Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Diposting pada

Cara Daftar Internet Banking Mandiri – Apakah Anda nasabah bank mandiri? Bila iya, sudahkah mengikut semua program layanan dari Bank Mandiri? Atau minimal tahu apa manfaatnya? Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Bank Mandiri, salah satu bank yang masuk jajaran bank terbesar di Indonesia. Nasabahnya pun tidak sedikit. Beberapa program layanan yang diberikan bank mandiri tentu menguntungkan untuk para nasabah sehingga tak heran pertumbuhannya sangat baik. Nah, bila Anda nasabah bank ini, apakah Anda sudah tahu apa saja program layanannya? Khususnya yang berkaitan dengan perkembangan internet seperti sekarang.

Ada salah satu program layanan yang dinamakan internet banking mandiri. Layanan ini sangat memudahkan nasabah dalam bertransaksi secara online dan tidak perlu mendatangi kantor cabang atau pusat. Hanya tinggal klik dan mengikuti arahan yang diminta, transaksi dapat dilakukan dengan cepat, dimanapun dan kapanpun.

Internet Banking Mandiri, Kemudahan Bertransaksi Secara Online

Internet Banking Mandiri

Internet Banking atau IB Mandiri merupakan salah satu program terobosan yang memanfaatkan peluang teknologi sehingga mendukung layanan finasial jarak jauh. Dengan mandiri Ib, nasabah bisa melalukan berbagai transaksi hanya melalui handphone atau laptop yang sudah terkoneksi dengan internet. Sehingga kemudahan bertranskasi hanya dengan klik mandiri bisa dilakukan sangat cepat.

Menguntungkan sekali kan? Apalagi bila Anda sangat sibuk namun harus bertransaksi saat itu juga.

Sementar itu, mandiri banking yang dapat diakses diantaranya mandiri internet banking untuk nasabah perorangan dan mandiri internet banking untuk bisnis. Lantas, bagaimana sih cara daftar internet banking mandiri?

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Bila sudah menjadi nasabah bank mandiri, sayang sekali kalau Anda tidak memanfaatkan layanan ibanking mandiri. Program yang bisa memudahkan ini, mudah juga ko untuk mendaftarnya.

Baca Juga: MCM Mandiri

Cara membuat internet banking mandiri bisa dilakukan secara offline atau online. Bila ingin offline tentu Anda harus mendatangi kantor cabang terdekat untuk bertemu dengan teller dan meminta bantuan pendaftaran program. Sementara bila ingin melakukannya sendiri bisa dengan langkah-langkah berikut:

1. Pertama, bukalah website resmi mandiri ib.bankmandiri.co.id

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

2. Selanjutnya bila Anda sudah membuka laman webnya, silahkan pilih “Pengguna Baru atau Registrasi Ulang”, lanjut dengan memilih tombol “Silahkan klik di sini”

3. Lalu Anda akan diarahkan pada halaman aktivasi mandiri internet, Anda akan diperlihatkan apa saja syarat dan ketentuannya. Bila setuju silahkan klik tombol “setuju”

Cara Daftar Internet Banking Mandiri2

4. Inputlah acces ID Anda yaitu 16 digit dan acces code internet banking atau PIN Anda. Bila sudah, Anda bisa langsung pilih aktifkan.

Cara Daftar Internet Banking Mandiri3

5. Setelah proses di atas dilakukan, nantinya akan muncul sebuah laman yang meminta Anda untuk mengisi user ID, PIN Internet Banking dan juga alamat surel aktif yang digunakan. Setelah itu, Anda bisa pilih tombol kirim.

6. Terakhir, Anda tinggal menunggu hingga pernyataan aktivasi internet banking telah berhasil.

Namun, biarpun melakukan pendaftaran secara online, sebenarnya Anda juga membutuhkan datang ke kantor cabang bank mandiri terdeket. Loh kok kenapa harus?

Ya, nantinya setelah mandiri internet banking Anda diaktivasi maka akan muncul laman yang menyatakan aktivasi tersebut di kantor cabang. Anda harus mengisi form isian aplikasi internet banking dan juga sms banking. Agar tidak bolak-balik, Anda juga sebaiknya membawa identitas diri, pastikan juga bahwa alamat surel Anda aktif agar bisa menerima kode aktivitas dan mengaktifkan fitur transaksi yang ada.

Nah, secara umum transaksi dengan menggunakan internet banking mandiri ini bisa diakses semua nasahah dengan gratis. Namun bila Anda ingin membeli token saat awal pendaftaran atau saat datang ke teller, Anda harus membelinya seharga 20 ribu rupiah, hanya dibayarkan satu kali saja. Sementara bila token hilang maka Anda harus membayar 100 ribu rupiah.

Apa sih token itu? Ini merupakan sebuah alat yang akan menambah lapisan pengaman. Sebagai nasabah mandiri, Anda hanya memerlukan one time password dan PIN dinamis saat hendak melakukan transaksi keuangan.

Syarat-Syarat Pendaftaran Mandiri Internet Banking

Ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan nasabah sejak awal pembuatan mandiri internet banking. Beberapa syarat tersebut adalah:

  1. Nasabah harus sudah mengisi dan juga menandatangani form aplikasi internet banking dan juga sms banking yang bisa didapatkan dikantor cabang terdekat atau juga bisa didapatkan lewat situs internet bankin mandiri yaitu bankmandiri.co.id. Pendaftar online pun tetap harus mengisi ya.
  2. Nasabah harus menunjukan identitas diri sebagai bentuk persyaratan. Bisa KTP, SIM, Paspor atau KIMS, serta bukti kepemilikan rekening.
  3. Setiap nasabah sebagai pemegang rekening tabungan gabungan harus mengisi form aplikasi internet mandiri dan sms banking, untuk bisa mendapatkan User ID dan juga PIN yang berbeda
  4. Nasabah harus memberikan alamat surel aktif untuk pendaftaran
  5. Saat nasabah sudah mendapatkan access ID dan access code dari Bank, nasabah bisa langsung menggunakannya untuk aktivitasi pada situs web mandiri interne banking.

Bagaimana, Anda sudah cukup memahami kan apa saja sih syaratnya dan bagaimana cara mendaftarkan pada program layanan ini?

Tapi tahukah Anda, meskipun sudah jelas akan kemudahannya. Beberapa nasabah masih saja ada yang merasa takut menggunakan layanan transaksi online dengan berbagai macam alasan, salah satunya adalah karena takut kebobolan. Namun sebenarnya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan bila bank yang bersangkuatn memiliki keamanan super ketat. Bagaimana dengan keamanan Bank Mandiri?

Keamanan Menggunakan Internet Banking Mandiri

Keamanan Menggunakan Internet Banking Mandiri

Soal keamanan memang harus sangat dipertimbangankan. Oleh sebab itulah Mandiri sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia menjamin akan keamanan dari layanan internet bankingnya.

Tiap transaksi pada mandiri internet banking ini sudah dilindungi dengan program internasional yang mempunya standar SSL 3.0 dan juga dengan enskrip 128 bit. Sistem ini adalah salah satu system yang cukup canggih digunakan sekarang ini dan memungkinkan untuk tiap informasi finansial miliki nasabah yang sedang berjalan tidak akan mudah diretas oleh hacker.

Selain itu, tiap nasabah atau user juga akan mendapatkan User ID dan password unik. Dengan demikian untuk terjadi duplikasi pengguna mandiri internet banking sangat tidak mungkin. User juga hanya mempunyai kesempatan sebanyakan 3 kali saat hendak memasukan password, sehingga bila ada sesuatu yang mencurigakan rekening nasabah akan langsung terblokir secara otomatis.

Nasabah mandiri internet banking juga tiap melakukan transaksi keuangan sangat dianjurkan menggunakan tambahan pengaman berupakan token. Selain lebih aman juga lebih mudah tentunya.

Pemanfaatan teknologi canggi yang menghadirkan program layanan mandiri ib atau mandiri online sangat memberi kemudahan untuk para nasabah tentunya. Benarkan? Termasuk Anda sendiri? Bank manapun, sekarang ini memang sudah harus bisa menyesuaikan dengan teknologi. Kalau tidak bisa menyesuaikan, bisa saja nasabah malah berpindah ke bank lain yang memiliki system dan layanan yang lebih baik.

Program Layanan Lain untuk Nasabah Bank Mandiri

Nah, selain IB mandiri online, Bank Mandiri juga memiliki beberapa program layanan lain khusus untuk para nasabah. Apa saja sih?

Mandiri USD Direct Settlement

Adalah sebuah produk layanan transaksi untuk mengirimkan uang dari Bank Mandiri kepada Bank Koresponden local yang ada di Indonesia, atau sebaliknya dalam valuta USD tanpa harus lewat depository atau koresponden.

Kontra Garansi

Adalah sebuah produk layanan yang memberikan fasilitas Counter Guarantee yang diterbikan Bank Mandiri agar bisa menjamin penerbitan Bank Garansi bank lain. Ini tentunya dibutuhkan nasabah, khususnya untuk memenuhi syarat kontrak atau proyek usaha.

BG a/d Kontra Garanso

Adalah produk layanan untuk penerbitan Bank Garansi Bank Mandiri, biasanya beberapa nasabah membutuhkan ini. Jaminan akan menggunakan kontra garansi ini dalam bentuk BG atau pun L/C dari bank lainnya.

Mandiri Confirm LC/SKBDN

Adalah produk layanan untuk penambahan atau pemberian konfirmasi atas LC/SKBDN yang sudah diterbitkan oleh pihak bank koresponden yang mana sudah diberikan commercial line.

Mandiri Forfiting

Adalah sebuah produk layanan transaksi dan pembelian hak tagih yang berdasar pada dokumen perdagangan berjangka yang sudah mendapatkan akseptasi berupa B/A dari pihak bank koresponden mau pun bank mandiri.

Giro Vostro

Adalah produk layanan dari bank mandiri untuk nasabah yang ingin membuka rekening giro dalam berbagai jenis mata uang atas nama Lembaga keuangan atau financial intitutions baik bank atau bukan bank.

Collection Latter

Adalah produk layanan bank mandiri untuk nasabah agar bisa melakukan penagihan berbasis collection atas warkat dan dalam bentuk mata uang rupiah atau pun mata uang asing dengan ketentuan collectionnya akan mengacu pada uniform rules for collection atau URC.

Cash Letter

Adalah produk layanan dari bank mandiri untuk nasabah agar bisa melakukan penagihan berbasi cash letter atau under cash letter basis atas warkat dalam berbagai jenis mata uang dengan ketentuan mengacu pada URD atau Uniform Rules for Collection.

Mandiri Bilateral Trade Financing

Adalah produk layanan untuk pembiayaan berjangka pendek pada pihak bank koresponden dalam atau pun luar negeri yang sudah memenuhi acceptance criteria. Baik menggunakan assignment of Banker’s Acceptance (BA) atau tanpa menggunakannya dari issuing bank dengan syarat menyerahkan List of Transaction (Export/Import).

Mandiri Export Credit Agency (ECA)

Adalah produk layanan atau fasilitas yang diberikan bank mandiri pada nasabah. Fasilitas berupa pembiayaan impor jangka Panjang dari pihak bank koresponden atau lender pada pihak bank mandiri atas dasar kontral dagang baik antara exportir di negara asal lender dan atau negara lainnya yang memang disetujui oleh pihak lender dengan importir yang berasal dari Indonesia.

Mandiri UPAS Finacing

Adalah salah satu program pembiayaan pada bank koresponden baik di dalam atau pun luar negeri yang memenuhi acceptance criteria atas dasar transaksi LC/SKBDN usance payable at sight atau UPAS LC/SKBDN.

Mandiri Risk Participant

Adalah salah satu jenis transaksi penjualan atau pembelian asset mapun tagihan antar bank dengan pihak bank koresponden baik dalam maupun luar negeri yang memang sudah memenuhi acceptance criteria yang sudah ditetapkan.

Fasilitas Intraday

Adalah fasilitas yang diberikan pada nasabah berupa pemberian fasilitas talangan atas rekening giro operasional dan atas nama perusahaan sekuritas yang harus diselesaikan pada hari akhir yang sama. Nantinya akan digunakan sebagai dana talangan untuk melakukan penyelesaian transaksi pasar modal.

Fasilitas Overnigt

Adalah fasilitas yang diberikan oleh bank mandiri dalam bentuk saldo debet pada rekening nasabah yang dilunasi pada hari kerja berikutnya dan bisa diperpanjang kurang lebih hingga 3 hari kerja.

Kredit Menggunakan Agunan Deposito

Adalah layanan fasilitas yang diberikan bank mandiri dalam bentuk cash loan atau kredit. Bentuknya bisa valuta rupiah atau pun valuta asing yang diberikan pada nasabah dengan bentuk badan usaha, baik berbadan hukung atau tidak. Atau juga bisa usaha perseorangan yang berdasar pada ketentuan hukum Indonesia dengan agunan deposito berjangka yang diterbitkan bank.

Kredit Modal Kerja Jangka Pendek atau KJP

Adalah produk layanan bank mandiri yang memberikan fasilitas kredit modal kerja untuk nasabah dalam bentuk valuta rupiah atau pun US Dollar yang diberikan pada nasabah untuk kebutuhan modal kerja jangka pendek.

Bank Pembayaran

Adalah produk layanan untuk nasabah dalam bentuk fasilitas layanan sebagai bank, ditunjukan oleh PT Kustodi Sentral Efek Indonesia atau KSEI untuk bisa melaksanakan proses pembayaran dana dalam rangka penyelesaian transaksi pasar modal.

Agen Penjaminan

Adalah produk layanan yang diberikan pada nasabah berupa fasilitas penyimpanan, pemeliharaan dan juga pengadministrasian barang dan atau dokumen yang dijadikan jaminan oleh nasabah pada pihak lain yang berhubungan dengan transaksi bilateral atau multilateral.

Wali Amanat

Adalah produk atau layanan dari bank mandiri dalam bentuk fasilitas untuk bisa mewakili kepentingan investor sebagai pemegang obligasi yang ditawarkan secara umum atau pun dibeli antar pihak (privat placement). Bisa juga melaksanakan fungsi agen pembayaran untuk pokok obligasi dan juga kupon bunga yang sudah disesuaikan dengan amanat emiten. Khususnya bila obliges yang tidak dijual pada public atau umum atau privat placement.

Receiving Bank

Adalah produk atau layanan penerimaan setoran dana atas pemesanan pembelian saham perdana atau initial public offering dari investor.

Pinjam Meminjam Efek

Adah produk atau layanan dari bentuk fasilitas pinjam meminjam efek atau disingkat PME. Adalah satu satu produk yang derivative dari transaksi pada bursa efek yang bertujuan untuk mendukung segala pemenuhan kebutuhan efek angora bursa dan juga memaksimalkan retur atas investasi efek oleh investor yang diselenggarakan pihak PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

Sub Kustodi Euroclear

Adalah produk atau layanan dalam bentuk kustodi bank mandiri selaku direct member Euroclear, brussels-belgia, yang memberi jasa simpan pengadministrasian dan juga settlement efek yang didagangkan dan juga terdaftar pada Euroclear bank dalam berbagai macam bentuk valuta.

SBI & Government Bond Sub Registry

(Sub Registry untuk Surat Utang Negara/SUN, dan Sertifikat Bank Indonesia/ SBI)

Adalah layanan produk dimana mandiri sebagai sub registry atas penyimpanan, pengadministrasian dan juga penyelesaian transaksi atas nasabah pada surat utang negara atau SUN dan juga sertifikat bank Indonesia atau SBI. Bank Indonesia sendiri akan bertindak sebagai central registrasi.

Baca Juga: Halo BCA

Selain 23 produk layanan bank mandiri di atas, masih ada banyak layanan yang bisa nasabah nikmati.

Di samping itu, untuk memudahkan keseharian, tentu saja layanan internet banking mandiri bisa sangat memudahkan untuk Anda. Jadi, yuk segera rasakan layanan bertransaksi tanpa ribet menggunakan IB Mandiri! Sekian artikel kami tentang cara daftar Internet Banking Mandiri. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan