Cara Meluruskan Rambut

Cara Meluruskan Rambut

Diposting pada

Rambut adalah mahkota wanita. Tidak heran setiap wanita akan menjaga rambutnya sebaik mungkin untuk menunjang penampilannya menjadi sempurna. Wanita Indonesia umumnya memiliki rambut berwarna hitam dan lurus. Hanya wanita yang berasal dari daerah Timur Indonesia yang memiliki rambut bergelombang atau keriting.

Namun, rambut sendiri memiliki tren seperti halnya fashion. Tren rambut panjang, tren rambut pendek, tren rambut ikal, tren rambut keriting hingga tren rambut dicat warna. Tidak jarang banyak wanita yang mengikuti tren rambut seperti halnya dengan tren pakaian. Semuanya bertujuan untuk mendapatkan penampilan yang menarik dan sesuai dengan gaya berpakaian.

Lalu bagaimana jika Anda yang memiliki rambut keriting namun mengidam-idamkan rambut lurus?

Sah-sah saja jika Anda menginginkan hal tersebut. Karena Anda yang mempunyai selera akan rambut Anda. Namun harus Anda pahami, bahwa jika Anda terlahir dengan rambut keriting, bagaimanapun usaha Anda meluruskan rambut Anda, semuanya ada batas waktunya, dengan kata lain, rambut asli akan terus bertumbuh sehingga dibutuhkan perawatan rutin.

Untuk meluruskan rambut, dengan teknologi yang ada sekarang tidaklah sulit. Namun Anda harus tahu resiko jika meluruskan rambut dengan cara instan. Sehingga ada baiknya Anda mengetahui cara meluruskan rambut secara alami terlebih dahulu.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Bila Anda menggunakan cara alami untuk meluruskan rambut, Anda harus menyadari hasilnya tidak secepat dan sebaik yang menggunakan cara instan. Semakin keriting rambut Anda maka akan semakin sulit bahan alami meluruskan rambut Anda.

Sehingga ada baiknya Anda menakar sejauh mana keriting rambut Anda dan apakah bisa diluruskan dengan cara alami. Berikut cara meluruskan rambut keriting:

Cara Meluruskan Rambut Dengan Telur dan Susu

Cara Meluruskan Rambut Dengan Telur dan Susu

Bahannya sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Sehingga Anda bisa melakukan dengan berulang-ulang hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Telur dan susu merupakan bahan yang efektif digunakan untuk meluruskan rambut.

Kandungan nutrisi yang ada membantu rambut tetap sehat dan kuat. Selain bisa untuk meluruskan rambut, kedua bahan ini juga efektif untuk mencegah ketombe dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Cara penggunaan:

  • Siapkan 1 butir telur ayam kampung. Pisahkan antara putih dan kuningnya. Jumlah telur ayam bisa disesuaikan dengan panjang pendek dan tebal tipis rambut Anda. Agar bahan ini bisa meresap secara merata di rambut.
  • Tambahkan dua cangkir susu full cream. Aduk rata hingga telur melarut dengan susu dan menjadi masker rambut.
  • Setelah merata, oleskan masker tersebut ke rambut secara merata, helai demi helai hingga semua bagian rambut tertutupi dengan masker.
  • Kemudian tutup rambut yang sudah dimasker dengan shower cap atau handuk selama kurang lebih 15 menit agar masker meresap sempurna.
  • Masker ini bisa digunakan 30 menit setelah Anda keramas dan menggunakan kondisioner.
  • Setelah kurang lebih 15 menit, bilas rambut hingga bersih.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Minyak Zaitun

Cara Meluruskan Rambut Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mempunyai khasiat luar biasa untuk kulit dan rambut. Selain itu minyak zaitun juga dipercaya dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung jika dikonsumsi rutin.

Sedangkan untuk kulit dan rambut, minyak ini memiliki khasiat menghaluskan kulit dan memperkuat dan meluruskan rambut. Jika digunakan secara rutin, rambut Anda akan lebih hitam dan lebih bernutrisi.

Cara penggunaan:

  • Siapkan minyak zaitun yang akan digunakan
  • Panaskan minyak zaitun beberapa menit saja, tidak usah sampai mendidih.
  • Tambahkan daun rosemary kering yang telah diremas-remas halus satu cangkir dan aduk Bersama minyak zaitun. Tunggu sampai dingin.
  • Gunakan minyak zaitun dan daun rosemary sebagai masker rambut secara merata sambil dipijat-pijat lembut. Kemudian selama 30 menit agar minyak meresap ke dalam kulit kepala.
  • Tutup rambut menggunakan handuk yang telah direndam air hangat dan biarkan hingga handuk menjadi kering.
  • Kemudian, bersihkan rambut dengan mengeramasinya dan gunakan juga kondisioner

Cara Meluruskan Rambut Dengan Minyak Kedelai

Cara Meluruskan Rambut Dengan Minyak Kedelai

Minyak kedelai memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi sehingga tidak disarankan digunakan untuk memasak. Kandungan omega-3 yang terlalu tinggi dapat menimbulkan peradangan yang hebat di dalam tubuh.

Namun, jika digunakan untuk bagian luar seperti rambut, minyak kedelai justru memberikan manfaat yang sangat baik. Minyak kedelai diyakini bisa membantu meluruskan rambut secara alami.

  • Siapkan minyak kedelai dan minyak jarak untuk paduannya, secukupnya disesuaikan dengan ketebalan dan panjang pendek rambut Anda.
  • Takarannya adalah, 1 sendok makan minyak kedelai berbanding dengan 2 sendok makan minyak jarak. Jika Anda membutuhkan lebih, tetap gunakan perbandingan tersebut.
  • Oleskan campuran kedua minyak tersebut ke rambut Anda secara merata dengan diberi pijatan ringan selama kurang lebih 5 menit.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit, agar minyak tersebut meresap sempurna dan memiliki khasiat yang diharapkan. Setelah itu, silakan bilas rambut dengan keramas seperti biasa.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Cuka

Cara Meluruskan Rambut Dengan Cuka

Ramuan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meluruskan rambut adalah cuka. Cuka dipercaya cukup efektif sebagai zat pelurus rambut tanpa rebonding. Sebaiknya gunakan cuka, setelah mengaplikasikan ramuan lainnya sehingga bisa menghasilkan rambut yang lurus lebih maksimal. Selain itu, cuka dapat membuat rambut Anda terlihat licin dan berkilau alami.

Cara mengaplikasikan cuka adalah dengan mencampurnya ke dalam air putih bersih. Dan jangan menggunakan cuka secara langsung karena akan dapat menyebabkan peradangan. Setelah 30 menit, Anda dapat membersihkan rambut dengan cara keramas seperti biasa.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Yoghurt dan Telur

Cara Meluruskan Rambut Dengan Yoghurt dan Telur

Yoghurt memiliki khasiat sebagai bahan pelembut dan penutrisi bagi rambut. Sedangkan telur berkhasiat membuat rambut lebih licin dan berkilau. Cara penggunaannya hampir sama dengan masker susu dan telur. Namun, dengan adanya yoghurt, mampu membuat amis telur menjadi hilang sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman mengaplikasikannya ke rambut.

  • Siapkan 1 telur ayam kampung dan 4 – 5 sendok makan yoghurt tanpa rasa
  • Pisahkan kuning telur dan putihnya. Bahan yang akan kita gunakan adalah bagian putihnya.
  • Aplikasikan masker ini setelah Anda mencuci rambut/keramas. Ratakan masker hingga ke setiap helai rambut Anda yang masih basah.
  • Pijat-pijat rambut selama kurang lebih 5 menit untuk merangsang akar-akar rambut dan membuat masker lebih meresap ke dalam helaian rambut serta diamkan hingga 30 menit.
  • Selesai mengaplikasikan masker dengan sempurna, bilas rambut Anda dengan cara keramas ulang.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Pisang dan Pepaya

 

Cara Meluruskan Rambut Dengan Pisang dan Pepaya

Kini pisang dan pepaya juga telah banyak digunakan sebagai bahan untuk menutrisi rambut selain untuk kulit tubuh. Kandungan nutrisi dalam pisang dan pepaya diyakini efektif untuk membantu untuk meluruskan rambut.

  • Siapkan mangkuk sebagai wadah masker rambut
  • Gunakan daging pepaya dan pisang secukupnya dan aduk rata hingga menyatu membentuk masker. Jika terlalu keras, tambahkan air hangat hingga adonan cukup encer untuk diaplikasikan ke rambut.
  • Tambahkan beberapa sendok makan madu dan kembali aduk rata. Masker siap digunakan.
  • Aplikasikan ke rambut secara merata ke setiap helai rambut dan diamkan selama 30 menit hingga meresap.
  • Bilas rambut dengan cara keramas seperti biasa.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Seledri

Cara Meluruskan Rambut Dengan Seledri

Seledri memiliki banyak khasiat untuk tubuh maupun untuk perawatan bagian luar. Cara membuatnya adalah dengan menjadikan seledri sebagai ekstrak dengan cara di jus dan diamkan selama semalam.

Kemudian ekstrak jus tersebut diaplikasikan ke rambut seperti masker dan diamkan semalaman agar meresap sempurna. Di pagi hari, cukup sisir rambut tanpa dibilas dan ditutup kembali selama setengah hari agar hasilnya maksimal.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Gel Lidah Buaya

Cara Meluruskan Rambut Dengan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya sudah biasa digunakan untuk memperhalus rambut. Caranya pun cukup sederhana dan bisa dilakukan kapan saja.

  • Ambil daging buah lidah buaya yang masih segar. Potong-potong kecil agar mudah dihancurkan
  • Panaskan potongan lidah buaya tersebut selama beberapa menit kemudian biarkan dingin
  • Setelah dingin, aplikasikan gel tersebut ke rambut dan kulit kepala secara merata. Sebaiknya hal ini dilakukan setelah 30 menit sebelumnya Anda keramas. Sehingga gel ini juga berfungsi sebagai kondisioner
  • Gunakan secara rutin agar rambut menjadi lebih berkilau alami.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Tepung Beras dan Telur

Cara Meluruskan Rambut Dengan Tepung Beras dan Telur

Penggunaan tepung beras dan telur juga diakui cukup efektif sebagai pelurus rambut alami. Namun berbeda dengan bahan lainnya, masker tepung beras dan telur tidak disarankan untuk digunakan terlalu sering dan berlebihan, karena mampu membuat rambut menjadi mudah patah dan rontok. Cukup gunakan 1 kali seminggu dan bila rambut sudah cukup lurus, pemakaian harus dihentikan.

  • Telur yang digunakan adalah telur ayam kampung bagian putihnya. Sisihkan.
  • Campurkan dengan 5 sendok makan tepung beras, lalu aduk rata hingga membentuk masker yang cukup kental.
  • Oleskan masker ini ke setiap bagian helai rambut dan gunakan sisir untuk meluruskan rambut.
  • Aplikasikan masker ini selama kurang lebih 1 jam kemudian bilas rambut dengan shampoo hingga bersih.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Madu dan Susu

Cara Meluruskan Rambut Dengan Madu dan Susu

Susu pun bisa dikombinasikan dengan madu untuk membuat masker rambut pelurus. Karena kedua bahan ini memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk meluruskan rambut secara alami.

  • Susu yang digunakan adalah susu full cream/plain sebanyak 1 gelas dengan tambahan 2 – 3 sendok makan madu murni.
  • Jika ada, tambahkan beberapa buah stroberi yang sudah dihaluskan dan masukkan ke dalam campuran susu madu tadi.
  • Aduk- aduk hingga merata lalu aplikasikan ke rambut hingga merata.
  • Biarkan masker meresap hingga kurang lebih 2 jam agar nutrisi dalam campuran tadi bisa diserap dengan sempurna.
  • Kemudian bilas dengan cara keramas dan buktikan hasilnya.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Jeruk Nipis dan Santan

Cara Meluruskan Rambut Dengan Jeruk Nipis dan Santan

Perpaduan jeruk nipis dan santan akan menghasilkan ramuan yang bagus untuk meluruskan rambut secara alami. Keduanya merupakan bahan kondisioner yang banyak digunakan di shampoo-shampo bermerk.

Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan kedua bahan dengan takaran yang wajar dan aplikasikan langsung ke rambut secara merata.

Diamkan hingga kering di rambut, baru bilas dengan cara keramas seperti biasa. Anda dapat mengaplikasikan masker ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Minyak Kastor

Cara Meluruskan Rambut Dengan Minyak Katsor

Minyak kastor adalah nama lain dari minyak jarak. Tapi di sebagian daerah lebih familiar menggunakan nama minyak katsor daripada nama minyak jarak. Salah satu fungsinya dari minyak ini adalah membantu meluruskan rambut secara alami.

  • Sebelum digunakan, panaskan minyak jarak secukup yang Anda butuhkan untuk masker rambut
  • Gunakan minyak tersebut ketika masih cukup hangat agar tidak merusak rambut secara merata ke seluruh bagian kulit kepala
  • Agar lebih meresap, berikan pijatan ringan selama kurang lebih 5 menit.
  • Gunakan handuk yang telah direndam air panas untuk membungkus rambut agar membantu penyerapan minyak lebih maksimal.
  • Diamkan selama 30 menit baru Anda bilas dengan cara keramas.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Minyak Almond

Minyak almond digunakan sebagai hair tonic yang membantu dalam pelurusan rambut. Gunakan beberapa tetes minyak almond setelah keramas dan menggunakan kondisioner. Selain itu hindari penggunaan pengering rambut setelah menggunakan kondisioner untuk mengurangi kerusakan rambut.

Setelah mengaplikasikan masker-masker di atas dan mulai melihat hasilnya, rambut lurus alami, disarankan untuk melakukan perawatan. Salah satu caranya dengan tidak mengikat rambut agar rambut yang telah lurus tadi tidak rusak akibat ikatan rambut. Sehingga Anda dapat menikmati rambut yang lurus lebih lama.

Meluruskan Rambut Secara Instan

Meluruskan Rambut Secara Instan

Cara kedua untuk meluruskan rambut keriting adalah dengan cara instan. Cara meluruskan rambut ini sangat cepat prosesnya dan cukup bertahan lama hasilnya. Namun, tentu saja menggunakan zat-zat kimia di mana tidak semua rambut mampu untuk menerima zat-zat tersebut.

Anda dapat pergi ke salon langganan Anda dan meminta pelayanan pelurusan rambut. Biayanya tergantung panjang dan ketebalan rambut Anda. Untuk rambut yang terlalu panjang, biasanya kapster salon akan meminta izin untuk memotong rambut Anda, agar proses pelurusan rambut tidak terlalu lama. Untuk salon biasa, biaya pelurusan rambut berkisar di harga 700 – 900 ribu. Sedangkan untuk salon terkenal, biayanya bisa jutaan.

Masa bertahan lurusnya rambut pun tergantung kualitas bahan yang digunakan oleh salon tersebut. Paling cepat 6 bulan sehingga perlu dilakukan pelurusan ulang, namun tidak akan selama proses yang pertama yang bisa memakan waktu hingga 6 – 8 jam.

Pilih salon dengan kualitas yang baik sehingga proses pelurusan rambut tidak membuat rambut Anda menjadi kering dan rusak. Karena biaya untuk memulihkan rambut rusak tidak murah.

Tips Meluruskan Rambut

Setelah melakukan proses pelurusan rambut di salon, Anda harus memperhatikan perawatan rambut untuk mencegahnya bergelombang. Berikut beberapa perawatan rambut lurus yang bisa Anda lakukan di rumah:

Tidak mengikat rambut dengan kencang

Tidak mengikat rambut dengan kencang

Hal ini bertujuan untuk mencegah rambut menjadi tidak lurus atau bergelombang. Kurangi mengikat rambut dan biarkan rambut tergerai. Jika ingin mengikatnya karena mau mandi, Anda dapat menggunakan benda yang tidak mengikat kuat seperti kain, bandana, hair cap sehingga tidak merubah struktur rambut yang telah diluruskan paksa.

Jangan terlalu sering menyisir rambut

Jangan terlalu sering menyisir rambut

Kurangi juga kegiatan menyisir rambut guna menghindari rambut patah. Rambut Anda baru saja mendapat aplikasi zat-zat kimia yang cukup keras dan butuh penyesuaian. Sehingga menyisir rambut terlalu sering akan membuat rambut yang masih kaku dan kering menjadi patah di tengah.

Rutin memberikan vitamin rambut dan kondisioner

Rutin memberikan vitamin rambut dan kondisioner

Hal ini wajib dilakukan agar rambut Anda tidak kering dan kaku. Kondisioner berfungsi sebagai zat pelemas rambut dan vitamin berguna untuk memberi nutrisi sehingga rambut tetap sehat walaupun telah diaplikasikann zat kimia yang cukup keras.

Tidak menggunakan hair dryer

Tidak menggunakan hair dryer

Tinggalkan penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Gunakan pengering alami seperti kipas angin atau angin-anginkan sampai rambut kering secara alami. Jangan tambah beban rambut yang telah mendapat zat kimia dengan hair dryer yang akan menambah kering rambut Anda.

Itulah info tentang cara meluruskan rambut secara alami yang bisa anda coba jika rambut anda keriting dan bergelombang. Semoga berhasil

Tinggalkan Balasan