Cara Marketing Online Cepat Sukses

Strategi Cara Marketing Online Cepat Sukses
13Apr, 2020

Untuk menjadi seorang pebisnis sukses dengan omset ratusan juta, Anda perlu mempelajari strategi trik dan teknik cara marketing online sejak dini. Meskipun membutuhkan kerja ekstra serta kesabaran lebih banyak, akan tetapi dengan keyakinan yang kuat hasil manis pasti sudah menunggu di depan mata.

5 Aturan dalam Marketing Online yang Wajib Diketahui

Marketing Online

Sebelum menginjak pembahasan mengenai kiat sukses dalam menjalankan marketing online, Anda perlu mengetahui lebih dahulu aturan dasar yang perlu dilakukan supaya bisnis tersebut memiliki peluang kesuksesan besar. Dengan begitu, trik serta teknik akan menjadi lebih mudah diterapkan.

Baca Juga: Apa Itu Niche Market

Berikut penjelasan mengenai aturan-aturan di bidang marketing online tersebut:

Jadilah Produsen Produk Pertama

Aturan pertama dan sangat perlu diperhatikan terkait jenis produk Anda adalah sebelum membuka usaha, pastikan melakukan pengamatan lebih dahulu mengenai kebutuhan apa yang diperlukan di lingkungan sekitar. Jika  belum ada produsennya, maka wilayah tersebut akan menjadi ladang basah.

Ukuran kata ‘pertama’ yang dimaksud disini ialah belum terdapat dalam suatu wilayah tertentu. Semakin luas cakupan tersebut, maka lebih baik. Misalnya saja produsen makanan ayam, industri roti khas daerah lain atau justru penemuan kuliner baru dan belum pernah ada di dunia ini.

Melakukan Inovasi Kreatif

Apabila Anda memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan menginginkan menjadikannya komoditas bisnis online, maka jangan lupa untuk membuat sebuah inovasi. Alasannya supaya calon konsumen memiliki alasan serta daya tarik mengapa harus mencoba produk tersebut dibandingkan tempat lain.

Inovasi ini perlu diperhatikan dalam ragam jenis apapun. Misalkan saja martabak dengan perpaduan cita rasa Indonesian food dan chinese, tunik dengan mode unik nan khas atau produk komoditas lain yang sudah tersedia namun dimodifikasi sedemikian rupa sehingga nampak lebih fresh dan baru.

Melakukan Marketing Sosialisasi

Lebih fokus membahas mengenai media penjualan, menggunakan media sosial sebenarnya memiliki teknik sedikit rumit dibanding dengan secara langsung membuka lapak di pusat kota atau keramaian lainnya. Anda dituntut mampu melakukan sosialisasi pada calon konsumen dan bukan sekedar promosi.   

Maksud dari cara marketing online ini yaitu menyediakan bagi mereka sebuah ruang untuk mengambil keputusan mengeluarkan beberapa lembar uang dari kantong demi mendapat produk itu. Jadi, bukan sekedar membujuknya membeli tapi trik untuk membuat dia sendiri yang ‘ingin memiliki’.

Peran Ganda Menjadi Konsumen

Tuntutan berbisnis dan berjejaring melalui media sosial lainnya ialah keaktifan pelayanan. Suatu bentuk fasilitas memanjakan pembeli untuk mendapat barang tanpa harus melangkahkan kaki dari tempatnya berada. Jadi, Anda harus memulai pendekatan yang baik demi mendapat kepercayaan.

Perlu lebih sering menempatkan diri menjadi seorang konsumen sehingga penjual tidak terjebak dalam permainan kurang menyenangkan yang tidak disadari. Misalkan tiba-tiba Anda masuk dalam sebuah grup pertemanan kemudian langsung menyodorkan promosi barang di tengah percakapan.

Berikan Kedekatan Emosional Kepada Konsumen

Aturan penting terakhir yang perlu diperhatikan bagi para pengelola penjualan online yaitu apresiasi terhadap respon konsumen atau calon pembeli melalui media sosial seperti mengisi kolom komentar atau melakukan penawaran sederhana. Usahakan membalas dengan cepat dan seramah mungkin.

Tak ada salahnya pula memberikan kedekatan emosional kepada konsumen. Misalkan setelah mereka melakukan pembayaran, Anda dapat mengatakan “baik, terimakasih. Barang akan segera dikirimkan kepada alamat yang tertera. Semoga selalu bermanfaat bagi Bapak Ibu sekeluarga”

Teknik Cepat Sukses Melakukan Marketing Online

Teknik Cepat Sukses Melakukan Marketing Online

Meskipun kini bisnis online mulai bermunculan bak jamur di musim hujan, namun fenomena tersebut tidak menandakan bahwa keseluruhan dari mereka menguasai teknik melakukan marketing secara benar melalui media yang dipilih. Oleh karenanya, Anda sangat tepat apabila membaca ulasan ini.

Tanpa berbicara panjang lebar, berikut ialah teknik marketing online demi mempercepat kesuksesan:

Memahami Latar Belakang Konsumen yang Memilih Produk

Teknik pertama ialah memahami latar belakang atau alasan setiap orang membeli sebuah produk. Jawabannya ada tiga hal, yaitu karena sebuah ketakutan, harapan serta solusi. Unsur-unsur tersebut punya peran penting dalam mendorong individu memilih mengorbankan hasil kerja bagi suatu barang

Dengan memahami secara baik unsur ini, Anda bisa memikirkan bagaimana cara menemukan pasar bagi produk tersebut. Misalkan saja menawarkan suatu produk obat diet mudah, maka strategi yang bisa dilakukan salah satunya ialah membuat konten ulasan pentingnya menjaga berat badan.

Menciptakan Halaman Sosial Media Sebanyak Mungkin

Teknik kedua yaitu menyasar halaman sosial media sebanyak-banyaknya. Saat ini, halaman aplikasi daring yang memiliki pengunjung terbanyak yakni Facebook dan Instagram. Namun umumnya WhatsApp, Line, Pinterest dan website juga dipakai. Penjual harus pintar memanfaatkannya dengan seefektif mungkin.

Baca Juga: Pengertian Sosial Media

Bagi seorang pebisnis online pemula, mengurus halaman begitu banyak akan terlalu melelahkan sehingga justru berpotensi membuat pelayanan menjadi kurang maksimal. Oleh karenanya, disarankan fokus kepada beberapa aplikasi lebih dahulu, misalnya yaitu Facebook dan Instagram.

Memanfaatkan Marketplace untuk Mempercepat Pengembangan

Di Indonesia, layanan marketplace disambut dengan hangat oleh banyak kalangan masyarakat. Sebut saja aplikasi Tokopedia, shopee, BukaLapak, Akulaku dan masih banyak lagi yang meraih jutaan pengunjung hanya dalam waktu beberapa tahun saja. Maka jangan lewatkan kesempatan ini.

Dengan bergabung menjadi salah satu penyedia barang dalam aplikasi markerplace, maka pengunjung akan menjadi lebih mudah menemukan toko Anda. Selain itu, cantumkan juga alamat serta spesifikasi lengkap dari produk. Jadi, mereka punya akses mengenal usaha tersebut lebih jauh.

Menggunakan Iklan Berbayar pada Platform

Strategi marketing online satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda. Pasalnya iklan berbayar yang disediakan oleh Google ataupun Facebook pada flatform daring lainnya terbukti cukup efektif dalam menyasar para calon pembeli potensial dan konsumtif terhadap suatu barang produksi.

Apabila memiliki dana marketing lebih, tak ada salahnya mencoba membuktikan sendiri. Dengan didukung oleh daftar konten bagus serta menarik, ditambah keaktifan admin dalam merespon serta melayani pembeli, halaman tersebut akan sukses menuai banyak pelanggan baru potensial.

Menggaet Endorsmen dari Para Tokoh Publik

Kemunculan banyak selebgram dengan ribuan bahkan jutaan followers membuat tak jarang dari mereka memanfaatkannya sebagai ladang promosi. Cara marketingnya pun hampir sama, yaitu menyampaikan sebuah permasalahan, menceritakan harapan lalu memberi solusi berupa produk.

Sebuah barang yang dipromosikan secara langsung oleh seorang publik figur dianggap sudah terbukti dan terpercaya. Bahkan, secara tidak langsung menjanjikan bahwa “apabila Kamu ingin menjadi cantik dan dikagumi banyak orang seperti dia, maka pakailah produk dengan merk ini”.

Memasang Konten Marketing

Trik marketing online selanjutnya ialah membuat sebuah konten tertentu yang memiliki hubungan dengan produk penjualan. Contohnya, apabila Anda merupakan seorang penjual buku, maka buatlah sebuah quotes menarik dari kalimat penulis dalam salah satu baris tulisan di dalamnya.

