Cara Membuat Password

Cara Membuat Password yang Lebih Kuat

Diposting pada

Kini zaman semakin canggih, namun kecanggihan tersebut terkadang membuat orang makin gencar ingin membobol akun seseorang. Agar tidak mengalaminya, sebaiknya ketahui tips cara membuat password (kata sandi) yang lebih kuat. Dengan mengetahuinya lebih awal, diharapkan akan terhindar dari hal tersebut.

Cara agar Password Tidak Mudah Dibobol

Cara agar Password Tidak Mudah Dibobol

Kata sandi diibaratkan pin ATM, Anda tidak boleh menyerahkannya kepada siapapun. Sebab jika sampai berada di tangan yang salah, bisa-bisa akun pengguna dihack. Walaupun penggunaan password mampu mengamankan account seseorang, namun pemiliknya juga harus tetap menjaganya.

Apabila kata sandi terlalu mudah, bisa jadi orang lain mampu membobolnya. Alhasil, akun bisa digunakan untuk tindak kejahatan. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya Anda memproteksinya dengan tips khusus. Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah tidak menggunakan kata yang terlalu familiar.

Baca Juga: Aplikasi Web Browser Terbaik Untuk Browsing

Kata sandi email ataupun media online lain sebaiknya dibuat rumit. Sebab, bisa jadi digunakan untuk melakukan beberapa pendaftaran, bahkan untuk melamar pekerjaan sekalipun. Namun, jangan lupa untuk mencatatnya agar tidak lupa (baik di kertas, catatan ataupun di PC/Laptop).

Oleh karena itu, diperlukan trik ampuh agar akun tetap bisa digunakan seperti biasa dan terlindungi secara aman. Selain itu, rutin untuk menganti password juga bisa meminimalisir terjadinya pencurian data dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa Tips Membuat Password yang Lebih Kuat

Beberapa Tips Membuat Password yang Lebih Kuat

Cara menciptakan kata sandi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Namun, berhati-hatilah sebab bila terlalu mudah, ditakutkan mampu diretas oleh hacker. Agar hal buruk tidak terjadi, sebaiknya ketahui sedikit tips berikut ini:

Hindari Menggunakan Tanggal Lahir

Kata sandi yang bagus akan memberikan proteksi lebih kepada akun seseorang agar tidak mudah dibobol, namun jangan sekali-kali menggunakan tanggal lahir. Memang, ini relatif praktis karena tidak sulit untuk mengingatnya, akan tetapi cukup beresiko karena bisa ditebak dengan sangat mudah.

Memang tidak semua orang mengetahui tanggal lahir seseorang, namun terkadang bisa dibaca melalui informasi akun (seperti Facebook). Oleh karena itu, segera rubah kata tersebut dan gantilah yang lebih variatif lagi.

Salah satu trik yang cukup mudah yaitu menggunakan kombinasi angka dan huruf. Dengan melakukannya, bisa dipastikan akun akan aman tanpa adanya gangguan apapun. Sebagai contoh, gunakan kata sandi Penul1s4manah”.

Buat Password yang Panjang

Salah satu cara agar password menjadi lebih kuat yakni membuat sandi lebih panjang. Semakin banyak kata, makin bagus pula kualitasnya. Alhasil, akun terkait pun dapat terlindungi dengan baik. Jika hanya menggunakan 1 kata saja, dikhawatirkan tingkat keamanannya rendah.

Jika hal itu terjadi, bisa berpotensi lebih mudah untuk diretas. Pembuatan password yang lebih panjang memang disarankan, namun usahakan 2 kata saja. Sebab, terkadang beberapa platform juga membatasi jumlah kata yang akan digunakan. Sebagai contoh yaitu mata hati”.

Di sisi lain, pembuatan password juga membutuhkan pertimbangan banyak hal. Ingat, mencegah lebih baik daripada terjadi hal buruk lainnya. Dengan kata lain, bila akun tidak dilengkapi keamanan tinggi, potensi diretas sangatlah besar.

Mengombinasikan Antara Huruf dan Angka

Seperti yang telah disinggung di atas, Anda dapat mengkombinasikan antara huruf dengan angka. Langkah ini wajib dilakukan, terlebih jika sandi Anda masih berkekuatan lemah (sangat beresiko). Bahkan, bukan mengherankan apabila akhirnya akun tidak bisa digunakan karena dibobol orang.

Pengombinasian ini sebaiknya diterapkan saat membuat sandi. Apabila password terdiri dari angka dan huruf, itu akan membuat tingkat keamanan lebih kuat. Semakin tinggi tingkatannya, makin bagus pula proteksi akun. Salah satu penggunaan kata yang baik yaitu “4ku dan k4mu”.

Hal ini memang harus Anda lakukan, salah satunya jika dipakai untuk mendaftarkan berbagai macam akun. Oleh karena itu, segera kombinasikan huruf serta angka demi memaksimalkan perlindungan secara maksimal.

Mengombinasikan antara Huruf Kapital dan Kecil

Ada lagi yang bisa dilakukan saat membuat kata sandi, yakni mengombinasikan antara huruf kapital dan kecil. Mungkin ini sedikit ribet terutama jika pengguna ingin login yang diharuskan untuk menekan “shift” terlebih dahulu.

Membuat password dengan kriteria semacam ini memang terasa mudah, namun setiap ingin login memerlukan kesabaran karena relatif memiliki durasi sedikit lebih lama dibandingkan dengan sandi biasanya. Di sisi lain, terkadang pengguna juga lupa karena huruf tidak dikapitalkan.

Sebagai contoh, pengguna bisa menggunakan kata sandi seperti “Aku Ingin Pulang”. Walaupun terlihat sepele, namun tidak semua orang paham jikalau Anda memakai kombinasi kata tersebut. Sebab, hal semacam ini memang jarang dilakukan.

Hindari Menggunakan Kata Mudah

Saat membuat password, sebaiknya hindari kata mudah seperti kata “rumah” atau “kucing”. Sebaiknya, pilih istilah yang tidak lazim sehingga kemungkinan diretas makin kecil. Bila ini diterapkan, maka kemungkinan siapapun tidak bisa menebaknya.

Kriteria kata mudah di sini yaitu, terkait nama Anda, nama motor yang dimiliki, tanggal lahir (seperti penjelasan di atas). Bahkan bisa juga nama orang tua ataupun anggota keluarga lainnya. Menggunakannya memang tidak dilarang, namun perhatikan resiko di kemudian hari.

Memang mencari istilah unik yang gampang diingat terbilang cukup mudah. Namun sebelumnya pertimbangkan baik-baik, sebab pencarian password terbaik mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sebagai acuan, Anda bisa menggunakan kata @P3nulis4amanah sebagai pilihannya.

Buat Password Menggunakan Kata dan Angka Acak

Salah satu tips yang dapat dilakukan untuk memiliki password kuat ialah menggunakan kata acak. Anda boleh memilih salah satu istilah dan mengacaknya sehingga tidak ditebak orang. Semisal, pilih kata transportas1”. Kemudian acaklah hingga tidak bisa terbaca, seperti st1rnaopsrats”.

Penggunaan kata acak itu memberikan perlindungan kuat sehingga akun Anda tetap terjaga bebas dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Pengaplikasiannya mungkin sedikit rumit karena pengguna harus mengingat istilah tersebut, namun metode itu cukup ampuh apabila dikombinasikan dengan angka.

Mengombinasikan angka dengan kata sulit akan memberikan tingkat keamanannya lebih tinggi. Alhasil, pengguna pun bisa bersantai-santai sebab kemungkinan diretas sangat kecil. Sisi negatifnya yaitu, pengguna terkadang cukup susah untuk mengingatnya.

1 Password untuk 1 Akun

Cara menjaga password yang benar ialah menggunakan istilah sulit dan memberlakukannya untuk 1 akun saja. Sebab, menggunakan sandi untuk beberapa jenis akun dapat berbahaya. Sebab, jika terlupa satu akaun maka semua akun juga tidak bisa dibuka lagi.

Di sisi lain, jika sudah terbaca terkadang ada orang yang sekedar iseng membuka, namun tidak sedikit pula oknum yang tidak baik dengan keinginan menipu pihak lainnya menggunakannya. Terlebih jika Anda telah meminta seseorang untuk melakukan beberapa hal melalui akun terkait.

Salah satu langkah mudanya yaitu membuat beberapa kata sandi dengan sedikit perbedaan. Sebagai contoh jika memiliki 5 akun gunakan saja sandi, “penulisamanah 111, penulisamanah 222, penulisamanah 333, penulisamanah 444, ataupun penulisamanah 999” (begitu seterusnya).

Menggunakan Kombinasi Simbol

Bicara tentang arti password, keberadaannya memang memberikan proteksi pada pemilik akun. Namun, jika tingkat keamanannya kurang, tentu menjadikan sebuah akun kurang aman. Untuk menyiasatinya, pengguna disarankan menggunakan simbol dan mengombinasikannya dengan istiah unik yang telah dipilih.

Baca Juga: Top Level Domain

Selain memilih istilah unik, ada baiknya Anda menggunakan simbol seperti @ atau # untuk membuat sandi. Pengombinasian ini sebaiknya dilaksanakan. Salah satu contohnya ialah membuat password uwuyur#[email protected] (namun jangan sampai lupa untuk mencatatnya).

Kata itu sangat unik karena tidak mengandung arti umum dan disisipi simbol. Adanya password tersebut memberikan tingkat keamanan cukup ketat apalagi jika dilengkapi angka serta huruf kapital, seperti contoh “#manakutahu”.

Kombinasi Angka dan Simbol

Tips selanjutnya yang harus dilakukan ialah mengkombinasikan antara angka dan simbol. Kedua hal ini akan memberikan perlindungan ekstra pada akun kesayangan. Apabila dilakukan dengan benar, maka platform tersebut tetap dapat aman dan terlindungi.

Anda bisa menggunakan angka acak dan mengkombinasikan dengan simbol. Adanya kombinasi ini akan memberikan pengaman lebih (bisa diberikan sedikit huruf). Namun, jangan memilih angka berurutan seperti 12345678 sebab terkadang sistem pun akan menolaknya.

Hindari juga menuliskan tanggal lahir seperti 12032006, karena hal ini dinilai tidak efektif. Di samping itu, beberapa platform penyedia layanan terkadang tidak memberi pilihan kata sandi jika hanya menggunakan angka saja. Setidaknya, ada 1 huruf yang digunakan.

Hindari Angka Pasaran

Mirip dengan tips sebelumnya yaitu dengan menghindari angka pasaran, namun jangan menuliskan 11111 atau 12345 secara berurutan. Hal ini bisa disiasati dengan membalik angka atau mengotak-atiknya. Sebagai contoh 25902590 tentu ini sangat mudah diingat dan cukup kuat.

Hingga kini masih saja ada yang menggunakan password tersebut. Padahal, tingkat keamanannya agak rendah, apalagi jika Anda tidak mengkombinasikannya dengan huruf. Hal serupa juga bisa ditemukan dengan menggunakan tahun, misalnya saja 2020.

Angka pasaran berikutnya yaitu terkait nomor handphone yang sering digunakan. Terkadang orang malas untuk membuat kata sandi baru, sehingga mereka langsung memasukkan kata sandi dengan nomor yang dipakainya.

Hindari Menggunakan Nama

Meskipun zaman sudah canggih, namun masih saja ada yang menggunakan nama untuk membuat password. Penggunaan informasi umum sangat rawan sehingga disarankan tidak dilakukan. Sebagai contoh “wiro sableng” namun ubah sedikit menjadi “w1ro s4bleng”.

Intinya, jika Anda ingin menggunakan nama maka acaklah hingga tidak mudah ditebak. Selain itu, gunakan angka sebagai tambahan (kombinasi). Langkah ini membuat password menjadi lebih kuat, alhasil akaun yang dimiliki menjadi tetap aman dan terjaga.

Di sisi lain, ada baiknya Anda menggunakan istilah lain atau melakukan pengacakan pada kata tersebut. Selain itu, juga jangan menggunakan kata dari nama julukan yang diberikan beberapa orang, seperti “paijo”, “gendut”, “pesek” dan masih banyak lagi.

Gunakan Bahasa Daerah

Ada lagi tips yang bisa digunakan untuk membuat keamanan akun menjadi lebih baik yakni menggunakan bahasa daerah. Penggunaan cara ini relatif aman dan cukup sulit ditebak. Hampir semuanya bahasa bisa digunakan, baik itu Jawa, Sunda, Bugis, Madura dan masih banyak lagi.

Anda bisa memilih salah satu istilah dari bahasa daerah yang diketahui, kemudian dikombinasikan dengan angka serta symbol, misalnya #mangansego96. Sandi tersebut memiliki keamanan cukup tinggi karena terdiri dari berbagai macam tanda baca dengan angka unik.

Menggunakan bahasa daerah saja tanpa dikombinasikan dengan simbol maupun angka juga bisa. Namun, umumnya tingkat keamanannya cukup-cukup saja. Agar makin terjaga, sebaiknya gunakan huruf capital seperti pada penjelasan sebelumnya.

Sesuaikan Password dengan Ketentuan

Salah satu tips membuat sandi yang benar ialah dengan memperhatikan ketentuan saat menginputnya. Sebagai contoh, saat mengisi di kolom email, terkadang ada keterangan seberapa kuat password tersebut. Nah, sebelum Anda klik “Next”, pastikan tingkat keamanannya tinggi.

Apabila masih rendah atau sedang (biasanya berwarna kuning), coba ubahlah sandi tersebut dengan menggunakan kata dan angka serta ukuran huruf berbeda. Namun, pastikan mengingatnya jangan sampai terlupa setelahnya.

Setelah itu, biasanya akan dilakukan pengecekan ulang dengan cara menuliskan password sebanyak 2x dengan nama yang sama. Langkah ini dilakukan sistem untuk mengecek kebenaran terkait pembuatan sandi tersebut.

Jangan Gunakan Informasi Keluarga Anda

Cara membuat sandi yang dianjurkan ialah tidak menggunakan informasi keluarga Anda. Bila memakai salah satu nama (ayah atau anak) memang memiliki keamanan yang rendah. Seperti ulasan sebelumnya, gunakan kombinasi angka di dalamnya.

Apabila Anda nekat melakukannya, hal itu dapat menjadi bumerang karena seolah mengizinkan peretas menguasai akun kesayangan. Daripada memakai info anak, akan lebih baik mencari istilah unik lainnya, seperti nama kucing, peralatan dapur, ataupun hal serupa.

Anda juga bisa menggunakan istilah unik seperti salah satu tempat favorit kemudian acaklah. Jika memang ingin menggunakan nama sebagai kata sandi, sebaiknya gunakanlah nama keluarga yang telah meninggal ataupun saudara jauh agar tetap mengingatnya.

Gunakan Huruf depan Peribahasa

Salah satu cara yang bisa dipakai untuk menguatkan kata sandi yakni dengan menggunakan beberapa peribahasa, lalu gunukan huruf depannya. Sebagai contoh, jika kalimatnya Air Susu Dibalas Air Tuba, maka tulislah ASDAT. Nah ini pasti sudah unik, namun tingkat keamanannya belum tinggi.

Anda bisa mengombinasikan bersama simbol @ atau # sehingga menjadi [email protected]#. Supaya keamananya lebih keren dan terjaga ubahlah sebagian huruf capital dengan huruf kecil hingga menjadi [email protected] Akan tetapi, umumnya sandi yang direkomendasikan minimal berjumlah 8 kata.

Nah, agar tingkat keamanannya sesuai ketentuan, pengguna hanya perlu menambahkan dengan istilah keren lainnya. Dijamin, cara ini cukup manjur sehingga akun email tetap kuat. Itu semua tergantung bagaimana Anda bisa mengimprovisasi kata sehingga menjadi unik dan menarik.

Gunakan Aplikasi Pengelola Password

Sesuai yang telah direkomendasikan, sebaiknya buat password akun satu dengan lainnya agak berbeda sehingga kemungkinan diretas pun makin rendah. Namun, umumnya muncul kendala baru yakni mengingat kerumitan sandi berbagai media yang dimiliki.

Jika ini sedang Anda alami, jangan khawatir sebab kini terdapat platfrom canggih yang dapat menyimpan password dengan aman. Keberadaan piranti lunak itu menjadi solusi terkini sehingga pengguna tetap bisa login berkat bantuan aplikasi tersebut.

Terdapat berbagai aplikasi untuk mengelola password antara lain: 1Password, latspass dan Password Manager Google Chrome. Pengguna dapat memilih salah satu diantara ketiga piranti itu. Dengan menggunakannya, maka kelupaan kata sandi bukanlah sebuah kendala lagi.

Jangan Gunakan Simbol yang Familiar

Tips terbaik lainnya dan sangat direkomendasikan ialah tidak menggunakan simbol yang gampang terbaca. Sebagai contoh, tanda @ kerap digunakan untuk menggantikan huruf A. Jangan sekali-kali menerapkannya pada sandi sebab ini agak mudah diretas.

Contoh kata sandi akun Google yang buruk ialah [email protected]@[email protected]”. Usahakan tidak memberikan tanda yang mudah untuk para oknum tertentu. Akan lebih baik apabila menggunakan tanda sebagai sisipan tidak bermakna.

Akan lebih baik apabila Anda menggunakannya sebagai sisipan sebagai contoh: “ASd#[email protected]”. Pakailah kombinasi huruf dan angka serta jangan sampai kata yang disisipi simbol terbaca dengan mudah. Meskipun ribet, namun cara ini cukup efektif untuk memperkuat dan mengamankan akun.

Gunakan Kalimat

Menggunakan kalimat lebih efektif dan berkualitas dibandingkan hanya kata saja. Meskipun demikian, jangan memakainya secara mentah-mentah. Kombinasikan huruf besar serta kecil sehingga keberadaan nampak rumit. Anda pun bisa menuliskannya dengan penyingkatan.

Sebagai contoh: “Aku Ora Mangan”. Kalimat ini bisa dijadikan password unik yakni menjadi “akrAm#angAn33”. Saat diubah serta ditambah simbol serta angka, sandi pun memiliki tingkat kemanan tinggi. Pengombinasian huruf kapital dan kecil bertujuan agar kesulitannya meninggi.

Apalagi sandi tersebut ditambahkan angka pada bagian terakhirnya. Jika dirasa kata tersebut kurang panjang, Anda bisa membuat pilihan lain yang lebih unik. Namun pastikan untuk mudah diingat, sebagai contoh “anak indonesia sehat dan kuat”.

Gunakan Kata Alay

Tips cara membuat password (kata sandi) yang lebih kuat sebenarnya masih ada banyak. salah satunya yaitu dengan memanfaatkan kata alay. Walaupun terlihat cukup aneh bagi sebagaian besar orang, namun langkah ini terbilang cukup efektif.

Anda dapat menggunakan berbagai kata alay semisal beud” ataupun asique”. Namun, agar tingkat keamanannya tinggi, kombinasikanlah dengan simbol serta angka. Penggunaan istilah kekinian yang diacak juga bisa dijadikan pilihan sebab istilahnya menarik sehingga nampak lebih kuat.

Penggunaan kata alay dapat dijadikan salah satu tips apabila Anda ingin membuat sandi yang baik dan berkualitas tinggi. Walaupun begitu, pastikan memberi sedikit bumbu agar lebih menarik dan tidak monoton. Sebagai contoh “asique45” yang memiliki kekuatan lebih tinggi.

Hindari Kata-kata Kamus

Salah satu contoh kata sandi BBM buruk ialah menggunakan istilah umum. Hal ini berlaku apabila pengguna menulisnya mentah-mentah di kolom tanpa adanya kombinasi atau pengacakan huruf. Bukan hanya BBM saja, namun juga media chatting lainnya.

Kata-kata kamus sudah biasa digunakan memang memiliki tingkat keamanannya rendah (jadi kurang direkomendasikan). Akan lebih baik jika Anda memakai istilah ter-aneh namun mudah diingat. Istilah tersebut bisa berasal dari bahasa Indonesia maupun bahasa asing.

Ingat, pilihlah kata unik dan jika terpaksa menggunakan yang di kamus, usahakan mengacaknya hingga tidak terbaca. Bila mengadakan pengacakan, keberadaan sandi tersebut pun bisa melindungi akun. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan kata “book321”, “door789”, “eat123” dan masih banyak lagi.

Tidak Menggunakan Urutan

Tips lainnya yang direkomendasikan ialah menghindarkan diri membuat password dengan hal berurutan baik angka maupun huruf. Salah satu contoh sandi kurang berkualitas ialah [email protected], contoh ini memiliki tingkat keamanan yang rendah.

Meskipun telah dikombinasikan angka, namun urutannya terlalu mudah sehingga tidak disarankan menggunakannya. Akan lebih baik jika pengguna tidak mengurutkannya dan memilih angka acak disertai tambahan simbol pada sandi tersebut. Misalnya saja [email protected] yang lebih kuat dari sebelumnya.

Bukan hanya angka, penggunaan sandi qwerty12345” juga dianggap kurang bagus karena kata tersebut merupakan urutan yang ada di keyboard. Untuk itu, pastikan pengguna menggunakan istilah unik dan melakukan beberapa modifikasi sepeti ulasan sebelumnya.

Menggunakan Sandi Mudah Sekaligus Unik

Agar Anda tidak lupa dengan kata sandi yang digunakan untuk berbagai platform, pakailah istilah unik namun mudah diingat. Jika memiliki semboyan hidup maka gunakan saja itu. Namun, jangan ditulis apa adanya. Berikan tambahan simbol keren seperti * atau $ supaya password  lebih aman.

Seperti ulasan di atas, meskipun unik namun usahakan Anda mudah mengingatnya dan jangan sampai mirip tapi tidak sama persis. Anda juga bisa mengaktifkan menu “ingatkan kata sandi saya” agar lebih mudah untuk melakukan log in di semua akun terkait.

Perlu digaris bawahi, keunikan tersebut memang relatif. Dengan kata lain, unik menurut Anda belum tentu unik menurut orang lain. Jika masih kesulitan, Anda bisa menggunakan nama dari rangka kendaraan pribadi (bukan nomor plat).

Jangan Menggunakan Kata Lazim yang Dibalik

Agar pengguna memiliki akun yang aman serta terlindungi, disarankan tidak menggunakan istilah umum lalu dibalik penulisannya. Hampir sama dengan pembahasan nomor 6, akan tetapi ulasan tersebut mewajibkan penggunanya untuk memberikan semuah sisipan hurut atau angka.

Hal ini dikarenakan kata yang digunakan terlalu lazim serta pembalikkan dilakukan dari belakang. Tips itu disarankan demi mendapatkan keamanan terbaik sehingga akun Anda aman. Beberapa password yang tidak disarankan misalnya, “Aku” menjadi “Uka” ataupun “dia” menjadi “aid”.

Jika ingin menggunakannya, sebaiknya beri beberapa imbuhan kata atau huruf menarik lainnya. misalnya saja “Uka Ikut Ibu”, “Uka159”, “aid99” dan masih banyak lagi. Hal semacam itu pastinya tidak akan terduga oleh siapapun.

Kaitkan dengan Platform Tekait

Pengguna disarankan untuk membuat password berkekuatan tinggi dan menggunakannya hanya untuk satu akun saja. Salah satu contohnya yaitu kaitkan dengan platform yang dimiliki. Sebagai contoh, Youtube identitik berwarna merah.

Anda bisa memilih kata abang (bahasa Jawa) lalu dikombinasikan dengan simbol serta angka hingga menjadi “Ab#anG376*”. Ini termasuk sandi berkekuatan tinggi sebab mengombinasikan beberapa poin. tidak hanya itu, jika dilihat lekat-lekat, tanda disisipkan di dalamnya sehingga tidak mudah diketahui.

Ataupun jika menggunakannya sebagai akun dari Facebook bisa menggunakan kata “Paceboak99”. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin mendaftarkan sebuah akun ke dalam Instagram dengan beberapa pilihan menarik, seperti “InstaAmanah”, “InstaPenulis”, “Selebgram44” dan masih banyak lagi.

Hindari Membuat Sandi dari Pertanyaan Umum

Bila Anda ingin membuat password berkualitas, maka jangan menciptakannya dari pertanyaan umum. Ini terlalu gampang ditebak. Jangan menuliskan nama, hewan favorit atau nama ibu (seperti ulasan di atas). Namun, kalimat pertanyaan bisa menjadi rekomendasi terbaik.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat password dari kata “berapakah umur saya?”, “apa warna kesukaan ibuku?” dan masih banyak lagi contoh lainnya. Dengan begitu, tidak ada pihak yang mengira jika kalimat tanya tersebut dibuat menjadi sebuah kata sandi terbaik.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Namun, usahakan untuk menghindari pembuatan password  dengan kata yang cukup menyulitkan. Salah satu contohnya yaitu dengan kalimat, “apa arti dari prikitew?”, “makna dari assique?” beberapa kalimat ini terkadang menyulitkan untuk ditulis.

Itulah beberapa tips cara membuat password (kata sandi) yang lebih kuat. Untuk menghindari kemungkinan terbutuk, ada baiknya Anda tidak memberitahukan apapun terkait kata sandi pada siapapun. Bisa jadi mereka iseng dan melakukan beberapa hal yang kurang mengenakkan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan