Cara Menghitung Persen

Cara Menghitung Persen

Diposting pada

Dalam suatu bidang kerja, ada suatu pekerjaan dimana seorang pekerja mendapat tugas untuk menghitung persentase. Baik itu persentase laba, modal, ataupun kerugian. Biasanya pekerjaan yang melibatkan kemampuan untuk menghitung persentase seperti pekerjaan di bank, perusahaan, swalayan dan sebagainya.

Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara menghitung persen, sangat penting sekali untuk menyimak ulasan artikel di bawah ini ya.

Dalam artikel ini akan dijabarkan secara detail tentang persentase, mulai dari pengetian persentase itu sendiri, cara menghitung persen, contoh soalnya hingga penerapan perhitungan persentase ini. Langsung saja, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengetian Persentase

Apa itu persentase ? Sebelum mengenal lebih jauh tentang persentase itu, ada baiknya dulu hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah memahami pengetian dari persentase itu sendiri.

Apa sih yang dimaksud dengan persentase? Dapatkah Anda menjabarkannya? Ok, mari kita kupas bersama. Pada ilmu matematika, persentase juga dikenal dengan istilah perseratus. Persentase atau perseratus ini adalah suatu perbandingan angka yang difungsikan untuk menyatakan pecahan dari seratus.

Dalam soal matematika, kemampuan mengitung persentase kerap kali diajarkan mengingat hal ini memang sangat penting dipahami dengan baik. Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, pada beberapa bidang pekerjaan tertentu, menunut untuk dapat melakukan perhitungan persentase. Sehingga cara menghitung persen atau persentase sangat penting untuk Anda pelajari sejak dini.

Baca Juga: Apa Itu SKS, IP dan IPK

Dalam pengertian sederhananya, persentase atau persen diartikan sebagai suatu perbandingan atau rasio untuk menyatakan pecahan dari seratus yang ditunjukan dengan menggunakan sebuah simbol (%). Persen sendiri berasal dari bahasa latin, per cetum yang memiliki arti per seratus. Persentase atau persen juga bisa dikatakan sebagai suatu bagian dari keseluruhan, dimana keseluruhan tersebut ditulis dengan 100%.

Rumus Menghitung Persen

Rumus Menghitung Persen

Persen sendiri biasanya digunakan untuk melukiskan atau menggambarkan suatu data dalam bentuk persentase. Persen sering digunakan atau dipakai pada saat Anda mengitung persentase suku bunga, diskon, jumlah penduduk dan lain sebagainya. Besarnya persentase ini dilambangkan dengan %.

Untuk menghitung persen, ada hal-hal utama yang harus Anda pahami, yaitu besar persen, jumlah bagian, jumlah total dan +-100%.

Besar persen = jumlah bagian: jumlah total + 100%

Dengan menggunakan rumus ini maka cara menghitung persen dalam matematika akan menjadi lebih mudah. Anda dapat mengubah bentuk persen menjadi bentuk pecahan tertentu ataupun sebaliknya.

Anda juga dapat mengganti bentuk pecahan campuran bentuk decimal, ataupun bentuk lainnya yang mungkin diubah menjadi bentuk persen. Untuk dapat menghitungnya, maka Anda harus mengalihkan pecahannya dengan angka 100.

Dengan begitu, hasil akhir yang didapatkan adalah persentase. Rumus untuk menghitung persentase pun sama. Misalnya, 40% dari 400 dapat dihitung dengan rumus:
40/100 x 400 maka hasilnya adalah 160

Cara Menghitung Persen Dengan Rumus

Setelah mengetahui apa itu persentase, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menghitung persen menggunakan sebuah rumus tertentu. Namun Anda juga harus teliti ketika menghitung persentase ini, kesalahan menuliskan sebuah angka bisa salah sampai akhir perhitungan.

Cara menghitung persen ini terbilang sebuah rumus yang sederhana dan semua orang oasti bisa melakukannya. Asalkan sudah tahu rumusnya. Apalagi bagi pecinta ilmu matematika pasti sudah sangat mahir menghitungnya.

Menghitung persentase bisa dilakukan dengan cara-cara di bawah ini ;

Rumus menghitung persentase :

Persentase(%)= (bagian/seluruh) x 100

100% Sama Dengan Berapa?

Sen berarti seratus, sedangkan persen memiliki arti perseratus. Bilangan persen sendiri merupakan kumpulan bilangan dalam bentuk pecahan perseratus.

10 persen sama dengan 10/100 atau bisa juga ditulis 10%, 75% atau 75 persen sama dengan 75/100 dan seterusnya. 100% atau 100 persen sama dengan 100/100 yang nilaine sama dengan 1.

Cara Menghitung Persentase Bunga

Bagaimana cara mencari persentase bunga? Untuk mencari persentase bunga Anda bisa menggunakan cara di bawah ini;

Contoh Soal Persentase Bunga

Misal Anda memiliki kredit uang di bank sejumlah 20ribu. Dalam setahun, Anda akan menerima bunga sebesar 2% dari bank tersebut dalam setiap bulannya. Berapa total bunga yang diberikan oleh bank tersebut?

Jawab Persentase Bunga

Cara mencari persen bunga;
Bunga bank= Rp 20.000 x 3 %
Bunga bank = Rp 20.000 x 2/100
Bunga bank = Rp 40.000 / 100
Bunga bank = Rp 400.000 (per 1 bulan)

Kemudian, apabila diakumulasikan totalnya dalam 12 bulan, maka Anda akan mendapatkan bunga sebesar Rp 4.800.000 ( Rp 400 x 12 bulan).

Cara mencari persen bunga secara manual ini juga sama dengan cara menghitung persentase di aplikasi excel pada personal komputer, maupun menggunakan kalkulator.

Cara Mencari Persen Menggunakan Kalkulator

Dengan cara yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan alat bantu berupa kalkulator. Cara ini digunakan untuk menghitung perhitungan persentase dalam bentuk yang sederhana atau masih dalam satu tingkatan.

Bagaimana sih cara mencari persen menggunakan alat bantu kalkulator.Kalkulator memang sebuah alat bantu yang sangat bermanfaat dalam urusan hitung menghitung. Dalam pemecahan perhitungan persentase, alat kalkulator merupakan salah satu alat yang sangat rekomendasi.

Nah, bagaimana cara mencari persen menggunakan kalkulator ? Begini caranya ;

  • Pertama-tama, masukkan angka yang akan dibagi yaitu Rp 20.000.000
  • Selanjutnya klik tombol kali atau simbol bintang
  • Lalu masukkan angka pembagi yaitu 2 dan klik simbol persen pada layar kalkulatir
  • Kemudian klik tombol sama dengan “=”
  • Hasil perhitungan persentase segera muncul

Cara menghitung persentase dengan jalan sederhana;

Contoh Soal Mencari Persen

Contoh soal selanjutnya silahkan simak di bawah ini beserta pemecahan rumusnya,;

Seorang Kaisar memiliki sebuah game baru dengan ingin menyimpan kapasitas sebesar 450 MB dalam memori androidnya. Apakah kapasitas handphone Kaisar masih mencukupi? Seandainya tidak cukup, berapa persen jumlah data yang harus dihapus atau dihilangkan terlebih dahulu dari keseluruhan data yang ada?

Jawab Mencari Persen

Kapasitas memori handphone Kaisar hanya berukuran 2000MB.

Jika Kaisar ingin menambah aplikasi game yang di atas disebutkan, ukuran game tersebut adalah 450 MB.

Maka berapakah data yang harus dihapus agar mampu memuat dan menginstal game baru dalam handphone Kaisar?

Misalnya ada kaapasitas kosong di handphone itu sebesar 10%.

Pertama kita hitung dulu 10% maksudnya seberapa ya? 10% sisa memori berarti 10% x 2000MB = 200MB.

Sedangkan ukuran game yang akan diinstal sebesar 450MB.

Sehingga Kaisar membutuhkan tambahan memeri sekurangnya 250MB.

Maka cara mencari persen data yang harus dihapus adalah ; 250MB/2000MB x 105 = 12,5%

Cara Menghitung Persentase Keuntungan Kerugian

Cara Menghitung Persentase Keuntungan Kerugian

Dalam transaksi jual beli, biasanya terdapat selisih atau perbedaan harga antara harga beli dengan harga jual. Selisih antara harga beli dan harga jual inikah yang disebut sebagai persentase keuntungan ataupun kerugian.

Jika harga jual dan harga beli lebih tinggi harga beli, maka persentase selisih ini dinamakan persentase kerugian. Sebaiknya, jika harga jual lebih tinggi dari harga beli, maka selisih tersebut dinamakan persentase keuntungan.

Biasanya hal ini akan menjadi pertimbangan oleh para pedagang maupun pengusaha. Seorang pedagang atau pengusaha suatu produk, setidaknya harus mampu menghitung dan mencari cara menghitung persentase, baik keuntungan maupun kerugian.

Agar hasil yang didapatkan dari usahanya bisa diketahui, baik itu hasil yang positif ataupun negatif. Baik itu untung atau rugi. Serta seberapa persen harga barang itu perlu ditambah atau dikurangi untuk semakin memacu kelancaran penjualan.

Di bawah ini akan dibahas tentang bagaimana cara menghitung persentase keuntungan maupun kerugian. Simak baik-baik caranya di bawah ini ya!

Pengertian Untung dan Rugi

Sebelum mengenal bagaimana cara menghitung persentase keuntungan dan kerugian ini, perlu Anda ketahui tentang apa itu keuntungan serta apa itu kerugian terlebih dahulu.

Untung atau rugi merupakan selisih atau perbedaan jumlah, antara harga jual dan harga beli, Jika harga jual lebih rendah dari harga beli maka selisih tersebut dinamakan kerugian. Jika perbedaan atau selisih tersebut harga jual lebih tinggi daripada harga beli, maka selisih ini dinamakan keuntungan.

Pada dasarnya tidak ada seorangpun yang ingin menjual suatu barang dengan mendapatkan kerugian. Semua orang pasti menginginkan keuntungan dari setiap usahanya, baik itu usaha penjualan suatu barang atau yang lainnya.

Namun ada juga beberapa alasan yang membuat seseorang bersedia menjual suatu barang dengan mendapat kerugian, dengan beberapa alasan. Beberapa alasan tersebut antara lain sebagai berikut;

  • Barang dagangan mengalami kecacatan atau tidak normal, sehingga tidak memungkinkan untuk dijual dengan harga yang standar
  • Menjual kembali barang yang baru dibeli karena tidak mampu lagi membayar cicilan atau kredit yang dibebankan setiap bulannya
  • Barang yang dibeli tidak diperlukan lagi, sehingga akan lebih baik jika dijual kembali
  • Harga pasaran untuk barang yang dijual memang sedang mengalami penurunan, misalnya saja harga emas, mata uang, saham dan sebagainya

Cara Menghitung Persentase Keuntungan

Dimisalkan saja, sebuah handphone android dibeli dengan harga Rp 2.000.000. Kemudian handphone tersebut dijual dengan hatga Rp 2.300.000. Dari hasil penjualan tersebut, ada perbedaan harga antara harga jual dan harga beli.

Bisa kita lihat, harga jual dan harga beli lebih tinggi harga jualnya. Berarti selisih atau perbedaan ini disebut dengan keuntungan. Nah, berapakah keuntungan yang didapat?

Keuntungan = harga jual-harga beli

= 2.300.000 – 2.000.000
= 300.000

Jadi keuntungannya adalah 300.000

Untung cara menghitung persentase keuntungan ini maka bisa digunakan rumus di bawah ini;
300.000/2.000.000 x 100%= 6,6%

Cara Menghitung Persentase Rugi

Untuk menghitung persentase kerugian, tidak jauh berbeda ketika Anda menghitung persentase keuntungan di atas.

Contoh Soal Menghitung Persentase Rugi

Andi memiliki sebuah kamera yang dibeli denga harga Rp 3.200.000. Karena kurang cocok dengan warnanya, kemudian Anda menjual kembali kamera yang belum lama dibelinya. Harga jual kamera tersebut sebesar Rp 3.000.000.

Jawab Menghitung Persentase Rugi

Bisa Anda lihat dan perhatikan, harga beli Rp 3.200.000 sedangkan harga jual hanya Rp 3.000.000. Dengan demikian Anda mengalami selisih antara harga jual dan harga beli, dengan harga jual yang lebih rendah dari harga beli. Berarti Andi mengalami persentase kerugian. Berapa kerugian yang dialami Andi?

Kerugian = harga beli – harga jual

= Rp 3.200.000 – Rp 3.000.000
= Rp 300.000

Andi mengalami kerugian sebesar Rp 300.000

Bagaimana jika dimasukkan dalam bentuk persentase kerugian?

