Tidak Hanya Asal Menulis, Menjadi Content Marketing Harus Punya Daya Tarik Lebih!

Content Marketing Serta Peranan Pentingnya

Diposting pada

Content Marketing telah menjadi “keahlian khusus” yang cukup banyak dicari di industri digital saat ini. Semakin banyak orang-orang yang belajar dan terjun langsung untuk bersaing dibidang tersebut. Para penulis semakin berusaha membuat konten yang akan memberikan informasi dan menarik minat masyarakat.

Apa Itu Conten Marketing?

Content Marketing

Sederhananya content marketing adalah bisa kita artikan sebagai sebuah strategi marketing yang hanya berfokus pada sebuah “konten”. Namun tentunya tidak hanya sekedar konten saja yang bahkan tidak memiliki manfaat ya. Isi yang relevan, konsisten, dan juga menarik banyak audience harus menjadi paket lengkap dari sebuah konten.

Tahukah kamu, saat ini content marketing menjadi salah satu cara efektif untuk mem-branding sebuah perusahaan bagi para pebisnis yang mulai memanfaatkan peluang dunia digital? Yap! Industri digital semakin membuka lebar karir seorang conten marketing. Semakin tinggi skill yang dimiliki maka semakin mahal juga bayarannya.

Peranan Penting Content Marketing

Tidak hanya asal menulis, para pembuat content harus memiliki daya tariknya tersendiri loh! Karena bagaimanapun juga content marketing memiliki peranan penting dalam proses pemasaran perusahaan secara digital, baik untuk urusan branding atau pemasaran produk perusahaan.

Bisa Membuat Sebuah ’Gebrakan’ Hanya Dengan Sebuah “Konten”

Ya, memang seorang pembuat content atau content specialist akan sangat berhubungan dengan penulisan artikel. Namun, tentu saja artikelnya tidak asal-asalan. Dari awal judulnya saja, seorang pembuat content harus bisa langsung membuat ‘gebrakan’ atau sesuatu yang dapat menarik pembacanya hanya dengan melihat judulnya saja.

Baca Juga : Digital Marketing Untuk Bisnis

Sebuah judul atau headline memang merupakan bagian sangat kecil dalam sebuah tulisan, tapi dampaknya akan sangatlah besar. Karena menurut penelitian 80% pembaca hanya akan membaca sekilas judulnya saja tanpa mau membaca apa isi tulisannya.

Neil Patel, seorang pakar marketing juga menyatakan bahwa seorang penulis harus dapat menghabiskan 50% waktu menulisnya hanya untuk membuat sebuah headline.

Seorang Content Marketing Harus Memiliki Kesadaran Terhadap User Experience

Seorang pembuat content tidak perlu ahli dalam semua hal teknis seperti SEO, convension rate dan yang lainnya. Yang terpenting mereks bisa membuat sebuah tulisan dari sudut pandang pengguna. Dengan begitu, seorang content marketing harus bisa berpikir kritis terutama pada tulisannya sendiri. Mereka harus benar-benar memikirkan apakah tulisan yang akan terbit sesuai dengan target pasar? Sesuai dengan kondisi para pembaca dan yang lainnya.

Harus Mempunyai Pengetahuan Mendalam Pada Salah Satu Bidang

Tahukah kamu, ada saja loh penulis yang dapat mempelajari suatu bidang dengan cukup cepat dan bahkan menghasilkan konten yang sangat baik dan tulisannya layak di sebut sebagai tulisan seorang pakar. Namun, hal ini terbilang cukup langka. Pada umumnya sebuah konten yang bermutu adalah hasil dari seorang yang memiliki pengetahuan mendalam pada suatu bidang.

Sehingga, akan lebih baik jika ingin menjadi seorang content marketing kuasailah 1 bidang atau maksimal 3 bidang saja. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dan proses pembuatan kontennya pun bisa memberikan hasil yang berkualitas.

Saat kamu sudah benar-benar memahami bagaimana peranmu dalam dunia digital marketing, kamu dapat membuat sebuah konten yang lebih strategis dan tajam serta akan sejalan dengan tujuan pemasaran yang sedang kamu coba capai.

Conten Marketing merupakan bidang yang akan terus mengalami perubahan. Memang benar, selama pekerjaan content marketing sangat penting maka selama itu juga penulis-penulis harus bisa mengambil peluang karir dalam dunia digital tersebut.

Tinggalkan Balasan