Cara Mengobati Kucing Flu

Siapa bilang yang bisa kena penyakit flu hanya manusia? Ternyata kucing juga bisa diserang virus influenza, bahkan jika tidak ditangani dengan benar akan berdampak pada kesehatannya untuk jangka panjang.

Apa sebenarnya penyebab kucing bisa mengalami flu, seperti apa gejalanya dan bagaimana cara mengobati kucing pilek yang paling tepat?

Walaupun bukan penyakit yang sering menyerang kucing, flu pada hewan peliharaan yang satu ini tetap harus diwaspadai.

Makanya kalau Anda memelihara kucing, harus sangat peka terhadap perubahan apapun yang terjadi pada diri hewan yang disebut punya sembilan nyawa ini.

Kenapa Kucing Bisa Flu?

Kenapa Kucing Bisa Flu

Sebelum mengetahui cara menyembuhkan kucing flu, Anda harus tahu dulu apa penyebab seekor kucing bisa terkena flu.

Baca Juga: Ciri-ciri Kucing Sakit

Berdasarkan penelitian ahli kesehatan hewan didapatkan bahwa ada beberapa alasannya.

Menghirup Bahan Tertentu

Ketika kucing menghirup bahan asing yang membawa dampak tidak baik pada tubuhnya, maka serangan flu akan terjadi. Sebab bisa saja bahan itu mengandung virus influenza yang akan masuk ke dalam tubuhnya, contohnya ketika dia menghirup aroma rumput, benda sampah dan lainnya.

Lingkungan Tidak Bersih

Kucing yang tinggal di lingkungan yang tidak bersih, akan menambah tinggi kemungkinannya terjangkit flu kucing.

Misalnya tinggal di daerah dekat pembuangan sampah, lahan kosong yang tidak terawat dan banyak zat bervirus dan bakteri. Atau bisa juga kucing rumahan yang kurang terawat dan dibiarkan tidur dimana saja.

Makan Tidak Teratur

Ketika kucing makan tidak teratur, maka akan memicu turunnya daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh rendah, akan semakin mudah diserang penyakit salah satunya flu kucing.

Misalnya Anda hanya memberinya makan sekali sehari dengan jumlah sedikit, atau kurang memberinya minum sehingga rentan dehidrasi yang berdampak pada turunnya daya tahan tubuh.

Gejala Flu Pada Kucing

Gejala Flu Pada Kucing

Ada beberapa gejala yang terlihat ketika seekor kucing terkena flu, yaitu:

Bersin Dengan Durasi Lebih Sering

Terkadang kucing juga bersin sekali atau dua kali ketika ke dalam hidungnya masuk debu dan sejenisnya, tapi kalau durasi bersinnya lebih sering dari itu bisa jadi flu sedang menyerang.

Tidak Nafsu Makan

Kalau kucing Anda terlihat tidak nafsu makan, bisa jadi pertanda bahwa dia mengalami flu kucing.

Ingus

Sama halnya dengan manusia, kucing yang mengalami flu juga akan mengeluarkan lendir berlebih dari hidung. Bahkan pada kondisi yang sudah parah, lendir akan menyumbat hidung dan mengganggu pernafasannya.

Banyak Kotoran Mata

Kucing flu juga identik dengan kotoran mata berlebih, akibat metabolismenya terganggu oleh serangan virus atau bakteri pemicu influenza. Terlihat dari bagian pinggir mata yang selalu penuh kotoran, dan warna mata yang memerah.

Demam

Flu pada kucing juga menyebabkannya demam, dimana suhu tubuhnya meningkat dan sering menggigil.

Tidak Bergairah

Kucing yang biasanya energik lalu tiba-tiba terlihat lemas dan tidak bergairah, bisa jadi dia sedang mengalami flu.

Cara Alami Obati Flu Pada Kucing

Cara Alami Obati Flu Pada Kucing

Untuk mengobati kucing yang sedang terkena flu, Anda bisa melakukan cara mengobati kucing flu secara alami. Caranya dengan memberi beberapa asupan makanan alami yang akan menambah daya tahan tubuhnya melawan penyakit.

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Mencret

Apa saja obat alaminya?

Makanan Bergizi

Cara ini memang sangat ampuh mengatasi masalah flu pada kucing. Karena dengan makanan bergizi, otomatis nutrisi yang dibutuhkannya untuk membentuk antibodi semakin lengkap.

Anda bisa memberikan makanan khusus kucing yang bisa dibeli di toko khusus kebutuhan kucing. Karena pastinya isi makanan tersebut sesuai dengan kebutuhan kucing.

Multivitamin Alami

Sama halnya dengan makanan, multivitamin khusus kucing juga sangat membantu proses pemulihan flu. Apalagi kalau jenis flu yang dialaminya masuk kategori berat, sebab tidak akan cukup hanya dengan mengandalkan makanan teratur saja.

Madu

Jangan pikir madu hanya cocok untuk manusia, ternyata dari penelitian ahli menyebutkan kalau madu juga bisa dijadikan obat flu pada kucing.

Tapi untuk menyiasatinya, madu bisa dicampur dengan susu tawar yang biasa diminumnya dengan dosis empat kali sehari.

Sebab kandungan vitamin c pada madu sangat banyak, dan bisa menjadi penyembuh alami bagi flu kucing.

Cuka Apel

Kalau kucing Anda tidak suka madu, coba memberinya satu sendok cuka apel yang dicampur air putih secukupnya.

Kandungan antioksidan alami pada cuka apel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kucing, sehingga lebih cepat pulih dari flu.

Perlakuan Khusus Untuk Obati Kucing Flu

Perlakuan Khusus Untuk Obati Kucing Flu

Selain diberi nutrisi yang tepat, perlakuan yang tepat juga akan membantu kucing melalui masa sakitnya dengan lebih cepat. Beberapa perlakuan yang bisa Anda terapkan sebagai cara mengatasi kucing flu adalah:

Memastikan Kucing Tidak Keluar Rumah

Jangan biarkan kucing kesayangan Anda tidur sembarangan di luar rumah, terutama pada malam hari. Karena udara dingin malam apalagi saat hujan akan  memperparah flu yang dideritanya.

Pastikan dia berada di dalam rumah dan mencari tempat hangat untuk istirahat.

Tempatkan di Lokasi Nyaman

Buatlah tempat yang nyaman untuknya beristirahat, sebab kucing butuh istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisinya.

Pastikan tempat tersebut selalu bersih, karena kondisi kotor akan mengundang bakteri dan kuman untuk bersarang.

Jangan Mandikan Dulu

Walaupun kondisi kucing Anda sedang kurang bersih akibat badan lemas, jangan mandikan dia dulu. Biarkan kondisinya pulih dahulu baru Anda bisa memandikannya hingga bersih. Sebab ketika Anda memaksanya mandi saat masih sakit, bisa saja memperparah kondisi sakitnya.

Jemur di Bawah Matahari Setiap Pagi

Cobalah menjemur kucing setiap pagi di bawah sinar matahari, agar kuman yang melekat di tubuhnya bisa mati. Tapi pastikan waktu menjemurnya di pagi hari maksimal jam 9, dengan durasi antara 10 menit sampai 15 menit saja.

Bersihkan Mata dan Hidung

Radang pada mata dan hidung kucing mengakibatkan keluarnya lendir berlebih di area tersebut.

Usahakan untuk membersihkannya secara rutin menggunakan handuk lembut yang diberi air hangat, agar hidung kucing tidak tersumbat dan matanya tetap bisa melihat dengan jelas.

Beri Uap

Untuk mengencerkan lendir pada hidung dan mata kucing saat flu, Anda bisa meletakkan kucing di dalam ruangan yang sudah diuapkan. Biarkan dia di dalam ruangan tersebut maksimal 10 menit dan lakukan rutin setiap hari hingga sembuh.

Hindari Stres

Stres dapat semakin menurunkan daya tahan tubuh kucing, makanya pastikan agar kucing Anda tidak stres.

Cara Medis Obati Flu Pada Kucing

Walaupun secara pasti belum ada obat flu kucing, beberapa obat medis ini bisa diberikan sesuai kondisi kucing. Dan pastikan pemberiannya sudah melalui resep dokter hewan.

Mukolitik

Obat ini memiliki fungsi untuk membuat lendir hidung encer sehingga tidak lagi mengganggu pernafasan kucing. Selain itu juga berfungsi menambah nafsu makan dan mengembalikan indera penciuman kucing yang terganggu akibat flu.

NSAID

Merupakan obat anti peradangan yang disebut juga Non Steroid Anti Inflammatory, yang fungsinya untuk meminimalisir semua jenis radang pada kucing termasuk demam yang menyertai flu.

