Contoh Kop Surat

Contoh Kop Surat dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Kop di dalam surat merupakan bagian terpenting dari sebuah “surat resmi” yang diterbitkan atau dikirimkan oleh suatu instansi. Kop surat juga membuat kesan professional dari pengirimnya, maka tidak boleh dibuat sembarangan. Oleh karena itu, pahami contoh kop surat sebelum Anda membuatnya.

Penulisannya pun juga harus sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang berlaku. Dengan begitu, surat akan nampak lebih resmi dan nampak profesional.

Pengertian Kop Surat

Pengertian Kop Surat

Surat adalah media komunikasi antara seseorang dengan seseorang. Media dibagi menjadi dua jenis, yaitu surat pribadi dan surat resmi. Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi atau dikirimkan untuk seseorang. Ciri ini salah satunya adalah tidak menggunakan kop surat.

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa

Sedangkan surat resmi adalah jenis yang digunakan untuk kepentingan resmi sebuah instansi ataupun organisasi. Contohnya adalah surat undangan, surat edaran, dan surat pemberitahuan. Salah satu ciri-cirinya yaitu dengan menggunakan kop surat.

Kepala surat atau biasa disebut dengan kop surat adalah bagian dari sebuah surat resmi yang dikeluarkan oleh suatu instansi. Biasanya diletakkan di bagian paling atas. Dengan meletakkannya, penerima surat akan tahu dari mana surat itu dikirim.

Kop surat juga dapat membuat surat tersebut terbukti resmi sekaligus meningkatkan formalitas, menunjukkan citra perusahaan, dan kepentingan surat yang dikirim. Kop surat umumnya terdiri dari logo, nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon (semua itu harus ditulis dengan baik dan benar).

Beberapa Unsur dari Kop Surat

Rata-rata kop surat untuk sebuah perusahaan mempunyai isi yang sama. Formatnya pun tidak jauh berbeda antara kop surat perusahaan satu dengan kop surat perusahaan lainnya. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan disebutkan dan dijelaskan per bagiannya:

Nama Instansi atau Perusahaan

Cara penulisan nama instansi biasanya menggunakan huruf kapital dan menggunakan font yang jelas. Biasanya juga dicetak dengan font tebal (bold). Jangan sampai salah dan cek ulang lagi sebelum mencetaknya.

Logo

Di dalam kop surat biasanya terdapat logo instansi tersebut yang bersifat opsional. Biasanya terletak pada bagian kiri kop surat. Jika akan meletakkan dua logo, maka bisa diletakkan di sisi kanan dan kirinya.

Alamat

Cara penulisan alamat biasanya menggunakan ukuran font yang lebih kecil dari nama instansi. Penulisan alamat instansi dalam kop surat juga harus lengkap dan jelas. Mulai dari jalan, nomor, kota, sampai provinsi tempat perusahaan itu berdiri.

Telepon, E-mail, dan Website

Penulisan telepon, e-mail, dan website di kop surat tidak kalah penting. Telepon, e-mail, dan website dituliskan karena berguna jika penerima mempunyai hal yang ingin ditanyakan terkait surat yang diterima bisa langsung menghubungi pengirim surat.

Biasanya ditulis dengan ukuran font yang sama dengan alamat atau bisa lebih kecil. Peletakannya bisa di bagian paling bawah.

Garis

Garis diperlukan di kop surat sebagai pembatas bagian kop surat dengan bagian surat yang lainnya. Salah satunya yaitu diletakkan di bagian paling bawah dari kop surat.

Fungsi Kop Surat Perusahaan

Fungsi Kop Surat Perusahaan

Setelah mengerti apa saja yang menjadi bagian dari kop surat dan bagaimana cara penulisannya, sekiranya Anda juga perlu tau tentang fungsi dari kop surat itu sendiri. Simak beberapa fungsinya di bawah ini:

Menunjukkan Identitas Suatu Instansi atau Perusahaan

Kop surat akan selalu menunjukkan identitas perusahaan. Hal ini pastinya, bisa menunjukkan dan membedakan setiap perusahaan terkait identitas masing-masing. Di samping itu, logo tersebut juga memiliki makna dan arti tersendiri.

Penyedia Informasi

Di dalam kop surat pasti tercantum nama, logo, bidang usaha, alamat lengkap, nomor telepon, sampai email perusahaan. Semua data tersebut merupakan sebuah informasi lengkap bagi penerima, ataupun calom konsumen yang akan menjalin kerja sama dengan perusahaan tersebut.

Menjadi Media Pemasaran

Selain sebagai penyedia informasi tentang perusahaan itu, kop surat juga bisa berfungsi sebagai media pemasaran produk yang ditawarkan atau menarik para pencari kerja untuk menjadi bagian di perusahaan tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Format dari Kop Surat?

Penulisan kop surat tidak boleh dilakukan sembarangan atau bahkan tidak sesuai dengan aturan yang sudah berlaku. Saat ingin membuat kop surat, Anda harus memperhatikan aturan yang ada. Beberapa unsur tersebut antara lain:

  • Kepala surat harus memuat semua informasi perusahaan. Mulai dari logo, nama, hingga alamat website perusahaan itu, termasuk kode pos dari kecamatan tempat berdirinya perusahaan.
  • Penulisan nama lembaga harus dengan huruf kapital.
  • Untuk penulisan alamat perusahaan harus lengkap dan jelas. Penulisan menggunakan huruf kapital di awal kata.
  • Untuk penulisan telepon, fax, website, dan email menggunakan huruf kapital di awal kata.
  • Kata sambung (di, dan) harus ditulis dengan huruf kecil.
  • Tidak boleh membuat singkatan kata.

Contoh :

  • yang benar Telepon.
  • yang benar Alamat.
  • Jangan mencantumkan P.O. BOX untuk menunjukkan alamat kantor.
  • Harus menambahkan titik dua (:) di tempat-tempat tertentu. Penempatan titik dua (:) setelah kata-kata Telepon, Faksimili, E-mail, dan lain-lain.

Contoh :

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Membuat kop surat di Microsoft Word sangat mudah. Beberapa perusahaan mempunyai standar tersendiri untuk format kop surat masing-masing. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa ulasan di bawah ini:

  • Buka Microsoft Word, lalu ubah tampilan menjadi “Print Layout
  • Selanjutnya, klik dua kali di area header (sisi paling atas halaman) lalu pilih “Different First Page” di kolom Design
  • Kemudian tulis semua identitas perusahaan atau instansi dengan “Align Center”
  • Setelah itu, tambahkan logo perusahaan dan atur posisinya.
  • Lalu buat garis untuk pembatas antara kop surat dengan isi.
  • Langkah berikutnya adalah atur “Borders and Shading”, lalu klik Ok.
  • Jika sudah sesuai, ke luar dari Header, selesai.

Cukup dengan mengikuti apa yang sudah dijelaskan di atas, Anda sudah mampu membuat kop surat untuk perusahaan pribadi.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh Kop Surat

Jika masih binggung dari penjelasan di atas, sebaiknya Anda langsung mempraktikkannya dengan melihat beberapa referensi di bawah ini. Berikut ulasannya:

Contoh Kop Surat Perusahaan Retail

Perusahaan retail adalah salah satu perusahaan yang memasarkan prooduk termasuk semua aktivitas yang menyangkut penjualan barang, baik secara langsung ke konsumen akhir. Penjualan barang tersebut dilakukan unuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis.

Di bawah ini merupakan contoh kop surat perusahaan retail:

PT INDIMAN SEGARA ABADI

Jl. Raya Terusan Soekarno Hatta Blok A3B No. 7, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur

Telepon : (0341) 295 5010 Fax : (0341) 762 3727

Email : [email protected]

Contoh Kop Surat untuk Marketing

Kop surat untuk marketing di sini lebih fokus dan menargetkan konsumen. Di dalam kop surat ini, lebih baik penulis kop juga mencantumkan media sosial secara lengkap. Jika perlu, cantumkan visi perusahaannya juga.

Oleh karena itu, pencetak surat wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contoh kop surat untuk marketing:

PT ROCKET MANAJEMEN

Manage your bussiness

Jl. Solo Km. 59 Bantul Yogyakarta

Telepon : (0271) 252 3525 Fax : (0271) 829 6138

Email : [email protected] Website : www.rocketmanajemen.com

Contoh Kop Surat Perusahaan Tekstil

Perusahaan tekstil termasuk jenis industri besar. Perusahaan tekstil merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan atau pengolahan sebuah bahan untuk menjadi produk siap jual. Contohnya adalah pengolahan serat menjadi benang, selanjutnya benang itu menjadi kain.

Di bawah ini merupakan contoh kop surat perusahaan tekstil:

PT MERMAID INDUSTRY INDONESIA

Jl. Raya Lenggok No. 69, Blenderen, Watesumpak, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur

Telepon : (0321) 324 6166 Fax : (0321) 392 7223

Email : [email protected] Website : https://mermaidindustry-indonesia.com

Contoh Kop Surat Perusahaan Jasa Pengiriman

Perusahaan jasa pengiriman atau perusahaan ekspedisi merupakan salah satu perusahaan yang cukup besar, terutama di negara kita ini. Perusahaan ekspedisi ini menawarkan jasa pengiriman sebuah barang ke seluruh kota di Indonesia. Di bawah ini merupakan contoh kop suratnya:

JNB KANTOR PUSAT

Jl. Tebet Raya No. 11, Kuningan, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Telepon : (021) 566 5262 Fax : (021) 567 1413

Email : [email protected] Website : https://jnb.co.id/

Contoh Kop Surat RT

Rukun Tetangga (RT) adalah suatu pembagian wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk. Lingungan ini diketuai oleh ketua RT yang ditunjuk oleh warganya.Oleh karena itu, perangkat dusun tersebut wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya.

Di bawah ini merupakan contoh kop surat RT:

PENGUMUMAN

ACARA TAHLILAN 10 HARI ALM. SUTOYO

Jl. Ahmad Yani No. 65, Ngadirejo, Kec. Kota, Kota Kediri, Jawa Timur

Contoh Kop Surat Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi adalah perusahaan yang menawarkan jasa untuk penanggulangan resiko atas sebuah kerugian tertentu. Banyak masyarakat mengira bahwa asuransi hanya memberikan perlindungan atas kesehatan seseorang.

Padahal asuransi juga memberikan jasa atas penanggulangan resiko kerusakan, contohnya yaitu asuransi mobil. Di bawah ini merupakan contoh kop surat untuk referensi:

CARE EVERYTHING MALANG

Jl. Raya Ranu Grati No. 24 Gg. Masjid, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur

Telepon : (0341) 566 5262 Fax : (0341) 567 1413

Email : [email protected] Website : https://careeverything-malang.com

Contoh Kop Surat Perusahaan Travel

Perusahaan travel adalah perusahaan yang menawarkan jasa pengantaran dan penjemputan seseorang yang ingin bepergian.

Travel ini biasanya menjemput seseorang di tempat yang sudah ditentukan oleh penumpang yang akan dijemput. Selanjutnya travel akan mengantar penumpang ke tempat tujuan masing-masing penumpang. Di bawah ini merupakan contoh kop surat jasa tersebut:

TIME TRAVELLER MALANG

Jl. Danau Sentani V No. 10, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur

Telepon : (0341) 597 5252 Fax : (0341) 967 1323

Email : [email protected] Website : https://timetraveller-malang.com

Contoh Kop Surat Lembaga Swadaya Masyarakat

Lembaga swadaya masyarakat merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh suatu kelompok secara sukarela. Lembaga ini memberikan pelayanan untuk masyarakat tanpa adanya tujuan memperoleh keuntungan.

Maka, instansi semacam ini juga wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contoh kop surat lembaga swadaya masyarakat:

KOMUNITAS MASYARAKAT PEDULI KESEHATAN

Jl. Sunan Giri No. 64 Gg. I, Ngadirejo, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Jawa Timur

Telepon : (0345) 507 8578 Fax : (0345) 357 1013

Email : [email protected]

Website : https://komunitasmasyarat-kesehatan.com

Contoh Kop Surat Perusahaan Penyedia Bahan Pangan

Perusahaan penyedia bahan pangan adalah perusahaan yang memjadi pusat penjualan bahan pangan langsung dari petani.

Selanjutnya perusahaan penyedia bahan pangan ini bisa langsung menjual ke konsumen atau melalui pedagang di pasar tradisional atau pasar modern. Di bawah ini merupakan contoh kop surat perusahaan penyedia bahan pangan:

HIDAYAH PANGAN MALANG

Jl. Danau Tambingan H8/B1 Sawojajar, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur

Telepon : (0341) 597 5252 Fax : (0341) 967 1323

Email : [email protected] Website : https://hidayahpangan-malang.com

Contoh Kop Surat Perusahaan Software

Perusahaan software adalah perusahaan penyedia jasa pembuatan berbagai perangkat lunak dan aplikasi.

Klien perusahaan ini umumnya jenis perusahaan yang sangat membutuhkan software, baik untuk media penghubung perusahaan. Di bawah ini merupakan contoh kop surat yang bisa digunakan:

OMAH SOFTWARE MALANG

Jl. Tterusan Candi Mendut A7 G12, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur

Telepon : (0341) 597 5252 Fax : (0341) 967 1323

Email : [email protected] Website : https://omahsoftware-ngalam.com/

Contoh Kop Surat Kantor Hukum

Kantor hukum adalah usaha perseorangan yang berbentuk firma. Jenis usaha ini menawarkan jasa untuk melayani permasalahan hukum yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Instansi tersebut juga harus mempunya kop surat di setiap surat dicetak olehnya.

Di bawah ini merupakan contoh kop surat kantor hukum:

LAW OFFICE RENDY TULUNGAGUNG

Ruko Warna Biru Kav. 2 Jl. Raya Tulungagung – Kediri G7 A1, Kota Tulungagung, Jawa Timur

Telepon : (0355) 597 5252 Fax : (0355) 967 1323

Email : [email protected] Website : https://rendy.lawoffice.com/

Contoh Kop Surat Untuk Pengumuman

Kop surat untuk pengumuman termasuk jenis kop tidak resmi. Biasanya untuk jenis pengumuman yang diterbitkan oleh suatu instansi, lembaga, atau organisasi.

Oleh karena itu, penerbit surat untuk pengumuman wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contohnya:

PENGUMUMAN

SMK TELKOM MALANG

Jl. Danau Ranau Raya, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur

Telepon : (0341) 712 500 Email : [email protected]

Website : https://smktelkom-mlg.sch.id/

Contoh Kop Surat Universitas

Universitas merupakan institusi perguruan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas yang mengadakan proses belajar mengajar oleh dosen kepada mahasiswa dan mahasiswinya. Tempat pendidikan ini juga harus mempunyai kop surat (termasuk instansi penting negara).

Di bawah ini merupakan contoh kop surat untuk universitas:

UNIVERSITAS KOTA BARU

Jl. Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Kota Jember, Jawa Timur

Telepon 1 : (0331) 330 224 Telepon 2 : (0331) 333 147

Email : [email protected] Website : https://unej.ac.id/

Contoh Kop Surat Sekolah

Sekolah merupakan sebuah lembaga yang memberikan pengajaran untuk para siswa. Sekolah adalah instasi penting karena menjadi bagian dari perangkat negara dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, sekolah wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya.

Di bawah ini merupakan contoh kop yang bisa dijadikan acuan:

SD ISLAM TERPADU BINA INSANI KEDIRI

Jl. Jaya Katwang No. 274, Karangrejo, Kec. Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Telepon : (0354) 741 8547 Telepon 2 : (0354) 671 897

Email : [email protected] Website : https://sditkweden.binainsanikediri.com/

Contoh Kop Surat Yayasan

Yayasan merupakan suatu badan hukum yang bertujuan untuk kemanusiaan, sosial, atau keagamaan. Di Indonesia, yayasan sudah diatur di dalam Undang-Undang. Pendirian yayasan harus memperoleh pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM atau pejabat yang telah ditunjuk.

Itu berarti yayasan adalah badan hukum resmi. Oleh karena itu, juga wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contoh singkatnya:

YAYASAN PANTI ASUHAN YATIM PIATU AL – KAHFI SIDOARJO

Jl. Gajah Magersari No. 74, Gajah Timur, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Telepon : (031) 592 5202 Fax : (031) 923 1047

Email : [email protected] Website : https://yayasanal-kahfi.com

Contoh Kop Surat Kelurahan

Kelurahan adalah suatu pembagian wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk. Kelurahan diketuai oleh lurah yang ditunjuk.

Kelurahan termasuk satuan pemerintahan administrasi di bawah pemerintah kabupaten atau kota. Oleh karena itu, kelurahan wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contohnya:

KANTOR KELURAHAN DUKUH KUPANG

Jl. Dukuh Kupang XI No. 1a, Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur

Telepon : (031) 568 9920

Contoh Kop Surat Lembaga Bimbingan Belajar

Lembaga bimbingan belajar adalah salah satu lembaga pendidikan yang diolah oleh swasta. Di sana, menyediakan jasa peningkatan dan pengembangan kemampuan seorang siswa. Selain itu lembaga bimbingan belajar juga sebagai tempat konsultasi belajar siswa.

Oleh karena itu, lembaga bimbingan belajar wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contohnya:

SAUNG SINAU DUKUH SURABAYA

Jl. Dukuh Kupang Bar. XVI, Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur

Telepon : (031) 825 0152 Fax : (031) 072 6207

Email : [email protected] Website : https://saung-sinau-surabaya.com

Contoh Kop Surat Koperasi

Koperasi merupakan badan usaha yang dimiliki dan dijalankan oleh para anggotanya untuk memenuhi kebutuhan setiap anggotanya di bidang ekonomi.

Prinsip koperasi sudah diatur oleh Undang-undang Republik Indonesia. Oleh karena itu, koperasi wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contohnya:

KOPERASI SUKA MAJU BANGUN JAYA

Jl. Terusan Imam Bonjol Raya No. 29, Pakis Aji, Kota Malang, Jawa Timur

Telepon : (0341) 517 0252 Fax : (0341) 483 1283

Email : [email protected] Website : https://koperasi-sukamaju.com

Contoh Kop Surat Rumah Sakit

Rumah sakit adalah sebuah institusi yang menyediakan perawatan dan pelayanan kesehatan. Pelayanan di rumah sakit disediakan oleh dokter, perawat, dan tenaga ahli kesehatan yang lainnya.

Rumah sakit yang berdiri sudah diatur oleh Undang-undang Republik Indonesia. Oleh karena itu, tempat kesehatan ini wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contohnya:

RUMAH SAKIT UMUM AMINAH BLITAR

Jl. Veteran No.39, Kepanjen Kidul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur

Telepon : (0342) 816 305

Contoh Kop Surat Pusat Layanan Psikologi

Pusat Layanan Psikologi adalah salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa psikologi. Perusahaan ini menyediakan layanan psikologi bagi individu yang membutuhkan.

Oleh karena itu, pusat layanan psikologi wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contoh kop surat pusat layanan psikologi:

PUSAT LAYANAN PSIKOLOGI DAN PENITIPAN ANAK

Jl. Mojopahit No.4, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur

Telepon : (031) 567 8478 Fax : (0341) 657 1023

Email : [email protected]

Website : https://pusatlayananpsikologi-surabaya.com

Contoh Kop Surat Perusahaan Listrik Negara

PT PLN atau Perusahaan Listrik Negara adalah perusahaan milik negara yang menangani masalah ketenagalistrikan.

Mulai dari mengoperasikan pembangkit listrik sampai pemutusan alur listrik. Oleh karena itu, perusahaan listrik negara wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contoh kop suratnya:

PT PLN (PERSERO) KANTOR PUSAT

Jl. Trunojoyo Blok M 1/135, Kebayoran Baru, Jakarta

Telepon 1 : (021) 726 1875 Telepon 2 : (021) 726 1122 Telepon 3 : (021) 726 2234

Telepon 6 : (021) 725 1234 Telepon 5 : (021) 725 0550

Website : https://web.pln.co.id/tentang-kami/profil-perusahaan

Contoh Kop Surat Lembaga Pemerintah

Lembaga pemerintah adalah lembaga yang dibentuk untuk menjalankan tugas pemerintahan tertentu yang dibentuk atas dasar Undang-Undang Dasar. Oleh karena itu, lembaga pemerintah wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetak seperti di bawah ini:

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Jl. Setiabudi 201 A, Semarang 50235

Telepon : (024) 747 3066 Fax : (024) 747 3701

Email : [email protected] Website : http://badandiklat.jatengprov.go.id

Contoh Kop Surat Organisasi Siswa Intra Sekolah

Organisasi Siswa Intra Sekolah adalah sebuah organisasi siswa di bawah naungan sekolah. Seperti organisasi pada umumnya, OSIS pasti mempunyai program kerja yang mungkin memerlukan surat untuk kerja sama dengan pihak luar sekolah.

Oleh karena itu, OSIS wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contoh kop surat OSIS:

OSIS SMA NEGERI 2 KEDIRI

Jl. Veteran No.7, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur

Telepon : (0341) 597 5252 Website : https://sman2kediri.sch.id/

Contoh Kop Surat untuk Mencari Sponsor

Selain sebagai identitas, kop surat juga bisa mempermudah mencari sponsor untuk sebuah kegiatan atau acara. Meskipun bukan badan hukum, dengan adanya nama penanggung jawab, surat untuk mencari sponsor ini sudah terjamin segala sesuatunya.

Oleh karena itu, pencetak surat wajib memiliki kop surat di setiap surat yang dicetaknya. Di bawah ini merupakan contoh mudahnya:

GEBYAR MALAM PERPISAHAN KELAS XII

OSIS SMA Negeri 48 Depok

Jl. Yos Sudarso No. 18, Kota Depok, Jawa Barat

Telepon : (024) 747 3066 Fax : (024) 747 3701

Email : [email protected] Website : https://osis.sman48depok.sch.id

Contoh Kop Surat Masjid

Tak hanya lembaga, masjid pun memiliki dewan kepengurusan yang berfungsi untuk menjalin hubungan atau untuk mengkoordinasikan sesuatu. Sama seperti kop surat pada umumnya, kop surat masjid juga memiliki komponen yang sama. Di bawah ini merupakan contohnya:

MASJID JAMI’ NURUL FAJRI

Sekretariat : Jl. Masjid Nurul Fajri RT 006 / 03, Kel. Pondok Jaya, Kec. Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten

Telepon 1 : (021) 7344 8306 Telepon 2 : 087886205567 Telepon 3 : (021) 9577 8265

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Bantuan

Itulah penjelasan tentang pengertian, unsur, fungsi, sampai cara membuat kop surat. Selain itu, di atas juga telah ditunjukkan beberapa contoh kop surat dari berbagai bidang usaha sampai instansi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Tinggalkan Balasan