Cara Memperkuat Sinyal 4G

Sinyal internet Anda sering ngadat ketika sedang seru-serunya bermain game online atau berselancar di dunia maya? Jika iya, maka hal tersebut harus segera diperbaiki dengan langkah jitu menggunakan salah satu cara memperkuat sinyal 4G secara mudah dan sederhana.

Mengenal Jaringan Internet 4G

Mengenal Jaringan Internet 4G

Jaringan internet 4G bisa dibilang merupakan pendatang yang cukup lama masuk dalam dunia seluler di Indonesia karena sudah bisa digunakan di negara ini kira-kira masih pada tahun 2015 akhir. Kelebihannya yakni, mempunyai kekuatan lebih baik dan cepat daripada sinyal 3G.

Sinyal 4G sendiri pada dasarnya merupakan singkatan atau kependekan dari fourth generation technology atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai teknologi generasi keempat dalam dunia seluler.

Baca Juga: Trik Cara Internet Gratis Tanpa Kuota

Sistem dari jaringan 4G sendiri sangatlah kompleks yang mana data berupa teks, suara, serta gambar dapat dimunculkan secara cepat dengan kualitas baik dalam satu perangkat seluler dan menggunakan waktu bersamaan.

Cara Memperkuat Sinyal Internet 4G Tanpa Aplikasi

Cara Memperkuat Sinyal Internet 4G Tanpa Aplikasi

Jika Anda mau berusaha, maka sebenarnya cukup banyak cara memperkuat sinyal 4G yang dapat dilakukan secara mandiri tanpa bantuan aplikasi apapun. Hal ini tentunya lebih mudah dan juga efektif karena tidak perlu mengunduh serta menghabiskan banyak kuota internet:

Menggunakan Alumunium Foil

Mungkin selama ini Anda menganggap jika alumunium foil merupakan sebuah kertas yang sering digunakan untuk membungkus makanan khususnya roti supaya awet dan bentuknya teratur. Hal tersebut memang betul.

Namun, saat ini siapa yang menyangka bahwa alumunium foil dapat digunakan untuk menaikkan kualitas jaringan internet 4G pada smartphone Anda. Hal itu sudah banyak dicoba dan memunculkan hasil lumayan efektif.

Cara menggunakan alumunium foil ini untuk memperkuat sinyal 4G yaitu silakan Anda memotong selembar kertas tersebut dengan ukuran bebas asalkan tidak terlalu besar. Lalu, tempelkanlah pada bagian belakan smartphone. Nah, dijamin sinyal 4G akan membaik secara perlahan.

Mereboot Smartphone

Melakukan reboot atau restart terhadap smartphone merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk memperkuat jaringan 4G. Caranya sangatlah simpel dan mudah sehingga hampir setiap pengguna pasti bisa melakukannya.

Sebelum melakukan reboot, pastikan dulu bahwa seluruh aplikasi atau layanan dalam smartphone Anda sudah dalam keadaan tertutup. Setelah itu, silakan tekan tombol power selama beberapa detik. Lalu, akan muncul beberapa opsi dan silakan memilih pilihan “restart”.

Ketika proses restart tersebut dilakukan, maka smartphone akan mati dan selanjutnya hidup denagn sendirinya. Ikuti saja alurnya dan jangan memencet tombol apapun. Lihat, ketika gadget sudah menyala pasti kekuatan sinyal jaringan 4G menjadi semakin bertambah.

Menggunakan Mode Pesawat

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa mode pesawat malah dianjurkan untuk meningkatkan kualitas sinyal internet 4G. Padahal, biasanya hal tersebut berfungsi dalam rangka mematikan koneksi saat pengguna sedang berada dalam penerbangan atau hal-hal lain semacamnya.

Nah, dalam hal penguatan sinyal 4G tersebut, mode pesawat di smartphone Anda akan berperan untuk merefresh jaringan internet dalam suatu wilayah sehingga ketika sudah dinormalkan kembali, ia akan mempunyai kualitas lebih baik serta lancar digunakan.

Adapun, cara menggunakan mode pesawat untuk menaikkan kualitas sinyal 4G yakni sama saja ketika Anda melakukan settingan air plane seperti biasanya. Tingga buka pengaturan di smartphone, lalu klik pada menu “aktifkan mode pesawat”.

Menerapkan Mode Setel Jaringan 4G Only

Dalam rangka membuat sinyal jaringan internet di smartphone Anda bisa bekerja dengan maksimal serta memiliki kekuatan penuh, maka membuat settingan atau pengaturan model setel jaringan 4G only sangatlah diperlukan.

Jangan menyetting jaringan seluler Anda dengan otomatis, tetapi ubahlah pengaturannya menjadi 4G saja. Cara ini sejatinya bertujuan untuk membuat kinerja internet smartphone untuk lebih berfokus pada sinyal generasi keempat tersebut.

Nah, bagaimana langkah mengubah settingan smartphone menjadi 4G only? Caranya adalah dengan membuka menu “pengaturan”terlebih dahulu. Selanjutnya, pilihlah opsi “jaringan seluler” dengan mengkliknya dan kemudian silakan Anda memilih “4G Only”.

Menggunakan Smartphone Tanpa Casing Tambahan

Kadangkala, penggunaan casing tambahan atau pelindung badan smartphone secara berlebihan akan menghambat kinerjanya dalam rangka menembus sinyal dengan mudah. Hal ini terjadi karena lubang fungsi di dalamnya tertutup secara rapat.

Jika Anda menggunakan case dengan bahan karet, maka hal tersebut masih bisa diminimalisir sebab daya tembusnya masih besar. Akan tetapi, untuk hard case atau yang berbahan metal, biasanya malah sangat-sangat mengganggu.

Terkait dengan hal tersebut, agar sinyal internet 4G Anda bisa berjalan dengan lancar, maka disarankan untuk tidak memakai case tambahan saja. Akan tetapi, jika memang itu diperlukan, sebaiknya gunakan casing berbahan karet atau yang mempunyai banyak pori-pori.

Melepas Baterai Smartphone

Ketika sedang terjadi masalah dalam smartphone apapun itu kasusnya, maka melepas baterainya merupakan salah satu solusi paling mudah dan efektik untuk dilakukan. Mayoritas berhasil dan memuaskan.

Begitu juga ketika sinyal 4G sedang bermasalah untuk browsing maupun melakukan game online, maka cara melepas baterai ini juga sangat recommended dilakukan. Caranya pun sederhana dan tanpa memerlukan peralatan apapun.
Sayangnya solusi yang satu ini hanya berlaku dan bisa diterapkan pada smartphone dengan baterai removable saja dan hal tersebut sekarang ini sudah tidak diproduksi lagi oleh pabrik.

Membersihkan Smartphone

Barangkali, sinyal 4G pada smartphone Anda terkesan lelet karena adanya hambatan kotoran di bagian tertentu gadget. Hal tersebut sering sekali dianggap remeh oleh pengguna, tetapi nyatanya memang banyak terjadi.

Nah, ketika jaringan 4G Anda tidak bisa digunakan untuk browsing, maka cobalah membersihkan perangkat smartphone terlebih dahulu mulai dari bagian layarnya, casing belakang, serta seluruh lubang-lubang fungsi pada permukaannya.

Ketika membersihkan, jangan gunakan kain yang kasar karena hal tersebut dapat membentuk goresan-goresan pada body smartphone. Lakukan cara ini secara rutin dan tetap jagalah kebersihan gadget Anda.

Berpindah ke Tempat yang Lebih Tinggi

Cara memperkuat jaringan 4G selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan berpindah ke tempat yang lebih tinggi seperti halnya lantai atas rumah atau bukit. Hal tersebut biasanya sangat bermanfaat dan lebih memudahkan perangkat dalam menangkap sinyal.

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para pengguna.Namun, ada catatan tersendiri juga yakni tempat tinggi yang sedang Anda pijak tersebut haruslah berdekatan jaraknya dengan tower sinyal. Jikalau tidak, hal itu kemungkinan kurang efektif.

Walaupun banyak juga yang menganggap bahwa berpindah ke tempat yang lebih tinggi tidak akan membuat sinyal 4G bertambah baik, tetapi tidak ada salahnya juga Anda mencobanya karena mungkin dengan keyakinan penuh hal tersebut dapat berhasil.

Menggunakan Kartu SIM dengan Jangkauan Sinyal Maksimal

Sebelum mendiagnosa penyebab permasalahan errornya sinyal 4G yang sedang Anda gunakan, maka sebaiknya ceklah terlebih dahulu provider data seluler apa saja yang memiliki jaringan kuat di wilayah tersebut secara berkala dan akurat.

Jika Anda tidak mau membeli banyak kartu kuota data internet, maka pinjamlah saja pada teman-teman yang memiliki beragam provider. Masukkan hal tersebut pada smartphone dan selanjutnya lihatlah apakah sinyalnya bagus atau tidak.

Nah, dalam kasus seperti ini, Anda harus jeli menggunakan provider yang memiliki sinyal kuat di tempat domisili. Jangan sampai tidak tahu perihal tersebut, pengguna langsung asal beli saja dan pada akhirnya tidak terpakai sebab kualitas jaringan 4G jelek.

Keluar dari Ruangan

Seperti yang telah diketahui secara umum,sinyal akan 4G akan memiliki kekuatan berlebih ketika dekat dengan BTS atau sumber pemancarnya. Nah, ketika Anda sedang di dalam ruangan rumah, gedung, kantor, atau sebagainya, maka lebih baik keluar saja.

Seringkali terjadi bahwasanya di dalam ruangan kerap terdapat hambatan atau gangguan yang menyebabkan jaringan 4G pada smartphone Anda menjadi lemot. Penyebab dari hal tersebut adalah adanya penutup dan kurangnya ventilasi pada ruang.

Nah, dengan berpindah tempat ke ruang terbuka atau keluar, maka dianggap sebagai solusi jitu meningkatkan kualitas sinyal 4G. Walaupun hal ini juga tidak sepenuhnya benar, tetapi kiranya bisa sedikit membantu melancarkan komunikasi seluler.

Mengisi Baterai Hingga Penuh

Baterai yang hampir habis atau sedang low battery juga bisa jadi menjadi salah satu penyebab lemahnya kekuatan jaringan 4G di smartphone Anda. Dalam hal ini daya perangkat akan berpengaruh terhadap semua performanya termasuk internet.

Jika Anda mengalami kesulitan sinyal 4G dan telah mencoba berbagai cara untuk menaikkan kekuatannya dan tidak berhasil juga, maka sebaiknya ceklah terlebih dahulu keadaan baterai smartphone apakah dalam kondisi penuh atau habis.

Jika baterai Anda dalam kondisi sedikit atau hampir habis, maka sebaiknya isilah terlebih dahulu hingga penuh sambil dimatikan. Jangan menggunakan perangkat ketika sudah dalam proses charger. Setelah itu, cobalah cek kekuatan jaringan internet 4G apakah bertambah atau tidak.

Flash Smartphone ke ROM Original

Untuk smartphone yang suka dimodifikasi dengan menggunakan ROM pabrikan lain, maka hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kualitas sinyal jaringan internetnya karena sistem tidak bisa merespon secara langsung dan sering error.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka ceklah dulu komponen dari smartphone Anda di pengaturan atau spsifikasinya. Jika memang ROM nya memakai bajakan pabrikan lain dan ilegal, sebaiknya segera uninstall dan diflash saja.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kuota Gratis

Anda bisa melakukan flash ROM ke file asli bawaannya secara mandiri. Akan tetapi, jika masih bingung bagaimana caranya dan belum memiliki alat lengkap, maka membawanya ke tukang service atau konter terdekat merupakan solusi terbaik.

Memperkuat Sinyal 4G dengan Menggunakan Aplikasi

Memperkuat Sinyal 4G dengan Menggunakan Aplikasi

Jika cara memperkuat sinyal 4G secara manual tidak berhasil meningkatkan kualitas jaringan, maka Anda bisa mencoba menggunakan berbagai aplikasi. Hal terebut dapat diunduh secara gratis di Google Playstore dengan ukuran file ringan hingga sedang.

Menggunakan Signal Guard Free

Signal Guard Free merupakan salah satu aplikasi penguat sinyal 4G smartphone yang bisa didownload secara free di Google Play Store maupun Apple Appstore. Ia tersedia dengan versi gratis maupun pro untuk layanan serta fasilitas lengkapnya.

Dalam aplikasi ini, terdapat banyak sekali fitur-fitur yang dapat memperbaiki kualitas jaringan seluler Anda baik itu jenis 4G maupun lainnya. Cara menggunakannya pun sangat mudah dan desain tampilannya cukup sederhana sehingga tidak menimbulkan pengguna merasa kebingungan.

Jika Anda merasa bahwa sinyal 4G mulai lelet digunakan berselancar di dunia maya, maka langsung saja buka aplikasi ini dan memilih salah satu menu yang cocok di dalamnya. Nah, ia juga akan memberikan notifikasi pada smartphone tentang keadaan jaringan setiap harinya.

Menggunakan Network Signal Booster

Tidak jauh berbeda dengan Signal Guard Free, Network Signal Booster juga merupakan salah satu aplikasi yang sangat ampuh untuk menguatkan performasi sinyal 4G dalam rangka mempercepat jaringan internet di smartphone Anda.

Aplikasi yang satu merupakan yang paling populer dan banyak sekali dunduh di Playstore hingga mencapai 300 ribu kali. Hal tersebut wajar memang karena ukuran filenya sangat ringan dan cara penggunaanya pun mudah.

Dalam Network Signal Booster ini, selain terdapat fitur untuk menguatkan sinyal seluler yang berasal dari provider, terdapat juga layanan penguatan jaringan WiFi di sekitar Anda. Desain visual aplikasinya sederhana berkesan metakl dengan perpaduan warna hitam serta merah.

Menggunakan Network Signal Info

Jika Anda menginginkan aplikasi penguat sinyal yang memberikan informasi detail terhadap kualitas jaringan WiFi maupun internet provider, maka Network Sinyal Info inilah jawabannya. Filenya sangatlah ringan untuk diunduh sehingga tidak akan khawatir jika memori internal cepat penuh.

Selain mempunyai tugas untuk menguatkan sinyal internet, dalam aplikasi ini juga terdapat fitur-fitur lain yang akan sangat berguna dalam keseharian Anda. Hal tersebut diantaranya yakni pelacak lokasi, pelacak sinyal, serta lain-lain semacamnya.

Di samping ia memiliki kemampuan akurat serta fitur yang beragam, Network Signal Info ini juga sangat mudah dioperasikan karena semua menun-menu di dalamnya telah dimanage dengan baik.Desain visual tampilannya sederahana dan didominasi warna hitam saja.

Menggunakan Network Signal Speed Booster

Aplikasi yang sangat recommended untuk menguatkan sinyal 4G selanjutnya yakni bernama Network Signal Speed Booster. Ukuran file unduhannya memang sangat ringan, tetapi jangan meragukan kemampuannya karena ia sangatlah diunggulkan dan mendapat banyak bintang di Playstore.

Aplikasi yang satu ini memiliki tampilan muka visual yang berwarna-warni dan ceria khas anak-anak. Ia didominasi warna hijau dengan banyak sekali fitur-fitur seputar dunia seluler di dalamnya. Cara penggunaanya pun mudah dan simpel.

Network Signal Speed Booster dapat memberikan informasi pada terkait dengan jaringan seluler kepada Anda hanya dengan satu kali klik saja. Semua masalah kesulitan sinya dapat diatasi secara menyeluruh oleh aplikasi ini, Jadi, jangan ragu untuk mengunduhnya sekarang juga!

Menggunakan Network Signal Refresher Lite

Seperti dengan namanya, Network Signal Refresher Lite mempunyai ukuran file paling kecil jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi penguat sinyal lainnya. Ia juga bisa diunduh secara cuma-cuma di Appstore maupun Playstore smartphone Anda.

Desain tampilan antarmuka dari aplikasi ini sangatlah sederhana. Pengaturan bahasanya pun juga bisa diubah ke dalam bahasa Indonesia sehingga pengguna akan lebih mudah dalam memahami notifikasi atau perintah-perintah di dalamnya.

Diluar mempunyai fitur penguat sinyal 4G dan WiFi, ia juga memiliki layanan penting lainya seperti hanya widget. Yang mencakup informasi suhu, lokasi, serta waktu.

Baca Juga: Aplikasi Recovery Data dan File Terbaik untuk Android

Demikian ulasan terkait cara memperkuat sinyal 4G agar lebih lancar dalam berkomunikasi secara online dan juga bermain media sosial. Semoga informasi tersebut dapat diambil manfaatnya serta jangan lupa untuk mencobanya sendiri di rumah.

Tinggalkan komentar