Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah
22Mei, 2020

Anda ingin membuat kegiatan di sekolah? Namun diminta untuk membuat proposal lebih dulu oleh pihak sekolah? Sebenarnya proposal sendiri bukan merupakan hal aneh, malah ini adalah wajib bagi organisasi manapun yang ingin membuat kegiatan dan meminta perizinan, entah pada pihak sekolah atau Lembaga tertentu.

Cara Membuat Proposal Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Proposal Yang Baik dan Benar

Bagi Anda yang masih belum tau cara membuat proposal yang baik dan benar berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus ada dalam proposal:

Mencantumkan Nama Kegiatan

Mencamtukan nama kegiatan atau judul acara merupakan hal pertama yang wajib tercantum dalam proposal. Letaknya ada pada bagian cover. Misal contoh proposal kegiatan sekolah yang baik dan benar untuk qurban, Anda bisa memberikan judul “Proposal Qurban Berkah SMPN 58 Bandung”.

Latar Belakang

Setelah judul atau nama kegiatan, hal wajib dan penting selanjutnya yang harus ada dalam proposal adalah latar belakang. Berisi mengenai pokok pemikiran serta alasan mengapa kegiatan tersebut diadakan dan mengapa pihak sekolah atau Lembaga harus ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Tujuan Acara atau Kegiatan

Bila latar belakang acara sudah tercantum maka selanjutnya Anda juga harus mencantumkan tujuan acara atau kegiatan tersebut. Karena tidak mungkin sebuah acara dibuat tanpa ada tujuan, benar kan?

Tema

Tema acara merupakan hal yang akan mendasari kenapa acara tersebut ada.

Sasaran

Pada bagian sasaran, Anda akan menggambarkan siapa saja sih target peserta dari acara tersebut. Misal, kalau kegiatan dilakukan di sekolah artinya target peserta seluruh civitas baik siswa atau guru di sekolah tersebut.

Tempat dan Waktu

Anda juga harus mencamtukan dimana lokasi kegiatan akan dilakukan dan kapan waktunya. Bila Anda hendak meminta izin pada pihak sekolah untuk meminjam ruangan tertentu maka bagian ini harus benar-benar diperjelas.

Kepanitiaan

Dalam sebuah kegiatan atau acara, tentunya tidak hanya akan dilakukan oleh satu orang saja. Akan ada beberapa orang yang harus diikut sertakan dan dimasukan dalam susuna kepanitian. Nah, susunan tersebut ada baiknya dimasukkan ke dalam proposal.

Rencana Anggaran

Bila Anda membutuhkan proposal untuk menarik sponsor tentu saja renca anggaran sangat diperlukan. Buatlah rencana dengan sangat logis dan realistis, jangan sampai anggaran yang Anda ajukan terlalu berlebihan sehingga timbul rasa curiga dari pihak sponsor.

Penutup

Jangan lupa untuk menutup proposal dengan paragraph dan kalimat yang tepat ya. Bubuhkan juga tanda tangan dari ketua pelaksana dan pihak yang terkait.

Baca Juga: Contoh Proposal Pengajuan Dana

Nah, agar tidak semakin bingung dan Anda membutuhkan contoh proposal kegiatan sekolah singkat yang baik dan benar dengan jelas, berikut adalah beberapa contohnya.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Pentas Seni

Berikut ini adalah contoh proposal sederhana untuk pentas seni di sekolah. Pada bagian pertama ada latar belakang, dijelaskan mengenai acara tersebut.

I. Pendahuluan

Latar Belakang

Seni merupakan kreatifitas unik yang patutnya kita kembangkan agar semakin besar. Dan merupakan salah satu cara mengembangkannya adalah Pentas Seni.

OSIS SMA NEGERI 1 PALEMBANG akan mengadakan pementasan drama bagi seluruh siswa. Pentas ini sendiri dilakukan bertujuan untuk meningkatkan apresiasi siswa dalam dunia peran serta melatih rasa percaya diri yang sampai saat ini masih sangat kurang.

Selain itu, ada pentas seni tari tradisional dan modern yang juga mampu mengembangkan kreatifitas siswa dalam hal tarian. Dan adapula pementasan beberapa band dari siswa SMA NEGERI 1 PALEMBANG dan penyanyi yang akan menambah kesan semangat dalam suasana. Pentas seni ini pula dilaksanakan untuk menghibur siswa yang sebentar lagi akan mengikuti Ujian akhir sekolah (UAS) dan Ujian akhir Nasional (UAN).

