Cara Mendapatkan Beasiswa

Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi tentu menjadi idaman semua orang. Namun, tidak semuanya berkesempatan untuk itu karena berbagai alasan. Akan tetapi, saat ini sebab klasik seperti ekonomi bukan menjadi halangan lagi sebab ada banyak cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis.

Antara Biaya dan Beasiswa

Antara Biaya dan Beasiswa

Bagi Anda yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya. Pasalnya terdapat banyak sekali pihak yang menyediakan beasiswa untuk para mahasiswa atau mahasiswinya.

Entah itu instansi pemerintah sendiri ataupun perusahaan swasta. Meskipun begitu, jumlah yang ditawarkan juga tidak tanggung-tanggung dan rata-rata cukup untuk memenuhi kebutuhan biaya per semesternya sampai lulus.

Asalkan rajin mencari informasi dan pandai melihat peluang, maka hal tersebut bukan lagi sesuatu yang mustahil. Apalagi banyak orang mengatakan jika pendidikan merupakan investasi tebesar untuk masa depan.

Mengapa Harus Beasiswa?

Mengapa Harus Beasiswa

Memang benar jika sekolah atau pendidikan bisa ditempuh dengan mudah menggunakan biaya sendiri. Namun, tahukan Anda jika seseorang yang memperoleh beasiswa adalah orang-orang terpilih?

Baca Juga: Macam-macam Jurusan Manajemen

Bahkan bukan tidak mungkin lagi peusahaan-perusahaan besar atau instansi terkait dalam merekrut karyawan akan mempertimbangkan pelamar dengan track record seperti ini. Sebab, mereka telah dianggap mampu bersaing dengan ribuan bahkan puluhan ribu orang.

Selain itu, tidak semua orang memiliki kesempatan dan kemampuan yang sama untuk melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang lebih tinggi. Oleh karena itu, beasiswa merupakan sebuah kesempatan dan peluang terbaik bagi siapa saja.

Mengenal Macam-macam Beasiswa Kuliah

Untuk bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan bagi Anda pemburu bantuan pendidikan tidak perlu khawatir. Pasalnya banyak sekali instansi atau lembaga yang menyediakan beasiswa untuk kuliah, di antaranya yaitu:

Beasiswa Kuliah Bidikmisi

Beasiswa Kuliah Bidikmisi

Bidikmisi adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah. Bantuan biaya pendidikan ini berlaku bagi siapa saja yang mendaftar kuliah setelah lulus SMA, namun dengan persyaratan tertentu. Uniknya, Anda akan mendapatkan dua kali kesempatan saja apabila yang pertama tidak lolos.

Bantuan pendidikan yang diberikan untuk calon penerima berupa gratis biaya kuliah hingga lulus. Belum lagi akan diberikan tunjangan hidup dan umumnya sebesar Rp. 750.000,- tiap bulan. Ini berlaku sampai semester terakhir.

Beasiswa Kuliah LPDP

Beasiswa Kuliah LPDP

LPDP merupakan beasiswa S2 dan S3 dalam maupun luar negeri yang diberikan untuk warga negara Indonesia untuk melanjutkan pendidikan lebih lanjut. Program ini juga berada di bawah pengawasan 3 kementerian, yaitu Kemenkeu, Kemendikbud dan Kemenag.

Pemerintah memberikan beasiswa ini kepada para sarjana yang ingin lanjut ke jenjang yang lebih tinggi sebagai upaya pendukungan menjadi generasi berkualitas. Layaknya bidikmisi, yakni Anda akan memperoleh bantuan pendidikan serta biaya hidup yang layak.

Beasiswa Kuliah Private Scholarship

Beasiswa Kuliah Private Scholarship

Private Scholarship adalah sebuah beasiswa yang diperoleh dari perusahaan swasta besar untuk kuliah jenjang S1, S2 dan S3 di dalam maupun luar negeri. Misalnya saja dari Djarum, Sampoerna, CIMB Niaga, Shell, The Ford Foundation dan masih banyak lagi.

Hanya saja biasanya mereka memberikan beasiswa disesuaikan dengan jenis dari bidang industri perusahaan. Kemudian Anda juga harus memperhatikan apakah nantinya sebagai lulusannya akan terikat ataukah tidak.

Beasiswa Kuliah Negara Maju

Holland Scholarship

Saat ini tersedia banyak sekali beasiswa kuliah ke luar negeri dan bisa dicari informasinya dengan mudah. Salah satunya yang disediakan oleh beberapa negara maju untuk warga Indonesia yang akan belajar ke wilayahnya.

Biasanya hal ini dilakukan untuk memperoleh kerjasama yang baik, efektif dan kondusif. Di antaranya yaitu, Erasmus Mundus, Australia Awards, Chevening Negara Inggris, Holland Scholarship, World Bank, KGSP Korea Selatan dan masih banyak lagi.

Beasiswa Kuliah Community Organitation

The Habibi Center

Pihak penyedia beasiswa selanjutnya adalah kelompok-kelompok atau organisasi tertentu yang memiliki tujuan khusus. Meskipun begitu, ia masih sama dengan lainnya yakni membiayai mahasiswa yang pantas supaya bisa menyelesaikan pendidikannya.

Organisasi atau yayasan pemberi beasiswa ini biasanya memiliki tujuan khusus seperti perekrutan di akhir jenjang atau sejenisnya. Meskipun ada juga beberapa yang tidak demikian, misalnya saja The Habibie Center.

Beasiswa Akademik

Beasiswa Akademik

Beasiswa akademik adalah biaya pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi. Serta biasanya salah satu persyaratannya adalah nilai IPK harus minimal 3,5 untuk bisa diterima.

Meskipun begitu ia masih sama dengan bantuan lainnya.

Hanya saja perbedaannya karena ini merupakan bantuan akademik sehingga mereka akan memantau kegiatan pendidikan Anda. Salah satunya harus bisa mempertahankan menjadi yang terbaik atau beasiswa akan dicabut.

Mengenal Beasiswa On-going

Beasiswa On-going

Apakah Anda saat ini berstatus sebagai mahasiswa on-going dan ingin mendaftar beasiswa? Maka, jangan khawatir tidak akan mendapat tempat. Faktanya ada banyak bantuan pendidikan yang diberikan oleh instansi, organisasi maupun perusahaan swasta.

Biasanya beasiswa ini akan berlaku di semester Anda saat itu hingga lulus atau hanya satu tahun saja. Meskipun begitu tetap saja bantuan ini akan menjadi peluang terbesar untuk meringankan beban biaya kuliah.

Misalnya saja beasiswa dari beberapa bank seperti CIMB Niaga, BCA Finance, YBM BRI dan sebagainya. Selain itu, juga terdapat pula beberapa bantuan, yaitu PPA, Djarum Foundation, Sampoerna, Mizan dan masih banyak lagi.

Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswanya ini, kebanyakan secara langsung dalam bentuk tunai. Serta tidak ada pembagian untuk uang kuliah atau biaya hidup. Dana yang dberikan biasanya sebesar Rp. 400.000 – Rp. 700.000 setiap bulan.

Apa Saja Persyaratan Beasiswa?

Apa Saja Persyaratan Beasiswa

Selanjutnya ada beberapa persyaratan yang perlu Anda perhatikan saat melamar beasiswa kuliah. Meskipun dalam beberapa hal terdapat perbedaan. Akan tetapi, pada faktanya terdapat administrasi yang secara umum sama saja. Berikut ulasannya:

Misalnya adalah surat keterangan tidak mampu dari pemerintah desa setempat, transkirp nilai terakhir, kartu tanda mahasiswa, kartu tanda penduduk, keterangan aktif kuliah, dan syarat nlai IPK jika beasiswa yang dituju seperti prestasi akademik atau PPA.

Beberapa persyaratan tersebut memang harus dipersiapkan dengan benar dan teliti. Sebab, akan rugi dan pasti menjadi kesalahan tidak masuk akal jika Anda belum lolos beasiswa hanya karena ketidaktelitian saat mengumpulkan dokumen.

Beberapa Cara Jitu Agar Diterima Beasiswa

Cara Jitu Agar Diterima Beasiswa

Memang benar jika saat ini tersedia banyak sekali instansi atau lembaga yang memberikan bantuan kepada pelajar. Namun, hal ini juga berbanding lurus dengan pendaftarnya yang membludak sehingga persaingan juga semakin ketat. Maka, berikut cara mendapatkan beasiswa kuliah:

Pintar Mencari Peluang

Salah satu tips sukses cara mendapatkan beasiswa adalah padai dalam melihat peluang. Sebenarnya trik ini akan berguna untuk banyak kesempatan termasuk di sini. Sebab, informasi seperti ini tidak akan datang tanpa dicari tahu.

Kemudian peluang yang dimaksud di sini adalah menyesuaikan syarat-syarat yang diberikan karena kesemua beasiswa tersebut akan berbeda. Selain itu, Anda juga harus jeli mengenai batas waktu, dokumen yang perlu dipersiapkan dan hal penting lainnya.

Perbanyak Informasi

Kunci sukses selanjutnya adalah dengan memperbanyak jaringan informasi dan pertemanan. Sebab keduanya akan saling mendukung untuk memberikan info-info penting terkait beasiswa yang sedang dikejar.

Selain itu, informasi seperti ini tidak akan datang dengan sendirinya tanpa dicari tahu. Terlebih kebanyakan beredar di internet sehingga harus sering-sering mengecek akun terpercaya yang selalu update setiap ada info penting.

Kuasai Bahasa Asing

Di era digital dan revolusi 4.0 ini, kemampuan bahasa asing menjadi hal utama yang minimal harus dikuasai oleh pelajar, mahasiwa maupun mahasiswi. Hal ini dikarenakan akan membantu Anda dalam berkomunikasi atau berinteraksi dalam berbagai aspek.

Setidaknya minimal menguasai bahasa Inggris karena rata-rata dalam persyaratan yang diberikan harus bisa menguasainya. Hal ini akan dibuktikan dengan lampiran skor TOEFL, TOEIC dan sejenisnya.

Rajin Belajar

Jangan salah mengira jika pendaftaran beasiswa itu adalah hal yang mudah dan hanya tinggal menyerahkan persyaratan administrasi saja. Pasalnya beberapa pihak instansi atau lembaga swasta khususnya mereka akan mencari penerima yang benar-benar pantas.

Pantas yang dimaksud di sini adalah selain kurang mampu tetapi juga cerdas dalam berbagai bidang. Sebab, hal ini juga akan mencatut nama perusahaan dan bisa jadi sebagai lulusannya mereka akan merekrut Anda sebagai karyawannya.

Rekomendasi Dosen

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam mengajukan persyaratan administrasi untuk beasiswa adalah rekomendasi dosen. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan yang cukup bagi pihak penyeleksi.

Hanya saja dalam hal ini Anda harus mencari dosen yang memiliki kompetensi lebih di bidangnya. Misalnya saja mereka yang telah bergelar doktor atau S3 dan bukan yang lainnya karena ini jelas akan mempengaruhi.

Desain CV

CV atau curriculum vitae adalah hal mendasar yang wajib untuk diperhatikan. Pasalnya di sini akan menggambarkan latar belakang pendidikan, pengalaman hingga kehidupan yang Anda miliki sehingga bisa menjadi pertimbangan bagi mereka.

Langkah paling mudah adalah mengisinya dengan jujur serta penuh hal-hal positif. Hanya saja Anda tetap harus realistis dan tidak mengada-ada. Desain CV juga menjadi sesuatu yang penting untuk memberikan kesan terbaik pada mereka.

Lengkapi Persyaratan

Ketika akan mengajukan sebuah beasiswa, Anda akan mendapatkan informasi untuk melengkapi beberapa pesyaratan. Hal paling penting di sini adalah harus memperhatikan kelengkapan administrasi serta kebenarannya.

Memang benar, dalam pengisian administrasi ini harus diisi dengan sebenar-benanya, teliti dan tidak boleh mengada-ada. Sebab, bisa jadi hanya dengan kesalahan satu data Anda akan gagal mendapat kesempatan memperoleh beasiswa. Jadi harus hati-hati ya!

Percantik Portofolio

Hal penting lainnya selain melengkapi CV dengan baik Anda juga harus memperhatika isi dari protofolio. Sebab, pihak penyeleksi akan memperhatikan dengan jeli setiap detail yang ditulis di kertas tersebut.

Salah satu cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah yang bisa Anda lakukan adalah mempercantik portofolio dengan mengisi berbagai hal positif. Misalnya aktif dalam berbagai kegiatan organisasi, relawan, belajar dan masih banyak lagi.

Gaya Berbicara

Beberapa beasiswa akan memberikan tahap ujian untuk menentukan yang paling pantas menerima bantuan pendidikan. Salah satu tes yang sering kali dilakukan adalah wawancara supaya mereka bisa tahu tentang Anda dari cara berbicara.

Maka, dalam hal ini Anda harus belajar mengendalikan dan memperbaiki gaya bicara agar bisa memberikan kesan pertama yang baik. Memang terdengar mudah, tetapi pada faktanya tidak semua orang bisa ber-public speaking, maka berlatihlah!

Berserah Kepada Tuhan

Setelah semua usaha yang diperlukan telah berhasil Anda lakukan dengan baik dan dipersiapkan dengan matang, maka langkah terakhir hanya tinggal berdoa. Pasrahkan semuanya kepada Tuhan karena setiap hal akan ditentukan oleh-Nya.

Asalkan Anda sudah berusaha maksimal termasuk latihan untuk berbagai tes yang mungkin dilalui. Seperti ujian tertulis, wawancara hingga membuat motivation letter sekalipun. Maka, di tahap ini tunggulah dengan harapan yang positif!

Masuk Kampus Ikatan Dinas

Meskipun cara yang satu ini tidak wajib, akan tetapi apabila Anda berhasil masuk ke salah satu kampus ikatan dinas seperti STAN, STIS, STSN dan lain sebagianya akan bisa membuka keran peluang diterima kuliah gratis.

Bahkan bukan hanya selama pendidikan akan digratiskan oleh pemerintah. Akan tetapi, setelah lulus dari kampus ikatan dinas Anda akan langsung bekerja di instansi terkait sebagai PNS. Tentu akan menjadi hal yang membanggakan bukan?

Tips Mendapatkan Beasiswa

Tips Mendapatkan Beasiswa

Ada beberapa tips yang bisa dipraktekan dalam hal ini supaya beasiswa yang diidam-idamkan sejak lama bisa sukses Anda raih. Tentu selain giat belajar dan ikhtiar ada yang lainnya, di antaranya adalah:

Malu Bertanya Sesat dijalan

Pernahkan Anda mendengar pepatah tersebut? Pasti sudah sering sekali. Iya benar, malu bertanya sesat di jalan. Maksudnya di sini adalah sebagai seseorang yang menginginkan beasiswa harus rajin mengumpulkan informasi.

Bahkan Anda harus mau mnecari jaringan pertemanan yang memiliki cita-cita sama supaya bisa saling bertukar informasi. Selain itu, jangan malu untuk bertanya pada mereka yang sudah berpengalaman seperti dosen, teman atau kakak tingkat.

Buat List

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki tujuan jelas termasuk menetapkan ingin mendapatkan beasiswa. Maka, buatlah daftar mana saja yang ingin dicoba! Sebab, dalam membuat list ini penting untuk bisa memfokuskan target.

Dalam mencari informasi dan menginginkan sesuatu jangan ragu untuk membuat daftar supaya Anda semakin semangat dan termotivasi. Selain itu, banyaknya list yang akan dibuat bisa menjadi cadangan rencana jika beasiswa satunya tidak diterima.

Motivation Letter

Ada beberapa beasiswa kuliah yang memang mempersyaratkan pelamarnya untuk membuat motivation letter. Terutama untuk bantuan pendidikan ke luar negeri sebagai bukti untuk menunjukkan jika Anda pantas menerimanya.

Maka, di sini juga harus belajar membuat sebuah motivation letter atau sejenis esai yang baik. Dalam artian anti mainstream atau menghindari kalimat yang sering digunakan oleh pelamar karena hal ini akan menurunkan poin tersebut.

Pahami Visi Misi Instansi

Beberapa beasiswa selain dari pemerintah juga berasal dari beberapa perusahaan swasta besar hingga komunitas atau organisasi. Apabila penyedia bukan dari instansi, maka mereka pasti memiliki visi misi jelas mengapa menyediakan bantuan pendidikan ini.

Maka dari itu, aplikasi yang Anda buat harus bisa menyesuaikan dengan apa yang mereka cari. Hal ini bisa dilakukan dengan mengidentifikasi hal-hal terkait organisasi mereka supaya lebih memahami.

Daftar Lebih Awal

Meskipun terdengar sepele, akan tetapi faktanya hal ini perlu diperhatikan. Sebab, salah satu cara mendapat beasiswa adalah dengan teliti dan memanfaatkan peluang. Biasanya pada bagian ini banyak orang akan terlena dan menunda-nunda untuk mengirim lamaran.

Maka, di sinilah peluangnya bahwa Anda harus sesegera mungkin mengirim lamaran di awal. Namun, bukan berarti harus tergesa-gesa karena makudnya dengan cepat supaya persyaratan administrasi tersebut dikoreksi dengan jeli.

Baca Juga: Biaya Kuliah Jurusan Arsitektur

Itulah beberapa informasi menarik terkait cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis untuk Anda. Memang untuk berpendidikan membutuhkan banyak usaha dan kerja keras. Oleh karena itu, kini banyak lembaga-lembaga yang mendukung cita-cita bangsa dengan memberikan bantuan pendidikan.

Tinggalkan komentar