Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Diposting pada

Seperti diketahui banyak orang saat ini banyak menggunakan handphone dalam keseharian. Namun ada masalah iklan yang muncul dan cukup menjengkelkan ketika membuka beberapa aplikasi. Maka perlu adanya solusi cara menghilangkan iklan di HP Android agar pengguna lebih nyaman.

Penyebab Iklan yang Muncul Tiba-tiba di Android

Penyebab Iklan yang Muncul Tiba-tiba di Android

Sebelum membahas cara menghilangkan iklan di Android yang bisa muncul tiba-tiba perlu diketahui penyebabnya. Tujuannya agar setelah masalah tadi selesai maka tidak kembali terjadi. Secara umum ada tiga macam kategori yang mempengaruhinya.

Pertama adalah berasal dari iklan aplikasi serta berjalan tanpa diketahui. Secara bahasa disebut dengan background services dan kebanyakan dari jenis root application. Maka berarti yang menjadi sebab yaitu dari segi pemasangan sumber tidak dikenal (unknown source).

Baca Juga: Macam Macam Aksesoris HP

Kedua adalah berasal dari iklan virus dan disebut sebagai Adware. Hasilnya tentu menyebabkan tiba-tiba muncul pop up serta gangguan kegiatan bahkan ketika Android sedang tidak digunakan. Jenis ini sulit sekali dideteksi bagaimana masuknya karena bisa darimana saja saat tersambung di internet.

Ketiga yaitu disebabkan dari iklan sistem yang memang pada beberapa handphone sengaja ditaruh. Munculnya ads biasa bertempat di menu notifikasi. Selain itu juga bisa ada di beberapa aplikasi bawaan pabrik seperti browser, video player dan sebagainya.

Daftar Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Setelah dibahas mengenai penyebab munculnya ads yang tentunya menambah pengetahuan. Maka selanjutnya perlu dijelaskan bagaimana menghilangkan iklan di Android tanpa aplikasi. Selain itu juga akan diterangkan mengenai metode lain memakai bantuan app.

Mengapa tidak bisa menggunakan satu jenis metode saja? Penyebabnya bisa dilihat dari apa penyebab munculnya iklan. Secara umum hal tersebut dikategorikan menjadi dua macam, yaitu untuk root dan juga non-root.

Keduanya memiliki jalan keluar atau solusi berbeda agar bisa dihentikan. Kemudian salah satunya membutuhkan bantuan aplikasi tambahan supaya iklan dapat dihilangkan. Berikut ini adalah daftar cara disertai langkah-langkah jika mengalami masalah tersebut:

Melalui UC Browser

Melalui UC Browser

Pertama adalah cara menghilangkan iklan di HP Android menggunakan sarana UC Browser. Metode tersebut memanfaatkan fitur penghilangan pop up yang sudah tertanam di dalamnya. Hal dimaksud karena memang terkadang saat sedang menjelajahi internet suka terganggu.

Maka sebaiknya jika iklan muncul karena berasal dari penggunaan browser internet. Cara mengatasinya tentu dengan memakai UC Browser. Langkah yang perlu dijalankan juga cukup sederhana sebab syaratnya hanya melakukan pemasangan pada Android saja.

Langkah awalnya cukup dengan membuka aplikasi UC Browser terlebih dahulu. Kemudian klik tanda menyerupai hamburger di bawah lalu memilih Add-ons. Setelah itu tinggal mengaktifkan fitur bernama Blocker dan selanjutnya iklan pop up tidak akan muncul kembali.

Memakai Aplikasi Adblock

Memakai Aplikasi Adblock

Cara menghilangkan iklan dari HP berikutnya adalah penggunaan aplikasi tambahan bernama Adblock. Jika ingin menggunakan tinggal mengunduh melalui Playstore. Metode ini cocok untuk dipakai orang yang tidak suka ribet.

Langkahnya juga cukup mudah tinggal mengunduh aplikasi melalui PC. Jika demikian langsung dilakukan pemasangan pada Android. Setelah berstatus installed dan dijalankan, maka secara otomatis handphone akan terjaga dari iklan tiba-tiba.

Jika Adblock telah terpasang meskipun dipergunakan untuk mengakses internet handphone akan tetap aman. Kelebihan lainnya bisa dipakai tanpa perlu melakukan root. Hal tersebut dikarenakan ketika sedang browsing mereka menggunakan konsep mode VPN.

