Cara Membuat Logo Blog Online

Cara Membuat Logo Blog Online Dengan Mudah

Diposting pada

Sebuah web bisa dijadikan media penyalur hobi menulis atau bahkan sebagai tempat memperoleh pendapatan. Namun, identitas di dalamnya sangat penting untuk perkembangan sebuah situs. Maka dari itu, cara membuat logo blog online dengan mudah perlu untuk dipelajari.

Pentingnya Logo untuk Blog

Pentingnya Logo untuk Blog

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membuatnya, alangkah baiknya jika mengetahui juga apa sebenarnya logo itu. Secara sederhana merupakan hasil seni grafik atau berbentuk gambar. Tujuannya adalah sebagai media untuk mewakili sebuah blog atau situs.

Sebuah logo tidak harus memiliki berbagai elemen yang rumit di dalamnya. Bahkan semakin desainnya sederhana, akan menjadi lebih mudah diingat orang. Biasanya hasil seni grafik tersebut bisa dilihat dan terhubung dengan penayangan iklan, market juga billboards.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Agar Terkenal

Hal tersebut menyebabkan para pelanggan melakukan asosiasi kepada sebuah perusahaan maupun web. Bahkan tanpa adanya kata-kata di dalamnya, logo sendiri bisa mendeskripsikan blog dan kontennya. Tentu poin itu memberikan kemudahan dalam masalah pemasaran produk atau layanan.

Hal-hal itulah yang menyebabkan pentingnya cara membuat logo blog online dengan mudah. Karenanya hasil karya grafik tersebut bisa berperan sebagai wajah sebuah website. Baik atau buruknya kualitas akan berdampak pada nama dan citra dari situs sendiri.

Statistik Desain Logo

Statistik Desain Logo

Sebelum membahas terkait cara membuatnya, berikut ini merupakan statistik dari TOP brand logo. Terdapat beberapa highlight penting untuk dibahas yang mungkin perlu diketahui bersama. Kemudian, bisa dijadikan patokan ketika ingin membuat identitas untuk blog.

Sebuah study 100 top brand di dunia yang memiliki nilai jual tinggi melakukan analisa logo. Kemudian menemukan beberapa hal, pertama adalah komponen warna pembuatnya dimana. Mulai yang tertinggi adalah biru dengan prosentase sekitar 33 persen.

Diikuti dengan warna merah 29 persen, hitam dan abu-abu sekitar 28 serta 13 % untuk emas atau kuning. Selain itu, mereka juga melakukan analisa terhadap colors combination. Dimana terdapat 9% tidak mencantumkan nama perusahaan mereka pada logo untuk branding.

Kemudian study ini juga melakukan analisa dan ditemukan sebanyak 95 persen menggunakan 1 warna saja serta kombinasi dari 2 colors. Kemudian sekitar 5% memakai lebih dari dua. Sedangkan sekitar 41% hanya mencantumkan teks tanpa gambar.

Beberapa Cara Membuat Logo Blog Online

Logo sendiri seperti diketahui bisa menjadi identitas atau wajah untuk sebuah blog. Kehadirannya juga menjadi poin penting untuk melakukan branding sehingga bisa berkembang dan dikenal banyak orang. Hal tersebut akan dijelaskan bagaimana cara membuatnya secara online dan mudah berikut.

Logaster

Cara Membuat Logo Blog Online Logaster

Salah satu media online untuk membuat logo blog adalah melalui Logaster. Penggunaannya bisa menghasilkan puluhan hasil grafik siap pakai serta dapat dibuat secara cepat dan mudah. Langkahnya pertama tinggal memasukkan informasi tentang nama blog dan lain-lainnya.

Selain itu, bisa juga memasukkan beberapa informasi seperti nama dan jenis ataupun topik dalam kolom blog Logaster. Blogger juga dapat mudah merubah teks, warna, positioning serta ikon. Kemudian jika sudah selesai prosesnya, hasil dari pembuatan tinggal didownload secara gratis.

Hipster Logo Generator

Selain menggunakan Logaster untuk menumbuhkan branding blog, bisa juga memakai Hipster Logo Generator. Layanan yang ada di dalamnya mengambil konsep desain kekinian dan trendy. Blogger dijamin dapat mengoperasikannya dengan mudah secara online.

Tools di dalam media pembuatan Hipster Logo Generator mendukung banyak pilihan kustomisasi. Hal itu bisa menjamin kuaitas hasilnya agar optimal dan sesuai keinginan. Mereka juga bisa dinikmati layanannya secara gratis lewat internet.

Zillion Designs

Zillion Designs

Selain kedua media di atas, cara membuat logo blog secara online dapat dibuat menggunakan Zillion Designs. Mereka merupakan salah satu alat yang bisa menghasilkan karya grafik sederhana namun menarik. Terdapat tiga langkah mudah untuk dilakukan jika ingin memakainya.

Pertama adalah memilih jenis blog, kemudian simbol yang ingin digunakan. Kemudian, ketiga melakukan editing dan download setelah prosesnya selesai. Hasilnya memiliki bentuk ekstensi gambar seperti JPEG, PNG dan EPS, namun harus membayar uang sekitar $274 sebelumnya.

Font-Based-Logos

Media keempat untuk membuat logo adalah melalui Font-Based-Logos dan dapat dinikmati secara gratis. Seperti diketahui bahwa membuat hasil karya grafik bukan hanya berupa gambar, namun juga tulisan. Di dalamnya terdapat font berbayar sekitar $10 sampai $100 yang berbentuk unik.

Font berbayar tersebut memiliki polesan berbeda sehingga bentuknya lebih estetik dan bagus jika digunakan. Banyak brand di dunia memakai basis logo tulisan saja tanpa gambar. Namun, sebelumnya pilihlah yang sesuai dan cocok dengan karakter serta isi konten blog

Zyro

Zyro

Jika membutuhkan media untuk logo dengan gampang, cepat, dan terlihat professional Zyro bisa digunakan. Platform tersebut mempunyai berbagai fitur yang mendukung tujuan itu serta dijamin hasilnya bagus. Di antaranya mulai dari option, format, layout, icon sampai warna.

Hal yang membedakan adalah pilihan kustomisasinya yang praktis dan on point. Tentu saja faktor tersebut bisa memberikan kelebihan dari segi kecepatan dan kemudahan membuat logo secara online. Setelah proses pembuatannya selesai, hasil downloadnya memiliki resolusi tinggi.

Oberlo

Oberlo

Oberlo merupakan salah satu add-on dropshipping yang secara khusus dibuat untuk Shopify. Namun didalamnya juga terdapat fitur desain logo gratis dan bisa digunakan buat blog. Secara tampilan, platform tersebut memiliki kepraktisan visual fitur.

Hal tersebut bisa menjadikan proses pembuatan logo berlangsung cepat sehingga cocok untuk mereka yang suka praktis. Namun, ini kurang pas bagi blogger-blogger dengan kecenderungan kreativitas tinggi. Alasannya karena memang pilihannya kurang banyak dan agak terbatas.

Canva

Canva

Canva merupakan salah satu platform yang menyediakan berbagai tool untuk membuat logo. Media satu ini mendukung beragam materi dengan tujuan meningkatkan branding blog. Melakukan desain menggunakan media tersebut sangat mudah dioperasikan.

Canva menyediakan berbagai opsi kustomisasi dengan pilihan skema warna yang luas. Selain itu, juga ada fitur untuk kombinasi dan adaptasi agar hasil desain logo menjadi maksimal. Beberapa keunggulan lain seperti gaya huruf pun dimiliki sehingga akan memudahkan blogger.

GraphicSprings

GraphicSprings

Melalui GraphicSprings blogger bisa membuat berbagai desain logo dalam waktu yang cepat. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan 3 langkah. Pertama mengetikkan nama atau teks untuk ditampilkan di dalamnya.

Berikutnya, blogger harus memilih kategori utama dalam gambar desain yang ingin digunakan. Terakhir menambahkan elemen atau beragam bentuk lainnya, lalu hasilnya bisa diunduh dan siap untuk dipakai. Berbagai fitur di dalamnya dapat dijalankan secara gratis kecuali penambahan lisensi.

Hatchful

Hatchful

Hatcful merupakan salah satu platform untuk mendesain logo secara online dan mudah. Di dalamnya terdapat tool yang lebih lengkap dibanding media lainnya. Hal itu memberikan keleluasaan dalam mengekspresikan kreativitas bagi blogger yang sedang membuat hasil karya grafik.

Keleluasaan memberikan kreativitas tersebut dikarenakan terdapat pilihan template sesuai keinginan. Tentunya itu akan semakin memudahkan blogger minim pengetahuan tentang desain yang bisa membuat logo dengan baik. Keseluruhan fitur dapat diakses tanpa ada biaya atau gratis.

