Cara Mengobati Kucing Mencret

Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Alami

Diposting pada

Melihat kucing kesayangan terserang penyakit tentu bukanlah hal yang menyenangkan, apalagi jika ternyata penyakit yang dialami merupakan penyakit pencernaan seperti diare ataupun mencret. Tentu rasa khawatir akan dampak buruknya terhadap kucing semakin besar, karenanya banyak orang yang berusaha mencari bagaimana cara mengobati kucing mencret yang ampuh, namun tetap aman.

Penyebab Kucing Mencret

Penyebab Kucing Mencret

Sebelum masuk ke pembahasan terkait cara mengatasi kucing mencret ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa penyebab kucing mengalami kondisi ini.

Hal ini dimaksudkan agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali, serta pengobatan bisa berlangsung lebih efektif karena penyebab masalahnya sudah diketahui, yang beberapa diantaranya ialah.

Makanan yang Tidak Tepat

Kucing merupakan binatang peliharaan yang mempunyai sikap ingin tahu dan penasaran terhadap hal apapun termasuk makanan. Apabila tidak diawasi dengan baik, bukan tidak mungkin kucing akan memakan hal apa saja.

Baca Juga: Ciri-ciri Kucing Sakit

Bahkan makanan busuk sekalipun akan dimakannya, dan hal tersebutlah yang ternyata menjadi penyebab terjadinya masalah pencernaan terhadap kucing.

Susu

Niat awal yang ingin memberikan kucing energi dan nutrisi tambahan melalui susu bisa berakibat fatal apabila susu yang diberikan tidak sesuai, dalam hal ini mengandung laktosa.

Hal ini dikarenakan kucing tidak memiliki enzim khusus yang bisa mencerna laktosa apabila diberikan dalam jumlah banyak. Karena itu ada baiknya untuk memberikan susu yang mengandung sedikit laktosa, yakni susu yang memang diperuntukan untuk kucing.

Minum Air yang Ternyata Kotor

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kucing ini memiliki rasa penasaran yang tinggi dan terkadang sedikit nakal. Hal ini bisa terjadi ketika kucing sedang bermain diluar dan tidak sengaja menemukan air kubangan, lalu meminumnya begitu saja.

Meminum air yang jelas kotor seperti itu akan menimbulkan masalah kesehatan pencernaan pada kucing anda.

Adanya Penyakit Pada Pencernaan

Untuk penyakit pada pencernaan kucing ini bisa disebabkan oleh dua hal yakni virus dan juga infeksi bakteri. Biasanya diare akut yang terjadi pada kucing disebabkan karena adanya bakteri yang berlebih dan terletak pada usus kecilnya.

Selain itu infeksi bakteri dan virus juga bisa membuat kucing mengalami diare yang sangat parah bahkan disertai muntah.

Pengaruh Cuaca

Ternyata cuaca yang berubah tidak menentu seperti sekarang tidak hanya berpengaruh terhadap manusia, tapi juga terhadap binatang peliharaan seperti kucing. Perubahan cuaca yang terlalu ekstrem ini akan menurunkan imunitas kucing, dan hal tersebut yang membuat kucing rentan terkena penyakit utamanya penyakit pada pencernaan seperti mencret.

Akibat Dari Stres

Tidak hanya manusia saja yang bisa stress, kucing pun bisa mengalami hal yang sama dan tidak jarang stress ini juga bisa mempengaruhi kesehatannya sehingga kucing mudah terserang penyakit.

Apabila kucing stress biasanya tidak mau makan sama sekali dan hanya tidur saja sepanjang hari. Hal tersebutlah yang membuatnya sangat mudah terjangkit penyakit sebab sistem imunnya sedang lemah.

Alergi Terhadap Makanan

Terakhir biasanya terjadi dari faktor eksternal yakni alergi makanan, karena memang pencernaan kucing itu sangat sensitif sehingga pemberian makanannya pun benar-benar harus diperhatikan dengan baik.

Karena jika ternyata makanan yang diberikan tidak sesuai, dan kucing anda mengalami intoleransi terhadap makanan tersebut dan menimbulkan alergi, maka setelahnya kucing anda akan mengalami diare.

Cara Mengobati Kucing Mencret yang Aman

Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Alami

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang saatnya untuk mengobati penyakit mencret yang terjadi pada kucing kesayangan. Ada baiknya jika mencret belum terlalu parah, maka pilihlah cara mengobati kucing mencret secara alami dengan begitu resiko kucing akan mengalami diare lebih parah juga bisa ditekan.

Dan pastinya cara tersebut akan lebih aman. Adapun beberapa cara alami yang bisa anda lakukan diantaranya adalah.

Membersihkan Kandang

Langkah yang satu ini bisa diambil sebagai tindakan pertama ketika kucing sudah terindikasi mengalami mencret. Pastikan bahwa anda segera membawa kucing menjauh dari kandang nya yang lama, ataupun memindahkan kucing sebentar dan membersihkan kandangnya lalu mengembalikan lagi kucing ke tempat semula.

Intinya tempat kucing harus dipastikan steril dan bersih agar kondisi kucing tidak semakin parah.

Mengganti Susu yang Dikonsumsi

Sebelumnya sudah dibahas bahwa susu menjadi salah satu penyebab kucing mengalami diare adalah karena produk susu yang diberikan. Sebagai solusi tidak ada salahnya untuk mengganti susu yang dikonsumsi dengan produk lain, seperti yoghurt.

Karena pada yoghurt ada bakteri yang sangat baik untuk pencernaan kucing yakni lactobacillus, yang dikenal sebagai obat kucing mencret kucing ampuh.

Memberikan Oralit Khusus Untuk Kucing

Cara selanjutnya untuk mengobati kucing anda adalah dengan menggunakan obat mencret kucing yang alami salah satunya oralit ini. Bahan oralit yang berasal dari bahan alami seperti larutan garam dikenal aman dalam mengatasi pencernaan terhadap kucing.

Apabila tidak ingin salah dalam membuat larutan ini, anda dapat membelinya di petshop terdekat.

Memberikan Cairan Elektrolit

Selain cairan oralit yang berfungsi untuk menyembuhkan penyakit kucing mencret ini, anda juga bisa memberikan cairan elektrolit. Fungsi dari cairan elektrolit ini adalah mengembalikan semua cairan yang hilang saat kucing sedang mengalami diare.

Sehingga imun tubuh kucing bisa kembali pulih, dan perlahan penyembuhan diare menjadi lebih cepat dan juga efektif.

Mengganti Makanan Dengan Makanan Lunak

Biasanya pemberian makanan lunak dilakukan setelah kucing diobati dengan menggunakan metode puasa yang bertujuan untuk membersihkan pencernaan si kucing.

Apabila anda ingin memberikan makanan lunak, anda bisa menggunakan campuran ikan ataupun daging ayam yang sebelumnya sudah direbus dengan nasi putih yang sudah dilembutkan sebelumnya.

Jangan Berikan Makanan Selama Beberapa Waktu

Metode pengobatan untuk kucing yang satu ini hampir sama dengan manusia, yakni berpuasa untuk membersihkan pencernaan yang sedang terganggu. Pada kucing ada baiknya waktu untuk berpuasa dari makanan adalah dua belas sampai dua puluh empat jam.

Namun, saat puasa ini tetap jaga asupan air kucing anda karena air berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare.

Hindari Pemberian Sayuran Dalam Beberapa Hari

Sayuran memang bagus untuk pencernaan karena seperti yang diketahui bahwa sayuran ini mengandung banyak serat di dalamnya, namun pemberian sayuran saat kucing mencret malah akan menjadi bencana.

Oleh karena itu hentikan dulu pemberian sayuran ini untuk makanan si kucing selama beberapa hari supaya feses atau kotoran kecil kembali ke bentuk yang normal.

Memberikan Tempe Rebus

Serat yang sangat baik untuk pencernaan kucing terletak pada tempe ini tidak hanya itu saja tempe juga kaya akan bakteri baik yang mampu menghilangkan bakteri jahat, penyebab utama diare pada kucing.

Dalam pemberian tempe rebus sebagaiĀ  obat diare kucing, anda bisa menambahkan ikan juga supaya ada variasi rasa dalam makanan tersebut dan kucing tidak bosan.

Mengganti Menu Makanan

Ingat pada pembahasan yang menjadi penyebab kucing mengalami diare adalah karena kucing mengalami intoleransi ataupun alergi terhadap makanan yang dikonsumsinya.

Pada saat kucing mengalami diare bisa jadi itu disebabkan karena kucing tersebut tidak cocok dengan makanannya, sehingga tidak ada salahnya untuk mengganti menu makanan tersebut dengan yang baru.

Menambahkan Probiotik Pada Makanan Atau Minuman

Selain lactobacillus, ada bakteri baik yang juga mampu menjaga kesehatan pencernaan kucing dan mengobati permasalahan diare pada kucing yakni probiotik.

Dalam memberikan probiotik sebagai obat kucing mencret ini ada baiknya untuk meminta petunjuk dari ahli, ataupun membaca keterangan yang ada pada label kemasan agar pemberiannya semakin tepat.

Menggunakan Norit

Mungkin banyak yang melupakan obat tradisional yang satu ini, karena berfikir bahwa pemberian larutan oralit saja sudah cukup untuk menyembuhkan diare yang terjadi pada kucing.

Padahal pemberian larutan norit juga bisa membantu penyembuhan diare dan juga mempercepat prosesnya. Hal ini dikarenakan kandungan aktif karbon dalam norit bisa menyerap racun-racun yang ada pada pencernaan kucing.

Mencampurkan Cuka Apel Pada Minuman

Manfaat kebaikan cuka apel untuk pencernaan tidak hanya berlaku untuk manusia saja, tapi juga untuk binatang seperti kucing. Meskipun rasanya agak masam dan berbau kecut, namun hal tersebut bisa anda siasati dengan memberikan campuran air bersih lalu diminumkan kepada kucing sedikit demi sedikit agar kucing terbiasa dengan rasanya.

Menggunakan Wortel

Penyebab kucing diare yang paling jarang disadari adalah kucing terinfeksi oleh cacing, sehingga penanganannya seringkali terlambat.

Untuk itu apabila melihat kucing sedang mengalami diare maka bisa dengan memberikannya wortel pada campuran makanan. Ini digunakan sebagai obat alami untuk membersihkan cacing yang ada pada sistem pencernaan.

Memberikan Kasih Sayang

Cara terakhir ini sering tidak dianggap dan bahkan banyak yang meremehkan, padahal sedikit banyak bisa membantu masalah pencernaan yang terjadi pada kucing. Karena perlu diingat bahwa stress menjadi alasan penyebab kucing diare, sehingga mencurahkan kasih sayang bisa menjadi solusi untuk menghilangkan stress pada kucing dan meningkatkan imunitas tubuhnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah melihat beberapa cara pengobatan kucing mencret yang alami dan bisa dilakukan sendiri di atas tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena apabila terjadi penanganan yang tidak tepat justru bisa membuat penyakit mencret pada kucing semakin parah, adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut diantaranya ialah.

  • Durasi lamanya waktu diare pada kucing, apabila sudah diberikan pengobatan tradisional seharusnya tidak lebih dari tiga hari. Hal ini harus diperhatikan karena apabila sudah lewat tiga hari terhitung dari hari pertama diberikan penanganan dan kucing tidak juga sembuh, maka ada baiknya untuk segera meminta bantuan ahli untuk penanganan lebih lanjut.
  • Pemberian cairan seperti probiotik dan larutan cuka apel harus dilakukan dengan perlahan, dan usahakan sesuai dengan petunjuk yang ada. Utamanya untuk pemberian cairan probiotik yang memang bisa didapatkan dari pet shop dan sudah ada petunjuk pemakaian di dalamnya.
  • Kondisi mental kucing juga harus diperhatikan dengan benar karena kucing merupakan hewan yang mudah mengalami stress dan menyebabkan menurunnya imun. Sehingga saat penyembuhan ini pastikan untuk selalu mendampingi kucing terutama terus perhatikan kondisi mentalnya.

Baca Juga: Harga Kucing Persia

Melihat kucing mencret memang bikin banik dan juga sedih karena melihat kucing yang tidak bisa aktif seperti biasanya. Tapi anda sebagai pemilik tidak perlu panic sebab sudah banyak cara mengobati kucing mencret yang alami dan jauh lebih aman namun tetap efektif.

Tinggalkan Balasan