Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Seiring dengan berjalannya kemajuan teknologi, saat ini terlibat dalam pasar keuangan (saham) secara daring semakin terbuka lebar. Bahkan dapat dilakukan melalui perangkat genggam sekalipun. Bagi pemain baru tentunya perlu memperhatikan tips dan cara bermain saham untuk pemula agar berjalan sesuai harapan.

Pengenalan Saham bagi Pemula

Pengenalan Saham bagi Pemula

Investor pemula ketika berminat terjun ke investasi saham perlu mengetahui cara bermainnya secara aman dan tepat sasaran. Hal ini bertujuan agar investasi yang tinggi resiko bisa menghasilkan keuntungan di masa depan, bukan terjadi malah sebaliknya apabila tidak disertai pertimbangan matang.

Baca Juga: Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Saham atau stock adalah bukti kepemilikan perusahaan dan menjadi klaim atas pendapatan serta kekayaannya. Banyak orang menjadikannya sebagai salah satu media investasi sebab terbukti mempengaruhi tingkat laba yang unik. Namun bisnis seperti ini juga beresiko menimbulkan kerugian.

Pemula perlu mengetahui terdapat 2 jenis resiko dalam investasi stock. Pertama dikenal dengan capital loss kemudian satunya lagi adalah capital gain. Hal ini terjadi apabila investor menjual sahamnya ketika value saham menurun drastis bahkan lebih rendah dari harga saat awal membelinya.

Bagaimana Tips Cara Bermain Saham bagi Pemula yang Aman?

Bagaimana Tips Cara Bermain Saham bagi Pemula yang Aman

Investor saham harus siap untuk menghadapi resiko tinggi ketika bergelut dengan pasar keuangan, sebab di satu sisi dapat mengalami kerugian seperti kehabisan modal. Namun bila meraup keuntungan bisa mencapai hingga 20% bahkan lebih selama 1 tahun. Lantas bagaimana cara menjalankannya?

Pilih Saham dengan Biaya Transaksi Rendah

Sebelum bermain saham, pemula diwajibkan memiliki rekening dana nasabah yang difasilitasi oleh berbagai perusahaan sekuritas. Kemudian dilakukan pengisian saldo ke rekening bursa efek. Uang tersebut nantinya dapat dipakai untuk membeli salah satu dari sekian banyak stock secara daring.

Biaya transaksi diartikan sebagai uang yang dikeluarkan saat membeli dan menjual saham. Terdapat saham menerapkan persentase biaya beli 0.19% dan sebesar 0.29% untuk penjualannya. Jika nominal dikeluarkan semakin rendah maka investor nantinya akan meraih keuntungan lebih ketika menjualnya.

Jangan Terlalu Pelit atau Terlalu Boros

Tidak sedikit investor pemula masih ragu atau takut kehilangan uang ketikan melakukan investasi sekuritas. Saat bertransaksi sekuritas, satuan lot digunakan untuk menyatakan 100 lembar saham. Apabila harga per lembarnya 100 rupiah maka satu lotnya sama dengan Rp. 10 ribu.

Namun apakah investor pemula mau terus terpaku pada pembiayaan kecil tersebut dengan berharap keuntungan melimpah? Tentunya keadaan tersebut harus disertai dengan berani mengambil resiko. Terapkan saja cara main saham secara bijak dengan mengeluarkan 10% dari total rekening bursa efek.

Jadikan IDX30 atau LQ45 Sebagai Pilihan Indeks Saham

BEI mengeluarkan indeks saham dengan memperhatikan beberapa kriteria tertentu. Index tersebut merupakan statistik bersifat dinamis dari kumpulan harga saham. Bursa Efek Indonesia saat ini memiliki sebanyak 22 indeks sekuritas yang dapat dipilih oleh para investor di pasar keuangan.

Cara bermain saham untuk pemula disarankan memilih indeks IDX30 dan LQ45. Alasannya karena kedua varian index tersebut memiliki likuiditas yang lebih tinggi. Selain itu kardinal perseroannya dinilai baik bagi kalangan investor lain. Biasanya stock dalam kategori ini disebut sebagai blue chip.

Beli Saham Perusahaan Makanan atau Perbankan

Kedua jenis saham tersebut direkomendasikan bagi pemula sebab merupakan sesuatu langkah bijak untuk dilaksanakan. Alasannya sederhana sebab dua perseroan tersebut merupakan lingkup bisnis yang sederhana. Lagipula hasil produksinya banyak dibutuhkan masyarakat atau khalayak ramai.

Dapat dikatakan dalam setahun perseroan tersebut memperlihatkan laba yang signifikan. Apabila saat membeli harga saham kedua perusahaan itu sedang turun, investor pemula tidak perlu khawatir karena kemungkinan besar untuk normal atau bahkan untung sangat terbuka selama tidak terjadi krisis ekonomi.

Terapkan Strategi Average Down

Ketika investor pemula main saham, perlu memahami kondisi tidak terduga ketika ternyata stock yang dibeli justru turun drastis. Hal ini tentu berakibat kepada pengurangan dana investasi. Tapi tidak usah panic karena resiko seperti memang biasa terjadi ketika berhadapan dengan financial market.

Jalankan strategi average down atau pembelian secara bertahap saat harga pasar sedang mengalami penurunan. Cara membeli saham dengan teknik seperti ini tidak mengakibatkan nilai investasi menjadi ikut menurun jauh. Sebab jika kondisi pasar normal kembali maka pendapatan akan meningkat lagi.

Menentukan Peran dalam Bermain Saham

Peran dalam bermain saham dibagi menjadi dua yakni trader dan investor. Apabila pemain baru lebih fokus pada trader sekuritas, maka kinerjanya bersifat lebih mencari laba melalui harga yang terkadang dinamis atau bisa naik maupun turun dalam waktu singkat tanpa bisa diperkirakan kapan datangnya.

Jika pemain baru lebih fokus berperan sebagai investor maka kegiatan yang disarankan adalah, menyimpan stock dalam kurun waktu lama kemudian memanen keuntungannya pada salah satu hari. Banyak pemain saham merugi dikarenakan labil saat menentukan salah satu peran dari kedua pilihan ini.

Beli Saham Saat Harganya Turun

Cara membeli saham bagi pemula adalah ketika indeks harganya turun memang tidak menjadi patokan tapi lebih baik dilakukan karena kemungkinan akan naik kembali. Ketika pemain baru membeli dengan rendah, maka keuntungan diperoleh menjadi lebih maksimal apalagi dijual ketika sedang harga tinggi.

Tidak jarang ditemui banyak investor pemula beranggapan bahwa saat indeks harga saham mengalami penurunan, merupakan langkah kurang tepat untuk pembelian. Padahal sewaktu-waktu kondisi pasar bisa saja berbalik memberi laba lebih besar bila dibandingkan ketika membelinya pada harga tinggi.

Diversifikasi Saham

Belajar saham pemula perlu mengerti apa itu diversifikasi saham. Istilah tersebut merujuk pada teknik yang digunakan oleh seorang investor dalam meminimalkan resiko kerugian. Caranya dengan membeli saham pada sektor bervariasi seperti perbankan, produk konsumen dan properti.

Inti dari melakukan teknik ini adalah jika terjadi sesuatu penurunan indeks pada salah satu sekuritas akibat faktor tertentu, maka kerugiannya dapat tertutupi dari saham lain sebagaimana bergerak pada sektor berbeda-beda. Hanya saja modal dan konsentrasi permainan menjadi lebih banyak dari biasanya.

Pilih Saham Berfundamental Keuangan yang Baik

Sebelumnya telah diberitahukan bahwa indeks saham IDX30 dan LQ45 merupakan stock dengan fundamental bagus. Tapi ada aspek lainnya yang dapat dijadikan pertimbangan antara lain rekam jejak, portofolio dan kondisi keuangan perusahaan apakah baik atau tidak sebelum berinvestasi.

Cara berikut ini dipilih demi menekan jumlah kerugian sebagaimana bisa saja terjadi pada masa mendatang. Selain itu berpotensi menghasilkan keuntungan lebih besar. Maka dari itu tidak salah apabila pemain baru mencari tahu tentang prospek perusahaan mana kelak menjadi pilihan investasinya.

Menerapkan Sistem Trading yang Menguntungkan

Sistem trading sangat berguna supaya pemain baru memiliki sistem analisa teknikal yang efektif. Banyak trader sebagaimana sudah lebih dulu berkiprah justru terlihat asal-asalan dalam membeli saham. Catatlah penyebab pemain sekuritas merasa rugi supaya tidak mengulangi kesalahan serupa.

Menciptakan sistem trading memang akan berjalan selaras dengan prakteknya. Maka langkah yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi khususnya dalam analisis investor pemula. Apabila meraih keuntungan, tetap mencatat penyebabnya berasal dari mana supaya tetap efektif untuk digunakan kesekian kalinya.

Melihat Sentimen Pasar

Salah satu faktor penyeab naik turunnya harga saham adalah sentiment pasar. Investor pemula harus tahu mengapa keadaan tersebut dapat timbul dalam transaksi bermain saham. Pengaruh ini muncul karena diterapkannya berbagai macam kebijakan atau trend yang datang dari dalam dan luar negeri.

Pengaruh kebijakan dalam negeri misalnya seperti inflasi, suku bunga acuan, kebijakan pemerintah, sampai isu yang beredar mengenai perseroan atau industri sekuritas. Sedangkan faktor dari luar negeri biasanya timbul akibat kurs Rupiah meningkat atau menurun terhadap nilai tukar asing.

Baca Buku yang Mengupas Topik Tentang Saham

Bermain saham dibutuhkan wawasan selain pengalaman yang dimiliki. Namun bagi pemula rasanya lebih cocok apabila mendapat referensi atau bimbingan lewat membaca. Ada banyak buku membahas tentang sekuritas yang dapat dipinjam lewat perpustakaan atau membeli di tempat penjualan berizin.

Buku-buku tentang saham yang diterbitkan merupakan edukasi dari para pelaku investor atau trader berpengalaman sehingga dapat diperoleh ilmu bermanfaat dan dapat ditiru. Masing-masing buku tertulis penjelasan berbeda akan tetapi hal ini lebih baik sebab memberikan banyak referensi terhadap pembaca.

Cerdas dalam Mengatur Emosi

Bermain saham erat kaitannya dengan permainan emosi khususnya bagi pemula yang baru terjun dalam pasar keuangan harus bisa mengontrol dirinya supaya tidak berlarut-larut dalam amarah. Sebab tidak jarang ditemui kasus beberapa trader merugi akibat terlalu memperturutkan sisi emosionalnya.

Pemain baru tentu tidak ingin mengalami kejadian serupa. Cerdaslah dalam mengendalikan emosi ketika menjalani permainan saham. Tetaplah berpikir jernih baik saat memperoleh keuntungan maupun kerugian. Sebab resiko dari para investor atau trader selalu ada ketika bergelut dengan pasar keuangan.

Jangan Membeli “Saham Gorengan”

Bagi pemain lama istilah saham gorengan sudah tidak asing di telinga. Namun bagi pemula perlu memahami maknanya. Secara sederhana, jenis saham tersebut merupakan sekuritas yang rentan sekali dipermainkan oleh pemilik modal besar sehingga mudah cepat naik atau turun dalam waktu singkat.

Pada prakteknya saham gorengan terjadi pada jenis stock lapis ketiga dan sering disebut juga sebagai Junk Stocks. Bagi pemula, permainan sekuritas seperti ini tidak dianjurkan karena terdapat kejanggalan dalam volume transaksinya. Bahkan fundamental perusahaannya tidak diketahui dengan jelas.

Cara Trading Bermain Saham untuk Pemula Secara Online

Cara Trading Bermain Saham

Investasi saham merupakan salah satu pilihan dari sekian banyak jenis lainnya. Dipilih karena terdapat banyak keuntungan, namun tetap disertai dengan resiko ketika menjalankannya. Mulai dari sisi kepraktisan, kemudahan serta timbal balik hasil lebih tinggi. Berikut ulasannya:

Mendaftar Sebagai Nasabah

Investor pemula dapat membeli saham apabila sudah terdaftar sebagai nasabah suatu perusahaan pialang. Perseroan sekuritas menjadi perantara bagi para pemain agar dapat membeli stock di Bursa Efek Indonesia. Maka dari itu perlu mendaftarkan diri menjadi nasabah untuk salah satu broker.

Pastikan perusahaan pialang yang dipilih memiliki perangkat lunak berupa online trading sehingga dapat digunakan sebagai cara beli saham melalui platform daring tersebut. Saat membuka rekening saham pengguna tidak dikenakan biaya apapun hanya saja perlu menyediakan kelengkapan dokumen.

Melakukan Deposit Dana

Sekitar satu hingga dua minggu biasanya rekening nasabah sudah dapat digunakan untuk bertransaksi. Nantinya investor tersebut akan mendapat email berisi informasi seperti username, password, kode PIN serta Nomor Rekening Dana Investor. Selanjutnya perlu dilakukan deposit ke nomor akun tersebut.

Jumlah deposit sebaiknya mencapai batas minimal yang ditentukan oleh perusahaan pialang tempat pengguna membuka rekening. Rekening Dana Investor tidak memiliki kartu atm atau buku tabungan. Tapi dapat digunakan khusus untuk menyimpan dana sebelum dipakai dalam membeli stock.

Pemasangan Perangkat Lunak Online Trading

Cara trading saham secara daring memerlukan aplikasi atau perangkat lunak yang harus dipasang pada perangkat smartphone maupun komputer. Pada umumnya tersedia secara gratis dan perlu diunduh terlebih dahulu lewat tautan dari email atau perusahaan pialang bersangkutan.

Ketika perangkat lunak berhasil diunduh, selanjutnya adalah menginstall pada perangkat pengguna. Setelah itu, juga perlu menjalankannya agar dapat langsung menikmati berbagai fitur transaksi saham di dalamnya. User perlu memasukkan username dan password saat pertama kali menggunakannya.

Lakukan Jual Beli Saham Lewat Perangkat Lunak

Sebelum melakukan transaksi lebih jauh, sebaiknya pengguna belajar trading saham secara online baik secara teori maupun prakteknya agar tidak salah mengambil langkah. Ketika menggunakan perangkat lunak ada banyak fitur memiliki kegunaannya masing-masing sehingga perlu mengenali fungsinya.

Di dalam perangkat lunak online trading, berisi menu untuk membeli dan menjual saham. Transaksi membutuhkan input PIN. Setelah itu pilih opsi beli/buy saham dilanjutkan dengan mengisi kode saham yang akan dibeli. Langkah berikutnya dapat mengikuti tahap-tahap berikut:

  • Setelah memasukkan 4 digit kode huruf, ketikkan nominal biaya pembelian.
  • Masukkan jumlah lot saham yang akan dibeli.
  • Minimal pembelian lot adalah 1 buah atau setara dengan 100 lembar saham.
  • Tekan opsi ‘Send’ untuk untuk mengirimkan biaya pembelian saham.

Pelajari Investasi Saham

Setelah pemain baru paham mengenai penggunakan perangkat lunak trading online maka ada hal lain semestinya diperhatikan. Salah satunya perlu mempelajari teknik yang tepat saat bermain saham. Mulai dari menentukan saham hingga memilih ketepatan waktu dalam menjual dan membeli stock.

Saat ini informasi dapat diperoleh secara daring mengenai tips seperti apa yang perlu diterapkan sebelum mulai berinvestasi saham. Khususnya bagi pemula sebagaimana perlu panduan atau arahan tepat agar tidak salah mengambil keputusan sehingga justru mendatangkan kerugian terhadap dirinya.

Ketahui Cara Jual Saham Secara Daring

Aplikasi yang memiliki fitur transaksi jual beli saham tidak lepas dari menyediakan fasilitas untuk jual saham secara online. Rancangan antarmuka pengguna dari perangkat lunak ini berbeda-beda antara satu perusahaan pialang dengan perseroan lainnya. Maka langkah-langkahnya pun tentu berbeda.

Terlepas dari itu semua, cara menjual saham tetap dapat dilakukan secara daring. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pilih saham yang dimiliki kemudian tentukan harga jual serta jumlah lotnya.
  • Penentuan harga jual berdampak terhadap seberapa cepat transaksi bisa dilakukan
  • Apabila ingin secepatnya menjual saham, tentukan nilai nominal di harga beli tertinggi pasar pada saat itu.
  • Jika ingin hasil penjualan lebih besar lagi, trader bisa memasang nilai nominal pada harga jual pasar keuangan tertinggi.

Baca Juga: Definisi Sukses Menurut Orang-orang Sukses

Kurang lebih pembahasan tentang tips cara bermain saham bagi pemula menjadi pemahaman tersediri bagi pemain baru yang ingin mencoba bermain dalam pasar keuangan. Sebab di balik resiko besarnya masih terdapat kesempatan bagi trader dalam meraup keuntungan lewat langkah terbaik.

Tinggalkan komentar