Melalui Pengaturan Google Chrome

Melalui Pengaturan Google Chrome

Metode berikutnya adalah melalui pengaturan di browser Google Chrome. Modifikasi ini perlu dilakukan mengingat kebanyakan pengguna Android menggunakan aplikasi ini. Memang secara teori kemungkinan iklan dapat muncul ketika sedang berselancar internet.

Langkah-langkahnya cukup mudah dilakukan karena biasanya sudah ada secara default di kebanyakan merk handphone. Pertama tinggal membuka browser Google Chrome di Android. Kemudian masuk ke menu setting agar dapat pengaturan dapat dimodifikasi.

Kemudian melakukan pemilihan pada opsi site setting. Berikutnya tinggal masuk ke dalam menu agar ketika browser Google Chrome digunakan iklan pop up tidak akan muncul. Hal tersebut terjadi secara otomatis ketika fitur pengaturan situs tadi diaktifkan.

Menggunakan AdClear

Menggunakan AdClear

Metode lainnya adalah dengan menggunakan tambahan aplikasi AdCleaner. Pemakaiannya bisa mengatasi iklan yang tiba-tiba muncul ketika sedang melakukan browsing. Selain itu juga pada beberapa software dari sumber tidak dipercaya dan memiliki resiko disisipi adds.

Hal tersebut karena hadirnya fitur pemblokir iklan ketika AdClear sedang dipergunakan. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis melalui Playstore. Ukurannya juga tidak terlalu besar dan terus dilakukan support dari pihak developer.

Ketika sudah terinstall tinggal membuka aplikasi dan melakukan pengaktifan fitur. Caranya tersedia pada pilihan setting lalu dilakukan pengubahan mode off menjadi on. Setelah itu, secara otomatis berbagai jenis iklan termasuk banner maupun pop up tidak akan muncul

Metode Khusus untuk HP Xiaomi

Metode Khusus untuk HP Xiaomi

Berikutnya adalah penggunaan metode khusus yang bisa dilakukan jika memiliki HP Xiaomi. Metode ini dapat dilakukan tanpa membutuhkan bantuan aplikasi. Melainkan tersedia secara default di pengaturan dalam Androidnya.

Caranya pertama masuk ke dalam pengaturan lalu klik setelan tambahan. Berikutnya pilih opsi privasi setelah itu akan muncul beberapa tampilan pembatasan. Kemudian lanjutkan dengan menuju ke akses penggunaan yang ada di bagian bawah.

Terakhir masuk ke pilihan masa lalu, lakukan konfirmasi dengan klik pilihan lanjutkan. Setelah itu akan diminta mematikan izin akses penggunaan Android. Jika sudah maka berbagai jenis iklan tidak akan muncul kembali di handphone Xiaomi.

Metode Khusus untuk HP Samsung

Metode Khusus untuk HP Samsung

Selain pemakaian handphone Xiaomi banyak juga pengguna Samsung yang ada di Indoensia. Jika mengalami kasus pada iklan yang mengganggu karena tiba-tiba muncul. Mereka menyediakan fitur khusus untuk menghilangkan iklan agar tidak kembali tampil.

Terdapat dua macam opsi yang bisa dipilih jika menggunakan HP Samsung. Pertama yaitu menghapus aplikasi selain dari sumber Playstore. Langkahnya masuk ke pengaturan lalu aplikasi selanjutnya akan muncul daftar dan tinggal pilih app lalu akan tampil opsi hapus atau uninstall.

Kedua adalah dengan melakukan penghapusan aplikasi yang sedang berjalan namun mencurigakan. Menurut teori kebanyakan iklan muncul disebabkan secara seludupan melalui media tersebut. Cara mengatasinya tinggal memilih menu aplikasi aktif kemudian pilih working app dan klik uninstall.

Melalui Private DNS

Melalui Private DNS

Cara berikutnya adalah melalui penggunaan pilihan pengaturan private DNS. Hal tersebut bisa dilakukan melalui modifikasi pengaturan koneksi. Perlu diketahui bahwa iklan pop up biasanya muncul karena adanya sebuah aplikasi dengan kandungan Adware.

Selain itu penggunaan browser juga bisa menjadi penyebab lainnya. Intinya akan muncul ketika Android sedang digunakan untuk mengkases internet atau berstatus online. Maka jika pada bagian koneksinya tersedia filter tentu kendala tadi dapat teratasi.

Langkahnya pertama membuka menu setting pada Android. Kemudian pilih opsi connections lalu pilih more option dan akan dijumpai tulisan private DNS. Sistem default pada handphone umumnya berada dalam kondisi off tinggal nyalakan dan masukkan dns.adguard.com lalu klik save.

Pemakaian NoRoot Firewall

Pemakaian NoRoot Firewall

Metode selanjutnya adalah dengan mengunakan Noroot Firewall. Maksudnya adalah dipakainya bantuan aplikasi lain yang bisa diunduh di Playstore secara gratis. Kelebihannya bukan hanya melakukan blokir pada iklan browser saja, namun juga di sistem Android.

Pemakaian aplikasi juga terbilang mudah pertama setelah terinstall. Tinggal masuk kedalamnya dan memilih ingin menghapus atau memblokir aktivitas app yang mencurigakan. Pada tampilannya akan ditunjukkan opsi berupa daftar sistem yang bekerja.

Pengguna hanya tinggal memblokirnya melalui pemberian tanda silang. Pada samping setelah daftar nama aktifitas terdapat kotak panel. Setelah simbol X dibubuhkan maka secara otomatis iklan akan berhenti muncul jika memang terdapat di dalamnya.

Pengaturan Security Setting

Pengaturan Security Setting

Cara berikutnya adalah melalui pilihan pengaturan kemanan atau security setting. Hal tersebut cocok jika tidak mau melakukan penginstalan aplikasi tambahan. Memang langkahnya agak panjang namun presentase keberhasilan lebih besar karena bekerja melalui sistem Android di handphone sendiri.

Pertama tentu masuk kedalam menu security setting untuk memilihnya terlebih dahulu perlu klik pengaturan. Setelah ada di dalamnya tinggal melakukan pembatasan izin aplikasi tidak dikenal. Jika sudah langsung tap button save biasanya pada pojok kanan atas.

Kemudian keluar dari pilihan security setting dan masuk ke aplikasi. Lihat aktivitas aplikasi yang terinstall pada handphone apakah ada yang mencurigakan. Jika masih ditemukan maka bisa langsung melakukan penghapusan artinya filter melalui opsi keamanan tadi masih tembus.

Scanning dengan Antivirus

Cara berikutnya adalah dengan melakukan scanning pada Android menggunakan Antivirus. Seperti dijelaskan di atas bahwa salah satu asal dari munculnya iklan yaitu melalui Adware. Selain itu juga bisa berupa Malware yang tentunya tidak sengaja tersimpan dalam sistem penyimpanan.

Sebenarnya jenis Antivirus yang digunakan tidak maslaah asalkan terdapat fitur scanning. Pengguna Android dapat melakukan pengunduhan dari Playstore. Jika sudah ada tinggal buka aplikasinya dan pada tamipilan awal biasanya langsung muncul opsi pemindaian.

Tinggal tap pada button tersebut dan tunggu proses scanning berjalan sampai selesai. Umumnya hal tersebut memakan waktu antara 10 sampai dengan 15 menit saja tergantung kemampuan HP. Jika memang ditemukan adanya ganguan, maka langsung bisa diatasi dengan penghapusan.

Metode Khusus Iklan Sistem dengan Penghapusan Aplikasi

Metode Khusus Iklan Sistem dengan Penghapusan Aplikasi

Pada penjelasan bab ini caranya hanya bekerja pada iklan sistem atau juga virus saja. Hal tersebut karena memang memanfaatkan kemampuan pembacaan informasi aplikasi di handphone. Tanda yang menunjukkan terjadinya jenis ini adalah kemunculan ads tiba-tiba bahkan ketika saat chatting.

Jika demikian maka segera lakukan penghapusan sumber iklannya. Caranya sebagai langkah awal buka aplikasi Playstore di handphone. Kemudian pada sisi kiri atas akan ada menu aplikasi & game saya, kemudian langsung saja masuk kedalam.

Berikutnya pilih opsi koleksi dan lakukan sortir dengan kriteria recent. Lihat nama aplikasi yang baru terinstall jika memang sebelum pemasangan tidak ada kendala iklan. Setelah itu masuk ke menu pengaturan yang ada di Android lalu pada bagian aplikasi cari dan langsung saja dihapus.

Flash Ulang Android

Flash Ulang Android

Cara berikut ini terbilang cukup keras dan memang hanya dilakukan ketika beberapa metode di atas tidak membawa hasil. Seperti telah dijelaskan bahwa penyebab iklan yang bermunculan tadi bisa dari tiga macam hal. Pertama bersumber pada sistem, lalu aplikasi dan adanya virus.

Terkadang jika dibiarkan dan tidak dilakukan tindakan apapun. Maka lambat laun iklan akan bermunculan saat kapanpun handphone digunakan. Tentu saja jika demikian solusi terakhir yaitu melakukan flash ulang Android kerena besar kemungkinan sudah banyak Malware di dalamnya.

Langkah-langkah melakukan flash berbeda-beda tergantung merk handphone yang digunakan. Caranya dapat dicari dan tersedia bebas di internet. Intinya iklan tadi bisa dihilangkan karena jika dilakukan flashing ulang artinya sistem Android kembali seperti keadaan baru.

Factory Reset Android

Factory Reset Android

Metode kali ini juga sama seperti yang dijelaskan di atas. Hanya saja kemungkinan perbedaannya terletak pada penyebab iklan terus bermunculan. Penggunaan solusi ini hanya berhasil jika sumber masalahnya dari sisi sistem handphone Android.

Cara mengerjakannya juga berbeda antara merk satu dengan lainnya. Namun sebelum melakukan factory reset sebaiknya pencadangan data dikerjakan. Hal tersebut karena setelah keseluruhan tahapan selesai semua isi dalam penyimpanan dan sistem akan kembali bersih.

Jika sudah dicadangkan, maka berikutnya tinggal masuk ke menu pengaturan. Kemudian cari saja pilihan kembalikan setelan pabrik biasanya ada pada bagian bawah. Selanjutnya tinggal tap dan tunggu prosesnya berjalan, untuk lamanya waktu reset tergantung pada hardware Android.

Tindakan Preventif yang Harus Anda Lakukan

Setelah semua cara diatas tadi dilakukan dan salah satunya berhasil. Perlu rasanya dilakukan Tindakan preventif atau pencegahan supaya handphone tidak mengalami kendala yang sama. Tentu seperti diketahui bersama bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Bisa saja solusi yang tadinya sudah berhasil mengatasi masalah munculnya iklan. Justru ini tidak dapat berhasil lagi saat dilakukan untuk kedua kalinya. Maka inilah daftar tindakan pencegahan beserta penjelasannya agar menghindari munculnya kembali kedala pop up ads:

Update Versi Aplikasi

Tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan untuk selalu menggunakan versi terbaru. Seperti diketahui bahwa aplikasi selalu dilakukan pengembangan untuk penambahan fitur. Di sisi lain tentu saja faktor kemanan biasanya juga ditingkatkan.

Jika setiap aplikasi yang terpasang dan digunakan di Android selalu dilakukan update. Maka secara langsung juga akan menurunkan resiko handphone terserang Adware atau Malware. Alasannya karena kebanyakan masuk melalui celah kemanan sistem lama.

Pemeriksaan Izin Berkala

Tindakan berikutnya adalah selalu melakukan pemeriksaan. Hal tersebut difokuskan pada izin aplikasi yang terpasang di handphone. Langkah ini akan menghasilkan kemananan dari app sendiri benar-benar aman dan bebas dari gangguan Malware ataupun cacat sistem.

Hal tersebut karena memang terkadang aplikasi yang berasal dari sumber tidak dikenal kurang memenuhi syarat. Maksudnya dari segi sistem keamanannya karena bisa saja masuknya Adware melalui celah tersebut. Selain itu bahkan ada juga memang app itu hanya sebagai media iklan.

Proteksi Koneksi

Tindakan ketiga adalah melakukan proteksi atau pengecohan pada koneksi. Maksudnya yaitu penggunaan VPN atau Virtual Private Network ketika sedang melakukan aktivitas browsing. Terlebih lagi saat berada di luar seperti kampus, alun-alun dan sebagainya serta menggunakan Wi-Fi umum.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal 4G

Penggunaan VPN dapat membuat jaringan terjaga dari adanya Malware atau Adware. Biasanya ketika sedang melakukan browsing dan menggunakan Wi-Fi umum. Pengguna handphone terjebak pada alamat yang salah karena mengalami peretasan lalu bisa saja disisipi virus berisi iklan.

Cara menghilangkan Iklan di HP Android sendiri ada banyak bahkan dibagi lagi berdasarkan jenis penyebabnya, maka perlu lebih diperhatikan lagi agar masalah ini tidak muncul dan mengganggu.

Tinggalkan Balasan