Antivirus

Karena flu biasanya disebabkan oleh virus, maka pemberian antivirus sangat tepat untuk membunuh virus dan mengembalikan daya tahan tubuhnya.

Tetes Mata

Fungsinya adalah untuk meminimalisir kotoran mata yang biasanya sering dialami kucing flu. Juga menjaga kelembaban matanya yang akan sering mengalami kekeringan akibat kotoran yang menyumbat.

Kapan Harus Membawa Kucing Flu Ke Dokter?

Kapan Harus Membawa Kucing Flu Ke Dokter

Kalau kondisi kucing pilek Anda tak menunjukkan tanda membaik dalam beberapa hari, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter hewan.

Pada kondisi flu parah terkadang butuh pengobatan khusus agar kucing kembali sehat, lalu kapan waktu terbaik untuk membawanya ke dokter?

Pertama adalah ketika kondisi flu tidak mengalami perbaikan setelah lima hingga tujuh hari. Karena bisa jadi kucing mengalami flu parah yang harus ditangani dengan pengobatan tertentu.

Kedua adalah ketika dia tidak nafsu makan berhari-hari, lemas hingga mengalami kesulitan saat bernafas.

Jika memang Anda membawa kucing ke dokter, hal yang perlu dipastikan adalah memberikan obat sesuai anjuran dan dosis.

Jangan mentang-mentang kucing sudah sembuh, kemudian Anda menghentikan pengobatan begitu saja, sebab pastinya pengobatan tidak tuntas dan ada kemungkinan kucing kembali terjangkit flu.

Cara Mencegah Flu Kucing Datang Lagi

Cara Mencegah Flu Kucing Datang Lagi

Anda pastinya tak ingin kucing kesayangan mengalami flu lagi, untuk itu perlu beberapa tindakan pencegahan agar penyakit itu tidak kembali menyerang.

Apa saja caranya?

Pemberian Vaksin

Vaksin merupakan cara untuk membentuk kekebalan tubuh kucing terhadap penyakit. Bukan saja flu tapi semua yang berhubungan dengan bakteri dan virus.

Ketika kucing pernah mengalami flu sebaiknya diberikan vaksin, sesuai anjuran dokter.

Biasanya pemberian vaksin disesuaikan dengan umur, bobot, dan kondisi seekor kucing.

Dokter akan memberi suntikan vaksin sesuai kebutuhan kucing Anda, dan pastikan untuk konsultasi tentang jadwal pemberian vaksin. Ada yang diberikan sekali enam bulan atau cukup sekali seumur hidup.

Vitamin C

Walaupun bisa memproduksi vitamin c sendiri, namun setelah mengalami flu kucing sebaiknya diberi suplemen vitamin c.

Gunanya adalah untuk memaksimalkan jumlah vitamin tersebut untuk membantu menjaga daya tahan tubuhnya. Tapi sebelum memberikannya, pastikan hal ini terlebih dahulu:

  • Diskusikan dengan dokter sebelum memberikan, sebab bisa saja kucing Anda mengidap penyakit atau punya kondisi kesehatan yang membuatnya tak bisa menerima asupan suplemen.
  • Pastikan tidak ada penyakit pengkristalan urine pada kucing, karena hal ini membuat kucing tak mampu menyerap suplemen dengan baik.

Awasi Aktivitas Kucing

Ini adalah cara paling tepat untuk mencegah flu menyerang kucing Anda lagi. Caranya dengan membatasi kontak antara kucing dengan hewan lain disekitarnya.

Karena bisa saja flu yang pernah dideritanya berasal dari hewan tersebut, atau bahan tertentu yang ditemukannya di suatu tempat.

Kalau kucing memaksa untuk keluar rumah, maka Anda sebaiknya mengawasi kemana saja dia pergi. Agar kucing tidak kembali terkontaminasi oleh virus atau bakteri, kalau tidak diawasi maka sama saja dengan membiarkannya terserang penyakit kembali.

Itulah informasi seputar penyebab hingga cara mengobati kucing flu dan mencegah penyakit itu datang lagi. Anda harus melakukannya dengan fokus, teliti, dan maksimal agar kucing kesayangan bisa kembali sembuh dan beraktifitas normal seperti biasa.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing Keracunan

Sebab walaupun bukan penyakit berbahaya, namun jika diabaikan bisa saja menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Tinggalkan komentar