300.000/2.300.000 x 100%
= 1, 3 %

Cara Menghitung Harga Jual Jika Diketahui Persentase Keuntungan

Cara Menghitung Harga Jual Jika Diketahui Persentase Keuntungan

Dalam soal matematika, seringkali sebuah pertanyaan dibalik. Artinya, bukan lagi mencari persentase keuntungan ataupun kerugian yang didapat, tetapi disajikan sebuah soal yang sudah diketahui persentase kentungan ataupun persentase kerugiannya.

Kemudian berdasarkan informasi persentase keuntungan atau kerugian tersebut, Anda diminta untuk mencari harga jual atau harga belinya. Dalam soal sejenis ini, bagaimana rumus yang dapat digunakan untuk memecahkannya?

Untung menghitung harga jual dengan diketahui persentase keuntungannya, bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut;

Langkah 1

Menghitung untung dengan rumus;
Untung = (% untung/100) x harga beli

Langkah 2

Langkah yang kedua ini dapat Anda lakukan dengan menambahkan harga beli dengan untung dengan menggunakan rumus di bawah ini ;
harga jual= harga beli + untung

Contoh soal

Diketahui harga beli sebuah printer adalah Rp 2.200.000. Kemudian printer tersebut dijual dengan keuntungan 18%. Maka printer tersebut dijual dengan harga brapa?

Jawab

Langkah 1

Untung = (18/100) x 2.200.000 = 396.000

Langkah 2

Langkah kedua dengan cara menambahkan harga beli dengan harga untung

Harga jual = 2.200.000 + 396.000 = 2.596.000

Jadi harga jual printer tersebut adalah Rp 2.596.000

Cara Menghitung Persentase Pertumbuhan Tahunan

Angka persentase pertumbuhan penduduk tahunan dibutuhkan untuk memilih peluang investasi. Sekolah, pemerintah, dan kelompok-kelompok lain juga menggunakan tingkat pertumbuhan populasi tahunan, guna memprediksi kebutuhan gedung yang harus dipersiapkan, fasilitas pelayanan dan sebagainya.

Karena jumlah orang yang akan menggunakan fasilitas ini sangat mempengaruhi terhadap kelancaran kegiatan yang akan dilakukan, sehingga data jumlah harus segera dipersiapkan dengan baik dan benar. Jika data jumlahnya tidak valid, tidak mustahil akan terjadi hambatan pelaksanaan kegiatan.

Selain berfungsi untuk memberikan data statistik, perhitungan persentase juga mudah untuk dilakukan. Cara menghitung persentase pertumbuhan dalma satu tahun dapat dilakukan dengan cara-cara di bawah ini;

Tentukan Nilai Awal

Anda harus mengetahui nilai awal untuk menghitung tingkat pertumbuhannya. Misalnya, populasi awal tahun berjumlah 125 orang. Sehingga nilai awalnya berjumlah 125.

Tentukan Nilai Akhir

Setelah mengetahui nilai awal, Anda juga harus menentukan nilai akhir dari perhitungan pertumbuhan. Misalnya, jumlah populasi, nominal tertentu, pendapatan dan sebagainya.

Contoh soal, populasi sebuah desa pada akhir tahun berjumlah 275 orang. Sehingga nilai akhirnya berjumlah 275 orang.

Hitung Tingkat Pertumbuhan Dalam Setahun

Setelah mengetahui nilai awal dan akhir, lalu Anda menghitung tingkat pertumbuhan dalam satu tahun. Caranya dengan menggunakan rumus tertentu yaitu ;
( nilai akhir-nilai awal) /nilai aal x 100

Contoh soal

Jumlah penduduk sebuah desa bertambah dalam satu tahun yaitu 15 orang sejak awal tahun berjumlah 275 orang. Hitunglah tingkat pertumbuhan populasi tersebut.

Anda bisa mencari tingkat persentase pertumbuhan dengan cara menghitung persentase pertumbuhan di bawah ini ;

Tingkat pertumbuhan = (275-150)/150×100

= 125/150×100
= 0,8333x 100
= 83,33%

Itulah beberapa cara menghitung persen yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Tidak sulit kan menghitung persentase ini? Jika sudah dipelajari segalanya menjadi lebih mudah. Tidak terkecuali menghitung persentase ini.

Baca Juga: Motivasi Belajar Siswa

Meski tidak menyukai dunia matematika, jika mau mengenalinya dengan pelan dan senang pasti akan mampu memecahkan teka-tekinya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan