First Media

Cara Daftar & Harga Paket Internet First Media

Diposting pada

Cara Daftar & Harga Paket Internet First Media – Saat ini, internet menjadi salah satu hal yang bahkan bisa digolongkan dalam kebutuhan primer. Bagaimana tidak, banyak orang yang sudah “kecanduan” internet dan seakan tidak bisa hidup tanpa internet.

Jaringan internet sendiri saat ini sudah dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, bukan hanya sebatas untuk kepentingan militer seperti saat pertama kali dirilis. Ya, di balik untuk kepentingan dunia militer, internet juga sudah banyak dimanfaatkan untuk berkomunikasi jarak jauh, menjalankan bisnis, mencari informasi dan lain sebagainya.

Kebutuhan internet setiap orang pun berbeda, sehingga budget yang harus dikeluarkan untuk membeli kuota internet tentu berbeda. Tapi buat Anda yang kerap memiliki kebutuhan internet besar, tentu akan lebih disarankan memaasang WiFi di rumah.

Dengan memasang jaringan WiFi, Anda bisa menggunakan jaringan internet lebih leluasa dan dengan kecepatan yang lebih maksimal.

Kenapa Pilih First Media?

Cara Daftar & Harga Paket Internet First Media

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang menawarkan layanan jaringan internet kencang. Salah satunya adalah First Media. First Media sendiri merupakan penyedia layanan triple play, yaitu internet, komunikasi data dan juga TV kabel. Ketiga layanan tersebut bisa dimanfaatkan hanya dengan membeli satu paket produk.

Baca Juga: Harga Paket Internet Indihome

Hingga saat ini, perusahaan ini telah menjangkau beberapa wilayah di Indonesia, khususnya Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang dan juga Medan. Dalam beberapa tahun terakhir, anak perusahaan Lippo Group ini sudah mempunyai lebih dari 180.000 pelanggan internet dan tidak kurang dari 130.000 pelanggan TV kabel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Layanan yang selalu ditingkatkan menjadi alasan utama mengapa First Media mampu menarik pelanggan dalam jumlah banyak sekaligus. Pada tahun 2015, perusahaan ini pun sudah menjalin kerja sama dengan Link Net guna menghadirkan paket internet terbaru dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi dan pastinya harga yang kompetitif.

Layanan utama Triple Play dari First Media ini merupakan jaringan kabel pita lebar yang disebut dengan nama Fast Net, komunikasi data dan televisi kabel. Dibandingkan dengan penyedia layanan jasa internet lain, Fast Net memiliki keunggulan pada biaya yang lebih terjangkau. Menariknya, dengan harga yang lebih murah, kecepatan yang ditawarkan Fast Net sebanding dengan kompetitornya yang membandrol harga relative tinggi.

Dalam penggunaanya, Firstmedia memanfaatkan standar teknologi DOCSIS (Data Over Cable Service Interface Specification) dalam penyaluran layanan internetnya pada setiap pelanggan. Sementara pada sisi pelanggan, dibutuhkan perangkat berupa Cable Modem DOCSIS untuk menangkap sinyal internet dari Fastnet.

Kemudian untuk layanan TV kabelnya sendiri dipasarkan dengan merk dagang HomeCable. HomeCable sendiri termasuk produk baru dari First Media yang sebelumnya sudah ada Digital1 dan KabelVision.

Perusahaan ini juga menghadirkan produk HomeCable HD yang tak lain adalah brand untuk produk dengan format tayangan High Definition (HD) pada HomeCable. Sebelumnya, produk ini dirilis dengan nama First HD pada 1 September 2010. First HD sendiri adalah layanan TV kabel berformat HD pertama di Indonesia.

Harga Paket Internet First Media

Harga Paket Internet First Media

Sebagai bentuk pelayanan lebih terhadap pelanggannya, First Media memberikan beberapa pilihan paket. Masing-masing paket yang ditawarkan memiliki spesifikasi dan harga berbeda, sehingga pelanggan bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Berikut ini daftar harga paket Internet First Media Basic X1 Combo 4K:

Paket Harga Berlangganan

Isi Paket

Combo Family Plus Rp361.000 per bulan Fast Net 15 Mbps, Home Cable HD (35 HD + 84 SD), First Media X
Combo D’Lite HD Rp451.000 per bulan Fast Net 25 Mbps, Home Cable HD (46 HD + 88 SD), First Media X
Combo Elite X1 4K Rp641.000 per bulan Fast Net 40 Mbps, Home Cable HD (58 HD + 98 SD), First Media X
Combo Supreme X1 4K Rp939.000 per bulan Fast Net 75 Mbps, Home Cable HD (70 HD + 109 SD), First Media X
Combo Maxima X1 4K Rp1.775.000 per bulan Fast Net 150 Mbps, Home Cable HD (70 HD + 109 SD), First Media X
Combo Ultimate X1 4K Rp2.141.000 per bulan Fast Net 200 Mbps, Home Cable HD (70 HD + 109 SD), First Media X
Combo Infinite X1 4K Rp3.085.000 per bulan Fast Net 300 Mbps, Home Cable HD (70 HD + 109 SSD), First Media X

Jika dibandingkan dengan paket sebelumnya, memang terlihat ada kenaikan tarif paket. Namun hal ini juga diimbangi dengan peningkatan kualitas layanan yang diberikan.

Sebagai contoh pada PAket Combo D’Lite HD yang menawarkan layanan Fast Net 12 Mbps, First Media X dan Home able HD (38 HD + 83 SD) yang dibandrol pada harga Rp. 323.000. Saat ini, Paket Combo D’Lite sudah mengalami kenaikan tarif menjadi Rp. 451.000 namun dengan tambahan fasilitas yakni Fast Net 25 Mbps, First Media X dan Hoem Cable HD (46 HD + 88 SD).

Seluruh paket Combo First Media juga mengalami kenaikans serupa. Namun hal ini tentu tak jadi masalah karena Anda bisa merasalan fasilitas layanan yang lebih mutakhir.

Paket Terbaru First Media Dengan Harga Ekonomis

Tingginya harga paket Combo tersebut ternyata menimbulkan pro kontra dari pelanggan. Karena kondisi ini, perusahaan pun kembali merilis paket internet First Media yang dibandrol dengan harga super ekonomis.

Meski dengan harga murah, namun pelanggan tak perlu khawatir karena kecepatan jaringan dipastikan tetap stabil dan kencang. Paket terbaru ini disebut dengan Paket Combo Family Plus yang dibandrol dengan harga Rp. 361.000 saja per bulan.

Dari biaya tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan layanan Fastnet 15 Mbps, First Media X dan Home Cable (35 HD + 84 SD).

Paket Tambahan First Media

Paket Tambahan First Media

Walaupun layanan yang diberikan sudah begitu lengkap dan memadai, namun beberapa pengguna masih kerap merasa kurang. Hingga First Media menawarkan paket tambahan yang bisa Anda beli dengan harga mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 100.000 per bulan.

Berikut adalah detail paket tambahan First Media.

Jenis Layanan Harga Keterangan
Internet Speed boost Mulai Rp100.000 per bulan Up to 18 Mbps/32 Mbps/50 Mbps/75 Mbps
Selection Pack Mulai Rp25.000 per bulan Kids Club, Fox Movies HD, Mezzo Live HD, Best Sports HD, HBO Pack HD, Best Entertainment HD, Box Office HD, SPH Channel HD
Add-On Mulai Rp35.000 per bulan India Favorite, Korean, Japanese, Setanta Sports, Chinese World HD
PVR X1 Mulai Rp90.000 per bulan Record TV, Catch Up TV, Trackpad & QWERTY Remote, On Demand, Video Streaming, Games
Wireless Modem Mulai Rp60.000 per bulan Optimize Internet Speed, Built in Wireless, Connect Many Devices, 2 Ethernet Ports

Berbeda dengan Paket Combo, untuk layanan paket tambahan ini dibandrol dengan harga yang cukup stail sejak tahun lalu, bahkan tidak mengalami perubahan sedikitpun.

Cara Daftar First Media

Cara Daftar First Media

Tertarik untuk menggunakan layanan Triple Play dari First Media? Anda bisa langsung daftarkan diri untuk mendapatkan layanan jaringan internet, TV kabel dan komunikasi data ini.

Namun sebelum berlangganan dan memasangnya di rumah, apartement, sekolah ataupun kantor, sebelumnya Anda akan diwajibkan untuk coverage jaringan di daerah Anda. Cara pengecekan coverage First Media sendiri bisa dilakukan melalui website resmi perusahaan di alamat www.firstmedia.com/get/subscribe/cek-area-layanan.

Setalah masuk laman utamanya, Anda bisa menuliskan alamat lengkap rumah, kantor atau apartemen Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan alamat tertulis secara lengkap, mulai dari nama jalan hingga Provinsi, kemudian mulai pencarian.

Tunggu beberapa saat dan laman First Media akan menampilkan detail tempat yang sudah terjangkau dengan jaringan internet Fast Net.

Jika kolom alamat tersebut tidak muncul, Anda juga bisa memasukan alamat dengan cara manual, yakni dengan mengetikkan menu “Masukkan Alamat Anda secara manual” lalu tulis alamat Anda secara lengkap.

Proses selanjutnya akan berjalan seperti di atas, yakni pencarian detail tempat yang sudah bisa dijangkau jaringan internet Fast Net.

Jika alamat rumah, kantor atau apartemen Anda sudah bisa dijangkau jaringan internet First Media, Anda bisa mengikuti panduan daftar berikut ini.

Pastikan kembali jika alamat lengkap Anda sudah terjangkau oleh jaringan Fast Net, karena pendaftaran hanya bisa dilakukan jika alamat lengkap Anda sudah dinyatakan ter-cover First Media.

  1. Selanjutnya hubungi pihak First Media Sales Center pada nomor telepon (021) 25596688 untuk wilayah Jakarta, Sementara untuk wilayah Surabaya ke nomor (031) 2950777/99203007. Kemudian untuk wilayah Malang ke nomor (0341) 3301030 dan untuk Bandung (022) 87346565 serta (061) 41061028 untukm wilayah Medan.
  2. Melalui jaringan telepon, Anda bisa melakukan pendaftaran pertama. Selanjutnya petugas akan mengurus pemasangan atau instalasi.
  3. Masa tunggu pemasangan atau instalasi ini antara 2-3 hari setelah Anda melakukan pendaftaran via telepon. Namun khusus untuk Anda yang menelepon sebelum pukul 13.00, biasanya instalasi bisa dilakukan pada keesokan harinya.
  4. Apabila penggunaan kabel melebihi jumlah yang sudah ditentukan, maka pelanggan akan dikenai biaya tambahan kabel senilai Rp. 10.000 + PPN 10%.
  5. Decoder (STB) serta modem WiFi akan dipinjamkan (sewa) oleh perusahaan selama masih berlangganan.
  6. Semua kecepatan yang ditawarkan sifatnya Up to dan True Unlimited Quota.
  7. Batas maksimal pembayaran pertama adalah 3 hari setelah instalasi dilakukan petugas.
  8. Untuk pemasangan pada kost atau kontrakan, pembayaran harus menggunakan kartu kredit atau pelanggan bisa membayar untuk 3 buulan pertama.
  9. Customer yang ingin berhenti berlangganan bisa langsung menghubungi Customer Service First Media 14 hari sebelum jatuh tempo untuk menghindari pembengkakan biaya penggunaan.

Mudah bukan cara pasang First Media untuk rumah, apartemen, kantor ataupun kos? Prosesnya pun berjalan sangat cepat, yakni kurang dari 1 minggu sejak Anda daftar via telepon hingga layanan bisa digunakan.

Namun ingat, cara berlangganan First Media untuk kost atau kontrakan harus menggunakan kartu kredit atau Anda harus bersedia melakukan pembayaran di awal untuk 3 bulan pertama.

Cara Bayar Tagihan First Media

Selain menawarkan begitu banyak pilihan paket, perusahaan ini juga menawarkan berbagai pilihan cara pembayaran yang memudahkan pelanggan. Anda bisa bebas memilih cara pembayaran melalui website First Media, ATM, marketplace, minimarket atau mitra lain.

Berikut beberapa pilihan cara pembayaran tagihan First Media.

Melalui Website

Anda bisa memanfaatkan website resmi perusahaan untuk melakukan pembayaran tagihan, caranya cukup mudah, yakni:

  • Kunjungi alamat firstmedia.com kemudian buka menu My First Media dan pilih Link Account.
  • Masukkan First ID serta password Anda. Jika Anda belum memilikinya, silahkan daftar dahulu.
  • Pilih Billing lalu klik Pay Online.
  • Di bagian Terms and Conditions, klikm I Agree dan lanjut ke menu Billing.
  • Pilih kartu kredit yang digunakan (Visa/MasterCard) lalu masukkan nomor kartu dan juga expire date.
  • Pada bagian kolom CVV2, masukkan 3 digit angka terakhir pada kartu kredit Anda.
  • Selanjutnya masuk menu Cardholder Detail dan silahkan isi data yang diminta.
  • Terakhir Process Payment dan tunggu notifikasi pembayaran berhasil.

Menggunakan Credit Card

Layanan ini bisa dimanfaatkan dengan menggunakan surat kuasa penagihan yang didapatkan melalui kartu kredit dari website.

  • Silahkan masuk ke halaman firstmedia.com lalu pilih tab Support.
  • Selanjutnya pilih menu Download Credit Card LOA Form.
  • Isi form LOA sesuai dengan data yang valid.
  • Setelah terisi semua, kirim form LOA tersebut ke email [email protected] atau melalui fax di Surabaya (031) 5018 833 atau Jakarta (021) 5577 7477.

Untuk layanan ini, Anda juga bisa memanfaatkan payment secara online.

Via ATM

Ada beberapa Bank yang sudah menjadi mitra First Media. Melalui Bank-Bank mitra ini Anda bisa melakukan pembayaran tagihan secara cepat dan mudah. Bahkan Anda tak perlu datang ke kantor Bank, dan bisa melakukan pembayaran melalui unit ATM.

Beberapa Bank yang sudah menjadi mitra First Media antara lain adalah:

  • BCA
  • CIMB Niaga
  • BNI
  • Bank Mandiri
  • SINARMAS
  • Bank NOBU
  • Maybank
  • PANIN Bank
  • PERMATA
  • OCBCINSP

Minimarket

Ada dua minimarket yang sudah terdaftar menjadi mitra First Media dan melalui kasir mini market ini Anda bisa melakukan pembayaran tagihan secara mudah. Kedua mini market tersebut tak lain adalah Indomaret dan Alfamart.

Anda bisa kunjungi salah satu mini market tersebut lalu langsung menuju bagian kasir. Informasikan jika Anda hendak membayar tagihan First Media, lalu sebutkan First ID Anda.

Dari sini kasir akan menyebutkan total tagihan, dan Anda bisa melakukan pembayaran secara tunai. Tunggu hingga struk bukti pembayaran diberikan oleh kasir.

Nah selain pembayaran secara tunai, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas EDC yang terdapat pada masing-masing mini market untuk melakukan pembayaran.

Hypermart

Selain Indomaret dan Alfamart, Hypermart juga menawarkan layanan pembayaran tagihan First Media. Caranya sama seperti pembayaran melalui Indomaret atau Alfamart di atas.

Mobile/SMS Banking

Bagi Anda yang menggunakan layanan SMS/Mobile Banking, kini pembayaran First Media internet bisa dilakukan dengan lebih praktis dan cepat. Anda bisa melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja.

Hanya dengan mengakses SMS/Mobile Banking Anda, kemudian masuk ke menu pembayaran tagihan lalu ikuti panduan selanjutnya (menyesuaikan masing-masing Bank).

Internet Banking

Enggan download Mobile Banking? Anda juga bisa memanfaatkan layanan internet banking untuk bayar tagihan First Media. Caranya pun sangat mudah.

Silahkan masuk ke layanan internet banking masing-masing Bank lalu pilih menu pembayaran dan ikuti penduan selanjutnya secara rinci.

Baca Juga: Cara Internet Gratis

Pilih salah satu cara pembayaran di atas yang menurut Anda paling mudah dan praktis. Selamat berlangganan dan menikmati beragam fasilitas menarik dari First Media. Sekian artikel mengenai Cara Daftar & Harga Paket Internet First Media yang bisa admin berikan. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan