Cara Mudah Screenshot di PC Laptop

Cara Screenshot di PC Dan Laptop

Diposting pada

Screenshot yang biasa disingkat dengan ss, sc, atau screen capture adalah gambar digital yang menunjukkan konten tampilan komputer. Screenshot dibuat oleh sistem operasi atau perangkat lunak yang dijalankan di komputer atau perangkat lainnya.

Gambar screenshot biasanya menunjukkan isi layar komputer pada saat penangkapan gambar itu dilakukan. Jadi misalnya saja Anda melakukan screenshot saat sedang membuka file keuangan di excel, maka gambar itulah yang akan muncul sebagai hasil screenshot-nya.

Dengan begitu, screenshot memungkinkan Anda menangkap gambar dengan tepat seperti apa yang Anda lihat di layar, untuk dibagikan kepada orang lain atau referensi nanti.

Mengambil, menyimpan, dan berbagi screenshot bisa sangat membantu pekerjaan Anda, lho. Screenshot tidak hanya membantu Anda membuktikan sesuatu saat mengirimkan pesan, tapi juga dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara mengarsipkan pekerjaan yang telah Anda lakukan.

Fungsi Screenshot

Fungsi Screenshot

Ada banyak fungsi screenshot yang dapat Anda rasakan dalam pekerjaan atau kehidupan digital Anda sehari-hari, misalnya saja:

  • Screenshot tidak hanya berguna untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan secara lebih cepat, tetapi juga bisa sangat membantu ketika Anda harus mendemonstrasikan sesuatu yang sulit dijelaskan dengan kata-kata.
  • Saat ingin menunjukkan hasil pekerjaan kepada orang lain. Misalnya saja nih, pernah tidak Anda ingin meminta pendapat pada rekan kerja tentang desain yang sedang Anda kerjakan, tetapi agak sulit mengirimkan file dalam bentuuk aslinya karena size-nya yang terlalu besar? Nah, screenshot bisa jadi solusi terbaik. Selain simple, ringkas, dan cepat, Anda hanya perlu membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk melakukannya.
  • Saat ingin menjelaskan cara melakukan sesuatu. Terkadang, agak sulit menjelaskan langkah-langkah mengerjakan sesuatu hanya lewat tulisan saja. Misalnya, Anda harus memberi instruksi pada asisten Anda untuk melakukan sesuatu. Tanpa bantuan gambar, sangat besar kemungkinan terjadi salah paham. Dengan menggunakan screenshot, Anda bisa dengan jelas menunjukkan maksud instruksi Anda. Dengan begitu, peluang terjadinya salah paham bisa diminimalisir. Dan pekerjaan yang Anda tugaskan pun bisa dikerjakan dengan baik oleh asisten Anda.
  • Saat menunjukkan sesuatu secara persis ketika terjadi masalah. Jika Anda pernah menghubungi Tim IT/Web support di perusahaan tempat Anda bekerja saat ada kendala pada komputer Anda, maka kemungkinan akan diminta untuk memberikan screenshot layar monitor Anda. Itu karena tidak semua komputer sama, tergantung pada sistem operasi, tipe komputer, dan lainnya. Memberikan contoh visual tentang apa yang Anda lihat dapat sangat membantu orang lain, dalam hal ini tim IT Support untuk dapat segera melihat dengan tepat apa yang sedang terjadi dan mengidentifikasi apa yang salah. Dengan begitu, masalah di komputer Anda pun akan cepat terselesaikan.
  • Memaksimalkan penggunaan karakter yang bisa kita gunakan pada media sosial tertentu, misalnya saja twitter dengan 280 karakternya, atau juga instagram yang memungkinkan kita untuk memposting screenshot pada feed maupun story.
  • Menjadi salah satu cara untuk berbagi cerita pada orang lain. Terkadang kita mungkin malas untuk menulis sesuatu, dan langsung mengirimkan screenshot agar tak perlu memberikan penjelasan apapun lagi pada orang lain.
  • Memudahkan kita saat ingin memberikan informasi tertentu yang kita ambil dari situs lain. Biasanya hal ini sangat diperlukan apabila informasi yang kita ingin share memiliki tingkat keakurasian yang tinggi. Daripada salah mengetik atau mengutip data, lebih baik kita berikan saja hasil screenshot pada pihak yang membutuhkan data tersebut.
  • Screenshot sangat berguna, terutama bagi social media manager sebuah perusahaan. Ada banyak informasi di internet yang tentu berharga untuk disampaikan. Dan untuk mendukung penyampaian informasi tersebut di social media, seringkali admin sosmed sebuah brand melampirkan hasil screenshot suatu informasi.

Menggunakan hasil screenshot di media sosial tentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil screenshot menjadi efekstif dan tepat sasaran dalam memberikan informasi yang dibutuhkan.

Baca Juga: Laptop 1 Jutaan

Sebaiknya, buatlah screenshot dengan kualitas gambar yang baik supaya informasi di dalamnya tersampaikan dengan jelas. Anda juga bisa menambahkan watermark agar tidak ada pihak lain yang mengaku screenshot itu sebagai miliknya. Selain itu, pastikan juga sumber screenshotnya dapat terlihat jelas. Atau Anda dapat mencantumkan sumber yang valid di caption media sosial.

Cara Screenshot di PC dan Laptop

Saat melakukan screenshot di PC/laptop, ada beberapa Cara Screenshot di PC Dan Laptop yang bisa Anda lakukan. Kali ini, kami akan berbagi informasi, cara melakukan screenshot pada 3 sistem operasi, yaitu screenshot PC Apple MAC OS, Linux Ubuntu, dan Windows 10.

Cara Screenshot di Apple MAC OS

Cara Screenshot di Apple MAC OS

Pada Apple MAC OS, Anda dapat mengambil seluruh gambar layar, jendela, atau hanya sebagian layar.

Cara screenshot di laptop untuk mengambil seluruh layar:

  • Untuk mengambil jepretan screenshot di layar, tekan dan tahan tombol Shift, Command, dan 3 secara bersamaan.
  • Jika melihat gambar mini di sudut layar, klik untuk mengedit jepretan layar. Atau tunggu hingga jepretan layar tersimpan di desktop.

Sedangkan cara untuk mengambil gambar sebagian layar adalah:

  • Tekan dan tahan tombol Shift, Command, dan 4 secara bersamaan.
  • Seret kursor untuk memilih gambar area layar yang akan diambil. Untuk memindahkan area yang dipilih, tekan dan tahan bar Spasi sambil menyeretnya. Untuk membatalkan pengambilan jepretan layar, tekan tombol Esc (Escape).
  • Untuk mengambil jepretan layar, lepas tombol mouse atau trackpad.
  • Jika melihat gambar mini di sudut layar, klik untuk mengedit jepretan layar. Atau tunggu hingga jepretan layar tersimpan di desktop.

Cara screenshot di PC untuk mengambil gambar jendela atau menu adalah sebagai berikut:

  • Buka jendela atau menu yang gambarnya ingin diambil.
  • Tekan dan tahan tombol Shift, Command, 4, dan bar Spasi secara bersamaan. Penunjuk berubah menjadi ikon kamera . Untuk membatalkan pengambilan jepretan layar, tekan tombol Esc (Escape).
  • Klik jendela atau menu untuk mengambil gambar. Untuk mengecualikan bayangan jendela dari jepretan layar, tekan dan tahan tombol Pilihan saat mengeklik.
  • Jika melihat gambar mini di sudut layar, klik untuk mengedit jepretan layar. Atau tunggu hingga jepretan layar tersimpan di desktop.

Cara menemukan hasil jepretan layar:

Secara default, screenshot akan tersimpan di desktop dengan nama “Screenshot [tanggal] pukul [waktu].png”.

Di macOS Mojave atau versi lebih baru, Anda dapat mengubah lokasi default screenshot yang disimpan dari menu Pilihan di app screenshot.

Cara Screenshot di Linux Ubuntu

Cara Screenshot di Linux Ubuntu

Cara screenshot di PC Linux Ubuntu melalui Terminal sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan tombol yang tersedia, atau tinggal memasukkan beberapa perintah sederhana saja.

Bila ingin menggunakan kombinasi tombol keyboard (shortcut key), pilihlah:

  • PrtSc untuk mengambil layar penuh.
  • Alt + PrtSc untuk mengambil jendela yang aktif.

Selain menggunakan kombinasi tombol, di Linux Ubuntu kita dapat mengambil screenshot laptop dengan menggunakan terminal. Perintah yang kita gunakan adalah :  gnome-screenshot

Dengan menggunakan perintah tersebut kita dapat mengambil screenshot layar penuh. Selain itu, ada beberapa lagi perintah sederhana yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Dengan menggunakan perintah gnome-screenshot -w, kita dapat mengambil screenshot jendela yang sedang aktif.
  • Dengan menggunakan perintah gnome-screenshot -a, kita dapat mengambil screenshot pada area yang kita inginkan. Cukup drag & drop mouse, lalu ambil gambar.

Kita dapat memilih apakah kita akan mengambil screenshot layar penuh, apakah window, atau memilih area yang kita kehendaki. Itulah cara mudah mengambil screenshot melalui terminal di linux Ubuntu.

Cara terakhir untuk screenshot di Linux, kita bisa mengandalkan software atau aplikasi screenshot yang bisa kita unduh di website. Menggunakan aplikasi adalah cara yang paling mudah karena biasanya hasil screenshot juga dapat dimodifikasi melalui fitur yang tersedia di aplikasi, misalnya saja Shutter.

Shutter merupakan aplikasi screenshot terbaik untuk Linux karena selain dapat meng-capture gambar di layar, pengguna juga dapat mengedit atau memodifikasi hasil capture sesuai keinginan. Shutter menyediakan fitur – fitur antara lain :

  • Dekstop yang berfungsi menangkap keseluruhan layar .
  • Selection berfungsi untuk memilih area yang ingin di capture.
  • Windows berfungsi untuk meng-capture jendela aplikasi yang aktif.
  • Capture Tool Tip berfungsi menyediakan peralatan untuk pengambilan screenshot.
  • Select a Single Menu berfungsi melakukan screen pada menu aplikasi
  • Take Screenshot Website berfungsi untuk meng-capture isi keseluruhan website.

Cara Screenshot di Windows 10

Screenshot Menggunakan Tombol PrtSc

Screenshot Menggunakan Tombol PrtSc

Melakukan screenshot dengan menggunakan tombol Prnt Scrn / PrtSc  merupakan salah satu cara yang umumnya paling banyak diketahui pengguna. Pasalnya, anda hanya tinggal menekan tombol tersebut, maka secara otomatis anda telah menyimpan gambar layar komputer. Lalu tahap terakhir yang perlu anda lakukan yakni hanyalah melakukan paste pada program Paint.

Untuk mencari program Paint, caranya sangat mudah untuk dilakukan. Dan yang perlu anda lakukan adalah hanya dengan mengetikkan “paint” (tanpa tanda petik) pada Start Menu.

Setelah terbuka program paint, kemudian tekan tombol CTRL + V di keyboard komputer atau laptop anda, maka dengan otomatis pengguna dapat melihat tangkapan layar yang dipotret tadi.

Dengan menggunakan metode ini seluruh bagian layar akan tertangkap dengan satu kali pencet. Caranya tekan tombol PrtScr yang biasanya ada di sisi kanan atas keyboard. Nantinya hasil screenshot akan tersimpan di clipboard dan Anda hanya perlu mem-paste-nya.

Untuk melihat hasilnya, buka aplikasi Paint dan salin screenshot yang baru diambil dengan tombol Ctrl+V. Setelah hasil terlihat di layar, kalian tinggal menyimpan gambar tersebut dengan klik gambar disket di sisi kiri atas.

Perlu diketahui bahwa kekurangan cari ini yaitu kita hanya bisa memotret layar dengan penuh. Artinya anda tidak dapat memilih memotret bagian tertentu saja.

Screenshot Menggunakan Tombol Alt + PrtScr

Screenshot Menggunakan Tombol Alt + PrtScr

Cara screenshot di komputer ini bisa Anda gunakan untuk mengambil screenshot hanya dari jendela yang sedang aktif. Caranya tekan tombol Alt dan PrtScr secara bersamaan.

Setelahnya, ulangi cara menyalin gambar dari clipboard di Microsoft Paint seperti di atas. Perlu diingat bahwa di beberapa komputer Anda mungkin harus memencet tombol Alt + Fn + PrtScr.

Screenshot Menggunakan Tombol Windows + PrtScr

Screenshot Menggunakan Tombol Windows + PrtScr

Cara ss di laptop ini merupakan cara yang paling efisien dan cepat untuk mengambil screenshot di komputer, karena Anda tidak perlu repot-repot menyalin gambar di Microsoft Paint. Tapi, perlu diingat bahwa metode ini hanya bisa digunakan di Windows 10.

Caranya juga cukup mudah, hanya dengan menekan tombol dengan logo Windows (yang berada di antara tombol Alt dan Ctrl) dan tombol PrtScr secara bersamaan hingga layar Anda berkedip. Setelah itu, untuk melihat hasil screenshot Anda bisa ke direktori C:Users[nama user]PicturesScreenshots.

Screenshot Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Screenshot Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Dengan menekan kombinasi tombol ini layar komputer Anda akan terlihat berubah menjadi abu-abu dan kursor Anda berubah bentuk menjadi ikon plus. Anda bisa memilih area spesifik di layar yang ingin diambil screenshot-nya dengan cara klik dan drag.

Screenshot dari area yang dipilih akan disalin ke clipboard. Nah, untuk melihat hasilnya, Anda bisa menyalin gambar tersebut ke aplikasi Microsoft Paint seperti metode pertama dan kedua.

Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Snipping tool telah lama menjadi bagian dari Windows. Aplikasi ini pertama kali diperkenalkan di Windows Vista. Aplikasi ini bisa mengambil screenshot dengan format yang lebih fleksibel seperti area berbentuk bebas, persegi panjang, jendela aktif yang saja, atau layar penuh.

Cara menggunakannya cukup buka aplikasi Snipping Tool. Setelah jendelanya tampil pilih opsi New atau jika ingin memilih bentuk yang spesifik, klik tanda panah yang ada di sisi kirinya.

Setelah itu pilih area layar yang ingin diambil screenshot-nya. Setelah itu preview screenshot akan ditampilkan dan Anda bisa menyimpan screenshot yang diambil dengan klik ikon disket di sisi kiri atas.

Screenshot Menggunakan Game Bar

Screenshot Menggunakan Game Bar

Selain cara-cara di atas, Windows 10 memiliki fitur Game Bar yang memungkinkan pengguna untuk merekam cuplikan dari game dan mengambil screenshot dari game Windows. Tapi sebelum menggunakan Game Bar, Anda harus membuka aplikasi Xbox yang merupakan fitur bawaan Windows 10.

Coba buka pengaturan di aplikasi tersebut, dan cari opsi Game DVR. Setelah itu klik toggle “Take screenshots using Game DVR”. Anda bisa menggunakan kombinasi default yaitu tombol Windows + G, atau Anda juga bisa memasukkan kombinasi tombol pilihan Anda sendiri untuk membuka Game Bar.

Ketika ingin mengambil screenshot, tekan tombol Windows + G atau tombol pilihan kalian, dan klik kotak “Yes, this is a game” jika muncul. Setelah itu klik ikon kamera yang ada atau tekan Windows + Alt + PrtScr untuk mengambil screenshot. Hasil screenshot dapat diilihat di C:Users[nama user]VideosCaptures.

Screenshot Menggunakan Snip & Sketch

Screenshot Menggunakan Snip & Sketch

Snip & Sketch lebih mudah diakses dan membuatnya lebih mudah untuk berbagi screenshot. Dari jendela Snip & Sketch, klik tombol New di kiri atas untuk memulai screenshot.

Jendela Snip & Sketch akan menghilang, dan sebagai gantinya Anda akan melihat menu kecil di bagian atas layar Anda yang memungkinkan Anda memilih jenis screenshot yang ingin Anda ambil – persegi panjang, bentuk bebas, atau layar penuh.

Anda juga dapat mengklik tombol panah bawah di sebelah tombol New di jendela Snip & Sketch untuk menunda snip selama 3 atau 10 detik.

Setelah mengambil screenshot, gambar itu dimuat ke Snip & Sketch, di mana Anda dapat membubuhi keterangan dengan pensil, pena dan alat-alat lainnya.

Baca Juga: Aplikasi Recovery Data dan File Terbaik untuk Android

Nah, itu tadi beberapa informasi lengkap mengenai screenshot dan bagaimana cara screenshot di PC dan laptop dengan mudah. Semoga semua informasi tadi dapat membantu Anda ya.

Tinggalkan Balasan