Cara Mengumpulkan Uang dengan Cepat Bagi Pelajar

Cara Mengumpulkan Uang dengan Cepat Bagi Pelajar

Diposting pada

Cara mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar mungkin terlihat cukup mustahil, mengingat mereka harus berjibaku dengan tugas setiap harinya. Namun, dengan melakukan beberapa hal kecil akan membuatnya bisa memiliki jumlah rupiah yang tidak sedikit.

Beberapa Cara Mengumpulkan Uang dengan Cepat bagi Pelajar

Beberapa Cara Mengumpulkan Uang dengan Cepat bagi Pelajar

Sebagai seorang pelajar tentu Kamu memiliki keterbatasan namun banyak keinginan. Pengen punya ini itu tapi tidak ada dana untuk membelinya. Jangan khawatir, ada beberapa tips agar bisa melakukannya dan berikut adalah cara yang harus dilakukan:

Bekerja Paruh Waktu (part time)

Selain menyisihkan atau menabungkan sebagian uang jajan, ada beberapa hal lagi yang bisa di coba agar bisa mengumpulkan rupiah dengan cepat. Poin yang satu ini tidak mempengaruhi jatah jajan harian Kamu. Dengan ini semua pemberian orang tua bisa disimpan.

Baca Juga: Kerja Sampingan Untuk Anak Sekolah

Hal itu bisa dilakukan dengan cara kerja paruh waktu atau biasa disebut part time. Ada banyak pekerjaan halal yang bisa dilakoni pelajar. Misalnya, menjual gorengan keliling dan membuka online shop dan bisa juga menyediakan pulsa saldo elektrik.

Kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu waktu belajar di sekolah. Pekerjaan ini bisa dilakukan saat pulang sekolah. Jika ada tetangga yang jualan sore sampai malam hari, mintalah ijin padanya agar di bolehkan membantunya.

Berbisnis Sampingan

Kalau tadi disarankan bekerja, kali ini cobalah mengenal bisnis sederhana yang tidak mengganggu aktivitas belajar. In bisa dijalankan saat waktu senggang atau sepulang sekolah. Hal tersebut akan sangat membantumu mengumpulkan uang.

Jangan panik, tidak semua bisnis itu harus besar dan butuh kariawan serta rentetan kebutuhan lainnya. Intinya adalah, hanya bisa dikerjakan oleh pengusaha super hebat serta memiliki modal untuk menjalankan.

Tapi, bisnis juga ada yang bisa dikerjakan oleh pelajar. Sambil tetap bersekolah juga bisa menambah penghasilan. Kamu bisa jualan melalui aplikasi handphone dengan cara mempromosikan produk orang lain. Cara menabung anak sekolah ini terbilang sangat efektif.

Membawa Bekal Sendiri

Salah satu cara untuk berhemat bisa Kamu lakukan dengan membawa bekal sendiri ke Sekolah. Ini akan mengurangi jumlah pengeluaran. Saat sudah lapar tidak perlu lagi repot-repot ke kantin mencari makanan.

Selain hemat, membawa bekal sendiri lebih mengenyangkan dan pasti higienis juga terjamin kesehatannya. Dengan melakukannya Kamu sudah untung dua kali lipat, sebab ini akan membuat uang jajan tetap utuh. Kemudian makanan dari rumah tentunya sesuai selera dan kesukaan.

Membawa bekal sendiri tidak hanya sehat, mengenyangkan serta sehat. Dengan melakukan hal ini akan memberi pelajaran untuk hidup hemat. Jika ingin menambung atau mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar seperti yang Kamu idamkan, mulailah dari hal sepele seperti ini.

Membawa Minum Sendiri

Kalau sudah membawa bekal, ada baiknya juga menyiapkan minuman sendiri dari rumah. Setiap selesai makan tentu butuh asupan mineral, jika tidak bisa tersedak. Makanya menyediakannya ketika berangkat sekolah akan sangat membantu.

Dengan membawa minuman sendiri dari rumah juga mengurangi pengeluaran. Ini jauh lebih baik di bandingkan membeli jajanan air di kantin sekolah. Sering kali jus penjual asongan memakai pengawet serta pewarna berlebihan.

Ketika jam istirahat pasti tenggorokan Kamu kering, saat sudah seperti ini sering kali pelajar berlarian ke kantin untuk membeli minuman kemasan yang jelas kurang sehat. Jika di dalam ransel tersedia botol air mineral, tentu hal merugikan tersebut dapat terhindar.

Membawa Uang untuk Transportasi Saja

Jika sudah membawa bekal dan minuman sendiri dari rumah. Selanjutnya bawalah uang untuk transpot saja. Ini juga membantu Kamu untuk lebih hemat. Kalau sesampai di sekolah sudah ada makan, serta minuman, buat apa lagi mengantongi uang?

Dengan hanya membawa uang untuk berangkat saja, otomatis saat di Sekolah Kamu tidak akan memikirkan warung atau kantin lagi. Bagaimana mau belanja sedang kantong sudah kosong? Ini jauh lebih efektif untuk mengumpulkan atau menambah tabungan.

Dengan hanya membawa uang untuk transportasi saja tidak hanya membantu Kamu berhemat, namun segala kemungkinan yang bisa membuat pengeluaran sia-sia terhindar. Langkah tersebut cocok sebagai tips menabung bagi pelajar.

Meninggalkan Sifat Buruk

Berikutnya, Kamu juga harus meninggalkan sifat buruk yang akan menambah pengeluaran sia-sia yang tentu perlu di perhatikan.

Adapun sifat buruk yang harus di tinggalkan seperti, merokok, bergaul dengan anak-anak non pendidikan dan mencoba minuman keras serta masih banyak lagi. Jika tidak diperhatikan, ini justru bisa berakibat fatal.

Meninggalkan sifat buruk seperti merokok menghisap lem dan lain sebagainya benar-benar harus dilakukan. Hal ini bukan hanya untuk berhemat atau mengumpulkan uang saja, tetapi juga demi menjaga nama baik serta masa depanmu.

Jangan Belanja Berlebihan

Jangan belanja berlebihan atau belilah sesuatu jika itu benar-benar di butuhkan. Kalau hal demikian di biarkan saja, bisa-bisa kesempatan untuk menabungmu akan hilang dan sia-sia.

Utamakan yang di butuhkan di antara semua keperluan. Jangan berlebihan membeli apa pun dan pergunakan kesempatan sebaik mungkin. Berusahalah menahan keinginan belanja agar tabungan tetap bertambah. Ini adalah cara menabung uang jajan anak sekolah agar tidak habis digunakan.

Belanja berlebihan sangat tidak bagus efeknya pada kondisi keuangan, jika belum terlalu butuh tahan diri untuk membelinya agar pengeluaran terbatasi. Bagaimanapun pergunakan terlebih dahulu hal yang sudah Kamu miliki.

Membeli Buku Bekas

Di sekolah tentu akan ada waktu bagi para siswa untuk membeli buku, kalau bisa belilah bahan bacaan bekas tapi dengan catatan masih layak pakai. Poin terpenting isinya sama, namun ilmu di dalamnya tidak berkurang walaupun sudah banyak orang membacanya.

Dengan membeli buku bekas tentu harganya lebih murah tapi isinya tetap tidak berbeda. Jadi ini jauh lebih baik, sebab selain dapat keringanan dalam mengeluarkan uang Kamu juga tetap bisa mempelajarinya.

Membeli buku bekas bukan lah sesuatu hal memalukan, yang salah itu memperdagangkan hasil bajakan karya orang. Kamu bukan menyalah gunakan aturan, justru akan membantu perekonomian mereka dengan pekerjaan mencari barang terbuang.

Membayar Tagihan Tepat Waktu

Usahakan membayar tagihan tepat waktu. Apapun itu, yang namanya iuran itu tidak boleh terlambat. Jika terjadi hal demikian, biasanya ada sangsi dari admin atau orang pemegang tanggung jawab dalam kegiatan tersebut.

Begitu juga dengan tagihan dari pihak sekolah. Beri tahu orang tua Kamu untuk langsung membayarnya ketika tanggal sudah jatuh tempo. Hal ini untuk menghindari biaya tambahan atau denda yang sudah di sepakati dari awal.

Jika Kamu terlambat membayar tagihan atau tidak tepat waktu, tentunya harus membayar denda. Kalau sudah demikian, pastinya keuangan akan terkena imbasnya. Tabungan kembali jadi korban dan semakin berkurang.

Beli Perlengkapan Harian

Beli perlengkapan harian, maksudnya mencari perlengkapan seperlunya. Memang lebih bagus kalau dilakukan sekaligus. tapi dengan kondisi yang sedang dalam proses mengumpulkan uang, ada baiknya seperti ini dulu.

Jika membeli sesuatu dengan jumlah banyak memang dapat diskon, akan tetapi sering kali tidak terpakai semuanya atau mubazir. Padahal Kamu mengharapkan keuntungan, ternyata yang terjadi adalah kerugian.

Selain itu, membeli perlengkapan dengan jumlah banyak, tentu uang yang dikeluarkan juga besar. Akan lebih baik beli harian saja. Ini termasuk salah satu cara menabung bagi pelajar agar bisa tetap hemat meski masih duduk di bangku pendidikan

Jangan Memelihara Hewan Sebelum Waktunya

Selanjutnya adalah tidak memelihara hewan sebelum berpenghasilan tetap. Mengadopsi binatang butuh banyak dana. Pasalnya, dia harus ke dokter setiap beberapa hari sekali. Jika tidak dilakukan dia akan terserang penyakit.

Jika sudah memelihara hewan tentu Kamu akan butuh biaya besar setiap harinya, perawatan,serta makanannya. Belum lagi pembuatan kandangnya. Sudah pasti tidak akan bisa untuk menabung atau mengumpulkan uang.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan memelihara hewan ketika Kamu masih berstatus pelajar, agar tidak menambah beban orang tua serta masih bisa tetap menabung. Walaupun bukan cara menabung dengan cepat untuk anak sekolah, namun bisa menghemat pengeluaran.

Belajar Bilang Tidak

Ketika sedang bersama teman, cobalah untuk menolak ketika mereka mengajak Kamu melakukan sesuatu yang sifatnya menghamburkan uang. Ini harus dilakukan supaya tidak mengganggu proses menabung dan bisa tetap fokus dengan kegiatan bermanfaat.

Baca Juga: Definisi Sukses Menurut Orang-orang Sukses

Saat dalam usia pelajar tentu memiliki banyak teman yang masih suka huru-hara tidak jelas. Mereka sering nongkrong di kafe, patungan membeli rokok serta tidak jarang sampai membeli minuman keras.

Dengan terbiasa menolak atau bilang tidak untuk hal yang merusak serta membuang-buang uang tersebut, Kamu bisa tetap menabung dan mengontrol pengeluaran. Selain itu juga terbebas dari pengaruh buruk lingkungan.

Ajukan Beasiswa

Untuk tetap bisa mengumpulkan uang dengan cepat, akan lebih baik jika Kamu mengajukan beasiswa pada pihak sekolah. Supaya pengeluaran bulanan kembali tertolong, dengan catatan harus mempertahankan kualitas belajar dan nilai bagus.

Beasiswa tentu akan sangat membantu sekali, jika di kabulkan Kamu tidak perlu memikirkan biaya bulanan yang harus dikeluarkan tepat waktu. Di samping itu, tabungan tetap aman juga masih bisa berjalan setiap harinya.

Setelah mengajukan beasiswa, ada banyak manfaat yang Kamu peroleh. Hemat biaya sekolah sudah pasti, selain itu semangat belajar juga akan semakin bertambah. Pasalnya bantuan dari pihak sekolah tersebut bisa saja dipindahkan kalau nilainya jelek.

Ukur Batas Kemampuan

Sebagai seorang pelajar yang ingin mengumpulkan uang dengan cepat, harus mengetahui batas kemampuannya. Maksutnya di sini ialah, membeli sesuatu sesuai ekonomi atau tidak terkesan memaksakan.

Terlalu memaksakan bisa membuat keuangan Kamu terpuruk dan anjlok. Bukan cuma itu saja, hal tersebut akan terlihat tidak pantas. Ibaratnya begini, seorang murid sekolah dasar diberi materi pelajaran sekolah menengah.

Agar tabungan terkumpul dengan lancar dan cepat, Kamu perlu tau batas kemampuannya sampai di mana. Jika hanya punya dana seharga sepeda, jangan menawar motor. Kalau belum bisa memiliki handphone, sabar dulu saja.

Miliki Rencana Anggaran

Selain mengukur batas kemampuan, akan lebih baik jika memiliki rencana anggaran. Misalnya, sesudah ujian akhir sekolah nanti harus punya uang dua juta rupiah untuk biaya masuk kuliah, atau membeli handphone baru.

Dengan memiliki rencana anggaran, Kamu akan lebih bersemangat saat menabung. Soalnya, terfokus pada target yang sudah di tetapkan. Selain itu, pasti secara tidak langsung menjadi orang disiplin atau sangat menghargai waktu.

Hal ini tentu sangat membantu seseorang untuk tetap menyisihkan sedikit jatah hariannya dan tentunya akan memberi pengaruh positif pada kelompok tertentu. Memiliki rencana anggaran merupakan salah satu cara mengumpulkan uang bagi pelajar kedepannya.

Berteman dengan Teman sekelas yang Kaya

Bukan memilih-milih teman hanya saja menghindari hal merugikan. Bergaul dengan mereka yang memiliki kelebihan dalam hal materi, tidak berarti Kamu belajar menjadi parasit atau memanfaatkan orang lain demi kepentingan pribadi.

Hal ini dilakukan semata-mata menghindari kenakalan atau kemungkinan buruk terjadi. Misalnya dikucilkan oleh teman. Saat sedang bersama orang dengan kondisi sama dengan Kamu tentu kebiasaan yang dilakukan sangat jelas terlihat. Bisa-bisa dikatain pelit oleh mereka.

Berbeda jika Kamu bergaul dengan orang yang lebih berkecukupan dalam hal materi. Kalau semua kebutuhan sudah terpenuhi dan uang saku tidak pernah kurang, mana mungkin mereka memikirkan kebiasaan mengumpulkan uang tersebut.

Titipkan Uang pada Orang Lain

Jika Kamu tergolong orang yang tidak bisa menahan keinginan untuk membeli hal-hal kesukaan atau menarik perhatian. Mungkinkan akan lebih baik jika di titipkan pada teman dekat terpecaya. Supaya terhindar dari penyakit mata (suka belanja).

Menitipkan sebagian uang pada orang lain yang Kamu percayai akan lebih efektif. Dengan begini tentunya tidak bisa diambil ketika butuh sesuatu. Biasanya punya aturan sehingga terkesan seoalah punya utang wajib tiap harinya.

Hal ini juga bisa di lakukan agar simpanan tidak diambil sesukanya. Menabung pada orang lain merupakan salah satu cara mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar. Jika Kamu ingin segera membeli sesuatu pakai dana sendiri, ada baiknya mencoba hal tersebut.

Menabung Uang Receh

Cara mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar juga bisa dilakukan dari hal sepele seperti menyimpan duit receh. Sering kali koin sisa jajan atau kembalian ongkos transportasi itu berserakan di mana-mana lalu hilang.

Ada baiknya koin itu dikumpulkan pada suatu tempat atau masukkan ke dalam celengan. Secara tidak di sadari uang receh tersebut akan menumpuk dan bisa di manfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Menabung uang receh sama halnya dengan menghargai segala bentuk rezeki, seperti yang ada dalam pepatah “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”, dan ternyata itu benar dalam kenyataannya.

Menabung pada Guru di Sekolah

Selain menitipkan kepada teman yang di percaya, menabung juga bisa kepada guru di sekolah. Buatlah catatan kecil sebagai bukti pembayaran. Setiap pagi ketika baru masuk, langsung setorkan sebagian uang jajan tersebut.

Menabung pada guru di sekolah juga efektif. Beliau juga mengingatkan ketika Kamu lupa setoran simpanan. Selain itu hal tersebut akan mempererat komunikasi dengan pengganti orang tersebut, dengan begitu belajar akan lebih menyenangkan.

Menabung pada guru di sekolah memberikan banyak kebaikan. Selain mengajarkan untuk selalu senantiasa berhemat, hal tersebut juga memberikan motivasi kepada teman sekelasmu yang masih sering boros pengeluaran.

Naik Sepeda ke Sekolah

Jika biasanya Kamu berangkat sekolah menggunakan transportasi umum, tentu membutuhkan ongkosbukan? Ada baiknya mulai menggunakan sepeda. Berangkat sekolah dengan cara ini akan menambah kebugaran jasmani, serta lebih hemat pengeluaran.

Dengan menggunakan sepada pergi ke sekolah, tidak perlu lagi membayar ongkos angkutan umum. Di samping itu, tentu lebih nyaman dari pada naik transportasi yang sesak dan berdesak-desakan. Bahkan juga tidak jarang juga terkena macet.

Baca Juga: Cara Menabung Uang yang Benar Agar Cepat Terkumpul

Naik sepeda ke sekolah memberikan peluang lumayan untuk mengumpulkan simpanan. Selain itu bisa juga membawa barang jualan untuk di titipkan pada toko pinggiran jalan yang searah dengan Kamu. Demikianlah ulasan cara mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar.

Tinggalkan Balasan