Cara Memasang Iklan di Blog

Cara Memasang Iklan di Blog

Diposting pada

Pekerjaan seorang blogger kini memang cukup menjanjikan, sebab banyak peluang mulai dari portal berita hingga website informasi tertentu yang dibutuhkan masyarakat. Namun ternyata ada pemasukan lain bila menguasai cara memasang iklan di blog dan akan mendatangkan pendapatan pasif.

Cara Memasang Iklan di Blog

Cara Memasang Iklan di Blog Dengan Mudah

Sebagai pemula di bidang blogger, pasti Anda juga sedikit bingung bagaimana sebuah iklan bisa diletakkan dalam halaman blog. Namun ternyata banyak cara yang bisa dilakukan agar dapat mendatangkan keuntungan. Seperti:

Menjadi Seorang Penerbit

Cara pertama yang bisa Anda lakukan jika ingin memasang sebuah iklan pada blog, maka jadilah seorang penerbit atau biasa disebut sebagai publisher di salah satu media periklanan. Ada banyak lembaga penyedianya, pilih mana saja dengan tetap pertimbangkan keuntungan dan kerugian.

Baca Juga: Pengertian Domain

Seperti “Google Adsense” sebagai salah satu media terbesar buatan Google ini dapat dijadikan pilihan untuk mendatangkan keuntungan dengan bayaran besar jika iklan yang didapat dari media tersebut berhasil dilirik atau diklik oleh pengunjung pada blog milik Anda.

Tetapi sebelum menjadi seorang publisher ada tahapan yang harus dilakukan, yaitu pendaftaran sebagai anggota. Namun harus memiliki setidaknya 2 jenis blog individu baik secara gratisan atau domain milik pribadi.

Secara Mandiri

Selain bergabung menjadi penerbit di sebuah media periklanan, Anda ternyata juga bisa memasang secara mandiri. Cara mendapatkannya, harus melakukan usaha penawaran kepada pihak-pihak yang membutuhkan jasa pemasang iklan atau media sebagai tempat meletakkannya.

Cara ini tidak direkomendasikan bila Anda masih tergolong seorang blogger pemula atau website yang dimiliki baru dibuat. Sebab biasanya para pencari jasa pasang iklan akan memilih blog terbaik dengan tawaran harga paling murah. Seperti melihat pada trafik yang tertera.

Atau Anda juga dapat menyediakan beberapa ruang kosong khusus dipasangi iklan, tanpa harus melakukan pemasaran atau promosi khusus. Namun perlu ditampilkan data jumlah pengunjung di blog dalam kurun waktu tertentu. Semakin berlimpah maka akan menarik perhatian.

Menekuni Bisnis Marketing

Cara pasang iklan di blog berikutnya ini tidak sekedar menjadi promoter, namun sesuai dibidangnya yaitu afiliasi. Banyak situs telah membuka kerja sama bentuk seperti itu bisa dikunjungi. Bidang marketing afiliasi ini sudah cukup banyak diminati karena terbukti melahirkan pebisnis di dunia internet secara sukses.

Sistem kerjanya, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi dari hasil pembelian kustomer yang berkunjung ke blog tempat link itu dipasang. Namun setiap situs berbeda, ada juga penerapan semacam satu kali bayar setiap klik meski belum pasti membeli produk.

Anda akan diberikan upah sesuai ketentuan yang disepakati, jika berhasil mendatangkan klik dari pengunjung pada blog milik pribadi. Metode pembayarannya beragam, biasanya situs seperti ini tidak ada pertemuan tatap muka, bisa diambil melalui bank, serta lainnya.

Membuat Unit Iklan

Anda bisa melakukan pembuatan unit iklan bila tergabung bersama media periklanan seperti penjelasan sebelumnya. Setiap media memiliki dashboard berisi banyak menu yang dapat dipilih seperti konten, pencarian, dan sebagainya disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika Anda memilih menu konten dimana lebih sering digunakan banyak orang, akan ada kolom ad units, masuk saja lalu pilih lagi kategori berdasarkan jenis iklan yang ingin dipasang. Kemudian barulah lakukan penataan letak sesuai ruang di blog sehingga tidak akan mengganggu isi materi atau konten inti.

Selain letak, juga harus melakukan penyesuaian dengan bentuk serta ukuran iklan seperti tegak, kotak, bulat, dan sebagainya. Untuk membuat kesan jelas, bisa juga ditambahkan ikon nama masing-masing. Selanjutnya unit yang sudah dibuat bisa disimpan maka akan muncul kode untuk disalin dan dipasang pada blog.

Menggunakan Plugin

Cara memasang iklan di blog selanjutnya yaitu menggunakan beragam plugin yang bisa dipilih salah satunya. Pertama plugin Google adsense, dimana sudah dikenal banyak pengguna bahwa memudahkan pemakainya, khususnya para pemula jika belum terlalu menguasai teknik pengaturan tampilan.

Kedua yaitu ad injection, dimana bisa difungsikan untuk mengatur satu kesatuan iklan di blog. Seperti pengaturan kelompok berdasarkan umur, alamat ip, maupun kategori postingan. Tetapi plugin model ini lebih disarankan bagi blogger yang sudah terjun lama karena teknik pengoperasiannya tidak mudah.

Terakhir Anda dapat memanfaatkan plugin berjenis ad inserter, telah banyak dimanfaatkan oleh blogger yang sudah berjaya sehingga kebanjiran tawaran pasang iklan sehingga membutuhkan banyak ruang bahkan seluruh lokasi. Dimana akan ada 16 kode untuk disalin ke dalam blog, cukup banyak dibandingkan jenis lain.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memasangkan Iklan di Blog

Iklan di Blog

Sebagai penyedia, Anda memiliki 2 tugas sekaligus baik pemuas layanan terhadap klien pemasang iklan di blog juga menjaga agar website tetap menyenangkan dan menarik perhatian pengunjung. Tidak hanya cara memasang iklan di blog saja yang harus dikuasai, tetapi strategi pemilihan agar para pembaca tidak bosan atau beralih.

Penyesuaian Konten

Sebagai blogger untuk mendatangkan pemasukan apalagi berbentuk pasif dimana pemilik tidak perlu selalu terjaga dan mengawasi uang akan tetap bekerja, pasti menjadi keinginan banyak orang sehingga semua berlomba-lomba membuat blog bagus dan memasanginya dengan iklan melimpah.

Namun ada hal yang tidak boleh terlupakan oleh seorang blogger meski sedang mencari keuntungan dari pihak pemasang iklan, di sisi lain Anda bertanggung jawab untuk mempertahankan jumlah bahkan meningkatkaan pengunjung pada blog tersebut.

Sebaiknya lakukan pemilahan terhadap jenis iklan yang ingin ditampilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung sesuai target sasaran sebuah blog. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar pembaca tidak malas karena merasa terganggu dengan keberadaan pamflet promosi yang tidak disukai.

Menentukan Metode Penagihan

Untuk jasa pemasangan iklan di blog memang terdapat banyak macam penagihan, yang dapat dipilih berdasarkan keinginan sesuai kesepakatan antara penyedia dengan kustomer. Jenis pertama yaitu fixed cost dimana Anda sudah menetapkan sejumlah biaya yang harus dibayar untuk iklan dlaam kurun waktu tertentu.

Berikutnya jika ingin mendapatkan keuntungan dengan sistem Cost per mille, dimana upah baru dibayarkan bila iklan berhasil ditampilkan sebanyak seribu kali oleh total pengunjung. Namun cara ini dianjurkan untuk halaman yang sudah terbukti ramai, karena akan menjamin tidak mengalami kerugian.

Bagi pemula biasanya menerapkan target pembayaran berupa CPC, dimana setiap tampilan iklan berhasil diklik langsung dikenakan tarif tertentu dari penyedia blog. Namun ada juga pemasang iklan yang mau ditawari dengan sistem berhasil melakukan pembelian agar tidak merugikan pihaknya.

Memperhatikan Penempatan

Sebagai seorang blogger yang sudah menawarkan jasanya kepada pihak pemasang iklan agar mau percaya, maka selain menguasai cara menambahkan iklan di blog juga harus menyesuaikan dan menjamin bahwa kustomer tidak akan rugi membayar sehingga semaksimal mungkin berusaha agar produk pengiklan laku.

Memang tujuan utama adalah mendapatkan keuntungan, apalagi jika jenis blog yang Anda miliki sudah terbukti kualitasnya baik segi tampilan maupun jumlah pengakses tiap harinya. Namun tidak boleh sampai lupa dengan menjaga kepercayaan pihak pemesan yang sudah rela mengeluarkan biaya.

Anda harus berhati-hati dalam menata jenis iklan terpasang, jangan sampai satu jenis penjualan diletakkan beriringan maka mereka akan saling bersainga tidak sehat. Untuk meminimalisir kesalahan tersebut dapat dilakukan pengaturan layout yang bagus dan rapih agar klien terpuaskan.

Membatasi Jenis Iklan yang Masuk

Semakin banyak penawaran pasang iklan yang Anda dapatkan, maka keuntungan juga lebih besar. Tetapi jika orientasi seorang blogger hanya memikirkan hal tersebut, eksistensinya pun tidak akan bertahan lama. karena setiap pemasang selalu menginginkan media atau halaman terbaik bagi produknya.

Dalam artian, yang mampu memberi kesempatan besar terjualnya produk atau jasa yang diiklankan tersebut. Ini tidak akan mungkin terjadi jika dalam satu blog terdapat banyak jenis iklan sehingga peluang persaingan lebih ketat apalagi jika masih tergolong sejenis.

Sehingga sebagai blogger yang tetap menjaga kebutuhan klien, harus mempertimbangkan dan membatasi jenis tampilan iklan di blog. Tidak setiap tawaran akan disetujui. Ini juga bermanfaat bagi pembaca agar tetap setia, maka Anda harus menghindari pamflet promosi terlalu overload.

Tahapan Membuat Iklan dengan Mudah

Tahapan Membuat Iklan dengan Mudah

Terkadang tidak selalu pemasang iklan menawarkan kepada Anda sebagai penyedia blog untuk memasangnya begitu saja. Ada beberapa yang masih membutuhkan bantuan berupa pembuatan mulai desain hingga konsep yang diperlukan.

Google Adsense

Pertama yang bisa dilakukan sebagai cara membuat iklan di blog yaitu berkunjung ke situs Google adsense, tinggal di klik saja di kolom pencarian. Kemudian lakukan login pada akun jika sudah memiliki sebelumnya. Namun untuk pendaftar baru bisa mendaftar terlebih dahulu.

Pada halaman awal Anda bisa mengklik sign in untuk mendaftar akun baru yang belum pernah dimiliki sebelumnya, biasanya Google adsense ini bisa dibuat dengan email serta password sama persis di gmail yang tersinkron ke internet.

Jika pendaftaran selesai dilakukan maka selanjutnya Anda bisa memilih menu masuk untuk menuliskan email dan password yang baru saja digunakan saat mendaftar. Saat muncul pertanyaan untuk mengingat sandi, sebaiknya tidak dilakukan karena untuk menghindari perilaku hack.

Pelajari Menu

Jika pendaftaran ke akun Google adsense berhasil, maka langkah selanjutnya adalah pelajari menu yang sudah tersedia pada semua halaman. Mulai dari fungsi maupun menyesuaikan dengan kebutuhan. Untuk membuat konten baru berupa iklan, buka menu iklan saya yang ada di beranda.

Satu menu ini memiliki 2 fungsi sekaligus di dalamnya, yaitu untuk membuat unit iklan seperti pengelompokan berdasarkan kategori tertentu, serta untuk pemasangan pada blog milik Anda. ini juga termasuk teknik dasar yang harus dikuasai, sebab tidak cukup sebuah iklan dipasang begitu saja.

Agar semua pihak pemasang iklan puas terhadap kinerja blog Anda, maka untuk membantu target penjualannya pun bisa dimodifikasi melalui penataan unit iklan yang sesuai.

Judul

Selanjutnya jika iklan sudah berhasil dibuat atau akan dimuat, berikan judul iklan terlebih dahulu agar memudahkan Anda dalam meletakkan juga mengidentifikasi pamflet mana saja yang sudah dipasang maupun belum.

Seperti judul “atas” maka diperuntukkan bagi iklan yang posisinya akan diletakkan di bagain atas halaman atau blog. Dapat di sebalah ujung kiri, kanan, maupun tepat di bawah judul dari postingan. Namun ini hanya opsi, Anda dapat memberi nama sesuai kategori yang ditentukan sendiri.

Cara untuk memberi judulnya sangat mudah, yaitu setelah membuka menu iklan saya, klik kolom tambahkan unit iklan baru, kemudian pilih bagian semua unit. Maka lihat di sisi sebelah kanan terdapat bagian nama yang masih kosong untuk kemudian diisi sesuai keinginan.

Tampilan

Untuk memasang iklan agar berhasil menarik minat pembaca maupun pengunjung, tidak hanya dilihat berdasarkan konten yang ditawarkan. Namun juga dari segi tampilan harus disesuaikan dengan ruang tersedia maupun bentuk dari pamflet tersebut.

Jika Anda masih tergolong pemula, maka sebaiknya menggunakan tampilan yang disarankan otomatis oleh Google adsense sesuai jenis iklan. Biasanya terdiri banyak ukuran mulai dari 728 x 90 leaderboard hingga 320 x 100 large mobil banner.

Ini untuk meminimalisir kesalahan dalam menampilkan iklan, sebab jika kurang tepat maka akan membuat sebuah promosi tersebut tidak diminati oleh pembaca dan cenderung diabaikan.

Ad Balance

Langkah selanjutya ini penting untuk dilakukan dimana menu ad balance bisa Anda gunakan berfungsi menyeleksi jenis iklan yang banyak berdasarkan kategori tarif atau biaya yang diberlakukan.

Hal ini perlu sebab agar sesuai dengan ukuran dan lokasi startegis yang akan didapatkan oleh pemasang iklan dengan biaya terbanyak, sehingga layak bahwa pamfletnya lebih berpeluang dilirik oleh pengakses blog.

Apalagi bila jenis blog yang Anda miliki tergolong sudah berkualitas bagus dan mendatangkan keuntungan baik bagi diri pribadi maupun klien pemasang iklan dalam meningkatkan penjualan, maka tanpa harus promosi ulang para pemesan akan berlomba membayar tinggi untuk diletakkan di lokasi terjangkau.

Menyesuaikan Warna dan Template

Masih seputar mengatur tampilan dan lokasi penempatan iklan, di tahap ini Anda dapat menyocokkan kategori konten dengan bentuk desainnya. Pada kolom yang sudah tersedia, pilih menu copy dan edit. Maka iklan terpilih akan segera muncul.

Kemudian jika sudah Anda bisa mengedit atau menyunting tampilannya agar sesuai dengan ketegori maupun desain blog. Hal ini dilakukan karena semenarik mungkin konten jika terlihat tidak padu maka akan tetap diacuhkan.

Ada beberapa yang harus diisikan ketika merubah warna dan template yaitu kolom nama, border tittle atau judul, kemudian tambahan teks untuk memperjelas iklan, hingga ukuran font agar tidak kebesaran maupun kekecilan. Jika semua sudah selesai, klik tombol save artinya, hasil akan segera disimpan.

Laporan Kinerja

Jika iklan sudah terpasang selanjutnya Anda perlu mengedit pengaturan yang ada untuk menambahkan fitur laporan kinerja. Dimana semua yang ingin diketahui bisa dimasukkan sebagai variabel ke dalam laporan tersebut dan kemudian akan bekerja secara otomatis.

Anda tidak perlu mengontrol setiap saat, namun bisa ditentukan setiap kurun waktu tertentu . jenis yang ingin ditampilkan bebas, namun disarankan lebih baik mencantumkan jejak pengunjung blog juga iklan. Hal ini berguna sebagai evaluasi tata letak pamflet promosi.

Selain itu, jejak pengunjung iklan dapat Anda laporkan kepada pihak pemasang agar membuat percaya terhadap ke-efektifan kerja sama. Bisa juga disimpan sebagai portofolio untuk menggait keuntungan dari klien lain.

Baca Juga: Pengertian Top Level Domain

Kini bagi Anda yang belum atau sudah memiliki blog, saatnya mengoperasikan seoptimal mungkin dengan menguasai cara memasang iklan di blog, sehingga akan mendatangkan keuntungan serta membantu kesuksesan produk orang lain.

One thought on “Cara Memasang Iklan di Blog

Tinggalkan Balasan