Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Diposting pada

Kucing Anda sering garuk-garuk dan merasa gelisah akhir-akhir ini?

Bisa jadi kucing kesayangan Anda mengalami masalah kutu kucing. Masalah kutu kucing ini bisa dialami oleh semua jenis kucing, oleh karena itu sebagai pecinta kucing Anda harus tahu bagaimana cara menghilangkan kutu kucing.

11 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami dan Ampuh

11 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami dan Ampuh

Untuk menghilangkan kutu yang ada pada kucing bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari cara yang alami sampai menggunakan obat-obatan kimia. Berikut ini ada 11 cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu pada kucing:

Mengoleskan Minyak Telon

Mengoleskan Minyak Telon

Cara pertama yang paling mudah dan alami adalah dengan menggunakan minyak telon. Semua jenis minyak telon bisa digunakan untuk membantu menghilangkan kutu di bulu kucing.

Cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon sangat mudah, yang perlu dilakukan adalah  mengoleskan minyak telon pada kulit dan bulu kucing secara merata. Pada saat mengoleskan Anda bisa sambil memijat kucing dari mulai kepala sampai badan.

Baca Juga: Ciri-ciri Kucing Sakit

Lakukan pijat minyak telon ini secara rutin setiap sehari atau dua kali sehari. Minyak telon tidak hanya bisa membunuh kutu kucing tapi juga bisa menghilangkan efek gatal pada kucing yang digigit kutu.

Salah satu kebiasaan kucing ada menjilat tubuhnya, jadi pastikan Anda menggunakan minyak telon yang aman.

Hindari mencampurkan minyak telon dengan minyak kayu putih untuk mengatasi kutu kucing. Minyak kayu putih kandungannya lebih keras dan bisa membuat kucing menjadi tidak bernafsu makan.

Semprot dengan Air Lemon

Semprot dengan Air Lemon

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan guna menghilangkan kutu pada kucing yaitu dengan menggunakan air lemon. Asam dan kandungan vitamin serta mineral dalam lemon sangat bagus untuk mematikan kutu pada kucing.

Air lemon yang kaya akan nutrisi ini bisa membantu menghilangkan kutu dengan cepat. Cara membuat air lemon untuk disemprotkan pada kucing adalah dengan merendam lemon yang sudah dipotong dalam air yang mendidih selama satu malam.

Air rendaman lemon ini yang digunakan untuk menyemprot bulu kucing. Penyemprotan harus dilakukan secara rutin dan menyeluruh pada bulu kucing. Anda bisa menyibak bulu kucing pada saat menyemprotkannya, hal ini dilakukan agar kutu yang bersembunyi juga terkena semprotan air lemon.

Banyaknya semprotan bisa disesuaikan dengan tebal tipisnya bulu kucing Anda. Pastikan Anda menyemprot secara merata terutama pada bagian punggung kucing yang terdapat banyak bulu.

Penyemprotan dengan menggunakan air lemon ini bisa dilakukan dua kali sehari jika jumlah kutu pada kucing sangat banyak. Lakukan penyemprotan secukupnya secara rutin agar kutu kucing bisa cepat hilang.

Olesi dengan Cuka Apel

Olesi dengan Cuka Apel

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami juga bisa dilakukan dengan menggunakan cuka apel. Sama dengan lemon, cuka apel mengandung asam yang bisa membantu menghilangkan kutu.

Ada dua cara untuk menggunakan cuka apel ini yaitu dengan cara mengoleskannya atau menyemprotkannya. Cara yang pertama yaitu mengoleskan langsung pada tubuh kucing kesayangan. Anda harus mengoleskan cuka apel ini secara merata sambil memberikan pijatan yang lembut.

Jika Anda ingin menggunakan cara kedua yaitu dengan cara menyemprotkannya maka Anda harus mencampurkan cuka apel dengan sedikit air. Tempatkan campuran cuka apel dan air pada botol khusus lalu semprotkan ke bulu kucing.

Kucing dengan bulu yang tidak tebal cukup efektif hanya dengan semprotan saja. Namun jika kucing Anda berbulu tebal sebaiknya selain disemprot juga dioleskan agar kutu segera hilang.

Jika Anda kesulitan dalam mendapatkan cuka apel, maka Anda bisa menggunakan cuka dapur biasa. Cuka ini harus Anda campurkan dengan air sebelum menyemprotkannya pada kucing.

Takaran air dan cuka ini juga perlu Anda perhatikan. Pastikan takarannya seimbang dan tidak terlalu asam. Hal ini dilakukan agar bulu kucing juga tidak rusak dan mudah rontok karena terkena asam.

Shampo Jus Lidah Buaya

Shampo Jus Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bagus untuk kesehatan kulit dan rambut wanita saja tapi juga bisa membantu menghilangkan kutu pada kucing. Untuk menghilangkan kutu pada kucing dengan menggunakan lidah buaya sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil daging lidah buaya dan buang kulitnya.

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Mencret

Daging dari lidah buaya ini dihancurkan sampai benar-benar halus. Untuk menghancurkannya bisa menggunakan cara manual ataupun dengan blender. Setelah dihancurkan lidah buaya akan berbentuk seperti gel, gel inilah yang digunakan untuk menghilangkan kutu.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya ini sebagai shampo kucing alami untuk menghilangkan kutu. Setidaknya setiap 3 hari sekali Anda harus memandikan kucing dengan shampo lidah buaya ini. Pada saat memberikan shampo Anda bisa sambil memijat bulu kucing agar shampo meresap sampai ke bulu bagian dalam.

Berendam dengan Air Garam

Berendam dengan Air Garam

Bahan alami lainnya yang bisa menghilangkan kutu yang ada pada kucing adalah garam. Garam mengandung banyak mineral yang bisa mengusir kutu pada kucing dengan cepat.

Untuk menghilangkan kutu dengan garam sangat mudah dilakukan. Anda harus menyiapkan air hangat kemudian diberi garam secukupnya. Jadikan air garam ini sebagai tempat berendam kucing.

Anda bisa langsung memasukkan kucing pada bak yang sudah diisi dengan air garam tersebut. Biarkan kucing berendam selama kurang lebih 15 menit. Agar kucing tidak kabur, Anda bisa sambil memijatnya dan memegangnya agar semua bulu dan badannya terendam sepenuhnya.

Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan kutu pada kucing rumahan yang penurut. Jika kucing Anda tidak suka mandi akan sangat sulit untuk memaksanya berendam di air garam ini.

Semprot dengan Obat Kutu Khusus Kucing

Selain dengan bahan alami, Anda juga bisa menggunakan obat kutu kucing untuk menghilangkan kutu pada kucing. Obat ini bisa didapatkan di berbagi petshop terdekat. Pilih obat kutu yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Obat untuk kutu kucing ini sangat mudah digunakan. Jika berbentuk bubuk maka Anda perlu melarutkannya dalam air sebelum menyemprotkannya pada kucing. Lakukan penyemprotan secara rutin setiap hari agar kutu pada bulu kucing bisa cepat hilang.

Pada saat menyemprotkan obat ini sebaiknya Anda juga membuka bulu kucing secara perlahan. Hal ini dilakukan agar obat bisa masuk sampai ke dalam bulu kucing bagian bawah.

Mandikan dengan Shampo Khusus Kucing

Mandikan dengan Shampo Khusus Kucing

Shampo khusus untuk kucing juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi kutu kucing. Anda harus memandikan kucing setiap 3 hari sekali dengan menggunakan shampo ini.

Shampo khusus untuk kucing ini bisa Anda dapatkan di petshop dengan harga yang cukup terjangkau. Sambil memandikan dan memberi shampo sebaiknya Anda juga menggosok bulu kucing dengan sikat yang lembut. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan kutu pada kucing.

Tidak hanya kutu saja yang hilang, kotoran pada bulu kucing juga bisa hilang. Dengan memandikan kucing secara rutin ini bisa mencegah kutu kembali. Kuncinya agar kucing terhindar dari kutu adalah menjaga kebersihan tubuh dan bulu kucing.

Sisir Bulu dengan Sisir Khusus

Sisir Bulu dengan Sisir Khusus

Cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kutu bulu kucing adalah dengan menyisir bulunya. Anda bisa membeli sisir khusus untuk bulu kucing di petshop ataupun di toko aksesoris terdekat.

Untuk menghilangkan kutu pada bulu kucing Anda harus menyisir bulu secara merata. Cara ini bisa dilakukan untuk kucing yang berbulu tebal seperti kucing anggora dan persia.

Menyisir bulu kucing ini bisa Anda lakukan setiap hari agar kucing terhindar dari kutu kucing. Anda juga bisa menyisir bulu setelah memandikan kucing. Selain itu, Anda juga bisa menyisir bulu kucing setelah memberikan treatment penghilang kutu seperti yang sudah dijelaskan.

Menggunakan Obat Oles Kutu Kucing

Sekarang ini juga sudah ada obat oles khusus yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu kucing. Obat oles ini bisa Anda beli di petshop atau toko hewan peliharaan.

Obat oles ini bisa bekerja efektif jika Anda memberikannya secara rutin. Anda perlu mengoleskan obatnya secara merata pada bulu kucing. Pastikan Anda mengoleskannya sampai pada bagian dalam bulu agar kutu bisa mati semua.

Untuk obat oles ini, Anda juga harus memilihnya dengan tepat. Pastikan kandungan yang ada didalam obat tidak memberikan efek alergi yang bisa membuat bulu kucing menjadi rontok.

Berikan Vaksin khusus

Cara membasmi kutu kucing yang paling efektif adalah dengan memberikan vaksin khusus untuk kutu. Vaksin yang digunakan untuk mengatasi kutu adalah vaksin ivermectin. Untuk memberikan vaksin ini Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan.

Pemberian vaksin ini disarankan jika memang cara seperti yang sudah dijelaskan di atas tidak mampu mengatasi kutu pada kucing. Vaksin ini diberikan kepada kucing sebanyak 3 kali dan tidak diberikan secara langsung.

Setiap tahap pemberian vaksin diberi jeda kurang lebih 1 bulan. Pemberian vaksin ini tentunya tidak murah, jadi Anda harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Namun jika memang kutu sudah membandel dan sulit dihilangkan maka cara ini harus Anda lakukan.

Hindari Melepaskan Kucing Keluar Rumah

Cara terakhir agar kucing terhindar dari kutu adalah dengan tidak melepaskannya keluar rumah. Kucing yang suka berpetualang akan lebih rentan terkena kutu dibandingkan kucing rumahan. Agar kutu tidak datang lagi sebaiknya Anda membatasi kucing untuk keluar rumah.

Jika kucing Anda masih menjalani treatment untuk menghilangkan kutu, sebaiknya jangan melepaskannya terlebih dahulu. Melepaskan kucing keluar rumah bisa memperbanyak kutu pada bulunya.

Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan kandang kucing agar tidak menimbulkan kuta. Pasir kucing yang jarang diganti bisa menjadi sumber kutu pada bulu kucing. Oleh karena itu, sebaiknya pasir kucing diganti setiap hari secara rutin.

Anda juga harus memilih pasir kucing yang berkualitas bagus agar nyaman untuk kucing. Perawatan pada kucing seperti memandikan dan memijatnya dengan minyak khusus juga perlu Anda lakukan.

Baca Juga: Harga Kucing Persia

Kandang dan lingkungan yang bersih akan membuat kucing terhindar dari kutu. Tidak hanya kutu, kucing juga bisa terhindar dari berbagai penyakit. Kucing yang sehat tentunya tidak akan menimbulkan efek negatif pada kesehatan Anda bukan?

Kesebelas cara menghilangkan kutu kucing secara alami di atas bisa Anda coba. Jangan anggap sepele masalah kutu kucing ini, jika kucing Anda sering bermain bersama ada kemungkinan Anda juga bisa tertular kutu. Tidak ingin bukan tubuh dan rambut Anda menjadi kutuan?

Tinggalkan Balasan