Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Sistem perbankan di Indonesia terus mengalami perubahan dan kemajuan setiap tahun. Mereka berlomba memakai banyak inovasi agar mempermudah nasabah dalam bertransaksi, tidak terkecuali bank Mandiri. Salah satu fasilitasnya adalah cara daftar SMS Banking Mandiri yang dikeluarkan oleh bank swasta tersebut cukup memudahkan konsumen.

Beberapa Syarat Pendaftaran Layanan SMS Banking Mandiri

Beberapa Syarat Pendaftaran Layanan SMS Banking Mandiri

Akhir-akhir ini, layanan SMS Banking banyak diminati masyarakat karena telah menawarkan kemudahan dalam bertransaksi. Mereka tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk ke bank dan membayarkan atau mengirimkan sejumlah uang. Sebelumnya, perhatikan pula syaratnya berikut ini:

Memiliki Rekening Sendiri

Sebelum Anda memiliki akun untuk SMS Banking sendiri, tentunya harus punya rekening sendiri. Jenisnya bisa bermacam-macam, tergantung keperluan masing-masing. Mulai dari tabungan biasa, Giro, Deposito dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mandiri Cash Management

Jangan lupa pula, Anda harus memiliki SIM card yang bisa diakses untuk sms Banking Mandiri. Kemudahan ini bisa dirasakan oleh semua nasabah bank tersebut karena semua kartu prabayar bisa digunakan untuk mengaksesnya.

Memiliki ATM Sendiri

Bank Mandiri membuka dua cara bagi setiap orang yang ingin memiliki akun SMS Banking sendiri yaitu lewat rekening biasa dan dapat didaftarkan melalui cabang terdekat atau langsung mendaftar ke ATM. Untuk satu ini, nasabah harus punya kartu sendiri.

Anda bisa membuat ATM Mandiri melalui bank pusat atau cabang yang ada di masing-masing daerah. Caranya pun cukup mudah, bawa persyaratan seperti KTP, SIM, Passport atau data yang menunjukkan identitas diri serta buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening.

Cara Mendaftar SMS Banking Mandiri Melalui Kantor Cabang

Cara Mendaftar SMS Banking Mandiri Melalui Kantor Cabang

Seperti yang sudah disinggung di atas, Bank Mandiri membuka dua cara bagi para nasabahnya yang ingin memiliki akun SMS Banking sendiri. Cara pertama adalah dengan mendatangi kantor cabang terdekat lalu melakukan langkah-langkah berikut ini:

Kunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri Terdekat

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat akun SMS Banking di Bank Mandiri adalah membawa persyaratan lebih dulu seperti penjelasan di atas. Setelahnya, tinggal berkunjung ke kantor cabang terdekat. Ambil nomor antrian lalu ikuti arahan petugas.

Pemohon hanya tinggal duduk hingga nomor antrian tersebut dipanggil oleh customer service. Bilang pada mereka bahwa Anda ingin membuka akun untuk SMS Banking. Serahkan persyaratan yang telah dibawa sebelumnya kepada petugas.

Isi Formulir Pengajuan SMS Banking

Selanjutnya, petugas customer service akan memberi Anda beberapa formulir untuk diisi. Isikan data diri sesuai dengan kolom dan kartu identitas yang telah dibawa sebelumnya. Pastikan pengisiannya benar-benar seuai informasi agar tidak ada kesalahan selanjutnya.

Setelah semua data terisi sempurna, petugas akan menanyai Anda perihal SIM card yang akan digunakan untuk layanan Mandiri SMS Banking. Beruntungnya, bank tersebut bekerjasama dengan banyak operator sehingga transaksi bisa dilakukan dimanapun dan oleh kartu apapun.

SMS Banking bisa Digunakan

Anda hanya tinggal menunggu sejenak sampai customer service selesai mengatur SIM card agar terhubung dengan layanan SMS Banking dari Mandiri. Jika sudah selesai maka pemohon bisa mendapat PIN yang digunakan untuk bertransaksi nantinya.

Selain mendapatkan PIN dari Mobile Banking Mandiri, Anda juga bisa menggunakan nomor tersebut untuk masuk ke aplikasi resmi milik bank yang dapat langsung diunduh dan diinstal melalui Play Store. Aktifasi sekalian agar transaksi dapat lebih leluasa.

Cara Mendaftar SMS Banking Mandiri Melalui ATM

Cara Mendaftar SMS Banking Mandiri Melalui ATM

Selain mendaftar secara manual melalui kantor cabang terdekat, Anda juga bisa memiliki akun SMS Banking sendiri bila mendaftarkannya lewat ATM. Bahkan pemohon tidak perlu mengunduh aplikasinya lagi jika ingin bertransaksi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Kunjungi ATM Terdekat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari ATM Mandiri terdekat. Sebisa mungkin gunakan langsung mesin berlogo bank tersebut agar penanganannya lebih mudah. Pastikan bahwa pemohon punya kartu sendiri. Jika belum segera urus di kantor cabang.

Masukkan kartu seperti Anda biasanya bertransaksi. Pilih bahasa Indonesia atau Inggris lalu tekan nomor PIN dengan benar. Kali ini, pilihlah Transaksi Lainnya pada deretan menu yang ada. Setelah itu, klik opsi Pendaftarkan e-Banking untuk proses selanjutnya.

Buat Akun Mobile Banking

Di dalam menu yang telah Anda pilih tadi, tekan opsi Mandiri mobile Banking untuk pemrosesan selanjutnya. Setelah itu, mesin ATM akan meminta pemohon untuk memasukkan nomor ponsel mereka ke sana. Teliti dulu sebelum menekan tombol selanjutnya agar tidak keliru.

Baca Juga: Mandiri Call: Call Center Bank Mandiri 24 Jam

Setelah diminta memasukkan nomor telefon, mesin tersebut juga menyuruh Anda untuk menginput ulang PIN masing-masing. Pemohon bisa membuatnya sama atau berbeda dengan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mengamankan akun SMS Banking nasabah.

Isi Format yang Diminta

Sebelumnya, Anda akan ditanya oleh mesin ATM tersebut apakah pemohon ingin menerima pemberitahuan melalui SMS berupa saldo minimal layanan mobile Banking (Rp. 1.000.000). Lalu, isikan tanggal lahir dalam format DD/MM/YY atau hari/bulan/tahun sesuai kolom yang disediakan.

Jika sudah dimasukkan semuanya, Anda hanya tinggal menunggu hingga terdapat SMS pemberitahuan masuk dari Bank Mandiri bahwa mobile Banking tersebut sudah aktif. Sekarang, nasabah dapat mengecek saldo dan mutasi tanpa bingung mencari ATM terdekat.

Bila Anda masih merasa bingung dengan langkah-langkah yang tertera di atas, jangan khawatir karena Bank Mandiri akan siap membantu nasabahnya. Pemohon bisa langsung mengunjungi kantor cabang terdekat untuk menanyakannya atau hubungi call centre 14000.

Beberapa Ketentuan Layanan SMS Banking dari Mandiri

Dalam mengeluarkan layanan SMS Banking ini, tentunya Bank Mandiri memiliki ketentuan dan harus diikuti setiap nasabah yang memiliki akun tersebut di ponsel mereka. Beberapa peraturan tersebut adalah sebagai berikut:

Hanya untuk Transaksi Finansial dan Non-finansial oleh Bank

Layanan SMS Banking yang sudah Anda miliki tersebut bisa digunakan hanya untuk beberapa transaksi finansial dan non-finansial seperti mengecek saldo, transfer, mutasi dan beberapa lainnya. Semua keterangan bisa ditanyakan langsung pada customer service ketika mendaftar.

Semua transaksi finansial dan non-finansial yang bisa dilakukan langsung melalui layanan SMS Banking tersebut. Ini sudah dapat dilaksanakan apabila nasabah memiliki PIN untuk menjalankannya. Anda juga boleh mengganti nomor tersebut melalui mesin PINPad dari Bank Mandiri.

Transaksi Harus Tepat dan Lengkap

Perintah yang ada pada layanan tersebut memang bermacam-macam ketika Anda baru saja membuka menunya. Oleh karena itu, sebelum melakukan hal itu pengguna wajib meneliti dulu bagaimana format SMS Banking Mandiri. Jika salah maka akan berpengaruh pada transaksinya.

Pastikan pula bahwa data yang Anda masukkan pada layanan SMS Banking tersebut telah benar. Bank Mandiri tidak akan bertanggung jawab jika terdapat kesalahan input ketika melakukan transaksi lewat fasilitas tersebut. Segala dampak adalah tanggungan nasabah.

Segala Transaksi Menjadi Tanggung Jawab Nasabah

Apabila data yang dimasukkan telah dirasa benar, maka pihak bank akan meminta Anda untuk memasukkan nomor PIN lewat aplikasi maupun layanan SMS Banking sebagai persetujuan bahwa transaksi tersebut sah. Semua hal di atas tidak dapat dibatalkan sebelah pihak.

Data yang telah Anda masukkan dalam transaksi melalui aplikasi maupun layanan SMS Banking akan tersimpan pada database Bank Mandiri sama seperti pelayanan lainnya. Nasabah tidak dapat mengganggu gugat hal tersebut kecuali jika mereka bisa melampirkan bukti kesalahan.

Beritahukan Segera Pada Bank Apabila Merasa Ada yang Ganjil

Dalam transaksi yang dilakukan melalui aplikasi maupun layanan SMS Banking, pihak bank tidak memiliki kewajiban untuk meneliti keabsahan atau kelengkapan data. Karena hal itu telah menjadi tanggung jawab nasabah masing-masing.

Apabila Anda menemukan ada suatu hal yang ganjil dari transaksi tersebut serta nasabah merasa tidak melakukannya sama sekali, maka mereka berhak melaporkannya langsung pada call centre Mandiri di 14000. Lampirkan sekalian segala bukti mengenai kesalahan tersebut.

Bank Berhak Membatalkan Transaksi Nasabah

Segala cara SMS Banking Mandiri dan transaksi yang terlibat dalam layanan bisa saja dibatalkan secara sepihak oleh bank apabila terdapat indikasi penipuan atau penyalahgunaan data di dalamnya. Aksi-aksi kejahatan akan langsung dilaporkan dan ditindak tegas oleh pihak berwajib.

Pihak bank juga bisa membatalkan segala perintah transaksi yang berkaitan dengan SMS Banking maupun layanan melalui aplikasi apabila saldo dalam tabungan nasabah tidak memenuhi batas normal. Jadi usahakan terdapat minimal Rp 1.000.000,- pada ATM Anda.

Nasabah akan Mendapatkan Bukti Apabila Transaksi Berhasil

Apabila transaksi yang Anda lakukan di layanan SMS Banking atau aplikasi dari Bank Mandiri telah berhasil, maka pihak mereka akan memberi bukti berupa nomor referensi jika sudah selesai bertransaksi. Nasabah mendapatkannya melalui kiriman inbox atau kotak masuk.

Pastikan pula jika kotak masuk atau inbox Anda tidak penuh serta jaringan GSM maupun CDMA nasabah berada dalam kondisi bagus. Jika sudah begitu, maka semua perintah yang telah pemohon lakukan melalui layanan SMS Banking dianggap sebagai bukti.

Segala Penyalah Gunaan Ponsel atau PIN Menjadi Tanggung Jawab Nasabah

Ponsel dan PIN yang telah Anda dapatkan sudah sepatutnya menjadi tanggung jawab masing-masing nasabah. Apabila terdapat penyalah gunaan pada keduanya, maka hal tersebut tidak bisa digugatkan, dibebankan, dituntut atau meminta ganti rugi kepada Bank Mandiri.

Jika Anda menemukan sebuah transaksi tunai atau non-tunai yang mencurigakan serta tidak pernah merasa jika melakukan semua itu, maka nasabah berhak melaporkannya langsung pada Bank Mandiri dengan datang ke kantor cabang terdekat atau telefon call centre di 14000 segera.

Ketentuan Lain yang Biasanya Luput dari Pengetahuan Nasabah

Selain beberapa cara daftar SMS Banking Mandiri di atas, ada pula ketentuan tambahan yang biasanya luput dari pengetahuan Anda, yaitu pihak bank punya wewenang untuk mengubah limit transaksi pada setiap layanannya atas seluruh pertimbangan sendiri tanpa melibatkan nasabah.

Selanjutnya, operator baik dalam layanan GSM maupun CDMA berhak menarik biaya SMS pada setiap transaksi yang telah dilakukan oleh nasabah. Hal tersebut bukan hanya berlaku jika berhasil saja namun juga ketika layanan tidak dapat dilakukan oleh bank saat itu.

Keuntungan Menggunakan SMS Banking Mandiri

Bank Mandiri memang selalu mengutamakan yang terbaik untuk nasabah-nasabahnya salah satunya dengan menghadirkan layanan SMS Banking seperti ini. Tentunya, Ia juga memiliki banyak keuntungan bagi para penggunanya seperti berikut:

Efisien dalam Setiap Transaksi

Kebanyakan orang yang akan melakukan transaksi keuangan akan langsung mengunjungi kantor cabang atau pusat Bank Mandiri terdekat. Mereka juga bisa melakukanny lewat ATM di seluruh penjuru Indonesia. Selain itu ada pula layanan lain berupa SMS Banking.

Dengan adanya SMS Banking dari Bank Mandiri tentunya makin memudahkan banyak pihak dalam melakukan transaksi, meskipun mereka sedang berada di tempat yang jauh ATM maupun kantor cabang. Penggunaan layanan ini juga dirasa sangat efisien bagi nasabah.

Anda yang sudah terdaftar pada layanan SMS Banking dan memiliki PIN, maka boleh melakukan transaksi apapun di sana. Cukup dengan membayar biaya operator serta notifikasi pada ponsel masing-masing sebesar Rp. 500,- saja.

Praktis dalam Setiap Transaksi

Jaman sekarang banyak orang mengutamakan kepraktisan dalam bertransaksi. Tidak perlu banyak persyaratan yang harus dibawa atau setor uang secara tunai. Selain hal tersebut bisa Anda lakukan melalui ATM, nasabah juga dapat melakukakannya lewat SMS Banking.

Melalui layanan SMS Banking ini, Anda bisa melakukan transaksi tunai maupun non-tunai yang telah disepakati oleh Bank Mandiri hanya melalui ponsel saja. Pastikan nomor operator GSM atau CDMA terdaftar agar dapat mengirim dan menerima rupiah dimanapun dan kapanpun.

Pengaplikasian cara SMS Banking Mandiri pun juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengetik “SMS” atau tekan Pilih Menu pada aplikasi. Lalu ketik kode transaksi sesuai yang dibutuhkan. Setelahnya, pihak operator akan menjawab permintaan nasabah tadi dengan segera.

Bisa Digunakan oleh Beragam Operator

Di sini Bank Mandiri memberikan nasabahnya kemudahan untuk menggunakan layanan SMS Banking mereka yakni mereka telah bekerja sama dengan banyak operator kartu GSM dan CDMA agar dapat dinikmati penggunanya secara mudah serta efisien.

Semua transaksi yang nasabah lakukan dapat dinikmati melalui beberapa operator berikut seperti pengguna Telkomsel, Life in Hand XL, Matrix serta Mentari dari Indosat. Pastikan Anda memilih salah satu diantara SIM Card tersebut untuk menikmati beragam kemudahannya.

Transaksi yang Bisa Dinikmati

Beragam transaksi yang biasanya harus Anda bayarkan melalui bank maupun ATM, sekarang bisa langsung dilakukan hanya dengan mengetikkan SMS pada ponsel seperti mengirim pesan biasa. Nasabah jadi lebih mudah melakukannya dimanapun dan kapanpun.

Beragam transaksi yang bisa Anda lakukan melalui layanan SMS Banking Mandiri adalah transfer antar rekening dan beda bank, cek saldo tabungan, valas, pinjaman, info tagihan, suku bunga deposito bahkan mengetahui kurs valuta asing dari berbagai belahan dunia.

Anda juga akan mendapatkan notifikasi berkala dari layanan SMS Banking berupa pendebitan atau pengkreditan di atas nilai tertentu, penolakan cek maupun bilyet giro, waktu jatuh tempo rekening deposito, serta posisi saldo terkini.

Melakukan Pembayaran dan Pembelian dalam Genggaman

Setelah tahu cara daftar SMS Banking Mandiri dan melakukan pendaftaran di sana, Anda tidak hanya bisa melakukan beragam transaksi tunai atau non-tunai yang harus berhubungan dengan bank saja, namun juga pembelian serta pembayaran tagihan bulanan.

Contohnya saja seperti pembayaran tagihan Mandiri Visa, Telkom, kartu pascabayar Flexi, KartuHALO, Matrix, Xplor, Fren, Esia, StarONE, booking tiket maskapai Garuda, Air Efata, AirAsia, AdamAir, Merpati, Travel Agent dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Selain itu, tagihan seperti PLN, PBB, harian Kompas, XL Kita, IndosatNET, CBN, Internet, Vision, IndoVision, asuransi Multiartha, AXA Mandiri, uang kuliah di Bina Sarana Informatika, Perbanas Jakarta sampai Amikom Jogja juga bisa dibayarkan langsung melalui SMS Banking.

Semua kemudahan bisa Anda dapatkan langsung apabila tahu bagaimana cara daftar SMS Banking Mandiri dan menjadi bagian di sana. Beragam transaksi tunai dan non-tunai, pembayaran tagihan serta pembelian dapat dilakukan hanya dari genggaman saja.

Tinggalkan komentar