Cara Membuka Situs yang Diblokir

Cara Membuka Situs yang Diblokir

Diposting pada

Pemblokiran Situs adalah proses di mana Firewall atau WWW Proxy mencegah pengguna mengakses beberapa sumber daya jaringan, seperti situs World-Wide Web atau server Ftp. Pemblokiran situs pastilah menjadi hal yang sangat mengganggu. Apalagi kalau Anda sedang membutuhkan informasi atau tertentu dari situs yang diblokir tersebut.

Tentang Pemblokiran Situs

Tentang Pemblokiran Situs

Situs yang diblokir adalah alamat IP yang tidak dapat membuat koneksi melalui Firebox. Ada dua jenis alamat IP yang diblokir: permanen dan diblokir otomatis.

Situs Yang diblok Permanen

Firebox menolak koneksi ke atau dari situs yang diblokir secara permanen. Alamat situs ini disimpan dalam daftar Situs yang Diblokir dan Anda harus menambahkannya secara manual. Misalnya, Anda ingin memblok situs-situs tertentu, maka Anda dapat menambahkannya ke daftar ini. Firebox menolak koneksi ke atau dari situs yang diblokir secara permanen.

Situs yang Diblokir Otomatis / Daftar Situs yang Diblokir Sementara

Saat terjadi situs yang diblokir secara otomatis, Firebox menolak koneksi dari situs yang diblokir sementara waktu. Biasanya censorship menjadi alasan utama pemblokiran beberapa situs.

Baca Juga: Fungsi VPS Windows

Ada pemerintah beberapa negara yang tidak ingin warganya mendapat informasi dari situs tertentu, ada juga perusahaan yang membatasi akses internet sosial media di komputer karyawannya agar karyawan bisa lebih fokus bekerja, dan ada juga para orang tua yang ingin mengontrol penggunaan internet anak-anaknya.

Situs Yang Terblokir

Situs Yang Terblokir

Kalau tiba-tiba Anda tak bisa mengakses situs favorit Anda, karena situs yang terblokir maka cari tahu dulu apa kira-kira penyebabnya, seperti:

1. Server situs tersebut sedang bermasalah

2. Anda tidak memiliki akses ke situs yang dimaksud

3. Jika Anda memiliki teman dari berbagai negara, tanyakan juga kepada mereka apakah bisa menggunakannya. Jika pengguna yang tinggal di negara Anda tidak dapat membukanya, dan pengguna dari luar negeri bisa, kemungkinan besar, itu diblokir oleh negara asal Anda atau pemerintah negara tuan rumah. Contohnya saja situs Reddit yang tidak bisa dibuka di Indonesia, tetapi bisa dibuka di Luar negeri.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuka situs yang diblokir, yaitu:

Menggunakan VPN

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Menggunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memberikan Anda akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

Sederhananya, VPN mengkoneksikan smartphone, tablet, PC ke komputer yang lain (biasa disebut dengan VPN Server) di suatu tempat yang terhubung dengan internet, dan mengizinkan Anda untuk menjelajah internet menggunakan jaringan internet komputer.

Jadi jika komputer (server) di negara yang berbeda, itu akan menjadi negara yang Anda gunakan ketika internet mencoba mengenai Anda melalui koneksi tersebut dan Anda dapat mengakses sesuatu yang tidak bisa Anda akses dari negara Anda.

VPN (Virtual Private Network) memungkinkan Anda untuk terhubung ke server yang terletak di bagian mana pun di dunia berdasarkan peer-to-peer dan memotong server pusat. Saat Anda terhubung ke server di luar negara asal Anda, alamat IP Anda juga akan berlokasi di luarnya.

VPN mengenkripsi aliran data dan memungkinkan pengguna untuk membangun saluran, yang tidak dapat diterjemahkan oleh pihak ketiga. Ada banyak layanan VPN yang terjangkau secara online, di mana Anda dapat terhubung ke server yang terletak setengah dunia dari Anda. VPN adalah salah satu cara teraman untuk pembatasan.

Seperti namanya, perangkat lunak VPN (Jaringan Proxy Virtual) bertindak sebagai lapisan persembunyian yang tidak mengungkapkan alamat IP Anda yang sebenarnya.  Menggunakan layanan VPN yang andal adalah cara terbaik untuk membuka blokir situs web dengan mudah. Semua VPN populer memiliki aplikasi untuk PC, Mac, Android, iOS, dll.,

Berikut adalah VPN yang bisa Anda gunakan sebagai cara membuka situs yang diblokir:

  • PIA
  • ExpressVPN
  • NordVPN

Menjalankan Browser Anda Melalui Proxy

Menjalankan Browser Anda Melalui Proxy

Menghubungkan ke proxy adalah cara lain untuk menghindari pemblokiran. Ini adalah salah satu cara membuka situs yang di blokir di laptop. Layanan proxy akan menyembunyikan situs web terlarang dari ISP Anda dan tidak akan membiarkan mereka melacak aktivitas Anda.

Sangat sering terjadi, dalam lingkungan profesional, perusahaan membatasi akses Anda ke beberapa situs web tertentu seperti streaming video, jejaring sosial, atau bahkan email pribadi. Kadang-kadang, Anda memerlukan cara untuk mengakses situs web yang diblokir dan dalam situasi tersebut, dan situs web proxy bertindak sebagai salah satu solusinya.

Namun, harap perhatikan bahwa proksi unblock tidak seaman VPN. Jadi, jika Anda mencari cara teraman untuk melindungi pekerjaan Anda, metode VPN adalah cara yang harus dipilih.

Situs web proxy menyamarkan situs yang diblokir dari ISP dan memungkinkan Anda mengakses situs web yang diblokir. Misalnya saja, jika Instagram diblokir di kantor Anda, maka Anda dapat memasukkan URL yang diblokir untuk mengakses layanan dengan menggunakan proxy berikut ini:

  • Smartproxy.com
  • Spysurfing.com

Menggunakan IP dan bukannya URL

Menggunakan IP dan bukannya URL

Jika Anda menemukan bahwa suatu situs web diblokir, Anda dapat mencoba mengaksesnya melalui IP-nya, karena pemblokir dapat menyembunyikan URL. Cara untuk mendapatkan IP adalah dengan melakukan ping menggunakan alat PING gratis atau di Command Prompt.

Caranya sangat mudah. Pertama, jalankan program, ketik URL situs web, tekan Enter, copy-paste alamat IP ke bilah alamat browser dan pilih situs yang diperlukan dari daftar.

Yang harus diperhatikan adalah bahwa metode ini tidak akan berfungsi jika pemblokir telah memilih untuk menyembunyikan alamat IP juga.

Sebagian besar dari Anda mungkin tahu bahwa setiap URL situs web memiliki alamat IP. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan alamat IP suatu situs untuk membuka halaman web yang terlarang di browser Chrome Anda.

  • Pada Windows, ketik tracert websitename.com di command prompt untuk mendapatkan alamat IP.
  • Pada Mac, buka Network Utility, klik opsi Traceroute di bagian atas, dan masukkan alamat situs web untuk menemukan alamat IP-nya.
  • Untuk iPhone dan Android, temukan aplikasi dengan nama Traceroute di App Store dan Play Store.
  • Di Linux, ketik digcom di Terminal untuk mendapatkan alamat IP.

Sekarang masukkan alamat IP ini di alamat browser web Anda dan tekan Enter untuk mengunjungi situs web yang terblokir. Alat dan perintah serupa juga dapat digunakan pada platform lain seperti Mac, Linux, Android, dll.

Pilih Antara Proxy di Browser Anda

Selain cara-cara di atas, cara buka situs yang di blokir di laptop adalah dengan memilih antara proxy di browser Anda. Beberapa perusahaan menggunakan lebih dari satu proksi. Karena pembatasan diarahkan melalui proxy tertentu, mungkin ada pembatasan, di mana situs web yang diblokir masih dapat tersedia. Gunakan opsi Pengaturan Koneksi di browser Anda dan alihkan ke proksi lain, yang kemungkinannya tidak dibatasi.

Perusahaan Anda mungkin memiliki lebih dari satu proksi untuk jaringannya. Jadi, ada kemungkinan beberapa situs web dibatasi pada satu proxy, tetapi dapat diakses pada yang lain. Jadi, Anda dapat mencoba browsing proxy untuk mengakses situs web yang diblokir di perusahaan Anda.

Menonaktifkan pengaturan proxy jaringan di browser website sebenarnya cukup mudah kok. Anda hanya perlu menemukan opsi koneksi / jaringan di pengaturan browser web Anda.  Nah di sana, Anda dapat memilih opsi tanpa proxy atau menggunakan proxy yang lain. Dengan begitu, Anda bisa membuka situs yang diblokir.

Menggunakan Browser Extensions

Menggunakan Browser Extensions

Anda masih dapat mengakses situs-situs yang terblokir melalui ekstensi browser seperti UltraSurf, ProxMate, Hola, dll. Jika situs web yang diblokir bersifat dinamis seperti Facebook atau YouTube, maka Anda harus mencoba ekstensi ini.

Hola dan ProxMate adalah beberapa ekstensi yang dapat Anda gunakan untuk mengakses situs web yang diblokir di Chrome dan browser lainnya. UltraSurf adalah salah satu ekstensi efektif yang memungkinkan Anda menjelajah dengan bebas menggunakan jaringan proxy yang dienkripsi. Cara buka situs blokir dengan 3 browser extensions ini bisa menjadi pilihan ampuh.

Mengganti Server DNS Anda

Mengganti Server DNS Anda

Apa itu DNS server? Singkatnya, DNS adalah sebuah sistem yang mengubah URL website ke dalam bentuk IP Address. Tanpa DNS, Anda harus mengetikkan IP Address secara lengkap ketika ingin mengunjungi sebuah website. Domain Name Server atau DNS adalah sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address).

Normalnya, bila Anda ingin mengakses internet, maka Anda perlu mengetikkan IP Address sebuah website. Cara ini memang cukup merepotkan. Sebab ini artinya, Anda perlu punya daftar lengkap IP Address website yang dikunjungi dan memasukkannya secara manual.

Nah, DNS adalah sistem yang meringkas pekerjaan ini untuk Anda. Jadi, Anda tinggal mengingat nama domain dan memasukkannya dalam address bar. DNS kemudian akan menerjemahkan domain tersebut ke dalam IP Address yang komputer pahami.

Ada tiga fungsi DNS yang perlu Anda ketahui:

  • Yang pertama adalah DNS berfungsi untuk meminta informasi IP Address sebuah website berdasarkan nama domain;
  • Meminta informasi URL sebuah website berdasarkan IP Address yang dimasukkan;
  • Mencari server yang tepat untuk mengirimkan email.

Itulah ketiga fungsi DNS yang bekerja secara otomatis ketika anda sedang mengakses internet. Berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan DNS dalam aktivitas berinternet:

  • Lebih Mudah untuk Berinternet. Dibanding mengingat deretan angka IP address, tentu akan lebih nyaman untuk mengingat nama website. Hadirnya DNS telah berhasil menjembatani komunikasi antara pengguna internet dengan komputer.
  • Lebih Konsisten dalam Penggunaan. Anda bisa menggunakan nama DNS yang sama meskipun ada perubahan pada IP Address yang digunakan. Dengan demikian, akses pengunjung ke salah satu website tetap bisa dilakuakan meskipun telah terjadi penggantian IP Address.
  • Lebih Mudah Dikonfigurasi. Saat terjadi kendala pada IP Address yang digunakan, Anda bisa mengganti dengan IP yang berbeda dengan mudah. Cukup dengan melakukan update data pencocokan DNS dan IP Address. Hal ini akan dijelaskan lebih lanjut pada Cara Kerja DNS.
  • Lebih Aman. Ketika menggunakan sistem DNS, semua aktivitas transfer data online akan melalui server DNS yang terjaga keamanannya. Sistem tersebut akan mencegah upaya peretasan yang coba dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Jadi, website akan menjadi lebih aman.

Nah, sekarang dimungkinkan untuk beralih di antara server DNS dan memiliki koneksi yang lebih aman dan lebih andal. Ini tentu sangat berguna saat Anda ingin membuka blokir website favorit Anda.

Menggunakan Wayback Machine

Menggunakan Wayback Machine

Wayback Machine adalah layanan yang menyimpan salinan sebagian besar dari semua situs web di internet. Wayback Machine menyimpan beberapa versi situs web dan Anda dapat menggunakannya untuk mengakses versi situs web sebelumnya. Pengguna juga dapat menggunakannya untuk menelusuri konten yang diblokir secara online. Selain itu, website ini juga berisi banyak film gratis, film dokumenter, games, ebooks, dll.

Saat situs favorit Anda tidak lagi dapat diakses pastilah hal itu membuat Anda kesal. Namun, Wayback Machine memiliki solusinya. Ia cukup menyalin versi situs web yang berbeda dan menyajikannya kepada penggunanya. Lalu, user dapat memilih versi apa pun dari situs favorit yang tersedia sebelumnya, seperti melihat video dan mendengarkan audio.

Menggunakan Feed RSS

Menggunakan Feed RSS

RSS Feed adalah solusi unik, yang membantu Anda mengambil konten dari situs yang diblokir dan menyiarkannya ke pembaca. RSS bermanfaat untuk mendapatkan konten segar dan membacanya dengan mudah.

Menggunakan IP Anonimizer (mis., TOR)

Menggunakan IP Anonimizer The Onion Router

TOR atau “The Onion Router,”adalah jenis browser yang memiliki pola enkripsi berlapis, yang digunakannya saat mentransfer data. Ini adalah jenis browser yang memastikan enkripsi dan anonimitas yang aman. Dengan browser ini, pengguna dapat mengakses situs web dan sumber daya media yang diblokir tanpa dilacak oleh pengawasan apa pun.

TOR bisa bertindak sebagai alat pintas pemblokir web jika Anda mengaturnya dengan benar. Dalam banyak kasus, Anda dapat membuka blokir situs web di sekolah atau kantor dan tetap terlihat anonim juga. Ada keuntungan ganda dengan menggunakan TOR, karena Anda juga dapat menyingkirkan segala jenis pengawasan.

Setelah VPN dan proksi, menggunakan Tor adalah metode paling ampuh untuk membuka situr yang diblokir. Terlepas dari bypass web blocker saja, jika Anda mencari cara untuk meningkatkan keamanan komputer Anda, Anda juga dapat menggunakan kombinasi TOR dan VPN. Banyak VPN seperti NordVPN dan ExpressVPN menyediakan teknologi seperti Onion Over VPN, yang menawarkan lapisan perlindungan ekstra.

Menggunakan Firefox Portable

Menggunakan Firefox Portable

Beberapa perusahaan bertindak sangat ketat dalam membatasi akses penggunaan internet karyawannya. Bila pihak perusahaan merasa bahwa fokus karyawannya dapat terganggu bila mengakses situ-situs tertentu, maka biasanya situs tersebut akan diblokir.

Mereka bahkan mungkin melarang pegawainya untuk menggunakan ekstensi browser web. Nah, bila hal ini juga terjadi pada Anda, jalan keluar yang terbaik adalah memasang browser pada drive USB dan menyinkronkannya dengan proksi pemblokiran.

Jika sekolah atau kantor Anda diketahui mengambil langkah-langkah untuk membatasi akses situs, Anda dapat menginstal web browser seperti Firefox portable pada drive USB. Ini adalah beberapa metode yang paling efektif dan mudah digunakan untuk menghindari penyensoran yang dilakukan di situs web favorit Anda.

Langkah-langkah yang tadi kita bahas biasanya cukup ampuh dalam membuka blokir website dan memungkinkan Anda untuk mengakses website-website tersebut.

Namun, masing-masing memiliki tingkat keefektivitasannya masing-masing, dan cara yang sesuai untuk Anda belum tentu sesuai juga untuk orang lain. Meskipun demikian, pilihan yang terdapat cukup banyak sehingga Anda bisa leluasa mencoba mana yang paling cocok Anda gunakan.

Baca Juga: Toko Online Terbaik

Semoga informasi cara membuka situs yang diblokir diatas bisa membantu ya!

Tinggalkan Balasan