Hal tersebut akan lebih mudah menarik minat seseorang untuk membaca isi buku. Minimal melihat nama pengarang dan judulnya. Meski tidak langsung melakukan pemesanan, namun ketertarikan itu mungkin akan muncul kembali satu hari dan ingin benar memiliki, begitupun juga dengan produk lain.

Memanfaatkan Email Marketing

Apabila Anda pernah melakukan riset kecil-kecilan mengenai cara kerja website dalam melakukan marketing, maka kemungkinan besar akan ditemui sebuah kolom email di bagian kanan atas atau mungkin terletak pada bagian lain. Fungsinya supaya pengunjung potensial memasukkan emailnya.

Jadi, ketika perusahaan atau badan usaha tersebut mengupdate sebuah barang baru, pemberitahuan akan muncul melalui media email tersebut. Kesannya sangat privat namun cara kerjanya memiliki 70 presentase pembelian dari konsumen. Jadi, jika berminat membuka media web, jangan lupa trik ini.

Berbagai Trik Sederhana Marketing Online bagi Pemula

Trik Sederhana Marketing Online bagi Pemula

Dibandingkan dengan pembahasan dua bab sebelumnya, bagian ini lebih kecil cakupannya yaitu menjelaskan berbagai trik sederhana namun berpengaruh besar dalam pemasaran produk. Ulasan ini sangat tepat dipakai oleh para pemula, minimal membuat Anda tidak terlihat terlalu nampak amatiran.

Berikut beberapa triknya:

Kenali Jam Efektif Pemasaran

Meskipun nampak sepele, poin ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Cara marketing online yang tertata akan memberikan kesan profesional dan sungguh-sungguh kepada calon konsumen. Termasuk bagaimana jadwal Anda posting produk, bagi di story WhatsApp, Facebook bahkan Instagram.

Melakukan pemasaran pada jam efektif ketika banyak orang sedang membuka gadget mereka akan membuat pengunjung meningkat. Waktu-waktu tersebut yaitu jam 08.00 pagi, 11.30 siang, 16.00 sore dan pukul 19.00 malam. Umumnya masa-masa itu dijadikan momen bersantai bagi banyak orang.

Jangan Melakukan Spamming pada Konsumen

Poin kedua yang sangat penting diperhatikan selanjutnya yaitu hindari spamming atau melakukan penawaran secara maraton dengan banyak produk dalam waktu sama tanpa persetujuan kedua belah pihak. Alih-alih tertarik, calon konsumen justru akan langsung ambil tindakan mengabaikan Anda.

Para pebisnis profesional sangat tahu bahwa mereka hanya memiliki jumlah kuota terbatas dalam sekali posting produk. Kisarannya tidak mungkin lebih dari 10 produk karena akan beralih fungsi jadi spamming. Jika terdapat banyak pilihan tuliskan saja  “banyak model atau warna, minat langsung swipe up”.

Gunakan WA Bisnis

Bagi seorang pebisnis, anjuran memakai aplikasi bisnis tentu merupakan sebuah kewajaran. Layanan khusus tersebut akan memberikan pesan otomatis kepada pelanggan bahwa pemesanan yang ia lakukan sudah diterima, meskipun Anda masih harus sibuk dikarenakan mengatasi kegiatan lain.

Hal ini akan membuat konsumen tidak merasa terabaikan atau merasa bahwa pesannya dinomorsekiankan. Selain itu, menggunakan WA bisnis akan memberikan kesan profesional. Terutama apabila media aplikasi tersebut menjadi sarana calon pembeli melakukan transaksi pemesanan final.

Tetapkan Jadwal Pelayanan Khusus Intensif

Apabila Anda masih seorang pemula dan mengurusi administrasi bisnis sendirian, maka melakukan managemen waktu pelayanan intensif sangat penting supaya tidak campur baur dengan waktu untuk menyelesaikan aktifitas lainnya seperti membersihkan rumah, mengurus kuliah atau pekerjaan lain.

Caranya, penjual dapat menyertakan dalam pesan otomatis mengenai pengadaan jam pelayanan intensif tersebut. Jangan lupa menggunakan bahasa halus serta ekspresi mendukung agar tidak terjadi kesalahpahaman antara Anda dan pembaca pesan. Contohnya seperti berikut

 “Terimakasih atas pesan Anda. Pemesanan akan segera direspon pada pukul 16.00 hingga 21.00 karena merupakan waktu pelayanan intensif. Selamat melakukan aktifitas terlebih dahulu, sembari menunggu” sambil menyelipkan emoticon senyum serta tangan terkatup.

Buat Kebijakan ‘Open reseller’

Langkah selanjutnya sebagai kebijakan pengembangan pasar sekaligus memperluas jaringan ialah dengan membuka kesempatan reseller bagi orang-orang yang ingin bergabung memasarkan produk Anda. Adapun persyaratan apa saja peraturan terkait, bisa dirumuskan sepenuhnya oleh produsen.

Aturan-aturan yang mencakup relasi produsen dengan reseller meliputi harga penjualan, minimal pembelian barang, waktu maksimal transfer, penggunaan media pengiriman, perjanjian apabila terjadi produk tidak sesuai atau kebijakan tambahan lainnya misalkan potongan harga atau lain sejenisnya.

Membuat Promo atau Give Away Sesekali

Apabila penghasilan dari laba sudah mulai naik, maka sekali kali memanjakan konsumen langganan dengan promo sederhana nan menarik bisa menjadi trik jitu membuat mereka semakin gemar berbelanja di toko online usaha Anda. Meskipun minimal hanya memburu paket give away tersebut.

Promo juga tepat menjadi sebuah strategi trik dan teknik cara marketing online. Termasuk jika terdapat produk yang sudah lama stok dan belum juga mendapatkan pembeli. Dibandingkan memenuhi gudang dan akhirnya rusak, lebih baik memberikan atau menjualnya dengan sebuah potongan harga bukan?

Buat Prosedur Pembelian se Profesional Mungkin

Aspek prosedur pemesanan menjadi bagian penting yang akan diamati oleh pembeli terhadap penjual karena keramahan dalam pelayanan saja tidak cukup. Diperlukan prosedur resmi sehingga hubungan bisnis menjadi lebih jelas dan meminimalisir kesalahpahaman kedua belah pihak terkait.

Terutama bagi orang-orang terdekat yang melakukan pembelian dan biasanya transaksi menjadi samar. Tidak jelas ingin memilih produk mana atau basa basi lainnya. Oleh karenanya, cara paling sederhana untuk mengatasi masalah tersebut ialah mengisi form sederhana buatan Anda. Misalnya;

Form Pengajuan Pemesanan;

Nama:

Produk Pesanan dan Jumlah:

1.

Alamat:

Pengiriman via JNE

No rekening (anda): xxxxxxx

Silahkan mengirimkan bukti transfer setelah admin memberikan persetujuan dan barang Anda tersedia.

Terimakasih atas kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat.

Menjalin Pertemanan dengan Rekan Bisnis

Langkah ini sebenarnya hampir sama dengan membangun hubungan emosional kepada konsumen. Kepada rekan kerja juga harus demikian. Contohnya seperti reseller, admin media sosial atau berbagai elemen lain yang berjasa dalam membantu menjalankan penjualan produk Anda lebih luas.

Pertemanan akan menguntungkan seorang penjual secara pribadi maupun kerja sama. Minimal mereka akan terus melanjutkan relasi karena mengetahui bahwa pemilik produksi ialah seorang yang kompeten, ramah dan mengasyikkan. Dijamin akan berfikir ratusan kali jika ingin berpaling dari Anda.

Jalankan secara Konsisten

Kunci dari cara menjadi marketing online sukses ialah menekuni bisnis tersebut secara konsisten. Dalam perjalanan sebuah usaha, tentu banyak rintangan yang perlu dihadapi seperti kebosanan, kurang gairah, hasil menurun, merasa kurang prospek, saingan semakin gencar dan lain sebagainya

Fase-fase tersebut tentu akan datang menyertai berbagai usaha yang dilakukan seorang calon pengusaha besar. Tugas Mereka ialah merawat kembali mimpi dan cita-cita supaya bisa terus menyala hingga buah manis itu dapat dipetik. Oleh karenanya, konsisten lah apapun yang terjadi.

Baca Juga: Jenis-Jenis Content Marketing

Itulah penjelasan lengkap mengenai strategi trik dan teknik cara marketing online meliputi aturan dasar, teknik besar dan trik-trik sederhana mendapatkan konsumen serta mengembangkan jaringan. Dengan penerapan secara konsisten, maka bisnis usaha Anda tersebut bisa meraih sukses cepat. Pastikan melakukan usaha lebih keras agar benar-benar berhasil sesuai harapan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *