Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Pidato adalah sebuah kegiatan orasi atau berbicara di depan khalayak ramai dengan susunan kalimat yang baik dan santun untuk menyampaikan informasi atau sesuatu hal. Dari dulu hingga sekarang ini, pidato singkat kerap digunakan dalam berbagai acara baik formal maupun tidak. Pidato sendiri memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah gagasan penting kepada orang banyak.

Masing-masing orang tentu mempunyai cara dan teknik tersendiri saat menyampaikan sebuah pidato singkat. Pasalnya pidato singkat merupakan sebuah hal yang cukup menantang sekaligus menyenangkan.

Baca Juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup

Sehingga Anda perlu megumpulkan keberanian dan kepercayaan diri agar bisa berpidato dengan baik di depan umum dan membuat audiens terpukau. Jika Anda masih pemula dan baru mulai belajar dalam berpidato, ada baiknya untuk membuat ringkasan pidato singkat yang ingin Anda sampaikan.

Struktur Pidato Singkat

Dalam sebuah pidato singkat tentu harus memiliki struktur yang baik agar pesan yang ingin disampaikan bisa dimengerti dan dipahami audiens. Berikut contoh struktur yang baik dalam membuat pidato singkat.

Pembukaan

Struktur pertama yang harus ada dalam sebuah teks pidato ialah pembukaan. Di bagian tersebut, ada kalimat pembuka yang biasanya berisi ucapan salam pembuka. Lalu kalimat penghormatan serta kalimat syukur.

Umumnya, kalimat penghormatan dimulai dengan menyebutkan nama seseorang yang memiliki jabatan paling tinggi saat menghadiri acara tersebut. Misalnya saja, saat pidato dibawakan ketika acara di sebuah perusahaan atau dinas, maka diawali dengan penyebutan jabatan kepala dinas atau komisaris perusahaan tersebut. Baru kemudian diikuti dengan jabatan seterusnya hingga para karyawan dan pegawai yang hadir.

Selanjutnya, yang juga tak boleh ketinggalan ialah ucapan syukur kepada tuhan yang maha esa. Di bagian ini, umumnya orator atau orang yang berpidato tersebut akan mengucapkan syukur kepada tuhan yang maha kuasa karena bisa hadir dan memberi pidato singkat tersebut.

Isi Pidato singkat

Struktur selanjutnya dalam pidat singkat ialah isi pidato. Di bagian ini, pembicara umumnya akan menyampaikan poin atau inti dari pidato singkat yang disampaikan. Isi dalam pidato singkat harus benar-benar mengutarakan poin utama dari topik yang dibicarakan. Agar audiens bisa memahami apa isi dari pidato singkat tersebut.

Penutup

Selanjutnya setelah isi pidato, kemudian lanjut dengan penutup. Di bagian ini umumnya akan disampaikan mengenai kesimpulan penting dari topik utama yang diungkapkan dalam pidato singkat. Terkadang, orator juga akan menyelipkan saran-saran maupun dukungan untuk orang lain serta kalimat penutup.

Contoh Pidato Singkat

Contoh Pidato Singkat

Agar pidato yang disampaikan bisa mengena dan menyentuh audiens, pembicara harus memahami betul apa yang disampaikan kepada audiens. Jika Anda masih pemula maka setidaknya perlu banyak belajar menyampaikan pidato agar bahasa pidato semakin luwes dan mampu dipahami seluruh audiens. Berikut contoh pidato singkat yang bisa dijadikan sebagai referensi pidato.

Contoh Pidato Singkat Tema Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu harta yang sangat berharga yang harus kita jaga. Tak cuma kesehatan rohani tetapi juga kesehatan jasmani, tentunya tak mudah agar bisa menjaganya. Anda pun dapat menjaga kesehatan agar tetap terjaga dengan selalu menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

Ada begitu banyak contoh pidato tentang kesehatan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk digunakan. berikut contoh pidato bahasa Indonesia dengan tema kesehatan.

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarokatuh

Yang terhormat Bapak dan Ibu, serta hadirin yang saya hormati

Segala puji serta rasa syukur, mari kita panjatkan kepada tuhan yang maha esa, pengasih dan juga penyayang, Allah Subhanahu wata’ala. Yang atas rahmat dan kasih sayangnya hingga kita dapat berkumpul di sini dengan sehat dan tak kekurangan suatu apapun. Tak lupa juga teriring shalawat serta salam kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW.

Di kesempatan yang sangat berbahagia ini, izinkanlah saya di sini untuk menyampaikan sebuah pidato singkat tentang “Pentingnya Menjaga Kesehatan Dengan Pola Makan Sehat” supaya kita semua bisa menyadari betapa pentingnya makanan untuk kesehatan tubuh.

Bapak Ibu sekalian, Anda mungkin pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan jika “Dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat”. Pepatah tersebut secara tak langsung telah memberikan pelajaran bagi kita jika tubuh yang sehat tentunya akan menjadikan pikiran serta jiwa juga turut menjadi sehat. Kemudian, ada juga slogan yang kerap menyebutkan jika “kesehatan adalah harta yang mahal”, dengan kata lain kesehatan menjadi sesuatu yang sangat berharga yang harus dijaga dengan baik.

Bapak dan Ibu sekalian coba renungkan keadaan kita hari ini, kita harus banyak bersyukur sebab masih diberikan nafas dan tubuh yang sehat untuk bisa menikmati hidup. Tetapi, coba renungkan pula jika Anda tiba-tiba terkena stroke atau bahkan mengalami serangan jantung, tentunya akan menyeramkan bukan? Bukan hanya karena harus mengeluarkan banyak biaya untuk prosedur pengobatan, Anda pun juga akan kehilangan banyak waktu sia-sia. Karena harus menjalani perawatan di rumah sakit. Karena itu, menjaga tubuh tetap sehat menjadi sebuah keharusan agar dapat terhindar dari bermacam penyakit berbahaya yang bisa saja menyerang kita setiap saat salah satunya dengan menerapkan pola makan sehat.

Bapak ibu sekalian, jika kita mampu mengatur pola makan sehat dan menerapkannya sejak awal, maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga. Sehingga, aktivitas sehari-hari bisa tetap dilakukan dengan normal tanpa ada kendala sedikit pun. Tak hanya bisa membuat tubuh lebih sehat, pola makan sehat juga bisa membantu konsentrasi dan meminimalisir resiko terserang penyakit berbahaya seperti jantung, kolesterol, darah tinggi dan lain sebagainya.

Kenapa demikian? Pasalnya, dalam makanan sehat terdapat nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memaksimalkan kinerja metabolisme tubuh. Sehingga, ketika tubuh mendapatkan nutrisi yang bagus maka kinerja tubuh juga akan jadi lebih optimal. Menjaga tubuh tetap sehat bukan hanya penting untuk diri sendiri, namun juga demi masa depan generasi mendatang bangsa kita. Sebab, bangsa yang kuat merupakan bangsa yang masyarakatnya memiliki jasmani dan juga rohani yang sehat. Tetapi, jika genersasi sebuah bangsa tak memiliki raga yang sehat ditambah lagi rohaninya kacau, bisa-bisa masa depan bangsa bisa hancur dan rusak karena ulah dari masyarakatnya sendiri.

Bapak ibu sekalian, demikian tadi sedikit hal yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola makan sehat.

Mohon maaf jika yang sampaikan kurang berkenan atau terdapat tutur kata yang menyinggung perasaan bapak ibu sekalian. Atas semua perhatian yang diberikan saya mengucapkan banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh

Contoh Pidato Tema Kenakalan Remaja

Setelah membahas contoh pidato bahasa Indonesia dengan tema pola makan sehat, selanjutnya ini adalah contoh pidato singkat bertema kenakalan remaja. Berikut ini contoh teks pidato nya.

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarokatuh,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur yang tak terhingga ke hadirat Allah Subhanahu wata’ala. Karena atas berkat dan karunia-Nya, hingga kita bisa berkumpul di acara yang luar biasa di pagi hari ini.

Yang terhormat Bapak dan juga Ibu serta kawan-kawan sekalian, kita semua pasti sudah tahu dan menyadari dengan banyaknya fenomena tentang kenakalan remaja yang kerap terjadi di sekitar kita. Misalnya saja aktivitas merokok, tawuran hingga penggunaan narkoba sejak usia dini. Memang mungkin awalnya aktivitas tersebut hanya sekedar coba–cona namun di tanpa disadari hal tersebut sudah menjadi candu yang membuat ketagihan. Berbagai masalah kenakalan remaja ini sebetulnya muncul akibat dari pola asuh orang tua yang keliru dalam mendidik putra-putrinya.

Misalnya saja, orang tua yang terlalu sibuk hingga membuat anak terlantar karena tak memiliki waktu yang cukup untuk memperhatikan dan mengontrol aktifitas anak di luar rumah maupun memberikan pendidikan di rumah. Namun, hal ini tak sepenuhnya karena kesalahan orang tua, pasalnya kenakalan remaja juga kerap terjadi disebabkan karena pergaulan bebas yang pada akhirnya menjerumuskan anak dalam pergaulan yang kurang baik. Memiliki teman yang banyak sesungguhnya bukan hal yang salah, namun sebagai seorang anak kita perlu juga untuk berhati-hati dalam memilih lingkungan pertemanan, agar nantinya tak terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik.

Bapak Ibu, serta kawan-kawan semua yang saya sayangi, sebetulnya kenakalan remaja bisa dihindari. Salah satunya dengan disiplin, mampu menjaga diri dari aktivitas yang kurang baik dan bermanfaat, seperti tawuran, minum-minuman beralkohol, pacaran, bergabung di geng motor yang negatif dan lain sebagainya. Marilah sebagai generasi bangsa, kita bersama-sama menghindari perilaku-perilaku buruk dan menyimpang tersebut, pasalnya hal-hal tersebut hanya akan membawa kerugian besar bagi diri sendiri dan juga orang lain. Pergunakanlah masa-masa remaja dengan kegiatan atau karya yang lebih positif serta bisa memberikan manfaat baik untuk diri sendiri dan juga orang tua hingga bangsa.

Kawan-kawan sekalian yang saya sayangi dan banggakan, sejak saat ini mulailah lebih selektif lagi dalam memilih teman dan pergaulan. Sehingga, kawan-kawan semua bisa terhindar dari efek negatif pergaulan bebas yang bisa memicu berbagai macam kenakalan remaja yang meresahkan. Ingatlah jika tak ada orang tua yang ingin ananya memiliki perilaku yang buruk apalagi jika sampai terjerumus dalam pergaulan bebas yang negatif da merusak. Demikian yang saya sampaikan mengenai dampak kenakalan remaja. Semoga yang sudah saya sampaikan terkait dengan kenakalan remaja berguna untuk kita semua terlebih ketika memilih pergaulan dan pertemanan. Mohon maaf jika ada tutur kata yang salah dan menyinggung pesaraan. Atas perhatian yang begitu besar saya mengucapkan begitu banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh

Contoh Pidato Dengan Tema Lingkungan

Memiliki lingkungan yang bersih merupakan sesuatu hal yang sangat penting, baik untuk kehidupan, kesehatan dan juga bumi. Biasanya tema-tema yang diangkat dalam pidato yang bertema lingkungan juga kerap diguunkan. Berikut contoh pidato bahasa Indonesia yang bertema lingkungan.

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarokatuh,

Selamat Pagi, salam sejahtera bagi kita semua. Bapak Ibu sekalian yang saya muliakan,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu wata’ala, karena atas berkah serta karunia-Nya lah hari ini kita bisa berkumpul di kesempatan yang berbahagia di pagi hari yang cerah ini. Bapak Ibu sekalian yang saya muliakan, seperti yang diketahui jika lingkungan sekitar kita merupakan cerminkan tentang bagaimana kehidupan kita. Alangkah kurang bijak jika lingkungan yang ada di sekitar kita memiliki pemandangan yang kurang sedap dipandang bahkan tak nyaman lagi. Terlebih lagi, lingkungan di sekitar kita ini menjadi tempat yang kita tinggali sejak lama.

Lingkungan sekitar rumah seharusnya memiliki suasana yang sejuk dan selalu terjaga, agar setiap orang yang tinggal mendapatkan kenyamanan. Oleh karenanya, saya sebagai salah satu penguni lingkungan mengajak agaar kita semua bisa menjaga lingkungan sekitar rumah masing-masing dengan baik. Setiap kawasan rumah seharusnya memiliki kedisiplinan tentang pentingnya kebersihan lingkungan rumahnya masing-masing. Agar lingkungan menjadi lebih nyaman untuk ditinggali bersama.
Dan tak lupa pula, agar kita semua sebagai warga lingkungan seharusnya memiliki kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan. Supaya tidak lagi ada masalah seperti banjir atau selokan yang mampet.

Bapak Ibu sekalian yang saya hormati, saya berharap dengan dimulainya gerak cepat warga dalam meningkatkan kebersihan lingkungan rumahnya, mampu menciptakan lingkungan sekitar jadi semakin asri dan nyaman untuk siapapun. Karena kebersihan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, karena itulah kebersihan lingkungan sangat perlu untuk dijaga bersama demi diri kita dan mengajarkan pada anak cucu kita nantinya bahwasanya kebersihan lingkungan itu harus diupayakan.
Akhir kata, sedikit yang bisa saya sampaikan semoga berkenan dan mhon maaf sebesar-besarnya apabila ada tutur kata yang menyinggung perasaan bapak ibu sekalian. Atas perhatian yang luar biasa ini saya mengucabkan ribuan terima kasih yangg tak terhingga.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tema Narkoba

Berbicara tentang narkoba, memang selalu menimbulkan perdebatan di tengah masyarakat kita. Pasalnya, narkoba menjadi kasus yang meresahkan dan tengah menjadi perhatian besar bagi negara kita.

Terlebih Akhir-akhir ini dengan semakin banyaknya ditemukan remaja usia dini sampai dewasa yang tersangkut masalah penyalahgunakan narkoba. Jika Anda sedang mencari contoh pidato bahasa Indonesia bertema narkoba, simak selengkapnya berikut ini.

Assalamu’alaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh

Kepada bapak ibu hadirin sekalian yang saya hormati, di pagi hari yang cerah ini, marilah kita memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang sudah melimpahkan kasih dan karunianya sehingga di pagi yang berbahagia ini kita bisa berkumpul dengan keadaan kondisi sehat tanpa kekurangan sesuatu apapun di sini.

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa pemerintah telah menemukan banyak fakta baru tentang peningkatan jumlah pengguna narkoba yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan karena begitu lemahnya penegakan hukum yang berlaku di Indonesia terlebih untuk para bandar narkoba berskala internasional karena bisa menjalin kerja sama dengan leluasa bersama warga negara Indonesia dalam menyebarkan obat-obatan terlarang tersebut di tanah air. Penyalahgunaan Narkotika serta zat adiktif jenis tertentu ini pastinya memberikan dampak yang sangat kompleks dan luas bagi kehidupan masyarakat kita. Salah satu dampaknya ialah gangguan kesehatan, perubahan perilaku, menurunnya produktivitas secara drastis, meningkatnya angka kriminalitas serta tindak kekerasan yang lainnya.

Namun, bapak ibu sekalian, sesungguhnya penyalahgunaan obat-obatan terlarang ini bisa kita cegah bersama melalui berbagai macam program yang sudah banyak digalakan oleh pemerintah ataupun lembaga sosial serta kelompok sosial yang lain. Misalnya saja seperti dengan mengikuti kegiatan amal sosial, mengurangi pergaulan dengan pengguna ataupun pengedar narkoba, tak mudah terpengaruh oleh rayuan atau ajakan untuk mencoba narkoba. Pasalnya para remaja menjadi yang paling rentan dan lebih mudah untuk terpengaruh karena rasa ingin tahunya yang cukup tinggi. Sehingga hal tersebut digunakan oleh para bandar narkoba untuk merayu anak-anak remaja tersebut. Karenanya tak mengherankan apabila saat ini banyak ditemukan anak-anak remaja yang sudah mengalami kecanduan narkoba bahkan sudah menjadi bandar.

Selain beberapa kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan sesungguhnya, antisipasi peredaran narkoba di tengah lingkungan remaja ialah dimulai dari lingkungan rumah dan juga sekolah dengan sangat intensif. Mulai dari disiplin serta penyuluhan tentang bahaya penggunaan narkoba untuk kesehatan maupun masa depan. ajak juga para remaja untuk diskusi secara aktif agar mereka tahu dimana letak masalah yang bisa ditimbulkan dari narkoba tersebut, agar para remaja kita bisa menghindarinya. Program lainnya yang juga tak kalah pentingnya ialah program waspada Narkoba dengan mengetahui dan mengenali apa saja ciri-ciri remaja yang sudah menggunakan narkoba, lebih waspada dengan orang asing yang tak dikenal yang bisa saja merupakan pengedar narkoba, hingga menggelar razia dadakan.

Umumnya, bapak ibu sekalian pengedar ataupun pengguna narkoba sudah paham betul mengenai program-program pencegahan pengguna maupun pemakai narkoba disekolah, pasalnya mereke pasti melakukan antisipasi semampu mereka. Namun, demikian bapak ibu sekalian, sepandai apapun mereka, ibarat kaya sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akhirnya akan jatuh juga. Perjalanan memerangi narkoba agar jangan sampai merusak generasi muda kita memang tidak mudah dan harus berkelanjutan, agar kita bisa menyelamatkan mereka dari kehidupan yang rusak karena narkoba. Salah satunya dengan terus disiplin memantau perkembangan dan lingkungan pertemanan anak-anak kita yang sudah mulai beranjak remaja dan dewasa. sebab bagaimana pun juga, narkoba itu tak hanya merusak tubuh tapi juga masa depan.

Karena itulah mari kita jaga diri dan hindari narkoba serta ikut serta memberantas aktivitas penggunaan narkoba. Demikian yang bisa saya sampaikan tentang bahaya narkoba yang harus kita antisipasi pada remaja. Mohon maaf apabila ada tutur kata yang salah. Atas perhatian yang diberikan saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tema Kedisiplinan

Sikap disiplin ialah sikap mental yang dimiliki seseorang dan tercermin dari perbuatan serta tingkah laku seseorang, kelompok ataupun masyarakat. Sikap tersebut berupa kepatuhan ataupun ketaatan terhadap sebuah ketentuan, peraturan, etika, norma hingga kaidah yang berlaku.

Sikap disiplin tidak cuma harus diterapkan dalam lingkungan pekerjaan ataupun di sekolah saja, namun juga di semua aktifitas lain yang di jalani. Berikut ini contoh pidato bahasa Indonesia dengan tema kedisiplinan.

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Murid-murid sekalian yang saya sayangi, segala puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena hingga saat ini kita masih dianugerahi kehidupan dan kesehatan sehingga dapat berkumpul di acara ini. Terima kasih sebesar-besarnya saya sampaikan kepada Bapak dan Ibu guru juga anak murid sekalian yang saya sayangi karena bisa menghadiri acara di tempat ini. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan sebuah pidato singkat mengenai kedisiplinan seorang siswa di dalam lingkungan sekolah.

Bapak ibu guru serta murid-murid sekalian yang saya sayangi, saya kerap sekali menemukan beberapa murid yang masih saja kerap melanggar peraturan sekolah yang dibuat demi menjaga kedisplinan saat berada di tengah-tengah lingkungan sekolah. Murid-murid sekalian yang saya sayangi, mulai hari ini kalian semua harus membiasakan diri untuk disiplin ketika belajar dilingkungan sekolah. Karena dengan begitu, kita semua dapat menjalankan kegiatan belajar dan mengajar dengan lebih tenang dan terkonsentrasi lagi. Sebagai seorang murid, ananda harus tahu jika disiplin merupakan faktor yang sangat penting untuk bisa meraih kesuksesan di masa mendatang.

Di mulai dari datang di awal waktu saat berangkat sekolah hingga tidak terlambat lagi, tidak membawa gadget ke lingkungan sekolah, tidak mengkonsumsi makan atau minuman apapun di dalam kelas, hingga tidak berkelahi dengan sesama murid yang lainnya. Anak-anak murid sekalian yang saya sayangi, kedisiplinan di awali dengan mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah dan tidak ada alasan apapun untuk melanggarnya. Karena konsekuensinya ialah akan terkena hukuman sesuai dengan tingkat kesalahan yang ananda lakukan. Peraturan dibuat bukan untuk di langgar tetapi untuk dipatuhi bersama agar tercipta kedisiplnan sejak dini dalam diri dan pribadi kalian nantinya.

Kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting dalam semua lini kehidupan, bukan hanya untuk di lingkungan sekolah saja. Untuk itulah, jaga disiplin diri supaya karakter disiplin tersebut bisa terbangun dalam diri kalian masing-masing. Sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai kedisiplinan dalam sekolah, semoga bisa memberikan gambaran betapa pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan anak murid sekalian. Perlu diingat juga bahwa dengan disiplin menjadi kunci awal menuju kesuksesan. Saya berharap, semoga apa yang sudah saya sampaikan ini bisa berguna untuk kita semua. Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih.

Selamat siang.

Contoh Pidato Singkat Tema Cinta Tanah Air

Pidato dengan tema cinta tanah air ini umumnya dibacakan saat memperingati hari-hari besar nasional, mengenang gugurnya para pahlawan dan juga hari kemerdekaan. Pidato singkat tentang cinta tanah air ini kadang memang terasa sedikit membosankan.

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri

Karenanya buntuh sedikit inovasi agar pidato yang diucapkan bisa menarik dan memantik semangat para generasi muda dalam memaknai cinta tanah air. Berikut contoh pidato bahasa Indonesia dengan tema cinta tanah air.

Assalamualaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh

Pertama-tama mari kita ucapkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wata’ala. Karena dengan limpahan rahmat-Nya lah hari ini kita bisa berada di tempat ini dengan keadaan sehat wal afiat tanpa ada satu kekurangan appapun. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas kehadiran bapak ibu sekalian. Yang kedua, berdirinya saya di sini ingin menyampaikan sebuah pidato singkat dengan tema cinta tanah air.

Pastinya kata-kata myang demikian sudah cukup sering bapak ibu dan rekan-rekan sekalian dengar. Lantas apakah Anda sekalian tahu mengapa kita harus memiliki perasaan cinta dengan tanah air? Alasannya ialah bahwa di sanalah kita dilahirkan, berdiri dan juga berpijak, di sana juga ada tumpah darah nenek moyang kita yang penuh perjuangan dalam merebut kemerdekaan dari bangsa penjajah. Karena sebagai bangsa, Indonesia merupakan sebuah bangsa yang begitu kaya dengan adat budaya serta suku yang begitu banyak macamnya. Seharusnya kita patut bersyukur dengan limpahan rahmat dan riski yang Allah subhanahu wata’ala berikan pada tanah air kita. Kita bisa mengenal berbagai macam suku bangsa dan juga bahasa yang berbeda.

Salah satu contoh bagaimana sikap cinta tanah air ialah dengan mencintai produk buatan dalam negeri. Dengan kita membeli produk dalam negeri, ini berarti kita sudah menyelamakan saudara kita yang mencari nafkah dengan menjual produk tersebut. Dengan kita membeli produk buatan dalam negeri berarti kita memberikan kontribusi untuk meningkatkan perekonomian lokal. Soal kualitas tak perlu diragukan, pasalnya kualitas produk lokal juga tak kalah berkualitas, bahkan beberapa produk sudah melanglang buana dan menembus pasar internasioal.

Selain mencintai produk dalam negeri, kita pun juga harus turut menjaga serta melestarikan adat dan budaya nenek moyang agar anak-cucuk nantinya bisa mengenal budaya tersebut dan tak kalah dengan negara asing yang juga cinta dengan budaya Indonesia. Budaya di Indonesia yang begitu beragam seharusnya bisa meningkatkan perasaan cinta tanah air yang lebih dalam lagi.
Pada intinya, cinta tanah air bukan sekedar melantunkan lagu-lagu nasional atau kebangsaan saja. Tetapi juga mengeimplementasikannya secara langsung dengan perbuatan dan tingkah laku. Seperti lebih mencintai produk dalam negeri, mengenal budaya dan adat hingga turut melestarikan budaya leluhur yang ditinggalkan nenek moyang. Sekian pidato singkat dari saya, atas kesempatan yang diberikan saya mengucapkan banyak terima kasih yang ntak terhingga. Semoga apa yang saya sampaikan bisa menjadi bahan renungan agar bisa makin mencintai tanah air kita.

Wassalamualaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tema Pendidikan

Assalamualaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh

Mari kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah subhanahu wata’ala, karena berkat taufiq serta hidayahNya lah kita hari ini dapat berkumpul di pagi hari yang indah ini. Serta masih diberi kesehatan, iman islam, ihsan serta kekuatan. Sholawat serta salam tercurah selalu keharibaan junjungan kita nabi besar Muhammad Saw. Sang pembawa syafaat dari zaman yang gelap menuju ke zaman yang lebih terang benderang.

Saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan luar biasa yang diberikan untuk bisa menyampaikan pidato singkat. Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pidato singkat dengan tema pendidikan karakter. Di mana pendidikan karekter sangatlah penting bagi generasi mendatang agar bisa memiliki akhlak yang lebih baik dan cerdas.

Seluruh hadirin yang begitu saya hormati

Di era seperti sekarang ini kita telah memasuki era yang mengalami krisis moral terlebih lagi dikalangan remaja yang sudah mulai menyepelekan nilai-nilai luhur bangsa yang sudah jadi identitas bangsa semenjak dulu kala. Hal tersebut tak bisa dianggap sepele dan harus segera kita tangani dengan serius dan perhatian lebih. Terlebih lagi untuk orang-orang yang memiliki tanggung jawab dan berkecimpung di dunia pendidikan.

Adanya krisis moral di tengah remaja saat ini bukan lagi sekedar isu belaka, tetapi ada sejumlah penelitian yang membuktikan kondisi tersebut. setidaknya ada 65% remaja di zaman sekarang telah terjerumus dalam pergaulan seks bebas yang seharusnya belum merek kenal di usia tersebut.

Selain seks bebas, ternyata masalah narkoba pun sekarang ini sudah sangat memperihatinkan, hal tersebut sesuai dari data yang dikeluarkan oleh BNN yang menyebut jika pemakai narkotika di usia remaja sekarang ini telah mencapai angka 79% di tahun 2015. Dengan kata lain setiap 7 menit ada satu korban meninggal dunia akibat penyalahgunaan narkoba. Dapat anda bayangkan bagaimana mirisnya hati para orang tua melihat begitu banyak generasi muda kehidupannya rusak dan kacau karena obat-obatan haram tersebut.

Seluruh hadirin yang begitu saya hormati,

Dari semua pemaparan data sudah begitu jelas tergambar bagaimana bagaimana kondisi generasi pennerus bangsa saat. Lantas selama ini dimana pendidikan berperan yang seharusnya bisa ditanamkan oleh sekolah, guru, maupun orang tua? Mengapa para remaja sekarang ini bisa terjerumus dalam perbuatan amoral yang sama sekali tidak mencerminkan karakter bangsa dan angkanya pun cukup signifikan hingga membuat nama bangsa sendiri ikut tercemar?

Ternyata para hadirin sekalian, merunut penelitian, penyebab remaja bisa terjerumus pada hal-hal menyimpang tersebut karena kurang mendapat pendidikan karakter dengan porsi yang cukup. Pasalnya, dari sekolah sekarang hanya mengejar nilai akademik ketimbang memberikan pendidikan akhlak pada anak untuk bisa menjaga sikap, perilaku dan tata krama yang jauh lebih baik. Selain itu lingkungan keluarga juga berperan terhadap kesalahan yang kerap dilakukan oleh para remaja yang melakukan berbagai perbuatan menimpang tersebut.

Karena itulah sebagai sebuah lembaga pendidikan formal, sudah sepatutnya sekolah mencanangkan sebuah mata pelajaran pendidikan karakter untuk diterapkan pada setiap siswanya. Masalah pendidikan karakter tersebut, bukan cuma tanggung jawab dari guru agama saja, akan tetapi seluruh guru yang ada di sekolah juga harus menyisipkan mengenai pendidikan karakter di sela-sela mata pelajaran yang diajarkan kepada murid.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga sedikit yang saya sampaikan tadi dapat sedikit membuka pola pikir kita semua, jika guru sebagai seorang pendidik bukan hanya pengajar yang cuma dituntut untuk bisa menyampaikan sebuah ilmu saja, namun juga dituntut memiliki tanggung jawab dalam membangun karakter baik untuk anak didiknya agar menjadi lebih baik. Atas semua perhatian yang diberikan saya haturkan banyak terima kasih dan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada tutur kata yang keliru atau menyinggung perasaan hadirin sekalian.

Wassalamualaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tema Persatuan

Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh.

Bapak Ibu hadirin sekalian yang saya muliakan serta saya hormati.

Pertama-tama mari kita ucapkan syukur kepada sang maha pengasih dan penyayang Allah Subhanahu wa Taala, berkat limpahan rahmat serta hidayah-Nya, hingga di siang hari ini kita semua dapat berkumpul bersama di acara ini dengan kondisi yang sehat walafiat.

Bapak Ibu serta para hadirin sekalian yang saya hormati.

Dengan digelarnya peringatan Hari (…) semoga kita semua bisa lebih meningkatkan rasa persatuan serta kesatuan bangsa. Juga tak lupa perasaan cinta tanah air jadi semakin meningkat hingga membuat daya juang bangsa menjadi lebih perkokoh. Perlu kita tahu bahwa, negara kita ini punya banyak suku yang berbeda dari Sabang hingga Merauke. Jika berbicara perbedaan tentu akan ada banyak sekali hal berbeda yang tak perlu diupayakan untuk dicari, karena perbedaan adalah suatu yang mutlak. Namun jika kita ingin sebuah persatuan dan perasaan kesatuan, maka itu perlu diusahakan dan diikhtiarkan bersama.

Seluruh hadirin yang berbahagia, ketika kita mengenang seberapa besar perjuangan para pahlawan di masa pra kemerdekaan hingga revolusi. Maka akan terlintas dengan jelas di dalam benak kita jika semangat persatuan yang mereka kobarkan saat itu bagai api yang tak pernah padam karena begitu hebatnya perasaan persatuan. Bukan perbedaan suku atau bahasa yang mereka cari tetapi perasaan kesatuan yang sama yakni menginginkan kemerdekaan dari penjajah. Berbeda dengan masa sekarang ini, kita pun dituntut juga untuk tetap bisa menjaga persatuan dan kesatuan dengan memupuk persamaan.

Bapak Ibu serta seluruh hadirin yang saya muliakan

Kemakmuran yang berdasarkan rasa keadilan serta Ketuhanan Yang Maha Esa hingga saat ini rasanya belum dapat dicapai sepenuhnya. Karena masih banyak hal yang harus dibenahi. Kemerdekaan sejatinya sebuah warisan dari para pahlawan yang harus dijaga dan dipertahankan dengan selalu memupuk rasa persatuan dimulai dari sisi yang sama. Bukan mencari celah perbedaan yang memantik perdebatan tidak bermutu. Oleh karenanya, sebagai generasi penerus bangsa, hendaknya kita mampu mempertahankan rasa kebersamaan ini dengan membangun kesetaraan. Baik kesetaraan rasa, maupun hidup bersosial di tengah masyarakat. Demi menjaga keutuhan bangsa tercinta ini.

Semangat perjuangan ialah jiwa yang memiliki semangat kebersamaan seluruh komponen masyarakat, bukannya golongan tertentu. Jiwa tersebut juga lebih mendahulukan kepentingan umum bersama di banding kepentingan golongan atau pribadi. Untuk itu kita pun wajib meningkatkan perasaan solidaritas dalam berbangsa maupun bernegara. Rasa persatuan serta kesatuan secara nasional adalah yang lebih tinggi dari sekedar kepentingan pribadi maupun golongan. Menghadirkan perasaan kebersamaan dan kesatuan demi memperjuangkan sebuah cita-cita luhur pendiri bangsa.

Bapak ibu serta hadirin Yang saya muliakan

Sesungguhnya harapan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bernegara bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Kuncinya adalah satu, tanamkan persamaan yang menyatukan bukan mencari perbedaan untuk diperdebatkan. Demikian yang bisa saya sampaikan agar menjadi perhatian kita semua. Atas perhatian yang diberikan saya atas nama pribadi mengucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kekeliruan yang menyinggung hati dan perasaan bapak ibu hadirin sekalian.

Wassalamualikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Contoh Pidato Singkat Tema Maulid Nabi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin hadirat kaum muslimin serta muslimat yang sangat saya hormati. Dengan mengucap syukur kehadirat Allah subhanahu wa Ta’ala, di kesempatan yang berbahagia hari ini kita semua masih diberikan kesempatan dapat berkumpul di dalam masjid tanpa ada suatu halangan apapun. Semoga dengan adanya pertemuan di malam yang berbahagia ini membawa banyak kebaikan di dunia serta akhirat, amiin ya rabbal alamin.

Selanjutnya sholawat dan juga salam semoga selalu tercurahkan untuk junjungan kita nabi besar Muhammad Sholaullahualaihi wassalam. Karena beliau telah membawa cahaya terang bagi umat menuju agama yang diridhoi oleh sang maha pencipta.

Hadirin hadirat yang berbahagia, di malam ini yang berbahagia ini kita berkumpul demi memperingati hari lahirnya seseorang yang paling mulia akhlaknya Nabi Muhammad Saw. Sebab, di bulan Rabi’ul awal yang mulia ini ada sebuah peristiwa yang sangat penting yakni Iahimya sang pembawa kabar gembira, nabi besar Muhammad Saw yang ketika lahir membawa rahmat bagi seluruh semesta alam. Sehingga umatnya kini yang tadinya berada di masa jahiliyah hingga ke masa yang lebih terang dan mampu membedakan antara yang haq serta bathil. Dapat kita bayangkan bagaimana ketika Nabi saw lahir, dimana kondisi akhlak manusia saat itu begitu porak poranda dan berada dalam titik nadir yang mengkhawatirkan. Maksiat dimana-mana, pembunuhan dimana-mana, semuanya jauh dari iman Islam.

Hadirin dan hadirat yang dirahmati oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala

Setelah islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw, maka isi tatanan jahiliyah bisa berubah dengan total menjadi adat islami, sehingga yang dulunya saling menindas, akhimya saling bantu membantu antara yang satu dengan yang lainnya. Perlu diketahui, bahwa menurut sejarah islam, Nabi Muhammad Saw. lahir tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal tahun Gaj ah atau bertepatan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi. Dinamakan tahun gajah, karena tepatnya lahir Nabi Saw, banyak tentara mengendarai gajah yang hendak menghancurkan pasukan Ka’bah yang dipimpin oleh gubemur Yaman bernama Abraha. Tetapi tujuan yang jahat itu sama sekali tidak bisa dicapai, karena dihujani batu kerikil oleh burung ababil dari neraka.
Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Kondisi ketika nabi Muhammad Saw lahir ia menjadi seorang yatim, sebab sang ayah telah meninggal dunia ketika beliau masih berada di kandungan sang ibu, SIti Aminah. Bagi kita umat Islam, peristiwa lahirnya sang nabi ini merupakan hari yang begitu penting, agar kita semua senantiasa bisa menauladani akhlak serta budi pekerti beliau yang begitu mulia. Bahkan dengan wasilah beliau, kita bisa mendapat safaat di hari akhir.

Demikian yang bisa kami sampaikan, apabila terdapat tutur kata yang tidak berkenan di hatii kami memohon maaf yang seluas-luasnya. Mudah-mudahan, apa yang kami sampaikan semoga membawa manfaat untuk kehidupan kita. Amin ya robbal alamin.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Contoh Pidato Singkat Tema Sumpah Pemuda

Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh.

Para hadirin yang saya hormati dan muliakan,

Sebelumnya mari kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, berkat limpahan nikmat dan juga karuniaNya lah sehingga kita dapat berkumpul bersama di tempat ini untuk memperingati hari bersejarah dalam bangsa kita yakni sumpah pemuda.

Sholawat dan salam mari kita haturkan untuk junjungan nabi besar Muhammad SAW, karena beliaulah, umat Islam mempu beralih dari jaman kegelapan menuju jaman yang lebih berakhlak. Semoga kita semuanya bisa mendapat syafatnya nanti di yaumul akhir. Amin ya rabbal alamin.

Hadirin sekalian, hari ini merupakan sebuah hari yang penuh sejarah bagi bangsa kita terutama bagi para pemuda. Karena di hari ini tepat memperingati hari Sumpah Pemuda yang membawa spirit yang luar biasa untuk para pemuda untuk bisa memberikan konstribusi yang baik untuk bangsa dan negara. Peringatan ini menjadi momen penting, bahwa semangat pejuang kaum muda begitu penting dalam mendorong kemerdekaan dan kemajuan bangsa. Sehingga sebagai pemuda, kita harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi untuk menciptakan kontribusi untuk bangsa.

Semangat jiwa muda dalam diri setiap kita harus dibangun agar jiwa nasionalisme jadi lebih kuat dalam membela serta memperjuangkan kepetingan bangsa dan negara. Semua semangat para pemuda patut kita tiru dan dimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja dengan meningkat semangat belajar untuk meraih cita-cita, mimpi dan juga karir dalam pekerjaan. Pemuda harus memiliki sifat yang rajin dan jangan sampai bermalas-malasan. Dengan semangat sumpah pemuda, selalu tanamkan niat baik untuk diri sendiri ataupun orang lain. Karena pemuda harus memiliki semangat berkarya serta bekerja. Marilah kita jaga semangat muda ini bersama untuk kemajuan bangsa Indonesia di masa mendatang. Semangat! salam pemuda!

Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan, agar menjadi perhatian bagi kita semua. Terima kash saya haturkan dan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada tutur kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.

Wassalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh.

Tips Agar Pidato Singkat Bisa Lebih Menarik

Agar pidato singkat yang Anda buat jadi lebih menarik dan tidak membuat pendengar menjadi bosan, ada baiknya untuk memulainya dengan kutipan, anekdot statistik, atau bahkan pertanyaan.

Hal ini merupakan langkan perkenalan yang dapat membuat perhatian audiens tertuju pada Anda dan bisa membantu Anda lebih fokus dengan pidato Anda hingga akhir.

Selain itu, gunakan bahasa yang sesuai dengan audiens Anda. Jika audiens Anda adalah anak sekolah, maka Anda bisa menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami serta jangan lupa menyelingi dengan humor ringan yang sesuai tema.

Baca Juga: Contoh Interview Bahasa Inggris

Namun jika audiens Anda adalah kelompok terpelajar, seperti mahasiswa, forum dan akademisi, maka Anda bisa menggunakan bahasa formal namun tidak kaku. Menyesuaikan bahasa dengan audiens akan menciptakan sesi pidato yang tersa lebih menyenangkan baik bagi pembawa maupun pendengarnya.

Demikian contok teks pidato yang bisa kami hadi

Tinggalkan komentar