Cara Mengawinkan Kura Kura Brazil Dijamin Berhasil

Diposting pada

Kura kura brazil menjadi salah satu reptil yang cukup digemari. Dan membuat beberapa pecinta kura kura brazil memilih untuk mengembak biakan reptil ini. Hewan menggemaskan ini memang mudah-mudah susah untuk dipelihara dan dikembangbiakkan. Namun ada banyak cara untuk mengawinkan kura kura Brazil dengan beberapa metode. Berikut adalah beberapa tahapan cara mengawinkan kura kura brazil yang bisa dilakukan di rumah.

1. Menyiapkan Kura Kura untuk Dikembang Biakkan

Cara pertama untuk mengawinkan reptil ini adalah memastikan kura kura yang dipelihara berjenis kelamin jantan dan betina. Kura kura jantan dan betina memiliki perbedaan secara fisik. Kura kura jantan memiliki cangkang yang cenderung datar atau cekung, sedangkan kura kura betina cangkangnya cenderung cembung atau rata.

2. Memastikan Kura Kura Matang Secara Seksual

Kura kura perlu dipastikan terlebih dahulu apakah sudah mencapai titik kedewasaan atau kematangan secara seksual atau belum. Tahapan ini penting dilakukan karena kura kura tidak akan dapat berkembangbiak sebelum berumur 5 tahun.

3. Memilih IndukanĀ  Siap Dikawinkan

Tahapan ini sangat penting karena kura kura tidak boleh cacat, sakit dan harus berkualitas. Indukan yang siap untuk dikawinkan memiliki beberapa kriteria antara lain:

  • Indukan tidak boleh cacat secara fisik.
  • Kura kura harus sehat dan tidak terjangkit virus.
  • Tempurung bersih dan ukuran tempurungnya umumnya selebar piring.
  • Badan kura kura yang siap dikawinkan harus gemuk dan besar.
  • Kura kura bergerak aktif tidak lemas dan nafsu makan baik.
  • Jika kriteria-kriteria tersebut terpenuhi maka dapat dipastikan hasil kembang biak kura kura akan baik dan bertelur banyak.

4. Menempatkan pada Lokasi yang Tepat

Kura kura juga perlu tempat yang nyaman dan bersih untuk kawin. Sebelumnya kura kura harus dalam kondisi dingin dan tidak kepanasan. Temperatur kura kura harus berkisar antara 10-15 derajat celcius dan ditempatkan pada kolam khusus.

Kolam kura kura juga perlu diperhatikan dengan ukuran idealnya 15×30 cm dengan menyediakan pasir atau tanah yang kering namun lembab. Air di kolam juga harus dipastikan bersih. Selain itu harus disediakan pasir yang bersih dan kering. Karena pasir yang kering sangat cocok untuk menjadi wadah kura kura betina menetaskan telur-telurnya.

5. Memberi Makan yang Baik

Kura kura perlu asupan gizi yang baik terutama asupan vitamin D3. Apabila kolam kura kura berada di luar ruangan maka tidak perlu asupan vitamin D3 yang cukup. Namun apabila kolam berada di dalam ruangan perlu mendapat tambahan suplemen D3 atau lampu spectrum khusus untuk reptil.

Selain itu dapat diterapkan program diet untuk kura kura. Dengan cara memberi makanan yang seimbang seperti sayuran, buah-buahan, protein dari cacing atau jangkrik. Terakhir adalah pemenuhan kalsium untuk kura kura yakni dengan pemberian tulang ikan untuk digigit atau pemberian suplemen bagi kalsium.

6. Mengawinkan Kura Kura Brazil.

Dalam cara mengawinkan kura kura brazil terdapat dua metode, yakni alami dan buatan. Untuk metode alami kura kura brazil kawin tanpa bantuan manusia atau melalui persetubuhan alami. Sedangkan untuk metode buatan kura kura kawin dibantu oleh manusia. Dengan memilih indukan dan menempatkannya dalam satu kolam.

Biasanya dalam satu kolam perbandingan untuk jantan dan betina adalah 1:2. Di dalam kolam umumnya diisi 1 ekor kura kura jantan dan dua ekor kura kura betina yang berusia matang. Metode buatan ini menjadi cara mengawinkan kura kura brazil yang paling ampuh.

Waktu yang dibutuhkan untuk kura kura betina dan jantan saling tertarik dan menyesuaikan diri sekitar 2 hingga 5 hari. Kemudian kura kura jantan akan membuahi kura kura betina. Dengan rangkaian cara mengawinkan kura kura brazil tersebut dapat dipastikan kura kura dapat bertelur dengan baik. Bahkan dapat menjadi ide budidaya bagi para pecinta reptil.

Tinggalkan Balasan