Cara Membuat Blog Agar Terkenal dan Menghasilkan

Cara Membuat Blog Agar Terkenal dan Menghasilkan

Diposting pada

Dunia teknologi membawa kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal tersebut telah menjangkau berbagai lini, bahkan bisa dijadikan ladang mencari uang. Salah satunya melui website atau blog, namun tidak bisa sembarangan. Ada rahasia membuat blog terkenal dan menghasilkan yang bisa Anda coba.

Latar Belakang Menghasilkan Uang Melalui Blog

Latar Belakang Menghasilkan Uang Melalui Blog

Zaman teknologi membuat peluang menghasilkan uang menjadi terbuka lebar. Cara mendapatkannya juga sangat variatif. Tinggal seberapa kreatif orang dalam menyalurkan hobi dan bakat mereka. Hal itu dikarenakan nilai jual yang dipasarkan berupa karya seperti tulisan.

Hal tersebut juga didukung dengan maraknya penggunaan gadget dalam keseharian setiap orang. Hampir semua menjadikan media internet seperti website sebagai sarana memperoleh informasi. Mulai dari penjelasan mengenai teknologi, dunia kuliner, travelling bahkan jual-beli dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Membuat Judul Blog Yang Menarik

Gaya hidup kebanyakan orang yang telah berubah membuka peluang menghasilkan uang lebih mudah. Terutama bagi yang gemar menulis atau mengulas sesuatu. Dari konten-konten tersebutlah pendapatan secara online bisa didapatkan karena menarik pengiklan untuk memasarkan produknya.

Namun, realita tersebut terbilang tidak mudah diaplikasikan. Pasti hampir setiap orang yang bergerak dibidang itu mengalami kendala. Sebenarnya terdapat rahasia membuat blog terkenal dan menghasilkan untuk mengatasi permasalahan yang ada dan akan dijelaskan di bawah ini.

Langkah untuk Membuat Blog Terkenal dan Menghasilkan Uang

Langkah untuk Membuat Blog Terkenal dan Menghasilkan Uang

Salah satu masalah yang dialami para blogger, terutama kalangan pemula adalah nama situsnya yang tidak dikenal banyak orang. Hal tersebut membuat jumlah page views mereka kecil sehingga iklan sulit masuk dan peluang kerjasama sedikit. Berikut akan dijelaskan cara agar blog terkenal.

Mulai Membuat Blog

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mulai membuat blog terlebih dahulu, Tidak akan muncul sebuah hasil jika di awal perjalanan masih ada ketakutan. Maka sebaiknya buang pikiran buruk dan bulatkan saja tekad dalam hati.

Baik atau buruknya adalah urusan belakangan karena pasti hasilnya kurang maksimal karena baru pertama kali. Alasannya tentu jika ingin menjadi seorang blogger wajib memiliki platform. Maka sebaiknya mulai saja membuat situs terlebih dahulu.

Jika kendalanya berupa masalah teknis, tentu hal tersebut bisa dipelajari sambil berjalannya waktu. Untuk dapat membuat konten yang bagus dan bermanfaat, seseorang harus melalui proses panjang. Jika berbagai step dijalani pasti lama-kelamaan bisa menjadi blogger terkenal.

Memilih Platform Blog

Selanjutnya adalah menentukan platform yang cocok untuk konten dan keinginan. Hal tersebut merupakan poin penting agar isi dari blog dapat semakin maksimal. Tentu masing-masing memiliki berbagai keunggulan serta kekurangannya sendiri.

Pilihlah karakter platform yang mau dipakai untuk diisi konten. Beberapa di antaranya yaitu Simbla, WordPress, Pixpa, Webflow, SnapPages, Bookmark dan lain-lain. Misalkan jika suka mengotak-atik code Html sebaiknya memilih Blogspot karena menawarkan berbagai kustom tampilan.

Sedangkan untuk yang baru memulai sebaiknya menggunakan WordPress. Alasannya tentu karena memang menjadi platform dengan julukan user friendly dan akses gratis. Selain itu, Anda juga mudah jika ingin mengganti tampilan atau tema meskipun tidak paham sama sekali tentang dunia tersebut.

Menciptakan Domain Blog

Setelah memulai dan memilih platform, maka langkah selanjutnya adalah membuat domain untuk blog. Tentukan nama yang menarik agar situs tersebut mempunyai alamat dan bisa diakses secara online. Pastikan domain name pada web jelas dan sesuai dengan isi kontennya.

Jika hal tersebut dilakukan, maka lama-kelamaan pasti jumlah page views akan meningkat dengan sendirinya. Setelah dipastikan sesuai selanjutnya adalah melakukan konfigurasi. Sebagai contoh, apabila orang yang baru mulai menulis tentu menggunakan platform WordPress.

WordPress sendiri memiliki sejumlah menu yang kompleks dibanding platform lain. Namun hal tersebut justru akan memudahkan konfigurasi keyword dan konten. Sehingga kaitannya dengan Search Engine Optimizer atau SEO bisa maksimal dan blog akan mudah diakses pengguna internet.

Kreasikan Blog agar Menarik

Langkah berikutnya agar blog menjadi terkenal dan menghasilkan adalah memperhatikan visual. Buatlah tampilan sekreatif mungkin agar menarik perhatian pengunjung situs. Namun teta sesuaikan dengan isi konten yang ada didalamnya.

Setelah konfigurasi dari segi konten dan domain, jika visual dari blog menarik pasti nilai tampilannya juga akan meningkat. Pilihan yang sesuai akan dengan mudah menarik perhatian pembaca.

Beberapa platform memiliki kemudahan untuk mengopreknya sesuka hati.

Tentu hal tersebut menjadikan blogger yang masih terbatas pengetahuannya tentang teknis menjadi terbantu. Atau mungkin ada juga penggunaan Blogspot namun belum begitu paham juga bisa diatasi. Tentu solusinya adalah melalui berbagi tutorial yang tersebar di Internet, misalkan Youtube.

Buat Konten yang Menarik dan Bermanfaat

Langkah berikutnya adalah terkait masalah kontennya. Dimana perhatian khusus perlu ditujukan agar isinya menarik dan juga membawa dampak manfaat bagi orang lain. Jika hal tersebut dikerjakan maka bukan tidak mungkin blog akan memiliki banyak views.

Baca Juga: Toko Online Terbaik di Indonesia

Secara prinsip umum semakin menarik, menghibur atau memberikan manfaat, tentu peminatnya jauh lebih tinggi ketimbang yang biasa-biasa saja. Selain itu, sebagai pembuat konten tentu memiliki rasa tanggung jawab terhadap hasil tulisan.

Tentu karena bisa saja hasil karya tersebut dijadikan patokan atau dasar informasi seseorang. Selain memastikan isinya bermanfaat, penting juga untuk menghindari konten jiplakan. Jika keaslian terjaga pasti bisa menjadikan blog memiliki citra baik dimata pembaca.

Memiliki Target Pembaca Blog

Cara membuat blog terkenal bukan hanya dari masalah teknisnya saja yang baik. Namun, faktor lainnya juga penting diperhatikan. Seperti penjelasan pada poin ini yaitu memastikan blogger mempunyai target pembaca yang jelas.

Hal tersebut jarang sekali dipertimbangkan terutama bagi blogger-blogger baru. Kebanyakan mereka hanya memikirkan urusan teknis, seperti yang tadi dijelaskan di atas. Meliputi judul, domain, tampilan, tema dan isi konten.

Tentu saja faktor teknis merupakan hal yang penting karena menjadi dasar. Namun, biasakan agar tidak selalu memfokuskan pada masalah tersebut saja. Jika seorang blogger memiliki target pembaca, pasti bisa menjadi sarana membangun komunitas agar situs bisa berkembang luas.

Membangun Kedekatan Kepada Pembaca

Langkah terakhir adalah membangun kedekatan lebih dengan para pembaca. Hal tersebut bisa dijalin lewat komunikasi misalkan berbalas komentar pada kolom comment. Pastikan untuk selalu merespon apa yang dikatakan pengunjung blog.

Hal tersebut akan membuat pembaca merasa lebih dihargai. Maka pertama-tama setelah blog terbentuk dan mulai berjalan, secara statistik pasti berubah. Tentunya perubahan perlu dilakukan dengan tujuan untuk mendekati pembaca,

Selain itu, juga bisa dengan mulai membangun komunitas. Bahkan jika hanya sekedar memberikan para pembaca dengan julukan tertentu penting untuk dilakukan. Intinya supaya mereka kembali mengunjungi blog lagi. Dengan begitu, tentu output yang didapat adalah berkembangnya situs.