Selain itu, Pentas Seni kali ini dapat menjadi hiburan dalam rangka Perpisahan Siswa-Siswi kelas XII SMA NEGERI 1 PALEMBANG. Dan untuk itulah, kami OSIS merasa perlu untuk mengadakan acara ini dengan tema “Bintang Panggung Sehari”

(Bila latar belakang sudah selesai, selanjutnya ada tujuan kegiatan mengapa acara tersebut dilakukan. Buatlah poin 1,2,3.. dst agar penyampaian tujuan bisa dilakukan dengan sangat jelas)

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan ini adalah :

  1. Mempererat tali silaturahmi antar sesama siswa dan siswi serta staf dewan guru SMA NEGERI 1 PALEMBANG
  2. Menumbuhkan semangat untuk bekerja sama dalam satu tujuan.
  3. Meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang seni
  4. Sebagai sarana hiburan bagi siswa

(Bila tujuan sudah disampaikan dengan jelas, maka Anda bisa masuk ke poin isi, yang mana Anda akan menyampaikan mengenai tema hingga macam-macam kegiatan bahkan susunan acara pun kalau memang perlu dituliskan, bisa Anda tuliskan dengan jelas)

II. Isi Proposal

A. Tema

Dalam kegiatan ini kami mengangkat thema “Jadi Bintang Panggung Sehari’ yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk merasakan bagaimana rasanya bermain dalam dunia peran.

B. Macam macam kegiatan

  1. Adapun kegiatan yang akan kami laksanakan yaitu :
  2. Pentas Drama
  3. Pentas Tari Tradisonal dan Modern (Dance)
  4. Pentas Band
  5. Penyanyi Solo (Siswa maupun Siswi)

C. Peserta

Peserta yang dapat mengikuti Pentas Seni kali ini adalah perwakilan masing-masing siswa kelas X dari tiap kelas SMA Negeri 1 Palembang.

D. Peralatan Yang Dibutuhkan

  1. Panggung
  2. Microfon
  3. Speaker/pengeras suara
  4. Kostum
  5. Atribut keperluan lainnya
  6. Spanduk

E. Waktu Dan Tempat Pelaksanaan

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan Pentas Seni ini adalah :

  1. Pentas Drama :
  • Tanggal: Minggu, 30 Januari 2015
  • Waktu: Pukul 08.30 WIB – 09.40 WIB
  • Tempat: Lapangan Upacara Sma Negeri 1 Palembang
  1. Tari Tradisioanal dan Modern :
  • Tanggal: Minggu, 30 Januari 2015
  • Waktu: Pukul 09.45. WIB – 10.35 WIB
  • Tempat: Lapangan Upacara Sma Negeri 1 Palembang
  1. Pentas Band
  • Tanggal: Minggu, 30 Januari 2015
  • Waktu: Pukul 10.55 WIB – 11.35 WIB
  • Tempat: Lapangan Upacara SMA Negeri 1 Palembang

III. Susunan Acara

  1. 06.30-07.00: Kumpul siswa di Lapangan Upacara MAN 2 Bandar Lampung: Kordinator Udin Peak
  2. 07.25-07.40: Pembukaan di Panggung PENSI. Kordinator: Elmayulianti
  3. 3. 07.40-08.20: Sambutan oleh Ketua Panitia, Ketua OSIS, Kepala Sekolah di Panggung Pensi. Kordinator: Penyok
  4. 16.00-19.45: Acara Kegiatan Pentas, Drama Modern, Tari-Tarian, Pentas Band, Penyanyi Solo . Kordinator: Sandung Sangkut, S.Pd
  5. 08.30-11.35: Istirahat di Aula. Kordinator: Anggota
  6. 12.10-sd Selesai: Penutup. Kordinator: Elmayulianti

IV. Susunan Kepanitian

  1. Pelindung: Drs. Sangkut Pohon M.pd (Kepala Sekolah)
  2. Pengarah: Sukijan S.pd
  3. Penanggung Jawab: Udin Peak (Ketua OSIS)
  4. Ketua Panitia: Elmayulianti
  5. Sekretaris: Ria Puspita Sari
  6. Bendahara: Ihfa Khaerawaty Gau
  7. Seksi acara: Musdalifah Eka Pratiwi
  8. Seksi Dana Usaha: Khaera Tunnisa
  9. Seksi Humas: Eriska Amsari
  10. Seksi Keamanan: Heriyanto
  11. Seksi Dokumentasi: Mirnawati A
  12. Seksi peralatan: Diliana Eka Astuti

(Selanjutnya, masuk ke bagian anggaran dana. Sebaiknya buatlah serasional mungkin jangan berlebihan agar proposal Anda tidak dicurigai. Bila memang ada beberapa hal yang memerlukan suvey harga pasaran, Anda bisa coba mencarinya via internet. Misal penyewaan panggung, carilah harga pasarannya berapa baru setelah itu bisa Anda cantumkan ke dalam kolom anggaran dana. Ingat, harus rasional ya)

V. Anggaran Dana

Dalam kegiatan Pensi kali ini, ada beberapa anggaran dana yang didapat maupun yang dikeluarkan agar pensi ini berjalan dengan baik.

Kegiatan ini diperoleh dari dana:

  • Dana kas sekolah: Rp. 200.000-
  • Dana partisipasi siswa: Rp. 1.100.000-
  • Dana sponsor AXIS: Rp.3.100.000-
  • Dana Sponsor AS: Rp.4.500.000-
  • Dana pastisipasi guru: Rp. 500.000-
  • Total: Rp, 9.500.000-

Biaya pengeluaran:

  • Sewa Tempat: Rp. 3.000.000-
  • 2Penyewaan Panggung: Rp. 2.500.000,-
  • Penyewaan Alat Musik: Rp. 1.000.000,-
  • Biaya Penataan Panggung: Rp. 200.000,-
  • Konsumsi: Rp. 500.000,-
  • Spanduk: Rp. 300.000,-
  • Lain – Lain: Rp. 250.000,-
  • Total: Rp. 7.750.000-

(Nah, bila anggaran sudah dituliskan selanjutnya Anda bisa menutup proposal dengan kalimat yang sopan. Anda bisa memberikan kalimat anjuran pada calon sponsorship untuk mengikuti ajuan proposal ini. Anda juga bisa memohon doa untuk kelancaran berjalannya acara)

VI. Penutup

Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari sekolah. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan.

Atas perhatian dan kerjasama, kami ucapkan terima kasih.

Proposal Kegiatan Pentas Seni Dalam Rangka Perpisahan Siswa/I Sma Negeri 1 Palembang

Disahkan di:

Palembang, 25 Januari 2015

Mengetahui,

Ketua Panitia                      Ketua                                      OSIS Kepala Sekolah

 

Elmayulianti                   Udin Peak                               Drs. Sangkut Pohon M.Pd

Contoh Proposal Singkat Edufair

Bila contoh proposal sebelumnya masih dirasa kurang, berikut adalah contoh proposal singkat edufair yang bisa Anda coba buat untuk kegiatan di sekolah. Proposal ini cukup sederhana jadi bisa Anda ATM alias Amati Tiru dan Modifikasi.

Baca Juga: Contoh CV Surat Lamaran Kerja

Pada bagian pertama jangan lupa untuk menyampaikan judul kegiatannya ya.

PROPOSAL KEGIATAN EDU FAIR 2014 (Judul Kegiatan)

Bila sudah menuliskan judul kegiatan, selanjutnya adalah menuliskan latar belakang kenapa acara tersebut dibuat. Perhatikan Bahasa yang digunakan, Anda harus menggunakan Bahasa indonesia formal yang baik dan benar.

A. Latar Belakangan

Kegiatan Edu Fair adalah kegiatan pameran pendidikan yang menampilkan jenis- jenis pendidikan baik yang berskala pendidikan menengah atau pendidikan tinggi. Edu fair itu berfungsi menarik minat siswa untuk nantinya terlibat di salahsatu pendidikan yang ditawarkan. Begitu juga dengan Edu Fair yag akan diadakan oleh SMAN 78 Jakarta. Edu Fair ini menmpilkan berbagai macam jenis pendidikn tinggi dan lembaga yang mendukungnya.

Dalam Edu Fair kali ini diharapkan siswa dan Orang Tua menjadi peserta aktif sehingga banyak informasi dari Lembaga pendidikan tinggi yang bisa diserap demi kepentingan pendidikan anak-anaknya. Lembaga pendidikan tinggi yang berasal dari Pendidikan Tinggi Negeri dan Swasta yang dianggap favorit menjadi rujukan siswa dan orang tua yang mengharapkan pendidikan yang baik.

Berdasarkan hal tersebut di atas maka SMAN 78 akan mengadakan Kegiatan Edu Fair 2014 yang intinya menarik minat siswa-siswa agar nantinya dapat menempuh pendidikan lanjutan di salah satu Perguruan Tinggi yang ikut dalam acara ini.

( Bila sudah menulis latar belakang maka dilanjutkan pada tujuan mengapa acara tersebut dibuat, buatlah poin agar jelas. Selanjutnya, Anda bisa memperhatikan isi keseluruhan dari contoh proposal berikut ini)

B. Tujuan

Tujuan umum Edu Fair ini adalah:

    1. meningkatkan hubungan silaturahim SMAN 78 dengan Perguruan Tinggi
    2. memberikan fasilitas dan memperluas akses mendaptkan informasi perguruan tinggi
    3. mempromosikan program dan prestasi sekolah
    4. memperluas akses informasi siswa dan masyarakat tentang Perguruan Tinggi

C. Hasil Yang diharapkan

Siswa dan Orang Tua mendapatkan informasi seluas-luasnya tentang Lembaga Pendidikan Tinggi

D. Bentuk Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk:

    1. Pameran Pendidikan
    2. Seminar Pendidikan

E. Waktu dan Tempat

Waktu Kegiatan : Tanggal 18 dan 19 Desember 2014

Tempat : SMAN 78 Jakarta Jalan Bhakti IV/1 komplek Pajak, Kemanggisan, Jakarta Barat

F. Strategi Kegiatan

    1. Rapat pembentukan Panitia Edu Fair
    2. Pendaftaran dan Pendataan Peserta Edu Fair
    3. Pelaksanaan Kegiatan Edu Fair

G. Stand

Harga Stand sebesar Rp. 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah) untuk 2 hari.

H. Pembiayaan

    1. Pemasukan

a. Iuran Peserta Edu Fair (30 stand) : Rp. 50.000.000

a1. Perguruan Tinggi Negeri 5 stand

a2. Perguruan tinggi Swasta (dalam dan luar negri) 25 stand

b. Dana Sponsor

Jumlah

2. Pengeluaran

: Rp. 12.800.000

Rp. 62.800.000

a. Biaya Administrasi:Rp 2.000.000
b. Pembuatan Spanduk4 buah;:Rp 2.000.000
c. Pembuatan Stand Pameran:Rp.6.000.000
d. Konsumsi Peserta Edu Fair
30 x 2 x Rp. 50.000 x 2 hari:Rp.6.000.000
      1. Panggung dan Tenda :Rp.12.000.000
      2. Konsumsi Panitia

22 orang x 2 hari x Rp. 100.000 :Rp. 4.400.000

      1. Konsumsi Pembimbing Akademik

34 orang x 2 hari x Rp. 50.000 : Rp. 3.400.000

      1. Dokumentasi Foto dan Film : Rp. 2.000.000
      2. Pembicara Seminar Pendidikan

4 orang pakar PT x Rp. 3 juta : Rp.12.000.000

      1. Biaya keamanan dan Kebersihan : Rp. 2.000.000
      2. Humas dan Publikasi : Rp.11.000.000 Jumlah Rp.62.800.000

H. Susunan Panitia

Penangung JawabKepala SMA Negeri 78 Drs. Sonny Juhersoni, M.Pd
KetuaSumarna, M.Pd
Wakil KetuaDrs. Ridnan Wargiyanto
SekretarisIr. Suparyadi, M.Ikom.
BendaharaDra. Th. Mudjiani
Seksi-seksi

1. Sarana dan Prasarana

1. Drs. Hj. Nurisna Mulyati
  1. Dra. Hening P.,M.Si
  2. Drs. Warto
2. Kesiswaan
  1. Drs. Agus Sudrajat
  2. Zainudin, S.H
  3. Dra. Rahmi Hidayati
  1. Acara Seminar
  1. Informasi dan Pendataan Peserta
  1. Pendampingan Peserta Seminar
  1. Penghubung Pembicara
  1. Kesekretaritan
  1. Edy Suprapto
  2. Dra. Hj. Siti Nurjanah
  3. Sri Ardhani Titisari, S.Pd
  4. Drs. Triyono, M.Si
  1. Dra. Nuzul Huda
  2. Drs. H. Eko Marda S
  1. Dra. Hj. Tatiek Winarti
  2. Dra. Hj. Rita Helena

1. Dra. Dewi Indiani

1. Asep Iwan Kurniawan, S.Pd

Jangan lupa untuk menutup setiap proposal dengan ucapan salam dan meminta doa kelancara acara dan juga tanda tangan dari ketua pelaksana.

Itulah contoh proposal kegiatan sekolah yang baik dan benar sangat sederhana namun bisa mewakili keberlangsungan acara. Oiya, bila Anda sudah selesai membuat proposal, jangan lupa untuk dikoreksi kembali ya, apakah ada salah dalam penulisan atau tidak

Jangan sampai banyak typo dan penggunaan bahasanya pun kurang tepat. Apalagi bila tujuan proposal Anda adalah Lembaga-lembaga tertentu yang memang dijadikan target sponsorship untuk kegiatan acara Anda.

Baca Juga: Contoh Proposal Penelitian

Nah, sekarang Anda bisa coba membuat proposalnya sendiri ya. Jangan lupa perhatikan hal penting yang wajib ada dalam proposal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *