Cara Daftar Internet Banking BNI

Cara Daftar Internet Banking BNI

Diposting pada

Salah satu prosedur dari layanan bank BNI memang memberikan kemudahan bagi para nasabah. Karena fitur pilihannya membuat transaksi keuangan menjadi lebih mudah. Untuk mengetahui beberapa metodenya, Anda dapat mengetahui berbagai ulasan tentang cara daftar internet banking Bank BNI.

Dengan menggunakan layanan ini, tentunya Anda akan selalu dimanjakan saat bertransaksi online. Baik ke sesama pengguna BNI ataupun ke bank lain, bisa juga untuk berbelanja di marketplace kesayangan.

Cara Daftar Internet Banking Bank BNI Melalui Customer Service

Cara Daftar Internet Banking Bank BNI Melalui Customer Service

Cara daftar internet banking BNI paling umum digunakan oleh para nasabah yaitu melalui CS nya. Karena prosesnya cukup mudah dilakukan, yakni hanya dengan mengunjungi langsung ke cabang terdekat di kota atau sekitar wilayah tempat tinggal Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Membawa Semua Syarat Pendaftaran yang Dibutuhkan

Ketika Anda sudah berada pada lokasi cabang terdekat, biasanya akan mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Kemudian setelahnya customer service akan membantu nasabah terkait dengan proses daftar internet bank BNI sesuai pada prosedur atau ketentuan yang berlaku.

Syarat Buka Rekening BNI yang harus dilengkapi oleh para nasabah adalah dengan membawa buku tabungan, KTP (kartu tanda penduduk), alamat email dan nomor HP aktif digunakan saat ini. Karena nantinya proses tersebut akan memerlukan kode OTP tertentu agar bisa mempermudah aktivasi internet banking.

Download Aplikasi BNI Mobile Banking

Setelah memenuhi semua persyaratan maupun ketentuan yang diminta oleh customer service, maka langkah selanjutnya ialah nasabah harus mengunduh aplikasi mobile banking terlebih dahulu. Karena prosesnya membutuhkan layanan BNI m-secure untuk mendapatkan kode atau PIN aktivasi.

Ketika Anda sudah selesai mendownload, biasanya akan langsung mendapatkan kode dengan nomor token tertentu. Kemudian setelah itu para nasabah tinggal menunggu hingga struk berisi user ID tercetak rapi melalui struk di situs web resmi milik bank BNI.

Tunggu Prosesnya Hingga Selesai

Kemudian langkah terakhir dalam cara daftar internet banking bank BNI adalah menunggu semua prosesnya sampai selesai. Ketika para nasabah sudah mendapatkan struk beserta password, maka sebaiknya segera mengunjungi laman resmi di ibank.BNI.co.id.

Karena pada situs web tersebut nasabah akan lebih dimudahkan dalam hal transaksi keuangan atau finansial lainnya. Selain itu, tingkat keamanannya juga terjamin sehingga data dari semua para nasabahnya aman dan tidak akan mengalami kebocoran.

Cara Daftar Internet Banking Bank BNI Melalui Mesin ATM

Cara Daftar Internet Banking Bank BNI Melalui Mesin ATM

Selain mengunjungi kantor cabang terdekat dan dilayani oleh customer service, proses daftar internet banking BNI selanjutnya ini juga cukup populer di kalangan para nasabah. Karena metodenya cukup mudah untuk dilakukan dan hanya mengikuti semua instruksi lanjutan pada mesin ATM.

Mengunjungi Mesin ATM Terdekat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendatangi lokasi mesin ATM di sekitar wilayah atau tempat tinggal. Salah satu keunggulan dari bank BNI ialah mesinnya mudah ditemui pada area dalam maupun tengah kota hingga pada daerah pedesaan dan tentu membuat nasabah menjadi senang.

Alasan utamanya yaitu proses transaksi atau finansial keuangan menjadi lebih mudah dan tidak perlu mendatangi kantor cabang secara langsung. Tak hanya itu saja, biasanya prosesnya lama dan harus melewati sistem antrian terlebih dahulu untuk bisa melakukan pendaftaran internet banking.

Memasukkan Kartu ATM BNI

Setelah Anda menemukan mesin ATM terdekat, maka langkah selanjutnya ialah masukkan kartu dengan cara mengisi password. Kemudian biasanya pada layar menu utama akan muncul berbagai pilihan seperti transfer, pembayaran, registrasi e-channel cek saldo, dan masih banyak lagi lainnya

Namun untuk daftar internet bank BNI, sebaiknya Anda memilih menu registrasi e-channel agar proses aktivasinya nanti bisa berjalan dengan cepat. Selain itu, juga bisa membuat para nasabah lebih mudah melakukan kegiatan bertransaksi keuangan seperti tunai hingga non tunai.

Pilih Menu BNI Internet Banking

Lalu langkah selanjutnya ini para nasabah perlu mengkonfirmasi untuk menyetujui semua prosesnya. Setelah memasukkan password, maka lakukan pengecekan ulang apakah PIN tersebut sudah benar. Karena jika terjadi kesalahan maka Anda tidak akan bisa mendaftar internet Banking BNI melalui ATM.

Kemudian setelahnya pastikan Anda mengingatnya dengan baik, sebab PIN berjumlah 6 digit tersebut masih diperlukan untuk proses selanjutnya. Biasanya akan ada konfirmasi ulang dari mesin ATM terkait dengan aktivasi internet banking bank BNI.

Tunggu Proses Pendaftaran Hingga Selesai

Langkah yang terakhir ini biasanya para pengguna akan mendapatkan struk berisi tentang bukti pendaftaran atau registrasi internet banking bank BNI. Pada bagian dalamnya terdapat informasi mengenai kode tertentu untuk bisa melakukan proses aktivasi dengan mudah.

Setelah melewati semua prosesnya, Anda bisa segera menikmati berbagai fitur layanan di dalamnya seperti dapat melakukan transfer antar bank, membeli pulsa, membayarkan tagihan hingga mengisi voucher Gopay, OVO dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Daftar Internet Banking Bank BNI Melalui Handphone

Cara Daftar Internet Banking Bank BNI Melalui Handphone

Aktivasi internet banking BNI selanjutnya ialah cukup mudah dilakukan oleh sebagian para nasabah yang sudah melek teknologi atau mengikuti perkembangan jaman. Karena jenis layanannya tidak hanya dalam versi desktop, namun juga bisa digunakan oleh sistem mobile. Di antaranya sebagai berikut:

Membuka Aplikasi Terlebih Dahulu

Metode pertama yang biasa dilakukan oleh para nasabah adalah mengunduh software di Google playstore, Appstore dan lain-lain. Cara kerjanya yakni Anda bisa mengetik nama “BNI Mobile Banking” pada mesin pencari tersebut.

Setelah membuka aplikasinya, langkah selanjutnya Anda tingga login ke menu selanjutnya. Ketika melakukan hal ini pastikan jaringan internet Anda stabil agar prosesnya nanti berjalan dengan baik dan lancar.

Memasukkan User ID

Kemudian pada tahap ini, para nasabah akan login dengan cara input password sebanyak kurang lebih 16 angka sesuai dengan kartu ATM. Lalu tekan menu lanjutan dengan klik sebanyak 1 kali saja. lalu setelahnya Anda tinggal menunggu proses selanjutnya.

Terdapat perintah untuk mengirimkan SMS yang nantinya Anda akan mendapatkan kode OTP dengan jumlah digit tertentu. Pada internet banking versi mobile, para pengguna biasanya membuat password maupun pin.

BNI Mobile Banking Bisa Langsung Digunakan

Lalu ketika semua proses dari sistem layanan daftar internet banking bank BNI berhasil dilalui, maka Anda dapat menekan tombol menu selanjutnya. Kemudian tunggu hingga selesai dan aplikasi ini siap digunakan untuk transaksi keuangan.

Jenis dari transaksinya sendiri ini memiliki dua macam. Pertama, adalah transaksi finansial. Lalu yang kedua yakni dalam versi non-finansial. Ketika mengakses aplikasi tersebut pastikan Anda menggunakannya dengan bijak dan hati-hati.

Cara Daftar Internet Banking Bank BNI Melalui Website Resmi

Cara Daftar Internet Banking Bank BNI Melalui Website Resmi

Selain mengunjungi mesin ATM terdekat dan menggunakan aplikasi mobile, biasanya para nasabah lainnya melakukan registrasi BNI internet banking pada situs web ibank.BNI.co.id. karena jenis layanan atau prosedurnya tidaklah rumit dan gampang untuk diikuti berbagai langkah-langkahnya.

  • Mengunjungi web resmi dengan cara mengakses BNI.co.id. Lalu setelahnya Anda akan diarahkan untuk mengikuti petunjuk login pada menu internet banking.
  • Setelah itu tunggu prosesnya hingga muncul pop up menu bertuliskan perintah untuk mengaktivasi internet banking atau mengubah passwort dengan PIN baru pada layar utama.
  • Langkah selanjutnya yakni biasanya para nasabah diminta untuk memasukkan kode aplikasi berjumlah enam sampai delapan digit pada struk ATM.
  • Tak hanya itu saja, juga akan dimintai kode captcha dan PIN dari registrasi internet banking pada proses sebelumnya ketika Anda melakukannya melalui mesin ATM.
  • Kemudian setelahnya sistem biasanya akan mengirim kode OTP (one time password) untuk memudahkan proses aktivasi internet banking. Biasanya diperlukan nomor handphone yang masih aktif agar nantinya code dapat dikirimkan melalui layanan SMS.
  • Setelah mendapatkan kode, langkah selanjutnya adalah memasukkannya ke kolom yang telah disediakan pada laman halaman web. Ketika one time passwordnya sudah benar, maka proses aktivasi internet banking bisa langsung dilanjutkan.
  • Biasanya para nasabah diminta oleh sistem untuk input password sebanyak dua kali proses. Pertama, yakni sebagai opsi kode pilihan dan bagian kedua menjadi alat konfirmasi. Pada perkembangannya, sistem hanya bisa memproses kata sandi dengan jumlah enam sampai dengan delapan digit saja.
  • Setelah Anda telah melakukan input password, sistem layanan akan memunculkan informasi tentang user ID, nomor handphone nasabah, data rekening pengguna hingga alamat emailnya. Jika tidak sesuai, bisa mengulangi proses pembaharuan sebelumnya.
  • Ketika pada fase tersebut sebaiknya para nasabah dapat mengingat password dengan baik. Karena penggunaan PIN seringkali dilakukan pada proses-proses selanjutnya ketika akan
  • Metode selanjutnya yakni Anda akan diberikan pilihan untuk mengaktifkan layanan internet banking pada layar desktop. Jika nasabah ingin merasakan versi mobilenya, dapat menghilangkan tanda klik di menu tersebut.
  • Setelah itu langkah lanjutannya ialah pilih tombol “process” untuk mengaktifkan internet banking milik Anda. Sistem seperti ini telah menunjukkan bahwa layanan telah aktif dan siap digunakan untuk transaksi
  • Kemudian tunggu prosesnya hingga selesai sampai muncul pop up menu BNI m-secure. Jika Anda ingin mencoba atau melakukan mode layanan lainnya dapat berkunjung langsung ke kantor cabang terdekat maupun melalui customer service dari bank BNI.
  • Setelah melewati semua proses tersebut, maka aktivasi internet banking Anda telah berhasil dilakukan. Pada layanan ini nasabah hanya bisa mengecek saldo, informasi semua tagihan dan mutasi rekening saja.

Cara Menggunakan Internet Banking dengan Aman

Pemakain dari layanan internet banking bank BNI ini memang dibuat dengan kemanan tingat tinggi sehingga data pribadi dan keuangan milik Anda tidak akan bocor. Untuk terhindar dari segala tindak kejahatan cyber, terdapat ulasan singkat bagi para nasabah melalui artikel berikut:

Mengecek Aplikasi Internet Banking BNI

Langkah ini sangat dianjurkan bagi para pengguna karena dapat membuat akun Anda tidak mudah dihack atau terjadi pishing oleh hacker. Karena biasanya pihak-pihak tak bertanggung jawab ini sering melakukan tindakan kejahatan dengan cara membuat situs menyerupai laman resmi bank BNI.

Ketika Anda telah mengetahui informasi tentang cara daftar internet banking BNI, maka langkah selanjutnya agar akun selalu aman yakni dengan sering melakukan pengecekan aplikasi tersebut secara berkala.

Rajin Melakukan Scan Secara Rutin

Ketika nasabah sudah aktivasi layanan internet bank BNI, maka data lain yang ada di dalam HP bisa diakses oleh pihak ketiga. Namun untuk mencegahnya dari berbagai virus atau malware tertentu, Anda dapat mengunduh aplikasi sebagai langkah perlindungan tambahan.

Saat computer atau gadget lainnya telah tersusupi oleh malware, maka data nasabah bisa dicuri dan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Data-data tersebut dapat dijual di black market dengan margin keuntungan tertentu.

Tidak Disarankan Menggunakan Wifi Publik

Salah satu hal yang tak dianjurkan bagi para nasabah adalah lebih baik menggunakan jaringan internet sendiri ketika mengakses layanan internet banking. Karena sudah pasti lebih aman dan jarang sekali terjadi kebocoran data.

Tak hanya itu saja, pastikan ketika menggunakan layanan ini, Anda tidak mengunduh atau mengakses program yang berbahaya di dalam computer atau handphone. Karena file tersebut belum jelas keamannya apakah aman atau tidak sama sekali.

Segera Log Out Ketika Selesai Bertransaksi

Ketika Anda sudah melakukan transaksi keuangan, sebaiknya langsung keluar dari layanan tersebut. Hal ini bertujuan agar informasi atau data Anda tidak bisa diakses maupun digunakan oleh orang lain. Saat proses itu terjadi pastikan pengguna tidak terburu-buru saat menutup laman.

Tak hanya itu saja, para pengguna dapat melakukan cara extra seperti menggunakan papan ketik virtual dalam handphone Anda. Karena pelaku tindak kejahatan ini memiliki kemampuan untuk membaca atau mencuri nasabah nasabah secara halus.

Selalu Menjaga Password Internet Banking

Merupakan langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk merahasiakan data Anda. Saat hendak mengaksesnya pastikan tidak memberitahukan sandui ke orang terdekat seperti teman, keluarga dan lain-lain.

Selain itu, juga jangan memberi informasi kepada pihak atau petugas bank sekalipun. Kemudian Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur lainnya yakni dapat mengubah kata sandi secara berkala untuk menghindari hal tersebut terjadi.

Cara Aktivasi Internet Bank BNI dengan Mudah

Cara Aktivasi Internet Bank BNI dengan Mudah

Setelah proses pendaftaran berhasil, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah Anda harus mengaktifkan layanannya. Aktivasi tersebut sangat dianjurkan dilakukan agar para pengguna dapat mengakses lebih cepat dan leluasa. Secara garis besar, metodenya yakni:

  • Anda harus mengunjungi situs web resmi milik Bank BNI terlebih dahulu di BNI.co.id.
  • Lalu langkah selanjutnya yaitu memilih menu “E-Banking”.
  • Setelah input ke dalam halaman tersebut, Anda dapat mengklik kolom login data diri.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai sampai muncul pop up menu “click here”. Para pengguna dapat mengunakan fitur ini untuk mengganti perubahan password atau melakukan aktivasi internet banking bank BNI.
  • Input user ID beserta password yang Anda dapatkan dari pendaftaran internet banking melalui customer service atau mesin ATM pada proses sebelumnya.
  • Untuk proses verifikasi data, Anda bisa mendaftarkan nomor handphone yang masih aktif. Hal ini bertujuan agar pengguna mendapatkan kode OTP melalui short message services (SMS).
  • Setelah mendapatkan kode, input password pada kolom yang telah disediakan sebanyak 2 kali. Lalu selanjutnya tinggal tekan tombol “process”.
  • Tunggu semua prosesnya hingga beberapa saat, setelanya akun Anda siap digunakan untuk melakukan transaksi keuangan dengan menggunakan layanan internet banking.

Cara daftar internet banking BNI ini dapat dilakukan dengan berbagai metode sehingga nasabah pastinya akan merasa dimanjakan dengan kemudahan yang ada. Namun perlu diketahui juga, kadang kala kebijakan dari pihak BNI bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, alangkah baikknya jika berkonsultasi langsung dengan pihak tersebut.

Tinggalkan Balasan