Cara Daftar BRI Mobile

Diposting pada

Sebagai nasabah dari Bank BRI, Anda tentu dilayani dengan berbagai fasilitas untuk bertransaksi, menabung, meminjam dana dan sebagainya. Selain diberikan buku tabungan dan kartu ATM, pelanggan dipandu untuk mengikuti cara daftar BRI Mobile Banking BRI untuk beraktivitas lewat perangkat mobile.

Mengenal Mobile Banking BRI

Mobile Banking BRI

Instansi perbankan tidak tertinggal dalam memperkenalkan tren digital. Salah satunya adalah PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. merilis fasilitas daring yang disebut BRI Mobile Banking. Layanan e-banking BRI menyediakan berbagai fitur lengkap serta dapat dinikmati para nasabah melalui ponsel cerdas.

Baca Juga: Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Layanan yang dihadirkan berupa Call BRI, info BRI, m-banking BRI, Internet Banking BRI serta ATM Locater. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 pada kenyataannya sebagian besar nasabah memasang aplikasi tersebut pada smartphone sehingga aktivitas perbankan menjadi semakin mudah.

Sesuai fungsinya, m-banking BRI hanya menyediakan fitur-fitur mengenai transaksi perbankan bukan penarikan uang tunai berbentuk fisik. Nasabah tetap harus ke ATM untuk melakukannya termasuk cara mendaftar BRI mobile lewat mesin tersebut. Maka pelanggan perlu tahu mengenai langkah mendaftar.

Cara Registrasi Mobile Banking BRI

Apabila nasabah Bank Rakyat Indonesia ingin memiliki akun untuk akses ke layanan m-banking maka langkah awal adalah mendaftar terlebih dahulu. Ada beberapa cara untuk melakukannya. Dua di antaranya adalah melalui kantor cabang BRI atau lewat Automatic Teller Machine di sekitar lokasi.

Daftar Mobile Banking Melalui Kantor Cabang BRI

Daftar Mobile Banking Melalui Kantor Cabang BRI

Cara registrasi mobile banking BRI berikut ini merupakan langkah paling aman dan dipandu secara langsung oleh pihak layanan pelanggan Bank Rakyat Indonesia. Hanya saja nasabah harus datang menuju kantor cabang terdekat untuk melakukan pendaftaran m-banking tersebut.

Saat melakukan pendaftaran, nasabah nantinya akan diminta mengisi formulir pendaftaran. Selain itu hal penting lainnya perlu dipersiapkan adalah kelengkapan dokumen sebagai berikut:

  • Buku Tabungan BRI semua tipe yang menyediakan kartu ATM dengan status aktif.
  • Kartu Tanda Penduduk milik pengguna asli, sebaiknya e-KTP.
  • Ponsel pintar untuk sarana verifikasi, usahakan memakai kartu SIM dengan operator seperti Indosat, XL, Bakrie Telecom, Mobile-8 dan Telkomsel karena bekerjasama langsung dengan Bank Rakyat Indonesia.
  • Email pengguna yang masih aktif dan dapat dibuka untuk melihat notifikasi Internet Banking BRI.

Daftar Mobile Banking Melalui Mesin ATM

Langkah alternatif untuk mengaplikasikan cara daftar m banking BRI adalah melalui Automatic Teller Machine. Pengguna diharuskan mengunjungi gerai ATM BRI terdekat untuk melakukan pendaftaran. Hanya saja pastikan untuk tidak membuat antrian panjang saat melakukan registrasi.

Kelengkapan utama yang penting untuk dibawa pelanggan adalah kartu ATM jadi pastikan untuk tidak tertinggal di rumah. Kemudian perlu mengingat User ID dan password m-banking ketika pertama kali mendaftar sebagai nasabah. Langkah-langkah dalam mendaftar melalui ATM BRI adalah sebagi berikut:

  • Kunjungi ATM BRI terdekat kemudian masukkan kartu nasabah ke slot yang telah disediakan.
  • Ketik PIN ATM milik nasabah jangan sampai salah lebih dari 2 kali.
  • Pilih “Menu Lainnya”, kemudian tekan button atau tap pilihan “Internet Banking”.
  • Lakukan konfirmasi dengan memasukkan password yang sama.
  • Nasabah akan memperoleh User ID setelah konfirmasi diterima.
  • Selesaikan transaksi tersebut kemudian tunggu struk berisi User ID dan password akun e-banking dicetak dan dikeluarkan dari mesin ATM.
  • Sampai di sini proses pendaftaran sudah selesai, namun masih ada tahap berikutnya adalah dengan melakukan aktivasi akun e-banking BRI.

Daftar Mobile Banking Melalui Situs Resmi BRI

Cara daftar BRI mobile juga dapat dilakukan melalui situs resmi Bank Rakyat Indonesia. Nasabah tidak diharuskan mendatangi Bank atau mengunjungi mesin ATM. Hanya saja diperlukan perangkat komputer dan nomor handphone yang masih aktif dan digunakan untuk mendaftar sebagai nasabah BRI.

Pastikan pula pelanggan mengingat User ID dan password karena diperlukan saat login sistem web BRI. Langkah-langkah selanjutnya dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Buka browser dan ketikkan alamat situs ib.BRI.co.id.
  • Masukkan User ID, kata sandi dan kode validasi terlihat dengan benar kemudian tekan button “Masuk”.
  • Cari menu “Daftar BRI Mobile” kemudian klik opsi tersebut.
  • Lakukan sesuai instruksi yang diminta dengan mengisi identitas pribadi, konfirmasi data hingga selesai.
  • Log Out dari situs web resmi Bank BRI tersebut.
  • Lihat pesan masuk yang terdapat di ponsel pintar nasabah.
  • Di dalamnya berisi tautan untuk mengunduh aplikasi BRI Mobile.
  • Unduh hingga selesai kemudian pasang di perangkat smartphone
  • Cara ini belum selesai karena pelanggan perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Aktivasi Mobile Banking BRI?

Cara Aktivasi Mobile Banking BRI

Setelah registrasi berhasil maka selanjutnya nasabah perlu melakukan aktivasi. Tujuannya agar memperoleh e-token dan akses penuh ke fitur-fitur m-banking. Dalam hal ini pelanggan perlu menghubungi customer service lewat telepon atau datang langsung ke Bank BRI terdekat.

Aktivasi Mobile Banking BRI Lewat Bank BRI Terdekat

Cara aktivasi mobile banking BRI berikut ini perlu mendatangi kantor cabang terdekat. Langkah ini terbilang mudah dan dipandu langsung oleh pihak layanan pelanggan. Nasabah cukup membawa beberapa kelengkapan penting seperti struk dari ATM, e-KTP, Buku tabungan, Nomor handphone aktif.

Customer Service nantinya akan melakukan validasi data terlebih dahulu. Bagian paling penting lainnya adalah mendapatkan mobile token agar proses transaksi perbankan nantinya semakin aman. Biasanya nasabah akan dikenakan biaya layanan tentunya cukup terjangkau dan prosesnya lebih cepat.

Aktivasi Mobile Banking BRI Lewat Panggilan Telepon

Apabila nasabah tidak sempat untuk melakukan aktivasi dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat, cukup menghubungi customer service. Terdapat tiga nomor panggilan untuk menghubungi layanan pelanggan selama 24 jam penuh. Selanjutnya dapat mengikuti instruksi dari pihak CS BRI.

Bank Rakyat Indonesia juga menyediakan layanan video call melalui Facebook apabila ingin melakukan aktivasi mobile banking BRI lewat halaman resmi @BRIOfficialpage. Namun, kelancaran menggunakan cara ini memerlukan koneksi internet stabil untuk beberapa menit ke depan dan kelengkapan dokumen.

Aktivasi Mobile Banking BRI Lewat Aplikasi Smartphone

Langkah untuk aktivasi mobile banking BRI berikutnya dapat dilakukan tanpa harus datang langsung ke kantor cabang. Namun memerlukan email atau nomor hp aktif untuk menerima notifikasi penting dari pihak CS Bank Rakyat Indonesia. Tahap pertama adalah mengunduh aplikasi m-banking terlebih dahulu.

Setelah selesai mengunduh aplikasi, pelanggan dapat menjalankannya dengan klik ikon m-banking BRI. Pada halaman utama terdapat banyak pilihan menu untuk digunakan nasabah. Kemudian untuk aktivasi dapat melalui tata cara sebagai berikut:

  • Pilih Internet BRI jika nasabah ingin melakukan aktivasi menggunakan koneksi internet.
  • Pilih Aktivasi IB Mobile BRI.
  • Aktivasi dinyatakan sukses apabila pelanggan mendapat sms konfirmasi dari pihak customer service

Cara Registrasi Nomor Handphone di ATM BRI

Cara Registrasi Nomor Handphone di ATM BRI

Seperti diketahui banyak nasabah BRI, saat ini pelanggan semakin mudah dalam bertransaksi keuangan. Bank Rakyat Indonesia sendiri menghadirkan layanan SMS Banking serta Mobile Banking. Kedua fitur tersebut dapat dinikmati bila cara registrasi no hp di ATM BRI diketahui dan diterapkan dengan benar.

Layanan SMS Banking dan m-banking BRI dapat digunakan pelanggan untuk transfer dana ke sesama rekening BRI atau antar bank lain, melihat jumlah saldo, mutasi rekening sampai pembayaran tagihan bulanan. Beragam fitur tersebut dapat dimanfaatkan dengan melakukan tahap-tahap sebagai berikut:

  • Kunjungi mesin ATM BRI terdekat.
  • Masukkan Kartu ATM dan PIN dengan benar.
  • Pada pilihan menu utama, Pilih opsi “Transaksi Lainnya”.
  • Pilih “Registrasi dan Info Lainnya” terletak di pojok kanan bawah.
  • Pilih menu “Mobile Banking”.
  • Masukkan nomor handphone yang ingin didaftarkan.
  • Masukkan kembali enam digit PIN BRI nasabah sebanyak dua kali termasuk untuk konfirmasi.
  • Proses registrasi selesai, silahkan tunggu struk keluar dari mesin ATM.

Struk tersebut jangan dibuang karena dapat digunakan untuk proses registrasi penuh yakni dengan mengunjungi kantor cabang Bank Rakyat Indonesia terdekat. Kelengkapan lainnya perlu dibawa adalah kartu identitas, kartu ATM, buku tabungan dan smartphone untuk memasang aplikasi m-banking.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan E-Banking BRI

Ketika nasabah berinteraksi dengan suatu sistem perbankan ada banyak menu yang dapat dimanfaatkan untuk bertransaksi. Selain itu ketelitian dalam menggunakan fasilitas Mobile Banking BRI harus diperhatikan agar tidak timbul beberapa kesalahan sebagaimana bisa datang dari sisi manusia.

Mobile Banking BRI tidak terlepas dari gangguan sistem atau error yang sifatnya sementara waktu atau jangka panjang. Tapi sebagai pengguna, manusia juga harus tahu bahwa keamanan dalam bertransaksi keuangan merupakan hal penting yang harus diperhatikan termasuk aktivitas-aktivitas berikut ini:

  • Hindari kesalahan memasukkan User ID atau kata sandi sebanyak tiga kali berturut-turut. Cobalah untuk mengingat atau menyimpan keduanya pada catatan khusus.
  • Hindari kesalahan memasukkan angka dari mobile token sebanyak tiga kali berturut-turut pada saat melakukan transaksi perbankan.
  • Hindari kesalahan memasukkan Nomor Aktivasi token elektronik BRI sebanyak tiga kali berturut-turut dalam satu hari.
  • Periksa kembali nomor tujuan, nominal transfer dan bank tujuan ketika melakukan pengiriman dana sebab kesalahan satu angka saja menimbulkan kerugian pada nasabah.
  • Pastikan koneksi internet tetap terhubung dan berjalan dengan baik ketika menggunakan fitur Mobile Banking
  • Ajukan pergantian kartu ATM BRI atau pemblokiran apabila terjadi kehilangan, pencurian dan penyalahgunaan kepemilikan alat perbankan tersebut.
  • Lakukan pergantian kata sandi apabila rentan diketahui oleh orang lain.

Dalam kasus pemblokiran kartu ATM BRI, nasabah dapat mengonfirmasi pembukaan blokir lewat layanan pelanggan lewat panggilan telepon atau mengunjungi langsung kantor cabang terdekat. Namun apabila terjadi pencurian atau penyalahgunaan akun sebaiknya pengguna melakukan registrasi ulang.

Perbedaan Aplikasi BRI Mobile dengan BRImo 

Sekilas kedua aplikasi rilisan Bank Rakyat Indonesia ini terlihat sama, namun pada dasarnya terdapat perbedaan dari berbagai aspek. Meskipun begitu, nasabah BRI dapat menggunakan keduanya mengingat beberapa menu dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan penggunanya.

Karakteristik BRI Mobile dengan BRImo

BRI m-banking dikenal sebagai aplikasi dalam transaksi perbankan elektronik. Perangkat lunak tersebut memungkinkan penggunanya untuk Call BRI, Internet Banking, T-Bank BRI dan Info BRI. Lewat pengaplikasiannya segala hal yang berhubungan dengan uang elektronik dapat dilakukan lewat ponsel.

Sedangkan BRImo adalah varian dari aplikasi BRI Mobile Banking yang dikembangkan bersama dengan internet banking serta uang elektronik. Disediakan dalam satu menu transaksi sehingga lebih menarik dan lebih simpel ketika digunakan. Sistem keamanannya juga tidak kalah dari BRI m-banking.

Keunggulan BRI Mobile dengan BRImo

BRI m-banking dapat diakses lewat beberapa macam jaringan mulai dari Wi-fi, 3G, EDGE dan GPRS. Bahkan dapat digunakan melalui sms. Struktur aplikasi terlihat lebih ringkas dan menampilkan antarmuka yang menarik serta mudah dimengerti apalagi bagi pengguna baru saat pertama kali menggunakannya.

Di sisi lain BRImo memiliki keunggulan dalam penarikan uang di mesin ATM. Nasabah tidak perlu memasukkan kartu sebab dapat mengaksesnya melalui layar utama. Kelebihan lainnya adalah pelanggan dapat melihat mutasi rekening selama 1 tahun terakhir tanpa perlu buku tabungan.

Perbandingan Fitur BRI Mobile dengan BRImo

Pelanggan apabila sudah familiar dengan penggunaan BRI Mobile Banking dapat mengenal fitur yang biasa digunakan untuk pembayaran seperti kartu kredit, telepon, asuransi, cicilan dan sebagainya. Fasilitas lainnya juga memungkinkan pengguna untuk mencari lokasi ATM BRI terdekat dari tempatnya.

Fitur dari BRImo juga tidak kalah canggih sebab nasabah dapat melakukan login dengan mendeteksi sidik jari. Bahkan untuk fasilitas pembayaran wajib bulanan juga tersedia sehingga memberi kemudahan terhadap pengguna apabila sudah jatuh tempo untuk membayar iuran tersebut lewat ponsel pintarnya.

Perbedaan Aplikasi BRI Mobile dengan BRILink

Bank Rakyat Indonesia mengeluarkan banyak varian aplikasi lainnya. Selain BRI m-banking, e-banking, BRImo kini disusul dengan hadirnya BRILink. Dari sisi fungsionalitas memang terlihat mirip walaupun sebenarnya dapat dilihat perbandingan dari beberapa produk digital BRI tersebut. Berikut perbedaannya:

Sasaran Pengguna

Seperti diketahui bahwa BRI m-banking dapat digunakan oleh para nasabah Bank Rakyat Indonesia secara umum. Pelanggan BRI yang memiliki tabungan, membayar tagihan, melakukan transfer dana sangat cocok apabila menggunakan BRI Mobile Banking untuk aktivitas perbankan tersebut.

Sedangkan BRILink disediakan bagi Nasabah BRI yang telah terverifikasi dan terdaftar menjadi Agen BRILink. Dapat dikatakan bahwa nasabah non BRILink tidak cocok memakai aplikasi mobile tersebut mengingat tujuan penggunaannya sudah berbeda meskipun tidak lepas dari transaksi perbankan.

Perbandingan Fitur BRI Mobile dengan BRILink

Mobile Banking BRI memiliki fitur yang sama dengan BRILink khususnya dalam hal transfer ke sesama BRI maupaun ke bank lain. Tapi di sisi lain m-banking BRI terdapat menu seperti informasi saldo, pengiriman dana, pembayaran, pembelian dan masih ada lagi sub-sub menu di dalamnya.

Sedangkan untuk BRILink Mobile memiliki fitur bayar zakat, beli pulsa handphone, tagihan listrik, air, kesehatan, cicilan kendaraan dan sebagainya. Sedangkan untuk menu lainnya seperti transfer dana atau tarik tunai melalui mesin ATM BRI tetap dapat dilakukan oleh nasabah BRILink.

Perbandingan Manfaat BRI Mobile dengan BRILink

Penggunaan aplikasi BRI Mobile Banking tentunya memberikan manfaat bagi para nasabah, misalnya seperti kemudahan transaksi tanpa harus pergi ke Bank atau mesin ATM. Bahkan untuk melihat informasi saldo, mutasi, pembayaran tagihan dan pembelian pulsa cukup dilakukan dari rumah saja.

Di sisi lain BRILink yang digunakan khusus oleh nasabah tertentu mendapatkan manfaat berupa meningkatnya penghasilan lewat pemasaran produk dari BRILink Mobile itu sendiri. Setiap keberhasilan transaksi dengan item sampai ke pelanggan, para agen akan mendapat fee untuk penjualan tersebut.

Baca Juga: Syarat Buka Rekening BNI

Demikianlah bahasan lebih jauh terkait dengan cara daftar BRI Mobile Banking sebagaimana dapat dimanfaatkan oleh nasabah untuk berbagai keperluan transaksi perbankan. Selain itu, juga ada banyak produk digital dikembangkan dengan beberapa kelebihannya masing-masing.

Tinggalkan Balasan