Cara Membuat CV Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat CV
29Jun, 2020

Saat anda dinyatakan lulus dari bangku sekolah menengah atas atau kuliah, tentu hal yang dipikirkan untuk selanjutnya adalah ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan. Untuk melamar pekerjaan ke suatu perusahaan atau instansi biasanya membutuhkan beberapa persyaratan dan salah satunya harus menyertakan curriculum vitae atau CV.

Banyak orang yang menganggap, kalo membuat CV sangatlah mudah dan prosesnya tidaklah rumit. Namun pembuatan CV yang biasa saja, tentu tidak akan menarik perhatian dan lamaran pekerjaan akan sulit diterima. Pembuatan CV harus sesuai dengan aturan yang berlaku dan CV harus berisikan informasi data diri yang benar, sesuai dengan kartu tanda penduduk atau KTP.

Pastikan pembuatan CV sudah menyertakan data organisasi, rincian pendidikan dan pengalaman kerja, apabila sudah pernah bekerja. Dalam pembuatan CV, tentu tidak ada patokan yang khusus yang harus dijadikan patokan. Format pembuatan CV haruslah dibuat menarik dan untuk mencari referensi CV yang bagus, anda bisa melakukan pencarian di berbagai situs di internet.

Dengan banyaknya pilihan format CV di internet, seringkali membuat anda binggung untuk memilih. Sebaiknya anda memilih CV yang bagus dan melakukan teknik amati tiru modifikasi, supaya menghasilkan sebuah CV format baru.

Sekilas Tentang Curriculum Vitae

Sekilas Tentang Curriculum Vitae

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup adalah suatu data yang didalamnya berisikan informasi diri para pencari kerja. CV harus mencakup beberapa hal seperti nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir dan lain-lain. Pengalaman kerja yang sudah dilalui bisa dicantumkan dalam CV, agar menjadi bahan pertimbangan untuk bisa diterima kerja.

Ketika anda melamar pekerjaan, biasanya Curriculum Vitae dilampirkan menjadi satu berkas dengan lamaran pekerjaan. Dengan mempelajari cara membuat cv yang tepat, maka perusahaan atau instansi mudah mengenali siapa diri anda. CV harus dibuat dengan lengkap dan informasinya harus benar, karena CV biasanya dijadikan acuan dalam kegiatan wawancara dalam tahapan penerimaan tenaga kerja.

Baca Juga: Contoh CV Surat Lamaran Kerja

Secara umum, sangatlah banyak jenis CV yang dibiarkan oleh pihak HRD dan penyebab CV dibiarkan, karena desain dari CV kurang menarik perhatian. Sebaiknya buatlah CV yang kreatif, agar mudah disukai oleh pembaca dan CV yang dibuat standar, tentu akan banyak yang sama atau mirip.

Kelebihan Curriculum Vitae yang Menarik

Kelebihan Curriculum Vitae yang Menarik

Berikan Kesan yang Baik

Kini masih banyak orang yang belum tahu mengenai manfaat pembuatan CV yang kreatif, padahal CV yang memberikan kesan pertama sangatlah penting. Apabila anda memahami cara pembuatan CV yang standar, sebaiknya anda kembangkan CV dengan berbagai sentuhan kreativitas dan CV yang biasa saja, akan membuat pihak HRD mengabaikannya. Semakin baik desain CV dibuat, maka peluang CV di baca pihak HRD akan semakin besar.

Perlihatkan Profesionalitas

Dengan membuat CV, maka tingkat profesionalitas pencari kerja akan sangat terlihat dan pencari kerja yang tidak melampirkan CV biasanya dianggap tidak profesional, sehingga sulit untuk diterima dalam bekerja.

Persiapkan CV dengan baik dan padukan antara kreatifitas dengan detail yang lengkap. Dengan cv berkualitas, maka anda akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan latar pendidikan yang ditempuh.

Tunjukan Perilaku Pencari Kerja

Dalam membuat CV yang baik, tentu anda akan menentukan berbagai format Cv yang diingikan dan tata letak menjadi hal penting dalam pembuatan CV. Apabila anda tidak memperhatikan tata letak dengan baik, maka pihak HRD akan menilai anda sebagai pribadi yang kurang tertata dan kurang rapih. Buatlah CV yang desainnya mudah dipahami dan tata letaknya diatur dengan tepat.

Tonjolkan Kemampuan

Dengan memahami cara buat cv yang menarik, maka pencari kerja bisa menonjolkan berbagai kelebihannya. Namun menonjolkan diri jangan terlalu berlebihan, karena bisa menjadi senjata makan tuan. Tonjolkan kemampuan anda yang sesuai dengan posisi yang dilamar, jangan menonjolkan hal-hal yang tidak sesuai dengan kemampuan anda sebenarnya.

Tips Membuat Curriculum Vitae yang Menarik

Tips Membuat Curriculum Vitae yang Menarik

Pembuatan CV sebagainya dilakukan dengan persiapan yang matang, jangan membuat cv yang asal-asalan dan pembuatan cv bisa mempertimbangkan berbagai hal, agar hasilnya lebih menarik.

Untuk mencari cara membuat cv menarik di internet memang sangatlah mudah, namun semua tahapannya harus dipahami dan dilaksanakan dengan benar. Setidaknya ada beberapa tips membuat cv menarik yang bisa menjadi bahan pertimbangan, agar hasil cv lebih memuaskan.

Pencarian Data Perusahaan

Setelah anda melihat lowongan pekerjaan yang dikeluarkan suatu perusahaan atau instansi, tentu anda akan langsung mempersiapkan surat lamaran kerja beserta CV sebagai dokumen melamar kerja. Untuk melancarkan proses pembuatan CV, sebaiknya anda lakukan dulu pencarian data mengenai perusahaan yang anda tuju dan pastikan latar belakang pendidikan anda sesuai dengan keinginan perusahaan. Data perusahaan bisa diperoleh dari media online.

Anda juga harus memahami berbagai kualifikasi yang ditawarkan dalam lowongan pekerjaan dan pastikan posisi yang ditawarkan harus diminati 100%. Anda juga harus memahami berbagai visi dan misi yang diusung perusahaan, agar pengetahuan anda mengenai perusahaan menjadi lengkap. Dengan membuat CV yang sesuai sesuai harapan perusahaan, maka anda akan mudah diterima pihak perusahaan.

Ketahui Isi CV Secara Umum

Untuk membuat sebuah CV yang diterima pihak perusahaan, sebaiknya buatlah CV yang berurutan dan pembuatan CV yang tidak memperhatikan urutan, akan sangat cepat ditolak pihak perusahaan. Secara umum pihak HRD perusahaan, akan menilai kemampuan diri anda dari CV yang dilampirkan dan membuat cv yang menarik, tentu akan membuat HRD merasa binggung dalam menentukan pekerja yang diterima di perusahaan.

Isi dari CV biasanya mencakup identitas diri lengkap sesuai dengan kartu tanda penduduk, latar belakang pendidikan yang pernah ditempuh, ketrampilan yang dipunyai, pengalaman kerja dan berbagai pelatihan yang pernah dijalani. Semua data yang dimasukan dalam CV, akan menjadi bahan pertimbangan untuk pihak perusahaan dan dengan lengkapnya CV, peluang diterima kerja sangatlah besar.

Memulai Pembuatan Curriculum Vitae

Saat memulai pembuatan CV untuk melamar kerja, sebaiknya pahami dulu cara membuat cv yang baik dan benar, agar pembuatan CV lebih lancar. Isi dari CV memang harus dibuat menarik, namun harus diseimbangkan dengan desain yang dipilih. Pastikan membuat desain cv yang mudah dibaca dan bentuknya minimalis, referensinya bisa diperoleh di berbagai situs internet.

Sebaiknya informasi yang dicantumkan dalam CV merupakan informasi yang nyata, bukan informasi yang di rekayasa. Untuk melamar kerja ke suatu instansi atau perusahaan, anda harus menggunakan kata formal dalam CV dan usahakan semua kalimat disusun dengan rapih. Jangan membuat CV dari contoh yang lama, karena sering tidak relevan dengan jaman sekarang dan Cv seringkali dianggap norak.

Lakukan Review Curriculum Vitae

Setelah anda berhasil menyelesaikan pembuatan CV, sebaiknya jangan langsung puas dan segera memasukannya ke amplop lamaran kerja, lakukan review cv terlebih dahulu untuk menghindari berbagai kesalahan kecil yang bisa muncul. Dalam membuat CV haruslah menggunakan kata yang baku, karena CV sifatnya formal dan CV yang dibuat dengan bahasa santai, pasti akan ditolak oleh pihak perusahaan.

Penggunaan titik dan koma dalam CV seringkali keliru, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. CV yang memiliki kesalahan penggunaan titik atau koma, maka pembuatnya akan dianggap kurang teliti. Sebaiknya perhatikan betul penggunaan tanda baca, supaya hal sepele semacam ini tidak terjadi dan salah satu cara menghindari hal ini dengan melakukan review dengan baik.

Lakukan Analisis CV

Untuk melakukan analisis CV yang berhasil di buat, sebaiknya anda berperan sebagai seorang HRD dan usahakan menilai CV dengan objektif. Anda juga bisa menyuruh teman atau sodara untuk menilai CV yang berhasil dibuat, dengan meminta penilaian orang lain tentu akan ada beberapa koreksi. Semakin baik review yang dilakukan, maka akan semakin bagus kualitas CV yang dihasilkan.

Jangan membuat CV yang bagus menurut penilaian sendiri, karena bagus menurut anda belum tentu bagus menurut orang lain. Buatlah CV yang dinilai bagus oleh orang lain, sehingga penilaian menjadi objektif. Bagi anda yang merasa ragu dengan CV hasil ciptaan sendiri, sebaiknya bertanya kepada orang lain mengenai kualitas CV, agar anda menghasilkan CV yang berkualitas dan berpeluang untuk disukai pihak HRD.

Ketik CV di Word

Kini dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat, pembuatan CV bisa menggunakan aplikasi dan salah satunya dibuat dengan microsoft word. Dengan menggunakan word, tentu tampilan cv bisa lebih menarik dan bisa menggunakan berbagai variasi yang unik. Dengan menggunakan word, anda juga bisa menambahkan foto yang formal dan CV dengan word akan lebih rapih dibandingkan dengan ditulis tangan.

Untuk membuat CV yang disukai pihak HRD perusahaan, tentu anda harus membuat CV yang rapih dan mudah dibaca. Tampilan CV akan memberikan kesan pertama untuk pembaca dan CV harus dibuat menarik, namun tetap mudah untuk dipahami. Rapihnya CV akan mencerminkan seseorang yang selalu tertib, sistematis dan teratur. CV yang tidak rapih pasti di tolak langsung perusahaan.

Penggunaan huruf haruslah yang enak dilihat, jangan huruf yang terlalu berbelit-belit dan penggunaan spasi janganlah terlalu rapat atau terlalu renggang. Usahakan menggunakan huruf bewarna hitam, karena CV dengan menggunakan warna merah sering dianggap kurang sopan dan penggunaan tanda baca juga harus tepat, karena sering menjadi salah satu bahan penilaian.

Cara Membuat CV yang Menarik di Word

Cara Membuat CV yang Menarik di Word

Tentukan Template

Langkah awal untuk membuat sebuah CV di word adalah dengan memilih template yang diinginkan. Anda tinggal klik menu File dan pilin New. Kemudian akan ada menu pilihan template dan pilihlah tempate yang menarik, namun tidak terlalu ribet. Template bawaan dari word memang sangat standar, sehingga anda tidak bisa berharap lebih terlalu tinggi dan template bawaan word bisa diakses secara gratis.

Unduh Template Online

Untuk mendapatkan tempate yang berkualitas, anda bisa mendapatkannya secara online di berbagai situs. Cara mendapatkan template online bisa dilakukan dengan membuka dokumen baru dan pilih resumes, kemudian pilihlah segmen Microsoft Office Online dan mendapatkan template juga bisa dilakukan dengan membuka office online, kemudian carilah templete yang diinginkan.

Bereskan CV

Setelah mendapatkan template yang diinginkan, anda bisa melanjutkan pembuatan CV dengan mengedit berbagai bagian yang penting. Hapus berbagai bagian template yang tidak sesuai keinginan dan hapus bagian template bawaan, kemudian rubah menjadi versi yang anda inginkan. Proses pembuatan Cv harus dilakukan secara teliti, agar tidak ada berbagai data yang terlewat.

Kelebihan Membuat CV Menggunakan Microsoft Word

Kelebihan Membuat CV Menggunakan Microsoft Word

Bervariasi

Membuat CV dengan menggunakan word sangatlah menguntungkan, karena cv bisa diolah dengan berbagai variasi yang unik. Kualitas dari CV tergantung dari kreatifitas pembuatnya, karena word sudah menyajikan berbagai fitur yang mendukung pembuatan CV. Word juga bukan perangkat lunak yang asing, karena sudah banyak dipakai sejak dulu dan word selalu ada di setiap komputer atau laptop, bahkan kini bisa diinstal di handphone.

Penggunaan Mudah

Microsoft Word merupakan salah satu perangkat lunak untuk mengolah kata yang sangat diandalkan oleh microsoft. Word sangat rekomended untuk digunakan dalam pembuatan CV, karena penggunaan word terbilang sangat mudah dan pengajaran dasar mengenai word sangatlah mudah dipahami. Word juga bisa dipelajari secara otodidak, tidak perlu melakukan kursus dan berbagai tutorial mengenai word juga banyak tersedia di laman online.

Kini memang masih banyak pelajar atau mahasiswa yang menganggap word sulit, padahal word sangatlah mudah untuk dipakai. Dengan keseriusan dan kerja keras, maka word bisa dipelajari secara otodidak dengan cepat. Untuk kursus komputer yang mempelajari word sangatlah merugikan, karena word bisa dipelajari sendiri dan tutorial word sangat mudah diperoleh. Dengan mahir word, maka semua pekerjaan yang berhubungan dengan data bisa diselesaikan dengan baik.

Penyimpanan Mudah

Data CV yang berhasil dibuat dengan menggunakan word bisa disimpan dengan sangat mudah, hal ini sangatlah menguntungkan bagi pembuat CV dan data yang telah disimpan tidak akan hilang dengan mudah, karena data word sangatlah aman. Pembuatan CV dengan word juga bisa dilakukan dengan mudah, karena berbagai fiturnya mendukung dan data word sangat mudah untuk divriasikan.

Dengan memahami cara membuat cv di word, maka anda akan sangat diuntungkan. Bagi anda yang ingin belajar mengenai cara buat cv di word, maka anda bisa mempelajarinya di berbagai laman online atau anda bisa membeli buku yang berhubungan dengan word.

Cara Membuat CV Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat CV Yang Baik Dan Benar

Contoh CV

 Data Pribadi                  

Nama:                Nani Berliana

Tempat, Tanggal Lahir     : Ciamis, 25 Januari 1995

Jenis Kelamin                : Perempuan

Agama                        : Islam

Tinggi Badan                        : 165 cm

Berat Badan                 : 47 kg

Alamat                        : Jl. Pagar Ayu Lingk. Kebonsirih RT.006 RW.008

Kel.Cisirung Kec.Dayeuh Kolot Selatan

Kab.Bandung 45318.

No HP                        : 082 123 870 633

Status                         : Kawin

Email                          : berliananani09@gmail.com

 

Data Pendidikan            

Sekolah Dasar               : SDN Tenjomata Ciamis Selatan (2002-2008)

SMP                           : SMPN 9 Ciamis (2008-2011)

SMA                          : SMK PP Negeri Tanjungpinang Ciamis (2011-2014)

S1                             : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Universitas Sebelas April

Ciamis {2014-2018}

Pengalaman

  • Bekerja di PT Sanbe Farma SVP packing (operator) (3 Bulan)
  • Bekerja di PT Kahatek (1 Tahun)
  • Bekerja di PT Bina Citra Kharisma Lestari (1 Tahun)

 

Contoh CV yang Menarik

Contoh CV yang Menarik

Daftar Riwayat Hidup

Data pribadi

Nama                            : Aldi Afandi

Jenis Kelamin                : Pria

Tempat, tanggal lahir     : Malang, 15 Juni 1996

Kewarganegaraan          : Indonesia

Status Perkawinan         : Belum Menikah

Tinggi, berat badan       : 170 cm, 56 kg

Agama                          : Islam

Alamat Lengkap            : Jalan Singosari nomor 16, Malang, 64293

Nomor Telepon             : 081234098671

Email                            : Aldiafandi@gmail.com

Pendidikan

v  Formal

2003 – 2009      : SDN Singosari 1

2009 – 2012      : SMPN 1 Malang

2012 – 2015      : SMAN 1 Malang

2016 – 2019      : Universitas Negeri Malang, Desain Grafis

v  Non Formal

2015                 : Kursus Bahasa Inggris di English Course Pare, Kediri

Kemampuan

v  Adobe photoshop, Corel Draw, Bahasa pemograman

v  Bahasa Inggris

Malang, 21 Februari 2020

Aldi Afandi

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Demikian ulasan lengkap mengenai cara membuat CV yang baik dan benar dan semoga semua bahasannya bermanfaat bagi para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *