Cara Mendapatkan Viewer Banyak Di youtube

Cara Mendapatkan Viewer Banyak Di youtube

Diposting pada

Popularitas di sosial media akhir-akhir ini menjadi salah satu hal yang paling diincar. Orang-orang berlomba menaikkan followers maupun viewers berharap bisa dikenal masyarakat luas. Apalagi kalau semua itu dapat di monetisasi seperti cara mendapatkan viewer banyak di youtube berikut.

Alasan Viewers YouTube Harus Banyak

Alasan Viewers YouTube Harus Banyak

Banyak orang mulai mengarungi dunia YouTube akhir-akhir ini. Hal tersebut dikarenakan sudah maraknya YouTuber yang mungkin mereka anggap inspiratif. Tidak hanya penampilan secara visual, namun juga penyajian konten dimana bisa lebih variatif dan inovatif.

Baca Juga: Cara Mengambil Uang Dari Youtube

Selain karena konten yang bisa memberi pandangan lain bagi banyak orang seperti para content creator, masyarakat juga melirik alasan lain. Kurang lebih, mereka ingin sukses di dunia YouTube dan punya banyak viewers. Apa saja alasannya? Simak ulasan berikut.

Terkenal Tanpa Muncul di Televisi

Menjadi sosok idola memang sesuatu yang menjanjikan. Anda bisa dikenal banyak orang dan mungkin juga acap kali dimintai foto ketika di jalan. Dulu, hal tersebut hanya dapat dirasakan mereka yang sudah berkecimpung dalam dunia pertelevisian.

Namun sekarang, hal tersebut rasanya tidak relevan lagi. Orang bisa terkenal lewat platform manapun. Mulai dari Facebook yang seolah menjadi sesepuh, hingga YouTube dimana sekarang banyak YouTuber bertebaran dan menuai ketenaran dari beragam konten unik buatan mereka.

Meskipun perjalanan untuk tenar juga tidak bisa instan, namun melihat hasil yang sudah diperlihat lebih dulu dari para YouTuber profesional membuat orang menjadi ikut memacu diri. Mereka mulai membuat video unik agar banyak ditonton serta mendapat sorotan.

Mendapatkan Penghasilan

Akhir-akhir ini passive income lebih banyak diminati masyarakat karena setidaknya mampu mengcover penghasilan bulanan. Bahkan, jumlahnya sendiri bisa melebihi gaji pokok yang diterima banyak karyawan bila orang tersebut giat menjalankan pekerjaan sampingannya.

Salah satu passsive income  yang paling diminati saat ini adalah dengan menjadi content creator di YouTube. Banyak orang berpikir bahwa hanya membuat video saja sudah dapat menghasilkan uang sendiri, bahkan bisa lebih dari bayangan masyarakat.

Orang-orang mulai mengembangkan ide untuk channel mereka supaya terlihat unik dan lain daripada YouTuber kebanyakan. Bahkan, tidak segan pula masyarakat mencari cara agar viewer YouTube banyak di Google. Hal itu dilakukan agar setiap tayangan bisa dimonetisasi dengan baik, baca ulasanya disini.

Menarik Perhatian Pengiklan

Selain karena monetisasi dari YouTube sendiri, platform video tersebut juga menjadi ajang tersendiri bagi para YouTuber untuk menggaet pengiklan. Sistemnya sama seperti kebanyakan stasiun televisi, jadi ketika banyak orang streaming maka iklan juga ikut tertonton.

Iklan yang tertonton oleh masyarakat itu pun juga mampu memberi pundi-pundi rupiah bagi para YouTuber ternama. Hanya saja, Anda harus memenuhi syarat tersendiri yang diajukan oleh pengiklan supaya mereka tertarik memasang sponsor di berbagai video yang tersaji.

Sekiranya, Anda harus memiliki channel dengan reputasi bagus dan content unik. Video yang diupload pada kanal YouTube juga mesti sesuai tema produk tersebut. Misalnya saja tentang layanan travel, toko online atau e-commerce,  produk makanan dan minuman, serta lainnya.

Media Promosi sambil Berekspresi

Manusia memiliki ekspresi yang kadang bisa mereka salurkan atau mungkin dipendam saja. tapi, ditangan para kreatif, semua hal tersebut dapat tertuang dengan unik melalui sebuah karya. Misalnya saja dengan tulisan, foto, rancang bangun, atau bahkan video.

YouTube adalah salah satu platform yang bisa menampung salah satu dari semua hal tersebut. Bila Anda mahir menuangkan emosi kedalam sebuah video, bukan tidak mungkin karya orisinil itu mampu menarik perhatian banyak orang, utamanya para penikmat short film.

Anda bahkan bisa saja dilirik para sinematografi lain dan diajak bekerja sama untuk membuat sebuah film standard maupun opera sabun seperti web series. Karena banyak remaja menggandrunginya, kegiatan ini boleh jadi bermanfaat dan menghasilkan rupiah nantinya.

Memperluas Koneksi Sosial

Siapa bilang YouTube hanya mainan dari anak kurang bersosialisasi? Nyatanya hal tersebut mampu merubah persepsi orang saat ini. Platform yang memiliki markas di California itu bisa menghubungkan lebih banyak pengguna daripada ketika mereka berkenalan secara biasa.

Memang, YouTube hanya sebatas platform yang membuat orang bisa menyalurkan konten mereka semata. Namun, hal tersebut mampu memberi dampak bagi pengguna dengan ketertarikan sama sehingga dapat membuat semuanya terhubung.

Kesempatan terhubungnya seorang content creator dengan banyak orang seperti ini juga bisa membuka jalan bagi mereka untuk berkarya lebih jauh. Misalnya saja berkolaborasi bersama YouTuber lainnya. Tidak jarang banyak yang menuai kesuksesan karir dari sini.

Tips Cara Mendapatkan Banyak Viewers di YouTube

Tips Cara Mendapatkan Banyak Viewers di YouTube

Keuntungan menjadi seorang content creator memang sebanyak itu. Secara tidak langsung, hal tersebut mempengaruhi masyarakat untuk ikut terjun menjadi bagian dari YouTube. Tidak hanya soal ketenaran dan uang saja, namun juga ilmu yang sengaja dibagikan.

Tidak mengejutkan memang ketika calon content creator  mencoba mencari cara mendapatkan viewer banyak di youtube agar karya mereka bisa dilirik masyarakat. Kalau begitu, Anda datang di artikel yang tepat, karena sekarang akan dibahas lebih dalam mengenai hal tersebut.

Buatlah Niche Sesuai Kesukaan

Niche sebenarnya adalah kategori yang menggambarkan sesuatu dengan kemiripan serupa dalam satu kelompok. Pada saluran YouTube, Anda bisa mengelompokkan video sejenis dan dipisah-pisahkan menurut kelompoknya.

Anda bisa membuat kanal tersebut berisi satu niche saja atau memang dikategorikan menjadi sebuah playlist bila ternyata punya beragam kesukaan yang ingin ditampilkan ke YouTube. Jadi, para subscriber bisa lebih mudah mencari tayangan favorit mereka.

Hal tersebut juga bisa membuat channel Anda lebih ramah pengguna serta menumbuhkan kesempatan untuk muncul di pencarian teratas. Bukan tidak mungkin cara agar video YouTube banyak ditonton ini menyedot viewers lebih banyak. Jadi, selalu rapikan kanal menurut nichenya.

Jangan Meniru Karya Orang Lain

Sejak dulu, kasus originalitas memang selalu menjadi hal penting dalam membuat sebuah karya apapun bentuknya. Termasuk video di YouTube. Siapa yang tidak akan marah kalau tayangan mereka dicuri konsep serta temanya sekalian? Terlebih, hal itu mampu menurunkan viewers.

Sebenarnya, sah-sah saja kalau Anda memiliki tema sama dengan channel milik orang lain. Misalnya tentang travelling. Tapi, pikirkan pula konsep berbeda agar lebih orisinil, seperti dibuat dengan sedikit komedi atau gaya vintage pada video. Edit semuanya seunik mungkin.

Jangan lupa juga, perhatikan resolusi yang Anda pakai pada video tersebut. Apabila memungkinkan untuk memakai 720p sampai HD ultra 1080p maka lebih bagus lagi. Tayangan dengan gambar bening nyatanya makin diminati masyarakat luas karena kejernihannya.

Lihat Pasar

Pasar disini bukan hanya dikhususkan bagi mereka yang ingin bergerak di dunia bisnis. Lebih tepatnya, lihat dulu video booming apa saja dan apakah banyak diminati masyarakat. Biasanya, anak muda akan menggandrungi tipe seperti itu karena secara tidak langsung mengikuti trend.

Pilah-pilah dulu apa yang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna YouTube. Usahakan masih sesuai dengan tema channel Anda. Jangan sampai dipaksakan, atau hasilnya malah aneh dan berakibat menurunkan jumlah penonton bahkan subscriber.

Misalnya saja, channel Anda lebih fokus membahas tentang travelling namun trending saat itu adalah dance challenge. Kaitkan saja hal tersebut di dalam video dengan melakukan tantangan ketika berada di tempat liburan. Secara tidak langsung, viewers juga akan menontonnya.

Buat Judul Menarik, Tapi Hindari Clickbait

Judul juga turut membuat andil dalam suksesnya video Anda. Apalagi kalau memang dibuat unik hingga menarik perhatian pengguna agar melihat isinya. Semua bisa dikreasikan sebagus mungkin, asal jangan sampai menaruh clickbait yang jelas membuat orang-orang kecewa.

Clickbait adalah semacam judul yang sangat menarik perhatian hingga mampu menyedot pengunjung untuk segera melihatnya. Tapi, ketika di klik konten itu tidak sesuai dengan deskripsi. Hal tersebut justru membuat viewers bahkan subscribers menghilang.

Misalkan, channel travelling yang Anda kelola memang menampilkan perjalanan Inggris. Agar video banyak ditonton, maka diberi judul “Main ke Istana Buckingham, Ketemu Ratu Elizabeth II”. Tapi, hanya sampai luar areanya saja. Bahkan tidak bertemu Yang Mulia tersebut.

Buat Video dengan Konsisten

Bila Anda melihat beberapa channel yang sudah berterbaran di YouTube, maka akan jelas terlihat kalau kanal dengan banyak viewers dan subscriber mengupload video mereka secara konsisten. Berbeda kalau tidak melakukan hal tersebut, maka penonton mengira YouTuber itu kurang rajin.

Menjadi seorang YouTuber memang tidaklah mudah. Kalau konsistensi terhadap channel sendiri tidak diperhatikan, maka resiko kehilangan viewers dan subscriber semakin besar. Setidaknya pastikan Anda mengupload sebuah video minimal seminggu sekali agar terlihat konsisten.

Bila memiliki tema berbeda dalam satu channel, Anda bisa membuatnya dua kali seminggu dengan ukuran jarak tidak terlalu dekat. Hal ini sebagai antisipasi kalau waktu editing terasa singkat. Meskipun terlihat sepele, tapi dampaknya begitu terasa.

Promosikan Video ke Sosial Media

Sekali lagi, sosial media selalu menjadi ujung panah dalam hal cara mendapatkan viewer youtube. Anda bisa melakukan promosi disana dengan membagikan link pada story atau post. Minimalnya, para followers tahu kalau seorang YouTuber baru mengupload konten.

Tidak hanya itu, fitur promote pada Instagram juga bisa menjadi sarana lain agar konten Anda bisa dinikmati banyak orang. Jangkauannya cukup luas sehingga menarik pengguna lain selain followers untuk berkunjung ke channel YouTube tersebut.

Selain di sosial media, website atau blog pribadi juga memiliki pengaruh yang besar untuk menambah jumlah viewers. Kalau memang pengunjungnya banyak dalam rata-rata sebulan, bukan tidak mungkin mereka mau meluangkan waktunya untuk berkunjung ke chanel Anda.

Kolaborasi dengan YouTuber Lain

Menjalin sebuah kerjasama dalam dunia YouTube nyatanya sudah semakin biasa akhir-akhir ini. Banyak YouTuber kenamaan tanah air yang mengajak artis dalam negeri atau mancanegara untuk berkolaborasi. Nyatanya, hal tersebut mampu menggaet lebih banyak viewers.

Bila Anda memiliki teman yang juga berkecimpung di dunia YouTube, hal tersebut bisa dilakukan sekalian. Cobalah untuk membahas konten menarik dan sedang digandrungi masyarakat. Meskipun sederhana, namun subscribers masing-masing pasti akan menonton konten itu.

Buatlah pembahasan tersebut semenarik mungkin serta bagi menjadi dua atau tiga part. Upload secara berkala di channel masing-masing, serta usahakan jangan sampai mengunggah konten yang sama. Dengan begitu, jumlah viewers akan naik dengan signifikan.

Pilihan Konten YouTube yang Bisa Dipakai

Pilihan Konten YouTube yang Bisa Dipakai

Kalau Anda hendak berkecimpung di dunia YouTube, pastinya masih dilanda kebingungan kecil soal konten apa yang harus dipajang pada channel tersebut agar dilihat banyak orang. Pastinya, semua konsep harus original walau mengambil tema senada dengan YouTuber lain.

Seorang creator tentunya tidak asal comot trending video saat itu. Mereka pasti melakukan banyak riset tentang konten di channelnya, meskipun masih seputar kesukaan masing-masing. Berikut beberapa contoh konsep populer di YouTube yang bisa Anda jadikan referensi.

Daily Vlog

Akhir-akhir ini banyak sekali video bermunculan di YouTube yang mengambil tema senada, yakni soal Vlog. Video blog seperti ini cocok bagi Anda dengan bakat berbicara. Seolah-olah menjadi seorang MC di acara sendiri dan menunjukkan keseharian dirumah maupun sekolah.

Selain itu, vlog termasuk tayangan aman karena biasanya mencakup rentang Semua Umur. Asalkan Anda juga tetap memperhatikan konten dalam video tersebut benar-benar ramah pengguna. Jadi, cari kegiatan atau hobi yang sekiranya akan disukai banyak orang.

Hewan Peliharaan

Kalau vlog tadi menjadikan Anda sendiri sebagai Point of View nya, maka sekarang giliran hewan peliharaan yang menjadi bintangnya. Tayangkan bagaimana keseharian binatang tersebut, serta pastikan kalau aksinya benar-benar menghibur. Beri sedikit editing supaya terlihat lucu.

Video hewan peliharaan yang bertingkah lucu juga sering menempati puncak pencarian bahkan melebihi tayangan vlog biasa. Hal tersebut karena banyak orang merasa terhibur akan tingkah menggemaskan mereka. Jadi, jangan salah kalau binatang bisa mendatangkan viewers banyak.

Travelling

Channel yang menampilkan tentang travelling akhir-akhir ini juga sering menjadi sasaran para pengguna YouTube untuk ditonton saat ada waktu luang. Konsep unik serta tempat-tempat menarik yang dikunjungi YouTuber terkadang bisa jadi resolusi bagi para penontonnya.

Travelling disini tidak harus pergi ke luar negeri dan mengunjungi negara-negara Barat seperti Eropa atau Amerika. Hanya di kota sekitar tempat tinggal Anda sambil mengenalkan keindahan didalamnya pun bisa jadi penarik viewers yang lebih suka wisata lokal.

Musik

Punya bakat di bidang musik? Sepertinya YouTube jadi ajang tersendiri yang bisa Anda taklukkan agar diakui banyak orang. Semakin unik karya Anda, maka viewers pun akan datang dengan sendirinya. Hal seperti ini selalu bisa jadi magnet tersendiri di platform tersebut.

Musik yang dimaksud disini bukan hanya soal piawai bernyanyi saja. Kalau Anda tertarik dengan memainkan alat-alatnya, menjadi DJ, rapper, beatbox, bahkan mixtape, hal tersebut masih bisa menarik minat banyak viewers. Ingat, semuanya jadi unik bila originalitas selalu dijaga.

Tutorial Hobi Tertentu

Seseorang pastinya memiliki satu kegiatan yang mereka masukkan kategori hobi. Entah itu soal belajar bahasa, fotografi, olahraga, dan lain sebagainya. Dari beragam kesukaan itu, kenapa tidak dicoba untuk dijadikan tutorial? Anda bisa menarik minat banyak viewers pastinya.

Kalau dilihat di laman YouTube misalnya, ada banyak orang membagikan tutorial yang berkaitan dengan hobi mereka. Seperti cara mengambil foto estetik, step melakukan gaya kupu-kupu saat renang, atau make up di berbagai gaya dan suasana.

Baca Juga: Aplikasi Edit Video YouTuber PC

Menjadi seorang YouTuber sukses memang tidak bisa instan. Butuh banyak kiat-kiat agar dapat menghasilkan apa yang diinginkan. Cara agar video YouTube kita dilihat banyak orang ini setidaknya mampu membimbing Anda untuk mendapatkan keinginan itu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan