Contoh Kata Pengantar Proposal, Laporan, Skripsi

Dalam dunia pendidikan, bisnis bahkan dalam bermasyarakat, setiap orang pasti pernah membuat laporan atau proposal atau skripsi. Pada dasarnya, ketiga hal itu adalah bagian dari karya ilmiah yang membutuhkan pedoman tertentu, seperti sistematika penulisan dan aturan yang terikat. Namun, dari ketiga hal tersebut, ada beberapa kesamaan yang cukup terlihat, yaitu adanya kata pengantar baik dari laporan, proposal dan skripsi. Berikut ini beberapa contoh kata pengantar  yang bisa Anda jadikan referensi.

Kata pengantar dalam karya tulis dalam bentuk apapun adalah salah satu elemen yang cukup penting. Namun biasanya, kata pengantar ini sering diabaikan oleh pembaca padahal biasanya kata pengantar cukup mendasar dalam memahami suatu buku. Biasanya dalam kata pengantar, penulis akan menjelaskan tentang alasan mengapa buku ini ditulis, bisa juga menjelaskan tentang proses penulisan, atau tentang tata cara bagaimana menikmati suatu bacaan tertentu.

Baca Juga: Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

Kata Pengantar Untuk Tulisan Lain

Sama seperti halnya buku popular atau novel, kata pengantar juga sangat penting dalam penulisan ilmiah, skripsi dan proposal. Kata pengantar adalah salah satu elemen yang cukup penting karena biasanya kata pengantar berisi sebagai dasar atau alasan kenapa sebuah laporan, proposal atau skripsi dibuat. Pertanyaan ‘why’ sebuah karya ilmiah ditulis biasanya dijelaskan dalam kata pengantar. Berbeda dengan kata pengantar buku nonfiksi popular maupun, penulisan kata pengantar dalam karya ilmiah biasanya sedikit berbeda karena mempunyai aturan atau panduan tertentu.

Fungsi dari kata pengantar antara lain menjelaskan tentang gambaran tentang bahasan, mengantarkan pembaca untuk dapat mengurai isi dari penelitian karya ilmiah dan tujuan yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya.

Kata Pengantar Proposal

Kata Pengantar Proposal

Hal yang cukup penting dalam kata pengantar dalam penulisan proposal, laporan dan skripsi biasanya berisi tentang sesuatu yang cukup singkat, jelas dan biasanya hanya satu halaman A4. Kata pengantar biasanya berisi tentang ucapan syukur, judul, tujuan proposal, laporan dan skripsi, penjelasan tentang hasil dari penelitian dan ucapan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu, seperti rector, dekan, pembimbing, keluarga, teman-teman dan pihak lain yang terlibat. Secara lebih detail, beberapa hal yang perlu ditulis di kata pengantar antara lain:

Bagian pertama

yang biasanya ditulis di kata pengantar untuk laporan, proposal dan skripsi yang paling utama adalah ucapan syukur untuk Tuhan Yang Maha Esa, misalnya dengan alhamdulillah, puji syukur atas kehadirat Tuhan. Dan bagian ucapan syukur ini dikhususkan penulis kepada Tuhan yang telah melancarkan semua proses dalam pembuatan laporan, proposal dan skripsi.

Bagian kedua

menjelaskan tentang gambaran mengenai isi dari laporan, proposal dan skripsi yang akan atau telah dibuat. Di bagian ini cukup penting karena penulis akan menjelaskan tujuan mengapa Anda menulis karya ilmiah ini.

Selain ucapan syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang tak kalah penting dari adalah ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan karya tulis missal keluarga, sahabat, rekan kampus, dosen dan pihak-pihak lain. Ucapan terima kasih ini juga harus dijelaskan mengapa pihak-pihak ini sangat membantu penelitian Anda.

Isi

Setelah ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, penjelasan tentang gambaran isi laporan, proposal dan skripsi, ucapan terima kasih kepada beberapa pihak yang terlibat, bagian keempat selanjutnya adalah tentang harapan penulis kepada pembaca dari proses penulisan karya ilmiah. Bagian ini juga menjadi sangat penting karena biasanya penelitian karya ilmiah perlu ada penelitian lanjutan dengan topik yang sama yang akan melengkapi hasil peneltian.

Selanjutnya bagian terakhir

dari kata pengantar adalah permintaan maaf jika masih banyak kekurangan dalam penelitian maupun penulisan dalam karya ilmiah. Bagian terakhir ini juga penulis menerima kritik dan saran jika masih banyak kekurangan dalam penulisan karya ilmiah.

Begitulah sistematika penulisan kata pengantar laporan, proposal dan skripsi. Beberapa contoh penulisan kata pengantar laporan, proposal dan skripsi antara lain:

Contoh Kata Pengantar Laporan

Contoh Kata Pengantar Laporan

Menulis laporan biasanya tak hanya digunakan untuk orang-orang akademisi, laporan juga berlaku untuk beberapa pihak mulai dari masa sekolah untuk menulis laporan praktikum dan laporan praktek lapangan jika Anda adalah orang siswa yang masuk jurusan kejuruan.

Ketika Anda kuliah pun, Anda harus membuat banyak laporan, misalnya laporan observasi lapangan, laporan penelitian dan praktikum atau laporan ketika Anda sedang magang. Ketika Anda sudah bekerja dan bermasyarakat, Anda juga pasti tak bisa dilepaskan laporan. Semua laporan ini harus ada kata pengantar.

Kata pengantar dalam laporan ini juga penting karena fungsi pengantar adalah sebuah gerbang dari semua jenis laporan yang ada. Melalui Kata Pengantar, Anda bisa membaca isi topik dari isi laporan secara umum dan juga untuk memberikan gambaran tentang pembahasannya.

Contoh laporan kata pengantar dalam laporan antara lain:

Contoh Kata Pengantar Laporan KKL

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkat kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia nikmat dan kesehatan sehingga kami bisa menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Lapangan. Salawat serta salam kami curahkan untuk Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umat manusia dari jaman jahiliah ke jaman yang terang benderang dan teratur.

Ternak adalah hewan herbivora yang biasanya mengonsumsi rumput dan daun. Namun saat ini, rumput dan dedaunan saat ini sudah sangat sulit dicari karena sudah banyak tanah dan sawah dibuat bangunan dan perumahan. Untuk mengantisiasi hal itu, akhirnya banyak petenak mencoba berbagai cara untuk mengganti rumput dengan pakan ternak lainnya. Pakan ternak ini juga biasanya tak diberikan banyak nutrisi yang akan mempercepat pertumbuhan dan produksi ternak sehingga menghasilkan produksi yang optimal. Laporan ini adalah untuk hasil observasi tentang pakan ternak.

Pada kesempatan ini,

penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada Dr. Budiman, M.Si yang selalu pembimbing atas semua saran dan arahan sehingga pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan bisa terlaksana dengan baik. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PT Agro Ternak, Desa Karang Tengah Kecamatan Kebumen, Kabupaten Majalengka karena telah diberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan. Kami juga harus berterima kasih kepada orangtua kami yang telah memberikan dukungan baik secara materil dan moril sehingga kami bisa berjuang sampai sejauh ini dan tak lupa kepada kelompok KKL Agronomi yang telah semangat menyelesaikan KKL ini dengan baik. Tak lupa kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak lain yang telah membantu kami dalam Kuliah Kerja Lapangan ini.

Terakhir, kami memohon maaf jika dalam penulisan ini, masih banyak kesalahan dan ketidaksempurnaan. Kami mohon kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan penulisan kami di masa yang akan datang. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat untuk kampus dan masyarakat terutama terkait pakan ternak altenatif.

Bandung, Februari 2020

Penulis

Begitulah contoh kata pengantar laporan yang bisa dijadikan contoh jika Anda ingin membuat laporan. Contoh kata pengantar ini hanyalah dasar dan Anda bisa menyesuaikan dengan laporan yang Anda buat.

Kata Pengantar Laporan Study Tour

Jika Anda adalah seorang siswa, baik yang sedang duduk di menengah pertama ataupun menengah atas, sekolah Anda pasti pernah mengadakan study tour ke suatu tempat untuk menunjang wawasan dan pembelajaran di luar sekolah. Hal ini cukup penting mengingat definisi belajar tidak hanya di sekolah, tapi siswa bisa belajar di tempat lain.

Namun biasanya, setelah perjalanan study tour selesai, siwa diharuskan menuliskan laporan study tour yang kemudian dikumpulkan ke wali kelas. Sama halnya laporan yang lain, laporan study tour juga memiliki kata pengantar yang berbeda dengan jenis laporan yang lain. Di bawah ini, kami ingin memberikan gambaran bagaimana cara membuat kata pengantar laporan study tour:

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkat kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia nikmat dan kesehatan sehingga kami bisa menyelesaikan laporan kegiatan study tour melihat keindahan Dieng dan wisata sekitar nya di Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah ini dengan baik. Salawat serta salam Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan ke zaman yang terang benderang.

Selama study tour ke Dieng,

kami bisa belajar banyak hal, terutama mengenai keindahan alam, budaya masyarakat sekitar dan hasil pertanian yang ada di Dieng. Karena keterbatasan pemahan mengenai Dieng dan wisata di sekitarnya, kami mohon pemakluman jika laporan ini jauh dari sempurna. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk para guru di SMA Bakti yang telah membimbing dan menjaga kami selama study tour ke Dieng juga para tour guide yang telah memberikan pemahaman terkait wisata dan sejarah kebudayaan yang ada di Wonosobo.

Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika laporan kegiatan study tour ini masih jauh dari sempurna. Namun, kami berharap laporan study tour ini bisa memberikan informasi dan pengetahuan baru kepada pembaca tentang budaya, wisata, pertanian dan adat istiadat yang ada di Dieng dan sekitarnya. AKhir kata, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang terlibat dalam pembuatan laporan study tour ini. Semoga laporan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.

Penulis

Begitulah contoh kata pengantar untuk pembuatan laporan kegiatan study tour. Anda bisa menggunakannya sebagai dasar untuk membuat kata pengantar laporan yang lain dengan topik tertentu.

Kata Pengantar Laporan Penelitian

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkat kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia nikmat dan kesehatan sehingga kami bisa menyelesaikan laporan penelitian yang merupakan syarat untuk menyelesaikan mata kuliah Zoologi. Salawat serta salam Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan ke zaman yang terang benderang.

Penulis merasa bersyukur dan bangga akhirnya kegiatan penelitian ini bisa selesai dengan hasil yang memuaskan dan tepat waktu. Namun karena keterbatasan penulis dalam penelitian, banyak sekali hambatan yang tejadi di lapangan. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian ini antara lain:

  1. Prof. Dr. Handika, M.Si selaku pembimbing mata kuliah Zoologi Fakultas Biologi Universitas Tanjungpura, Kalimantan Barat
  2. Dr. Faizal Hurbi, M.Si selaku dosen asisten dosen yang banyak membantu dalam proses penyusunan laporan penelitian ini.
  3. Bapak Karta Wiharja, M.Si, selaku ketua LIPI Jakarta yang telah menerima kami selama seminggu penuh untuk melakukan penelitian ini.
  4. Orangtua yang telah memberikan doa, semangat serta mendukung penulis baik dari segi moril dan materil.
  5. Semua pihak yang telah membantu penulis yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Penulis hanya bisa memberikan doa dan rasa terima terima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam penelitian ini. Namun, taka da gading yang tak retak. Hasil laporan penelitian ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis juga menerima masukan dan kritik guna perbaikan laporan yang akan datang. Penulis juga berharap bahwa laporan penelitian ini bisa memberikan sumbangsih kepada pengetahuan khususnya sains. Akhir kata, semoga penelitian bisa dilanjutkan agar bisa menjadi ilmu yang lengkap dan utuh.

Pontianak, 15 April 2017

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal

Setiap orang pasti pernah membuat proposal. Proposal ini banyak digunakan untuk mengajukan penelitian bagi mahasiswa tingkat akhir atau untuk dosen yang ingin mengajukan penelitian. Ada juga proposal yang ditujukan untuk mengajukan investasi bisnis ke investor dan masih banyak lagi.

Proposal ini sangat dibutuhkan untuk banyak kalangan, mulai dari civitas akademika, pekerja sampai masyarakat. Karena tujuan proposal berbeda-beda, kata pengantar proposal juga berbeda menyesuaikan dengan proposal yang akan dibuat. Di bawah ini adalah contoh proposal dari berbagai bidang dan tujuan, antara lain:

Proposal Penelitian Skripsi

Sebagai mahasiswa tingkat akhir yang akan mengajukan penelitian diharuskan untuk membuat proposal penelitian. Sama seperti halnya skripsi, dalam pembuatan proposal penelitian juga harus menggunakan pedoman yang berlaku di masing-masing kampus.

Baca Juga: Sejarah Telkom University

Setiap kampus tentu memiliki syarat dan ketentuan tersendiri dalam penyusunan proposal penelitian. Namun pada umumnya, proposal penelitian ini biasanya berisi latar belakang,rumusan masalah, tujuan manfaat, kerangka teori dan metodeologi penelitian. Contoh proposal penelitian antara lain:

Kata Pengantar

Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan proposal penelitian skripsi yang berjudul judul ‘Efektivitas Mendongeng Menggunakan Bahasa Banyumasan Untuk Mengajarkan Bahasa Daerah Kepada Anak Usia Dini untuk Menjaga Kearifan Lokal di Kabupaten Banyumas’ dengan baik. Salawat serta salam penulis haturkan untuk Nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa umat manusia dari zaman kegelapan ke zaman yang penuh dengan cahaya.

Adapun maksud dan tujuan proposal penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana efektivitas dongeng berbahasa daerah untuk mengajarkan Bahasa lokal kepada anak. Hal ini patut dipelajari mengingat Bahasa daerah mulai dilupakan generasi muda yang digantikan dengan bahasa nasional. Dengan dongeng, penulis mengharapkan bisa memberikan sumbangsih kepada kebudayaan daerah, terutama mengenai bahasa daerah.

Proposal penelitian ini mungkin tidak akan berjalan dengan baik tanpa bantuan beberapa pihak antara lain:

  • Bapak Prof. Dr. Ir. Suwanto, M.S selau Rektor Universitas Jenderal Soedirman
  • Bapak Drs. Bambang Lenono, M.Hum selaku Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman
  • IbuDyah Wijayawati, M.Hum selaku ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia
  • IbuWiekandini Dyah Pandanwangi, S.Hum, M.Hum dan juga Bapak Imam Suhardi, S.Hum, M.Hum yang selalu dosen pembimbing yang telah memberikan banyak pelajaran dan masukan selama skripsi berlangsung.
  • IbuPurwanti dan Bapak M. Arsyad, selalu orangtua penulis yang telah mendukung, memberikan doa dan motivasi dan pengorbanan baik secara moril dan materil sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi ini dengan baik dan lancar.
  • Teman-teman Sastra Indonesia Angkatan 2015 yang telah berjuang selama ini. Terima kasih atas pertemanan yang sehat dan dukungannya.
  • Pihak-pihak lain yang terlibat dalam penulisan skripsi ini yang tidak dapat disebutkan penulis satu persatu.

Penulis berharap proposal ini bisa bermanfaat bagi semua pihak terutama untuk kebudayaan di Banyumas. Penulis juga menerima kritik dan saran dari banyak pihak agar penulis bisa melaksanakan penelitian ini dengan baik.

Purwokerto, April 2019

Penulis

Kata Pengantar Proposal Pengajuan Bisnis

Bagi Anda yang sedang berbisnis, biasanya pasti memiliki kendala banyak kendala, salah satunya modal. Namun sekarang Anda tak perlu khawatir karena saat ini banyak investor yang siap menanamkan modal kepada Anda sehingga Anda bisa memulai bisnis Anda.

Berbagai investor yang bisa Anda ajukan proposal bisnis adalah Kementerian UMKM pemerintah daerah setempat atau bahkan dari personal. Syarat pengajuan modal khususnya untuk UMKM harus membuat proposal bisnis terlebih dahulu.

Proposal bisnis ini meliputi masterplan bisnis hingga tentang risiko dan jumlah modal. Proposal bisnis juga memerlukan kata pengantar yang ditujukan untuk calon investor. Contoh kata pengantar proposal bisnis adalah sebagai berikut:

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkat kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia nikmat dan kesehatan sehingga kami bisa menyelesaikan proposal usaha yang kami harapkan bisa diberikan kelancaran untuk bisnis kami. Salawat serta salam semoga selalu tercurah untuk nabi akhir zaman, Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan ke zaman yang terang benderang. Semoga tauladan nabi bisa menjadikan contoh bagi para pengusaha terutama pengusaha muslim di seluruh dunia.

Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen adalah salah satu desa paling selatan yang ada di Pulau Jawa. Desa tersebut memiliki sebuah pantai yang cukup indah bernama Pantai Laguna. Setiap tahunnya, ada jutaan orang yang datang untuk menikmati pantai tersebut, terutama ketika libur lebaran dan tahun baru. Namun sayangnya, potensi yang besar itu tidak diimbangi dengan pengelolaan yang baik dan tepat sehingga pantai yang harusnya indah itu menjadi banyak sampah oleh ulah pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

Karang Taruna Desa Lembupurwo adalah salah satu organisasi pemuda yang cukup aktif mengembangkan lokawisata Pantai Laguna. Kami ingin membentuk Kelompok Dasar Wisata Pantai Laguna yang bisa mengembangkan potensi wisata di Kecamatan Mirit dan Desa Lembupurwo, khususnya. Namun demikkian, kebutuhan modal yang sangat besar menjadikan salah satu alasan kami untuk mengajukan proposal bisnis untuk mendapatkan modal dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen.

Kami sadar bahwa dalam pembuatan proposal bisnis ini, masih banyak ketidaksempurnaan termasuk dalam penyusunan konsep yang kami ajukan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran agar kami bisa memperbaikinya di masa yang akan datang.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Setiap mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir wajb membuat skripsi sebagai syarat untuk mendapat gelar sarjana. Berbagai syarat dan ketentuan dalam penulisan skripsi biasanya sudah diatur dalam buku pedoman penulisan skripsi dari kampus.

Meskipun sistematika penulisan karya ilmiah sudah diatur, namun kampus biasanya memiliki kriteria khusus yang berbeda dari kampus satu dengan yang lain. Kampus biasanya memiliki kebijakan tertentu dalam membuat pedoman skripsi missal soal penomoran bab yang berbeda dari kampus satu dengan kampus yang lain.

Sistematika penulisan skripsi ini sebenarnya sudah masuk dalam standar kepenulisan karya ilmiah. Pada umumnya, sistematika karya ilmiah ada beberapa tahap, yaitu yang pertama adalah pendahuluan yang berisi latar belajar, rumusan masalah, tujuan dan manfaat dalam skripsi.

Bab dua dalam skripsi biasanya melingkupi kerangka teori yang biasanya berisi tentang teori-teori yang berkaitan dengan topik yang diangkat, juga beberapa penelitian masa lalu agar tidak terjadi kesamaan topik.

BabKetiga adalah metodeologi penelitian yang merupakan metode atau teknik yang digunakan dalam penelitian Anda.

Bab keempat adalah pembahasan atau hasil penelitian. DI bab ini hasil penelitian Anda dituangkan dan dijabarkan dengan detail.

Bab terakhir yaitu penutup yang berisi kesimpulan dan saran yang atas penulisan skripsi.

Baca Juga: Daftar Universitas di Bandung

Sedangkan kata pengantar sendiri letaknya sebelum pendahuluan atau setelah abstrak. Berbeda dengan contoh pengantar penulisan laporan yang biasanya lebih ringkas, penulisan kata pengantar skripsi cukup detail karena harus menuliskan judul skripsi juga.

Contoh penulisan kata pengantar skripsi:

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Esa atas limpahan nikmat kesehatan dan rahmat sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul ‘Mendongeng Menggunakan Bahasa Banyumasan Untuk Mengajarkan Bahasa Daerah Kepada Anak Usia Dini untuk Menjaga Kearifan Lokal di Kabupaten Banyumas’ dengan baik dan tanpa kendala. Skripsi ini adalah untuk memenuhi syarat untuk menyelesaikan studi dan untuk memperoleh gelar sarjana sastra pada salah satu Prodi Strata Satu Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Terselesaikannya skripsi ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga, oleh karena itu, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya untuk:

  1. Bapak Prof. Dr. Ir. Suwanto, M.S selau Rektor Universitas Jenderal Soedirman
  2. Bapak Drs. Bambang Lenono, M.Hum selaku Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman
  3. IbuDyah Wijayawati, M.Hum selaku ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia
  4. IbuWiekandini Dyah Pandanwangi, S.Hum, M.Hum dan juga Bapak Imam Suhardi, S.Hum, M.Hum yang selalu dosen pembimbing yang telah memberikan banyak pelajaran dan masukan selama skripsi berlangsung.
  5. IbuPurwanti dan Bapak M. Arsyad, selalu orangtua penulis yang telah mendukung, memberikan doa dan motivasi dan pengorbanan baik secara moril dan materil sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi ini dengan baik dan lancar.
  6. Teman-teman Sastra Indonesia Angkatan 2015 yang telah berjuang selama ini. Terima kasih atas pertemanan yang sehat dan dukungannya.
  7. Pihak-pihak lain yang terlibat dalam penulisan skripsi ini yang tidak dapat disebutkan penulis satu persatu.
    Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang telah membantu dan memperlancar dalam penulisan skripsi ini. Penulis berharap skripsi ini bisa memberikan banyak manfaat untuk dunia perkembangan Bahasa dan sastra Indonesia sehingga bisa memberikan masukan dalam dunia Pendidikan.

Purwokerto, Agustus 2019
Penulis

Kesimpulan

Begitulah beberapa contoh kata pengantar untuk laporan, proposal dan skripsi. Anda bisa membuat kata pengantar ini menyesuikan dengan topik yang sedang Anda tulis. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda dan juga untuk semua orang agar bisa memperlancar penulisan laporan, proposal dan skripsi dengan baik.

Tinggalkan komentar