Cara Pemasaran Produk yang Tepat

Cara Pemasaran Produk yang Tepat

Diposting pada

Melakukan promosi perlu dikerjakan apalagi jika bergerak di bidang usaha. Cara pemasaran produk yang tepat akan membuat barang tersebut menjadi mudah dikenal banyak orang. Kemudian setelah itu target penjualan bisa tercapai, inilah daftar pembahasan lengkap mengenai hal dimaksud.

Pengertian Strategi Pemasaran

Pengertian Strategi Pemasaran

Mengetahui apa sebenarnya makna strategi pemasaran penting diketahui sebelum membahas caranya. Jika anggapan tentang kepuasan konsumen adalah tujuan utamanya maka hal tersebut benar. Tentu saja poin ini akan memberikan tantangan brand untuk menghasilkan produk terbaik.

Baca Juga: Cara Marketing Online

Jika kebutuhan konsumen bisa terpenuhi dengan menggunakan atau membeli produk brand, maka maknanya adalah sebagai sebuah keberhasilan penerapan konsep promosi yang baik. Poin tersebut banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dengan nama besar.

Pengertian dari konsep atau strategi pemasaran sendiri adalah sebuah falsafah yang harus ada pada brand. Selain itu juga bisa dicocokkan dengan jenis usaha atau model produknya. Maka, akan terjadi keseimbangan dan menaikan nilai jual.

Macam Konsep Strategi Pemasaran dan Tujuannya

Macam Konsep Strategi Pemasaran dan Tujuannya

Konsep strategi dalam pemasaran sendiri terbagi menjadi 4 macam dengan peruntukannya masing-masing. Namun secara umum tujuan utamanya adalah supaya usaha terus berjalan lancar juga agar tidak rugi. Berikut ini penjelasan dan daftarnya untuk bisa diterapkan.

Pemasaran dari Segi Produksi

Konsep strategi pertama yang akan dibahas adalah dilihat dari segi produksi. Alasannya karena memang sebelum di pasarkan adalah dibaut terlebih dahulu agar roda usahanya terus berputar. Terutama untuk pengusaha bidang barang karena proses tersebut pasti dikerjakan.

Maksud dari konsep strategi produksi sendiri adalah nilai kemudahan produk ditemukan. Semakin jenis barangnya banyak beredar dan dimanfaatkan khalayak ramai. Maka peluang orang lain untuk membelinya juga besar, sehingga alokasi biaya pemasaran tidak perlu terlalu besar.

Pemasaran dari Segi Produk

Selain dari segi produksi juga penting mempertimbangkan kualitas dan jenis produk. Alasannya tentu barang dengan tampilan bagus, atau unik akan lebih banyak menarik perhatian konsumen. Visual yang menjanjikan akan meningkatkan peluang suatu benda dipilih oleh pembeli.

Bukan hanya masalah tampilan luarnya saja, namun kualitasnnya juga penting untuk diperhatikan dan dijaga. Tentu tujuannya tetap sama agar produk bisa mengambil tempat dihati konsumen. Akhirnya jika kedua hal tersebut bernilai bagus secara tidak langsung pemasaran menjadi mudah.

Pemasaran dari Segi Penjualan

Konsep strategi ketiga yang menjadi poin penting adalah dilihat dari segi cara brand melakukan penjualan produk. Hal tersebut perlu diperhatikan karena merupakan penentu seberapa besar pendapatan. Jika metode marketingnya kurang tentu bisa-bisa usaha akan merugi.

Jika memiliki sebuah produk tentu tidak mungkin hanya dipajang dan dibiarkan berada di etalase toko saja. Namun harus ada berbagai upaya pemasaran yang efektif serta bisa menarik minat konsumen. Cara promosi tersebut akan dijabarkan lebih lanjut pada salah satu poin dibawah.

Pemasaran Segi Sosial dan Global

Pada konsep strategi ini tentu berbicara bagaimana produk akan dipromosikan. Namun memperhatikan dua garis besar yaitu secara sempit atau sosial dan luas yaitu global. Keduanya penting untuk dibahas karena berpengaruh kepada keberlangsungan usaha.

Jika berbicara tentang konsep sosial, maka sebuah teknik pemasaran harus menjamin bagaimana agar produk terihat unik. Salah satu caranya tentu melakukan kombinasi dari sisi visual yang bagus. Selain itu juga perlu mengandung kesan meyakinkan bahwa barangnya dibutuhkan oleh konsumen.

Berikutnya tentu berbicara tentang konsep luas atau global, maka teknik pemasaran harus dapat paham faktor eksternal yang mungkin mempengaruhi promosi. Tujuannya agar produk bisa membawa manfaat keseluruh pihak. Terutama konsumen dan orang lain seperti pegawai mereka.

Pentingnya Paham Konsep Strategi Pemasaran

Konsep strategi pemasaran diatas penting untuk dipahami bersama terutama mereka yang bergerak dibidang bisnis barang. Alasannya tentu agar promosi atau marketing dapat berjalan maksimal. Maka jika diterapkan tentu tidak ada pemborosan dan pengeluaran usaha menjadi lebih efektif.

Seperti dibahas di atas bahwa mulai dari awal yaitu saat proses sampai akhir penting diperhatikan. Di antaranya mulai produksi sampai identifikasi masalah setelah produk diluncurkan mempunyai konsepnya sendiri. Bahkan perusahaan besar sudah mendesainnya sebelum barang dibuat.

Sebenarnya terdapat berbagai pertimbangan terhadap pentingnya memahami konsep. Namun tetap saja muaranya sama yaitu agar produk dapat memberikan manfaat pada konsumen. Selain itu supaya perusahaan mendapatkan keuntungan tanpa memberikan dampak buruk kepada sesama

Bagaimana Cara Pemasaran Produk yang Tepat?

Bagaimana Cara Pemasaran Produk yang Tepat

Untuk memaksimalkan penjualan produk Anda, perhatikan poin penting di bawah ini:

Menjadi Sponsor Acara

Cara pertama yang bisa dilakukan agar produk lebih dikenal banyak orang adalah menjadi sponsor event atau sebuah perlombaan. Hal tersebut merupakan salah satu metode secara offline dan terbilang efektif. Acara pasti di dalamnya terdapat banyak orang, sehingga prosentase dikenal besar.

Jika menjadi salah satu pendukung atau penyelenggara event maupun perombaan tentunya nama brand juga akan ditampilkan. Bukan hanya peserta yang ada namun pengunjungpun nantinya akan tahu. Maka brandingpun dapat terbangun dari sisi tersebut.

Misalkan dalam sebuah perlombaan balap moto GP pasti penonton melihat berbagai merk sponsor. Mulai dari oli, ban, dan lain-lain. Biasanya produk-produk perusahaan juga digunakan oleh para pembalap tentunya banyak orang yang mungkin sebelumnya belum paham akan menjadi tahu.

Membagikan Produk

Membagikan produk secara cuma-cuma dapat menjadi sebuah cara pemasaran produk yang tepat. Alasannya karena salah satu faktor penghalang keinginan seseorang dalam membeli adalah belum tahu barangnya seperti apa. Solusi hal itu tentu memberikannya dengan gratis kepada konsumen.

Metode membagikan produk secara cuma-cuma ini bisa juga melalui bentuk sample atau tester saja. Misalkan ada brand yang bergerak dibidang kosmetik. Kemudian mereka memiliki varian lipstick baru, tentu pengguna sebelumnya penasaran tapi takut setelah dibeli hasilnya mengecewakan.

Solusi dari masalah itu tentu adalah memberikannya secara gratis melalui tester atau sample untuk dicoba. Maka konsumen yang penasaran akan menjadi tahu hasilnya seperti apa. Hal tersebut pastinya akan membawa keuntungan bagi brand dengan meningkatnya citra dan penjualan.

Melakukan Pendataan Konsumen

Cara ketiga adalah melakukan survey dan pendataan terhadap pelanggan atau konsumen yang menggemari produk. Tujuannya yaitu menentukan target marketnya orang-orang seperti apa. Maka jika hal tersebut sudah dilakukan penjualan bisa menjadi lebih efektif.

Maka mengumpulkan data kriteria orang seperti apa yang suka produk merupakan hal penting. Jika poin ini berlangsung strategi promosi maupun perencanaan promosi dapat dilakukan lebih maksimal. Banyak cara untuk melakukan langkah-langakah tersebut agar mudah dikerjakan.

Di antaranya dengan survey melalui media online lewat sosial media atau website juga Google form. Selain tujuan tersebut cara ini juga dapat menjadi data menentukan varian produk apa yang nantinya akan diminati. Kemudian juga dapat memperbaiki teknik pemasaran atau penulisan.

Memberikan Referral Gift untuk Rekomendasi

Cara melakukan pemasaran berikutnya agar produk bisa lebih dikenal banyak orang adalah memberikan referral gift. Maksudnya adalah jika seseorang menjadi pelanggan setia dan mengajak temannya ikut membeli. Maka sebagai brand harusnya menyerahkan insentif kepada mereka.

Misalkan memberikan intensif kepada pembeli yang setia dan merekomdasikan produk misal untuk temannya. Teknik ini memiliki nama dalam pemasaran dengan nama word of mouth dan efektif. Selain itu menurut data 91% konsumen akan cenderung lebih percaya pendapat orang lain.

Agar pemasaran secara word of mouth ini lancar, maka pelanggan setia tersebut harus diberikan intensif. Tujuannya agar mereka lebih semangat untuk menggunakan produk dan memberi rekomendasi pada orang lain. Gift tersebut dapat berupa kupon diskon atau sejumlah uang.

Menempatkan Produk di Lokasi yang Pas

Cara melakukan pemasaran yang tepat adalah menentukan lokasi pas dimana produk ditempatkan. Hal tersebut merupakan poin penting untuk dilakukan sebuah brand atau perusahaan. Misalkan jika menjualnya disebuah toko pastikan bersebelahan dengan barang sejenis.

Misalkan saja berupa baterai maka lokasikan bersebelahan dengan jenis barang lainnya. Namun syaratnya haruslah berupa benda komplementer maupun bertipe yang sama. Maka hal dimaksud seperti elektronik, contohnya saja senter, lampu, atau mainan.

Pemanfaatan segi tata letak dan lokasi barang perlu dipikirkan matang-matang. Strategi ini menjadi penting dilakukan karena memberikan dampak baik pada perkembangan market. Jika hal tersebut dijalankan dengan tepat maka peluang orang lain untuk membeli produk pasti lebih tinggi.

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu tempat untuk memasarkan produk dengan tepat dan sesuai dengan keadaan saat ini. Seperti diketahui zaman sekarang banyak orang menggunakannya hampir setiap waktu. Misalkan saja melalui Facebook, Instagram, Twiter, atau lain-lainnya.

Strategi pemasaran produk ini akan memberikan kemudahan dalam memperkenalkan brand. Alasannya karena pendekatan terhadap calon konsumen bisa lebih personal terhadap target market. Jika hal tersebut dikerjakan dengan baik tentu minat pasar akan lebih meningkat.

Apalagi dengan era digital saat ini persaingan antar perusahaan atau brand menjadi semakin kuat dan ketat. Hal dimaksud jika dikerjakan akan mendapat nilai plus dalam urusan relasi kepada konsumen. Akhirnya seiring berjalannya waktu penjualan produk pasti meningkat.

Melakukan Kegiatan Amal

Cara lain dalam memasarkan produk dengan tepat adalah melakukan kegiatan amal. Alasannya tentu citra atau nama brand yang dibangun dari aktivitas tersebut adalah ramah lingkungan dan peduli sesama. Jika kesan itu dimiliki pasti konsumen akan menyukainya juga barang buatan mereka.

Baca Juga: Pengertian Internet Marketing

Teknik marketing ini menggunakan sisi psikologis dengan perasaan peduli dari brand kepada orang lain yang membutuhkan. Pasti kegiatan CSR atau Corporate Social Responsibility banyak dilakukan. Tujuannya sama saja yaitu menggugurkan tanggung jawab sebagai sesama manusia.

Selain itu ada juga tujuan lain dari kegiatan amal ini yaitu melakukan pencitraan, Salah satu manfaatnya adalah untuk memicu konsumen agar membeli produk. Kemudian membuat mereka berfikir sudah membuat keputusan pembelian yang bagus sebagai dukungan terhadap orang lain.

Menggunakan Barang Promosi

Cara memasarkan produk lainnya adalah menggunakan barang promosi sebagai media promosi. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa ada sebuah metode dengan memberikan sampel gratis atau tester. Selain itu juga bisa memberikan benda-benda lain serta mencantumkan brand diatasnya.

Barang-barang tersebut bisa berupa kaos, kalender, gelas, atau merchandise lain. Namun tetap dengan menaruh entah logo, nama, maupun gambar produk dari brand diatasnya. Jika hal tersebut dilakukan maka orang lain yang mendapatkannya tentu akan memakainya.

Jika barang-barang merchandise tadi dipakai dan orang lain melihatnya tentu mereka menjadi tahu terhadap brand tersebut. Maka secara tidak langsung bisa menjadi media promosi kepada publik. Akhirnya bisa membuka peluang masuknya konsumen baru serta penjualan produkpun meningkat.

Menyusun Acara Sebagai Apresiasi

Cara pemasaran produk berikutnya adalah membuat atau menyusun acara sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan. Dalam rangka untuk mengucapkan terimakasih terhadap konsumen setia penting digelar sebuah event. Susunlah kegiatan menarik, dengan berbagai hadiah untuk dibagikan.

Usahakan tidak ada stan atau tempat berjualan agar peserta fokus menukmati acara. Bentuknya bisa bermacam seperti contohnya gala dinner, workshop, peluncuran produk baru, maupun ulang tahun brand. Tentu dengan mempertimbangkan tempat dan lokasi yang sesuai serta nyaman.

Tujuan diadakannya tersebut bukan hanya untuk memberikan hiburan atau hadiah cuma-cuma kepada konsumen. Melainkan agar bertambahnya loyalitas dan rasa suka terhadap brand. Akhirnya mereka akan merasa lebih dihargai serta kemungkinan bertahan terhadap produk bisa terjamin.

Memperluas Jaringan

Cara melakukan pemasaran produk berikutnya adalah memperluas jaringan keberbagai kalangan. Alasannya karena memang menjalin hubungan baik dengan banyak orang. Nantinya hal tersebut akan membawa kemudahan melakukan promosi agar brand juga semakin dikenal.

Prinsip dari bisnis sendiri adalah mengeluarkan budget minimal namun hasil maksimal. Hal tersebut juga bisa dilakukan dalam kegiatan pemasaran. Tentunya dengan syarat memiliki pelanggan setia berjumlah banyak, lalu dimanfaatkan agar bisa membantu melakukan promosi.

Selain melalui konsumen setia mitra usaha juga dapat menjadi peluang dalam membantu memasarkan produk. Jika hal tersebut dikerjakan maka tentu akan membawa dampak baik pada brand. Kerjasama antara mitra tentu memberi keuntungan keduabelah pihak.

Evaluasi dan Maksimalkan Produk

Perkembangan target penjualan yang menurun sering disalah artikan terhadap permasalahan pada sisi strategi pemasaran. Padahal bisa juga berasal dari kualitas baik tampilan atau isi produk. Mungkin saja ada kesalahan tulisan, maupun kekurangan bungkusnya bahkan tidak menarik.

Banyak strategi pemasaran sudah sangat baik dan terstruktur, namun kualitas produknya mungkin kurang menarik minat. Maka sebaiknya poin tersebut juga penting untuk diperhatikan oleh brand. Hal tersebut akan membuat hasil dari kegiatan promosi bisa lebih maksimal serta efektif.

Salah satu solusi tersimpel dalam penjualan tentu adalah fokus pada kualitas terbaik untuk diberikan. Bahkan terus lakukan inovasi terhadap produk agar tetap bisa diminati konsumen. Sebagai contoh misalkan Apple yang terus melakukan pengembangan sampai ada fan basenya.

Menggunakan Endorser

Cara lain dalam mengembangkan pemasaran produk adalah menggunakan jasa endorser. Terdapat banyak sekali diantara mereka yang bergerak dibidang ini. Bahkan tersedia diberbagai platform media online mulai dari Instagram, Youtube, dan lain-lain.

Tentu saja poin yang penting diperhatikan misalkan dari media Instagram adalah mereka dengan follower banyak. Brand dapat melakukan kerjasama dalam pemasaran produk oleh para endorser. Sedangkan untuk Youtube carilah jumlah subscriber sampai berjuta-juta.

Alasannya tentu selain lebih efektif para endorser ini memiliki pandangan kredibilitas dimata pengikut maupun subscriber. Tentu saja apa yang mereka rekomendasikan atau arahkan lebih didengar dan dipercayai. Akhirnya jumlah penjualan juga akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing

Itulah tadi penjelasan mengenai cara pemasaran produk yang tepat. Terdapat juga beberapa konsep strategi promosi untuk diterapkan terutama bagi para pengusaha dan pemilik brand. Pembahasan poin-poin di atas merupakan fundamental penting jika ingin membangun sebuah usaha.

Tinggalkan Balasan