Sumber Pendapatan Blogger

Sumber Pendapatan Blogger

Pada pembahasan kali ini akan diterangkan tentang sumber pendapatan dari media blog. Tentu hal ini penting diketahui agar bisa memaksimalkan usaha dalam konten. Berikut beberapa daftar beserta penjelasannya:

Iklan

Ladang pertama untuk mendapatkan uang lewat internet adalah melalui iklan. Dimana memiliki beragam program dan layanan dari beberapa perusahaan. Masing-masing memiliki keunggulan dan metode sendiri dalam konversi penayangan iklan ke dalam penghasilan.

Secara umum prinsip kerjanya sama dengan iklan pada koran. Pihak yang memiliki produk akan mencari tempat untuk menayangkannya supaya bisa laku dan diketahui banyak orang. Maka blog tersebut berlaku sebagai ads space, kemudian bayaran akan diberikan.

Namun, hal tersebut tetap bergantung pada traffic blog. Semakin padat artinya banyak orang yang mengunjunginya, maka bayaran untuk ruang iklannya bernilai tinggi. Google Adsense merupakan salah satu media distributor paling besar dan bisa dipilih.

Afiliasi

Tempat kedua yang merupakan sumber pendapatan adalah melalui afiliasi. Maksudnya adalah menyediakan tulisan konten sebagai media pengarah kepada situs lain. Biasanya berisi berbagai informasi dimana isinya mengajak melakukan sesuatu misalkan membeli dan lain sebagainya.

Intinya adalah untuk memberikan influence kepada pembaca blog. Hal tersebut tentu bisa terjadi jika situsnya terkenal dan memiliki jumlah pageviews tinggi. Outputnya traffic pada web akan besar dan bisa jadi terbukanya perusahaan jual beli atau mereka yang butuh pengaruh.

Kebanyakan di antaranya terdapat komisi yang terlebih dahulu disepakati dari banyaknya pembaca melakukan klik. Kemudian baru dilakukan koversi dengan nominal tersebut. Maka memiliki pengunjung setia menjadi salah satu keuntungan tersendiri.

Pengadaan Event

Sumber penghasilan berikutnya untuk menghasilkan uang adalah lewat event. Hal tersebut bisa sangat menjanjikan karena selain mendapatkan keuntungan finansial juga sikap loyal dari pembaca. Meskipun bukan merupakan bloger besar, sebaiknya Anda juga menjalankannya.

Pengadaan event tidak harus secara besar-besaran. Hal tersebut sangat mungkin dilakukan bahkan bagi blogger baru. Poin terpenting adalah sudah memiliki pembaca tetap yang setia. Pendapatan bisa didapat dengan menerapkan sistem tarif.

Hal tersebut dapat menjadi pemasukan meskipun terbilang sepele. Jika belum memiliki pengalaman sama sekali dalam penyelenggaraan, bisa dimulai dari pertemuan antara para blogger atau event berskala kecil-kecilan. Pendapatan ganda juga bisa diperoleh dari sponsor acara.

Layanan atau Jasa

Pelayanan dan jasa juga bisa dijadikan sumber penghasilan melalui blog. Hal tersebut didapatkan melalui penawaran yang dapat ditampilkan di situs. Beberapa jenisnya mulai dari konsultasi, penulisan, pelatihan atau lain-lain.

Tentu penawaran tersebut baru akan menghasilkan uang saat pembaca membutuhkannya. Biasanya mereka akan langsung menghubungi untuk mendapatkan layanannya dan bisa menambahkan biaya. Perumpaan tadi jika posisi blogger menjadi narasumbernya langsung.

Jika posisinya sebagai penghubung antara pihak narasumber dengan klien, maka pendapatannya berupa persenan uang. Hal tersebut dapat dikatakan sebagai upah dari penawaran jasa atau layanan. Namun, memiliki massa pembaca blog dalam jumlah besar menjadikan peluang ini terbuka.

Produk

Sumber pendapatan bisa diperoleh dari blog melalui produk yang dijual blogger. Dimana hal tersebut terdiri dari banyak macam, namun umumnya berupa barang dan jasa. Di antaranya lampu tumbler, botol, gelas, set makanan, kaos atau apapun asal masih berhubungan dengan kegiatan blogging.

Salah satu yang paling menguntungkan adalah menjual produk berupa buku. Memang dari segi pembuatannya membutuhkan waktu lama, bisa sampai bertahun-tahun. Hal tersebut terjadi karena isi dan kualitas tulisannya harus benar-benar bagus.

Namun, penjualan produk berupa buku memiliki keunggulan tersendiri jika lapaknya berada di blog sendiri. Berbeda apabila melalui toko karena biasanya terdapat biaya tambahan. Misalkan saja margin dan juga berbagai pajak.

Recurring Income

Pendapatan melalui media online bisa didapatkan dari penerapan keanggotaan. Maksudnya seperti memisahkan antara pembaca yang umum dengan khusus melalui membership. Maka para pengikut setia blog akan mengeluarkan uang untuk menjadi seorang member resmi.

Jika hal tersebut dijalankan, tentu saja pendapatan bisa bertambah seiring berjalannya waktu. Maka penggunaan sistem membership akan memberikan pemasukan berkelanjutan. Berbeda dengan penjualan produk maupun pengadaan event.

Dimana pendapatan hanya berlangsung saat diadakannya acara atau saat produk laku saja. Sedangkan, melalui sistem membership biasanya dalam beberapa minggu, bulan atau tahun penghasilan akan terus mengalir. Namun, blog tersebut harus terkenal dan memiliki nama besar dulu.

Tips Agar Blog Cepat Terkenal

Tips Agar Blog Cepat Terkenal

Setelah mengetahui langkah dan sumber dalam memperoleh pendapatan dari internet melalui media blog. Pasti akan membuat orang yang mau memulai menjadi blogger menjadi siap. Dalam rangka hal tersebut maka berikut ini beberapa tips agar semakin mantap.

Pastikan Blog Memiliki Karakter Unik

Memiliki blog yang berkarakter unik dan berbeda dengan lainnya merupakan salah satu tips ampuh untuk membuat blog cepat terkenal. Entah itu dalam hal kontennya, template maupun ciri lainnya yang khas. Hal tersebut penting agar pembaca menyukai dan menjadi loyal terhadap situs.

Sering ditemui dalam beberapa blog kontennya sama persis antara satu dengan lainnya. Padahal kebanyakan orang mencari informasi berbeda melalui membaca artikel pada situs. Jika ini, terjadi tentunya kunjungan pada situs akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

Cara agar konten dalam blog tersebut unik adalah dengan menggunakan hasil karyanya sendiri. Hal tersebut dikarenakan setiap penulis pasti memiliki ciri khas hasil tulisan yang berbeda-beda. Maka sebaiknya pertahankan untuk tidak pernah menjiplak.

Perhatikan Struktur Template Blog

Tips berikutnya adalah memperhatikan tampilan dari blog. Pastikan para pembaca disuguhkan dengan tatanan situs yang jelas, seperti peletakan menu, search dan lain-lain. Usahakan agar rapi dan enak dilihat serta hindari agar pengunjung tidak kebingungan.

Kadang ada juga beberapa blog yang secara konten bagus namun susunan templatenya terpisah-pisah. Hal itu membuat pembaca menjadi tidak paham tentang situs karena tata letaknya tidak beraturan. Akhirnya, akan muncul rasa malas dalam mengunjungi apalagi membaca isi dalam artikel.

Jika struktur tampilannya jelas dan terususun dengan rapi. Pastinya pembaca akan lebih nyaman dalam membaca blog tersebut. Hal itu tentunya bisa mempertahankan minat pengunjung blog agar tetap tertarik dengan konten-konten baru di dalamnya.

Gunakan Promosi

Semakin tinggi promosi, tentunya juga akan membuat blog lebih cepat dikenal banyak orang. Hal tersebut merupakan sebuah jalan yang bisa ditempuh agar nama situs menjadi besar. Sebenarnya penggunaan medianya juga penting, maka sebaiknya selektif dalam memilih.

Gunakan media untuk promosi yang besar dan memiliki pengaruh dan massa dalam jumlah banyak. Tentu alasannya agar perkembangan citra dari blog berjalan cepat. Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap traffic pengunjung pada situs.

Semakin tinggi traffic, tentunya akan meningkatkan potensi blog lebih terkenal. Jika sudah seperti itu peluang untuk masuknya iklan menjadi mudah. Hasil akhirnya adalah bertambahnya jumlah pendapatan.

Baca Juga: Cara Menjadi Freelance Writer

Itulah penjelasan lengkap mengenai rahasia membuat blog terkenal dan menghasilkan. Terbukanya dunia lewat kemunculan internet memberikan berbagai kemudahan dalam memperoleh penghasilan. Maka sebaiknya Anda bisa dimanfaatkan dengan maksimal, seperti isi artikel ini.

Tinggalkan Balasan