Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama
21Apr, 2020

Faktor terbesar yang mempengaruhi kelancaran dan tingkat profit yang diperoleh ketika memulai berbisnis adalah pemasok produk pertama. Cara mencari supplier tangan pertama ini harus dipahami benar oleh wirausahawan supaya bisa bersaing dengan kompetitor dan mendapat keuntungan besar.

Supplier dan Distributor Itu Berbeda

Supplier dan Distributor Itu Berbeda

Tak bisa dipungkiri memang jika masih banyak orang yang salah menganggap bahwa supplier dan distributor itu sama. Padahal keduanya sangat berbeda, namun kesamaannya dalam menyediakan barang membuat berbagai pihak salah mengartikan.

Tahukan Anda jika supplier adalah perorangan maupun perusahaan yang memasok atau menjual bahan baku mentah kepada pihak lain untuk dijadikan barang jadi hingga siap dijual kepada konsumen.

Baca Juga: Cara Pemasaran Produk Yang Tepat

Berbeda dengan distributor, bahwa pihak ini hanyalah penyalur barang dari produsen ke konsumen. Maka, salah apabila menyatakan ia sebagai pemasok barang bagi para penjual atau reseller. Akan tetapi, tak jarang pedagang yang menggunakan jasanya untuk mengambil produk dari supplier.

Langkah Mencari Supplier

Langkah Mencari Supplier

Bagi dunia bisnis, prinsip dan tujuan utama sudah tentu mencari keuntungan. Salah satu cara supaya bisa memperoleh benefit maksimal adalah dengan mencari sumber bahan baku termurah, entah itu melalui supplier atau pabriknya langsung.

Untuk bisa mengetahui tempat pemasok produk termurah adalah Anda tentunya harus memiliki banyak koneksi. Dengan begitu informasi yang didapatkan semakin banyak. Dalam dunia perbisnisan memang tak bisa jika ingin berjalan sendirian tanpa saling kenal antara penjual satu dengan lainnya.

Maka, berikut ini adalah beberapa cara mencari supplier tangan pertama yang bisa dicoba untuk diterapkan pada usaha Anda:

Menentukan Kebutuhan

Langkah pertama ini sangatlah penting untuk diketahui dan sebagai seseorang yang akan memulai usaha harus pandai menganalisis bagian ini. Sebab, bisa dikatakan bahwa dengan menentukan kebutuhan akan menjadi titik awal kemudahan melangkah ke tahap berikutnya.

Secara umum saat menentukan kebutuhan bisnis, seseorang akan dihadapkan pada 3 pilihan, yaitu akankah menjadi produsen, reseller ataukah hanya dropshiper? Namun, sebelumnya harus mengetahui ketiga perbedaannya, yaitu:

  • Produsen: memproduksi sendiri produk dengan menerapkan ide-ide kreatif
  • Reseller: menjual kembali produk seseorang atau perusahaan dengan melakukan kulakan. Ini sangat tepat untuk Anda yang punya banyak modal dan menginginkan untung lebih.
  • Dropshiper: cocok bagi yang tidak mau ribet, pasalnya Anda hanya tinggal memasarkan produk tanpa perlu kulakan maupun packing untuk diantar ke konsumen.

Dari Mana Sumber produk?

Setelah mengetahui kebutuhan Anda akan menjadi pengusaha melalui jalur seperti apa, langkah selanjutnya adalah menentukan sumber bahan baku atau produk. Dalam mencarinya bisa diperoleh dengan cara impor barang luar negeri ataukah lokal saja.

Tentu barang impor maupun dalam negeri memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Maka, sebagai calon wirausahawan Anda harus bisa menganalisanya dengan mencari benefit yang sebesar-besarnya.

Saatnya Mencari Supplier!

Kemudian kini saatnya mencari supplier setelah sebelumnya mempertimbangkan keuntungan dan kerugian masing-masing sumber bahan baku. Dalam menentukan partner bisnis untuk pemasok produk dapat dilakukan secara online maupun offline.

Kedua cara tersebut sama-sama efektif apabila dilihat dari sisi kondisi calon pebisnis. Misalnya saja apabila lokasi berbisnis dekat dengan pusat bahan baku, maka bisa mendatangi langsung tempatnya. Namun apabila jauh tentu cara mudahnya adalah melalui daring.

Hubungi Mereka!

Ketika telah mendapatkan supplier yang cocok kemudian Anda bisa langsung menghubungi mereka. Dalam mengontaknya pun harus dengan benar karena yang mereka layani bukan Anda saja, apalagi dengan statusnya sebagai pemasok.

Ketika mengontak sebuah perusahaan supplier bisa dilakukan dengan email maupun nomor telepon. Hal ini tergantung mereka akan melayani melalui apa. Saat menghubungi, perhatikan format yang benar, misalnya dengan mencantumkan pesanan, identitas Anda, harga dan lain-lain.

Negoisasi

Melakukan negoisiasi dalam dunia bisnis adalah hal yang wajar. Terutama jika supplier memberikan minimum pesanan di permintaan pertama karena mereka tentu tak mau rugi. Namun, bagaimana jika Anda hanya memiliki modal terbatas?

Maka, berusahalah untuk bernegosiasi dengan supplier tangan pertama tersebut dalam menentukan jumlah pesanan dan harga yang diinginkan. Saat melakukannya pun harus dengan cara yang baik dan sopan supaya pemasok memiliki kepercayaan pada Anda dan perlu diingat ini adalah poin penting.

Kemitraan

Kemitraan merupakan sebuah langkah untuk menemukan produsen atau pemasok yang mau membuat produk Anda. Dalam hal ini memang sangat sulit dan dibutuhkan kesabaran ekstra, bahkan tak jarang pula banyak pebisnis berhenti di sini karena terlalu frustasi.

Maka langkah yang harus ditempuh adalah dengan memperluas jaringan dagang Anda. Kemudian pilih pula metode penjualan online di era teknologi ini. Sebab, pada faktanya kemampuan pemasaran, manajemen, komunikasi dan sebagainya akan mempengaruhi kemauan dari mitra.

Cara Mencari Supplier Online

Cara Mencari Supplier Online

Sekarang ini dalam mencari mitra berbisnis sangatlah mudah, terutama di era serba teknologi. Anda bisa mulai menelusuri perusahaan-perusahaan yang dibutuhkan via online. Tentu cara ini akan sangat mudah dan efektif, akan tetapi tetap perlu berhati-hati karena tidak bisa mengecek secara langsung.

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam mencari supplier yang diinginkan dalam bisnis. Pasalnya ketika mulai mencari sebuah agen produk maupun bahan baku, perlu memperhatikan beberapa hal dan tidak bisa serta merta mempercayai begitu saja.

Maka, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba dalam mengetahui karakteristik supplier demi meningkatkan kepercayaan:

Toko Online

Toko online sudah sangat familiar sekali di jaman ini. Anda bisa menemukannya melalui berbagai media sosial maupun website. Secara umum harga yang ditawarkan lebih murah, hanya saja kekurangannya adalah tidak bisa melihat secara langsung kualitas barang yang dipesan.

Baca Juga: Apa Itu Niche Market?

Untuk bisa menemukannya Anda hanya tinggal mengetikkan kata kunci yang dimaksud di media sosial maupun mesin pencari Google. Misalnya saja dengan menulis supplier baju remaja atau grosir tas impor, maka akan bermunculan toko-toko yang dimaksud, dari sini tinggal memilih dan memilah.

Marketplace

Cara mencari supplier selanjutnya adalah bisa melalui marketplace yang saat ini beredar luas di pasaran. Bahkan bisa dikatakan di sini merupakan pusat berkumpulnya para pedagang online terpercaya, karena dengan sistem yang diberlakukan akan meminimalisir tingkat penipuan.

Misalnya Anda bisa mencari supplier di beberapa marketplace terkenal seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan lain-lain apabila menggunakan sumber daya lokal. Namun, jika menginginkan barang impor bisa memanfaatkan Alibaba atau Aliexpress.

Forum Bisnis Online

Sudah ditekankan di atas bahwa jaringan atau koneksi serta kenalan dengan mitra sesama penjual sangatlah penting, apalagi jika memiliki kepercayaan dari mereka. Sebab, pada dasarnya sebuah bisnis besar tidak bisa berdiri sendirian, Anda membutuhkan banyak pengetahuan dan pengalaman.

Ketika memiliki banyak relasi, maka secara otomatis Anda juga akan memiliki komunitas atau forum bisnis online. Maka cara ini bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi supplier termurah dengan kualitas yang diinginkan.

Cara Mengecek Supplier Terpercaya

Cara Mengecek Supplier Terpercaya

Dalam mencari mitra bisnis untuk memasok produk maupun bahan baku, bisa dilakukan dengan cara offline maupun online. Akan tetapi, dalam proses pencariannya Anda sebagai calon pengusaha juga harus mempertimbangkan beberapa hal yang bisa menjadi kerugian terbesar.

Apalagi dengan pencarian online yang tidak diketahui kondisi barangnya bahkan wajah penjualnya sekalipun. Namun, hal ini bisa Anda pastikan dengan mengecek beberapa hal supaya supplier yang dipilih bisa dipercaya, di antaranya yaitu:

Feedback pelanggan

Feedback maupun review yang diperoleh dari pelanggan bisa menjadi rujukan untuk menentukan apakah supplier tersebut sesuai dengan kriteria yang Anda cari. Terutama jika memiliki komentar bagus, maka sudah bisa dipastikan bahwa mereka berbisnis dengan cara yang benar.

Pasalnya, pedagang jujur sudah tentu akan memiliki review yang bagus dari pelanggan. Maka testimoni-testimoni tersebut bisa menjadi langkah awal untuk menentukan apakah supplier yang dipilih bisa Anda percaya dan memiliki barang yang sesuai.

Last Seen

Last Seen atau bisa juga waktu terakhir login menjadi hal penting untuk diperhatikan apabila ingin mencari supplier secara online. Pasalnya tingkat pelayanan yang dilakukan pedagang kepada pelanggan melalui daring juga menjadi pertimbangan bahwa mereka akan memberikan yang terbaik.

Penjual atau supplier yang serius dan profesional dalam mempromosikan produknya melalui daring akan sering-sering mengecek akun sosial media maupun marketplace untuk melayani pelanggan maupun update barang dagangan.

Barang Tersedia

Salah satu ciri bahwa akun yang Anda targetkan adalah supplier tangan pertama, mereka pasti memiliki stok barang maupun produk yang tak terbatas. Sudah menjadi hal umum kondisi seperti ini karena mereka sebagai pemasok pasti memiliki banyak pelanggan dengan permintaan berbeda.

Maka, dalam langkah ini harus bisa dipastikan dengan benar apabila mereka memiliki stok banyak. Dengan begitu, Anda bisa memesannya sewaktu-waktu dengan jumlah tertentu.

Alamat dan Kontak

Langkah terakhir adalah dengan mencari informasi terkait alamat dan kontak jelas yang dimiliki oleh pihak pemasok barang. Mereka yang tidak berniat menipu atau berbisnis secara sungguh-sungguh tidak akan ragu untuk memberikan lokasinya.

Untuk memastikannya Anda juga bisa memanfaatkan alamat yang dicantumkan di media sosial maupun website untuk mendatangi lokasi tersebut secara langsung. Maka, dengan begitu bisa memastikan bahwa mereka adalah penjual terpercaya.

Kualitas

Hal yang menjadi pertimbangan selanjutnya adalah mengenai kualitas yang dimiliki oleh supplier. Tentu ini akan jadi ukuran dasar untuk dijadikan produk jualan. Anda sebagai pembeli juga berhak memperoleh yang terbaik.

Apalagi melalui online, akan banyak tersedia pedagang yang menawarkan dengan harga murah. Anda tidak boleh tergiur begitu saja tanpa mengetahui kualitas yang mereka miliki atau mengeceknya terlebih dahulu.

Minta Sample

Tentu sebagai calon pembeli yang akan memasok barang dalam jumlah banyak dari supplier yang akan dipilih Anda berhak untuk meminta sample sebagai contoh awal sebelum memesan dalam jumlah besar.

Untuk menghindari kesalahan maupun hal tidak baik yang mungkin saja akan terjadi Anda sangat berhak melakukan ini. Kalaupun barang atau produk tersebut memiliki kualitas sesuai, namun setelah memesan tetap perlu melakukan quality control.

Kebijakan Supplier

Dalam jual beli, tentu kesalahan-kesalahan sekecil apapun mungkin saja terjadi. Bisa jadi ketika Anda sudah berhasil memesan barang maupun produk dalam partai besar, namun di tengah jalan ternyata terdapat kerusakan atau tidak sesuai pesanan.

Maka harus memahami pula kebijakan ataupun persyaratan yang diberlakukan oleh supplier terhadap kejadian ini. Anda tak mau rugi, begitu pula dengan mereka. Namun, bagi pihak yang profesional akan welcome dengan keluhan dan pengembalian yang diajukan.

Konsistensi

Langkah ini menjadi pertimbangan penting yang harus Anda ketahui mengenai karakteristik supplier. Sebab, akan sia-sia atau percuma apabila bisa memperoleh barang bagus di awal akan tetapi lama-lama kualitas menurun, datang terlambat atau malah tidak di kirim sama sekali.

Sebelum menentukan supplier tersebut adalah yang terbaik bagi Anda, cek terlebih dahulu mengenai kesanggupan mereka memberikan kualitas sama dalam jangka panjang. Kemudian perlu pula memperhatikan jarak tempuh, sarana dan beberapa hal terkait.

Cari produsen Langsung

Mencari sebuah produsen langsung untuk kebutuhan Anda memasok produk maupun bahan baku akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Maka, jangan sampai keliru dalam memilih pemasok barang dari distributor maupun yang lainnya.

Sebab, keduanya berbeda jauh dan tentu dari segi harga akan memberikan selisih. Maka, langkah tepat untuk memberikan keuntungan maksimal pada perusahaan bisnis Anda adalah dengan memilih supplier atau produsen langsung dalam memasok kebutuhan tersebut.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa di era teknologi banyak pula oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan untuk berlaku tidak baik bagi calon pengusaha. Langkah-langkah tersebut pun bisa ditempuh untuk menghindari atau meminimalisisr kemungkinan terburuk yang terjadi.

Supplier Relationship Management (SRM)

Supplier Relationship Management (SRM)

Supplier relationship management merupakan cara membangun sebuah hubungan yang baik dengan pemasok. Hal ini sangat penting untuk dilakukan dalam rangka menciptakan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak.

Tentu akan memberikan pengaruh besar terhadap bisnis yang Anda jalankan nantinya. Dengan adanya strategi perencanaan dan pengelolaan yang baik, nantinya akan dapat memaksimalkan interaksi yang nyaman dan memiliki kepercayaan kepada mitra.

Maka, dengan begini akan bisa membuat mereka percaya bahwa Anda akan memesan secara konsisten. Begitu pula sebaliknya, yaitu bisa meyakinkan pelanggan bahwa supplier bisa diajak kerjasama dengan baik dan bersedia konsisten menyediakan barang dalam jangka panjang.

Melunasi Kewajiban

Salah satu langkah pertama untuk membangun kepercayaan dan hubungan kerjasama yang baik dengan supplier adalah tidak boleh meninggalkan kewajiban. Yaitu membayar apa yang Anda pesan tepat waktu.

Pihak supplier maupun pemilik usaha harus sama-sama memahami hal ini. Jangan sampai terjadi kesalahpahaman apalagi merasa ingin dimengerti, namun tidak mau mengerti pihak yang akan diajak kerjasama. Maka jangan harap hal ini akan bertahan lama.

Menjalin Kerjasama

Menjalin kerjasama sangat perlu dilakukan untuk keberlangsungan usaha Anda jangka panjang. Apalagi dalam memilih supplier yang terpercaya dan memiliki track record bagus tidaklah mudah, maka sekali mendapatkannya jangan disia-siakan.

Tidak lain hal ini karena untuk keberlangsungan usaha Anda sendiri. Maka, ketika sudah mendapatkannya, segera dapatkan kepercayaan dan mulai menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan mereka.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa dalam dunia bisnis akan terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan demi kelancaraan usaha yang sedang dibangun. Terutama dari segi keuntungan, maka hal ini menjadi pertimbangan utama.

Baca Juga: Cara Marketing Online Cepat Sukses

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara mencari supplier tangan pertama yang bisa mulai Anda terapkan bagi yang sedang membangun sebuah bisnis. Apalagi dengan mempertimbangkan tips-tips yang ada diharapkan bisa membantu.

2 Comments

  • Nailis 16 September 2020 @ 11:56 AM

    Saya ingin bertanya Tentang beberapa pertanyaan

  • FADIYAH HIDAYATILLAH 29 Oktober 2020 @ 7:34 AM

    Saya ingin menawarkan kerjasama nya.. saya ingin mencari supplier..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *