Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Kreatif

Contoh Daftar Riwayat Hidup
06Mar, 2020

Daftar riwayat hidup merupakan salah satu data pribadi yang akan sangat dibutuhkan. Apalagi bila Anda sudah menginjak usia dewasa, berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan administrasi biasanya akan melibatkan data ini, baik secara lengkap ataupun cukup sebagian saja.

Sehingga sangat dianjurkan sekali bila akan membuat daftar riwayat hidup, Anda harus bias membuatnya dengan baik dan benar.

Mengapa harus benar? Tentu saja harus, jangan sampai Anda memalsukan data diri Anda sendiri karena itu malah akan menjadi boomerang, Anda bisa dikira penipu karena kasus pemalsuan data diri.

Lantas, bila ingin membuat daftar riwayat hidup apa sih yang harus disiapkan? Pertama, Anda harus menyiapkan format daftar riwayat hidup agar Anda tahu apa saja sih yang akan dicantumkan di dalamnya.

Kedua, bila memang dibutuhkan, Anda juga bisa menyiapkan beberapa berkas yang akan membantu seperti KTP, SIM, dll. Untuk memberikan gambaran, berikut ini adalah contoh daftar riwayat hidup.

Daftar isi:

Contoh Daftar Riwayat Hidup dan CV Kreatif

Format Daftar Riwayat Hidup

Wajar bila Anda masih merasa bingung saat akan membuat riwayat hidup. Apalagi bila Anda memang belum pernah membuatnya. Kebutuhan daftar riwayat hidup biasanya akan dibutuhkan saat Anda beranjak dewasa.

Misal, setelah lulus SMA, Anda berniat mendaftarkan diri ke universitas tertentu, nantinya Anda akan diminta mengisi sejumlah data salah satunya adalah riwayat hidup. Atau, Anda berniat untuk melamar pekerjaan pada perusahaan tertentu, maka salah satu syarat wajib yang sering diminta adalah daftar riwayat hidup.

Baca Juga : Contoh Surat Permohonan Bantuan

Kenapa melamar kerja harus menggunakan format daftar riwayat hidup kreatif? Ya jelas sangat diharuskan karena perusahaan membutuhkan data pribadi Anda untuk memastikan kelayakan dan kesiapan Anda bekerja di perusahaan.

Bahkan biasanya, kalau mau melamar pekerjaan, Anda diharuskan membuat format riwayat hidup selengkap-lengkapnya.

Apakah selalu harus menggunakan daftar riwayat hidup saat mau melamar pekerjaan? Sebenarnya sih tidak selalu, namun rata-rata perusahaan professional pasti membutuhkan riwayat hidup seluruh karyawan atau calon karyawan.

Nah, bagaimana sih format daftar riwayat hidup? Untuk format tidak selalu sama. Tergantung kebutuhan Anda membuat riwayat hidup untuk apa. Berikut ini contoh beberapa format riwayat hidup yang bisa coba Anda terapkan.

Format Daftar Riwayat Hidup Melamar Kerja Kreatif

Daftar Riwayat Hidup Yang Benar dan menarik

Daftar riwayat hidup atau bisa disebut juga curriculum vitae akan selalu ditanyakan saat Anda akan mencari atau melamari pekerjaan, dimana pun dan dalam bidang apapun.

Sayangnya, para pencari kerja belum tahu bagaimana sih cara menulis daftar riwayat hidup yang benar dan tepat. Sehingga tidak jarang kalau Anda sulit mendapatkan pekerjaan hanya karena kesalahan dalam daftar riwayat hidup menarik.

Riwayat hidup dalam bentu data tersusun bisa memberikan kesan pertama pada pelamar kerja. Sebab pihak HRD perusahaan sebelum memanggil Anda tentu akan memeriksa daftar riwayat hidup terlebih dahulu. HRD akan menggambarkan bagaimana diri Anda lewat daftar riwayat hidup yang dilampirkan.

Oleh karena itulah, sebagai pencari kerja, tent saja Anda harus tahu apa saja sih komponen yang ada dalam format daftar riwayat hidup melamar kerja. Nah, agar tidak bingung sebaiknya Anda juga pahami dulu apa saja hal penting yang harus ada di dalam daftar riwayat hidup melamar kerja.

Data Pribadi

Bagi Anda pencari kerja, data pribadi merupakan data pertama dan utama yang harus Anda cantumkan. Anda akan menjelaskan mengenai informasi diri khususnya untuk melamar pekerjaan.

Informasi ini akan digunakan HRD perusahaan untuk mempertimbangkan Anda.

Nama lengkap, tanggal lahir hingga nomor kontak harus Anda cantumkan untuk memudahkan penilaian dan komunikasi lebih lanjut.

Oh iya, untuk alamat email sebaiknya Anda membuat yang mudah dan jelas atau menggunakan nama lengkap Anda sendiri, misalnya melisaturner@gmail.com. Jangan membuat nama yang aneh, sulit dibaca atau berlebihan.

Karena alamat email juga bisa menjadi bentuk penilaian tersendiri loh dari HRD.

Deskripsi Diri

Selanjutnya pada bagian deksripsi diri, disini Anda harus mengisi hal yang menjadi daya tarik Anda sebagai pencari kerja. Cobalah untuk menjelaskan dengan baik dan detail mengenai keunggulan yang Anda miliki.

Eits, tapi jangan sampai menerangkan dengan berlebihan ya. Usahakan menggunakan Bahasa yang professional dan EYD yang tepat.

Dengan begitu, HRD bisa juga bisa menggambarkan bagaimana diri Anda sebagai pelamar kerja dengan tepat. Untuk jumlah kalimatnya, Anda bisa coba menulis 3 sampai 4 kalimat ringkas.

Riwayat Pendidikan Dan Pelatihan

Riwayat pendidikan juga sangat penting loh untuk Anda cantumkan saat hendak melamar pekerjaan formal yang professional.

Anda bisa mencamtukan pendidikan terakhir, atau bisa juga secara lengkap mencantumkan dari mulai SD hingga pendidikan terakhir.

Lengkapi juga dengan tahun masuk dan kelulusan, ini bisa menjadi hal penting yang menunjukan prestasi pendidikan formal Anda.

Selain format, Anda juga bisa mencamtukan riwayat pendidikan informal yang pernah Anda ikuti, bila memang ada. Riwayat informal juga berguna untuk memberikan penilaian HRD pada Anda.

Pengalaman Organisasi

Apakah Anda memiliki pengalaman berorganisasi? Bila iya, maka sebaiknya Anda masukkan ke dalam format daftar riwayat hidup melamar kerja.

Perusahaan akan menilai bagaimana diri Anda, seberapa aktif Anda dalam berorganisasi melalui pengalaman yang tercantum.

Khususnya bagi freshgraduate ini sangat menguntungkan, meskipun belum ada pengalaman kerja, minimal ada pengalaman organisasi.

Cantumkan semua pengalaman Anda ya, mulai dari jabatan sampai nama organisasinya.

Keahlian Tambahan

Nah, keahlian yang Anda miliki juga wajib tercantum ya. Apalagi bila keahlian berhubungan dengan posisi yang Anda lamar.

Ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk HRD melakukan rekrutment. Misal, keahlian dalam berbahasa asing, mengoperasikan computer, dll

Prestasi Yang Pernah Dicapai

Bila Anda memiliki prestasi baik dalam bidang akademik atau non akademik yang pernah dicapai sebaiknya juga wajib dicantumkan ya. Jelaskan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan benar terkait prestasi yang pernah diraih.

Lengkapi juga dengan tahun Anda mendapatkan prestasi tersebut dan siapa yang menyelenggarakannya bila itu dalam bidang non akademik. Kalau prestasi akademik, tinggal tulis saja langsung apa prestasinya serta tahun berapa dan saat menempuh pendidikan apa prestasi tersebut dicapai.

Pengalaman Kerja & Referensi Perusahaan

Selanjutnya yang terakhir dan harus tercantum dalam daftar riwayat hidup melamar kerja adalah pengalaman kerja & referensi dari perusahaan sebelumnya. Bagi Anda yang memang sudah pernah bekerja, sebaiknya semua riwayat kerja dicantumkan.

Sebutkan pada posisi mana Anda menjabat, nama perusahaan hingga tahun kerjanya. Kalau diperlukan, cantumkan juga alasan Anda mengundurkan diri.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Melamar Kerja Dan CV Kreatif

Berikut ini adalah beberapa contoh daftar riwayat hidup cv kreatif untuk melamar pekerjaan yang bisa dibuat beserta contoh format yang baik dan benar bisa anda coba buat agar perusaan tempat anda melamar bisa tertarik.

Contoh Daftar Riwayat Hidup CV Kreatif Melamar Kerja di Rumah Sakit

Contoh Daftar Riwayat Hidup CV Kreatif

Data Pribadi:

  • Nama: Erika Nursapeati
  • Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 04 Juni
  • Alamat: Jalan Burangrang No. 89 Jakarta Barat
  • Nomor Handphone: 0893467364623
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Status: Belum Menikah
  • Email: Erika@gmail.com
  • Hobi: Menulis dan Membaca
  • Pendidikan Terakhir: S1 Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia

Pendidikan Formal:

  • 1992-1998 SDN 1 Jakarta
  • 1998-2001 SMP 3 Jakarta
  • 2001-2004 SMA 2 Jakarta
  • 2004-2010 Universitas Indonesia

Pendidikan Non-Formal:

  • Pelatihan BCLS Di UGD RS Mitra Kasih, Bandung
  • Pelatihan EKG DI RS Cibabat, Bandung

Pengalaman Kerja:

  • Dokter jaga UGD RSUD Siloam
  • Dokter praktek pribadi
  • Dokter pengganti di PUSKESMAS Jakarta

Prestasi:

  • Olimpiade Sains Tingkat Universitas Peringkat 1 Tahun 2005
  • Karya Ilmiah Remaja Antar Universitas Se Indonesia Juara 3 Tahun 2006

Demikianlah daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenar-benarnya untuk menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu menerima lamaran kerja yang saya ajukan. Terima kasih atas perhatiannya.

Salam

Tanda Tangan

(Nama Lengkap)

Contoh Daftar Riwayat Hidup Lain Yang Bisa Anda Gunakan

contoh cv kreatif

Data Pribadi

  • Nama : Muhammad Fattah
  • Tempat, Tanggal Lahir : Banten, 23 Mei 1992
  • Alamat : Perumahan Asri No. 23, Jakarta
  • No. HP : 08937473644
  • Jenis Kelamin : Laki-Laki
  • Agama : Islam
  • Email : fattah@gmail.com

Riwayat Pendidikan

Pendidikan Formal:

  • 2007 sampai dengan 2011 : IAIN Jogja IPK 3,7
  • 2003 sampai dengan 2007 : SMA Negeri Purwodadi;
  • 2000 sampai dengan 2003 : SLTP Negeri Purwodadi;
  • 1997 sampai dengan 2000 : SD Negeri Purwodadi ;

Pendidikan Non Formal:

  • 2011 : Balatker Keahlian Komputer di Grobogan
  • 2005 : Pelatihan kepemimpinan Di Learning Of Leadership VOA Jakarta

Pengalaman Organisasi

  • 2005 sampai dengan 2006 : Ketua Karangtaruna Desa Purwodadi
  • 2002 sampai dengan 2003 : Ketua OSIS di SMA Negri Purwodadi

Keahlian Tambahan

  • Keahlian Komputer ( MS Word, Ms Excel, Ms Powerpoint )
  • Keahlian Bahasa Inggris Listening, speaking, writing

Demikian Curriculum Vitae yang dapat saya sampaikan. Untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat saya,

Muhammad Fattah

Contoh Daftar Riwayat Hidup Menarik Melamar Kerja

Daftar Riwayat Hidup Menarik untuk Melamar Kerja

Selain daftar riwayat hidup lengkap yang Anda cantumkan. Untuk menarik perhatian HRD pada lamaran yang diajukan, cobalah mendesain daftar riwayat hidup semenarik mungkin seperti contoh gambar di atas.

Tapi bila ingin dibuat menggunakan desain seperti di atas, jangan terlalu berlebihan ya. Usahakan untuk tetap terlihat formal. Beberapa aplikasi desain sudah bisa Anda gunakan secara gratis dan mudah, salah satunya aplikasi desain online canva.

Contoh Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Kerja di Bank

contoh riwayat hidup

Nah, lantas bagaimana kalau mau melamar pekerjaan ke bank, apakah daftar riwayat hidup yang dibuat akan sama? Bank sendiri biasanya tidak terlalu memperdulikan apa pendidikan terakhir Anda.

Semua jurusan dapat melamar di bank bila memang berminat. Tentunya dengan catatan asal Anda bisa memenuhi kualifikas yang sudah dicantumkan pada informasi lowongan pekerjaan. Berikut adalah contohnya:

Curriculum Vitae

Data Pribadi

  • Nama : Anita Rista
  • Tempat, Tanggal, Lahir : Lumajang, 14 Mei 1991
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  • Jenis Kelamin : Perempuan
  • Status : Belum Menikah
  • Alamat Domisili : Badung Village
  • Pendidikan Terakrhi : S1 Sastra Inggris, Universitas Negeri Yogyakarta

Pengalaman Bekerja

  • Februari 2013 – Agustus 2016 : PT. BANK ARTOREJO Tbk. Yogyakarta Sebagai Teller
  • September 2016 – Februari 2017 : Mudah Yogyakarta sebagai Petugas Pembukuan
  • Februari 2017 – Sekarang : PT. PERMATA JATI sebagai Kepala Keuangan

Prestasi

  • Juara Atlet PON Kaltim (2008)
  • Atlet Pelatda Provinsi Jawa Barat (2010)

Demikianlah daftar riwayat hidup yang telah saya buat dengan sebenar-benarnya sebagai informasi pendudukan untuk Bapak/Ibu mempertimbangkan lamaran kerja yang saya ajukan. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
Anita Rista

Itulah salah satu contoh format daftar riwayat hidup untuk mengajukan lamaran kerja di bank. Buat semenarik dan selengkap mungkin, jangan lupa juga untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bagaimana, tidak sulit kan? Coba yuk!

Contoh Daftar Riwayat Hidup untuk Fresgraduate

contoh cv kreatif

Anda freshgraduate? Belum memiliki banyak pengalaman kerja? Namun berniata membuat daftar riwayat hidup untuk kebutuhan berkarir? Tenang saja, Anda tetap bisa membuatnya seprofesional mungkin kok!

Berikut adalah contoh format daftar riwayat hidup untuk Anda yang freshgraduate. Simak yuk.

Daftar Riwayat HidupData Pribadi

  • Nama : Anisa Azzahra
  • Tempat, Tanggal, Lahir : Bandung, 3 Juli 1986
  • Alamat : Jalan Simogunung Kramat
  • Status : Belum Menikah
  • Nomor Handphone : 08374484357643
  • E-mail : anisa@gmail.com

Riwayat Pendidikan Formal

  • 1992-1998 SDN 1 Babakan Ciparay
  • 1998-2001 SMP 3 Babakan Ciparay
  • 2001-2004 SMA 2 Babakan Ciparay
  • 2004-2010 Fakultas Politeknik Bandung

Riwayat Pendidikan Informal

  • Kursus Bahasa Inggri di Kampung Inggris, Pare
  • Kursus Bahasa Inggris di Lia

Prestasi

  • 2005 : Jura 1 Lombar Karya Tulis Ilmia Tingkat Nasional tentang Ekonomi dan Pendidikan
  • 2006 : Juara 3 Karya Tulis Ilmiah atas Universitas Se-Indonesia

Demikianlah daftar riwayat hidup yang telah saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya kalau Bapak/Ibu bisa mempertimbangkan lamaran yang saya ajukan. Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat Saya

Anisa Azzahra

Bagaimana, tidak sulitkan? Tentu tidak sulit, sebenarnya kurang lebih sama saja untuk freshgraduate atau Anda yang sudah memiliki pengalaman pekerjaan. Hanya saja yang membedakan adalah ada pada pengalaman kerja itu sendiri.

Bila Anda freshgraduate, Anda bisa mencatumkan pengalamanan pendidikan format dan informal.

Kalau memang Anda aktif dalam berorganisasi juga akan lebih baik cantumkan pengalaman organisasi yang pernah Anda ikut. Yuk, sekarang ambil laptop dan coba buat daftar riwayat hidup kamu sendiri!

Contoh Daftar Riwayat Hidup Kreatif untuk Melamar Sebagai Marketing

Format Daftar Riwayat Hidup Kreatif untuk Melamar Sebagai Marketing

Menjadi marketing tentu harus memiliki keahlian dasar memarketingkan diri Anda sendiri. Nah, agar bisa menarik perhatian HRD tempat Anda melamar pekerjaan, sebaiknya buatlah daftar riwayat hidup yang menarik namun tetap format.

Usahakan ada hal yang ditonjolkan sehingga menjadi daya tarik sendiri untuk HRD mau melirik lamaran Anda. Contohnya seperti daftar riwayat hidup berikut ini.

Biasanya perusahaan yang membuka lowongan pekerjanan untuk marketing akan mencari tenaga kerja yang kreatif karena bidang yang dibutuhkan sangat memerlukan mereka yang kreatif dan inovatif.

Sehingga salah satu cara untuk menunjukan bahwa Anda kreatif yaitu dengan desain templete daftar riwayat hidup lamaran kerja berebda. Namun, Anda juga harus tetap memperhatikan formalitasnya ya. Jangan sampai terlalu ramai dan berlebihan.

Masih membutuhkan contoh daftar riwayat hidup untuk marketing lainnya? Berikut contoh selanjutnya.

Curicullum Vitae

  • Nama : Chandra Nugraha Uji Putra
  • Tempat, Tanggal, Lahir : Cimahi, 03 Juni 1986
  • Alamat : Jl Raya Cibereum No 58
  • Jenis Kelamin : Laki-Laki
  • Status : Belum Menikah
  • No Handphone : 08923472343
  • E-mail : chandranugraha@gmail.com
  • Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Pemasaran Universitas Islam Negeri Bandung

Pendidikan Formal

  • 1992-1998 SDN 1 Bandung
  • 1998-2001 SMP 3 Bandung
  • 2001-2004 SMA 2 Bandung
  • 2004-2010 Manajemen Pemasaran

Pendidikan Non Formal

  • Kursus Bahasa Inggris Lia
  • Kursus Bahasa Jepang Lia
  • Kurus Miscrosof Office

Pengalaman Kerja

  • 2010-2012 : Staff Marketing Rs. Siloam Tangerang
  • 2012-2014 : Staff Marketing Trans Studio Bandung
  • 2014- sekarang : Kordinator Marketing PT Cipta Harapan Nusa Bangsa

Prestasi

  • 2003 : Juara 1 Pembuatan Proposal Bisnis Tingkat Universitas Se-Jabodetabek
  • 2002 : Juara 2 Karya Tulis Ilmia tentang Bisnis dan Teknologi

Kemampuan

  • Ms. Office
  • Software Akuntansi
  • Menulis
  • Akuntansi

Demikianlah daftar riwayat hidup saya buat dengan sebenar-benarnya. Semoga Bapak/Ibu berkenan dengan lamaran yang saya ajukan dan bisa mempertimbangkan untuk menerima lamaran ini. Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat Saya,

Chandara Nugra Uji Putra

Itulah contoh lain dari daftar riwayat hidup untuk melamar kerja pada posisi marketing. Ingat, usahakan Anda selalu membuat daftar riwayat hidup yang memang berkaitan dengan posisi yang ingin Anda isi.

Kalau marketing maka Anda cobalah melengkapi dengan data yang berkaitan dengan marketing. Seperti pengalaman bekerja dan kemampuan yang berhubungan serta dibutuhkan pada posisi tersebut.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Nah, lantas bagaimana dengan PNS? Apakah wajib juga membuat daftar riwayat hidup? Wajib dong.

Hanya saja bedanya, nanti Anda sudah mendapatkan format isian langsung yang bisa diunduh melalui situs yang sudah disediakan. Contoh formatnya bisa Anda lihat pada gambar berikut ini.

Format Daftar Riwayat Hidup Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Ingat, isian data di atas benar-benar wajib Anda lengkapi denga benar karena nantinya ini dibutuhkan untuk pendataan serta pemberkasan. Bentuknya pun harus rapih dan sesuai dengan templete yang sudah Anda unduh.

Jadi, Anda hanya tinggal meniru saja atau mengisi kolom yang sudah disediakan. Seperti berikut ini.

Keterangan Perorangan

Nama Lengkap : Elisa Subandono
NIP : 8387495834
Pangkat dan Golongan Ruang : 3h
Tempat Lahir/Tgl. Lahir : Cimahi, 19 Juli
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Status Perkawinan : Belum kawin
Alamat Rumah : Jl Cibereum Nomor 27, Kecamatan Andir, Kelurahan Campaka 1804, Provinsi Jawa Barat

Keterangan Badan :

Berat Badan (kg) : 45 kg
Rambut : Coklat
Bentuk Muka : Lonjong
Warna Kulit : Kuning Langsat
Ciri Khas : Tanda Lahir di Pipi
Cacat Tubuh : –
Kegemaran (Hobi) : Membaca Buku

Kurang lebih gambaran isiannya seperti di atas. Pokoknya kalau mau mendaftarkan diri sebagai PNS, terkait daftar riwayat hidup Anda hanya tinggal mengisi sesuai format yang diberikan.

Jangan sampai salah ya agar berkas Anda bisa masuk dan terverifikasi.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Melamar Kerja Sebagai Guru TK

contoh daftar riwayat hidup kreatif

Bagi Anda yang mau mendaftarkan diri sebagai guru TK juga tak perlu khawatir. Anda bisa coba mengikut format isian berikut ini.

Data Pribadi

Nama: Diah Mardiani
Tempat Tanggal Lahir: Magetan, 3 Juni 1986
Alamat: Jalan Simogunung kwagean Timur Nomor 6, Surabaya
No Hp: 081234567689
Jenis Kelamin: Perempuan
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Menikah
Email: diahM@gmail.com
Hobi: Membaca
Kesehatan: Baik
Pendidikan Terakhir: D3 Pendidikan TK Universitas Negeri Surabaya

PENDIDIKAN FORMAL

1992-1998 SDN 1 Simo
1998-2001 SMP 3 Surabaya
2001-2004 SMA 2 Surabaya
2004-2010 Fakultas Keguruan Universitas Negeri Surabaya

PENDIDIKAN NON FORMAL

Kursus Bahasa Inggris
Kursus Bahasa Jepang
Kursus Komputer

PENGALAMAN KERJA

Guru TK Tunas Bangsa 2010-2012
Pengajar Bimbingan Belajar Membaca 2012-2014
Guru TK Tunas Muda Surabaya 2014 – sekarang

PRESTASI

Lomba senam Peringkat 1 Tahun 2003
Lomba Puisi SMA Se Indonesia Juara 2 Tahun 2002
Lomba Menyanyi Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2008
Lomba Menari Di Universitas Juara 3 Tahun 2009

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.
Hormat Saya,

Diah Mardiani

Bagaimana, tidak sulit kan untuk membuat daftar riwayat hidup nya? Coba yuk bikin sendiri, diketik menggunakan ms.word di laptop, usahakan menggunakan font times new roman yang memang terlihat cukup formal.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Mahasiswa

contoh cv mahasiswa

Selanjutnya, kalau Anda masih mahasiwa dan membutuhkan daftar riwayat hidup untuk kepentingan administrasi dan lainnya. Berikut adalah contoh format daftar riwayat hidup yang bisa Anda ikut.

Daftar Riwayat Hidup

  • Nama : Anisa Meldinawati
  • Tempat, Tanggal Lahir : Sleman, 14 November 1993
  • Alamat : Kamurai RT. 02 RW. 06 Samari, Jakarta
  • No. HP : 0821 3646 7792
  • Jenis Kelamin : Perempuan
  • Agama : Islam
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  • Status : Belum Menikah
  • Email : anisai@gmail.com

Pendidikan :

  • 1991 – 1996 : SD Negeri 5 Suwalan 3 Sidoarjo
  • 1996 – 1999 : SMP Negeri 8 Bakti Negri Sleman
  • 1999 – 2002 : SMA Daruli Sleman
  • 2002 – 2007 : S1 Manajemen Akuntansi STIE Sleman

Pengalaman Kerja :

  • 2010 – 2011 : BAF (Bussan Auto Finance) sebagai Administrator
  • 2011 – 2015 : Central Santosa Finance sebagai Customer Service

Demikian daftar riwayat hidup saya buat dengan sebenar-benarnya untuk kebutuhan administrasi sebagai mahasiswa pada STEI Sleman.

Hormat Saya.

Anisa Meldinawati

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Satpam

Biarpun Anda mau melamar pekerjaan sebagai satpam sebaiknya Anda juga membuat daftar riwayat hidup yang menarik dan tepat agar terlihat professional.

Selain itu juga Anda bisa memiliki daya tarik tersendiri untuk HRD sebab membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Kalau hal kecil seperti daftar riwayat hidup saja diperhatikan, apalagi kalau hal besar yang berkaitan dengan kerja satpam, tentu bisa menjadi gambaran tanggung jawabnya kan.

Daftar Riwayat Hidup untuk Satpam

Untuk lowongan pekerjaan satpam, dibutuhkan CV kreatif yang sederhana memuat data diri lengkap dan data pendukung lainnya. Berikut ini contoh CV kreatif untuk lowongan satpam.

Ingin membuat daftar riwayat hidup yang lebih sederhana saat melamar menjadi satpam? Coba format berikut ini yuk.

DATA PRIBADI

Nama: Deri Azhari Putra
Tempat Tanggal Lahir: Magetan, 3 Juni 1992
Alamat: Jalan Simogunung kramat Timur Nomor 6, Surabaya
No Hp: 034875384735
Jenis Kelamin: Laki-laki
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Belum Menikah
Email: deri@gmail.com
Hobi: Ikut Bela Diri
Kesehatan: Baik
Pendidikan Terakhir: SMK Tunas Bangsa

PENDIDIKAN FORMAL

1997-2003 SDN 1 Madiun
2003-2007 SMP 3 Madiun
2007-2010 SMK 2 Madiun

PENDIDIKAN NON FORMAL

2012 Pendidikan Dan Pelatihan Satpam Di Madiun
2013 Kursus Bahasa Inggris Di EF

PENGALAMAN KERJA

Pegawai Foto Kopi
Operator Mesin Percetakan
Satpam Rumah Sakit Swasta

PRESTASI

2005 : Juara 1 Pencak Silat Se-Jawa Barat
2006 : Juara 2 Pencak Silat Se-Kota Madiun
2007 : Jura 1 Pencak Silat Se-Kota Madiun

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan

Deri Azhari Putra

Tips Membuat CV Kreatif Agar Terlihat Menarik

Membuat daftar riwayat hidup adalah salah satu proses awal yang harus Anda lakukan sebelum melamar pekerjaan ke perusahaan yang Anda inginkan.

Daftar riwayat hidup atau CV yang memikat HRD merupakan modal yang harus Anda miliki agar bisa bekerja pada posisi yang Anda idam-idamkan.

Di atas sudah diberikan banyak contoh format untuk bisa Anda ikuti, namun bila Anda masih merasa bingung bagaimana sih langkah agar bisa memberikan daftar riwayat hidup kreatif yang menarik. Agar tidak semakin bingung, sebaiknya perhatikan tips membuat berkas lamaran menarik berikut ini.

Selalu Melakukan Job Research

Biarpun kamu hanya melamar pada posisi kasir atau satpam, tetap saja job research adalah hal yang perlu Anda lakukan.

Kenapa sih harus melakukan ini? Salah satu tujuannya adalah agar Anda bisa cermat dan memahami informasi secara tepat mengenai perusahaan serta posisi yang Anda lamar.

Job Research benar-benar akan sangat membantu, apalagi bila saat tes wawanca. Beberapa informasi yang sebaiknya bisa Anda dapatkan seperti:

  • Carilah informasi terkait syarat melamar pekerjaan dengan jelas. Catatlah semua informasi yang berkaitan dengan syarat sebagai pelamar kerja serta hal lain yang memang berkaitan dengan posisi yang ditawarkan. Misal, keterampilan yang harus Anda punya, usia maksimum, pengalaman kerja, gender, dan lain-lain.
  • Mencari informasi yang berkaitan dengan perusahaan sebanyak-banyaknya. Cobalah untuk mencari website perusahaan yang akan Anda ajukan lamaran, di sana Anda akan diberikan informasi mengenai visi misi serta nilai-nilai benar harus dijunjung tinggi oleh perusahaan serta karyawannya.

Cobalah untuk mencari 2 informasi di atas dengan cermat agar Anda tidak melakukan kesalahan saat akan melamar pekerjaan. Manfaatkan google untuk mencari informasi agar lebih mudah ya.

Selalu Mencari Informasi Mengenai Daftar Riwayat Hidup yang Akan Dibuat

Setelah Anda mendapatkan informasi tentang perusahaan selanjutnya Anda juga harus mencari informasi mengenai daftar riwayat hidup yang akan dibuat untuk kepentingan lamaran kerja.

Meskipun Anda sudah tahu bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup, namun Anda juga harus update mengenai informasi terkini.

Hal paling dasar yang harus diketahui adalah isi daftar riwayat hidup secara umum. Untuk Anda yang notabene masih frashgraduate, Anda harus benar-benar mengisi daftar riwayat hidup dengan benar dan menarik.

Sebab ini adalah salah satu jalan untuk HRD bisa melirik Anda. Ada beberapa hal umum yang biasanya tercantum dalam daftar riwayat hidup:

  • Indentitas pribadi yang terdiri dari; Nama lengkap, alamat, nomor telepon, status dan kontak (telepon atau email)
  • Riwayat pendidikan terakhir dan jurusannya
  • Gambaran personality Anda
  • Pengalaman kerja yang dimiliki, lengkap dengan tahun dan posisi Anda bekerja
  • Pendidikan non formal yang pernah diikuti selama 2-3 tahun terakhir
  • Informasi lain yang berkaitan dengan diri Anda sendiri seperti hobi

Beberapa hal di atas sebaiknya selalu Anda cantumkan dalam daftar riwayat hidup ya.

Membuat Daftar Riwayat Hidup dengan Teliti

Bila poin 1 dan 2 sudah Anda pahami maka selanjutnya adalah membuat daftar riwayat hidup dengan teliti. Langkap pertama dan kedua akan membantu Anda saat pembuatan daftar riwayat hidup.

Oleh kenapa anjurannya sangat diharuskan. Saat membuat daftar riwayat hidup pun ada beberapa hal yang harus Anda pastikan kembali:

  • Mencatumkan identitas pribadi pada bagian atas daftar riwayat hidup. Pada kolom pertama ini akan khusus Anda isi dengan data pribadi mulai dari nama, alamat, nomor telepon, email. Nah, pastikan juga Anda menyertakan foto paling baru ya agar Anda terlihat lebih professional
  • Mencantumkan riwayat pendidikan dengan jelas. Dalam daftar riwayat hidup untuk kolom pendidikan, Anda bisa mencatumkan pendidikan terakhir atau mulai dari SD. Karena sebenarnya perusahaan juga hanya ingin tahu apakah pendidikan Anda berkaitan dengan posisi yang dilamar atau tidak.
  • Berikan deskripsi mengenai keterampilan serta apa saja pencapaian Anda yang pernah diraih. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa membuat grafik atau rating yang bisa menunjukkan seberapa mahir keterampilan Anda dalam bidang teresebut. Sangat mahir, mahir atau hanya mengetahui hal dasar saja.
  • Mencatumkan secara lengkap dan spesifik pengalaman kerja serta pelatihan yang sudah pernah Anda ikuti. Coba tulis menggunakan Bahasa yang lebih menarik agar tidak terasa membosankan saat dibaca. Kaitkan juga dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar agar kelihatannya Anda bisa lebih relevan serta membuktikan bahwa Anda memang kandidat yang berpotensi.

Tidak sulit kan? Coba praktekan pada daftar riwayat hidup Anda yuk agar tidak salah buat.

Sudah buat daftar riwayat hidup? Yuk koreksi lagi!

Sudah buat daftar riwayat hidup? Eits jangan bernapas lega dulu dan langsung kirim begitu saja. Anda harus mengkoreksi lagi agar tidak ada kesalahan. Bagian ini hal yang benar-benar harus dilakukan karena Anda akan melakukan proofreading yang akan meningkatkan seberapa berkualitasnya daftar riwayat hidup mu.

Perbaikilah tata Bahasa serta ejaan, berikan waktu untuk membaca ulang daftar riwayat hidup. Ketika membaca ulang, Anda harus memperhatikan tata Bahasa dan juga ejaanya pada setiap kata yang sudah tertulis. Bila ada Bahasa yang kurang formal sebaiknya segera ganti ya.

Selain itu, Anda juga sebaiknya membuat kata-kata agar terasa lebih singkat dan efektif. Jangan terlalu bertele-tele dan harus terlihat professional namun tetap menarik. Dengan begitu HRD akan memberikan penilaian positif pada daftar riwayat hidup yang sudah Anda buat. Bagaimana, tidak terlalu sulit untuk mengkoreksi kembali kan? Yuk lakukan!

Analisi Daftar Riwayat Hidup Sebelum Dikirim

Nah, setelah Anda membaca ulang dan melakukan perbaikan pada tata Bahasa serta ejaan yang salah maka langkah selanjutnya adalah melakukan analisa pada daftar riwayat hidup Anda sendiri.

Cobalah posisikan seolah diri Anda serang HRD, kemudian baca kembali daftar riwayat hidupnya.

Cobalah meminta teman Anda juga untuk membaca. Bila Anda sendiri belum merasa setuju dengan penilaian yang Anda lakukan, coba datangi teman yang memang sudah berpengalaman khususnya dalam bidang rekruitmen.

Perlihatkan daftar riwayat hidup yang sudah dibuat dan mintalah penilaiannya.

Nah, itulah tips agar daftar riwayat hidup Anda bisa semakin menarik perhatian HRD perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Oke, selanjutnya Anda juga harus tahu apa saja sih biasanya kesalaha yang selalu dilakukan saat menulis daftar riwayat hidup.

Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Daftar Riwayat Hidup

Saat pembuatan daftar riwaya hidup Anda benar-benar harus memperhatikan komponen yang ada di dalamnya. Jangan sampai terlewatkan, hanya saja biarpun sudah tahu apa saja komponen yang harus di tulis beberapa orang tetap masih sering melakukan kesalahan.

Apa saja sih kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan daftar riwayat hidup?

1. Kesalahan Pengetikan atau Typo

Yap, yang pertama adalah salah ketik atau typo. Daftar riwayat hdiup merupakan cerminan dari si pembuat. Kalau Anda salah ketik maka bisa saja itu malah jadi penafsiran buruk dari HRD untuk Anda.

Oleh sebab itulah Anda harus meneliti kembali daftar riwayat hidup yang sudah dibuat sebelum Anda memutuskan untuk print out atau mengirimkan via email daftar riwayat hidup pada HRD perusahaan.

2. Format yang terlalu kreatif dan berlebihan

Kreatif boleh, tapi jangan berlebihan. Saat Anda akan membuat daftar riwayat hidup, Anda harus menyesuaikan dengan perusahaan yang akan dituju atau pun kepentingan yang akan dilakukan.

Karena menulis daftar hidup untuk kebutuhan lamaran kerja tentu saja akan berbeda dengan daftar riwayat hidup untuk kebutuhan persentasi seminar, juga yang lainnya. Khususnya untuk lamaran kerja biasanya akan terlihat lebih formal.

3. Data yang Anda masukkan tidak Valid

Loh, memang bisa ketahuan kalau data kita tidak valid? Tentu bisa dong. Biasanya HRD juga akan sangat selektif saat memiliki dokumen lamara kerja yang masuk.

Jangan sampai Anda asal-asalan mengisi dan memalsukan identitas pribadi Anda. Itu bisa sangat berbahaya. Misal Anda lulusan SMA, tapi mencantumkan lulusan D3 Bahasa Inggris.

4. Membuat Satu Daftar Riwayat Hidup untuk Semua Lamaran

Memang sih bisa lebih mudah dan lebih praktif, tapi sebelumnya juga sudah disinggung kalau tiap perusahaan akan berbeda-beda karakter.

Sehingga Anda juga bila mau melamar pada banyak perusahaan, usahakan membuat sesuai dengan karkater perusahaannya.

Misal, kalau mau melamar ke perusahaan desian, ya Anda harus menunjukan kreatifitas pada desain templete nya. Kalau mau melamar ke perusahaan asuransi, ya Anda harus membuat yang lebih formal.

Satu hal lagi yang perlu Anda selalu pahami juga adalah jangan selalu bertele-tele alias menggunakan Bahasa yang panjang lebar. Itu akan terasa membosankan dan HRD pun bisa-bisa malas membaca daftar riwayat hidup Anda. Wah, kalau sudah begitu Anda tidak punya kesempatan untuk masuk perusahaan.

Nah, setelah Anda tahu apa saja sih komponen yang ada dalam daftar riwayat hidup, bagaimana langkah membuatnya serta apa saja contohnya hingga kesalahannya sekarang Anda sudah bisa membuat daftar riwayat hidup sendiri kan?

Bila masih bingung, cobalah untuk melihat banyak referensi lainnya agar Anda bisa lebih lancer ketika hendak membuat daftar riwayat hidup.

Format serta isi yang benar tentunya akan berpengaruh besar pada kesuksesan Anda nantinya.

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Oke, sebelum artikel ini berakhir, ada beberapa tips lain agar Anda bisa menulis daftar riwayat hidup dengan baik dan benar.

Kalau sudah baik dan benar kan selanjutnya Anda tinggal berjuang untuk mengirimkan daftar riwayat hidup pada perusahaan yang Anda tuju.

Menggunakan Kertas Putih Polos

Untuk tips pertama adalah penggunaan kertas untuk daftar riwayat hidup. Gunakanlah kertas A4 80 gram (bila mau di print out) agar focus pembaca benar-benar pda isi yang ada di dalamnya bukan pada kertas yang Anda gunakan.

Selain itu, berkas formal memang sangat dianjurkan menggunakan ukuran kertas A4 yang memang sering digunakan.

Membuat Tampilannya Rapih dan Indah

Jangan hanya sekedar mengisi daftar formatnya saja ya. Meskipun digunakan untuk lamaran resmi berformat, Anda juga harus memperhatikan bagaimana sih tampilannya agar terlihat lebih indah

Cobalah buat format daftar riwayat hidup yang sesuai dengan contoh daftar riwayat hidup kreatif agar bisa menarik perhatian HRD tempat Anda melamar kerja.

Menggunakan Font yang Formal

Pemilihan font juga sangat penting loh, karena font bisa menggambarkan seberapa profesionalnya ANda.

Untuk font pembuatan daftar riwayat hidup cobalah gunakan font resmi seperti times new roman atau bisa juga arial dengan ukuran 11 hingga 12 pt.

Ingat, font dan ukurannya akan mempengaruhi penilaian HRD jadi jangan menggunakan font yang terlelu berlebihan ya

Perhatikan Tata dan Bahasa, Tanda Baca dan Ejaan

Saat Anda menulis daftar riwayat hidup, Anda juga harus memperhatikan apakah tata Bahasa yang digunakan sudah tepat?

Apakah tanda bacanya sudah benar? Bagaimana dengan ejaan Bahasa indonesianya, apakah ada yang typo? Anda harus memperhatikan dan mengoreksinya bila salah.

Jangan sampai menyesal setelah lamaran kerja dikirimk ke HRD ya. Yuk koreksi sekarang juga!

Gunakanlah Gaya Ekplisit yang Lebih Baik

Selanjutnya Anda juga sebaiknya menggunakan penulisan kalimat yang detail, lugas dan jelas ketika membuat daftar riwayat hidup.

Jangan menggunakan kiasan berlebihan bahkan rumit. Tulis data yang akan dimasukkan sesuai fakta dan jangan dipalsukan apalagi menimbulkan pertanyaan yang ambigu.

Permudah HRD untuk mengatakan “Ya” pada daftar riwayat hidup Anda. Kalau sudah mendapatkan kunci “Ya” dari HRD, ini bisa jadi jalan Anda untuk masuk ke perusahaan yang Anda lamar.

Membuat Daftar Riwayat Hidup Tidak Lebih dari 2 Halaman

Ingat, daftar riwayat hidup Anda bukanlah sebuah cerita yang harus Anda paparkan dengan deskripsi panjang atau kalimat bertele-tele, itu malah akan membuat orang merasa malas untuk membacanya.

Cobalah buat seperti contoh daftar riwayat hidup yang sudah dibahas sebelumnya. Jangan sampai melebihi angka 2 lembar ya.

Membuat daftar riwayat hidup tidak sulit dan tidak mudah juga. Anda harus benar-benar teliti apalagi kalau itu digunakan untuk kepentingan melamar pekerjaan. Diri Anda akan digambarkan lewat lembaran kertas yang Anda kirimkan.

Jangan sampai HRD menafsirkan hal buruk karena daftar riwayat hidup yang tidak tepat. Perhatikanlah beberapa tips, contoh dan komponen daftar riwayat hidup yang sudah dijelaskan di atas. Usahakan untuk selalu mengkoreksi setiap kata hingga kalimat yang Anda tulisakan di dalamnya.

Jangan sungkan juga untuk meminta bantuan orang terdekat untuk ikut membaca daftar riwayat hidup Anda. Apakah menurutnya sesuai atau tidak, akan lebih baik sih teman yang Anda mintai tolong juga sudah berpengalaman.

Sehingga Anda bisa mendapatkan masukan yang tepat untuk membuat daftar riwayat hidup yang menarik dan benar.

Lantas, biasanya kapan sih daftar riwayat hidup akan direspon oleh perusahaan? Sebenar nya perihal waktu akan berbeda-beda, tergantung pada perusahaan apa Anda melamar. Kalau Anda melamar sebagi PNS kan sudah jelas, biasanya akan ada time schedule nya.

Kalau perusahaan swasta itu yang tergantung bagaimana mereka mengatur, bisa lebih cepat atau lebih lama.

Baca Juga : Belajar SEO Dari Dasar Hingga Expert

Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait perusahaan yang ingin Anda masuki sehingga Anda bisa mempersiapkan banyak hal, termasuk mempersiapkan waktu agar tidak terlambat saat memberikan contoh daftar riwayat hidup cv kreatif serta tahu seberapa lama respon perusahaan tersebut melakukan seleksi pada daftar riwayat hidup yang masuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *