Langkah selanjutnya adalah yang paling penting selain memasukkan identitas diri tentunya. Yaitu menentukan domain untuk toko Anda. Perhatikan pula, bahwa nama tersebut belum dipakai oleh penjual lain atau kalau dipaksakan bisa terkena pelanggaran hak cipta.

Usahakan untuk membuat nama yang mudah diingat serta dihafalkan bagi pembeli maupun Anda sendiri. Serta, jangan sering mengganti domain tersebut. Pelanggan yang mungkin sudah berlangganan bisa bingung nantinya. Jadi, selalu persiapkan hal ini matang-matang.

Bila Anda tidak aktif selama satu tahun setelah membuat toko, maka pihak Tokopedia berhak memasukkan domain tersebut ke dalam arsip. Untuk mengaktifkannya lagi, penjual harus menjadi seller aktif serta menghubungi customer service agar diaktifkan kembali.

Isi Survey tentang Berjualan

Sebagai tahap verifikasi dari Tokopedia terhadap toko yang baru Anda buat, maka mereka akan memberi sebuah survey singkat pada calon penjual. Isinya pun berkenaan tentang penjualan produk serta beberapa hal yang berkaitan dengan kios.

Lakukan survey singkat ini dengan menjawab sebenar-benarnya, supaya pihak Tokopedia bisa lebih mengenal bagaimana keadaan penjualan serta barang apa saja yang dijual di sana. Apakah produknya sendiri bukan larangan pemerintah, dan masih banyak lagi.

Isi Alamat Toko

Sehabis survey tersebut terisi, cara jualan di Tokopedia selanjutnya adalah mengisikan alamat toko. Hal ini dilakukan agar pelanggan yang hendak membeli tahu dengan jelas kios Anda. Bila tidak, mungkin saja mereka beralih ke penjual lain untuk berbelanja.

Pastikan selalu Anda telah mengisi semuanya dengan tepat, mulai dari nama toko, nomor bangunan, serta RT/RW secara lengkap. Selain itu, kelengkapan seperti ini juga memudahkan para kurir mengambil barang bila penjual tidak sempat mengantarkannya ke ekspedisi.

Toko Bisa Digunakan

Setelah menyelesaikan cara berjualan di Tokopedia mudah dan praktis di atas, maka Anda sudah bisa memasukkan barang yang dijual pada etalase. Upload semuanya sebelum 90 hari berlalu supaya valid. Kalau lebih dari itu, perlu membuat kios baru dari awal lagi.

Untuk kenyamanan dalam berdagang selanjutnya, Anda bisa download aplikasi Tokopedia Seller yang memudahkan para penjual mengatur toko mereka. Mulai dari mengupload barang, mengatur harga, melihat statistik kios, memilih ekspedisi pengiriman, serta masih banyak lagi.

Cara Menambahkan Barang ke Etalase Toko di Tokopedia

Setelah toko selesai dibuat, sekarang adalah waktunya Anda memasukkan barang jualan ke dalam etalase tersebut. Agar lebih mudah, penjual bisa melakukannya lewat aplikasi Tokopedia Seller karena sudah hadir dengan banyak kelebihan. Untuk langkahnya sendiri, sebagai berikut.

Login

Bila Anda memakai aplikasi Tokopedia Seller, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk dengan akun toko. Jadi, bukan memakai nama biasa seperti pada e-commercenya. Atau, boleh juga memakai Facebook dan e-mail kalau sebelumnya telah menggunakan itu.

Sebenarnya, hal tersebut juga masih bisa Anda lakukan dengan situs Tokopedia biasa. Hanya saja, mungkin agak sedikit rumit karena masih tercampur oleh e-commercenya. Sementara, kalau memakai aplikasi Seller tersebut, akan terfokuskan di penjualan saja.

Tambahkan Produk

Siapkan semua barang yang akan Anda jual. Pisahkan dulu sesuai kategori kalau memang punya banyak varian. Lalu, tekan tombol “Tambah Produk” pada laman Tokopedia Seller maupun halaman depan versi biasa.

Ambil foto produk secara hati-hati. Pastikan juga untuk menampilkan setiap dimensi dari barang bila memang memenuhi kualifikasi seperti itu. Jangan lupa tulis deskripsi serta spesifikasi selengkap mungkin. Perhatikan pula ejaan penulisan agar pembeli paham.

Selalu gunakan pencahayaan yang baik ketika mengambil gambar. Jangan sampai memberinya editing. Tapi tidak apa-apa kalau ingin diberi credit seperti watermark pada foto supaya tidak dicuri orang. Setelah itu, lihat lagi dari perspektif pembeli sekiranya sudah jelas atau belum.

Upload Produk

Setelah semua sudah siap, taruh produk pada kategori etalase yang Anda inginkan. Apakah itu berdasarkan merk atau kategori produknya. Tidak masalah kalau membuat lebih banyak jenis dalam Tokopedia agar semua pembeli paham dan mudah memilih.

Tentukan sekalian harganya di setiap produk. Kalau Anda hendak memberikan diskon maupun promo, tuliskan semua pada kolom deskripsi supaya pembeli lebih paham. Pastikan juga agar mudah dimengerti, lalu upload di etalase Tokopedia.

Beri Keterangan tentang Pembayaran dan Pengiriman Barang

Soal pembayaran dan pengiriman barang dalam cara berjualan di Tokopedia selanjutnya menjadi sebuah informasi yang kerap dilihat calon pembeli. Oleh karena itu, sebagai penjual Anda harus menginformasikan sekalian seperti rekening maupun pilihan ekspedisi.

Tentukan juga, apakah pada daerah tertentu ada fitur gratis ongkir, atau mereka tetap membayarnya meskipun berada di wilayah yang sama. Bila pakai asuransi untuk produk tertentu yang sekiranya riskan ketika dikirim, sebisa mungkin lengkapi juga agar aman sampai tujuan.

Simpan

Teliti dulu semua langkah di atas dengan baik, apakah ada yang terlewat atau sudah lengkap semua. Hal ini untuk menghindari pembeli yang akan bertanya terus menerus, sehingga Anda tidak capek menjawabnya satu persatu.

Kalau selesai, simpan produk dalam etalase. Pastikan semuanya sudah masuk pada kategori masing-masing. Bila masih terlihat beberapa produk berserakan di jenis lain, segera edit dan pindahkan ke bagiannya. Selesai, dan tinggal tunggu pembeli mengunjungi toko tersebut.

Cara yang Harus Dilakukan Agar Produk Anda Cepat Laku

Cara yang Harus Dilakukan Agar Produk Anda Cepat Laku

Sebagai seorang penjual, sudah semestinya berharap bahwa produk yang mereka jual bisa laku dipasaran berapapun jumlahnya. Tentu, hal tersebut tidak akan terjadi bila Anda malas mempromosikan toko. Kalau di Tokopedia sendiri, ada beberapa langkah berikut.

Bagikan informasi Toko di Sosial Media

Sosial media sekarang jumlahnya tidak menentu. Mungkin dalam ponsel Anda sudah banyak memilikinya. Kalau bisa, manfaatkan banyaknya jumlah followers pada masing-masing platform. Ambil saja aplikasi yang sudah dimanfaatkan sejumlah orang, misalnya Instagram dan Facebook.

Bagikan pada fitur story atau posting sekalian dengan link Tokopedia agar lebih mudah dilihat banyak orang. Anda tidak perlu mengirim pesan pada mereka satu persatu. Dengan begitu, followers yang penasaran dan membutuhkan barang dari toko bisa langsung kesana.

Pakai Promo

Semua orang menyukai promo, tentu saja. Tidak hanya wanita yang sering memburunya, namun banyak laki-laki juga mencari-cari kesempatan seperti ini ketika ingin membeli barang incaran mereka. Lalu, kenapa tidak untuk memanfaatkannya ke pelanggan Anda?

Anda bisa mulai membuat promo di Tokopedia. Bagikan beberapa bonus atau kupon kepada pelanggan yang membeli berdasarkan kuantitas tertentu. Boleh juga dengan diskon ongkir. Dengan begitu, akan banyak pembeli tertarik berbelanja kesana.

Anda juga bisa membuat promo potongan harga bila membeli produk tertentu sebanyak satu paket maupun adanya cashback kalau beli dalam jumlah banyak. Strategi seperti ini memang kuno, namun kefektifannya tidak pernah meleset. Ketertarikan orang pasti makin besar.

Bagikan Voucher Gratis

Tidak jarang banyak ibu-ibu maupun para remaja perempuan memburu voucher agar mendapatkan potongan maupun membeli barang secara gratis di toko yang pernah mereka kunjungi. Tahukah Anda kalau Tokopedia menyediakan fitur ini juga?

Ya, memang Tokopedia menyediakan fitur Voucher Toko untuk para pelanggan di kios Anda. Ada beragam kupon yang bisa dipilih, diantaranya cashback dan gratis ongkir karena kedua hal tersebut yang paling banyak diincar calon pembeli.

Cara membuatnya pun mudah, Anda tinggal masuk ke Toko lalu pilih “TopAds” setelahnya akan dibawa menuju halaman dashboardnya. Pilih voucher dan isi beragam detailnya. Hanya saja, fitur ini sekarang bisa dibuat penjual kalau mengaksesnya melalui desktop saja.

Bagikan Lewat Post

Layaknya sosial media lain, Tokopedia juga menyediakan fitur posting bagi para penjual. Kegunaan “Buat Post” ini pun sama seperti umumnya, hanya saja di sini lebih fokus untuk mempromosikan barang dagangan daripada membuat feed saja.

Bila toko Anda sudah memiliki banyak followers tidak ada salahnya untuk mencoba membuat posting terhadap produk-produk yang akan dijual. Promosikan layaknya seorang selebgram kebanyakan. Berikan pula info detailnya dan post dengan kalimat semenarik mungkin.

Bergabung di Mitra Toppers

Bagi penjual pemula, mungkin mendapatkan modal lebih besar menjadi kendala bila harus bersaing dengan seller profesional di luar sana. Problem seperti ini jadi penghambat tersendiri untuk mereka sehingga toko yang dikelola kadang harus berhenti di tengah jalan.

Untuk itu Tokopedia juga menyediakan fitur lain yang akan mempermudah langkah Anda dalam berdagang di platform e-commerce tersebut. Dengan fitur Mitra Toppers, para penjual bisa mengajukan pinjaman modal hingga Rp 5 milyar agar tokonya berjalan kembali.

Pencairan dana bisa Anda dapat selambatnya hingga minggu ke-3 setelah pengajuan. Bunganya pun terhitung rendah, hanya sebesar 0,39% saja per bulan. Selain itu, banyak keuntungan yang didapat seller, misalnya cashback serta harga murah kalau beli kebutuhan pokok di Tokopedia.

Baca Juga: Situs Jual Beli Rumah Terbaik

Begitu banyak e-commerce Indonesia yang sekarang dilirik banyak orang. Dengan cara berjualan di Tokopedia mudah dan praktis di atas, tentunya semakin memudahkan para penjual dalam mengembangkan bisnis mereka. Jadi, ciptakan peluang mulai dari sekarang.

Tinggalkan Balasan