SquareSpace Free Logo Creator

SquareSpace Free Logo Creator

Platform berikutnya adalah SquareSpace Free Logo Creator dimana pembuatan logo menggunakannya tidak terlalu rumit. Media ini menganut prinsip tersebut sehingga prosesnya bisa menjadi sederhana. Pertama yaitu mengetikkan teks sebagai elemen di dalam hasil grafik tersebut.

Kemudian, icon juga bisa dimasukkan ke dalam kanvas kerja SquareSpace Free Logo Creator. Tampilan di dalamnya mirip seperti salah satu software pembuatan grafis seperti Adobe Ilustrator, namun lebih sederhana. Meski begitu, pilihan kustomisasinya beragam sehingga hasilnya bagus.

Tailor Brands

Tailor Brands

Media untuk membuat logo berikutnya adalah Tailor Brands yang mengusung slogan small business branding solution. Tentunya hal tersebut bisa memberikan kemudahan dalam pengembangan blog. Selain itu, platform ini juga menawarkan berbagai fitur menarik.

Fitur paling menarik dari platform Tailor Brands adalah tersediannya tiga pilihan jenis logo. Pertama name based dimana nama blog merupakan objek utama, lalu icon based dimana icon dijadikan spot paling mencolok. Terakhir yaitu initial based yang mengutamakan penggunaan inisial brand situs.

Langkah Umum dalam Proses Pembuatan Logo

Setelah sebelumnya dijelaskan tentang media atau platform dalam pembuatan logo. Berikutnya akan diterangkan langkah-langkah yang penting untuk diketahui dan bisa membantu dalam perancangan hasil karya logo untuk blog. Berikut ini beberapa stepnya untuk dapat dipelajari bersama.

Brainstorming

Brainstorming

Langkah pertama adalah melakukan proses yang dinamakan brainstorming. Maksudnya yaitu sebuah metode dengan tujuan memunculkan penyelesaian masalah namun solusinya kreatif. Ini terbagi menjadi beberapa proses sekitar empat poin.

1. Menentukan Fungsi Utama Logo

Hal pertama adalah langkah penentuan fungsi utama dari logo. Hasil karya ini bisa untuk mewakili brand melalui gambarnya, ikon dan juga font. Maka tujuan dalam menentukannya penting dilakukan sehingga desainnya mudah diingat orang lain.

Selain itu, dengan adanya tujuan maka penentuan bagaimana bentuk logonya manjadi lebih efektif. Alasannya karena elemen-elemen lain yang kurang penting bisa diseleksi agar dapat dibuang. Hasil akhirnya tentu akan lebih sesuai dengan konten ataupun karakteristik blog.

2. Mempertimbangkan Target Pembaca

Hal kedua yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan target pembaca blogger. Tentu opini ini penting diperhatikan sebelum mulai membuat karena nantinya akan lebih mengena. Maka untuk menentukan seperti apa desainnya menjadi lebih mudah.

Misalkan konten dalam blog kebanyakan membicarakan tentang kesehatan. Maka sebaiknya gunakan icon atau elemen untuk dimasukkan dalam blog yang berkaitan dengan hal tersebut. Contohnya adalah gambar seperti stetoskop atau palang dengan penambahan nama blog.

3. Memiliki Inspirasi

Poin berikutnya adalah mempunyai inspirasi dari logo lain untuk digunakan pada blog sendiri. Hal tersebut penting dilakukan agar memudahkan dalam pembuatannya. Kebanyakan orang bingung menentukan desain. Namun pastikan jangan menjiplak sehingga hasilnya original.

Inspirasi juga penting dimiliki, kira-kira akan mendapat gambaran kasar seperti apa nantinya bentuk logo yang dipakai. Referensinya juga banyak tersedia di internet atau situs-situs lainnya. Namun sebisa mungkun harus tetap ada penambahan elemen dari diri sendiri agar mempunyai ciri khas.

4. Menerapkan Aturan dan Prinsip

Hal terakhir dalam proses branstorming adalah menerapkan 3 aturan dan prinsip di atas sebelum membuat logo. Poin tersebut penting untuk dilakukan agar proses pembuatannya bisa dengan mudah dilakukan. Selain itu, kualitas hasil grafik juga dapat terjamin hasilnya sesuai keinginan.

Tentu saja akan percuma mendapat berbagai penjelasan di atas jika tidak diterapkan sebelum membuat desain logo. Alasannya karena memang beberapa aturan dan prinsip tersebut biasa digunakan. Terutama dalam memberikan gambaran kasar tentang bentuknya.

Uji Desain Logo

Uji Desain Logo

Langkah kedua yang perlu dilakukan setelah Brainstorming adalah menjalankan uji desain logo. Tujuannya agar didapatkan hasil grafik paling cocok dan sesuai dengan keinginan. Hal tersebut terbagi menjadi tiga macam proses tahapan untuk dilakukan.

1. Membuat Beberapa Desain

Tahap pertama setelah gambaran bentuk logo secara umum ditentukan adalah membuat beberapa desain. Tujuannya untuk melihat seperti apa yang benar-benar sesuai dengan karakter blog. Maka hasil akhirnya semakin lama tentu akan lebih baik dari sebelumnya.

Namun, jangan sampai beberapa desain logo tadi dibuang karena jika sewaktu-waktu dirasa kurang cocok tinggal melihat rancangan lamanya. Akibatnya proses dalam membuatnya bisa secara cepat dan dalam waktu singkat.

2. Buatlah Gambar Sketsa Kasar dari Desain Sebelumnya

Tahap berikutnya adalah membuat gambaran kasar tentang bentuk logonya. Sketsa merupakan cara tepat jika ingin mengeluarkan berbagai ide di kertas. Selain itu, cara untuk melakukan evaluasi yang salah bisa dengan mudah dilakukan.

Alasannya karena memang hanya menggunakan media kertas saja. Jadi jikalau ada salahnya tinggal menghapus dan menggantinya lagi dengan yang baru. Sketsa ini juga bisa dijadikan pedoman saat pembuatan logo pada blog harus dikerjakan orang lain seperti sebuah jasa.

3. Tunjukkan Desain Logo pada Orang Lain

Tahap ketiga adalah menunjukkan hasil karya desain logo kepada orang lain. Namun bukan sembarangan, cari yang kira-kira paham mengenai dunia tersebut dan konten pada blog. Alasannya tentu agar penilaian mereka bersifat objektif.

Hindari untuk menunjukkan gambarnya pada orang-orang dekat seperti teman, keluarga, apalagi pasangan. Alasannya adalah penilaiannya menjadi tidak subjektif karena mereka kenal dekat dengan yang membuatnya. Selain itu, jika memang bingung silahkan share hasilnya pada grup-grup desain.

Penyelesaian Desain

Penyelesaian Desain

Setelah Brainstorming dan uji pada desain logo dilakukan, berikutnya adalah langkah akhir yaitu penyelesaian. Di dalamnya terdapat dua tahap. Di antaranya yaitu membuat draft dan memilih jenis filenya agar tepat untuk blog.

1. Membuat Draft Akhir

Tahap pertama sebelum desain logo selesai adalah membuat draft akhir. Hal itu karena nantinya pasti berbentuk digital. Caranya bisa dari melakukan gambar sendiri dengan beberapa software komputer seperti Adobe Illustrator atau corel Draw.

Jika hal itu juga dirasa sulit dilakukan karena kendala perangkat komputer, Anda bisa menyewa jasa desainer. Selain itu, sekarang ini telah banyak tender situs Sribulencer. Mereka akan mengasilkan karya logo dalam bentuk digital dengan kualitas bagus.

2. Memilih Format File yang Tepat

Hasil dari pembuatan draft tadi harus dipilih jenis filenya agar tepat untuk blog. Di antara basis lainnya adalah vector, bitmap, raster atau pixel. Sebaiknya seleksi dilakukan agar memilih dengan resolusi tinggi sehingga gambar menjadi jelas.

Baca Juga: Jenis-Jenis Website

Tentu saja penggunaan ekstensi file gambar yang salah akan membawa dampak kurang baik pada logo blog. Maka sebaiknya pertimbangkan baik-baik sebelumnya dan cari tahu lebih banyak lagi terkait masalah jenis berkas. Internet juga menyediakan berbagai informasi mengenai hal tersebut.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat logo blog online dengan mudah. Beberapa rekomendasi seperti platform yang digunakan ataupun langkah-langkahnya bisa diterapkan. Hasil akhirnya tentu akan memiliki kualitas bagus dari pada situs-situs lainnya.

One thought on “Cara Membuat Logo Blog Online Dengan Mudah

Tinggalkan Balasan