Cara Membuat Kucing Gemuk

Cara Membuat Kucing Gemuk

Diposting pada

Memelihara kucing di rumah kini semakin diminati masyarakat. Selain karena tingkahnya yang lucu, kucing juga bisa menjadi teman bermain khususnya bagi mereka yang tinggal sendirian.

Namun, cat lovers seringkali mengalami kesulitan bagaimana cara membuat kucing gemuk.

Kucing yang gemuk dan sehat memang membuat pemiliknya semakin gemas. Nah, artikel kali ini akan memberikan beberapa informasi untuk membuat kucing kesayangan Anda gemuk dan tambah menggemaskan.

Tips Membuat Kucing Gemuk

Tips Membuat Kucing Gemuk

Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Jangan salah, ternyata tak hanya manusia saja yang bisa mengalami penurunan nafsu makan. Jika kucing kesayangan Anda sulit gemuk, itu mungkin karena nafsu makannya menurun.

Agar kucing gemuk, usahakan supaya nafsu makannya meningkat.

Pancing nafsu makan si kucing dengan mendekatkan makanannya atau memoleskan makanan basah ke ujung hidung. Aroma makanan yang masuk ke rongga penciumannya akan membuat kucing tertarik sehingga ia mau makan lebih banyak.

Baca Juga: Obat Cacing Kucing

Untuk menghindari penurunan nafsu makan kucing, Anda juga perlu mengetahui penyebab-penyebabnya.

Rasa bosan, stress, hingga gangguan penyakit adalah beberapa sebab nafsu makan kucing menurun.

Salah satu siasat agar kucing Anda semakin lahap menyantap makanannya yaitu dengan memberikan makanan yang variatif. Menu yang beraneka ragam akan membuat kucing tidak malas makan sehingga badannya akan lebih gemuk dan menggemaskan.

Memilih Makanan yang Baik

Cara menggemukkan kucing berikutnya yaitu dengan memilih makanan yang mengandung banyak nutrisi khususnya tinggi protein. Sebagai hewan karnivora obligat, kucing membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dari daging.

Secara umum, terdapat dua jenis makanan kucing yang biasa diberikan, yaitu makanan kering dan makanan basah.

Masing-masing jenis makanan memiliki manfaat tersendiri. Kucing cenderung menyukai makanan basah (wet food) karena aromanya lebih menggugah selera.

Di samping itu, nutrisi yang terkandung dalam makanan basah juga lebih banyak dibanding makanan kering. Namun sebaiknya jangan memberikan makanan basah dalam jumlah berlebihan karena dapat menyebabkan gigi kucing cepat rusak.

Sebagai solusinya, berikan makanan basah yang dikombinasikan dengan makanan kering secara seimbang.

Pemilihan makanan kering juga harus hati-hati. Hindari makanan yang mengandung pewarna kimia karena dapat membahayakan kesehatan ginjal kucing Anda.

Memberikan Raw Food yang Mengandung Protein Tinggi

Selain makanan basah dan kering, Anda juga disarankan memberikan raw food atau makanan mentah. Raw food artinya makanan (daging ikan/ayam) yang tidak diolah dengan campuran bahan-bahan lainnya, jadi raw food adalah murni daging saja.

Daging adalah sumber protein yang sangat diperlukan dalam penggemukan kucing, sehingga jenis makanan ini sangat bagus untuk kucing Anda.

Jenis daging yang sebaiknya dipilih antara lain ayam fillet, ikan tuna atau tongkol karena kandungan proteinnya terbilang tinggi. Meskipun namanya makanan mentah, Anda dapat mengolahnya dulu dengan direbus.

Daging yang masih menntah dikhawatirkan kurang higienis dan menjadi sarang bakteri yang justru berbahaya bagi kesehatan kucing. Oleh sebab itu, tak ada salahnya Anda merebusnya terlebih dahulu.

Perlu diingat bahwa Anda harus menghindari pemberian ikan asin sebagai cara menggemukkan kucing Persia atau kucing ras apapun karena menyebabkan kerontokan bulu. Anda tentu tidak mau, kan, jika bulu kucing kesayangan jadi rusak.

Memberikan Vitamin

Vitamin adalah salah satu asupan penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran kucing. Memberikan vitamin khusus juga efektif agar kucing cepat gemuk dan lebih sehat. Sumber vitamin yang bisa Anda berikan misalnya minyak ikan yang dapat didapatkan di petshop langganan.

Pemberian vitamin secara rutin tak hanya efektif untuk membuat tubuhnya lebih gemuk tetapi juga baik untuk bulu. Dengan asupan vitamin yang mencukupi bulu kucing akan semakin sehat dan tidak mudah rontok. Agar kucing Anda mau mengkonsumsi vitamin tambahan, campurkan pada makanannya atau oleskan ke mulut.

Mengatur Pola Makan

Salah satu cara agar kucing gemuk yang perlu Anda pahami adalah dengan membuat pola makan teratur. Sebaiknya buatlah pola makan yang teratur untuk membentuk kedisiplinan kucing. Cara ini juga agar Anda sebagai pemilik lebih disiplin dalam memberikan makanan dengan porsi yang tepat.

Membuat kucing gemuk bukan berarti Anda boleh memberikan makanan terus-terusan tanpa terkontrol. Pola makan untuk kucing dengan berat normal umumnya 2 kali sehari dan ditambah cemilan. Sementara untuk menaikkan berat badan, Anda bisa memberi makan 3 kali sehari dan tambahan cemilan untuk malam hari.

Porsi makanan juga harus Anda perhatikan. Sebaiknya memberi makan kucing dengan porsi secukupnya sesuai pola yang teah Anda atur. Memberi makanan secara berlebihan bisa menjadikan kucing kurang sehat atau malah tidak dihabiskan si kucing. Ini tentu hanya akan membuang makanan sia-sia.

Memberi Minum

Sehabis makan, jangan sampai Anda kelupaan memberinya minum, ya.

Air merupakan salah satu elemen penting dalam tubuh kucing. Kurang lebih 2/3 tubuh kucing terdiri dari air, untuk itu Anda tak boleh melewatkan pemberikan air minum yang bersih dan sehat untuk menghindari dehidrasi.

Air juga membantu meningkatkan kesehatan kucing karena berperan dalam proses metabolisme tubuhnya.

Untuk itu, pastikan Anda selalu menyediakan air bersih dan matang untuk kucing setiap hari dalam jumlah yang cukup. Kebersihan wadah air juga harus selalu diperhatikan, ya.

Memberi Susu Kucing

Selain air putih, Anda juga bisa memberikan susu khusus kucing untuk menambah berat badannya. Pilihlah jenis susu tinggi protein sebagai tambahan asupan nutrisi sehat untuk kucing Anda.

Ada banyak susu yang bisa Anda beli di petshop langganan, seperti Babycat Milk dari Royal Canin, Milk for Cats dari Whiskas, dan lain sebagainya.

Selain dapat membuat kucing Anda lebih gemuk, susu kucing juga mengandung banyak nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi kucing.

Terlebih lagi jika kucing Anda masih dalam usia bayi, pemberian susu sangat penting untuk membantu meningkatkan tumbuh kembang kucing, lho.

Memberi Ramuan Kuning Telur

Cara membuat kucing gemuk juga bisa dilakukan dengan membuat resep dari kuning telur. Siapa sangka jika ternyata kuning telur juga memiliki manfaat positif untuk kesehatan kucing Anda.

Selain daging, kuning telur juga merupakan sumber protein dan lemak yang sehat.

Kalau Anda ingin kucing lebih gemuk dan sehat, tak ada salahnya membuat ramuan dari kuning telur ini, lho.

Pilihlah kuning telur dari telur ayam kampung yang masih baru dan terjamin kesegarannya. Jangan lupa memisahkan antara kuning telur dan putih telurnya terlebih dahulu.

Kemudian, campurkan kuning telur ayam kampung dengan makanan kucing, sebaiknya makanan basah (wet food) atau makanan mentah (raw food).

Meski begitu, Anda tak boleh memberikan resep ini secara berlebihan, cukup sekali seminggu saja. Selain dapat menambah berat badan, resep kuning telur ini juga bisa membuat bulu kucing semakin indah dan lucu.

Melakukan Vaksin

Seperti layaknya manusia, kucing juga memerlukan vaksin untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kucing memiliki kerentanan terhadap berbagai serangan penyakit.

Untuk menghindari hal tersebut, lakukan vaksinasi secara tepat dengan membawanya ke dokter hewan terdekat.

Dengan pemberian vaksin yang tepat, kucing akan selalu sehat sehingga nafsu makannya tidak terganggu. Ini tentu berperan penting dalam program penggemukan kucing secara sehat.

Lalu, kapan saat yang tepat untuk melakukan vaksin pada kucing?

Baca Juga: Makanan Kucing Anggora

Umumnya vaksin pertama diberikan pada anak kucing saat usianya memasuki minggu ke-9. Sedangkan vaksin kedua dapat dilakukan data usianya memasuki minggu ke-12.

Setelah dilakukan vaksin, sebaiknya jangan membawa kucing keluar rumah selama beberapa hari ke depan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Menjaga Mood Kucing

Mood juga berpengaruh pada kondisi fisik kucing Anda. Sebagai pemilik kucing, Anda harus pintar-pintar menjaga suasana hati kucing agar tetap dalam kondisi yang baik.

Misalnya dengan mengajaknya bermain, mengajak jalan-jalan di sore hari, atau membelikan beberapa mainan baru.

Jangan terlalu mengekang kucing dengan mengurungnya di dalam kandang. Berikan ia kebebasan untuk bermain sesuka hati. Hal ini penting untuk menghindarkan kucing dari rasa bosan dan stress.

Jika mengalami stress, program menggemukkan kucing akan lebih sulit diwujudkan. Kucing Anda akan mengalami gangguan nafsu makan jika terserang stress. Tak hanya sulit gemuk, bisa-bisa kucing kecintaan Anda malah jatuh sakit.

Istirahat yang Cukup

Ternyata istirahat juga berpengaruh terhadap kesehatan kucing dan cara penggemukannya. Berikan waktu yang cukup agar kucing Anda dapat beristirahat. Mengajaknya bermain memang bisa membuatnya lebih senang dan sehat, akan tetapi jangan lakukan secara berlebihan.

Terlalu banyak beraktivitas akan membuat energi kucing terkuras habis. Dengan beristirahat, pembakaran lemak pada tubuh kucing akan berkurang sehingga tubuhnya menjadi gemuk dan menggemaskan.

Meski demikian, jangan membiarkan kucing Anda terlalu sering bermalas-malasan karena akan berisiko kegemukan atau obesitas.

Penumpukan lemak berlebih dapat mengganggu kinerja organ kucing. Hal ini tentunya akan berbahaya bagi kesehatan kucing. Intinya, lakukan semua dengan porsi yang pas dan seimbang.

Perhatikan Kesehatan Kucing

Kondisi kesehatan kucing secara keseluruhan juga memiliki pengaruh terhadap berat badan. Jika berat badan kucing Anda sulit bertambah atau bahkan mengalami penurunan, ada kemungkinan ia mengalami suatu penyakit.

Kucing yang stress atau menderita suatu penyakit seperti gangguan pencernaan, sakit mulut, dan sebagainya tentu dapat mengganggu nafsu makan.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya Anda memeriksakan kucing ke dokter hewan terdekat jika melihat indikasi penyakit-penyakit tertentu.

Pemeriksaan kesehatan secara rutin juga perlu dilakukan untuk mencegahnya terkena penyakit yang lebih parah. Berikan asupan vitamin dan obat-obatan jika perlu sesuai anjuran dokter.

Di samping itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan badan dengan memandikan kucing secara teratur. Kebersihan kandang serta peralatan makan dan minum juga wajib diperhatikan dengan seksama.

Pahami Berat Badan Ideal Bagi Kucing

Kucing golongan besar seperti kucing Persia idealnya memiliki berat badan 5-7 kg. Sementara jenis British shorthair dan Maine coon berat badan idealnya ada di angka 9-10 kg.

Sebagai pemilik, Anda harus memahami berapa sebenarnya berat badan yang ideal bagi kucing. Jangan sampai Anda memaksakan kucing gemuk hingga berat badannya justru berlebihan.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara membuat kucing gemuk yang perlu Anda ketahui. Kucing yang gemuk memang sangat lucu dan menggemaskan hingga membuat semua orang senang melihatnya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kucing Hamil

Cara-cara tersebut dapat Anda terapkan agar semakin betah bermain dengan kucing tercinta.

Tinggalkan Balasan